Tanya CT: Bagaimana Bikin Aplikasi yang Menghasilkan Duit?

Surabaya – Dalam gelaran Innocreativation di Grand City, Surabaya pagi ini, CEO CT Corp Chairul Tanjung (CT) melontarkan pertanyaan menggelitik, yakni bagaimana menghasilkan duit dari internet.

“Pakai internet itu gampang. Bikin aplikasi juga gampang. Pertanyaannya adalah, bagaimana bikin aplikasi yang bisa menghasilkan uang?” Kata CT dalam sesi diskusi bertajuk CEO vs CEO dalam gelaran tersebut, Rabu (14/11/2018).

Adalah Kevin Aluwi, Co-Founder Go-Jek, yang berkesempatan menjawab pertanyan CT tersebut.

“Yang terpenting adalah problem apa, masalah apa yang ingin kita jawab dengan aplikasi yang kita buat,” tutur Kevin di depan ribuan milenial yang hadir dalam acara tersebut.
Dengan konsep yang jelas, dan problem yang jelas yang ingin dipecahkan, seorang pencipta aplikasi bisa memastikan aplikasinya digunakan banyak orang. Dengan begitu, ia bisa meyakinkan investor untuk mendanai proyeknya.

“Dalam kasus Go-Jek, saya ambil contoh. Kita itu ingin menjawab masalah transportasi perkotaan ojek. Yang dulu erat dengan masalah tarif yang nggak jelas, asal tembak. Dicarinya susah, dan seringkali image-nya tukang ojek itu ugal-ugalan,” jelas pria kelahiran 1 September 1986 tersebut.

Jangan fokus pada modal

Dalam Kesempatan yang sama, CEO BukaLapak Achmad Zaky mengatakan, bagi start up yang benar-benar sebagai pemula dalam bisnis, menurutnya lebih baik fokus pada jenis bisnis yang ingin dikembangkan.

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan start up adalah fokus pada modal dan fokus mencari investor.

“Ada yang karena nggak dapat investor, dia jadi nggak semangat dan jadinya gagal bikin usaha. Padahal, yang terpenting adalah kita harus bisa memastikan produk kita dipakai konsumen. Konsumen memakai aplikasi kita. Itu yang penting,” tandas pria kelahiran Sragen itu.

Tonton video: Wali Kota Surabaya Buka Acara ”InnoCreativation”

[Gambas:Video 20detik]

(dna/fdl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *