BPN: Prabowo akan Bawa Catatan Data di Debat Capres

JakartaCapres Prabowo Subianto disebut akan membawa catatan data-data dalam debat capres kedua. Data-data ini sebagai pegangan saat Prabowo beradu gagasan dengan capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

“Ya (data) statistik, detail, siapa tahu diperlukan ya. Data-data pertumbuhan ekonomi, impor beras, data-data impor BBM, data-data yang siapa pun bisa mendapatkan. Nanti yang dinilai kan bukan datanya, tapi bagaimana membawakan dan menggunakan data itu,” ujar Direktur Materi dan Debat BPN, Sudirman Said kepada wartawan di Media Center BPN, Jl Sriwijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (16/2/2019).

Prabowo ditegaskan Sudirman tak pernah ‘rewel’ soal aturan main yang ditetapkan KPU pada debat capres. Segala keputusan KPU, dihormati Prabowo dan Sandiaga.

“Kalau sontekan kan soalnya ini, jawabannya ini. Itu kan notes saja untuk jaga-jaga kalau diperlukan, dan belum tentu diperlukan,” kata Sudirman menegaskan catatan data yang akan dibawa Prabowo.

Soal debat bertema energi, pangan, infrastruktur, dan sumber daya alam (SDA), Prabowo menurutnya akan membawa konsep kebaruan. Sebab, pemerintahan saat ini disebut Sudirman tidak berhasil membawa perubahan yang lebih baik.

“Sudah diberi waktu hampir 5 tahun, dari segi energi tadi, ternyata banyak sekali ketinggalan. Tidak ada kemajuan, 6 kilang yang rencana, tidak satu pun progres. Listrik 35.000 MW, saya kira tidak sampai 30 persen selesai gitu, kemudian beberapa hal, soal Blok Masela dan segala macam,” kata Sudirman.

“Sementara bagi Prabowo sebagai penantang baru, dia menawarkan kebaruan dan harapan. Sekarang kita serahkan pada masyarakat. Kalau masyarakat percaya pada harapan ini, maka dukungan akan mengalir pada Pak Prabowo,” imbuh dia.

Debat capres kedua digelar di Hotel Sultan, Minggu (17/2). Ada 6 segmen debat, salah satunya tanya jawab capres lewat film/video yang diputar terkait tema debat.
(fdn/elz)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Lawan Atletico, Allegri Ingin Juventus Cetak Gol Tandang

Liputan6.com, Turin – Juventus akan menantang tuan rumah Atletico Madrid dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Pelatih Bianconeri, Massimiliano Allegri menginginkan anak buahnya mencuri gol tandang dalam pertandingan tersebut.

Juventus baru saja meraih kemenangan di pentas Serie A. Mereka berhasil mengalahkan Frosinone dengan skor 3-0 pada Sabtu (16/2) dini hari WIB.

Gol kemenangan Juventus dipersembahkan oleh Paulo Dybala, Leonardo Bonucci dan Cristiano Ronaldo. Hasil itu membuat Bianconeri unggul 14 angka di puncak klasemen Serie A.

Kemenangan itu tentu saja akan menjadi modal berhaga Juventus sebelum menantang Atletico. Apalagi pertandingan tersebut akan digelar di markas lawan, Wanda Metropolitano.

Allegri sangat menginginkan Juventus meraih hasil positif di ibukota Spanyol. Namun, dia juga waspada terhadap Atletico, yang sudah mencapai setidaknya perempat final Liga Champions dalam empat dari lima musim terakhir.

“Tim dalam kondisi bagus. Ini adalah tantangan dua leg melawan tim yang sangat mengandalkan fisik,” kata Allegri seperti dilansir Fox Sports Asia.

“Atletico memainkan sepakbola yang sangat agresif saat bermain di kandang. Ini adalah tim yang meraih hasil luar biasa di tahun-tahun sebelumnya di Eropa.”

2 dari 2 halaman

Cetak Gol Tandang

Allegri juga mengatakan bahwa pertandingan melawan Atletico akan berjalan terbuka. Namun, dia menginginkan timnya bisa mencetak gol di markas lawan untuk memperbesar peluang mereka lolos ke babak selanjutnya.

“Ini pertandingan terbuka, kami memiliki banyak kesempatan untuk lolos seperti mereka,” lanjutnya.

“Hal pertama yang harus kami lakukan adalah mencetak gol di Madrid. Mencetak gol di Madrid akan menentukan untuk kelolosan kami.”

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Sudirman Said: Prabowo akan Tampil Rileks, Tidak Menyerang

JakartaBadan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memastikan capres nomor urut 02 akan tampil rileks dalam debat kedua. Sudirman menegaskan, Prabowo akan tampil memberikan gagasan-gagasan baru di panggung debat capres.

“Insyaallah Beliau akan tampil rileks, tidak akan nyerang-nyerang gitu. Saya yakin juga ini bukan kuat-kuatan untuk menjatuhkan tapi adu gagasan dan gagasan disampaikan dengan baik bukan untuk menjatuhkan lawan, tapi meyakinkan masyarakat yang lain,” ujar Direktur Materi dan Debat BPN, Sudirman Said kepada wartawan di Media Center BPN, Jl Sriwijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (16/2/2019).

Dengan gaya rileks dan bicara data, Prabowo disebut Sudirman ingin meyakinkan pemilih soal pengelolaan energi, pangan, infrastruktur, dan sumber daya alam (SDA). Dengan begitu, Prabowo-Sandiaga bisa mengambil suara dari swing voters.

“Untuk apa lawan dijatuhkan, dipermalukan, tapi kemudian elektabilitasnya tidak naik. Jadi kita ingin meyakinkan pemilih yang di tengah, yang disebut swing voters, bahwa ini pemimpin baru yang menawarkan perbaikan-perbaikan,” sambung Sudirman.

Sebagai persiapan, Prabowo menurut Sudirman sudah berkomunikasi dengan para ahli di bidangnya terkait tema debat capres. Prabowo akan menekankan mengenai strategi pengelolaan negara yang ideal pada debat capres.

“Debat ini kan debat level pimpinan negara ya, tentu saja data-data sangat diperlukan, tapi sebetulnya yang lebih penting adalah soal strategi soal visi, soal program, kisaran-kisaran program. Kalau data detail, ya seorang presiden punya begitu banyak instrumen. Saya kira tidak fair juga kalau dibebankan kepada pemimpin negara,” tuturnya.
(fdn/jbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Moderator Debat Capres Ingin Jokowi dan Prabowo Rileks

Jakarta – Moderator debat capres, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ingin kedua capres, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto rileks saat berada di panggung debat. Kedua capres diharapkan bisa membuka rencana-rencana program agar bisa diketahui masyarakat.

“Kami berharap dapat membantu debat kedua ini lebih cair, lebih hidup dan yang lebih penting kedua capres tampil lebih rileks, santai, jadi itu harapan kami sebenarnya,” kata Tommy Tjokro di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Ada 6 segmen debat bertema energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan, dan sumber daya alam. Moderator juga sudah meneken pakta integritas untuk tidak membocorkan kisi-kisi debat capres.

“Itu yang kami pegang penuh karena merupakan mandat dan tanggung jawab yang luar biasa untuk tujuannya menciptakan debat yang hidup dan tadi ketika mendengarkan perwakilan dari kedua paslon. Tentu eksploratif yang ada di segmen keempat nanti diharapkan menghidupkan debat kedua capres,” paparnya.

Sementara itu, moderator lainnya Anisha Dasuki, berharap kedua capres memaparkan ide-ide baru di panggung debat capres. Anisha juga menyebut ada yang berbeda di segmen debat capres.

“Ada perbedaan debat pertama dan kedua, yaitu ada debat terbuka antara kedua capres, yang mana kami sudah membahas dengan timses 01 dan 02. Besok di debat terbuka tersebut akan ada kejutan bagi masyarakat dan juga ada ide-ide baru, ide-ide segar yang akan terungkap dari kedua pasangan calon,” ujar Anisha.

Sementara itu perwakilan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno menyatakan kesiapan capres menghadapi debat kedua.

“Ini kita percaya bahwa debat inspiratif ini nanti akan lebih memberikan ruang kepada paslon kami dari Pak Joko Widodo untuk lebih bisa mengekspresikan pikiran-pikiran dan narasi-narasi besar, maupun data-data dan supaya masyarakat lebih paham betul mengenai hal yang mau disampaikan oleh pasangan kami. Khususnya Pak Joko Widodo berkaitan dengan hal yang menyangkut infrastruktur, menyangkut pangan, energi dan lingkungan sumber daya alam,” ujar Direktur Program TKN, Aria Bima.

Sedangkan Direktur Saksi BPN Danang Wicaksono yakni debat akan berlangsung seru dan atraktif dibanding debat capres pertama

“Yang jelas kita akan menampilkan calon presiden yang siap untuk memenangkan pemilu ini dengan cara proses debat yang kedua ini, yang saya kira akan lebih mengeksplorasi bagaimana gambaran besar ke depan pasangan 02 untuk memperbaiki Indonesia,” ujar Danang.
(fdn/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Madrid Memburu, Valverde Tegaskan Barcelona Tidak Takut

Liputan6.com, Barcelona – Barcelona kini mendapat ancaman dari Real Madrid di puncak klasemen La Liga. Meskipun begitu, Pelatih Azulgrana Ernesto Valverde menegaskan timnya tidak takut.

Madrid saat ini berhasil menyodok ke peringkat kedua di klasemen sementara La Liga. Mereka tertinggal enam poin dari Barcelona setelah mengalahkan Atletico Madrid dalam derby Madrid pada akhir pekan lalu.

Hasil imbang berturut-turut yang diraih Barca di liga sudah membuka pintu bagi Madrid untuk mendekati puncak. Los Blancos kini memberikan tekanan kepada Barcelona dalam perebutan gelar juara.

Madrid dan Barcelona masih akan menjalani duet El Clasico dalam dua kali kesempatan di Santiago Bernabeu. Mereka akan bertemu dalam leg kedua babak semifinal Copa del Rey pada 27 Februari dan pertandingan La Liga pada tanggal 2 Maret mendatang.

Kapten Los Blancos Sergio Ramos mengatakan Madrid masih bisa mengejar Barca. Sementara Thibaut Courtois mengklaim Barca akan ketakutan berhadapan dengan skuat Santiago Solari yang sekarang sedang berada dalam performa bagus.

2 dari 2 halaman

Tidak Takut

Meskipun begitu, Valverde mengaku tidak takut dengan ancaman Real Madrid tersebut. Menurut Valverde, Barcelona sedang berada dalam posisi yang kuat untuk meraih dua gelar lagi.

“Takut apa? Kami selalu bersaing dengan tim yang sama di liga,” kata Valverde kepada Goal International.

“Atletico Madrid, Real Madrid, Valencia dan Sevilla. Takut ketika kami berada di puncak klasemen? Tentu tidak.”

Valverde baru saja mendapat perpanjangan kontrak dari Barcelona. Namun, ia tidak menutup kemungkinan kalau posisinya akan terancam apabila Barcelona gagal meraih gelar pada akhir musim.

“Jika itu terjadi maka tanyakan saya lagi. Tapi mari kita tunggu dan lihat apa yang terjadi terlebih dahulu,” tandasnya.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Isi Waktu Akhir Pekan, Menhub Nongkrong Bareng Sopir Bajaj

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS) hadir dalam giat nongkrong bareng paguyuban sopir bajaj, di Grogol, Jakarta Barat. Kepada Budi, mereka mengutarakan keluh kesahnya sebagai sopir bajaj.

“Sekarang sulit pak, narik tiap harinya dikit dapetnya,” kata Sarjito, salah satu sopir bajaj di lokasi, Sabtu (16/2/2019).

Sarjito melanjutkan, kini nasibnya dan para teman seprofesi kerap tak menentu. Selain sulit mencari penumpang, tempat mangkal juga sudah tidak ada.

“‘Tolong dibantu pak, sediakan tempat untuk kami, sering diusir-usirin soalnya,” keluh dia.

Budiyang mendengar keluh kesah para sopir bajaj tersebut mencoba mengamini. Dia pun berjanji mencarikan jalan keluarnya.

“Ya, ya pak, kami terima saran dan masukannya,” jawab Budi.

2 dari 2 halaman

Dengar Curhatan Warga

Dalam kesempatan ini, Budi mengaku kehadirannya dalam rangka mendengar keluh kesah warga. Karenanya saat disinggung mengapa berlokasi di pos pemenangan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Budi menegaskan tengah memakai haknya sebagai warga negara dan bukan sebagai menteri.

“Saya sebagai warga negara tentu punya hak politik, dan di Sabtu-Minggu biasanya saya bertemu dengan teman-teman ini,” singkat Budi menandasi.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Jelang Debat Soal Pangan: Prabowo ‘Gerakan Emas’, Jokowi ‘Manusia Unggul’

Jakarta – Salah satu tema yang akan diangkat di Debat Capres kedua Pilpres 2019 adalah soal pangan. Lantas seperti apa program andalan yang dimiliki kedua capres ini?

Sejak Pilpres 2014 lalu, Prabowo Subianto memiliki program pemberian susu kepada anak-anak yang diberi nama ‘Revolusi Putih’. Di Pilpres 2019 ini, program tersebut berganti nama menjadi ‘Generasi Emas’ yang fokusnya melebar tidak hanya pemberian susu kepada anak.

“Gerakan Emas itu gerakan emak-emak dan anak minum susu. Jadi orientasinya pada penyediaan protein buat anak dan ibu miskin ya, karena ada tantangan serius buat masa depan Indonesia yaitu stunting growth itu,” ungkap Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandiaga Uno, Dahnil Anzhar Simanjuntak, (17/10/2018).

Orientasi dari Gerakan Emas bukan hanya sekedar meminum susu, tapi kecukupan protein bagi anak. Program ini nantinya akan melibatkan masyarakat sehingga menjadi gerakan bersama. Gerakan Emas juga ditujukan terhadap sang ibu dan adanya keterlibatan masyarakat dalam penyediaan protein tersebut.
“Beliau ingin menjadi gerakan baik pada saat beliau menjadi presiden atau sebelum beliau menjadi presiden, beliau ingin dorong semua komponen masyarakat, untuk terlibat dalam menyiapkan kecukupan protein bagi keluarga-keluarga yang tidak,” tutur Dahnil.

Dari program ini, diharapkan muncul hubungan keluarga angkat. Bagi mereka yang mampu, akan bisa membantu masyarakat dari kalangan yang kesulitan. Gerakan Emas juga akan diperluas menjadi sebuah kebijakan utama dalam pemerintahan Prabowo-Sandi jika terpilih pada Pilpres 2019 mendatang.

“Kalau dulu koperasi itu ada bapak angkat, nah sekarang bahkan nanti ada keluarga, relawan-relawan yang berasal dari orang-orang mampu, mampu secara intelektual, mampu secara keuangan itu juga bisa menjadi saudara yang memberikan edukasi. Jadi basis kita gerakan ini kan sudah dimulai oleh Pak Prabowo melalui partainya tapi akan diperluas menjadi suatu gerakan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat,” kata Dahnil.

“Menjadi salah satu kebijakan utama untuk mengatasi stunting growth, dan masalah sosial yang lainnya. Jadi tahapannya gitu. Awalnya revolusi putih berhenti pada susu, kemudian menjadi gerakan gotong royong, saling bersaudara, kemudian ketika Pak Prabowo jadi presiden akan jadi kebijakan,” sambung Ketum PP Pemuda Muhammadiyah itu.

Program Prabowo-Sandiaga ini mendapat kritik dari kubu Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Alasannya, penyediaan susu memerlukan impor dan belum tentu cocok bagi semua orang mengingat demografi warga Indonesia yang cukup beragam.

Terkait isu stunting, Jokowi disebut lebih mengutamakan local wisdom. Tak hanya susu, masyarakat akan diajak untuk mengkonsumsi makanan penuh protein yang sesuai dengan masing-masing daerah.

“Kalau kita mengedepankan local wisdom. Mereka yang tinggalnya dekat laut kita dorong untuk makan ikan, ada yang mungkin kacang-kacangan, potensi alam kita begitu besar. Kalau susu, selain mahal belum tentu cocok bagi semua orang,” kata Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin.

Jokowi-Ma’ruf menyorongkan program ‘Manusia Indonesia Unggul’. Dalam proses pembentukan generasi emas nanti, TKN Jokowi-Ma’ruf Amin menilai tidak cukup hanya sekedar fokus pada asupan.

“Di tim Jokowi-Ma’ruf ini bahwa gerakan membangun manusia Indonesia yang unggul, unggul itu harus komprehensif. Tidak boleh hanya satu bagian saja mulai dari kita harus memperhatikan dan fokus bagaimana mengurangi stunting, gagal tumbuh, ini salah satu yang kita lakukan,” sebut Karding.

“Penting untuk mempercepat memberikan jaminan gizi sejak dalam kandungan. Pola asuh keluarga harus kita perbaiki, memperbaiki fasilitas air bersih, sanitasi, dan lingkungan yang mendukung tumbuh-kembang anak. Di samping itu, reformasi kesehatan kita perlu diperbaiki,” sambung politikus PKB itu.

Program Manusia Unggul ini tak hanya berfokus pada masalah asupan semata. Jokowi-Ma’ruf juga mementingkan program promotif dan preventif agar masyarakat di Indonesia mau hidup dalam lingkungan yang sehat. Fasilitas yang memadai dinilai menjadi salah satu unsur untuk membentuk manusia unggul.

“Percepatan pemerataan infrastruktur dasar, apa sanitasi, kemudian rumah tangga yang sehat, memiliki jamban, warga miskin juga harus dijamin. Aksesnya ke seluruh pelosok urusan kesehatan, seperti KIS. Pemerataan fasilitas dan pemerataan pelayanan kesehatan baik di daerah tertinggal terdepan, dan terluar. Kalau kita kasih makan, asupan saja, tapi sistem kesehatan nggak dipikirkan, ya nggak bisa,” tutur Karding.

Debat Pilpres 2019 kedua akan diselenggarakan pada hari Minggu, 17 Februari 2019. Debat ini mengusung tema lingkungan hidup, infrastruktur, energi, pangan, dan sumber daya alam. Hanya capres yang akan mengikuti debat kedua tersebut.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(elz/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kondisi Rutan Medaeng Over Kapasitas Disorot Cawapres Sandiaga

Sidoarjo – Cawapres Sandiaga Uno membesuk Ahmad Dhani di Rutan Medaeng. Sandi menyoroti kapasitas rutan klas I tersebut. Sebab, kapasitan Rutan Medaeng dihuni 700 orang, padahal saat ini dihuni 2.900 orang. Apalagi, 80 persen tahanan kasus narkoba.

“Yang perlu kita soroti adalah over kapasity. Di sini kapasitasnya hanya 700, tapi 2.900 yang menempati lembaga pemasyarakat ini. Dan 80 persen lebih dihuni oleh pengguna narkoba,” kata Sandi usai menjeguk Dhani di Rutan Medaeng, Sabtu (16/2/2019).

Over kapasitas lembaga pemasyakatan ini, jelas dia, menjadi catatan tim Prabowo-Sandi. Menurutnya situasi tersebut hampir terjadi di seluruh lembaga pemasyarakatan di Indonesia.


“Ini menjadi catatan kita. Ini sudah terjadi di lembaga pemasyarakatan yang sudah dibanjiri para napi yang terkena kasus narkoba dan menjadi pengguna. Kita sudah menjadi narkostate. Negara yang darurat terhadap narkoba. Karena mau dibangun beberapa pun juga kapasitasnya kalau jumlah narkoba meningkat seperti ini, tentu akan membludak,” ungkap Sandi.

Membludaknya tahanan, Sandi mengibaratkan sebuah kapal jika dihuni banyak penumpang akan tenggelam dan karam.

“Ibarat kapal yang kapasitasnya 100 penumpang, ini diisi lebih dari 500 penumpang, berarti ini akan bisa mengakibatkan kapal kecelakaan, karam. Mungkin bisa mengakibatkan masyarakat akan kehilangan sanak saudaranya, sangat memprihatinkan,” jelas Sandi.

Sementara itu saat ditanya apakah melakukan kampanye ke penghuni rutan, Sandi mengaku hanya bertemu Dhani.

“Saya tidak kampanye, tadi hanya ketemu Mas Ahmad Dhani saja,” tandasnya sambil berlalu.
(fat/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Polisi Periksa Plt Ketum PSSI Joko Driyono Senin Pekan Depan

Jakarta – Polisi menjadwalkan pemeriksaan Plt Ketum PSSI Joko Driyono pada Senin (18/2) pekan depan. Joko Driyono dipanggil sebagai tersangka perusakan barang bukti kasus dugaan pengaturan skor.

“Dalam rangka pemeriksaan yang bersangkutan, selanjutnya pada hari Jumat kemarin dari Satgas Anti-Mafia Bola melayangkan surat panggilan pada saudara J untuk dimintai keterangan dengan status sebagai tersangka hari Senin besok,” ujar Kabiro Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (16/2/2019).

Pemeriksaan dilakukan untuk mendalami kasus dugaan pengaturan skor di sejumlah pertandingan seperti Liga 3 dan Liga 2.

“Seluruhnya sudah ada 14 tersangka,” sebut Dedi.

Polisi menetapkan Plt Ketum PSSI Joko Driyono sebagai tersangka berdasarkan sejumlah alat bukti. Pertama, Satgas Anti-Mafia Bola mendapat keterangan dari tiga tersangka berinisial NM, M dan AG. Ketiga orang ini mengaku merusak barang bukti berdasarkan perintah dari orang lain.

“Berangkat dari pemeriksaan tiga tersangka tersebut, kemudian dari Satgas Anti-mafia menemukan ada tersangka baru lagi, karena 3 ini adalah sebagai pelaku. Tentu 3 pelaku itu memiliki aktor intelektual itul ah yang dalam proses pemeriksaan satgas menemukan saudara J, atau Jokdri (dan) ditetapkan sebagai tersangka dari hasil gelar perkara,” papar Dedi.

Satgas Anti Mafia Bola kemdian menggeledah unit apartemen yang dihuni Joko Driyono Apartemen Taman Rasuna Tower 9 lantai 18 di Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (14/2) malam.

“Ada 75 item barbuk (barang bukti) yang berhasil di sita oleh satgas, dari 75 item itu dilakukan audit tambah menguatkan bukti-bukti pendukung dalam rangka menetapkan J sebagai tersangka,” ujar Dedi.

Selain itu, Satgas Antimafia Bola juga mengirimkan surat permintaan cegah untuk Plt Ketum PSSI Joko Driyono dalam masa 20 hari.
(fdn/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Marc Marquez Ungkap Target Balapan di Musim 2019

Liputan6.com, Bandung – Marc Marquez menghabiskan waktunya di kota Bandung pada pekan lalu (9-10 Februari 2019). Pada kesempatan tersebut, Marc Marquez menjalankan serangkaian acara bersama Repsol Honda Team dan juga berbincang-bincang bersama wartawan nasional.

Marc Marquez yang juga berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2018 lalu buka-bukaan soal targetnya di tahun 2019. ” Tentu saja bukan sekedar berapa banyak balapan yang bisa saya menangkan (di tahun 2019), belajar dari Jepang 2015 saya menang lebih banyak dari balapan 2016. Dan saya tidak menjadi juara dunia karena saya tidak konsisten,” ungkap Marquez.

Baginya, memenangkan balapan merupakan hal yang penting tapi bukanlah yang utama. ” Jadi yang terpenting adalah konsisten meraih podium, dan balapan meraih posisi tertinggi. Dan untuk menjadi juara dunia, minimal harus menang 6-7 balapan,” sambungnya. 

Meski tahun lalu berhasil meraih gelar juara dunia, Marquez merasa masih ada beberapa kesalahan kecil dan hal tersebut akan diperbaiki pada tahun ini.

Marquez dijadwalkan akan kembali mengikuti tes pramusim pada 20 Februari mendatang di sirkuit Jerez, Spanyol. MotoGP musim ini akan dimulai 10 Maret mendatang.  

2 dari 3 halaman

Terkait MotoE, Marc Marquez: Saya Masih Menikmati MotoGP

Kendaraan listrik merupakan masa depan dari perkembangan dunia otomotif. Mobil atau motor listrik dinilai bisa mengurangi polusi sekaligus meningkatkan efisiensi berkendara. Bahkan tren ini pun mulai menjalar ke dunia balap, khususnya FIM Enel MotoEWorld Cup yang akan diluncurkan tahun ini oleh Dorna Sports.

Rencananya MotoE akan digelar di lima sirkuit Eropa yang diikuti oleh 18 sepeda motor. 7 tim independen masing-masing akan mendapatkan dua sepeda motor, dan empat sepeda motor diperuntukkan untuk tim Moto2 dan Moto3 yang memutuskan untuk mengikuti.






Terkait dengan hal ini, Tetsuhiro Kuwata, Honda Racing Corporation (HRC) Director pun angkat bicara. ” MotoE adalah pendekatan yang berbeda terhadap dunia balap motor. Dan ini baru menjadi titik awal pendekatan ini. Kami butuh mempertimbangkan pendekatan ini di masa depan, tapi ini terlalu cepat bagi kami. Jadi kita akan lihat apa yang terjadi di MotoE dan kami akan mempertimbangkannya di masa depan,” ungkap Kuwata saat sesi interview di hotel Harris, Bandung.

Marc Marquez pun ikut mengomentari soal MotoE. “Saya pikir atau saya harap masa depan itu masih jauh, karena saya menikmati motor ini. Saya belum mencoba motor listrik, jika disiapkan saya akan mencobanya. Tapi saat ini kita akan menjalankan MotoGP yang saya nikmati,” ungkap Marc Marquez ke wartawan.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, suara dari MotoE akan memiliki keunikan tersendiri dan sangat berbeda. Motor elektrik akan lebih senyap, namun akan menyajikan suara yang biasanya tak terdengar akibat tertutup suara mesin konvensional. Suara yang terdengar adalah suara motor listrik membelah udara dan suara decitan akan memberikan pengalaman berbeda.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: