Saling Serang Sandiaga dan Ma’ruf soal Tenaga Kerja Asing

Jakarta – Isu tentang tenaga kerja asing (TKA) mewarnai debat Cawapres tadi malam. Masing-masing Cawapres, baik dari nomor urut 01 Ma’ruf Amin maupun nomor urut 02 Sandiaga Uno saling mengenai TKA di Indonesia.

Hal itu bermula saat Sandiaga mempertanyakan kebijakan yang adil bagi para tenaga kerja di Indonesia. Dalam sesi pertanyaan, Sandiaga mengatakan masih ada 7 juta orang menganggur di Indonesia. Sandiaga lantas mengkaitkannya dengan jumlah TKA yang ada.

Menjawab pertanyaan soal itu, Ma’ruf Amin pun mengklaim jumlah TKA di Indonesia masih terkendali. Bahkan ia menyebut TKA yang ada di Indonesia terendah di dunia.

Simak ulasan lengkapnya:

(fdl/ang)

Debat Sandi Vs Ma’ruf Soal Tenaga Kerja Asing

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno‎ menargetkan mampu menurunkan jumlah pengangguran sebanyak 2 juta dalam 5 tahun masa pemerintahan. Salah satunya melalui program Rumah Siap Kerja yang baru saja diluncurkan.

Sandi mengatakan, usai diluncurkan, banyak anak-anak muda yang datang dan menyampaikan inginannya agar bisa mendapatkan pelatihan di berbagai bidang.

“Kemarin saya datang, ada yang menginginkan bisa desain grafis, mengasah keterampilannya berbahasa Inggris. Ini sebuah masa depan yang Prabowo Sandi yakini akan mengikis jumlah pengangguran di usia muda sebanyak 2 juta dalam 5 tahun kami memerintah. Dan kami yakin Indonesia menang, adil, makmur di bawah Prabowo-Sandi,” ujar dia di Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Sandi menyatakan, pihaknya juga akan menggandeng dunia usaha dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk ikut melatih para generasi muda Indonesia.‎‎”Bagaimana kita akan rekrut dunia usaha, perusahaan BUMN yang akan kita berikan insentif mereka untuk menawarkan program magang kepada para anak-anak muda yang datang di Rumah Siap Kerja,” kata dia.

Program ini, lanjut Sandi, tidak hanya ada diperkotaan, tetapi juga di pedesaan. Sehingga bisa dirasakan oleh semua generasi muda.

“Kita akan hadirkan di tiap kecamatan hingga tingkat desa. Mereka akan mendapatkan keterampilan yang dibutuhkan oleh revolusi industri 4.0,” tandas dia.

Rakitan Indonesia, Kendaraan Niaga Tenaga Listrik Resmi Dijual

Liputan6.com, Jakarta – Perlahan tapi pasti, kendaraan listrik mulai ditawarkan di Indonesia. Tak hanya motor, kendaraan tenaga listrik saat ini mulai menyasar pasar komersial.

Hadir dengan kendaraan niaga roda tiga bertenaga listrik, PT Tomara Jaya Perkasa mengaku komponen lokal yang digunakan mencapai 70 persen.

“Saat ini kami sudah menggunakan 70 persen komponen lokal. Untuk 30 persen itu masih impor untuk sistem kelistrikan, seperti dinamo, baterai dan controller. Impornya dari Cina. Tapi rakitan Indonesia,” kata Direktur Utama Tomara Jaya Perkasa, Charles kepada Liputan6, Kamis (14/3/2019).

Telah resmi dijual, pemesanan kendaraan saat ini sudah mencapai wilayah Sulawesi dan Bali. Hal itu membuat Tomara yang awalnya akan melakukan produksi 300 unit selama satu tahun ditingkatkan menjadi 2.000 unit kendaraan.

“Awalnya kita mau melakukan produksi 300 unit selama satu tahun, tapi karena responsnya cukup baik, kami mengubah target produksi. Saat ini pemesanan sudah ada di Sulawesi, Bali, Surabaya, beberapa wilayah di Jawa Tengah. Untuk pemesanan berapa kita belum bisa buka,” ujar Charles.

Kesepakatan Brexit Beri Tenaga ke Rupiah

Liputan6.com, Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan Selasa ini. Pergerakan pasar uang dunia pada hari ini akan sangat fluktuatif, terutama mata uang pound sterling terhadap dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Selasa (12/3/2019), rupiah dibuka di angka 14.253 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.291 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus menguat ke 14.242 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.241 per dolar AS hingga 14.291 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,03 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.251 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.324 per dolar AS.

Analis Monex Investindo Futures Dini Nurhadi Yasyi di Jakarta, Selasa, mengatakan dolar AS terkoreksi disebabkan penguatan pound sterling seiring meningkatnya harapan pasar akan tercapainya kesepakatan terkait Brexit.

“Memang kemarin May dan presiden komisi Eropa bilang mereka sudah ada kesepakatan. Jadi istilahnya pasar sudah berekspektasi tinggi terhadap kesepakatan Brexit,” ujar Dini.

Menurut dia, pergerakan pasar uang hari ini akan sangat fluktuatif, terutama mata uang pound sterling terhadap dolar AS.

“Pergerakan pasar keuangan diperkirakan bakal sangat volatile tinggi hari ini, dari pergerakan GBP-USD khususnya yang akan berpengaruh ke dolar. Kekuatan dolar pasti berpengaruh ke rupiah,” kata Dini.

BPN ke TKN: Patahkan Argumen Rocky, Jangan Tuduh Tenaga Kontrak Sirkus 02

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyebut akademisi Rocky Gerung merupakan tenaga kontrak sirkus keliling kubu 02. BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meminta TKN tidak membunuh karakter Rocky ketika tidak bisa membalas argumen sang filsuf.

“Saran kami patahkanlah argumen Rocky. Kalau tidak bisa mematahkan argumennya lebih baik diam aja. Bukan malah jadi menjelek-jelekkan dan membunuh karakter Rocky dengan menuduhnya tenaga kontraklah… sirkus kelilinglah dan lain-lain. Bahkan sampai dicarikan delik segala untuk membungkam Rocky,” ujar juru bicara BPN, Jansen Sitindaon, Minggu (10/3/2019).

Jansen menyebut kubu 01 seharusnya banyak diisi orang pintar. Orang pintar itu disarankannya maju mematahkan dan menghadapi argumen Rocky, bukan dengan pembunuhan karakter dengan menyebut Rocky tenaga kontrak kubu 02.
“Udah tidak zamannya lagi sekarang, karena kalah argumen malah menuduh orang dengan tuduhan yang aneh-aneh. Seperti tuduhan tenaga kontrak sirkus keliling ini misalnya,” sebut Jansen.

Jansen juga membela Rocky atas sejumlah pendapat dan kritikan ke pemerintah. Menurutnya, ini negara demokrasi.

“Jadi tak usah panas dinginlah mendengar kritik Rocky. Toh setiap kritik itu kan disampaikan Rokcy di ruang publik dan masyarakat bisa menilai sendiri menggunakan akalnya setiap apa yang disampaikan Rocky. Dan sampai saat ini faktanya apa yang disampaikan Rocky direspons positif oleh publik,” sebut Jansen.

Politikus Partai Demokrat itu menyebut sebaiknya kubu 01 mengikuti seminar-seminar yang diisi Rocky.

Sebelumnya, pernyataan bahwa Rocky Gerung merupakan tenaga kontrak sirkus keliling 02 disampaikan jubir TKN Ace Hasan Syadzily. Bagi Jansen, sebaiknya Ace berdebat saja dengan Rocky untuk pembuktian kualitas.

“Untuk Bang Ace, saran kami boleh juga sesekali debat dengan Rocky. Kan banyak forum bisa jumpa di satu diskusi selama Pilpres ini kan. Ketimbang menuduh Rocky tenaga kontrak sirkus keliling. Biar nanti publik yang menilai siapa yang lebih punya narasi dan akal sehat,” sebut Jansen.

“Terakhir, mengikuti narasi Ace, kalau memang benar Rocky itu seperti sirkus keliling, harusnya biarkan ajalah. Berarti kan tidak mengganggu. Ini kok malah di beberapa tempat dia dihalang-halangi, dijegal dengan berbagai cara termasuk yang mengarah ke persekusi. Katanya cuma sirkus. Kalau sirkus apa yang harus ditakutkan. Malah harusnya negara melindungi Rocky karena sudah memberi hiburan untuk rakyat,” imbuh dia.

Simak Juga ‘Rocky: Jokowi Cocok Jadi Kepala Keluarga, Bukan Kepala Negara’:

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/tor)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TKN Jokowi: Rocky Gerung Tenaga Kontrak Sirkus Keliling Kubu 02!

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin mengkritik akademisi Rocky Gerung. Menurut TKN, Rocky Gerung enggan mengakui posisi sebagai partisan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan berbagai sikapnya selama ini.

“Rocky Gerung tidak pernah mau mengakui dirinya sebagai partisan 02. Justru saat ini Rocky Gerung seperti aktor dadakan yang dibawa-bawa ke mana-mana seperti sirkus keliling. Karena sudah kehabisan nafas jualan politik identitas, sekarang kubu 02 mengontrak Rocky Gerung dan Said Didu untuk bicara keliling dalam forum yang dikemas seolah-olah seminar dengan tema akal sehat,” kata juru bicara TKN, Ace Hasan Syadzily, Minggu (10/3/2019).

Ace memandang acara-acara yang dihadiri Rocky Gerung bukan forum akademik, namun kampanye diam-diam. Ace mengaku tidak heran jika Rocky tidak pernah menghadiri acara kubu 01.
“Siapa pun pasti tahu bahwa yang digelar bukanlah seminar akademik, tapi forum politik kampanye terselubung kubu 02 dengan sinden utama Rocky Gerung. Jadi tidak ada gunanya Rocky Gerung berkelit dengan menyebut paslon 01 tidak pernah adakan seminar apalagi kekurangan ide. Justru sebaliknya paslon 02 udah kehabisan akal sehingga akal-akalan memakai tenaga kontrak Rocky Gerung,” sebut dia.

Anggota DPR itu mengkritik Rocky yang kerap bermain kata-kata namun jika diamati–menurutnya–terlihat bahwa sang filsuf mendukung Prabowo-Sandi. Soal akal sehat yang kerap digembor-gemborkan Rocky, Ace menyebut hal itu sebagai akal tidak sehat.

“Sangat disayangkan Rocky Gerung yang mengaku-aku sebagai filsuf justru menjadi tenaga kontrak sirkus keliling kubu 02, mengolah-olah logika, bermain kata-kata tetapi ujung-ujungnya menjustifikasi dukungannya kepada pasangan 02,” kata Ace.

“Apa yang disampaikannya juga tidak ada yang baru sama sekali. Akal sehat yang diusungnya justru makin tidak sehat karena sudah dilumuri syahwat politik dan juga target bayaran tenaga kontrak. Ide-ide yang disampaikan juga hanya pembenaran atau akal-akalan untuk memenuhi pesanan pemberi kontrak,” sebut Ketua DPP Partai Golkar itu.
(gbr/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

RI Perlu 600 Ribu Tenaga Kerja Melek Digital per Tahun

Sebelumnya, untuk membangun perlindungan bagi pengguna fintech P2P lending, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus meminta agar masyarakat hanya bertransaksi melalui fintech P2P lending yang terdaftar dan berizin OJK.

Dilaporkan jumlah fintech ilegal yang terdeteksi Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi Juli hingga Desember 2018 mencapai 635 entitas.

Sementara dari bulan Januari hingga Februari 2019 ada 168 entitas terdeteksi. Hal itu berarti sejak Juli 2018 lalu, total entitas fintech ilegal yang sudah ditemukan dan diajukan penutupannya ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) sudah mencapai 803 entitas. Sementara untuk fintech ilegal yang sudah diblok mencapai kurang lebih 600 entitas.

“Saat ini sudah 600 lebih yang diblok, ada 800an yang masih proses mau ditutup oleh Kominfo,” ungkap Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK di Solo, Sabtu 9 Maret 2019.

Untuk koordinasi antara OJK dengan Kemkominfo mengalami perubahan. Jika tadinya harus ada laporan fintech ilegal untuk bisa diproses dan ditutup, maka sekarang Kemkominfo yang proaktif menyisir fintech ilegal dari awal.

“Kalau dulu, ada laporan nanti ke Satgas, lapor Kominfo nanti diblok. Sekarang dibalik, Kominfo setiap hari proaktif melakukan penyisiran, nanti dibandingkan dengan daftar dari OJK. Begitu daftarnya beda, yang beda langsung kami tutup,” imbuh Rudiantara, Menteri Kementerian Kominfo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jokowi berharap semua pihak terbuka dan mempromosikan hadirnya inovasi teknologi.

Data Tenaga Kerja AS Lesu, Harga Emas Makin Berkilau

Berita positif lainnya untuk emas yaitu upah meningkat lebih tinggi. Upah naik 11 sen atau 0,4 persen pada Februari. Ekonom mengharapkan kenaikan 0,3 persen. Sepanjang tahun berjalan 2019, upah meningkat sebesar 3,4 persen.

Meski inflasi upah meningkat, para ekonom tidak mengharapkan data terbaru memiliki banyak dampak pada the Federal  Reserve atau bank sentral AS karena bank sentral mengatakan nyaman dengan inflasi lebih dari dua persen.

Ekonom Senior CIBC Capital Markets, Andrew Grantham menuturkan, laporan pekerjaan yang mengecewakan pada Februari menciptakan sejumlah risiko untuk penurunan pengeluaran konsumen. Namun, ia menambahkan, hal itu mungkin tidak memiliki banyak dampak pada harapan suku bunga the Federal Reserve (The Fed).

“Mengingat volatilitas data baru-baru ini, the Fed kemungkinan akan diskon penyesuaian suku bunga satu kali, dan hanya mulai khawatir jika melihat beberapa hasil lebih lemah pada bulan-bulan mendatang,” ujar dia.

“Dolar AS mungkin akan diperdagangkan lebih rendah dan imbal hasil jangka pendek bisa turun karena kejutan data tenaga kerja,” ia menambahkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 alasan pentingnya investasi sejak dini

Data Tenaga Kerja AS Bikin Wall Street Merosot

Namun, penurunan saham berakhir tidak terlalu tajam untuk sesi ini seiring investor mencatat laporan dipengaruhi efek musiman dan penutupan pemerintah federal.

“Ketika pelaku pasar menjauh dari berita utama, mereka berkata, hey ini hanya satu laporan. Ekonomi kemungkinan tidak lemah seperti satu laporan ini,” tutur Keith Lerner, Chief Market Strategist SunTrust Advisory Services.

Indeks saham transportasi Dow Jones turun 0,5 persen untuk sesi ke-11 berturut-turut, dan alami penurunan terpanjang sejak 1972.

Wall street yang melemah baru-baru ini menghentikan reli yang dimulai pada 2019 didorong optimisme atas kesepakatan perdagangan AS-China. Selain itu, keyakinan the Federal Reserve akan kurang agresif menaikkan suku bunga.

“Pada bagian pertama tahun ini, apa yang sebagian besar telah kami lakukan adalah mencabut kembali  penurunan pada kuartal IV karena ketakutan geopolitik dan sentimen the Federal Reserve yang mereda,” ujar Schutte.

Adapun sektor saham energi alami penurunan terbesar di antara 11 sektor utama. Sektor saham energi merosot dua persen karena harga minyak dunia melemah. Saham Exxon Mobil turun 1,4 persen dan jadi hambatan terbesar di S&P 500.

Sektor saham utilitas memimpin kenaikan di antara sektor saham lainnya. Sedangkan sektor saham konsumsi dan real estate berakhir positif.

Volume perdagangan saham di wall street tercatat 7,1 miliar saham. Angka ini di bawah rata-rata perdagangan saham 7,3 miliar saham selama 20 sesi terakhir.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pentingnya investasi sejak dini

Lampu Tenaga Surya Solusi Pemerintah buat Daerah yang Belum Terlistriki

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupaya mewujudkan keinginan masyarakat, yang mendambakan penerangan dari energi listrik. Dengan menggunakan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Sutijastoto mengatakan, LTSHE menjadi solusi penerangan melalui kelistrikan, untuk wilayah yang belum terjangkau ‎listrik dari jaringan PT PLN (Persero).

‎”Kita juga membantu rumah tangga yang sama sekali belum mendapat akses listrik‎,” kata Toto, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Menurut dia, melalui LTSHE pemerintah memberikan rasa keadilan‎ untuk masyarakat yang tinggal di wilayah Terdepan, Terluar dan Terpencil (3T). Sebab masyarakat yang belum mendapat akses listrik tidak dapat menikmati subsidi.

“Mereka tidak merasakan bantuan pemerinta dalam bentuk subsidi. karena listrik ini merupakan kebutuhan masyarat untuk mengembangkan kesejahteraan mereka sangat mendambakan listrik,” tutur dia.

Toto menyebutkan, pemasangan LTSHE dilakukan sejak 2017 sebanyak 79.556 keluarga, 2018 sebanyak 172.996 keluarga dan 2019 ditargetkan dapat memasang 98.481 unit LTSHE.

“Jadi, sejak 2017 sampai tahun ini kita targetkan bisa melistriki 350 ribu rumah tangga yang belum punya listrik‎,” tandasnya.