Temuan Planet Paling Mirip Bumi Bikin Heboh

Jakarta – Untuk pertama kalinya, astronom menemukan air di atmosfer sebuah planet selain Bumi yang mungkin paling mendukung kehidupan. Apalagi planet yang disebut K2-18b itu jaraknya dengan mataharinya berada di zona habitat. Kehebohan pun terjadi di kalangan ilmuwan.

Dalam waktu 10 tahun, teknologi teleskop baru mungkin sudah dapat menentukan apakah atmosfer K2-18b mengandung gas yang diproduksi oleh organisme hidup sebagai bukti ada alien di sana. Detail penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal sains Nature Astronomy.

“Ini pertama kalinya kami mendeteksi air di sebuah planet yang berada di zona habitat sekitar sebuah bintang di mana temperaturnya berpotensi cocok dengan hadirnya kehidupan,” kata pemimpin studi, Profesor Giovanna Tineti dari University College London (UCL).

Zona habitat adalah planet di sekitar sebuah bintang atau matahari di mana suhunya memungkinkan air berada dalam kondisi cair di permukaan planet itu. Seperti diketahui, air adalah elemen pendukung kehidupan yang paling krusial.

Jarak planet itu memang begitu jauhnya, 111 tahun cahaya dari Bumi, sehingga mustahil mengirimkan wahana antariksa ke sana. Jadi, pilihan yang ada adalah menunggu teleskop generasi baru yang mungkin meluncur tahun 2020 untuk menelitinya lebih lanjut.

“Ini adalah salah satu pertanyaan terbesar dalam sains dan kita selalu bertanya-tanya apakah kita sendirian di semesta ini. Dalam 10 tahun lagi, kita akan tahu apakah ada bahan kimia akibat kehidupan di atmosfer planet itu,” cetus Dr Ingo Waldmann dari UCL.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/krs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *