Telah Dibuka! Restoran Bawah Laut Terbesar di Dunia

Oslo

Restoran “Under” berada lima meter di bawah permukaan laut Spangereid di selatan Norwegia.

Kata “Under” dalam bahasa Norwegia juga berarti “keajaiban”. Restoran ini baru diluncurkan Rabu (20/3) lalu, dengan dihadiri keluarga serta teman-teman dari pemiliknya. Baru di bulan April restoran ini akan dibuka untuk umum. Sebagai restoran bawah laut terbesar di dunia, “Under” dapat menampung hingga 100 tamu.

Salah satu pemiliknya, Gaute Ubostad, optimis dengan konsep restoran. “Restoran kami akan mendatangkan turis dari seluruh dunia. Itulah tujuan kami,” katanya.

Bagunan restoran dibuat menyerupai batu besar yang muncul dari dalam laut. Restoran “Under” tingginya 34 meter dan sengaja didesain menyatu dengan lingkungan laut. Permukaan betonnya sengaja dibuat kasar dengan maksud sebagai terumbu karang buatan bagi rumput laut dan limpet.

Kantor arsitektur asal Norwegia, Snoehetta, yang mewujudkan karya ini. Mereka juga dikenal dengan karya arsitekturnya untuk Museum 11 September di New York dan gedung opera di Oslo.

Restoran dilengkapi dengan jendela-jendela yang besar. Sambil menyantap hidangan, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan bawah laut. Kepiting, lobster, ikan hiu kecil atau dogfish, ikan pollack dan ikan kod adalah beberapa ikan yang biasanya akan terlihat diantara rumput laut. Sang arsitek, Kjetil Traedal Thorsen mengatakan: “Jendela besar bukan dimaksudkan sebagai akuarium, melainkan untuk melihat hal yang sesungguhnya.”

Anjing laut tidak akan ditemukan dalam pandangan sebab kehadirannya justru membuat takut ikan-ikan yang lebih kecil.

Pencahayaan buatan akan digunakan untuk menuntun ikan-ikan ke mangsanya yang berada di dekat jendela. “Salah satu tujuan kami adalah kepuasan tamu untuk bisa merasakan pengalaman unik di dalam laut,” lanjut Ubostad.

Hidangan laut tentunya ada di daftar menu, juga daging burung laut dan domba sebagai menu santap malam.

Nicolai Ellitsgaard Pedersen didaulat sebagai koki utama. Dia pernah bekerja di restoran “Maltid” di Kristiansand dan di Henne Kirkeby Kro, sebuah restoran Michelin di Denmark.

Sudah 7000 orang memesan tempat di restoran itu untuk menu “Under”, yang diperkirakan akan dihargai sampai 376 Euro atau sekitar enam juta Rupiah. Ubostad berharap per tahunnya restoran akan kedatangan sekitar dua belas ribu orang. Hal ini juga baik bagi bisnis perhotelan di sekitar restoran.

ga/hp (DW)



(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Obat-Obatan Palsu Telah Membunuh Lebih dari 250.000 Anak di Seluruh Dunia

Menulis di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene, dokter dari pemerintah AS, universitas, rumah sakit dan perusahaan farmasi Pfizer memperingatkan bahwa kenaikan “obat-obatan yang dipalsukan dan di bawah standar” telah menjadi “darurat kesehatan masyarakat”.

Di atas kerugian langsung yang mereka sebabkan, obat-obatan yang buruk adalah pendorong utama resistensi antimikroba, yang memicu munculnya superbug. “Ini adalah masalah kesehatan masyarakat yang mendesak dan kami perlu mengambil tindakan,” kata Breman.

Hingga 10 persen dari obat-obatan di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah adalah kualitas yang buruk atau palsu.

Dalam serangkaian rekomendasi, para dokter menyerukan dukungan yang lebih besar untuk program pengawasan obat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan pembaruan untuk tujuan pembangunan berkelanjutan PBB, di mana pemerintah akan memastikan setidaknya 90 persen dari obat-obatan di negara mereka berkualitas bagus.

Registrasi obat palsu yang ditemukan di lapangan juga harus dibuat terbuka untuk umum, kata para dokter.

Rekomendasi lain adalah untuk perjanjian global tentang kualitas obat, dan menetapkan perjanjian ekstradisi sehingga tersangka dapat menghadapi persidangan di negara yang mereka targetkan.

Perjanjian semacam itu akan mencakup apotek daring ilegal, yang menurut dokter merupakan bagian dari masalah yang semakin meningkat.

Breman mengatakan komunitas internasional dan perusahaan farmasi harus meningkatkan keamanan rantai pasokan obat di semua negara dari titik produksi hingga pasien.

“Ada kebutuhan mendesak untuk tes sederhana dan cepat yang dapat digunakan dokter untuk memverifikasi kualitas obat,” tambahnya.

Wuling Motors Merasa Telah Diterima Pasar Indonesia

Liputan6.com, Bandung – Dalam kurun waktu relatif singkat, Wuling Motors merangsek ke posisi enam besar sebagai pabrikan dengan penjualan mobil penumpang tertinggi secara nasional. Atas pencapaian ini, pabrikan asal Tiongkok tersebut optimistis menatap masa depan.

“Tujuan jangka panjang kami ingin menjadi pemain penting di pasar Indonesia. Dateng ke sini kami pasti punya mimpi. Tapi untuk tahun sekarang dengan capaian sekarang itu sudah cukup puas,” terang Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani di sela acara test drive Wuling Almaz di Bandung, Jawa Barat.

Ya, usia Wuling Motors di Indonesia belum genap dua tahun namun telah meraup cukup banyak penjualan. Tercatat, sejak 2017 konsumen Wuling telah mencapai 22 ribu.

“Jadi buat kami cukup bangga. Jadi kami sebenarnya sudah mendapat respons positif dari Indonesia sebagai pemain baru,” ujar Dian

Pabrikan berlambang lima berlian tersebut melihat Indonesia merupakan salah satu pasar yang penting. Karenanya, prinsipal Wuling mau investasi besar di Indonesia.

“Dari sisi rasio kepemilikan mobil masih rendah, kemudian kami lihat juga potensi dan perkembangan industri otomotif cukup menarik. Setelah itu kelas medium middle meningkat. Makanya dari prinsipal memutuskan investasi,” jelasnya.

Untuk menjaga torehan positif ini, Wuling memiliki cara sendiri untuk menggapainya. “Bagaimana mempertahankannya, kami akan tingkatkan layanan aftersales dan dengan strategi produk yang lebih oke. Salah satunya seperti Almaz ini,” tutup Dian.

Korut Dicurigai Perbaiki Fasilitas Rudal yang Telah Dihancurkan

SeoulKorea Selatan (Korsel) mencurigai Korea Utara (Korut) telah memperbaiki sebagian fasilitas peluncuran rudal balistik miliknya. Padahal sebelumnya fasilitas itu telah dihancurkan Korut sebagai langkah awal menuju denuklirisasi Semenanjung Korea.

Dugaan ini disampaikan kurang dari sepekan setelah pertemuan kedua antara pemimpin Korut Kim Jong-Un dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Hanoi, Vietnam, yang gagal mencapai kesepakatan.

Dilaporkan kantor berita Korsel, Yonhap News Agency dan dilansir Press TV, Rabu (6/3/2019), hal itu diungkapkan dalam laporan yang baru dirilis oleh Dinas Intelijen Nasional (NIS) pekan ini. Laporan NIS menyebut bahwa Korut ‘tampaknya mulai memasang kembali atap dan pintu’ di fasilitas Dongchang-ri.

Fasilitas Dongchang-ri yang terletak di Provinsi Pyongan Utara, disebut berfungsi sebagai lokasi pengujian mesin dan fasilitas peluncuran rudal khusus untuk rudal-rudal balistik antarbenua (ICBM) yang berbahan bakar cair. Tahun lalu, otoritas Korut mengumumkan bahwa fasilitas itu telah dihancurkan sepenuhnya. Fasilitas Dongchang-ri memiliki dua nama lainnya, yakni Tongchang-ri dan Sohae.
Dugaan Korut mulai memperbaiki fasilitas peluncuran rudal miliknya ini diumumkan NIS saat menyampaikan penjelasan kepada Komisi Intelijen Dewan Nasional Korsel. Ditegaskan juga oleh NIS bahwa ‘informasi yang dimiliki AS sama dengan punya kami’.

Di sisi lain, laporan yang disampaikan NIS ini mengonfirmasi bahwa akhir tahun lalu, Korut menghentikan operasional reaktor 5-megawatt di kompleks nuklir utama yang ada di Yongbyon, sebelah utara Pyongyang. “Dengan tanpa ada tanda-tanda aktivitas pemrosesan ulang di sana,” sebut laporan itu.

Disebutkan juga bahwa terowongan bawah tanah di lokasi uji coba nuklir di Punggye-ri masih ditutup dan tanpa ada perawatan sejak Korut menghancurkannya pada Mei tahun lalu.

Pertemuan pertama antara Kim Jong-Un dan Trump di Singapura pada Juni 2018 menghasilkan kesepakatan untuk melakukan upaya-upaya menuju denuklirisasi Semenanjung Korea. Namun perkembangan menuju denuklirisasi berjalan lamban, terutama karena AS menolak mencabut sanksi-sanksi untuk Korut.

Sejauh ini, Korut telah melakukan beberapa langkah menuju denuklirisasi seperti menangguhkan uji coba rudal dan nuklir, menghancurkan setidaknya satu lokasi uji coba nuklir dan sepakat mengizinkan para pemeriksa internasional untuk mengakses fasilitas pengujian mesin rudal. Namun AS bersikeras bahwa sanksi-sanksi terhadap Korut harus tetap diberlakukan hingga rezim komunis itu membongkar program nuklirnya secara sepenuhnya dan tidak bisa diubah.

Pertemuan kedua yang digelar di Vietnam pada 28 Februari lalu, diharapkan bisa mencapai kesepakatan denuklirisasi dan pencabutan sanksi-sanksi. Namun faktanya, pertemuan berakhir tanpa mencapai kesepakatan, yang menurut Trump, kegagalan pertemuan itu dikarenakan Korut menuntut pencabutan semua sanksi sebagai syarat denuklirisasi.

Namun pemerintah Korut membantah klaim Trump tersebut. Menteri Luar Negeri Korut, Ri Yong-Ho menyatakan bahwa Korut tidak pernah meminta pencabutan semua sanksi, melainkan hanya meminta pencabutan sebagian sanksi.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mobil Tanpa Sopir Harus Bisa Menepi Jika Diberhentikan Polisi

Liputan6.com, Jakarta – Kendaraan autonomus alias tanpa sopir diyakini bakal benar-benar terjadi di masa depan. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum mobil otonom ini benar-benar menggantikan peran pengemudi manusia seperti yang ada saat ini.

Melansir Carscooops, Jumat (1/3/2019), salah satu hal yang paling sulit bagi pembuat mobil dan perusahaan teknologi, adalah memastikan kendaraan tanpa sopir dapat berinteraksi dengan lingkungan seperti yang dilakukan pengemudi manusia.

Membuat mobil tanpa sopir yang mampu berhenti saat lampu lalu lintas merah, masih cukup sederhana, begitu juga dengan mendeteksi pejalan kaki. Tapi, jika mobil tanpa sopir saat ditilang polisi bisa menepi seperti sesuatu yang tidak mungkin.

Sementara itu, berbicara soal fitur tersebut, Waymo telah bekerja keras untuk memastikan prototipe otonomnya dapat mengenali petugas polisi dan menanggapi berbagai permintaan.

Misalnya, pada Januari lalu, sebuah kendaraan uji Waymo berhenti di lampu merah yang gelap di Tempe, Arizona tak lama setelah listrik padam.

Seorang petugas polisi sedang berdiri di persimpangan mengatur lalu lintas, dan mobil menunggu sebelum melanjutkan perjalanan setelah dilambaikan oleh petugas.

Selain itu, Waymo juga telah mengembangkan perangkat lunak yang menginstruksikan kendaraannya untuk berhenti ketika mendeteksi lampu polisi berkedip di belakangnya.

2 dari 2 halaman

Mobil Nirsopir Mulai Antar Barang Belanjaan

Mobil tanpa sopir alias nirsopir bukan hanya isapan jempol semata. Bahkan sebuah perusahaan jaringan supermarket Kroger, bersama startup Nuro, menghadirkan mobil tanpa sopir yang mampu mengantarkan barang belanjaan konsumen hingga ke depan pintu rumah.

Proyek yang masih dalam program percontohan ini mulai beroperasi 16 Agustus 2018 dengan melibatkan Fry’s Food Store milik Kroger di East McDowell Road, Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat.

Dilansir thespoon.tech, Senin (20/8/2018), Konsumen bisa saja melakukan pemensanan dengan sentuhan jari. Sebab, pemesanan bisa melalui  frysfood.com atau aplikasi Fry.

Barang yang sudah terpesan dapat diatur jadwal pengirimannya, baik hari yang sama atau hari berikutnya, dengan biaya per pengiriman US$ 5,95 atau sekitar Rp 85 ribu tanpa batasan pesanan minimum.

Untuk sementara, armada nirsopir menggunakan Toyota Prius yang dibantu seseorang di belakang kemudi. Bagian kompartemen mobil dimodfikasi sedemikian rupa hingga mampu menampung enam kantong barang.

Jawab ‘Ancaman’ Novel Bamukmin, Komisioner KPU Ungkit Hoax 7 Kontainer

Jakarta – Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin menyebut masyarakat mengalami krisis kepercayaan dan menyebut akan membubarkan KPU jika tidak netral dalam pemilu. KPU mengatakan tudingan krisis kepercayaan tersebut tidak bijak.

“Tudingan krisis kepercayaan tidak bijak, karena hingga tingkat kepercayaan publik kepada penyelenggaraan pemilu terjaga,” ujar komisioner KPU Viryan Aziz kepada detikcom, Jumat (1/3/2019).

Menurut Viryan, saat ini yang terjadi banyak pihak berupaya mendelegitimasi pemilu dengan berita hoax. Salah satunya dengan adanya hoax 7 kontainer surat suara tercoblos yang sempat terjadi.

“Yang ada justru hoax pemilu yang berupaya mendelegitimasi pemilu, terbukti dengan hoax pemilu 7 kontainer surat suara sudah tercoblos, masa hoax pemilu delegitimasi pemilu lantas membuat krisis kepercayaan. Maknanya upaya membuat kabar bohong mendelegitimasi KPU tidak berhasil dilakukan,” kata Viryan.

Dia juga mengatakan perhitungan hasil pemilu dilakukan secara manual, sehingga tidak dimungkinkan adanya kecurangan memalui manipulasi IT. Selain itu, menurutnya perhitungan ini juga dilakukan secara terbuka yang disaksikan pengawas pemilu.

“Pemilu sejak 1955 sampai sekarang dilakukan secara manual, tidak mungkin IT bisa memanipulasi hasil pemilu karena Indonesia tidak menyelenggarakan pemilu elektronik. Yang dilakukan hanya publikasi hasil pemilu di TPS, kecamatan, dan sebagainya,” kata Viryan.

“Hasil pemilu dihitung dalam rapat pleno terbuka, rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan sampai dengan pusat. Rapat pleno dilakukan secara terbuka, diikuti saksi dari peserta pemilu, pengawas pemilu, pemantau dan masyarakat,” sambungnya.

Terkait adanya potensi kecurangan memalu kotak suara bila disimpan di kantor kecamatan. Viryan juga mengatakan tempat penyimpanan ini telah dilakukan sejak 1955 dan tidak menimbulkan masalah.

“Penyimpanan kotak suara di kantor kecamatan dilakukan sejak pemilu 1955 sampai sekarang, termasuk juga di pilkada. Penggunaan kantor kecamatan sudah berlangsung dan tidak ada masalah selama ini,” kata Viryan.

Sebelumnya, Novel Bamukmin meminta KPU netral sebagai penyelenggara Pemilu 2019. Dia menyebut KPU wajib dibubarkan jika tidak netral.

“Kita mendatangi KPU, tak lain tidak bukan tuntut keadilan. Betul? Siap tegakkan keadilan? Siap tegakkan persatuan? Takbir!” kata Novel di atas mobil komando di depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Novel juga mengklaim masyarakat saat ini sudah mengalami krisis kepercayaan. Oknum aparat, baik sipil maupun Polri, disebut Novel dipertanyakan netralitasnya.

(dwia/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Alasan SBY Tunjuk AHY Jadi Penanggung Jawab Pemenangan Demokrat

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yufhoyono (SBY) menyerahkan tongkat komando kampanye pemenangan pemilu 2019 kepada putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua DPP Partai Demokrat, Didik Mukrianto mengungkap  alasan mengapa SBY lebih memilih AHY ketimbang putra keduanya Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Dalam pemenangan pemilu SBY justru menugaskan Ibas dalam Komisi Pemenangan Pemilu (KPP). Sedangkan AHY, mendapat tugas pemenangan pemilu melalui jabatan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma).

Menurut Didik, ada pertimbangan lain hingga akhirnya SBY menunjuk AHY sebagai tonggak pemenangan pemilu. Alasannya, kata dia, AHY dianggap mampu mengatur strategi dan ritme.

“Mas AHY kan memang menjadi komisi pemenangan pemilu kita, itu tugasnya sangat berat dibanding tugas lain, karena harus menentukan strategi, mengatur ritme pertarungan dan bertanggung jawab terhadap rencana aksinya,” kata Didik saat dihubungi, Jumat (1/3/2019).

Didik juga mengungkap alasan kenapa bukan Ibas yang ditugaskan sebagai ketua pemenangan kampanye. Ibas, lanjutnya harus fokus pada pemenangannya sebagai caleg.

“Dan Mas Ibas sendiri strategi kampanye soal dapur Partai Demokrat sendiri, mereka berdua memang menjadi bagian magnet center, pada saatnya nanti Mas Ibas akan memperkuat Mas AHY,” ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Fokus Pengobatan Ani Yudhoyono

Diketahui, SBY memang tengah fokus merawat sang istri Ani Yudhoyono yang sedang sakit kanker darah di Singapura. Terkait Persiapan menghadapi pemilu serentak 17 April nanti, SBY telah memberikan sejumlah pesan.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, surat dituliskan SBY, demi menjawab ketidakhadirannya dalam dua bulan terakhir sisa masa Pemilu 2019, karena harus mendampingi sang istri yang mengidap kanker darah.

“Karena sementara waktu, secara fisik tidak bisa menjalankan kampanye sampai 17 April, oleh karena itu beliau sampaikan pesan untuk memaksimalkan kerja-kerja Partai, DPP sampai ke tingkat ranting,” kata Hinca di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).


Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pasokan Cadangan Gas Besar di Sumsel Diprioritaskan untuk Domestik

Liputan6.com, Jakarta – Repsol telah menemukan cadangan gas di‎ ‎Blok Sakakemang, Sumatera Selatan, sebesar 2 triliun kaki kubik (Trillion Cobic Feet/TCF).

Hal ini menjadi angin segar bagi industri hulu minyak dan gas bumi (migas) Indonesia sebab selama 18 tahun baru ditemukan kembali cadangan gas skala besar.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan, gas yang dihasilkan dari blok migas yang dioperatori perusahaan migas asal Spanyol tersebut, akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“‎Untuk dalam negeri (pasokan gasnya),” kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM‎, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Arcandra menuturkan, pasokan gas untuk dalam negeri tidak akan berlebih. Untuk infrastruktur penyaluran gasnya akan memanfaatkan yang sudah dioperasikan. 

“Enggak akan lebih. ‎Kita dalam kebutuhan untuk negeri. ‎Infrastruktur bisa digunakan sekitarnya,” tutur dia.

2 dari 2 halaman

Repsol Temukan Ladang Gas Terbesar di Sumsel

Sebelumnya, ‎Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan Repsol telah menemukan potensi cadangan gas yang besar di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan, tak tanggung-tanggung, cadangan gas yang ditemukan oleh perusahaan migas asal Spanyol‎ tersebut diperkirakan mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF).

“Ini lokasinya di Banyu Asin. Potensi lebih kurang 2 TCF. Asumsi sekarang, rig 1.500 HB. Kadang dikerjakan bertahun tahun gak dapat, dengan kedalaman 2.430 meter dapat cadangan. 2004 sudah dilakukan dengan KBD 1, kurang memberikan hasil yang bagus. Ternyata ada disebelahnya yang lebih bagus cadangannya,” ‎ujar dia.

Menurut dia, selain potensi gas yang besar, temuan ladang gas ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Sebab, setelah 18 tahun akhirnya ditemukan cadangan gas baru dalam jumlah yang besar.

“Ini penting kita sampaikan, karena KBD 2X di Indonesia, potensi tersebut setelah 18 tahun. Ini adalah penemuan yang signifikan. Setelah dua dekade. Ini perlu kita syukuri, ini semoga jadi angin baru untuk penemuan mendatang. Di 2018-2019 ini adalah penemuan terbesar nomor 4 di dunia,” kata dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:


Kepala BNPB Ingatkan Ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengingatkan masyarakat terkait ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah minim air. Dia mengingatkan soal pentingnya mitigasi bencana.

“Bangsa kita harus mencari solusi untuk mengatasi karhutla yang melibatkan masyarakat yang juga dalam bagian pentahelic,” ujarnya dalam acara gelar peralatan di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (1/3/2019).

Dia pun menjelaskan sejumlah faktor yang dapat menyebabkan kobaran api menjalar dalam ranah perhutanan. Di antaranya adalah fakror alam dan non-alam.

“Penyebabnya adalah faktor alam, non alam manusia yang tidak sengaja, dan faktor non alam yang disengaja bakar oleh manusia. Hal ini yang harus BNPB ditindaklanjuti,” katanya menandasi.

Mantan Sesjen Wantannas ini mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk menghemat listrik dan air bersih. Dia juga mengimbau agar mengurangi sampah pelastik.

Menurutnya, BNPB penting bekerja dengan jujur untuk meraih kepercayaan masyarakat. “Kita bangun kepercayaan publik. BNPB menjadi lembaga yang layak dijadikan contoh dan menjadi yang terbaik,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Peringatan BMKG

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika telah memperingati potensi kebakaran hutan di wilayah Sumatera, khususnya Riau. Hal tersebut dikarenakan kurangnya intensitas hujan.

“Kondisi kurang hujan di wilayah-wilayah tersebut didukung oleh kondisi troposfer bagian tengah yang didominasi kelembapan udara yang relatif rendah. Ini sesuai dengan peta prediksi spasial anomali radiasi balik matahari gelombang panjang (OLR),” kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal dikutip dari laman BMKG, Jumat 22 Febuari 2019. (rifqi aufal sutisna)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menko Darmin Minta PLN Segera Terapkan B20 di Seluruh Pembangkit

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berencana memanggil PT Freeport Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan TNI terkait penggunaan Biodiesel 20 persen (B20). Hal ini untuk mendorong penggunaan B20 tercapai 100 persen.

“Untuk menaikkan ke 100 persen, ya 1 persen itu tidak mudah tapi barangkali kami akan fokus untuk membicarakan satu penggunaan B20 di PLN, di TNI/Polri dan di Freeport. Karena dari dulu yang minta dispensasi beberapa di antaranya adalah mereka,” ujar Darmin di Kantornya, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Untuk PLN memang sebagian sudah menggunakan B20. Namun masih ada beberapa pembangkit yang belum memakai B20. Ke depan, Kementerian ESDM akan melakukan komunikasi dengan PLN mencari solusi penggunaan B20.

“Kalau PLN tidak semuanya beberapa pembangkitnya. Tapi kami akan bicarakan itu ke depan ini secara keseluruhan kami akan persilakan ESDM saja yang ngurusinya. Karena kerja ribetnya sudah selesai,” jelasnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, hingga kini realisasi penyaluran dan penggunaan B20 sudah mencapai 99 persen. Capaian tersebut menandakan kebijakan B20 berjalan dengan baik.

“Tapi ukuran dari kinerjanya 99 persen itu adalah realisasi dibandingkan dengan seharusnya berapa. Ya, 99 sudahlah itu saja indikatornya, lebih sederhana urusannya. Jadi itu berarti kami sudah boleh mengatakan, B20 sudah berjalan dengan baik,” tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Dalam 2 Bulan, Penyaluran B20 Capai 700 Ribu KL

Sebelumnya, Ketua Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan mengatakan penyaluran Biodiesel 20 persen (B20) pada Januari hingga Februari 2019 mencapai sekitar 700 ribu Kiloliter (Kl).

“700 ribu Kiloliter Januari hingga Februari,” ujar Paulus usai rapat koordinasi B20 di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Secara keseluruh angka penyaluran B20 ke seluruh wilayah Indonesia pada Januari-Februari telah mencapai 99 persen. Namun, masih ada daerah yang belum terjangkau seperti di Kalimantan. 


“Hanya daerah perbatasan yang memang susah dicapai, Kalimantan ada beberapa yang Pertamina beli dari Malaysia, dari kita sulit tapi kecil sekali. Persentasenya kurang lebih 99 persen ,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) FX Sutijastoto mengatakan, pihaknya telah melapor kepada Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution terkait penyaluran B20.

“Ya pokoknya B20 sukses. Intinya 99 persen dari target B20 penyalurannya. Makanya Pak Menko apresiasi,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: