Penyebab Nyeri Menstruasi Terasa Berbeda Setiap Bulan

2. Konsumsi makanan olahan

Makanan olahan mungkin dapat membuat Anda merasa lebih baik saat sedang menstruasi. Namun, makanan olahan memiliki kandungan gula putih dan tepung yang dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh.

Jika inflamasi atau peradangan terjadi saat menstruasi maka menstruasi Anda sangat menyakitkan. 

Dr Jessica Shepherd menyarankan untuk mengonsumsi buah, sayur atau probiotik saat menstruasi. Makanan tersebut dapat mengurangi inflamasi dan menetralkan pH tubuh. 

3. Volume menstruasi lebih banyak dibandingkan biasanya

Obgyn Heather Bartos mengatakan bahwa setiap bulan uterus akan meluruhkan darah sebagai bentuk ‘self cleaning‘. Semakin banyak darah yang diluruhkan makan semakin bertambah volume menstruasi.

“Uterus merupakan otot yang dapat melakukan kontraksi untuk mendorong darah menstruasi keluar,” kata dr Heather.

Heather menjelaskan bahwa stres atau perubahan hormon juga dapat menyebabkan perubahan pada volume menstruasi.

Sandi: Semua Antusias Menyapa, Momentum Perubahan Makin Terasa

Gunungkidul – Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno mengawali kegiatan kampanye terbuka di Gunungkidul dengan menyantap nasi merah, ayam goreng, sayur dan kerupuk. Sandi nampak bersemangat dan menyampaikan keyakinan momentum perubahan semakin terasa.

Sandi beserta rombongan datang di Rumah Makan Terrace Petroek, Jalan Jogja-Wonosari, Dusun Karangsari, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Sandi langsung mengambil makanan yang disajikan secara prasmanan.

“Tadi makan nasi merah, enak khas Gunungkidul dan makanannya sehat banget. Selain itu, ini bagian kita hidup sehat ya, karena tadi pagi juga sudah olahraga di Balikpapan,” kata Sandiaga usai makan, Jumat (5/4/2019).

Pantauan detikcom, selain nasi merah, Sandiaga tampak mengambil lauk ayam goreng, trancam, sayur daun kates dan kerupuk. Selain itu, tampak pula Ahmad Mumtaz Rais, Hanum Rais Salsabila Rais dan Hanafi Rais ikut makan siang bersama Sandiaga.

Sandi: Semua Antusias Menyapa, Momentum Perubahan Makin TerasaSandiaga kampanye di Gunungkidul (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)

Sandiaga melanjutkan, setelah makan siang ia akan menyapa masyarakat Gunungkidul di Lapangan Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul.

“Insyaallah kita mau sapa masyarakat di Gunungkidul. Insyaallah semua antisias menyapa masyarakat yang mendambakan perubahan karena momentum perubahan semakin terasa,” ucapnya.

“Nanti fokus isu yang menjadi perhatian prioritas masyarakat seperti lapangan pekerjaan, kesehatan jiwa, isu milenial dan para petani yang mengalamai harga panen anjlok karena kebijakan pemerintah yang belum berpihak kepada petani,” pungkasnya.
(mbr/mbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Prabowo: Kunjungan ke Merauke Lebih Terasa Pulang Kampung Ketimbang Kampanye

Merauke – Capres Prabowo Subianto menyimpan kesan tersendiri saat berkunjung ke Merauke, Papua, hari ini. Prabowo menyebut kunjungannya ke ujung Indonesia sebelah timur itu lebih terasa pulang kampung.

“Tanah Papua memang selalu penuh kehangatan. Kunjungan ke Merauke lebih terasa pulang kampung dari pada kampanye,” ujar Prabowo lewat akun Twitter @prabowo, Senin (25/3/2019).

Prabowo mengatakan, tidak akan pernah lupa akan Papua. Ia menyebut kedatangannya ke Merauke juga bertemu dengan sahabat lamanya.
“Hari ini saya kembali ke tanah Papua, ke Merauke dalam rangka menjalankan kewajiban sebagai anak bangsa untuk turut andil dalam pesta demokrasi demi Indonesia Adil dan Makmur. Berkampanye tak hanya bertemu dengan sahabat-sahabat baru tetapi bertemu kembali dengan sahabat-sahabat yang sudah lama sekali tidak berjumpa,” jelas Prabowo dalam akun Facebook.

Seperti diketahui, Prabowo tiba ke Merauke setelah kampanye di Manado dan Makassar. Prabowo mengucapkan terima kasih atas sambutan rakyat Papua.
“Terima kasih rakyat Papua atas sambutannya kepada saya dan rombongan saya. Kehangatan dan keikhlasan pelukan kalian tidak pernah saya lupa. Terima kasih!” katanya.
(dkp/idn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Lolos 8 Besar Piala Presiden 2019 Terasa Istimewa bagi Pelatih Kalteng Putra

Jakarta Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira, memuji penampilan anak asuhnya setelah secara mengejutkan menang 3-1 atas Persipura Jayapura di laga terakhir Grup C Piala Presiden yang ditayangkan Indosiar. Kemenangan ini sekaligus memastikan langkah mereka ke perempat final.

Gomes de Oliveira, melihat kesuksesan tim asuhannya bermakna istimewa.

Kalteng Putra finis di puncak klasemen Grup C Piala Presiden 2019, mengungguli Persipura Jayapura, PSIS Semarang, dan PSM Makassar.

Bahkan jelang laga terakhir kontra Persipura, peluang Kalteng Putra sangat tipis. Mereka wahib menang atas Persipura untuk lolos.

Meski sempat tertinggal, Kalteng Putra membobol gawang Persipura hingga tiga kali. Kemenangan 3-1 mengantar Kalteng Putra melangkah ke perempat final. Mereka menjadi satu-satunya tim dari luar Pulau Jawa yang melangkah ke delapan besar Piala Presiden 2019.

“Berhasil lolos ke babak berikutnya merupakan sesuatu yang istimewa. Kami baru membangun sebuah tim baru, dan saat ini mereka tahu bagaimana berjuang bersama-sama dalam latihan dan pertandingan,” ujar Gomes de Oliveira.

Selain Kalteng Putra, tujuh tim lain yang lolos ke perempat final Piala Presiden 2019 merupakan tim-tim dari Pulau Jawa.

Persija Jakarta, Bhayangkara FC, dan Tira-Persikabo menjadi tim-tim dari wilayah barat Pulau Jawa yang lolos ke perempat final Piala Presiden 2019, sementara empat tim lainnya berasal dari Jawa Timur, yaitu Arema FC, Madura United, Persela Lamongan, dan Persebaya Surabaya.

Sumber: bola.com

Berita video Kalteng Putra berhasil mengalahkan Persipura pada pertandingan Piala Presiden 2019 dengan hasil akhir 1-3.

Selebrasi Aubameyang Usai Jebol Gawang MU Terasa Kurang Lengkap

Liputan6.com, Jakarta Pierre-Emerick Aubameyang kehilangan barang saat Arsenal menghadapi Manchester United (MU), Minggu (10/3/2019). Bomber asal Gabon tersebut tidak bisa menemukan topeng yang hendak dia gunakan untuk melakukan selebrasi usai mencetak sebuah gol.

Aubameyang mencetak satu gol saat Arsenal mengalahkan United dengan skor 2-0 di pekan ke-30 Premier League, Minggu (10/2) di Stadion Emirates. Satu gol Arsenallainnya dicetak oleh Granit Xhaka pada menit ke-12 dari sepakan jarak jauh.

Gol ke gawang Manchester United punya arti spesial bagi Aubameyang. Sebab, itu adalah gol ke-20 penyerang asal Gabon sepanjang musim 2018/19 untuk Arsenal. Jadi, tentu saja dia ingin membuat selebrasi yang juga spesial atas gol ke gawang United.

Aubameyang memang dikenal punya cara unik untuk melakukan selebrasi usai mencetak gol. Saat masih bermain untuk Borussia Dortmund,, bersama dengan Marco Reus, dia pernah melakukan selebrasi dengan topeng tokoh Batman dan Robbin.

Nah, selebrasi dengan topeng rupanya ingin dilakukan oleh Aubameyang di Arsenal. Tepatnya usai mencetak gol penalti ke gawang Manchester United. Tapi, topeng tersebut ternyata raib dan tidak ditemukan.

“Saya sangat senang karena saya cetak gol dan kami menang. Ini adalah sebuah laga yang sangat penting. Saya ingin melakukan selebrasi dengan topeng, tapi saya tidak menemukannya. Jadi, lain waktu saja,” ucap Aubameyang dikutip dari situs resmi klub.

“Ini adalah hasil yang bagus. Kami bekerja keras hari ini dan sejak awal kami tahu ini akan menjadi sebuah laga yang berat. Kami melakukan dengan baik dan memenangkan laga,” tandas pemain berusia 29 tahun.

Suka Korek-korek Kuping? Kenali 4 Jenis Kotoran Telinga

Jakarta – Nggak ada salahnya membersihkan kotoran telinga dengan cotton bud, tapi hanya kalau terasa gatal dan mengganggu. Tapi harus ingat, sebelum mengorek telinga, harus tahu dulu jenis kotorannya biar nggak terjadi iritasi.

“Kotoran telinga ada 4 jenis, normal, kering, padat tapi lembek dan padat tapi keras. Jadi sebelum di korek, harus kenali dulu jenis kotorannya yang mana,” tutur spesialis THT dari RS Pondok Indah, dr Hably Warganegara, SpTHT-KL, saat ditemui detikHealth belum lama ini.

dr Hably mengimbau kalau membersihkan kotoran yang padat dan keras harus hati-hati karena akan terdorong ke dalam. Jika jenisnya kering, kadang-kadang nggak dapet jadi pakai baby oil atau minyak.

“Kalau normal bisa keluar sendiri. Karena kadang orang suka sugesti, tiap habis mandi harus dibersihin akhirnya jadi luka,” tambahnya.

Karena kulit di area telinga sangat sensitif, maka membersihkannya jangan berkali-kali. Cukup sekali dalam jangka waktu beberapa bulan saja. Untuk jenis kotoran padat pun lebih dianjurkan tidak membersihkan sendiri.

“Ketika kelupas dan dibersihin lagi jadinya infeksi. Harus dikenali dulu jenis kotorannya apa. Tapi karena dokter THT nggak mau ambil risiko, tetap nggak dianjurkan karena takutnya akan luka dan infeksi,” pungkasnya.

(kna/up)

Khawatir Gempa Susulan, Warga Solok Selatan Pilih Tidur di Tenda

Solok Selatan – Gempa masih menghantui warga Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat. Ratusan orang memilih tidur di tenda-tenda darurat karena khawatir tertimpa reruntuhan bangunan. Gempa sendiri menyebabkan 55 orang terluka dan merusak lebih dari 500 unit rumah.

“Gempanya menghentak. Pas pagi tadi agak diayun dan sepertinya tadi malam sudah ada (rumah) yang retak. Jadi pas paginya banyak yang roboh,” kata Emi Susnawati, salah seorang warga korban gempa di Jorong Koto Sungai Kunyit, Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan kepada detikcom di lokasi, Kamis (28/2/2019).

Menurut Emi, warga memilih tinggal di tenda-tenda darurat yang di dirikan di depan rumah atau di lapangan terbuka.
Selain karena rumahnya yang ikut rusak, warga memilih tidur di tenda karena khawatir akan terjadinya gempa susulan.

“Kami sudah nggak berani masuk rumah, karena sampai malam ini terasa gempa susulan. Jadi nggak berani. Takut menjadi korban,” jelas mantan kepala kampung itu.

Kepala Badan Pelaksana BPBD Kabupaten Solok Selatan, Joni Hasan Basri mengakui, warganya masih dihantui ketakutan dan memilih tidur di luar rumah.

“Masih trauma,” katanya. Ia menuturkan, sementara ini BPBD sudah menyalurkan bantuan-bantuan tanggap darurat ke lokasi.
(gbr/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cegah Sakit Saat Berhubungan Seks, Foreplay Kuncinya

Liputan6.com, Jakarta Banyak wanita mengeluh kesakitan saat berhubungan seks. Untuk mengatasinya, satu hal yang perlu diperhatikan untuk mengurangi perasaan tersebut sebenarnya hanyalah pemanasan atau foreplay.

Ginekolog Jen Gunter mengatakan pada New York Times bahwa ada beberapa kemungkinan penyebab aktivitas seksual terasa menyakitkan. Di sini foreplay memainkan peran dalam mengurangi rasa sakit, serta mempersiapkan tubuh untuk berhubungan seksual dan meningkatkan gairah seksnya.

“Walaupun foreplay jarang menyembuhkan seks yang menyakitkan, kebanyakan orang sesungguhnya menginginkan lebih dari yang mereka dapatkan, jadi menggandakan foreplay adalah seks yang bersih dan yang paling penting, menyenangkan,” kata Gunter.

Selama ini, orang-orang menganggap foreplay hanyalah tentang ciuman, petting, atau memainkan payudara selain penetrasi. Walaupun begitu, pakar seks Tammy Nelson menyatakan bahwa seluruh aktivitas seksual yang dilakukan sebelum “sajian utama” bisa dianggap sebagai foreplay.

Seperti dikutip dari Your Tango pada Kamis (28/2/2019), Nelson menyatakan bahwa foreplay adalah stimulasi erotis yang terjadi sebelum hubungan seksual. Sayangnya, suami seringkali tidak terlalu menganggap hal ini penting. 


Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Segala macam stimulasi erotis

“Foreplay seringkali diremehkan dan diabaikan. Biasanya, pria heteroseksual terlalu bersemangat untuk melakukan penetrasi seks karena fisiologi mereka menyebabkan tubuh jauh lebih siap untuk berhubungan seks lebih cepat daripada wanita,” tulis Nelson.

Dia menambahkan, dibutuhkan hingga 45 menit stimulasi erotis bagi tubuh wanita untuk siap menerima penetrasi. Jika tidak siap, pasangan akan merasa tidak nyaman dan sulit untuk orgasme.

“Jaringan wanita berubah selama fase bergairah untuk memungkinkan alat kelaminnya memanas dan melepaskan pelumasan alami agar dia bisa menerima penetrasi dengan baik.”

“Jika tubuhnya tidak diberikan waktu yang cukup untuk mempersiapkan aktivitas itu, maka rasa sakit dan terkadang, kerusakan pada jaringan vagina bisa terjadi,” tambah Nelson.

Karena itu, foreplay yang lebih panjang memungkinkan tubuh wanita mengalami transformasi yang dibutuhkan untuk menerima penetrasi yang baik. Sehingga, Nelson menyarankan Anda untuk tahu apa yang dibutuhkan pasangan agar dia bergairah.

“Namun, foreplay tidak menyembuhkan semua rasa sakit seksual, jadi pastikan terus untuk memeriksa pasangan Anda dan cari bantuan tambahan jika sakit berlanjut, bahkan jika sudah cukup foreplay,” tambah Nelson.

Gejala Sinusitis Pada Anak, Jangan Panik Ketahui Cara Mengatasinya di Sini

Liputan6.com, Jakarta Sinusitis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup menyiksa dan mengangggu pernapasan. Sinusitis dapat dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala yang ditimbulkan oleh sinusitis mirip dengan gejala flu biasa.

Jika tak segera ditangani, sinusitis dapat menyebabkan komplikasi berupa infeksi tulang. Meski jarang terjadi, sinusitis juga dapat menyebabkan infeksi dan menyebar ke daerah sekitar mata, tulang, darah atau otak.

Sinusitis juga kerap terjadi pada anak. Jika Anda mendapati anak mengalami pilek yang tak kunjung sembuh atau sering kambuh Anda perlu mencurigai penyakit sinusitis pada anak.

Nah agar Anda dapat mewaspadai sinusitis pada anak, berikut penjelasan mengenai penyakit sinusitis dari penyebab, cara menangani dan gejala sinusitis pada anak yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(28/2/2019).

2 dari 5 halaman

Mengenal Sinus dan Sinusitis

Sinus sendiri adalah struktur berupa rongga yang terletak di wajah. Rongga kosong ini terletak di ulang pipi (maxillary), bagian bawah dahi (frontal), bagian belakang rongga hidung (sphenoid), serta di antara hidung dan matang (ethmoid). Rongga sinus tidak tampak dari luar, tetapi fungsinya penting untuk mengurangi beban berat pada tengkorak kepala.

Salah satu tugas sinus adalah untuk menghasilkan mukus (cairan lengket dan tebal) di hidung. Mukus turut bekerja untuk mencegah masuknya kuman, allergen penyebab alergi, dan benda-benda asing yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh.

Rongga sinus memiliki saluran yang menyambung dengan hidung. Karena itu, infeksi atau peradangan yang terjadi pada hidung, misalnya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dapat merambat ke sinus dan menyebabkan sinusitis. Sinusitis merupakan gangguan pada rongga sinus yang terjadi akibat sebuah peradangan.

Sebagian besar sinusitis sudah dapat didiagnosa hanya berdasarkan gejala yang dirasakan serta pemeriksaan fisik. Pada pemeriksaan fisik dokter akan melihat adanya kemerahan dan pembengkakan pada rongga hidung, ingus yang mirip nanah, serta pembengkakan disekitar mata dan dahi.

Selain itu diagnosa juga bisa dilakukan melalui pemeriksaan rhinoskopi. Ini adalah sebuah cara untuk melihat langsung ke dalam rongga hidung. Tujuannya adalah untuk melihat lokasi sumbatan.

Terkadang juga diperlukan penyedotan cairan sinus dengan menggunakan jarum suntik untuk pemeriksaan kuman. Pemeriksaan kuman berguna untuk menentukan jenis infeksi yang terjadi. Pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI hanya diperlukan bila sinusitis gagal disembuhkan dengan pengobatan awal.

3 dari 5 halaman

Sinusitis Pada Anak

Sinusitis merupakan peradangan pada rongga sinus yang sering terjadi pada anak-anak. Anak-anak memang sering mengalami ISPA, sehingga risiko mereka untuk terkena sinusitis juga terbilang besar.

Setiap tahunnya, rata-rata anak mengalami 6-8 kali ISPA dibandingkan orang dewasa. Diperkirakan sebanyak 0,5%-10% ISPA mengakibatkan komplikasi sinusitis. Penelitian juga menemukan bahwa sebanyak 6%-13% anak sampai usia 3 tahun pernah menderita sinusitis.

Penyebab Sinusitis pada Anak

Pada kondisi normal, sel dinding sinus akan menghasilkan lendir (mukus) untuk membantu mengeluarkan alergen atau polutan dari rongga hidung.

Namun, bila terinfeksi lendir ini akan terperangkap, volumenya akan bertambah, dan berisi bakteri atau virus. Karena terinfeksi, sel-sel yang ada di dalamnya pun akan meradang.

Sinusitis dapat terjadi akibat infeksi maupun tanpa infeksi kuman (noninfeksi). Kuman yang paling sering menyebabkan sinusitis adalah virus, yang dapat diperparah dengan tambahan infeksi dari bakteri. Pada anak-anak dengan daya tahan tubuh yang rendah, sinusitis juga dapat dipicu oleh bakteri yang lebih kuat maupun jamur. Sedangkan penyebab noninfeksi pada sinusitis adalah kondisi alergi.

4 dari 5 halaman

Gejala Sinusitis Pada Anak

Gejala sinusitis pada anak maupun orang dewasa mirip dengan gejala flu, yaitu hidung mampet atau berair, keluar lendir berwarna kuning kehijauan dari hidung dan demam ringan. Namun, pada sinusitis terdapat nyeri di wajah terutama sekitar pipi, mata, dan dahi, penurunan indra penciuman, sakit gigi, dan bau mulut.

Anda dapat membedakan pilek biasa dari sinusitis dengan melihat perjalanan penyakit yang terjadi. Umumnya sinusitis ditandai dengan pilek yang tidak kunjung sembuh bahkan hingga 10 hari. Gejala pilek yang sempat membaik, namun memburuk kembali juga dapat menunjukkan adanya sinusitis. Batuk dan pilek yang sangat berat juga dapat dicurigai telah dikomplikasi dengan sinusitis.

Berikut gejala sinusitis pada anak yang perlu diwaspadai dan segera ditangani :

· Hidung tersumbat

· Pilek yang berlangsung lama atau kambuh berulang

· Dapat terjadi demam

· Bau mulut

· Ingus kental, dan terkadang ingus seperti mengalir di belakang hidung dan tenggorokan (disebut post-nasal drip). Post-nasal drip akan menyebabkan seseorang kerap berdeham untuk membersihkan lendir yang terasa mengalir di belakang tenggorokan

· Sakit kepala, misalnya saat menunduk (menandakan radang di sinus frontalis)

· Nyeri pada area wajah, misalnya pipi ketika sinus maksilaris mengalami radang

· Bengkak di area mata

Selain gejala sinusitis pada anak di atas, anak yang mengalami sinusitis biasanya menjadi lebih rewel, susah makan, dan suara yang terdengar bindeng.

5 dari 5 halaman

Penanganan Sinusitis

Gejala sinusitis pada anak memang mirip dengan flu biasa. Dengan mengenalinya Anda dapat memberikan penanganan tepat untuk mengurangi gejala sinusitis pada anak.

Setelah mengetahui gejala sinusitis pada anak maka Anda perlu mengetahui cara menangani sinusitis agar tidak terus menganggu aktivitas anak. Sinusitis dapat sembuh dengan sendirinya meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan flu biasa, yaitu sekitar 7–10 hari atau bahkan hingga 2 minggu.

Sinusitis yang ringan bisa dikatakan tidak berbahaya. Namun, tetap saja dapat mengurangi kualitas tidur, nafsu makan, serta aktivitas belajar dan bermain anak. Meski sangat jarang terjadi, sinusitis memang bisa menjadi sumber infeksi ke otak dan menyebabkan meningitis.

Periksakanlah anak ke dokter jika mencurigai adanya gejala sinusitis pada anak. Antibiotik adalah obat yang paling sering diresepkan untuk menangani sinusitis. Anda juga dapat memberikan asupan cairan yang cukup untuk anak. Selain itu, bila ingus anak sangat kental dan sulit dikeluarkan, gunakan cairan saline untuk mengencerkan ingus.

Harga Oppo F1 Selfie Expert Terbaru, Kamera Ciamik dengan Desain Mewah

Liputan6.com, Jakarta Oppo Electronics Corporation adalah perusahaan elektronik berbasis di Guangdong, China. Perusahaan satu ini didirikan pada tahun 2004 silam.

Awalnya, Oppo terkenal dengan produk elektroniknya seperti LCD TV, eBooks, DVD/Blu-ray disc players, dan ponsel. Namun saat ini, Oppo lebih dikenal sebagai salah satu vendor smartphone dengan beragam jenis yang banyak digandrungi oleh pecinta teknologi.

Sejak awal kehadirannya, Oppo membangun sudah kekuatannya pada teknologi Selfie Expert dan Camera Phone. Berkat keunggulannya ini, Oppo bisa menjadi salah satu penguasa pasar ponsel pintar di Tanah Air. Terbukti sejak tahun 2017 lalu, market share Oppo terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

Di Indonesia, Oppo terkenal dengan jargon Selfie Expert yang digunakan untuk meraih pasar penyuka swafoto atau selfie di Indonesia. Jargon ini mulai digunakan Oppo saat diperkenalkan pertama kalinya lini seri F ke Indonesia pada awal tahun 2016 lalu. Smartphone ini memiliki keunggulan pada kamera baik sisi depan maupun belakang.

Salah satu smartphone Oppo yang yang pertama keluar adalah Oppo F1 Selfie Expert. Berikut Liputan6.com rangkum harga Oppo F1 Selfie Expert lengkap dengan spesifikasinya di tahun 2019, Kamis (28/2/2019).

2 dari 5 halaman

Desain Mewah

Dengan mengusung slogan ‘Selfie Expert’, Oppo menempatkan dirinya khusus merancang teknologi fotografi selfie. Teknologi ini disuguhkan pada Oppo seri F sekaligus menjadi taglinenya. Smartphone ini pertama kali meluncur di Indonesia tahun 2016 lalu.

Jika dilihat dari desain, sesuai dengan harga Oppo F1 Selfie Expert dalam kelas premium dan spesifikasi tinggi. Oppo sepertinya sangat paham dengan hal ini yang terlihat pada Oppo F1 Selfie Expert yang desainnya dibuat seseksi mungkin, ditambah balutan metal yang membuatnya kelihatan tampak mahal.

Vendor Oppo mengatakan, perlu 68 langkah pemolesan sehingga menghasilkan desain premium berdimensi 143.5 x 71 x 7.3 mm sehingga smartphone sangat nyaman berada di dalam genggaman tangan. Oppo F1 Selfie Expert memiliki bobot 134 gram namun tetap terasa ringan dan nyaman dibawa ke mana saja.

Oppo menawarkan 3 varian warna yang sedang trend yaitu silver, gold, dan rose gold. Pada bagian depan, Oppo F1 Selfie Expert terdapat tombol power yang ditaruh di sebelah kiri. Adapun slot kartu SIM dan micro SD diposisikan di atas tombol power. Sisanya port audio 3,5 mm ada di sisi atas bezel, berlawanan dengan port micro USB yang diletakkan di sisi bawah bezel.

3 dari 5 halaman

Spesifikasi yang Mumpuni

Smartphone Oppo F1 Selfie Expert ditenagai prosesor Snapdragon 616 Octa-core 1.5GHz dipadu RAM 3GB. Untuk urusan penyimpanan data, Oppo F1 Selfie Expert dilengkapi memori internal berkapasitas 16 GB yang bisa diperluas memakai slot microSD hingga 128 GB. Sumber tenaganya dipercayakan pada baterai berkapasitas 2.400 mAh.

Dengan harga Oppo F1 Selfie Expert yang terjangkau, smartphone ini menggunakan OS Android Lollipop berbalut ColorOS 2.1. Smartphone yang mendukung dual-SIM memakai kartu Sim model Micro SIM dan Nano SIM dengan konektivitas LTE di band 1 (2100 Mhz), band 3 (1800 Mhz) dan band 8 (900 Mhz) serta USB OTG. Alhasil, Oppo F1 Selfie Expert sudah bisa digunakan dengan kartu 4G LTE dari semua operator di Tanah Air.

4 dari 5 halaman

Kamera Ciamik

Selfie Expert yang jadi tagline baru Oppo benar-benar serius dibuktikan produsen China ini. Pembuktian pertamanya dilakukan di Oppo F1 Selfie Expert sebagai ponsel pertama Oppo setelah menyebut dirinya Selfie Expert.

Oppo F1 Selfie Expert memakai kamera utama beresolusi 13 MP dengan lensa f/2.2 dan flash LED. Sedangkan kamera depannya pakai kamera beresolusi 8 MP dengan lensa f/2.0 yang akan memberikan hasil terbaik dengan screen flash mode yang hasil pencahayaannya lebih merata. Kombinasi ini terbukti mampu menyuguhkan hasil yang terbilang sangat baik.

Hasil dari kamera Oppo F1 Selfie Expert menciptakan komposisi warna pas serta detailnya warna yang solid. Tidak hanya itu, kamera makro Oppo F1 Selfie Expert mampu menunjukkan porsi detail dan bokeh yang seimbang. Ketika di zoom pun tingkat makronya kelihatan solid. Noise-nya yang sangat rendah dan bikin hasil foto makro secara keseluruhan terjaga kualitasnya.

5 dari 5 halaman

Harga Oppo F1 Selfie Expert

Dengan banyak hadirnya Oppo Seri terbaru serta series terbaru dari merek lain, smartphone yang dirilis pada Maret 2016 ini mengalami penurunan harga. Harga Oppo F1 Selfie Expert baru saat ini di pasaran mengalami penurunan di angka Rp 2,8 jutaan. Sementara harga Oppo F1 Selfie Expert second berkisar Rp 1,8 jutaan hingga Rp 2 jutaan.