Tentara Israel Tembaki Demonstran Palestina di Gaza, 28 Terluka

Gaza – Pasukan Israel melepas tembakan ke para demonstran Palestina yang beraksi di dekat perbatasan antara Jalur Gaza dan Israel. Setidaknya 28 warga Palestina terluka dalam insiden itu.

Kementerian Kesehatan Gaza menyatakan seperti dilansir media Press TV, Sabtu (1/12/2018), ke-28 orang itu terkena tembakan peluru timah panas di Gaza pada Jumat (30/11) waktu setempat. Juru bicara kementerian, Ashraf al-Qedra mengatakan, seorang jurnalis termasuk di antara para korban luka.

Ketegangan telah terjadi di dekat pagar perbatasan Gaza sejak 30 Maret lalu, yang menandai awal dimulainya serangkaian aksi-aksi demo yang diberi nama “Pawai Kepulangan Besar.” Dalam aksinya, warga Palestina menuntut hak untuk kembali ke rumah-rumah mereka dulu.

Aksi-aksi demo itu kerap diwarnai bentrokan antara pasukan Israel dan para demonstran Palestina. Bentrokan mematikan di Gaza mencapai puncaknya pada 14 Mei lalu, di malam menjelang peringatan 70 tahun Hari Nakba, yang bertepatan dengan pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Menurut data terbaru yang dirilis Kementerian Kesehatan Gaza, sekitar 240 warga Palestina telah tewas dan lebih dari 20 ribu orang lainnya luka-luka dalam bentrokan di Gaza tersebut.
(ita/ita)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *