Misteri Titah Jarum Maut yang Tewaskan Bocah Alfa di Aceh

Liputan6.com, Aceh – Dugaan malapraktik berujung kematian pasien di RSU Cut Nyak Dien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Oktober, tahun lalu masih menyimpan misteri. Terlebih soal siapa sebenarnya yang bertanggungjawab dalam kasus tersebut.

Kasus ini mencuat ketika keluarga pasien atas nama Alfa Reza (11) protes lantaran pasien meninggal dunia setelah disuntik petugas medis. Sebelumnya, korban sempat menjalani perawatan usai dioperasi di Ruang Anak.

Menurut paman korban, Syahril, keponakannya dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan setelah mengalami luka akibat tertancap dahan kayu di punggung. Korban dilarikan ke IGD pada Jumat, 19 Oktober 2018.

Korban dibawa pukul 14.00 WIB, dan ditangani dokter bedah pada pukul 17.00 WIB. Setelah dioperasi kondisi pasien membaik, namun, tak lama setelah disuntik saat berada di ruang anak pasien langsung meninggal.

“Saat itu anak kami disuntik sebanyak tiga kali. Nggak ada dicoba obat dulu, tapi langsung disuntik sebanyak 4 kali dalam rentang waktu sangat singkat,” ujar Syahril kepada media, saat itu.

Usai kejadian, Kasi Pelayanan Medis, Muhammad Asmirudin, berjanji, pihak rumah akan investigasi mengenai kasus ini. Di saat yang sama, kasus dugaan malapraktik tersebut mulai ditangani pihak kepolisian.

Pada Kamis, 17 Januari 2019, polisi resmi menahan dua tenaga honorer rumah sakit. Keduanya, EW (29) dan DA (24), perawat piket yang bertugas di malam kejadian.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa, melalui Kasat Reskrim, Iptu M. Isral mengatakan, keduanya ditahan setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka. Mereka ditahan selama 20 hari di sel Mapolres Aceh Barat.

Kedua perawat memiliki peran yang berbeda. Yang berperan menyuruh adalah EW. Sedangkan yang menyuntik adalah DA.

Namun, menurut Koordinator Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh Pos Meulaboh, Fela Anggraeni, fakta bahwa EW dan DA berperan sebagai yang menyuruh dan menyuntik, agak ganjil. mengingat posisi keduanya berstatus honorer.

“Siapa sebenarnya yang menyuruh menyuntik dan yang bertanggungjawab terhadap pasien pada malam kejadian. Petugas medis honorer tidak mungkin punya tanggungjawab penuh penanganan pasien,” kata Fela kepada Liputan6.com, Selasa 22 Januari 2019, sore.

Menurut Fela, yang bertanggungjawab penuh menangani pasien pada malam kejadian harusnya setingkat dokter, kepala ruang anak atau pihak manajemen rumah sakit. Bukan pegawai honorer yang sifatnya perbantuan, dan kini telah ditahan setelah menjadi tersangka kasus dugaan malapraktik.

2 dari 2 halaman

Usut Tuntas

Manajemen rumah sakit diminta bertanggung jawab secara hukum atas semua kerugian yang ditimbulkan karena kelalaian tenaga kesehatan di rumah sakit. Ini ditegaskan dalam Pasal 46 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

“Kejadian ini terjadi merupakan bentuk kelalaian dari pihak rumah sakit yang bertanggungjawab dalam hal melakukan pengawasan terhadap pelayanan medis yang diberikan kepada pasien,” ketus Fela.

Selain itu, pihaknya mendesak polisi melakukan pengembangan penyidikan untuk mengusut tuntas kemungkinan adanya pihak lain yang bertanggungjawab. Karena kasus Alfa Reza merupakan pidana murni atau delik biasa, bukan delik aduan.

“Sehingga, walaupun adanya perdamaian diantara kedua belah pihak, tidak dapat menghentikan proses hukum, penegakan hukum tetap harus dilanjutkan. Selain itu, kami juga meminta Pemerintah Aceh Barat mengevaluasi dan mengawasi rumah sakit agar ke depan tidak terjadi lagi peristiwa ini,” dia memungkasi.

Kedua perawat yang ditahan dalam kasus ini mendapat dukungan moril dari sejawat mereka. Puluhan tenaga medis menggelar unjuk rasa di halaman rumah sakit dan meminta EW dan DA dibebaskan, Senin, 21 Januari 2019, siang.

Mereka mengancam akan melakukan aksi mogok kerja, apabila dua rekan mereka masih ditahan polisi. Di hadapan peserta aksi, Kuasa hukum rumah sakit, Agus Herliza berjanji akan mendampingi kedua perawat dalam kasus ini.

“Teman-teman harus bersabar,” kata Agus.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Cara Bisnis Online Baju Yang Menguntungkan, Ini Trik Suksesnya

Liputan6.com, Jakarta Bisnis jual beli online saat ini semakin berkembang. Didukung dengan perkembangan digital yang semakin pesat membuat aktivitas jual beli online makin meningkat.

Segala macam produk dapat dijual secara online. Salah satu bisnis online yang berkembang saat ini adalah bisnis pakaian atau baju.

Pakaian merupakan bahan sandang yang dibutuhkan setiap orang. Seperti makanan, pakaian merupakan kebutuhan pokok yang tak terlepas dari kehidupan manusia. Hal ini membuat pakaian merupakan potensi besar dalam dunia bisnis.

Ada berbagai cara bisnis online baju yang menguntungkan, cara ini dapat digunakan dalam memulai bisnis anda. Bagi anda yang ingin terjun menekuni bisnis pakaian online, cara bisnis online baju yang menguntungkan bisa diikuti.

Cara bisnis online dapat anda jadikan sebagai strategi awal anda dalam berbisnis online. Berikut ulasan cara bisnis online dirangkum Liputan6.com, Selasa (22/1/2019)

2 dari 9 halaman

1. Tentukan konsep dan fokus pada satu kategori produk

Seseorang yang sukses adalah mereka yang memiliki perencanaan bisnis yang matang dan terperinci. Rencana bisnis tidak harus panjang dan bertele-tele, namun cukup singkat dan padat.

Jangan lupa untuk menentukan target pasar dan identitas dari merek pakaian yang ingin Anda angkat.Sebelum mulai berbisnis online shopping, cara bisnis online yang pertama kali harus Anda lakukan ialah menentukan produk apa yang cocok untuk diperjualbelikan.

Untuk menentukannya, lakukan riset kecil-kecilan tentang produk apa yang populer dan disukai banyak orang.Lalu, pilih satu jenis produk yang ingin Anda kembangkan, misalnya produk pakaian wanita dengan potensi pembeli antara usia 17-35 tahun.

Gali potensi target pasar tersebut secara maksimal. Apa saja kebutuhan mereka yang masih berkaitan dengan fesyen. Lalu, masukkan semua produk tersebut ke dalam katalog toko online Anda.

Usahakan untuk fokus dengan satu kategori agar penjualan lebih maksimal dan tidak terjadi kebingungan, sehingga pembeli bisa dengan mudah menemukan apa yang dicari dan butuhkan.

3 dari 9 halaman

2. Cari keunikan, Inovasi dan Kreativitas Kunci Utama Sukses Berbisnis Online

Persaingan usaha kian hari semakin ketat. Untuk itulah Anda harus mampu mencari keunikan dan inovasi dari produk yang dijajakan.

Keunikan akan memberikan Anda kesempatan untuk menjadi pioner dalam bisnis jenis itu. Beragam keunikan dari inovasi produk pakaian juga akan membuat konsumen semakin puas.

Melakukan riset tentang produk atau pelanggan merupakan salah satu hal penting untuk menentukan apa saja produk yang lebih populer dan diminati ketika ingin memulai bisnis online.

Namun, yang tak kalah penting juga adalah meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam menjalankan dan mengembangkannya. Sebab berbisnis online sangatlah unik dan menarik.

Karena itu, jangan berkecil hati meskipun Anda masih pemain baru. Tingkatkan kreativitas dan inovasi agar mampu bersaing.

4 dari 9 halaman

3. Temukan pemasok produk yang tepat

Ketika Anda sudah mendapatkan produk apa yang sesuai untuk dikembangkan sebagai dagangan, saatnya Anda mulai memilih dan mencari supplier.

Ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan. Pilih dan jalinlah kerjasama hanya dengan supplier bahan pakaian yang bagus dan dapat dipercaya.

Lakukan kerjasama awal dengan beberapa supplier handal dan selanjutnya anda dapat memilih supplier mana yang terbaik sebagai rekan bisnis jangka panjang.

Ada dua pilihan dalam bisnis online shopping untuk mendapatkan supplier, yakni dengan sistem reseller atau dropshipper.

Jika Anda memilih sistem reseller, biasanya Anda harus menyiapkan modal lebih dulu untuk menyediakan produk dagangan.

Semakin besar toko online Anda dengan item produk yang banyak, akan makin banyak pula modal yang diperlukan. Namun, Anda dapat menjual langsung ke pelanggan dengan harga yang bisa di otak-atik sendiri.

Berbeda dengan reseller, sistem dropshipping ini hampir tak memerlukan modal, tapi hanya butuh paket data internet yang selalu online.

Mengapa? Sebab semua produk yang Anda pajang akan disiapkan dan didukung supplier untuk ke tangan konsumen.

Jadi Anda hanya bertindak sebagai tenaga pemasaran dan ketika ada pelanggan yang berminat, supplier yang akan mengirimkan produk tersebut ke pelanggan atas nama Anda. Tentunya dengan ketentuan-ketentuan yang sebelumnya telah disepakati bersama.

5 dari 9 halaman

4. Berikan Informasi Kontak yang Jelas

Cara bisnis online selanjutnya yang juga tak kalah penting ketika ingin berbisnis online adalah dengan memberikan nomor kontak yang jelas. Mengapa penting? Sebab ini jalan untuk menghubungkan pelanggan dengan Anda ketika mereka tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Untuk itu, pasang nomor kontak yang jelas dan pelanggan bisa terhubung langsung dengan Anda. Apakah dengan online chatting, instant messenger, media sosial, atau aplikasi khusus lainnya.

Ketika nomor kontak sudah tertera, berikanlah respons yang maksimal pada calon pelanggan. Jangan sampai mereka kabur hanya gara-gara Anda telat merespons. Tentu ini dapat merugikan bisnis yang sedang Anda bangun.

Jangan lupa juga untuk menyisipkan bagaimana cara pengiriman dan pembayarannya supaya calon pelanggan lebih percaya dan memudahkan dalam poses transaksi.

6 dari 9 halaman

5. lakukan promosi dan buat trik pemasaran yang unik

Membangun sebuah strategi untuk bisnis kita tidak bisa sembarangan. Rahasia penjualan barang agar cepat menuai kesuksesan hanya cuma satu, yaitu strategi pemasaran nan unik dan kreatif.

Cobalah pikirkan kira-kira trik pemasaran seperti apa yang ingin Anda pakai. Pemasaran produk yang baik akan sangat berpengaruh pada performa penjualan produk pakaian Anda nantinya.

Ada banyak cara untuk mengenalkan toko online Anda, mulai dari media sosial hingga platform khusus online shopping. Misalnya, Facebook, Instagram, ataupun marketplace lainnya.

Lakukan branding pada toko online Anda dengan maksimal agar tercipta kepercayaan dari calon pelanggan. Pengenalan merek produk/jasa yang bagus dengan promosi yang sesuai target akan membuat calon pelanggan penasaran, dan akhirnya mulai mencari tahu, kemudian tertarik membeli apa yang Anda tawarkan.

7 dari 9 halaman

6. Gaet influencer

Salah satu cara bisnis online lain agar produk Anda bisa dikenal di dunia online dengan lebih mudah yakni dengan bekerja sama dengan influencer. Anda bisa memilih siapa saja kira-kira influencer yang cocok dijadikan kerja sama.

Dalam memilih influencer ini jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan konsep dan target pasar produk pakaian anda. 

8 dari 9 halaman

7. Bangun sistem kemitraan

Agar bisnis pakaian Anda bisa terus bisa berkembang pesat, maka Anda bisa mencoba untuk membangun sistem kemitraan (reseller). Agar tidak bingung, Anda bisa membangun sistem dengan membuat beberapa kategori kerja sama.

Misalnya, ada paket Distributor untuk mitra kerja sama dalam jumlah yang cukup besar. Lalu ada Paket Agen untuk kerja sama dalam jumlah sedang. Jangan lupa juga sediakan paket reseller untuk pembelian dalam jumlah yang kecil

9 dari 9 halaman

8. Lakukan Inovasi

Saat bisnis online yang Anda jalankan mulai berkembang seiring banyaknya order dari pelangan, pertimbangkan untuk mulai berinovasi dan melakukan pengembangan yang lebih inovatif lagi.

Coba bangun website dengan menggunakan domain resmi dan tampilan yang profesional supaya membangun kepercayaan calon pelanggan. Jangan lupa pula untuk menanamkan fitur-fitur penting agar lebih mudah diakes siapa pun.

Contohnya adalah menyediakan fasilitas pembayaran online dengan berbagai macam kartu debit atau kartu kredit.

Sebab semua orang yang mampir berpotensi sebagai calon pelanggan yang akan mendatangkan keuntungan dan memiliki kecenderungan membayar transaksinya berbeda-beda.


Reporter: Anugerah Ayu Sendari

Geo Dipa Siapkan Belanja Modal Rp 850 Miliar Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta PT Geo Dipa Energi menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 850 miliar. Dana tersebut ditujukan untuk menunjang kegiatan operasi perusahaan.

Direktur Utama Geo Dipa Energi Rifki Ibrahim mengatakan, capex Geo Dipa Energi tahun ini meningkat dibanding tahun lalu, dari sebesar Rp 500 miliar menjadi Rp 850 miliar.

“Rp 850 miliar, tahun lalu di bawah itu sekitar Rp 500-an miliar,” kata Rifki, di Kantor Geo Dipa Energi, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Rifki mengungkapkan, anggaran belanja tersebut untuk membiayai beberapa kegiatan operasi, seperti pengeboran ekploitasi, serta perbaikan mesin untuk Pembangkit Listrik ‎Tenaga Panas Bumi (PLTP).

“Untuk pengeboran, terus workover mesin retrofit tadi dibenerin,” tuturnya.

Menurut Rifki, ‎pada tahun ini perusahaan menargetkan laba sebesar Rp 187 miliar, lebih tinggi dibanding realisasi tahun lalu Rp 170 miliar. Sementara target yang ditetapkan Rp 185 miliar.

“Laba tahun lalu Rp 169 miliar-Rp 170 miliar dari target Rp 185 miliar karena produksi berkurang, faktor nya kita bisa produksi besar kan,” tandasnya.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Praktik Korupsi, Geo Dipa Energi Terapkan E-procurrement

PT Geo Dipa Energi (Persero) memanfaatkan sistem digital pada pengadaan proyek (e-procurrement). Hal ini merupakan upaya perusahaan menghindari praktik korupsi.

Direktur Utama Geo Dipa Energi Rifki Ibrahim mengatakan, sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) panas bumi, Geo Dipa Energi akan terus menjaga ketahanan energi nasional, dengan mematuhi dan melaksanakan tata kelola perusahaan.

Hal ini wujud pembersihan tata kelola perusahaan.”Geo Dipa telah menandatangani Geo‎ Dipa bersih,” kata Rifki, di Kantor Geo Dipa, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Direktur Keuangan Geo Dipa Energi M Ikbal Nur mengungkapkan, perusahaan telah menerapkan sistem pengadaan elektronik e-procurrement.‎ Hal ini untuk menciptakan transparansi dan membersikan perusahaan dari praktik korupsi.

Menurut Ikbal, jajaran direksi pun telah berpesan ke pelaksana operasi, untuk tidak menerima suap sebab perusahaan telah melakukan deklarasi Geo Dipa Bersih.

“Kami anti korupsi dan tidak menerima suap dalam bentuk appaun. Seluruh proses transparan dan penuh tanggung jawab. Kami menuju perusahaan modern. Kami menegaskan manejemen geodipa tidak ada hanky panky di balik transaksi,” jelas dia.

Meluncur Tanpa Seremonial, Lexus LX 570 Sport Coba Peruntungan di Segmen SUV Mewah

Liputan6.com, Jakarta – Mengawali tahun baru, merek mewah Toyota di Indonesia, Lexus resmi menghadirkan LX 570 Sport. Desain terbaru dari mobil ini, semakin mencerminkan karakter yang powerfull, prestigious, dan elegant dari sebuah SUV premium.

Penyegaran dari Lexus LX 5700 Sport yang signifikan, terdapat pada bagian signature spindle grille sport yang didesain oleh para Takumi Lexus (Lexus Craftsman).

Selain itu, perubahan juga terdapat pada bumper depan dan belakang yang dilengkapi dengan diffuser untuk meningkatkan aerodinamika berkendara. Kesan elegan makin ditunjang dengan pelek dual-tone berukuran 21 inci, dan kaca spion dengan cover hitam, serta sentuhan aksen krom, dan ornamen sporty yang mewah di bagian dalam interior dengan kehadiran Aluminum Sport Pedals.

Untuk wajah LX 570 Sport juga dilengkapi lampu 3-LED untuk headlamps, dan L-Shaped Daytime Running Lights.

“Tahun ini, kami membawa perubahan lain untuk Lexus LX, dengan menghadirkan The New LX 570 Sport yang membawa tampilan kuat dan muscular. Model ini dihadirkan untuk semakin memancarkan power dan elegance, dengan sentuhan desain khas Lexus,” jelas GM lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (22/1/2019).

Jantung penggerak Lexus LX 570 Sport ini masih dipersenjatai mesin V8 berkapasitas 5.700 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 362 Tk. Mesin berkapasitas besar ini, didukung oleh transmisi otomatis delapan percepatan yang didampingi fitur crawl control yang dapat mengendalikan gas, rem, dan transmisi sehingga pengemudi hanya perlu fokus pada manuver setir.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Kemewahan interior LX 570 SPORT dilengkapi oleh ruang kabin yang luas, serta tempat duduk lebar yang terbalut kulit semi-aniline yang lembut. Sistem hiburannya, terdapat 19-speaker Mark Levinson Premium Audio System, dan 12,3 inch Center Screen Display, dan 11,6 inch Dual Rear Seat Entertainment.

Mendukung kenyamanan dalam berkendara, Lexus LX 570 Sport dilengkapi dengan Colored Head-Up Display terbesar di kelasnya, dan untuk menjamin konektivitas tak terhenti, Lexus LX 570 SPORT dilengkapi dengan Wireless Charger di bagian penumpang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Nissan Terra Bertekuk Lutut di Hadapan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero

Liputan6.com, Jakarta – Nissan Terra nampaknya belum mampu menandingi para pesaingnya di segmen mobil SUV Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Buktinya, angka penjualan mobil yang dirilis di GIIAS 2018 ini terus di bawah kedua rivalnya itu.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Nissan Terra secara wholesale pada Desember 2018 lalu hanya mencapai 230 unit. Angka tersebut turun 50% dari November yang mencapai 563 unit.

Hal berbeda justru dirasakan oleh rivalnya, Mitsubishi Pajero Sport yang justru mengalami peningkatan dari 1.322 unit pada November 2018. Angka distribusi mobil ini mencapai 1.549 unit per Desember sekaligus mengukuhkannya sebagai mobil SUV terlaris di Indonesia.

Senasib dengan Mitsubishi Pajero Sport, peningkatan juga dialami oleh Toyota Fortuner. Berdasarkan sumber yang sama, angka distribusinya pada Desember 2018 kemarin mencapai 1.523 unit, naik dari 1.471 unit pada November.

Wajar saja, Nissan Terra saat ini hanya ditawarkan dalam 4 varian. Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport memiliki 6 varian dan Toyota Fortuner 8 varian. Selain itu, Nissan Terra juga terbilang pendatang baru yang belum sepenuhnya mengambil hati pasar mobil SUV Indonesia.

Sekadar informasi, berdasarkan situs resmi Nissan Indonesia, saat ini Nissan Terra dijual dengan harga Rp464 juta untuk varian terendahnya dan yang tertinggi mencapai Rp661 juta (OTR Jabodetabek).

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Kencan Singkat dengan Nissan Terra, Sang Penantang Toyota Fortuner

Nissan telah resmi meluncurkan SUV anyarnya yakni Nissan Terra terbaru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan ini, Liputan6.com tak ingin ketinggalan untuk menjajal sekaligus mengetahui fitur-fitur yang disematkan di mobil yang dibanderol kisaran dari Rp 460 juta- Rp 600 jutaan ini.




Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Dari posisi duduk untuk pengendara, memang mobil yang diklaim cocok untuk dibawa di medan offroad ini sangatlah nyaman. Untuk postur tubuh yang tingginya 160 cm, head room SUV ini masih tersisa banyak sehingga membuat lega.

Pada bagian MID (Multi Information Display) terdapat indikator yang menghadirkan fitur untuk mengetahui tekanan angin pada ban kendaraan.

Nissan Terra yang dibekali mesin diesel 2.488cc ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 187 Tk dan torsi 450 Nm. 

Dimensinya sendiri memiliki panjang 4.895 mm, lebar 1.865 mm dan tinggi 1.835 mm, serta jarak sumbu roda 2.850 mm.

Dimensi yang lebih besar dari para pesaingnya ini membuat Terra lebih nyaman untuk dikendarai jarak jauh. Dengan ground clearance 225 mm, SUV ini diklaim bisa melalui berbagai medan termasuk off road. 

Baca selengkapnya di sini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

Jokowi Borong Sabun Cuci Rp 2 M, Ngabalin: Pasti Pakai Dana Pribadi

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mempertanyakan dana yang dipakai Presiden Joko Widodo untuk membeli sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar. Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin yakin dana yang digunakan berasal dari kantong pribadi Jokowi.

“Insyaallah saya pastikan dana sebesar itu pasti Presiden memiliki dana pribadi,” kata Ngabalin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Ngabalin pun yakin, Jokowi memiliki anggaran dari kantong pribadi senilai miliaran rupiah. “Bilang sama siapa saja yang ngomong deh, masa sih Presiden nggak punya uang sampai Rp 2 miliar?” katanya.


Soal pembelian sabun cuci piring itu, Ngabalin mengatakan hal itu ditujukan untuk memberi dorongan kepada pegiat UMKM di Kabupaten Garut. Untuk diketahui, Jokowi membeli sabun cuci piring sebanyak Rp 2 miliar itu dari salah satu ibu pegiat UMKM Kabupaten Garut yang juga tergabung dalam Program Keluarga Harapan (PKH) yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar NgabalinTenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

“Kalau toh nanti dari 100 ribu botol sabun cuci yang dipesan oleh Presiden kepada ibu Ely, itu dimaksudkan agar bisa memberikan dorongan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam keluarga harapan yang ada di Kemensos. Karena ibu itu ternyata mendapat cara membuat sabun itu dari hasil browsing. Paten kan? Masa sih dengan cara begitu Presiden memberikan motivasi jualan kok ujungnya nyerang pribadi,” jelas Ngabalin.
“Nggak banyak itu Rp 2 miliar. Orang gue aja lebih dari itu,” imbuhnya.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi mengapresiasi aksi Jokowi yang memborong 100 ribu botol sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar saat berkunjung ke Garut, Jawa Barat. Namun BPN mempertanyakan, apakah dana yang dipakai Jokowi menggunakan kocek pribadi atau anggaran negara.

“Tapi tentu kami ingin mengetahui pembelian ini apakah dengan anggaran Negara atau uang pribadi pak Jokowi? Krn aksi beli ini terkesan pak Jokowi lagi berkampanye di Jabar,” ujar Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, Senin (21/1).
(jor/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jokowi Borong Sabun Cuci Rp 2 M, Ngabalin: Presiden Pasti Punya Dana Pribadi

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mempertanyakan dana yang dipakai Presiden Joko Widodo untuk membeli sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar. Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin yakin dana yang digunakan berasal dari kantong pribadi Jokowi.

“Insyaallah saya pastikan dana sebesar itu pasti Presiden memiliki dana pribadi,” kata Ngabalin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Ngabalin pun yakin, Jokowi memiliki anggaran dari kantong pribadi senilai miliaran rupiah. “Bilang sama siapa saja yang ngomong deh, masa sih Presiden nggak punya uang sampai Rp 2 miliar?” katanya.


Soal pembelian sabun cuci piring itu, Ngabalin mengatakan hal itu ditujukan untuk memberi dorongan kepada pegiat UMKM di Kabupaten Garut. Untuk diketahui, Jokowi membeli sabun cuci piring sebanyak Rp 2 miliar itu dari salah satu ibu pegiat UMKM Kabupaten Garut yang juga tergabung dalam Program Keluarga Harapan (PKH) yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar NgabalinTenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

“Kalau toh nanti dari 100 ribu botol sabun cuci yang dipesan oleh Presiden kepada ibu Ely, itu dimaksudkan agar bisa memberikan dorongan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam keluarga harapan yang ada di Kemensos. Karena ibu itu ternyata mendapat cara membuat sabun itu dari hasil browsing. Paten kan? Masa sih dengan cara begitu Presiden memberikan motivasi jualan kok ujungnya nyerang pribadi,” jelas Ngabalin.
“Nggak banyak itu Rp 2 miliar. Orang gue aja lebih dari itu,” imbuhnya.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi mengapresiasi aksi Jokowi yang memborong 100 ribu botol sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar saat berkunjung ke Garut, Jawa Barat. Namun BPN mempertanyakan, apakah dana yang dipakai Jokowi menggunakan kocek pribadi atau anggaran negara.

“Tapi tentu kami ingin mengetahui pembelian ini apakah dengan anggaran Negara atau uang pribadi pak Jokowi? Krn aksi beli ini terkesan pak Jokowi lagi berkampanye di Jabar,” ujar Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, Senin (21/1).
(jor/dkp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Rekrut PPPK, Kementerian PANRB Koordinasi dengan Pemda

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah bakal membuka perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di 2019. Sistem seleksi ini bertujuan memberi kesempatan kepada tenaga honorer atau profesional yang telah melampaui batas usia pelamar PNS untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir menyampaikan, Kementerian PANRB saat ini telah memulai proses persiapan penarikan tenaga PPPK, salah satunya dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

“Prosesnya yang sudah dimulai, termasuk nanti koordinasi dengan (pemerintah) daerah. Tapi rekrutmen belum dibuka,” jelas dia kepada Liputan6.com, Selasa (22/1/2019).

Pernyataan tersebut membenarkan ucapan Menteri PANRB Syafruddin, yang mengatakan Kementerian PANRB telah mulai menyambangi pemerintah daerah untuk mendiskusikan seputar skema anggaran pelaksanaan seleksi PPPK.

“Sudah dilaksanakan, sudah mulai. Besok kita akan rapat dengan kepala daerah di Batam untuk memutuskan skema anggarannya,” ungkap dia pasca kunjungan rapat bersama Komisi II DPR RI.

2 dari 3 halaman

Target Awal

Adapun secara target awal, penarikan tenaga PPPK dijadwalkan bakal dimulai pada pekan keempat atau akhir Januari 2019.

Syafruddin juga menyebutkan, beban gaji untuk tenaga PPPK yang lolos seleksi akan diberikan kepada masing-masing pemerintah daerah (Pemda), sama seperti tanggungan gaji PNS yang bekerja dibawah instansi tersebut.

“Bukan tenaga honorer aja, PNS juga Pemda. Kementerian/Lembaga itu dari Kementerian Keuangan, kemudian gaji-gaji dari PNS yang di daerah, di tingkat 2 tingkat 1, ya pemerintah daerah. Memang itu skemanya,” terang dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pulang dengan Pikap, Titi Wati 220 Kg Jalani Rawat Jalan

Palangkaraya – Tim dokter RSUD dr Doris Sylvanus Palangkaraya, Kalimantan Tengah memperbolehkan Titi Wati (37), perempuan berbobot 220 kilogram pulang ke rumahnya. Titi menjalani operasi bariatrik oleh dilakukan tim dokter dari Bali dan rumah sakit setempat.
Direktur RSUD dr Doris Sylvanus Palangkaraya, Yayuk Indriati mengatakan pemulangan Titi sudah berdasarkan kriteria dari tim medis. Di mana proses pemeriksaan bukan hanya dilakukan kepada pasien, tetapi juga mempersiapkan keluarga yang telah diajarkan untuk melanjutkan perawatan di rumah.

“Pihak keluarga pasien sudah kami latih bagaimana indeks gizi. Kemudian bagaimana mengemas makanan serta mengatur gizinya agar tidak lepas dari program atau anjuran yang sudah disepakati,” kata Yayuk sebagiamana dikutip dari Antara, Selasa (22/1/2019).

Ia menjelaskan, kondisi Titi, warga Jalan G Obos XXV atau Jalan Bima Palangka Raya tersebut, dinyatakan sudah siap untuk pulang. Namun tetap memerlukan pemantauan atas program tata laksana di rumah secara berkelanjutan.

Pihak rumah sakit tidak melepas begitu saja mengenai hal tersebut. Setidaknya, tim medis akan memantau secara berkala mengenai kondisi ibu satu anak itu.
“Rumah sakit akan memantau secara berkala kondisi pasien agar kondisi yang bersangkutan terus membaik setiap harinya,” kata dia.

Berdasarkan pantauan, Titi Wati diperbolehkan pulang ke rumah pada Senin (21/1), sekitar pukul 16.00 WIB.

Perempuan penderita obesitas yang mendapatkan bantuan perawatan kesehatan dari Pemprov Kalteng itu, pulang menggunakan mobil pikap yang semula mengantarnya ke rumah sakit setempat. Sebab, tidak ada ambulans yang muat.

Dalam pengantaran terhadap perempuan itu ke kediamannya, pihak rumah sakit sama sekali tidak ada kendala. Namun, untuk mengangkut yang bersangkutan tentunya memerlukan jumlah tenaga banyak.

(asp/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Honda Siapkan Cafe Racer 300 Cc

Liputan6.com, Jakarta – Resmi diperkenalkan dalam ajang otomotif Bangkok Motor Show 2016, konsep Honda 300 TT Cafe Racer berhasil mendapatkan respons positif secara global.

Karena itu, perusahaan otomotif berlambang sayap mengepak itu memutuskan untuk melakukan produksi tahun depan.

Seperti dilansir Motorbeam, Selasa (22/01/19), Honda 300 TT Cafe Racer memiliki kerangka yang sama dengan CB300F dan CB300R. Namun, perbedaan jelas terlihat pada sub-frame dan swingarm.

Untuk menunjang rasa nyaman pengendara, motor pabrikan otomotif Jepang tersebut diharapkan memiliki pengaturan suspensi untuk bagian depan.

Secara mekanis, motor bergaya cafe racer itu akan ditenagai mesin yang sama dengan CB300R. Mengandalkan mesin DOHC 286cc, satu silinder, tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 304 Tk dan torsi 27 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan gearbox 6-speed.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebelumnya, karya divisi R & D Honda Jepang telah mendaftarkan hak patennya. Pengajuan ini dilakukan untuk mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya untuk menciptakan desain serupa.

Dalam prosesnya, Honda melucuti bagian panel instrumen dan kaca spion. Selain itu, beberapa bagian juga belum memenuhi regulasi seperti ekor pendek yang dimensinya tidak melampaui roda belakang dan knalpot tidak dilengkapi catalytic converter.

Desain pada 300 TT Racer ini juga mendapat pengaruh dari CB1100F pada bagian tangki.

Rancangan ini pun tidak menutup kemungkinan berguna untuk paket aksesoris bolt on bagi pemilik motor sejenis yang ingin berganti gaya dari naked bike biasa menjadi cafe racer atau scrambler.