Juara AFF tapi Gagal ke Asia, Level Indonesia Masih Asia Tenggara

JakartaTimnas Indonesia, juara Piala AFF U-22 itu gagal ke Piala Asia U-23 2020. Level skuat Garuda Muda rupanya masih mentok di Asia Tenggara.

Indonesia datang ke Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 menyandang status juara Piala AFF U-22 2019. 26 hari lalu, skuat Indra Sjafri meraih gelar turnamen Asia Tenggara itu di Kamboja.

Timnas Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF U-22 2019 dengan mengalahkan Thailand 2-1 di final, yang ketika itu sang lawan turun dengan pemain lapisnya. Euforia sempat menggelayuti Timnas, mulai diarak ke Istana Negara hingga dikucuri bonus ratusan juta.

Selanjutnya, Indonesia berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Para negara lain cukup serius menatap laga ini, dengan memanggil pemain terbaiknya, termasuk Thailand.

Menghadapi Thailand u-23 ‘yang sebenarnya’ di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Indonesia pun terbukti kalah kelas. Pada laga perdana Grup K di Stadion My Dinh, Hanoi, JUmat (22/3), Indonesia kalah telak dengan skor 0-4.

Kemudian menghadapi Vietnam U-23 di laga kedua, Minggu (24/3), Indonesia kembali kalah 0-1. Sempat menahan imbang 0-0 hingga menit 90, gawang Indonesia kebobolan di masa injury time lewat tandukan Trieu Viet Hung.

Dua kekalahan di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 membuat Indonesia dipastikan gagal ke putaran final di 2020. Menyisakan satu pertandingan lagi, Egy Maulana Vikri dkk, yang belum mendulang poin, takkan mampu mengejar Thailand dan Vienam yang sudah punya 6 poin dari dua laga.

Indonesia selanjutnya tinggal menghadapi Brunei, Selasa (26/3). Apapun hasilnya, Indonesia sang juara Piala AFF U-22 itu tetap takkan mampu ke Piala Asia U-23 2020.

Level Indonesia nyatanya masih mentok di Asia Tenggara saja. Untuk ke pentas Asia, skuat Garuda Muda nyatanya belum siap. Coba lagi, ya!

(yna/yna)

Icardi Sudah Pulih, tapi …

Milan – Striker Inter Milan Mauro Icardi sudah kembali berlatih dan kondisinya membaik. Meski demikian, masih belum diketahui apakah Icardi bisa segera main.

Icardi menepi selama enam pekan setelah ban kaptennya dicabut pada 13 Februari. Striker asal Argentina itu tak berlatih dan tak bermain sama sekali selama periode tersebut.

Cedera juga sempat disebut jadi penyebab lamanya Icardi absen. Pemain asal Argentina itu disebut mengalami cedera pada lututnya.

Pada Kamis (21/3/2019), Icardi sudah kembali berlatih bersama rekan-rekannya di Inter. Meski demikian, kondisinya masih terus dipantau.
“Icardi sudah menjalani fisioterapi, kemudian latihan atletik individu untuk mengembalikan kondisinya,” ujar Kepala Medis Inter, Profesor Piero Volpi, seperti dilansir Football Italia.

“Dia perlahan kembali ke grup dan mencapai level kebugaran yang sama dengan teman-teman setimnya. Kami akan mengevaluasi kondisinya pekan depan, karena hanya saat itu kami bisa mengambil keputusan terkait pemilihan waktu untuk pemulihan sepenuhnya.”

“Ini adalah prosedur yang normal dan pada akhirnya dia akan kembali ke skuat secara penuh.”

Sudah kembali berlatih, Icardi disebut-sebut bakal kembali ke skuat Inter untuk menghadapi Lazio usai jeda internasional pada 31 Maret. Akankah Icardi bisa langsung dimainkan?

“Itu bukan pertanyaan yang bisa saya jawab. Ada peluang dan kita lihat saja apa yang terjadi, tapi itu bukan cuma pertanyaan buat saya. Itu juga melibatkan staf manajemen,” kata Volpi.

(nds/yna)

Harga Minyak Turun Tipis, Tapi Masih di Kisaran Level Tertinggi Sepanjang 2019

Pada perdagangan sebelumnya, harga minyak mentah AS menguat ke level tertinggi dalam empat bulan di atas USD 60 per barel. Hal ini usai data pemerintah AS menunjukkan pengetatan pasokan minyak domestik, tetapi kenaikan dibatasi kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi global karena perang dagang AS-China yang sedang berlangsung.

Harga minyak naik setelah the US Energy Information Administration (EIA) melaporkan penurunan besar dan tak terduga untuk persediaan minyak mentah karena ekspor kuat dan permintaan penyulingan.

Stok turun 9,6 juta barel pada pekan lalu dibandingkan harapan analis untuk kenaikan 309.000 barel. Persediaan bensin dan sulingan turun lebih dari yang diharapkan. Stok bensin turun 4,6 juta barel, sementara persediaan sulingan merosot 4,1 juta barel.

“Laporan itu bullish karena persediaan minyak mentah yang besar, dan merupakan fungsi dari tingkat impor yang rendah dan volume ekspor tinggi,” ujar Partner Again Capital LLC, John Kilduff.

“Inventaris secara keseluruhan menurun dalam minyak mentah dan produk olahan menekankan pasar yang mengetat,” ia menambahkan.

Lichtsteiner Bahagia di Arsenal, tapi…

Basel – Bek veteran Stephan Lichtsteiner mengaku sedang negosiasi kontrak baru dengan Arsenal. Lichtsteiner menuntut untuk mendapatkan lebih banyak waktu bermain.

Lichtsteiner direkrut Arsenal dari Juventus secara cuma-cuma pada bursa musim panas tahun lalu. Namun, di musim pertamanya bek berusia 35 tahun itu hanya menjadi pemain pelapis.

Lichsteiner baru membuat 21 penampilan untuk Arsenal di seluruh kompetisi musim ini. Di Liga Inggris, Lichsteiner cuma 12 kali diturunkan bahkan tidak dibawah Arsenal di tiga pertandingan terakhir termasuk saat menghadapi Tottenham Hotspur dan Manchester United.


Meski begitu toh Lichtsteiner mengaku bahagia di Arsenal. Namun, Lichsteiner belum akan membubuhkan tanda tangannya sampai memperoleh jaminan akan lebih sering mainkan.

Pasalnya, Lichtsteiner masih berhasrat untuk terus membela timnas Swiss yang sedang berjuang untuk lolos ke Piala Eropa 2020.

“Ada pembicaraan-pembicaraan tentang sebuah perpanjangan kontrak dengan Arsenal. Kita akan melihat apakah hal itu sesuai dengan kedua pihak,” Lichtsteiner mengungkapkan kepada Neue Zurcher Zeitung, yang dilansir Mirror.

“Arsenal adalah sebuah klub besar, dan aku sangat bahagia dengan mereka tapi aku ingin bermain secara reguler mengingat Euro 2020 segera digelar.”

“Segala hal OK di musim ini. Namun, kalau manajer mengatakan kepadaku bahwa dia tidak akan mengandalkan pada musim depan maka aku akan harus memikirkan tentang masa depanku,” lanjut dia. (rin/yna)


Pemain Terbaik MU Ternyata Bukan Ronaldo, tapi…

Kendati demikian, terlepas dari semua kehebatan Ronaldo, Giggs menjelaskan bahwa pemain terbaik MU bukanlah Ronaldo, melainkan Paul Scholes. Dia menyoroti satu kemampuan utama Scholes adalah kecerdikannya.

“Paul Scholes sangat cerdas. Dia tidak terlalu cepat tetapi dia tahu ke mana bola akan mendarat dan dia tahu apa yang akan dia perbuat begitu bola datang padanya,” tutup Giggs.

Sayangnya, kecerdasan Scholes itu tampaknya tidak berlaku di dunia kepelatihan. Hingga kini Scholes lebih sering jadi kritikus sepak bola, dia beberapa kali gagal saat menjajal jadi pelatih.

Sumber: Bola.net

KPK juga Temukan Duit Honor di Ruang Menteri Agama, tapi Tak Disita

Jakarta – KPK mengungkap ada uang lain yang ditemukan di ruang Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin saat dilakukan penggeledahan di sana. Namun, uang itu tak disita karena berdasarkan bukti dan data yang ada uang itu diduga sebagai honor.

“Kami sebenarnya juga menemukan uang-uang yang lain di ruangan Menteri Agama pada saat itu yang dari informasi atau dari data yang ada di sana itu diduga merupakan honorarium dan uang-uang tersebut tidak dibawa,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2019).

Penggeledahan di ruang Menag Lukman itu dilakukan terkait kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kemenag dengan tersangka Romahurmuziy (Rommy). Adapun jumlah uang yang disita ialah Rp 180 juta dan USD 30 ribu.

Febri menegaskan uang yang disita itu diduga terkait dengan perkara. Namun, nantinya akan ada proses klarifikasi terkait uang yang disita itu.

“Jadi sejak awal tim KPK sudah memisahkan mana uang dalam amplop yang merupakan honor, mana yang bukan. Tapi tentu nanti ada proses klarifikasi lebih lanjut yang akan kami tanya saat proses pemeriksaan,” ujarnya.

Dia menyatakan KPK tak menghitung uang yang tak disita tersebut. Namun, Febri menjelaskan soal skema pemberian honor bagi penyelenggara negara, misalnya honor saat penyelenggara negara yang menjadi pembicara di sebuah acara.

“Ketika ada pejabat melaporkan menerima honor Rp 100 juta dan dia bicara dalam sebuah acara selama 2 jam atau 3 jam, maka kami akan melihat standar biayanya selama satu jam berapa. Kalau standar biayanya untuk ahli sekitar Rp 1,7 atau Rp 1,8 juta, atau katakanlah Rp 2 juta dikali 3 jam, maka yang berhak diterima menjadi milik penerima itu adalah nilai wajar dikali jumlah jam yang bersangkutan bicara,” jelasnya.

“Kalau misalnya ada honor nilainya sangat besar misalnya Rp 50 juta atau Rp 100 juta, maka sisanya jadi milik negara,” sambung Febri.

Sebelumnya sejumlah pihak telah angkat bicara terkait uang Rp 180 juta dan USD 30 ribu yang disita KPK itu. Misalnya, Wapres Jusuf Kalla (JK) yang menilai uang tersebut lazim berada di ruangan seorang Menteri.

“Lazim dong, selalu ada namanya kas kecil (di ruang kerja) iya kan dan menteri itu juga ada dana operasionalnya, dan itu kas dana operasionalnya (menteri),” ujar JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (19/3).

Kemudian, PPP juga angkat bicara soal uang yang ditemukan di ruangan Lukman. Menurut PPP, Lukman yang juga Ketua Majelis Pakar PPP, dinilai merupakan orang yang terkenal bersih.

“Yakin (tidak berkaitan). Pak Menteri Lukman kan terkenal bersih ya,” kata Waketum PPP Arwani Thomafi di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3).

“Memang kami diinfokan bahwa itu uang-uang honor, honor sebagai menteri. Menteri kunjungan ke mana kan ada honornya, ada sebagai pembicara narasumber, itu kan ada honornya semua,” sambung dia.

Dalam kasus ini, ada 3 orang yang ditetapkan KPK sebagai tersangka. Mereka ialah Rommy selaku anggota DPR dan eks Ketum PPP yang diduga sebagai penerima, Kepala Kantor Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin sebagai tersangka pemberi.

Total suap yang diduga diberikan kepada Rommy berjumlah Rp 300 juta. Duit itu diduga diberikan agar Rommy membantu proses seleksi jabatan Muafaq dan Haris.
(haf/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Sederhana tapi Nikmat Minum Yogurt

Ilmuwan nutrisi Matthew Lantz Blaylock memaparkan, kandungan nutrisi pada yogurt. Kandungan kalsium dan fosfor dalam yogurt termasuk tinggi.

“Dua nutrisi itu untuk pembentukan dan memperkuat tulang. Yogurt juga mengandung kultur hidup (prebiotik) yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, daya tahan tubuh, dan memperlancar pencernaan,” papar Matthew.

National Nutrient Database for Standard Reference Amerika Serikat menunjukkan, kandungan mineral pada yogurt,  seperti kalium (255,75 mg), kalsium (199,65 mg), dan fosfor (156,75 mg) sangat tinggi.

Anda juga bisa merasakan manfaat dari yogurt meliputi sistem pencernaan lancar, menguatkan sistem daya tahan tubuh, mengontrol berat badan, mencegah osteoporosis, menurunkan risiko diabetes tipe 2, menurunkan tensi darah, mencegah kanker, dan mengatasi intoleransi laktosa.  

7 Waketum PPP Disebut Siap Jadi Plt Ketum, tapi Ikuti Mbah Moen

Bogor – Penunjukan Suharso Monoarfa sebagai Plt Ketum PPP mendapat penolakan dari beberapa kader karena dianggap menyalahi aturan rumah tangga (ART) soal syarat Plt harus diisi waketum PPP.

Sebenarnya, 7 dari 8 Waketum PPP bersedia dan siap mengisi posisi itu. Salah satu pihak yang menyebut para waketum PPP tak bersedia menjabat Plt Ketum ialah Ketua DPP Rudiman. Waketum PPP Amir Uskara menepis anggapan itu.

“Bukan tidak bersedia, bukan posisi tidak bersedia tapi kita sangat menghargai, sangat menghormati fatwa Ketua Majelis Syariah. Waketum tidak bersedia itu kurang tepat karena dari 8 Waketum hampir semua bersedia, hanya 1 yang menyatakan saya tidak bersedia. Ibu Reni menyatakan dia tidak bersedia,” kata Arwani di lokasi Mukernas, Hotel Seruni, Cisarua, Bogor, Rabu (20/3/2019).

Delapan Waketum PPP adalah M Mardiono, Ermalena, Wardatul Asriah, Amir Uskara, Reni Marlinawati, Arwani Thomafi, Fernita Jubahar Amirsyah dan Mansyur Kardi.

Amir menegaskan, para Waketum paham risiko mengenai jabatan mereka dan harus siap ketika mesti menjabat Plt Ketum. Meski demikian, para Waketum ketika itu telah sepakat dalam rapat internal untuk mengikuti fatwa Ketua Majelis Syariah PPP Maimoen Zubair.

“Tapi dalam kesepakatan rapat internal para Waketum kemarin kita sepakat karena ada permintaan dari Mbah Moen Ketua Majelis Syariah, buat kami sebagai pengurus itu adalah fatwa sehingga menyatakan lebih bagus ikuti fatwa,” kata Amir.

“Jadi bersedia, siap, posisi waktu itu ada permintaan dari Ketua Majelis Syariah, dengan segala pertimbangan,” tegas dia.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPP PPP Rudiman menolak penunjukan Suharso Monoarfa sebagai Plt Ketum PPP karena menganggap itu melanggar AD/ART partai. Rudiman juga menyebut para Waketum PPP ketika itu tidak bersedia menjabat Plt Ketum.

“Jadi kemarin itu di dalam rapat PH hari Sabtu itu, saya mengatakan apabila di antara para wakil ketua umum itu tidak bersedia untuk menjadi pelaksana tugas, maka saya siap sebagai ketua DPP dan sebagai kader, siap untuk mengambil alih itu dan mengantar sampai Muktamar luar biasa dan untuk mengambil keputusan mengangkat kembali ketua umum,” sebut Rudiman.
(gbr/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Facebook: Live Streaming Penembakan di Selandia Baru Hanya Ditonton 200 Orang, tapi…

Liputan6.com, Wellington – Pihak Facebook mengatakan bahwa video serangan di Selandia Baru “hanya dilihat 200 kali selama siaran berlangsung” pada Jumat, 15 Maret 2019. Kendati demikian jumlah tersebut jauh bertambah hingga akhirnya dihapus pada hari yang sama.

Rekaman itu telah ditonton 4.000 kali oleh pemilik akun berbeda hingga akhirnya dihapus, demikian laporkan oleh perusahaan Mark Zuckerberg tersebut.

Dalam laporan yang sama, perusahaan itu juga mengatakan tidak menerima laporan dari pengguna facebook hingga 12 menit setelah video berakhir.

Sayangnya, meskipun video itu hanya dilihat oleh sedikit orang, beberapa pengguna telah merekam ulang dengan fitur tangkapan layar; untuk selanjutnya dibagikan secara sporadis.

Mengutip The Verge pada Selasa (19/3/2019), rekaman telah dibagikan ulang sebanyak 1,5 juta kali hingga 24 jam pascapenembakan. Belum lagi video itu sudah disebar melalui berbagai media sosial berbeda.

Laporan Facebook itu diragukan oleh beberapa pihak.

Pertama, sebagian pihak meragukan angka tersebut. Di antara mereka mengatakan, bisa jadi angka itu terlalu tinggi, mengingat beberapa platform media sosial sering menggelembungkan jumlah penonton untuk menarik iklan.

Sedangkan pengakuan kedua terkait klaim Facebook atas “tidak adanya laporan” hingga 12 menit pascasiaran dilakukan.

Peneliti dari Right Wing Watch, Jared Holt, mengaku ia telah melaporkan video tidak lama setelah ia menemukan di 8chan, sebuah platform media sosial yang turut digunakan oleh pengguna untuk menyebar ulang manifesto dan video serangan Selandia Baru.

Holt kemudian mengatakan bahwa laporannya “tampak belum diserahkan” beberapa saat setelahnya.

Sebagai tambahan informasi, saat ini Facebook telah menghapus video penembakan di Selandia Baru. Namun langkah penghapusan dilakukan setelah dihubungi oleh kepolisian, bukan karena laporan pengguna.

Simak pula video pilihan berikut:

Sejuta warga telah menanda tangani petisi pemecatan Senator Australia Fraser Anning, setelah ia mengeluarkan komentar soal penembakan di Selandia Baru.

Jokowi Mau Resmikan MRT, Tapi Sertifikasi dan Tarif Belum Tuntas

Jakarta – Presiden Jokowi mengatakan transportasi moda raya terpadu (MRT) Jakarta bakal diresmikan pada 24 Maret 2019 mendatang. Berbarengan dengan peresmian operasional MRT Jakarta fase I, Jokowi juga akan melakukan pencanangan pembangunan MRT fase II rute Bundaran HI-Kota.

Tapi di tengah euforia beroperasinya MRT, masih ada beberapa hal teknis yang belum dirampungkan menuju pengoperasian. Salah satunya adalah sarana (kereta) dan pra sarana (stasiun, rel dan lainnya) MRT Jakarta belum mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan.

“Kita akan melakukan evaluasi dan akan keluarkan sertifikasi. Secara umum MRT ini sudah difungsikan secara baik, tapi ada satu dua item sedang kita lakukan perbaikan. Makanya kita kasih izin sementara, operasional resminya 1 April,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Belum rampungnya sertifikasi sarana dan prasarana lantaran ada perbedaan standarisasi antara PT MRT Jakarta dan Kementerian Perhubungan. Sehingga masih ada beberapa fasilitas yang sedang diperbaiki.

Namun Budi mengatakan pihaknya akan berusaha segera mensinkronkan hal tersebut. Pasalnya masyarakat sudah tidak sabar menunggu moda ini bisa digunakan.

“Antusiasme masyarakat terhadap MRT tinggi sekali. Nah ini harus kita manage dengan baik karena kepercayaan masyarakat menjadi legitimasi angkutan massal, angkutan massal dicintai,” ucapnya.

Selain itu tarif MRT Jakarta sendiri belum ditentukan hingga saat ini. Pembahasan masih terus berlangsung di DPRD DKI Jakarta.

DPRD mengklaim Pemerintah Provinsi DKI belum memberikan kajian lengkap terkait besaran subsidi MRT. Adapun besaran subsidi yang diusulkan untuk digelontorkan Pemprov DKI buat tarif Rp 8.500/10 km sebesar Rp 365 miliar/tahun, sedangkan tarif Rp 10.000/10 km butuh biaya subsidi sebesar Rp 338 miliar.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sendiri optimistis pembahasan tarif MRT Jakarta bakal tuntas sebelum pengoperasian 24 Maret 2019 nanti.

“Sedang finalisasi di dewan, yang mana arahnya berbasis kilometer. Jadi tarifnya bukan satu tarif tapi berbeda,” katanya.

Sedangkan Dirut MRT Jakarta William Sabandar mengaku belum menentukan kapan pihaknya akan mulai memberlakukan tarif MRT. Jika tarif telah ditetapkan sebelum peresmian, maka kemungkinan operasi akan langsung dibuka secara komersial alias berbayar. Namun jika tarif belum ditetapkan, dia belum bisa bicara banyak.

“Kita masih fokus untuk penetapan tarif sekarang. Kalau sudah ada tarif ya langsung komersil. Tapi kalau belum, ya kita lihatlah. Nanti akan ada keputusan sebelum peresmian,” ungkapnya.

(fdl/fdl)