6 Film Terbaik tentang Menghasilkan Uang, Apa Saja?

Food, Inc sebuah film dokumenter yang dibuat oleh pembuat film Robert Kenner. Film ini menggambarkan perusahaan besar yang mengendalikan industri makanan bernilai miliaran dolar AS, dan seringkali cara makanan yang buruk diproses dan diproduksi, tanpa peduli dengan konsumennya.

Film ini mempresentasikan dampak ekonomi yang menghancurkan semua aspek salah satunya terhadap petani kecil di industri makanan. Food, Inc telah mengubah cara jutaan orang melihat industri ini dan cara mereka makan.

4. Freakonomics (2010)

Freakonomics, diambil dari sebuah buku yang ditulis oleh jurnalis Stephen Dubner dan ekonom Steven Levitt. Film ini mencakup sisi tersembunyi dari hampir semua hal yang ada dalam hidup, dan bagaimana insentif menjadi dasar mengapa, apa serta bagaimana kita melakukan sesuatu. Penulis buku dari film ini mengatakan bahwa insentif adalah segalanya.

5. Margin Call (2011)

Margin Call menggambarkan satu hari penuh di Wall Street pada fase pertama dari krisis keuangan 2007-2008. Film ini melihat lebih dekat pada keserakahan dan tindakan curang dari banyak perusahaan Wall Street, yang akhirnya menyebabkan keruntuhan ekonomi AS. 

6. Trading Places (1983)

Trading Places merupakan film bergenre komedi yang menjadikan Billy Ray seorang tunawisma yang diperankan Eddie Murphy, sementara Louis diperankan oleh Dan Aykroyd, yang bekerja di sebuah perusahaan pialang komoditas. 

Tanggapan BPJS Kesehatan tentang Kisah Bu Lis yang Disinggung Sandiaga

Liputan6.com, Jakarta Dalam Debat Cawapres 2019, Sandiaga Uno menyinggung kisah Bu Lis asal Sragen Jawa Tengah yang harus menghentikan pengobatan karena tidak dicover BPJS Kesehatan.

“Ada cerita masyarakat mengenai persoalan kesehatan. Ada kisah Bu Lis di Sragen yang BPJS tak lagi bisa meng-cover,” kata Sandiaga dalam Debat Cawapres 2019, Minggu (17/3/2019).

Sandiaga mengatakan, bila Prabowo-Sandi dipilih oleh masyarakat, kisah-kisah seperti Bu Lis tidak akan ada lagi. Dalam 200 hari, akar masalah BPJS Kesehatan akan dihentikan.

Kisah Bu Lis ini juga pernah dibahas Sandi dalam akun Facebooknya. Ibu Lis, kata Sandi, adalah pasien kanker payudara yang obatnya tidak di-cover oleh BPJS Kesehatan. 

Menanggapi omongan Sandiaga soal kisah Bu Lis, Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma’ruf, mengatakan penjaminan obat dalam program JKN-KIS itu sudah diatur oleh regulasi. Ada tim khusus di luar BPJS Kesehatan yang akan menentukan suatu obat bakal ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

“Penjaminan obat dalam JKN-KIS diatur sesuai regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah,” kata Iqbal lewat pesan singkat ke Liputan6.com.

“Pemilihan obat yang ada dalam Formularium Nasional itu ditetapkan oleh tim ahli yang memiliki kompetensi dan kredibilitas yang mumpuni,” katanya.

Bicara Tentang Masa Kini, Koleksi Luar Biasa di Opening Night Fashion Nation 13th Edition

Liputan6.com, Jakarta – Acara Fashion Nation 13th Edition sudah resmi dimulai Jumat, 15 Maret 2019, di Atrium Senayan City. Jakarta Pusat. Opening Night Fashion Nation edisi ke 13 yang bertema ‘In Vogue’ ini dimeriahkan dengan presentasi dari dua desainer kenamaan Indonesia, yaitu Yogie Pratama dan Hian Tjen.

Yogie Pratama memperkenalkan koleksinya yang bertajuk Imaginaire. Dalam 20 look busana yang dipamerkan, Yogie Pratama ingin bicara tentang imajinasi kaum muda yang tidak dibatasi oleh medium tertentu.

Bermain dengan gaya futuristik, warna-warna seperti silver, emas, dan hitam yang berkilauan mendominasi koleksi Imaginaire ini. Kesan glamor dalam koleksi ini ditunjukkan dari siluet busana yang fitted.

“Kalo dulu kan orang berimajinasi dari TV, mereka melihat sesuatu, kemudian berimajinasi. Koleksi saya ingin mengajak semua orang untuk berimajinasi seluas-luasnya, tanpa dibatasi oleh apapun,” cerita Yogie Pratama ketika ditanya mengenai inspirasi di balik koleksi Imaginaire yang diperkenalkannya di panggung Fashion Nation 13th Edition.

Terinspirasi dari gaya disko di tahun 80-an, Yogie Pratama banyak menggunakan bahan metal dan sequin. Berbeda dengan koleksi bertajuk The Yine Girl yang diperkenalkan oleh Hian Tjen di panggung Opening Night Fashion Nation 13th Edition.

2 dari 2 halaman


In Vogue, Opening Night Fashion Nation 13th Edition

The Yine Girl dari Hian Tjen adalah koleksi dalam 34 look busana yang terinspirasi dari perjalanan sang desainer ke Peru. Menggunakan kain khas Peru yang kemudian diolah kembali menjadi koleksi yang kaya akan tekstur dan warna, disesuaikan dengan sejarah, kebudayaan, dan seni di negara tersebut.

“Mengolah kain dari Peru sama sulitnya dengan mengolah kain dari Indonesia. Mereka punya kain yang prosesnya sama dengan kain di sini, yaitu tenun. Tidak semua desainer bisa mengolah kain tenun dengan baik, makannya membuat koleksi ini sebenarnya cukup menantang,” ungkap Hian Tjen ketika diwawancara.

Fashion Nation 13th Edition akan hadir hingga hari Minggu (24/3/2019) mendatang dengan berbagai presentasi menarik dari desainer-desainer kenamaan. Jangan lewatkan menikmati akhir pekan di Senayan City, ya!

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 Hal tentang Kisah Asmara Janda dan Duda yang Berakhir Saling Tusuk

Dugaan sementara, pertikaian dipicu lantaran korban kesal karena pelaku ingkar janji, yang akan memberikan uang Rp 2 juta untuk biaya pernikahan anak Nurhayati.

Singkat cerita, Nurhayati berniat menikahkan anaknya pekan depan, dan Hendar berjanji akan memberinya uang sebesar Rp 2 juta untuk biaya perkawinan.

“Selasa kemarin sekitar jam 19.00 WIB korban ditelepon oleh pelaku dan akan memberikan uang sebesar Rp 2 juta malam itu juga,” kata Kapolsek Cisarua Kompol Nur Iksan, Rabu, 6 Maret 2019.

Keduanya bertemu di sebuah vila depan warung tempat mereka biasa kencan. Saat itu, Nurhayati diantarkan kakaknya ke lokasi tujuan.

Tak lama kemudian, Anwar sang pemilik warung dikejutkan kedatangan seorang perempuan yang biasa nongkrong di warungnya itu. Nurhayati keluar dari vila dengan kondisi bersimbah darah seraya berteriak minta tolong.

“Dia lari ke belakang warung, mungkin mau sembunyi. Terus balik lagi ke depan. Di leher ada luka sayat dan luka tusukan di bagian perut,” kata Anwar.

Nurhayati lantas masuk ke warung dan bersembunyi di dalam, yang kala itu ada ibu dan adiknya yang masih balita. Selang beberapa menit kemudian, Hendar keluar dari vila dan mengarah ke warung.

Sambil menggenggam sebilah pisau, dia kemudian masuk ke dalam warung dengan cara mendobrak pintu. Di dalam warung keduanya terlibat keributan hingga leher Hendar tertusuk pisau.

“Saya bawa keluar keluarga saya karena takut kenapa-kenapa,” ucap Anwar.

Setelah kejadian itu, Nurhayati sempat keluar dan berjalan beberapa puluh meter dan akhirnya roboh di tengah jalan. Sementara kondisi Hendar dalam keadaan tersungkur di dalam warung dengan pisau masih menancap di lehernya.

Warga yang mengetahui kejadian tersebut melaporkanya ke polisi setempat dan membawa keduanya ke RSPG Cisarua.

“Keduanya sudah ditangani pihak dokter RSPG,” kata Kapolsek Cisarua Kompol Nur Iksan.

Lagu Terbaru Hiroaki Kato Bercerita Tentang Perdamaian

Liputan6.com, Jakarta – Penyanyi sekaligus presenter Hiroaki Kato kembali menunjukan eksistensinya di dunia tarik suara. Pria berdarah Jepang yang piawai memainkan gitar itu, merilis single terbarunya berjudul ‘Beda Rasa’.

Melalui single terbarunya itu Hiroaki Kato ingin menyampaikan pesan pedamaian. Sebab menurut Hiroaki Kato, meski berbeda setiap orang pasti punya persamaan yaitu makan.

“Aku launching music video dan single keempat, judulnya Beda Selera. Lagunya tentang makanan. Saya sendiri yang menciptakan lagunya. Ini juga ada pesan perdamaiannya di dalamnya, walaupun kita beda, kita tetap memiliki satu tujuan yang sama, yaitu makan,” ucap Hiroaki Kato ditemui di kawasan Mahakam, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019).

2 dari 3 halaman

Makan Damaikan Perbedaan

Hiroaki Kato menilai makanan bisa menyatukan seseorang. Apalagi di tahun politik yang tengah dirasakan Indonesia jelang pemilihan Presiden.

“Oleh karena itu, daripada terlalu sibuk dengan politik yang nantinya malah menjatuhkan satu sama lain, ada baiknya bergandengan tangan dan duduk satu meja bersama untuk makan,” kata Hiroaki Kato.

3 dari 3 halaman

Dinginkan Suasana

Hiroaki Kato berharap lagu ini sangat cocok untuk mendinginkan suasana politik Indonesia yang saat ini tengah memanas. Ia juga berharap pencinta musik Indonesia juga menyukai karya terbarunya.

“Menurut saya sangat cocok dengan situasi jelang pilpres, sebagai orang asing yang tinggal di Indonesia, apa ya yang saya bisa kontribusi untuk mungkin bisa memadamkan api dengan karya saya. Semoga teman-teman suka lagu ini dan bisa dapat message perdamaian lewat lagu yang sangat easy listening ini,” kata Hiroaki Kato.

Cerita Surya Paloh Tentang Kedisiplinan Jokowi Jalankan Syariat Islam

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh membantah bila Capres petahana Joko Widodo atau Jokowi dianggap anti-Islam. Paloh bercerita bahwa Jokowi adalah orang yang sangat mengamalkan nilai syariat Islam.

“Demi Allah saya katakan Jokowi menjalankan nilai syariat lebih baik daripada saya yang berbicara di tempat ini,” kata Paloh di acara deklarasi relawan Pakatan Melayu Jokowi-Ma’ruf di Hotel Sultan, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (03/03).

Paloh sebagai umat muslim bangga mendukung Jokowi sebagai pemimpin bangsa. Menurutnya, bila ada yang menganggap Jokowi penista atau anti Islam adalah orang yang terprovokasi dan terhasut isu.

Paloh mengajak masyarakat mendoakan orang yang mencap Jokowi penista agama diberi ampun oleh Tuhan. Dia pun menceritakan pengalamannya bersama Jokowi.

“Saya kadang kadang harus mengakui disiplin yang dimilikinya lebih tinggi, saat berkunjung di kantor NasDem, satu yang dia minta, saya mohon izin bang mohon permisi, salat dulu, untung masih ada di kamar tersedia sajadah kita siapkan, kalau saja saya tidak siap di kamar itu betapa malunya saya ketika seorang presiden minta izin untuk salat karena waktunya sudah tiba, dan itulah Jokowi,” tutur Paloh.

“Demikian juga hal yang sama saya lihat ketika beliau berkunjung ke rumah saya, kami hanya berdua, kita berbicara, waktu magrib telah tiba, kembali lagi, boleh saya (Jokowi) minta izin salat magrib dulu, saya hantarkan ke ruangan, untung sajadah sudah tersedia, kalau tidak betapa malunya saya,” sambungnya.


2 dari 2 halaman

Sikap Disiplin Jokowi

Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf tersebut mengaku mengatakan apa adanya dan jujur tentang keislaman dan sikap disiplin Jokowi.

“Hampir semua presiden saya kenal secara pribadi, kecuali Bung Karno, saya menyatakan ada anak bangsa yang lebih taat menjalankan syariat Islam di depan mata saya, namanya kembali lagi saya sebut, Jokowi,” tegas Paloh.

Lebih lanjut, Paloh mengajak para pendukung Jokowi menyakinkan masyarakat bahwa eks Gubernur DKI Jakarta tersebut bukanlah penista agama Islam.

Sebagai seorang sahabat, tugas kita adalah menyatakan yang benar itu adalah benar yang salah katakan salah, itulah sahabat, kita menerima kekurangannya kita menerima kelebihannya, itulah perspektif kita mihat seorang Jokowi,” pungkasnya.



Reporter: Muhammad Genantan Saputra


Saksikan video pilihan berikut ini:

Penjelasan KPU Sumut atas Video Viral Tentang Surat Suara Sudah Tercoblos

Liputan6.com, Jakarta – Ketua KPU Sumatra Utara Yulhasni menegaskan, video viral adanya surat suara Pilpres 2019 yang telah tercoblos adalah tidak benar alias hoaks. Di mana dalam video yang berdurasi 7 menit itu terlihat massa ricuh diduga kertas suara sudah tercoblos pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf.

“Jadi soal video itu adalah bohong dan hoaks. Peristiwa yang di video itu pas pilkada Tapanuli Utara pada 2018,” katanya di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (3/3).

Menurutnya, kejadian tahun lalu itu bermula saat massa tak puas akan hasil yang sudah disepakati. Di mana, petahana kembali menang dalam pemilihan itu. Selain itu, pasangan yang menang nomor urutnya sama dengan Jokowi-Ma’ruf yakni 01.

“Mereka datang ke kantor KPU Tapanuli Utara. Jadi bukan di Kota Medan. Sampai saat ini KPU Kota Medan belum menerima surat suara dan baru dilakukan pada 5 Maret nanti. Gudangnya ada di bekas Bandara Polonia Medan dan dijaga polisi. Dan juga bekas markas TNI AU,” bebernya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan melaporkan kasus ini. Akun yang dilaporkan atas nama Muhammad Adrian yang pertama kali membagikan video ini.

“Teman-teman sudah ada di Polda sumut. Kami harap aparat tegas. Sumut salah satu barometer Pemilu di Indonesia. Mudah-mudahan bisa ditangkap segera pelakunya,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, kasus ini heboh usai akun facebook Muhamad Adrian mengunggah video dengan bertuliskan ‘Memang keparat kau KPU di Sumatera Utara, surat suara sudah tercoblos 01 semua?’.

Reporter: Ronald

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Finalis Puteri Indonesia 2019 Dapat Pembekalan tentang Sosok Pemimpin Ideal

Liputan6.com, Jakarta – Finalis Puteri Indonesia 2019 terdiri dari 39 orang yang telah ditetapkan untuk mewakili 34 daerahnya masing-masing. Mereka siap memasuki masa karantina hingga malam Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) yang diselenggarakan pada 8 Maret 2019. Para finalis ini akan memperebutkan mahkota borobudur persembahan Hartono Wira Tanik (HWT).

Rangkaian kegiatan siap diikuti oleh para finalis selama masa karantina. Salah satunya adalah mengikuti pembekalan mengenai kecantikan dan pengetahuan. Tak hanya itu, pada Minggu (3/3/2019) mereka baru saja mendapatkan pembekalan mengenai Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan berlangsung pada 17 April 2019.

Pembekalan yang diselenggarakan di hotel Century Park Hotel Jakarta Indonesia ini menghadirkan pembicara yang ahli dalam bidangnya, dalam hal ini adalah Donny Gahral Adian, seorang ahli Filsafat dari Universitas Indonesia.

Para finalis diberikan materi dalam bentuk video maupun power point agar dapat memahami dengan lebih ringkas dan padat. Dalam materi tersebut juga memberikan fakta-fakta dari Presiden Joko Widodo selama menjabat dalam periode lima tahun ini.

Alasan diberikan materi tersebut karena Jokowi merupakan presiden yang sangat mengapresiasi karya dari anak muda, di antaranya karena terlihat sering memberikan contoh dengan memakai produk buatan anak bangsa.

“Puteri Indonesia mewakili anak-anak muda yang smart, kreatif dan optimis terhadap masa depannya, ini tentu saja menjadi perhatian Jokowi. Ini adalah hal-hal yang disukai dan didorong Presiden, yaitu agar anak-anak muda berkreasi dan optimis,” ujar Donny saat diwawancarai Liputan6.com.

Kegemaran Presiden dalam mendukung karya anak muda termasuk memberdayakan perempuan Indonesia juga dijadikan inspirasi oleh salah satu finalis Puteri Indonesia.

“Pak Jokowi sangat mengapresiasi perempuan untuk selalu berkarya dan menjunjung tinggi nilai-nilai sosial. Beliau juga mendukung agar perempuan Indonesia tidak hanya di rumah tetapi juga bisa berkontribusi untuk kemajuan negaranya. Meski begitu, saya ingin semua perempuan yang berkarir agar tidak lupa dengan kodratnya,” tutur Pratiwi Hidayas finalis dari Jawa Tengah.

Kemajuan era digital juga menjadi pokok penting yang harus diperhatikan anak muda. Melalui pembekalan yang diberikan kepada para finalis Puteri Indonesia diharapkan dapat mengenal secara dalam seperti apa sosok ideal pemimpin Indonesia saat ini dan di masa mendatang. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

Masih Tentang Video Diduga Syahrini dan Reino usai Ijab Kabul

Jakarta – Video Syahrini dan Reino Barack berbaju senada putih di tengah hamparan tamu dan meja-meja katering menarik perhatian. Banyak yang menduga itu momen Syahrini dan Reino usai ijab kabul di Masjid Camii, Jepang.

Tapi itu masih spekulasi. Video yang diunggah Lambe Turah tentu menarik perhatian luas netizen.

[Gambas:Instagram]

Apalagi hingga kini masih banyak yang penasaran seperti apa foto dan video pernikahan kedua pasangan yang sukses menutup rapat momen bahagia mereka tersebut.

Dalam potongan klip yang beredar, Reino dan Syahrini tampak berbusana serbaputih. Sang penyanyi juga mengenakan hijab.

Apakah benar itu memang video usai ijab kabul? Ataukah bisa jadi tebakan netizen lainnya yakni soal video mereka lamaran?
(kmb/kmb)

Photo Gallery

1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Kantong Plastik Berbayar Tingkatkan Kesadaran Akan Bahaya Limbah

Liputan6.com, Jakarta – Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga menyampaikan dukungannya terhadap penerapan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG).

Dibanding dibiarkan tercecer menjadi limbah, dia mengatakan, Kementerian PUPR sudah berinisiatif mengolah kantong plastik sebagai bahan campuran aspal.

“Kami sangat mendukung. Kalau dulu saya di Balitbang (Kementerian PUPR) sudah proses kantong plastik dicacah bisa dicampur aspal dan perkuat campuran aspal. Istilahnya aspal plastik,” jelas dia di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Untuk diketahui, beberapa toko ritel modern yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo) menyatakan akan menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar mulai Jumat 1 Maret 2019 ini.

Danis melanjutkan, kantong plastik tetap tergolong sebagai benda yang tak aman bagi lingkungan. “Kalau secara klasifikasi barang tak aman bagi lingkungan seperti ember dan botol mineral, plastik kresek ini nomor 7,” sebutnya.

Oleh karenanya, ia mengimbau masyarakat agar lebih memilih membawa tentengan sendiri seperti goodybag saat berbelanja daripada membeli kantong plastik.

“Masalahnya bukan berbayar atau tidak, utamanya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat bagaiman kurangi sampah plastik. Dengan bayar kan jadi mikir, lain kali saya bawa goodybag atau apa lah,” pungkas dia.

2 dari 3 halaman

Mulai 1 Maret, Konsumen Bayar Kantong Plastik Minimal Rp 200 di Toko Ritel

Semua toko ritel modern akan menerapkan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) mulai Jumat 1 Maret 2019.

Beberapa toko ritel tersebut di antaranya adalah Alfamart, Ramayana, SuperIndo, LotteMart, Informa, Electronic City, Matahari, AlfaMidi, Papaya, Yogya, Borma dan retail lainnya yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo).

Ketua Umum Aprindo, Roy Mande menyebutkan, pihaknya sebagai asosiasi resmi yang menaungi usaha ritel di Indonesia mengambil langkah tersebut sebagai salah satu upaya mendukung visi pemerintah pada 2025  yakni bisa mengurangi 30 persen sampah dan menangani sampah sebesar 70 persen termasuk sampah plastik. 

“Dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Aprindo menyatakan komitmen bersama untuk mengurangi kantong belanja plastik sekali pakai (kresek) di semua gerai-gerainya. Salah satu caranya adalah dengan kembali menerapkan kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) secara bertahap mulai 1 Maret 2019,” kata Roy dalam acara konferensi pers di Kuningan, Jakarta, Kamis (28/2/2019). 


Dia menegaskan, membuat kantong plastik menjadi barang dagangan adalah langkah nyata dari peritel modern untuk mengajak masyarakat agar menjadi lebih bijak dalam menggunakan kantong belanja plastik sekaligus menanggulangi dampak negatif lingkungan akibat sampah plastik di Indonesia.

Konsumen yang ingin menggunakan kantong plastik sekali pakai atau kresek akan dikenakan biaya tambahan sebesar minimal Rp 200 per lembarnya.

“Konsumen akan kita sarankan untuk menggunakan tas belanja pakai ulang yang juga disediakan di tiap gerai ritel modern,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: