Operasi Penyelamatan Pahu di Kalimantan

Liputan6.com, Balikpapan – Pagi-pagi, Pahu (20) terlihat bersemangat menapaki sekeliling boma, kandang buatan hutan Kelian Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur (Kaltim). Sesekali badak betina seberat 356 kilogram ini mengendus sekaligus menukil tanah mempergunakan moncongnya di kubangan lumpur.

Hewan mamalia besar bernama latin decerorhinus sumatrenis ini sepertinya sedang mencari sisa makanan.

“Pagi hari memang merupakan jadwalnya masuk kandang rawat untuk meminta makan,” kata Koordinator Tim Rescue Badak Kalimantan, Arif Rubianto, beberapa waktu lalu.

Rutinitas Pahu memang seperti itu setiap paginya. Badak Sumatra ini gemar menikmati ragam pakan dedaunan dan buah buahan khas Kalimantan. Satwa langka yang ditemukan di Kubar ini menyukai tiga jenis makanan, yakni rumpun semak, akar pohon (liana), dan buah nangka.

Kedatangan pawang sembari membawa keranjang pakan pun tidak luput perhatiannya. Salah seorang keeper tim rescue ini cukup mencicit menirukan bunyi persis disuarakan badak. Suaranya persis lumba-lumba yang dibunyikan terus menerus.

“Kadang kala suaranya seperti kicauan burung,” papar Arif.

Seolah paham panggilan makan, Pahu setengah berlari memasuki kandang. Badak Sumatra ini lahap menikmati pakan segar kegemarannya.

Kala badak asyik bersantap dimanfaatkan tim medis mengobservasi kesehatan fisiknya. Seluruhnya diperiksa, mulai ujung kepala hingga setiap pangkal buku kakinya.

Kesimpulannya, badak Pahu dalam kondisi prima. Kesehatannya terus membaik terlihat dari peningkatan signifikan berat badannya menjadi 356 kilogram. “Berat badan badak semula hanya 320 kilogram.  Sekarang sudah naik dan kesehatannya normal,” ungkap Arif.

Selama tiga bulan terakhir, Pahu memperoleh penanganan khusus dari tim medis maupun pawang. Tidak sembarang orang diperkenankan berinteraksi dengan badak yang statusnya sangat terancam ini. Salah satu alasannya, menjaga agar badak tidak berlaku jinak terhadap manusia.

“Nantinya badak akan dilepaskan di alam liar. Hanya keeper khusus yang boleh memberi makan mempergunakan tangan. Petugas lainnya dilarang mendekati pagar perawatan,” ujar Arif.

Selesai memperoleh perawatan, Pahu lantas dibiarkan kembali ke kandang utamanya berukuran 50 x 80 meter. Tempat dimana ia menghabiskan waktunya seharian bermalasan.

2 dari 3 halaman

Badak di Belantara

Kegiatan badak terbilang monoton, berkubang dalam lumpur, menggosok badan, makan siang, berendam air, tidur siang, makan sore, tidur malam hingga dilanjutkan pagi harinya.  

“Seluruh aktifitasnya terekam dalam cctv di pagar kandang,” ungkap Arif.

Selama itu pula, mereka mengidentifikasi ciri fisik badak setinggi 101 centimeter dan berat 356 kilogram. Ukuran badannya terbilang kerdil bila dibandingkan sejawatnya badak sumatra berukuran lebih kekar setinggi 145 centimeter dan berat 800 kilogram.

Selain itu, gigi seri badak kalimantan saat dihitung sebanyak empat buah, sedikit lebih banyak dari badak sumatra hanya dua buah.

Uniknya lagi, ciri fisik badak kalimantan pun berbeda dengan kerabat dekatnya, badak di Sabah Malaysia. Badak negeri jiran sedikit lebih besar dengan tinggi 120 centimeter dan berat 550 kilogram.

Hanya memang, kajian genetiknya menempatkannya dalam rumpun populasi badak sumatera. Soal keberadannya ribuan kilometer di Kalimantan masih misteri. Belum ada penjelasan ilmiah keberadaan badak Sumatera di Kalimantan.

Pahu sendiri terperangkap lubang jebakan tim rescue di sekitar Sungai Kedang Pahu Kabupaten Kubar Kaltim, November lalu. Lokasi penemuan badak berdekatan dengan Sungai Pahu yang merupakan salah satu anakan Sungai Mahakam.

Nama sungai ini lantas diabadikan sebagai nama temuan badak kalimantan.

Penangkapannya merupakan prestasi sendiri mengingat tim berjibaku memburu badak kalimantan sejak tiga tahun terakhir. Mereka awalnya hanya menelusuri mitos soal keberadaan satwa langka badak di belantara.

Selama bertahun tahun, masyarakat Kaltim mendengar rumor kawanan badak. Informasinya bersumber dari warga adat dan pegawai perkebunan. Sayangnya memang belum ada bukti otentik keberadaannya.

Titik terang fakta keberadaannya mulai terkuak dua tahun silam, bulan Maret 2016. Tim rescue mendapati badak berusia 10 tahun terjerat senar jebakan pemburu. Badak malang lantas di evakuasi ke kantong populasi I Kubar.

Sayangnya, badak dinamai Najag ini gagal bertahan hidup. Badak sumatra ini menderita infeksi akut di kaki kirinya dimana terdapat luka jeratan sedalam 1 centimeter.

Peristiwa ini sepertinya menjadi pembelajaran tim rescue badak. Mereka akhirnya extra hati hati dalam penyelamatan penanganan badak yang populasinya diperkirakan tersisa tiga ekor di Kalimantan.

“Petugas rescue ada 40 orang yang mengawasi aktifitas badak selama 24 jam,” tutur Arif.

3 dari 3 halaman

Mencarikan Jodoh Pahu

Tim rescue ini pun akhirnya memperluas area pemantauan hingga masuk perbatasan Kalimantan Utara (Kaltara) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Kerja kerasnya terjawab dengan ditangkapnya Pahu di suatu kawasan di Kalbar.

Saat bersamaan, penggiat lingkungan sedang mengupayakan aktifasi pembangunan suaka badak seluas 6.700 hektare berlokasi di Kelian Kubar. Lokasi suaka ini nantinya bisa menjadi pusat perkembangbiakan satwa badak di Kalimantan.

“Temuan Pahu menjadi awal pembibitan badak,” ungkap Arif.

Sementara ini, sudah tersedia sarana kandang khusus perawatan, pembibitan, dan infrastruktur tim rescue lapangan. Secepatnya akan ditambah sarana baru seperti pedok, kandang rawat, karantina, klinik satwa, pondok pawang, pembibitan pakan, dan infrastruktur.  

Manusia harus campur tangan aktif dalam upaya penyelamatan keberlangsungan badak di Kalimantan. Proses perkembangbiakan diupayakan dengan mengawinkan spesies badak yang sama. Tugas utama adalah mencarikan badak jantan dijodohkan dengan Pahu.

“Ini program jangka panjang yang akan berlangsung selama 25 hingga 100 tahun kedepan,” tegasnya.

Tim rescue mencari kelompok kawanan Pahu yang masih tersisa. Bukan perkara gampang mengingat luasnya medan harus dijangkau. Apalagi mereka mengejar waktu dengan para pemburu liar.

Tim rescue memasang lubang jebakan di sejumlah lokasi perlintasan badak. Pemasangan jebakan diperluas hingga memasuki wilayah perbatasan di Kaltara dan Kalteng. “Kalau ada badak pejantan akan dikawinkan dengan Pahu,” sebutnya.

Di sisi lain, tim pun berjibaku membaca berbagai informasi dari camera trap sudah terpasang. Petugas melawan berbagai kendala seperti faktor cuaca, sulitnya medan hingga non teknis. “Sebelum turun di lapangan ada pelatihan dulu bagi pemula,” tuturnya.

Kalimantan Program Director WWF Indonesia Irwan Gunawan mengabarkan, Pahu merupakan sub spesies badak baru dunia. Badak ini memiliki kekerabatan yang erat dengan badak sumatra. Uji tes DNA sedang dilakukan guna memperkuat teori genetik badak ini.

“Ada kecenderungan temuan sub genetis spesies baru badak,” ungkapnya.

Irwan mengatakan, keberadaan badak kalimantan terungkap berkat masifnya eksploitasi sumber daya alam di Kalimantan. Sejumlah wilayah jelajah badak sudah beralih rupa menjadi kawasan terbuka seperti pemukiman warga, pertambangan, dan perkebunan.

Hanya saja memang populasi badak ini berada dalam ambang gawat nyaris punah. Soal ini, WWF menjadi salah satu non goverment organization (NGO) yang mendorong realisasi pembentukan lokasi suaka di Hutan Restorasi Kelian Kubar.

Pihak pemerintah, dalam hal ini Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim Sunandar tetap menguatarakan optimisnya dalam upaya penyelamatan badak. “Populasi kemungkinan badak masih tersisa 10 hingga 12 ekor. Keberadannya tersebar merata di seluruh hutan Kalimantan,” sebutnya.

Lokasi dugaan kuat perlintasannya sudah diketahui, hanya belum bisa di publikasi. Khawatirnya merangsang pihak lain melakukan perburuan.

Seluruh badak badak nantinya akan direlokasikan ke Hutan Kelian Kubar. Hutan ini menjadi pusat perkembangbiakan berkelanjutan badak kalimantan. Campur tangan manusia diharapkan mendorong populasinya menjadi 20 ekor.

Langkah terakhir adalah menetapkan lokasi hutan tempat pelepasliaran kawanan badak. BKSDA Kaltim menghubungi sejumlah daerah yang menyatakan kesediannya menjadi lokasi pelepasliaran badak. “Ada beberapa daerah bersedia menjadi lokasi pelepas liaran badak,” tegasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

PSI Beri Bantuan Hukum ke Caleg di Tanjungpinang yang Jadi Tersangka

Jakarta – Caleg PSI untuk DPRD Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Ranat Mulia Pardede (RMP) ditetapkan sebagai tersangka karena berkampanye di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan. PSI mengatakan akan memberikan bantuan hukum ke Ranat.

“Pasti kami akan melakukan advokasi dan meminta kepada saksi-saksi ahli untuk menjelaskan mana yang dijadikan dasar, PKPU atau SE,” kata juru bicara PSI, Dedek Prayudi kepada wartawan, Sabtu (23/2/2019).

Menurut Dedek, ada kesalahpahaman dalam kasus yang menjerat Ranat. Ia berharap kasus Ranat bisa diselesaikan di jalur yang tepat.
“Kami melihat ini sebagai sebuah kesalahpahaman yang perlu diluruskan, bahkan dibuktikan di jalur yang tepat,” tuturnya.

Lantas, seperti apa kronologi kasus Ranat versi PSI?

“Saat itu, setelah kelas selesai, mahasiswa meminta kartu nama RMP. Oleh mahasiswa lain, tindakan RMP yang memberikan kartu nama dianggap sebagai pelanggaran,” ujar Dedek.

Ranat Mulia Pardede, ditetapkan sebagai tersangka oleh Sentra Gakkumdu. Ranat jadi tersangka karena dianggap berkampanye di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan.

“Jadi dia ini melakukan kampanye di kelas, mengenalkan diri, mensosialisasikan diri sekaligus membagikan kartu nama kepada sejumlah mahasiswa di STIEP,” kata Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini.

Zaini menyebut Ranat disangkakan Pasal 521 juncto 280 UU Pemilu No 7/2017. Ranat terancam hukuman dua tahun penjara.
(tsa/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kampanye di Kampus, Caleg PSI di Tanjungpinang Jadi Tersangka

Jakarta – Caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk DPRD Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Ranat Mulia Pardede ditetapkan tersangka oleh Sentra Gakkumdu. Ranat jadi tersangka karena kampanye di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan.

“Iya betul (tersangka), inisialnya RMP,” kata Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/2/2019).

Zaini mengatakan Ranat merupakan Caleg PSI Dapil Bukit Bestari, Tanjungpinang, nomor urut 2. Ranat melakukan sosialisasi atau kampanye di STIEP, Tanjungpinang pada awal Januari kemarin.
“Jadi dia ini melakukan kampanye di kelas, mengenalkan diri, mensosialisasikan diri sekaligus membagikan kartu nama kepada sejumlah mahasiswa di STIEP,” ujarnya.

Bawaslu Tanjungpinang yang saat itu menerima laporan lalu melakukan penyelidikan selama 14 hari. Lalu, dilanjutkan pembahasan kedua dan ditetapkan memenuhi unsur dan alat bukti.

“Kemudian dinaikkan ke tahap penyidikan, jadi penyelidikan di Bawaslu, penyidikan di pihak kepolisian dilakukan 14 hari juga. Setelah itu, memenuhi unsur semuanya dilimpahkan kepada kejaksaan. Kemudian dari kejaksaan juga memenuhi unsur semuanya. Lalu terhadap Ranat sudah resmi jadi tersangka. Jadi sudah diproses di Sentra Gakkumdu terdiri dari Bawaslu, kepolisian dan kejaksaan,” ujarnya.

Zaini menambahkan Ranat disangkakan melanggar UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 521 juncto 280. Ranat terancam hukuman 2 tahun penjara.

“Bahwa di situ (di UU itu) dilarang melakukan kampanye di tempat pendidikan. Jika melakukan kampanye di tempat pendidikan termasuk di tempat yang dilarang, maka sanksinya 2 tahun penjara dan sanksi denda 24 juta,” pungkasnya.
(idh/hri)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Artis VA Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

Liputan6.com, Surabaya – Masa penahanan 20 hari terhadap tersangka prostitusi online artis VA, akan dilaksanakan pada Sabtu ini.

Untuk itu, Penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim sudah mengajukan surat penambahan penahanan VA kepada kejaksaan tinggi selama 40 hari ke depan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (23/2/2019), pengajuan ini untuk melengkapi berkas acara penyidikan terhadap VA yang rencananya akan diserahkan dalam waktu satu minggu ke depan.

Artis pemeran FTV itu dijerat Undang-Undang ITE pasal 27 ayat 1, dengan ancaman hukuman enam tahun penjara. (Rio Audhitama Sihombing) 

Tanah Bergerak Setiap 30 Menit, Warga Banyumas Terbayang Longsor Masa Lalu

Liputan6.com, Banjarnegara – Menilik riwayatnya, Banjarnegara diwarnai kisah pedih longsor kolosal. Dan 70 persen wilayah di kaki pegunungan Dieng ini memang rawan gerakan tanah.

Bencana longsor seringkali mengejutkan terjadi di Banjarnegara. Pada 2006, Dusun Gunung Raja Desa Sijeruk Kecamatan Banjarmangu lenyap dalam sekejap. Ada 76 orang meninggal dunia, 14 lainnya tak ditemukan.

Kemudian, empat tahun lalu, Dusun Jemblung Desa Sampang Karangkobar luluh lantak diterjang longsor. Seratusan lebih warganya meninggal dunia atau hilang tertimbun material longsoran.

Hingga saat ini, longsor dan gerakan tanah berkala kecil dan besar datang silih berganti. Salah satunya di Dusun Kali Entok Desa Kebutuh Jurang Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara.

Gerakan tanah yang terjadi secara bertahap dilaporkan merusak 22 rumah. Akibatnya, 25 keluarga yang terdiri dari 83 jiwa mengungsi.

Dan ke-25 keluarga itu mengungsi di 11 titik pengugsian. Sebagian besar mengungsi ke rumah saudara, atau ditampung tetangga, dan di tetangga desa, Duren.

“Jadi sekarang masih mengungsi. Kalau kita tahapannya sedang validasi data. Kalau jumlahnya masih seperti kemarin,” kata Kepala Pelaksana Harian (Lakhar) BPBD Banjarnegara, Arif Rachman, Kamis sore, 21 Februari 2019.

Kisah longsor besar yang sampai menewaskan puluhan hingga ratusan orang membuat warga Kebutuh Jurang trauma. Positifnya, riwayat bencana Banjarnegara membuat mereka waspada.

Arif tak menyalahkan warga yang traumatik. Hanya saja, berdasar pendataan lapangan oleh petugas BPBD dan pemerintah desa Kebutuh Jurang, jumlah rumah rusak sebenarnya hanya 15 unit. Lainnya baru terancam longsor.

2 dari 3 halaman

Kontur Tanah Berisiko Longsor Cepat

Berdasar kajian geologi dan pemetaan longsor, tujuh rumah yang penghuninya turut mengungi sebenarnya berada di luar zona merah. Karenanya, pekan ini BPBD akan mensosialisasikan kepada para pengungsi agar yang rumahnya masih aman bisa kembali ke rumahnya.

Adapun 15 rumah yang terdampak langsung dan terancam agar bertahan di pengungsian untuk sementara waktu.

“Pekan ini kami akan mengumpulkan untuk memberi penjelasan. Bagi yang kondisinya masih ini (relatif) aman, disarankan pulang, karena hanya euforia ketakutan ya lebih baik pulang lah,” dia menerangkan.

Rencananya, dalam waktu dekat hasil kajian geologi, pemetaan dan rekomendasi Badan Geologi itu akan dilaporkan kepada Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono untuk segera ditindaklanjuti.

“Pertama, rumah yang terdampak langsung, begitu kan, jumlahnya ada sekitar 15 rumah. Karena kita sudah ada peta geologinya yang akan kita laporkan kepada Pak Bupati,” dia menambahkan.

BPBD juga telah memasang early warning system (EWS) atau alat peringatan dini longsor dan gerakan tanah di mahkota longsoran. BPBD juga mendirikan posko pantau bencana di sekitar area gerakan tanah untuk memantau pergerakan tanah untuk mengantisipasi gerakan tanah yang membahayakan.

Dia menjelaskan, sifat longsoran di Kebutuh Jurang adalah rayapan tanah (creep). Akan tetapi, menilik kontur tanahnya yang curam dan curah hujan tinggi, gerakan tanah bisa bertambah cepat dan bisa pula bersifat jatuhan.

3 dari 3 halaman

Tanah Bergerak 2 Sentimeter Tiap Setengah Jam

Nun di Kabupaten Banyumas, gerakan tanah di Grumbul Kalisalak RT 3/5 Desa Karangbawang Kecamatan Ajibarang kembali terjadi. Akibatnya, dua keluarga terpaksa mengungsi.

Sebelumnya, di lokasi yang sama, empat rumah harus direlokasi lantaran gerakan tanah terus berlangsung sejak akhir 2018. Kini, gerakan tanah kembali merusak dua rumah yang dihuni empat jiwa, yakni rumah milik Sukardi (68 th) dan Sumardi (70 th).

Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Kusworo mengatakan, sementara ini Sukardi dan istri mengungsi ke rumah anaknya, Warkiman yang berada di lokasi lebih aman. Adapun Sumardi dan istrinya mengungsi ke saudara lainnya, Suryati.

Kusworo mengemukakan, tanah kembali bergerak setelah Banyumas diguyur hujan lebat berhari-hari. Diukur dengan alat sederhana, dalam waktu setengah jam tanah bergeser sekitar dua sentimeter.

Gerakan tanah membuat tanah retak-retak dan ambles berkisar 70 sentimeter hingga satu meter. Akibatnya, lantai dan dinding rumah retak-retak parah.

Sebelumnya, gerakan tanah di lokasi yang sama juga telah merusak empat rumah. Keempat keluarga itu telah direlokasi secara bertahap sejak akhir 2018 hingga Januari 2019.

“Tanah terus bergerak, pelan tapi pasti. Mulai Kamis,” kata Kusworo.

Ia juga mengimbau agar warga lainnya mewaspadai kemungkinan meluasnya gerakan tanah. Pasalnya, bidang tanah miring, labil dan curah hujan masih tinggi.

“Dan tadi, kita juga memasang early warning system tradisional, sederhana menggunakan tali. Dalam waktu kurang lebih setengah jam, tanah bergerak sekitar dua sentimeter, jalannya,” dia mengungkapkan.

Saksikan video pilihan berikut:

Berkas Belum Rampung, Polisi Tambah Masa Penahanan Artis VA

Liputan6.com, Surabaya – Penyidik Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur mengajukan permohonan perpanjangan penahanan selama 40 hari ke depan untuk tersangka kasus dugaan pornografi prostitusi online, artis VA.

VA sebelumnya sudah menjalani masa penambahan selama 20 hari di Rumah Tahanan (Rutan) Mapolda Jawa Timur. Perpanjangan masa penahanan ini dikarenakan penyidik belum merampungkan berkas perkara VA.

“Pengajuan permohonan perpanjangan penahanan itu untuk mempersiapkan kelengkapan berkas perkara VA baik kekurangan secara formil ataupun secara materiil sesuai petunjuk Jaksa,” tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim Jumat (22/2/2019). 

“Dan semoga Minggu depan diharapkan sudah mendapat petunjuk dari jaksa kekurangan berkas dimaksud dan diharapkan segera bisa dilengkapi,” sambung dia.

Mengenai penangguhan penahanan terhadap VA yang telah disampaikan oleh penasihat hukumnya kepada penyidik, Barung mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih mengkajinya.

“Masih dikaji dan belum dikabulkan, terbukti VA hingga saat ini masih berada dalam Rutan Polda Jatim,” ucap Barung.

2 dari 2 halaman

Artis VA Tersangka

Sebelumnya, Polda Jatim resmi menahan artis Film Televisi (FTV) berinisial VA terkait kasus dugaan prostitusi online di Surabaya yang sempat menghebohkan beberapa hari yang lalu.

“Oleh karena itu terhitung mulai tanggal 30 Januari 2019, VA resmi dijadikan tersangka dan ditahan di Polda Jatim,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Rabu 30 Januari 2019 lalu. 

Barung menegaskan bahwa sesuai surat perintah penahanan yang disampaikan Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan beberapa waktu yang lalu, penetapan tersangka VA ini berdasarkan rekam jejak digital dari tersangka mucikari ES.

“VA terancam hukuman diatas lima tahun penjara,” ujar Barung.

Dalam perkara ini, VA dijerat Pasal 27 ayat 1 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pasal itu berbunyi, ‘Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Pelesir ke Wilayah Tradisional Jepang di Uchiko Ehime

Liputan6.com, Jakarta – Pelesir ke Prefektur Ehime, Jepang jangan lupa menyambangi kawasan bernama Uchiko. Terletak di bagian barat daya Prefektur Ehime, kawasan ini merupakan wilayah yang masih mempertahankan bangunan bersejarah Jepang.

Pada periode Edo (1603–1867) dan periode Meiji (1868–1912), Uchiko merupakan pusat produksi lilin di Jepang.

Liputan6.com bersama dengan Japan Airlines menyambangi Uchiko beberapa waktu lalu. Kami memasuki jalanan yang diapit rumah bergaya tradisional Jepang.

Sebagian rumah di kawasan ini, memiliki dinding kayu bagian depan yang bisa dibuka dan menjadi kursi. Sedangkan dinding rumah terbuat dari tanah liat yang disebut Okabe.

Tampilan dinding kayu di depan rumah bergaya tradisional di Uchiko, Prefektur Ehime, Jepang yang bisa dijadikan kursi. (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Sementara, di hampir setiap rumah, ada pengait dari besi. Pemandu tur kami, Yamamoto mengatakan, pengait dari besi bertujuan untuk mempermudah saat perbaikan.

Rumah bergaya tradisional di Uchiko, Prefektur Ehime, Jepang. (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Museum Lilin Jepang dan Kediaman Kamihaga

Di kawasan Uchiko ini, wisatawan bisa menyambangi Museum Lilin Jepang dan Kediaman Kamihaga (Japanese Wax Museum and Kamihaga Residence). Keluarga Kamihaga merupakan pembuat lilin dan mengekspornya ke Amerika Serikat dan Eropa. Keluarga inipun kaya raya pada masanya.

Sesuai namanya, museum tersebut merupakan kediaman dari keluarga Kamihaga. Dibuka pukul 09.00-16.30, wisatawan bisa membayar sekitar 500 yen bagi orang dewasa dan 250 yen untuk anak-anak. Rumah Kamihaga ini menjadi aset budaya nasional Jepang.

Museum lilin Jepang dan kediaman Kamihaga (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Di museum, pengunjung bisa melihat potongan tembok tanah liat untuk dinding rumah masa Edo dan Meiji. Pengunjung juga bisa melihat pilar pilar kayu yang menopang rumah.

Lebar pilar rumah bisa mencapai 40 cm dan tinggi 6 meter. Rata-rata pilar rumah terbuat dari pohon pinus.

Peralatan dapur di kediaman Kamihaga (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Pengunjung juga bisa melihat lihat ruangan seperti kamar tidur dengan penghangat tradisional, kamar mandi, dapur, dan ruangan lain.

Tak hanya itu, pengunjung bisa melihat diorama yang menjelaskan tahap tahap pembuatan lilin, alat-alat yang dipakai, proses pengeksporan lilin, hingga proses lobi membahas industri lilin.

Museum lilin Jepang dan kediaman Kamihaga (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Di museum, pengunjung bisa melihat tananam buah beri yang menjadi bahan dasar lilin, lilin batangan, hingga barang barang yang memakai bahan baku lilin seperti crayon dan kosmetik.

Selain itu, di dalam museum terdapat alat-alat yang digunakan untuk membuat lilin.

Museum lilin Jepang dan kediaman Kamihaga (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Produksi lilin di Uchiko mencapai puncak keemasan selama periode Meiji (1868-1912) dan berlanjut hingga periode Taisho (1912-1926). Kala itu, ada 23 pedagang besar lilin di Uchiko.

Diperkirakan, 30 persen produksi lilin di Jepang berasal dari Uchiko. Namun, karena adanya pengganti penerangan lebih murah dan listrik mulai masuk, bisnis lilin mulai ditinggalkan sampai pada 1924. Sekarang, kediaman Kamihaga hanya tersisa fasilitas produksi lilin.

Museum of Commercial and Domestic Life

Gambaran sehari hari masyarakat era Meiji (1868-1912) di Museum of commercial and domestic life. (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Puas mengelilingi Museum Lilin Jepang dan Kediaman Kamihaga, pengunjung bisa menyambangi Museum of Commercial and Domestic Life yang juga berada di kawasan Uchiko.

Gambaran kehidupan sehari hari masyarakat Jepang saat era Meiji (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Bangunan ini merupakan tempat farmasi Sano dari era Meiji (1868-1912). Museum ini buka pukul 09.00-16.30. Untuk masuk dikenai tarif 200 yen untuk dewasa dan 100 yen untuk anak-anak.

Gambaran kehidupan sehari hari masyarakat Jepang saat era Meiji (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Di museum ini, pengunjung bisa melihat kehidupan sehari-hari masyarakat pada era itu lewat manekin seperti saat sedang sarapan. Selain itu, juga bisa melihat kondisi dapur, gudang, hingga bagian toko farmasi.


2 dari 4 halaman

Teater

Teater Uchiko-za merupakan tempat yang harus disambangi bila Anda sedang berada di Kota Tua Uchiko. Ketika sedang tidak ada pertunjukan, pengunjung dapat melihat interior dan melihat lihat bagian belakang panggung.

Teater yang terbuat dari kayu ini dibangun atas dasar kecintaan masyarakat yang memuja seni dan hiburan pada era kemakmuran di kawasan tersebut karena adanya produksi lilin, sutra mentah, dan lainnya. Saat pertanian sedang sepi, berbagai acara ditampilkan di teater ini seperti Kabuki, Bunraku, dan Rakugo.

Teater Uchiko tampak luar (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Teater Uchiko-za ini dibangun pada 1916 yang bertujuan untuk merayakan penobatan Kaisar Taisho. Kapasitas kursi di teater ini bisa mencapai 650.

Struktur utama bangunan terbuat dari kayu. Pada tahun 1970, teater ini terancam dihancurkan karena bangunannya yang lapuk hingga akhirnya dipulihkan.

3 dari 4 halaman

Penduduk Uchiko Masa Kini

Di kawasan Uchiko, masih bisa ditemui toko yang memproduksi dan menjual lilin tradisional. Pembeli bisa melihat langsung proses pembuatan lilin dari balik kaca.

Keluarga Omori yang memiliki toko tersebut mengklaim, kerajinan lilin dari tanaman yang dibuatnya sejak jaman Edo (1603-1867). Sekarang pembuatnya adalah Omor Taro yang merupakan generasi ke-6.

Penjual lilin tradisional Jepang di Uchiko (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Keluarga ini mengaku, dalam satu hari bisa membuat 50 batang lilin ukuran sedang. Sedangkan ukuran kecil bisa membuat 200 batang per hari. Lilin ukuran sedang bisa bertahan sampai 2,5. 

Penjual lilin tradisional Jepang di Uchiko (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Sementara itu, Yuzo Yoshino dari International Affairs Division Economic and Labor Departmen Ehime Prefectural Goverment menjelaskan, masyarakat di Uchiko sekarang ini, sudah tidak memproduksi lilin lagi.

Jalanan di kawasan Uchiko (Liputan6.com/ Mevi Linawati)

Rata-rata dari mereka, berdagang dengan membuka toko di depan rumah, petani atau bekerja di tempat lain. 

“Kebanyakan warga yang tinggal di Uchiko bekerja sebagai petani,” kata dia. Tempat ini, imbuh dia, dibuka untuk umum pada 20 atau 30 tahun lalu.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cardiff Ceroboh, Uang Duka Emiliano Sala Terancam Tidak Cair

Liputan6.com, Jakarta Emiliano Sala telah dimakamkan di kampung halamannya, Argentina, akhir pekan lalu. Namun pihak keluarga terancam kehilangan uang pensiun Sala gara-gara kecerobohan Cardiff City.

Menurut Times, setiap pemain otomatis masuk dalam skema dana pensiun Asosiasi Pemain Profesional Britania Raya (PFA) saat pertama kali terdaftar di kompetisi papan atas. Dan besarnya uang duka yang disediakan oleh PFA mencapai angka 600 ribu euro atau setara Rp9.5 Miliar.

Dana ini juga berlaku bagi pemain non Premier League yang rutin membayar iuran kepada PFA.

Seperti diketahui, Sala tercatat sebagai pemain Cardiff City saat kecelakaan merenggut nyawanya. Pria berusia 28 tahun itu diboyong dari klub Prancis, Nantes dengan nilai transfer sebesar 15 juta poundsterling dan menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan klub asal Wales tersebut.

Namun seperti dilansir The Sun, Cardiff ternyata melakukan kesalahan saat perekrutan Sala. Ada berkas yang tidak lengkap saat mereka mendaftarkan pemain Argentina itu ke Premier League.

Cardiff kemudian diminta untuk memperbaikinya dan meminta tanda tangan Sala. Sayang, sebelum perbaikan dilakukan, Sala sudah keburu mengalami kecelakaan. Pesawat yang membawanya dari Nantes ke Cardiff, jatuh dan tenggelam di Selat Inggris, 21 Januari 2019 lalu.

Jenazah Sala sempat sulit ditemukan. Namun lewat pencarian tak kenal lelah dari tim pencari independen, jasad Sala pun akhirnya terdeteksi bersama puing pesawat yang ditemukan di dasar laut Selat Inggris. Setelah menjalani visum, jenazah dibawa ke Argentina dan dimakamkan di sana.

Kecerobohan Cardiff dalam melengkapi dokumen Sala membuat pihak keluarga terancam kehilangan uang duka dari PFA. Carfiff pun kabarnya tengah berusah memperbaiki kesalahan itu.


2 dari 2 halaman

Bantah Korupsi

Masalah lain juga muncul setelah kematian Sala. Beredar isu yang menyebutkan bahwa proses transfer yang dilakukan dari Nantes terindikasi korupsi. Namun hal ini segera dibantah oleh broker yang menjadi perantara transfer Emiliano Sala, Willie McKay. Menurutnya, transfer itu bersih.

Dia pun membela manajer Cardiff City, Neil Warnock. “Tidak ada yang kami sembunyikan. Rumor itu murahan, benar-benar murahan,” ujar McKay marah. “Saya sudah muak dengan itu. Saya heran orang-orang mengatakan ini. Saya menunggu telepon dari FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris).”

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Pemilih Pindah TPS Terancam Tak Bisa Nyoblos

Jakarta – KPU memiliki kendala dalam penyediaan surat suara bagi pemilih yang pindah tempat pemungutan suara (TPS). Hal ini menyebabkan pemilih terancam tak dapat menggunakan hak pilihnya.

“KPU mengalami kendala untuk penyediaan surat suaranya. Sebagian dari pemilih dalam daftar pemilih tetap tambahan (DPTb) terancam, memang sudah terdata namun terancam tidak bisa menggunakan hak pilih karena ketersediaan surat suara,” ujar komisioner KPU Viryan Aziz di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (21/2/2019).

Dalam data KPU, sebanyak 275.923 pemilih tercatat sudah mengurus dokumen pindah memilih. Viryan mengatakan jumlah ini melebihi ketersediaan surat suara tambahan dalam setiap TPS.

“Jadi sebagian dari dua ratusan ribu pemilih DPTb ini terkendala surat suara. Karena di dalam undang-undang disebutkan pencetakan surat suara itu berbasis DPT ditambah 2 persen,” kata Viryan.

Komisioner KPU Viryan AzizKomisioner KPU Viryan Aziz (Dwi Andayani/detikcom)

“Sementara di beberapa titik ada pemilih DPTb dalam jumlah besar. Misalnya ada satu perusahaan yang pegawainya, karyawannya, sudah mengurus kepindahan pemilih jumlahnya ratusan, ada lagi lembaga pendidikan terkonsentrasi,” sambungnya.

Viryan mengatakan surat suara tambahan dalam setiap TPS sebanyak 2 persen dari jumlah DPT.

“Melebihi 2 persen dalam artian, 2 persen itu kan berbasis TPS, misalnya pemilih di 1 TPS 300, kan 2 persennya surat suara disiapkan berarti 6,” kata Viryan.

Menurut Viryan, pihaknya masih mencarikan solusi dari permasalahan tersebut. Dia mengatakan, akan terlebih dulu melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

“Nah, pertanyaannya, surat suaranya dari mana? ini masih jadi kendala yang KPU coba carikan jalan keluarnya, dan ini kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait,” kata Viryan.
(dwia/fdn)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

3 Calon Pengganti Allegri di Juventus Musim Depan

Liputan6.com, Jakarta Juventus mengalami penurunan performa di tahun 2019. I Bianconeri sudah terdepak dari Liga Europa dan terancam tersingkir di babak 16 besar Liga Champions.

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan tidak berkutik di leg pertama 16 besar saat dijamu Atletico Madrid. Juventus kalah 0-2 berkat gol Jose Gimenez dan Diego Godin. 

Dengan hasil ini Juventus wajib menang 3-0 saat ganti menjamu Atletico. Sebuah misi yang sangat berat. Atletico punya pertahanan yang sangat kokoh.

Jika sampai gagal lagi menjuarai Liga Champions, pelatih Massimiliano Allegri kemungkinan besar akan dipecat oleh Juventus. Gelar juara Serie A tidak akan menyelamatkan Allegri.

Juventus sangat ingin juara Liga Champions. Oleh karena itu mereka bersedia merekrut Ronaldo dari Real Madrid musim panas lalu.

Ada beberapa kandidat pelatih yang mungkin akan dipakai Juventus bila memecat Allegri. Siapa saja mereka? Simak di halaman berikutnya:

2 dari 4 halaman

3. Gian Piero Gasperini

Nama Gasperini layak dipertimbangkan Juventus untuk melatih Ronaldo cs musim depan. Gasperini sukses besar di Atalanta musim ini.

Atalanta dibawa Gasperini menyingkirkan Juventus dari Coppa Italia. Juventus belum bisa menang atas Atalanta dalam dua pertemuan musim ini.

Permainan Atalanta dibawah asuhan Gasperini sangat menghibur dan menyerang. Mereka menjadi salah satu tim paling produktif kedua di Serie A 2018-2019.

3 dari 4 halaman

2. Didier Deschamps

Deschamps merupakan pemain legendaris Juventus. Juventus pernah memakai jasa Deschamps saat terpuruk akibat Calciopoli dan harus main di Serie B.

Ketika itu Deschamps membantu Juventus promosi kembali ke Serie A. Sayangnya Deschamps cuma setahun saja di Juventus akibat konflik dengan pengurus klub.

Para petinggi Juventus saat ini sudah berubah 180 derajat. Deschamps mungkin akan mau kembali melatih La Vecchia Signora dibawah komando langsung Andrea Agnelli.

4 dari 4 halaman

1. Zinedine Zidane

Sama seperti Deschamps, Zidane penah menjadi idola Juventus saat masih bermain. Zidane menjadi incaran utama Juventus untuk menggantikan Allegri.

Juventus kepincut dengan tangan dingin pria Prancis itu. Zidane mampu membawa Real Madrid juara Liga Champions tiga kali beruntun. Kebetulan Zidane saat ini sedang menganggur. Dia memutuskan mundur dari Real Madrid akhir musim lalu.

Untuk mendapatkan Zidane, Juventus harus saling sikut dengan banyak klub besar Eropa. Chelsea, Paris Saint Germain hingga Manchester United konon juga berminat.