Temuan 1.706 e-KTP di Duren Sawit Dilimpahkan ke Polres Jaktim

Jakarta – Proses pengusutan penemuan 1.706 e-KTP di Duren Sawit dilimpahkan ke Polres Jakarta Timur. Sebelumnya, penemuan e-KTP ini ditangani Polsek Duren Sawit.

“Dilimpahkan ke Polres Jaktim, tapi akan diselidiki,” kata Kapolsek Duren Sawit Kompol Parlingungan Sutasuhut di kantornya, Jakarta Timur, Sabtu (8/12/2018).

e-KTP tersebut ditemukan anak-anak yang sedang bermain bola di Jalan Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Duren Sawit, pada Sabtu (8/12) siang. Tanda identitas kependudukan tunggal itu ditemukan tercecer di area persawahan dan juga di sebuah karung.

Sutasuhut mengatakan kebanyakan e-KTP itu sudah melewati masa aktif (expired). Dia menduga e-KTP tersebut dikumpulkan pihak Kelurahan Pondok Kopi karena pemilik sudah mempunyai e-KTP batu.

“Masih dalam penyelidikan, karena KTP-nya sudah banyak yang expired. Mungkin kalau di kelurahan KTP yang sudah diganti yang baru, yang lama diambil, dikumpulin, di situlah mungkin awalnya. Tapi kenapa bisa sampai ditemukan masyarakat di persawahan seperti itu, masih dalam penyelidikan,” ucap Sutasuhut.

Dia mengatakan pelimpahan kasus ini ke Polres Jaktim agar penanganan kasus lebih komprehensif. Meski demikian, personel Polsek Duren Sawit masih ikut dalam proses pengusutan.

Sutasuhut mengatakan karena masa berlaku yang sudah habis, tak ada kemungkinan e-KTP ini disalahgunnakan. Setelah dicek, diketahui pemilik e-KTP ini berdomisili Pondok Kopi. Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta sudah berkoordinasi dengan datang ke Polsek Duren Sawit.

Terkait hal ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta aparat mengusut penemuan e-KTP ini. Selain itu, Anies mengatakan pihaknya akan lakukan evaluasi internal jika e-KTP yang ditemukan ternyata milik warga DKI.

“Dari sisi kami akan review bila itu ada dokumen-dokumen Jakarta nanti akan kita review internal kita,” ucap Anies di Lippo Mal Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12).
(jbr/fdn) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *