Timses: Jokowi Andalkan Jatim untuk Menang di Pilpres 2019

Jember – Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Irjen Pol (Purn) Mahfud Arifin menargetkan kemenangan Paslon Jokowi-Ma’ruf Amin 70 persen di Jember. Target tersebut sama dengan target kemenangan Jawa Timur.

Dengan prosentase kemenangan tersebut, Mahfud berharap para tim kampanye di daerah untuk proaktif. Dan khusus Jember, dapat meraih kemenangan yang sama seperti Pilpres tahun 2014.

Pernyataan tersebut disampaikan Mahfud saat menghadiri Deklarasi dan Raker Barisan Relawan Penggerak Desa (BRIGADE) 01 di Gedung Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Jalan Nusa Indah, Kecamatan Patrang, Sabtu (16/2/2019).

“Saat saya menemui Presiden beberapa waktu lalu, beliau berpesan agar Jawa Timur harus dipertebal. Karena kekuatan itu ada di Jatim,” ujar Mahfud saat dikonfirmasi wartawan usai deklarasi.

Segala titik kelemahan segera diisi oleh para relawan. Dari kampung ke kampung, desa ke desa. Sampai level paling bawah untuk terus diberi pemahaman.

“Karena untuk target sendiri, apalagi dari Jember ini cukup kuat, untuk mendukung Jember. Tinggal mempertebal (perolehan suara) apalagi dulu pada tahun 2014 (Pilpres), kita menang. Aura kemenangan terasa kuat kok,” ujar Mantan Kapolda Jatim ini.

Apalagi didukung partai, bupati dan pimpinan DPRD, lanjutnya, yang semuanya koalisi untuk memenangkan Jokowi-Amin.

“Pak Jokowi Jelas hasilnya, didukung partai yang jelas, tinggal perkuat lah. Untuk kampanye pun, boleh kok tiap Sabtu dan Minggu, bupati dan pimpinan DPRDnya,” tandasnya.

Lebih jauh terkait upaya untuk mempertebal target perolehan suara di wilayah Jawa Timur. “Yakni wilayah Mataraman, Jember beberapa titik, Bondowoso, dan Madura juga sudah,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua BRIGADE 01 Jember Ayub Junaidi menyampaikan, pihaknya sudah komitmen dan siap untuk mendukung Jokowi-Amin menang dalam Pilpres 17 April mendatang.

“Upaya kami, di tiap TPS ada relawan. Totalnya ada 7.666 orang dan siap untuk kemenangan Jokowi,” tandasnya.

Machfud meminta doa dan dukungan agar Jember dan Indonesia semakin maju ke depan di bawah kepemimpinan Jokowi-Maruf. Hal itu dilakukan aat bertemu dengan para ulama di Ponpes Raudlatul Ulum.

“Pilpres ini bukan cuma soal Pak Jokowi, bukan soal Kiai Maruf. Tapi upaya kita menghadang kelompok tertentu yang sedang membajak demokrasi untuk mengingkari NKRI dan Pancasila. Kita harus lawan. Caranya bagaimana? Coblos Jokowi,” ujarnya.
(fat/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kisah Mistis Penunggu Sendang Beji dan Ikan yang Merenggut Nyawa

Liputan6.com, Ponorogo – Di salah satu sudut Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong terdapat sebuah kolam. Oleh masyarakat sekitar biasa disebut dengan Sendang Beji.

Pada tahun 2017 lalu, tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dari Trowulan, Mojokerto meneliti kolam yang berukuran 16 x 16 meter persegi itu. Bahkan menurut tim, kolam ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit.

Kolam ini awalnya difungsikan warga sekitar untuk pemandian dan irigasi areal persawahan. Namun sejak tahun 1970-an, warga mulai enggan berada di sekitar kolam. Sebab, ada kejadian warga yang memancing dan makan ikan dari kolam tersebut yang meninggal dunia.

“Apalagi dibumbui cerita mistis disana, kalau ada yang memancing ikan disana terus dimakan orang tersebut bisa mati,” terang Sekretaris Desa Marni Wibowo saat ditemui di kediamannya, Jumat (15/2/2019).

Dari cerita misteri tersebut, warga pun tidak berani mendekati sendang. Alhasil banyak tanaman rambat yang tumbuh disana menambah suasana angker.

“Malah orang dari luar kota banyak yang datang ke sendang untuk bermeditasi, orang dari Kediri, Tulungagung, Malang, Jember dan Banyuwangi,” papar dia.

Marni menambahkan, tim BPCB pun sebelum melakukan penelitian di sekitar kolam juga sempat berdoa. Karena mereka yakin tempat bersejarah biasanya ada penghuninya.

“Disini juga ada pohon asem besar, selain menambah asri tapi juga membuat suasana seram terasa kental,” jelasnya.

Akibat jarang dijamah manusia, tempat ini pun semakin banyak ditumbuhi semak belukar. Bahkan terdapat hewan melata seperti ular yang bebas berkeliaran disekitar kolam.

“Sekarang masyarakat sini jarang kesana karena takut, ada danyang (penunggu),” tukasnya.

Sementara itu, juru kunci sendang beji Sugito menambahkan sekitar tahun 1970-an warga tidak berani beraktifitas di kolam. Padahal tahun sebelumnya, warga seringkali menghabiskan waktu disekitar kolam. Apalagi ada arca di tengah kolam, lewat mulut bisa mengeluarkan air.

“Dibelakang arca ada sumber airnya jadi keluar air dari bagian mulut arca,” imbuh dia.

Menurutnya, sebelumnya ada 9 arca yang berada disekitar kolam. Namun saat ini tinggal 2 arca saja.

“Kami berharap sendang Beji ini bisa segera dipugar dan bisa dinikmati anak cucu sekaligus sebagai sumber destinasi wisata dan cagar budaya,” pungkas dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Top 3 Berita Hari Ini: Berkemeja Putih, Bunga Citra Lestari Bersandar di Tubuh Ashraff Sinclair

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini dimulai dari berita pasangan Bunga Citra Lestari (BCL) dan Ashraff Sinclair. Pasangan yang juah dari gosip ini selalu terlihat mesra dan kompak. Meski sudah mempunyai anak, BCL dan Ashraff tetap romantis.

Baru-baru ini mereka melakukan sesi foto bersama. Keduanya sama-sama mengenakan kemeja putih dan celana pendek dengan warna yang sama. Tubuh aktris dan penyanyi cantik itu bersandar pada beberap bantal di belakangnya. Foto hasil jepretan @wongsim, makeup @bubahalfian, dan penata rambut @ardndut @picavela itu mendapat banyak pujian dari warganet.

Mereka menilai Bunga dan Ashraff sebagai pasangan yang romantis. Berita lainnya yang banyak diminati adalah tentang putri almarhum Uje (Ustadz Jeffry Al Buchori) yaitu Adiba Khanza Az-Zahra.

Tanpa terasa, Adiba sudah beranjak remaja. Putri Uje dan Umi Pipik ini sempat bermain sinetron dan film. Salah satunya bermain di film CJR The Movie pada 2015. Namun setelah itu Adiba lebih memilih fokus pada pendidikan dan masuk pesantren.

Kini saat menjelang dewasa, dilansir dari dream.co.id, 27 Januari 2019, Adiba justru gemar mendesain busana muslim. Hobinya itu tercermin dari gaya busana yang dipakainya. Berita ketiga yang menarik perhatian adalah liburan Glenn Alinskie bersama Chelsea Olivia dan putri meeka, Nastusha.

Mereka memilih berlibur di Belanda dan mengunggah sejumlah foto di media sosial. Ini bukan kali pertama keduanya mengunjungi negeri Kincir Angin tersebut.

Saat di Belanda, Glenn dan Chelsea langsung mengenang tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi 10 tahun lalu. Bahkan ada salah satu studio foto di Amsterdam yang masih menyimpan foto mereka dengan menggunakan baju khas Belanda.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Mari kita simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Berkemeja Putih, Bunga Citra Lestari Bersandar di Tubuh Ashraff Sinclair

Kemesraan Bunga Citra Lestari atau BCL dan Ashraff Sinclair tak lepas dari sorotan. Terbaru, BCL mengunggah sebuah foto saat sedang bersandar di tubuh suaminya itu.

“Mr & Mrs Sinclair 😊,” jelas Bunga sebagai keterangan foto, Kamis, 14 Februari 2019.

Selanjutnya…

Beranjak Remaja, Putri Pertama Mendiang Uje Kini Eksis di Medsos

Lama tak terdengar kabarnya, putri pertama almarhum Jeffry Al Buchoridan Pipik Dian Irawati kini sudah beranjak remaja. Dia adalah Adiba Khana Az-Zahra atau biasa disapa Adiba. Ia pun mulai eksis di media sosial (medsos) dan kerap mengunggah foto-foto dirinya dengan pakaian dan hijab yang modis.

Ia tumbuh menjadi sosok gadis yang cantik. Gayanya selalu santun dan sederhana. Berbeda dengan adiknya, Abidzar yang memilih menekuni dunia tarik suara dengan membentuk boyband, dara kelahiran 6 Juni 2000 ini belum berniat untuk menekuni dunia hiburan.

Selanjutnya…

Liburan di Belanda, Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie Kenang Momen 10 Tahun Lalu

Pasangan suami istri Glenn Alinskie dan Chelsea Olliva kembali menikmati liburan di Belanda. Namun kali ini tidak berdua, mereka berlibur bersama putri mereka Nastusha Olivia Alinskie. Pasangan yang menikah pada 1 Oktober 2015 itu sudah memiliki seorang putri kecil berusia dua tahun.

Bukan kali pertama Chelsea dan Glenn berkunjung ke Belanda. Sebelumnya mereka juga pernah berlibur ke negeri Kincir Angin tersebut. Perempuan berusia 26 tahun itu pun menceritakan begitu istimewanya Belanda dalam perjalanan cintanya di media sosial.

Selanjutnya…


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Betah di AC Milan, Franck Kessie Menolak Dijual

Liputan6.com, Milan – Gelandang AC Milan Franck Kessie menegaskan dirinya akan tetap bertahan di klub rival sekota Inter Milan itu. Ia angkat bicara mengenai banyaknya isu yang mengatakan dirinya akan meninggalkan I Rossoneri.

Media Italia Correire Dello Sport mengatakan AC Milan sedang mempertimbangkan untuk menjual Kessie guna mendapat dana segar. Mereka butuh suntikan dana untuk mempermanenkan striker pinjaman dari Chelsea, Tiemoue Bakayoko.

Namun, Kessie menolaknya. Pemain asal Pantai Gading itu menunjukan sikap profesionalisme dengan menegaskan bahwa dirinya masih memiliki kontrak berdurasi lima tahun bersama Milan.

“Saya memiliki lima tahun tersisa pada kontrak saya, dan saya akan bertahan di sini,” ucap pemain 22 tahun tersebut seperti yang dikutip Sport Mediaset.

Sempat juga dikabarkan bahwa dua tim asal Inggris meminati jasa pemain 22 tahun tersebut. Dua tim asal London, Tottenham dan Chelsea menjadi yang terdepan untuk mendpatakan jasa pemain ini. Namun sang pemain menegaskan untuk bertahan di Milan.

Saat ini Kessie masih menjadi pemain penting dalam komposisi pelatih Gennaro Gatuso. Dia menjadi pemain top AC Milan untuk Musim ini. Ia telah mencatatkan 23 penampilan di Serie A dengan koleksi tiga gol.


2 dari 3 halaman

Lawan Atalanta

Jelang laga melawan Atalanta, Kessie mangaku senang melawan mantan timnya dulu. Ditambah pada pertandingan ini, kedua tim akan memperebutkan posisi empat. Tentu ini akan menjadi laga yang tidak mudah bagi kedua tim.

“Saya sangat senang kembali ke Bergamo. Namun, saya pergi kesana sebagai lawan, tapi masih terasa indah. Dengan suasana stadion dan penggemar fantatis mereka,” ujar pemain asal pantai gading tersebut.

3 dari 3 halaman

Berebut Posisi Keempat

AC Milan akan bertandang ke stadion Atleti Azzurri D’Italia pada lanjutan laga pekan ke-24 Serie A LIga Italia pada, Minggu (17/2). Kedua tim akan memperebutkan posisi empat klasemen sementara.

Tak Mau Kalah, Suzuki Hadirkan Ertiga Facelift

Liputan6.com, Jakarta – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi menghadirkan penyegaran dari LMPV andalannya, Ertiga. Untuk memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen, mobil keluarga dari pabrikan berlambang huruf ‘S’ ini kini tampil lebih menarik dengan beberapa perubahan signifikan.

Dijelaskan Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT SIS, penyegaran all new Suzuki Ertiga ini dikembangkan berdasarkan masukan-masukan dari konsumen setia Suzuki.

“Sejak Ertiga diluncurkan pada 2012, kami terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan baik dari fitur eksterior maupun interior. Begitu pun dengan all new Ertiga, kami lakukan beberapa perubahan sebagai bagian dari improvement untuk mengoptimalkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara,” jelas Setiawan Surya dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (15/2/2019).

Suzuki Ertiga ini hadir dengan tampilan yang semakin progresif, dengan penyegaran pada beberapa fitur. Dari eksterior, saat ini tipe GL sudah memiliki fog lamp, sama seperti pada tipe tertinggi GX.

Selain adanya fog lamp untuk meningkatkan faktor keamanan, tipe GX sekarang terkesan makin sporty dengan adanya desain new alloy wheels 2 tone black polished.

Tampilan interior tipe GX pun makin premium, berkat desain dashboard yang dilengkapi Head Unit Touch Screen Audio untuk memudahkan pengoperasian media hiburan.

Fitur ini meningkatkan kemewahan dan kepraktisan all new Ertiga sebagai mobil keluarga modern dan elegan.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk memberi kenyamanan lebih saat berada di dalam mobil, tipe GX dilengkapi AC Auto Climate with heater sehingga suhu udara bisa diatur sesuai keinginan.

Selain itu, untuk menjaga pandangan pengendara ke belakang tetap jelas walau kondisi berkabut atau hujan, all new Ertiga tipe GX dilengkapi rear defogger yang berfungsi menghilangkan efek embun.

Bagi pelanggan yang membutuhkan kamera belakang saat parkir, tipe GX juga sudah dibekali wiring harness sehingga memudahkan pemasangan rear camera.

Nuansa elegan pun lebih terasa karena all new Ertiga tipe GL dan GX sekarang memiliki assist grip foldable pada plafon baris pertama dan kedua.

Hal ini membuat penumpang dapat berpegangan lebih nyaman ketika mobil mengalami guncangan dan fleksibel saat ingin menggantungkan barang-barang sesuai kebutuhan.

Selain itu, pada plafon baris ketiga kini disematkan fixed assist grip untuk memberi kenyamanan bagi penumpang.

Twitter Pertimbangkan Fitur Klarifikasi

Liputan6.com, Jakarta – CEO Twitter Jack Dorsey mengatakan perusahaan tengah mempertimbangkan fitur “klarifikasi”. Ini merupakan respons atas permintaan fitur edit yang telah menjadi topik perbincangan sejak beberapa tahun terakhir.

Fitur ini, sebagaimana dikutip dari Mashable, Jumat (15/2/2019), memungkinkan pengguna untuk menambahkan konteks tambahan atas tweets lama.

Hal tersebut diungkapkan oleh Jack Dorsey saat menjadi pembicara di Goldman Sachs’ Internet and Technology Conference di San Fransisco, Amerika Serikat.

“Salah satu konsep yang tengah kami pikirkan adalah klarifikasi. Itu (akan) seperti fitur retweet with comment, tetapi untuk menambahkan konteks dan warna atas apa yang mereka tulis di tweet atau yang mereka maksud,” kata pria berusia 42 tahun tersebut.

Faktanya, penggunaan retweet with comment memang cukup sering digunakan pengguna untuk mengantisipasi salah tulis dan sebagainya.

Namun menurut Dorsey, kedua tweets tersebut (tweet asli dan retweet with comment) belum tentu memiliki eksposur yang sama dan opsi konteks tambahan memungkinkan kedua tweets itu terekspos secara sama.

Namun Dorsey menegaskan, fitur di Twitter ini masih sebatas dalam tahap pertimbangan perusahaan dan peluncuran fitur ini dinilai belum begitu mendesak.

Terlepas dari itu, Dorsey menilai fitur ini dapat sangat bermanfaat bagi pengguna supaya bisa lebih nyaman di Twitter.

2 dari 2 halaman

Belum Maksimal Lindungi Korban Bullying

Ilustrasi Foto Bullying (iStockphoto)

Diwartakan sebelumnya, Dorsey mengatakan Twitter dan perusahaan-perusahaan teknologi di Silicon Valley belum berupaya secara maksimal dalam melindungi korban perundungan daring. Ia menyebut hal ini sebagai “kegagalan besar”.

Dilansir dari Reuters, dalam sebuah wawancara melalui Twitter dengan Recode pada Selasa (12/2), Kara Swisher, Dorsey mengatakan akan memberikan dirinya nilai “C” terkait “tanggung jawab teknologi” yang disebutkan Swisher.

“Kami membuat kemajuan, tapi berantakan dan tidak cukup terasa. Mengubah pengalamannya belum cukup berarti. Dan kami telah menempatkan sebagian besar beban pada korban perundungan. Itu adalah kegagalan besar,” ungkap Dorsey.

Twitter bersama dengan Facebook menghadapi kritik terkait unggahan yang kasar, pengguna palsu, dan berita tidak akurat di layanannya. Media sosial mikroblog itu telah banyak berinvestasi untuk meningkatkan hal yang digambarkan Dorsey sebagai “kesehatan kolektif” Twitter.

Dorsey mengatakan, ia tidak suka dengan cara Twitter yang cenderung mendorong kemarahan, pemikiran jangka pendek, ruang gema, dan percakapan yang terpotong-potong. Kurangnya keberagaman di dalam perusahaan juga tidak membantu mengatasi masalah seperti itu.

(Why/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

Menjadi Raksasa Purba Dieng di Atas Ranjang dengan Purwoceng

Liputan6.com, Purwokerto – Berada di ketinggian di atas 2.000 mdpl, Dataran Tinggi Dieng menjanjikan eksotisme yang sukar dicari di tempat lainnya. Ini lah permukiman tertinggi di Jawa, sekaligus salah satu permukiman tertinggi di dunia.

Mitologi lokal, Dataran Tinggi Dieng adalah tempat bersemayamnya para dewa. Nama Dieng berasal dari bahasa Kawi, ‘Di’ yang berarti Gunung dan ‘Hyang’, yang berarti tanah pada dewa.

Segala hal tentang Dieng sangat spesifik. Misalnya, Purwoceng, tumbuhan liar endemik Dieng yang secara turun temurun dipercaya berefek viagra alias meningkatkan vitalitas pria.

Selama ratusan tahun, Purwoceng hanya tumbuh di tempat-tempat tertentu Pegunungan Dieng. Di masa lalu, Purwoceng bertumbuhan di pegunungan yang sebenarnya adalah dinding-dinding kaldera raksasa purba Dieng.

Para pria Dieng memburunya untuk dikonsumsi dengan berbagai alasan kesehatan. Bagian yang diyakini paling ampuh untuk memunculkan efek viagra adalah bagian akarnya.

Akar Purwoceng diseduh dan dicampur dengan beragam rempah. Rempah-rempah itu masing-masing memiliki khasiat untuk meningkatkan stamina dan tentu, vitalitas pria.

“Sudah dari zaman dulu. Memang dikonsumsi untuk meningkatkan stamina pria,” ucap Slamet Budiono, Kepala Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur, Banjarnegara, Kamis, 14 Februari 2019.

Di waktu-waktu tertentu, saat tubuh serasa loyo, Slamet mengaku meminum Purwoceng. Warung atau kedai yang menyediakan Purwoceng di Dieng banyak bertebaran.

Kini Purwoceng banyak dikembangbiakkan oleh para pelaku usaha kecil menengah (UKM) Purwoceng kemasan. Bibit tumbuhan untuk vitalitas pria itu dicabut dari pegunungan, kemudian dibudidayakan di wilayah permukiman.

2 dari 3 halaman

Tinjauan Ilmiah Purwoceng Tingkatkan Vitalitas

Purwoceng dijual dengan berbagai olahan. Ada kopi Purwoceng, Teh Purwoceng, Susu Purwoceng, Jahe Purwoceng dan lain sebagainya.

“Badan jadi hangat. Tidur dengan istri juga lebih hangat,” ucap Slamet, tertawa. Efek viagra, kata Slamet, memang benar-benar terasa.

Ternyata, bagi masyarakat Dieng, pengkonsumsi Purwoceng tak sebatas pria. Wanita pun kerap mengkonsumsinya dengan alasan kesehatan. Cekaman suhu dingin sepanjang tahun membuat warga Dieng familiar dengan tumbuhan ini.

Slamet mengaku tak mengetahui secara pasti kandungan zat apa yang membuat Purwoceng begitu berkhasiat. Sebabnya, masyarakat kebanyakan mengkonsumsi Purwoceng lantaran sudah menjadi kebiasaan.

“Mungkin seperti ginseng. Peredaran darah jadi lancar. Badan hangat tidak mudah masuk angin,” dia menerangkan.

Soal efek viagra tumbuhan Purwoceng, Dosen Teknik Pertanian Unsoed, DR Eni Sumarni Farid mengatakan di dalam tanaman Purwoceng terkandung saponin, alkaloid dan tonik. Zat ini berfungsi ini meningkatkan stamina.

Kemudian, di tumbuhan khas Dieng ini juga terkandung afrodisiak yang berguna untuk meningkatkan gairah seksual. Afrodisiak berasal dari nama Aphrodite, dewi Yunani lambang kecantikan dan seksualitas.

“Dan bisa melancarkan air seni (deuretik),” ucap Eni dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis sore, 14 Februari 2019.

3 dari 3 halaman

Status Langka Purwoceng

Meski begitu, Eni memperingatkan bahwa Purwoceng yang dijual umum itu masih banyak bahan campuran. Akibatnya efek viagranya masih kurang menggigit. Purwoceng perlu diekstrak untuk memperoleh efek seperti yang diinginkan.

Bahkan, ahli teknik pertanian ini memiliki tips agar khasiat Purwoceng semakin besar. Caranya yakni dengan mencampur Purwoceng dengan sidat. Kandungan dua bahan beda jenis ini akan memperkuat efek yang ditimbulkan.

Eni pun mengakui, beberapa rekannya sudah mencoba produk Purwaceng-Sidat ini. Khasiatnya memang terbukti meningkatkan vitalitas.

Hanya saja, ia risau dengan populasi Purwoceng di habitatnya. Pasalnya, hingga saat ini perburuan tumbuhan Purwoceng liar semakin massif.

Perusahaan obat tradisional, jamu, sebagian besar memanen Purwoceng secara langsung dari habitatnya tanpa usaha peremajaan. Kini, statusnya pun telah langka (endangered species).

Bahan utama tanaman Purwoceng yang dipanen adalah akarnya, maka tindakan pemanenan secara otomatis merusak tanaman secara keseluruhan. Permasalahan lain adalah mahalnya harga bibit Purwoceng yang mencapai Rp 4.000-Rp 10 ribu per batang. Bahkan harga benih dapat mencapai jutaan rupiah setiap ons.

“Populasi Purwoceng saat ini sudah langka karena mengalami erosi genetik secara besar-besaran. Kondisi tersebut terutama disebabkan oleh kegiatan eksploitasi berlebihan tanpa upaya konservasi,” Eni mengungkapkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pedas dan Lezatnya 5 Sambal Khas Jawa Barat

Liputan6.com, Jakarta – Di Indonesia terdapat beragam sambal yang menjadi pendamping yang selalu ada di meja makan. Setiap daerah memiliki sambal khas yang tak hanya lezat dan pedas, tapi juga memiliki cita rasa khas.

Selama ini makan terasa kurang lengkap tanpa sambal. Di Jawa Barat ada beraneka ragam sambal yang lezat dan pedasnya juara. Berikut sejumlah sambal khas di Jawa Barat.

Sambal Oncom

Sambal oncom merupakan sambal yang terbuat dari oncom yang memiliki cita rasa gurih dan pedas. Adanya tambahkan bumbu seperti rempah kencur, daun kemangi, dan bawang putih menjadikan sambal oncom memiliki rasa maupun aroma khas yang sangat menggugah selera.

Sambal Cibiduk

Selain itu, ada juga sambal cibiduk yang dibuat dari bahan mentah seperti cabai rawit, tomat hijau, bawang putih, kencur, dan daun kemangi serta garam. Karena menggunakan bahan mentah, sambal ini memiliki rasa dan aroma pedas menyengat. Sambal ini sangat lezat dan cocok untuk teman makan ayam goreng, ikan goreng atau pun daging goreng.

Sambal Dadak

Selanjutnya, sambal dadak yang tak memakai bawang sebagai campurannya. Bahannya hanya cabai rawit, tomat, garam, terasi dan gula merah. Perasan air jeruk membuat sambal ini terasa segar dan harum.

Sambal Tomat

Sambal tomat menjadi sambal khas Jawa Barat. Bahan untuk membuat sambal seperti cabai, tomat, bawang merah dan bawang putih digoreng dulu sebelum dihaluskan bersama garam, gula, dan terasi.

Sambal Terasi

Sambal terasi terdiri dari dua jenis. Sambal terasi mentah dan terasi matang. Sambal terasi memiliki rasa yang khas dan menggugah selera serta gurih pedas. Sambal terasi khas ini rasanya pedas dan segar setelah diberi perasan jeruk nipis. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sebelum Wisuda, 5 Kegiatan Ini Dapat Dilakukan Bareng Teman Kuliah

Liputan6.com, Jakarta – Setiap fase dalam kehidupan memiliki cerita masing-masing, tak terkecuali masa kuliah. Meski disibukan dengan segudang tugas, momen kebersamaan bareng teman-teman selalu terasa menyenangkan.

Sebelum wisuda, Anda dan kawan-kawan dapat memaksimalkan waktu untuk kembali mengukir kisah. Banyak hal menarik dan pengalaman unik dapat Anda ukir sebelum memilih jalan hidup masing-masing.

Lantas, apa saja kegiatan seru yang bisa Anda dan teman kuliah lakukan sebelum wisuda? Simak ulasan selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Foto Grup

Mengabadikan kebersamaan dalam satu0dua potret akan jadi salah satu kenangan paling indah. Luangkan waktu untuk dapat membuat foto grup yang dapat dilakukan di studio atau di ruang kelas.

2. Traveling Bersama

Traveling bersama akan mempererat jalinan pertemanan Anda dan teman-teman, apalagi menjelang wisuda. Destinasi wisata yang bakal didatangi pun dapat dirundingkan bersama untuk menciptakan momen-momen manis.

3. Menonton Film ke Bioskop

Menyaksikan film ke bioskop juga dapat jadi pilihan Anda dan teman-teman kuliah menjelang wisuda. Menonton beramai-ramai tentu akan terasa lebih menyenangkan.

4. Tukar Kado

Kegiatan ini mungkin acap kali dilakukan tak sedikit orang. Tak melihat harga dari hadiah yang diberi, namun hangatnya kebersamaan. Tukar kado dibarengi dengan pesan manis membuat hari-hari Anda dan teman kuliah kian berkesan.

5. Membuat Acara Bersama

Makan bersama di restoran sebagai bentuk rasa syukur juga dapat dilakukan. Rekomendasi lain Anda dan teman kuliah bisa membuat masakan sendiri dan menikmati keseruan dalam proses pembuatan. (Endah Wijayanti/Fimela.com)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Saat Berhubungan Seks Tiba-tiba Kebelet Pipis, Normalkah?

Liputan6.com, Jakarta Ketika berhubungan seks, yang pertama kali terpikirkan adalah bagaimana caranya mencapai orgasme. Namun, bagaimana ketika tiba-tiba, Anda merasa perlu pipis atau buang air kecil? Normalkah kejadian seperti ini?

Melansir Women’s Health pada Kamis (14/2/2019), ginekolog di New York, Alyssa Dweck mengatakan bahwa ada berbagai hal yang menyebabkan Anda merasa perlu ke kamar mandi saat di tengah berhubungan seks. Hal ini bisa disebabkan tekanan pada kandung kemih (entah karena beberapa posisi seks tertentu), yang membuat seseorang merasa ingin pipis.

Selain itu, Dweck mengatakan bahwa vagina yang kering, serta kepekaan terhadap pelumas atau kondom juga bisa menyebabkan iritasi dan pembengkakan di sekitar uretra. Hal ini menimbulkan keinginan untuk pipis muncul.

Untuk ini, Dweck merekomendasikan Anda mengeliminasi satu per satu potensi iritasi (kecuali kondom, yang satu ini bisa dengan mencoba merek yang berbeda). Lihatlah apakah ada potensi iritasi di antara tiga hal tersebut dan kemudian lihatlah satu per satu kondisi Anda.

2 dari 4 halaman

Ejakulasi

Di sisi lain, otot-otot dasar panggul yang lemah juga ditengarai menjadi penyebab keinginan pipis ketika sedang bercinta. Sebuah studi dari National Institutes of Health menyebutkan, di Amerika Serikat, seperempat wanita mengalaminya karena gangguan pada dasar pelvis.

Keinginan untuk pipis saat berhubungan seks juga bisa menjadi pertanda akan orgasme. Sehingga, cobalah menunggu sesaat sebelum berlari ke kamar mandi, selama Anda tidak kesakitan.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa 10 hingga 54 persen wanita yang mengalami ejakulasi saat berhubungan seks. Cairan yang mengalir dan jernih, bisa terasa seperti melakukan buang air kecil.

“Beberapa merasa itu hanya urin, sementara yang lain mengatakan cairan itu memiliki susunan kimiawi yang berbeda,” kata Dweck. Beberapa hali berpikir bahwa cairan itu berasal dari kelenjar kecil di sekitar uretra yang dinamakan kelenjar Skene. Yang lainnya mengatakan itu hanya urin, seperit dalam studi di Journal of Sex Medicine.

3 dari 4 halaman

Kapan perlu waspada?

Agar ini tidak terjadi, Dweck menyarankan agar Anda sebaiknya pergi terlebih dulu buang air kecil sebelum bercinta. Namun, jika ingin mencoba sesuatu yang berbeda tanpa memikirkan ejakulasi, berhubungan seks di kamar mandi mungkin bisa menjadi alternatif.

“Beberapa wanita memilih bermain basah-basahan, seperti seks di bawah pancuran kamar mandi, jadi itu tertutupi,” kata Dweck.

Namun, apabila jika Anda terus menerus merasa ingin pipis saat berhubungan seks, mungkin ada masalah kesehatan lain yang mendasarinya. Contohnya adalah infeksi saluran kemih.

Beberapa gejala terkait penyakit semacam itu adalah sensasi terbakar saat buang air kecil, demam dalam urin, sakit punggung, berbau tidak sedap, hingga menggigil yang semakin parah saat berhubungan seks.

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini: