Sisa Permen Karet Terakhir Ferguson di MU Laku Rp 7,4 Miliar

Liputan6.com, Jakarta – Seorang fans menjual permen karet terakhir yang dikunyah Sir Alex Ferguson saat memimpin Manchester United (MU). Dia lalu menjualnya dengan harga yang fantastis. 

Setelah 30 tahun, Ferguson akhirnya memutuskan mundur dari jabatannya sebagai manajer MU pada tahun 2013 lalu. Laga terakhirnya tidak terlupakan setelah MU ditahan imbang 5-5 oleh West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris yang berlangsung di markas lawan.

Namun bagi salah seorang fans fanatik MU, jalannya laga bukan satu-satunya hal menarik. Berburu kenang-kenangan dari kiprah terakhir Ferguson bersama Setan Merah juga cukup menggoda. Apalagi, Fergie merupakan pelatih legendaris MU.

Selama menangani Setan Merah, pria 77 tahun itu telah meraih puluhan gelar, termasuk 13 gelar Premier League dan 2 gelar Liga Champions. Tidak aneh bila banyak suporter MU yang mengidolakan Fergie dan berburu kenang-kenangan terakhir pelatih kelahiran Glasgow itu.

Bukan tanda tangan atau foto bersama, fans fanatik MU tersebut justru memungut sisa permen karet Fergie sebagai kenang-kenangan. Dia mengambilnya dari tanah setelah laga. 

Sisa permen karet itu kemidian ditawarkan lewat situs jual-beli berbasis online, Ebay. Dan yang menakjubkan, permen sisa itu laku terjual seharga 450 ribu euro atau Rp7.4 Miliar. 

Pekik Allahu Akbar di Saat-Saat Terakhir Lion Air JT 610 Celaka

Kapten pilot, Bhavje Suneja memegang kendali saat Lion Air Penerbanan JT610 lepas landas dari Jakarta.  Sementara, sang kopilot, Harvino menangani komunikasi radio, demikian berdasarkan hasil laporan awal yang dikeluarkan November lalu. 

Baru dua menit terbang, kopilot melaporkan terjadinya masalah dalam kendali pesawat ke pihak pengatur lalu lintas udara atau air traffic control (ATC). Ia juga mengatakan, pilot berupaya memertahankan ketinggian pesawat di 5.000 kaki.

Kopilot tak menyebut detil masalah apa yang mereka hadapi. Namun, salah satu sumber mengatakan, soal airspeed muncul dalam CVR.

Sementara, sumber kedua mengatakan, indikator menunjukkan masalah pada display di sisi kapten penerbang, bukan di sisi kopilot. Airspeed indicator berfungsi menunjukkan kecepatan gerak pesawat terhadap udara di sekelilingnya.

Kapten kemudian meminta kopilot memeriksa buku panduan, yang berisi petunjuk apa yang harus dilakukan dalam situasi abnormal, tambah sumber pertama.

Dalam sembilan menit berikutnya, sistem dalam pesawat memperingatkan pilot akan terjadinya stall, dan meresponnya dengan menurunkan hidung pesawat. 

Stall adalah kondisi saat gaya angkat sayap tiba-tiba turun secara drastis dan drag meningkat ekstrem.

Kapten penerbang berjuang keras untuk meningkatkan ketinggian pesawat (climb). Namun, komputer — yang terus salah mengartikan adanya stall — terus menurunkan hidung pesawat  menggunakan sistem trim (trim system).

Normalnya, trim menyesuaikan kendali permukaan pesawat untuk memastikannya terbang lurus dan datar.

“Mereka sepertinya tak tahu bahwa trim bergerak turun,” kata sumber ketiga. “Mereka hanya fokus memikirkan airspeed dan altitude (ketinggian). Hanya itu yang mereka bicarakan. 

Sejauh ini belum ada tanggapan dari pihak Boeing Co, produsen pesawat MAX 8. Alasannya, penyelidikan masih berlangsung. 

Viral, Kata-kata Terakhir Korban Teror Masjid New Zealand: ‘Hello, Brother’

Wellington – Salah satu korban tewas dalam serangan teroris di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, sempat menyapa pelaku dengan hangat. “Hello brother,” ucap seorang jemaah masjid yang dibalas dengan tiga tembakan oleh pelaku.

Seperti dilansir Al Jazeera dan India Today, Sabtu (16/3/2019), kata-kata terakhir korban yang identitasnya belum diketahui itu, terdengar dari rekaman live streaming yang sempat disiarkan pelaku saat beraksi pada Jumat (15/3) waktu setempat. Rekaman live streaming berdurasi 17 menit itu dihapus setelah sempat beredar luas.

Dilaporkan media-media asing bahwa rekaman live streaming menunjukkan seorang jemaah mendekati pelaku di pintu masuk Masjid Al Noor di Deans Ave, Christchurch. Dari rekaman live streaming itu, terdengar sapaan hangat diucapkan jemaah tersebut.
Hello, brother,” ucap jemaah tersebut.

Berondongan tembakan langsung diarahkan pelaku ke jemaah tersebut. Laporan media menyebut jemaah itu sebagai korban tewas pertama dalam penembakan brutal yang dilakukan Brenton Tarrant (28), seorang warga Australia, yang memiliki pandangan anti-imigran dan anti-Islam.

Sedikitnya 49 orang tewas dalam penembakan brutal yang disebut sebagai ‘serangan teroris’ oleh pemerintah Selandia Baru. Selain terjadi di Masjid Al Noor, penembakan juga dilakukan di Masjid Linwood. Kedua serangan dilakukan oleh Tarrant yang telah ditangkap dan didakwa atas pembunuhan.

Sebanyak 48 orang lainnya mengalami luka-luka, dengan belasan orang di antaranya dalam kondisi kritis di rumah sakit. Di tengah kengerian dan kesedihan yang dirasakan publik global, sapaan hangat salah satu korban terhadap pelaku, menjadi perhatian khusus pengguna media sosial. Pujian mengalir untuk korban.

Hello, brother merupakan kata-kata pertama yang diucapkan seorang jemaah Muslim kepada penyerang saat dia memasuki masjid. Itu juga menjadi kata-kata terakhirnya sebelum dia ditembak mati. Hati saya hancur,” sebut seorang pengguna Twitter dalam komentarnya.

“Korban pertama serangan teroris di Selandia Baru terlihat dalam video menyapa pria bersenjata dengan Hello Brother. Itu menjadi kata-kata terakhirnya. Cinta di hadapan kebencian,” tulis pengguna Twitter lainnya.

‘Hello brother’ kata yang keluar dari jiwa suci yang dipenuhi keyakinan penuh kedamaian. ‘Hello brother’, diucapkan kepada seorang pembunuh dengan senapan terarah pada sapaan ini. ‘Hello brother’ diucapkannya sambil berpikir bahwa dia bicara dengan seorang manusia dengan jiwa dan perasaan. ‘Hello brother’ ditembak mati,” demikian bunyi komentar salah satu pengguna Twitter.

#Hellobrother dan jawabannya adalah tiga peluru,” timpal seorang pengguna Twitter lainnya.

(nvc/jbr)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Twit Terakhir Ketum PPP Romahurmuziy Sebelum Dikabarkan Ditangkap KPK

Sementara itu, Komisioner KPK dan Juru Bicara KPK masih belum memberikan keterangan resmi soal penangkapan ini. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum mereka yang diamankan.

Sementara, Wakil Sekretaris Jenderal PPP, Achmad Baidowi mengaku tak mengetahui kabar tersebut. “Saya belum tahu, saya lagi kunker,” ujar Baidowi, Jumat (15/3/2019).

Berita penangkapan inipun, kata Baidowi belum tersebar di kalangan internal PPP. “Belum dapat info, kalau ada kita sampaikan,” kata dia.

Baidowi pun meminta wartawan untuk bertanya langsung kepada Sekjen PPP Arsul Sani atau Waketum PPP Arwani Thomafi namun ketika dihubungi keduanya tidak merespons.

Laga Kandang Terakhir Musim Reguler ABL, CLS Kalahkan Saigon Heat

SurabayaBTN CLS Knights Indonesia menutup laga kandang musim reguler dengan kemenangan. Menjamu Saigo Heat, CLS menang dramatis 90-91.

Meski sudah memastikan diri lolos ke babak playoff, CLS tetap bermain serius pada laga di GOR Kertajaya, Rabu (13/3/2019). Pasalnya ini adalah laga kandang terakhir mereka di musim reguler ASEAN Basketball League (ABL). Sayangnya, pelatih Brian Rowsom tak bisa ikut mendampingi karena skorsint satu gim.

CLS memulai dengan lambat di kuarter pertama ketika mereka tertinggal 0-7 dan lantas berbalik unggul 14-13. Saling kejar-mengejar skor terjadi di kuarter pertama hingga akhirnya CLS unggul tipis 23-22.

Masuk di kuarter kedua, CLS sempat tersendat perolehan poinnya hingga tertinggal 33-38. Tapi, CLS bangkit lewat dua kali free thrwo Darryl Watkins dan aksi lay-up Brandon Jawato di 32 detik tersisa untuk membawa CLS unggul 47-44. Heat sempat memperkecil ketertinggalan di paruh pertama lagi dengan 46-47.

Laga semakin berjalan ketat di kuarter ketiga ketika skor sama kuat 66-66. Masuk di kuarter keempat, kejar-mengejar angka kembali terjadi sebelum lay-up Douglas Herring Jr di sisa enam detik memberikan kemenangan 91-90 untuk CLS. Ini adalah kemenangan ke-14 CLS selama musim reguler.

Herring JR jadi pemain terbaik dengan torehan 20 poin, tujuh rebound, dan empat assist. Watkins menopang dengan 21 poin dan lima rebound, lalu Brandon Jawato (19 poin), Maxie Esho (17 pooin), dan Wong Wei Long (14 poin). Dari Heat ada De Angelo Hamilton yang menyumbangkan 27 angka disusul Kyle Barone dengan 21 angka.

“Pemain saya tidak pernah menyerah meski sempat tertinggal sembilan poin di akhir kuarter keempat. Saat time out di kuarter akhir 2 menit 40 detik, saya cuma bilang fokus saja ke defense apapun yang terjadi, nyatanya mereka memberikan best effort 100% dan comeback yang sangat luar biasa. Mungkin evaluasinya cuma di masalah konsistensi saja,” ujar asisten pelatih Koko Heru Setyonugroho dalam rilis kepada detikSport.

Selanjutnya CLS akan menyudahi kiprah mereka di regular season ini dengan bertandang ke markas Hongkong Eastern, Jumat (22/3/2019). CLS kini ada di posisi keempat klasemen dengan rekor 14-11 dan sudah mengoleksi empat kemenangan beruntun dari lima gim terakhir.

“Saya bangga dan speechless, ending yang sangat luar biasa menutup partai kandang musim ini. Ada dua pembuktian di sini, yang pertama Wong Wei Long yang saat bermain di Singapura mendapat cemooh dari publik di sana, nyatanya hari ini dia bermain luar biasa. Dua tembakan tiga angkanya mengangkat moral tim, selain itu pembuktian kedua untuk coach Koko, yang dulu juga kerap dikecam dan diremehkan. Dia berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai seorang pelatih muda yang hebat dengan strategi yang tidak mudah ditebak,” papar Christopher Tanuwidjaja selaku Managing Partner CLS Knights.

(mrp/ran)

KPU Disarankan Gelar Debat Terakhir Tak Berdekatan Masa Tenang

Liputan6.com, Jakarta – Anggota Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi), Hamdi Muluk, memberikan saran agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak menggelar debat capres terakhir berdekatan dengan masa tenang Pilpres 2019.

Diketahui, debat kelima jatuh di hari terakhir pelaksanaan kampanye. Yakni dijadwalkan tanggal 13 April 2019.

“Saran saya majukan saja dua sampai tiga hari sebelum masa tenang,” ucap Hamdi di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Dia menilai KPU tak bijak jika debat terakhir dilakukan pada 13 April 2019. Pasalnya, seolah meniadakan hakikat debat.

Menurut Hamdi, hakikat debat bukan hanya ruang bagi pasangan calon berdebat. Akan tetapi, publik juga memiliki hak yang sama untuk memperdebatkan gagasan yang disampaikan paslon dalam debat.

“Hakikat debat itu di mana-mana selalu ada yang namanya pasca debat. Jadi yang berdebat bukan hanya calon itu, publik juga diajak berdebat. Jadi materi debat semalam itu bisa menjadi perbincangan satu atau dua hari dari publik,” ungkap Hamdi.

Sehingga, ia menilai publik tidak akan bisa memperdebatkan gagasan paslon secara optimal jika sehari setelah debat sudah masuk ke dalam masa tenang, dimana tidak ada boleh ada hal yang berkaitan dengan kampanye.

“Nah kalau minggu tenang kan berarti tidak boleh ada lagi kegiatan yang ditafsirkan berkaitan dengan kampanye kan, semua harus tenang kira-kira begitu, tidak ada lagi pemberitaan mengenai debat, jelasnya.

Meski demikian, dia enggan memastikan perdebatan pascadebat capres akan mempengaruhi elektabilitas paslon. Dirinya hanya menegaskan KPU tidak boleh menghilangkan esensi demokrasi yang seharusnya terjadi pascadebat.

“Jadi solusinya mundurkan saja agar tidak mengurangi partisipasi publik,” pungkasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Gerakan #BersihkanIndonesia menitipkan pertanyaan untuk Debat Capres ke-2. Mereka ingin capres dan cawapres berkomitmen mengembengkan energi bersih dan terbarukan.

MotoGP Qatar 2019, Tersengit dalam 70 Tahun Terakhir

Jakarta – Seri perdana MotoGP 2019 di Qatar sudah tuntas. Gelaran itu rupanya menjadi yang paling kompetitif di kelas balapan tertinggi dalam kurun 70 tahun terakhir.

MotoGP Qatar digelar di Sirkuit Losail pada Minggu (10/3/2019). Balapan perdana di 2019 itu dimenangkan rider Ducati Andrea Dovizioso, disusul Marc Marquez (Repsol Honda) dan Cal Crutchlow (LCR Honda) di podium kedua dan tiga.

Dovizioso mengalahkan Marquez hanya dengan keunggulan tipis. Catatan waktunya cuma unggul 0,023 detik lebih cepat dari Marquez, sang juara bertahan MotoGP.

Dilansir Marca, itu menjadi selisih waktu paling tipis ke delapan di kelas MotoGP. Tak cuma itu, ada catatan waktu lainnya yang membuktikan betapa kompetitifnya MotoGP Qatar.

Selisih waktu antara Dovizioso, pemenang balapan, dengan Johann Zarco, yang menempati posisi 15 atau peringkat terakhir rider bisa mendulang poin, juga lebih cepat.

Dovi yang menjuarai MotoGP Qatar 2019 dengan waktu 42 menit 36.902 detik, berselisih 15.093 detik dengan Zarco yang finis ke-15 dengan waktu 42 menit 51.995 detik.

Catatan waktu itu lebih cepat dari tahun sebelumnya. Di MotoGP Belanda 2018, Marquez memenangkan balapan dengan waktu 41 menit 13.863 detik, unggul 16.043 detik dari Dani Pedrosa di peringkat 15.

Selain itu, selisih waktu para rider di 10 besar juga yang terkecil kedua di MotoGP, setelah seri Brno musim lalu. Sepuluh besar rider di Qatar hanya terpaut 10 detik, sementara di Brno hanya terpaut 8,3 detik.

Data-data di atas menunjukkan MotoGP 2019 di Qatar sudah cukup kompetitif. So, bagaimana ke depannya? Seri kedua MotoGP 2019 akan digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, 31 Maret mendatang.

(yna/din)

Perseru Ancam Persib di Laga Terakhir Grup A Piala Presiden 2019

Liputan6.com, Jakarta – Persib Bandung memang telah tersingkir dari ajang Piala Presiden 2019. Namun, Tim Maung Bandung masih menyisakan satu laga lagi di Grup A turnamen yang disiarkan Indosiar ini.

Selasa (12/3), Persib ditantang Perseru Serui di laga terakhir Grup A, di Stadion Si Jalak Harupat. Tentu, kemenangan jadi target setelah kalah di dua laga awal: 1-2 dari PS Tira Persikabo dan 2-3 dari Persebaya Surabaya.

Hanya masalahnya, dipastikan tidak akan mudah bagi Persib menekuk Perseru. Sebab, sang lawan juga punya ambisi serupa: meraih kemenangan di laga terakhir grup.

“Kami harap para pemain bisa bikin Persib kerepotan juga. Karena ini kan udah pertandingan ketiga dan gengsinya juga harus dijaga,” ujar Putu Gede, pelatih Perseru di situs resmi Persib.

Semoga, Putu berharap, hasil yang dicapai sesuai keinginan mereka. “Apapun ajangnya, apapun pertandingannya pemain harus tetap bisa jaga profesionalisme,” ujar Putu Gede, lagi.

Seperti juga Persib, di dua laga awal, tim berjulukanThe Black Orange itu kalah dari lawan-lawannya. Mereka kalah dengan skor 2-3 dari Persebaya dan PS Tira Persikabo.

Cuitan Tajam Terakhir Andi Arief Dijawab Tawa Mahfud Md

JakartaAndi Arief sedang memasang kuda-kuda ancaman untuk Mahfud Md. Politikus Partai Demokrat itu mengaku tidak segan-segan menyeret urusan dengan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu ke ranah hukum. Memang ada masalah apa?

Berawal dari sejumlah cuitan Mahfud di akun Twitter miliknya pada Selasa (5/3) setelah Andi Arief ditangkap. Mahfud mengomentari cuitan netizen yang me-mention cuitannya dulu.

“Trims atas reposting cuitan sy (10/1/19). Waktu itu AA nyerang sy trs krn isu 7 kontainer SS sy bilang hoax. Maka daripada ikut ngawur sy titip pesan kpd AA dgn miminjam adresat “Anak2 Milenial” agar menjauhi narkoba sebab narkoba itu membunuh akal sehat dan membunuh masa depan,” tulis Mahfud.
“Bro, anak-anak milenial. Nikmatilah demokrasi, jagalah negara ini. Perang membela negara yg kamu hadapi sekarang adalah proksi, termasuk narkoba. Jangan dekat-dekat narkoba. Sekali terjerat narkoba kalian merusak kemanusiaanmu; akan berani membohongi orang tuamu, isterimu, anakmu, dan rakyatmu,” demikian cuitan Mahfud pada 10 Januari 2019.

Menurut Mahfud, cuitan itu dia tulis saat Andi Arief ‘menyerang’ dirinya di Twitter. Mahfud kala itu menyebut isu 7 kontainer surat suara tercoblos yang disuarakan Andi Arief adalah hoax alias berita bohong.

Andi Arief kemudian diperbolehkan polisi untuk pulang setelah menjalani rangkaian pemeriksaan. Dia langsung tancap gas mencuit di Twitter.

“Pak Prof @mohmahfudmd, anda jangan berspekulasi dan sok tahu soal kejadian yg sedang saya alami.Saya bisa tuntut anda dalam jalur hukum dan meminta lembaga yang memberi anda gelar profesor mencabut gelar itu karena sok tahu dan sok bener,” tulis Andi di Twitter, Rabu (6/3/2019).

“Serahkan dan percayakan pada Polri yang sedang sedang menangani yang saya alami. Saya ini belum diadili dan belum ada putusan hukum soal saya, bagaimana gelar Profesor bisa menyimpulkan secara sembarangan Pak Prof @mohmahfudmd,” sambung Andi Arief.

Andi Arief pun menyebut itu merupakan cuitan terakhirnya. “Ini tuit terakhir saya sama.saya menjalani semua yg diproses Polri,” tulis Andi Arief di Twitter.

“Saya terpaksa mentuit karena saya ingin Prof @mohmahfudmd berhenti berspekulasi dan membuat pengadilan sendiri,” sambungnya.

Namun Mahfud menanggapi santai ancaman Andi Arief. “Siiip… ha-ha-ha…,” ujar Mahfud Md saat diperlihatkan cuitan Andi Arief itu.

Mahfud juga merasa heran terhadap Andi Arief yang mengancam akan mencabut gelar profesornya. Menurut Mahfud, gelar profesornya hanya bisa dicabut jika terbukti plagiat. Tak ada urusan dengan hal lain.

“Apa ada orang yang bisa mencabut gelar profesor? Profesor itu hanya bisa dicabut kalau plagiat. Ini ndak pernah plagiat nih. Semua karyanya asli,” kata Mahfud seraya tersenyum.

(dhn/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ancam Mahfud Lewat Twitter, Andi Arief: Ini Tuit Terakhir Saya

Jakarta – Politikus Partai Demokrat, Andi Arief, muncul lagi di Twitter dan mengancam akan menuntut Mahfud Md ke jalur hukum. Dia menyebut itu sebagai cuitan terakhirnya.

“Ini tuit terakhir saya sama.saya menjalani semua yg diproses Polri,” tulis Andi di Twitter, Rabu (6/3/2019).

“Saya terpaksa mentuit karena saya ingin Prof @mohmahfudmd berhenti berspekulasi dan membuat pengadilan sendiri,” sambungnya.

Andi sebelumnya mencuit untuk meminta Mahfud Md berspekulasi atas penangkapannya karena narkoba. Dia meminta kasusnya dipercayakan ke polisi.

“Pak Prof @mohmahfudmd, anda jangan berspekulasi dan sok tahu soal kejadian yg sedang saya alami.Saya bisa tuntut anda dalam jalur hukum dan meminta lembaga yang memberi anda gelar profesor mencabut gelar itu karena sok tahu dan sok bener,” ungkap Andi.

Sebelumnya, Mahfud Md sempat membuat beberapa cuitan pada Selasa (5/3) setelah Andi Arief ditangkap. Ditemui hari ini, Mahfud hanya tertawa saat melihat cuitan ancaman Andi Arief lalu kembali menjelaskan maksud cuitannya.

“Saya hanya berpesan kepada anak milenial, kamu jangan main narkoba, narkoba itu menghilangkan akal sehat. Saya ndak nyebut nama orang, karena saya tahu secara hukum kalau nyebut ya… kurang etis,” tutur Mahfud di Hotel Sari Pacific, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019).

(imk/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>