Tanjungpinang, Keindahan Mana Lagi yang Kau Dustakan

Liputan6.com, Tanjungpinang – Tanjungpinang dianugerahi berbagai tempat wisata menarik. Di kota inilah tempat sastrawan Raja Ali Haji berproses dan membawa sastra Indonesia bergema.

Tanjungpinang beberapa kali berubah status. Mulai sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga, ibukota kabupaten Riau Kepulauan, dan akhirnya ditetapkan menjadi sebuah kota administratif dan menjadi ibukota dari provinsi Kepulauan Riau.

“Dari Tanjungpinang pula cikal bakal bahasa persatuan Bahasa Indonesia yaitu Bahasa Melayu dilahirkan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Boeralimar, Sabtu (8/6/2019).

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Tanjungpinang memang keren. Tahun 2018 Tanjungpinang berada di peringkat 7 destinasi wisata halal unggulan, maka tahun 2019 sudah naik derajat menjadi peringkat 3.

“Rugi pokoknya kalau belum berwisata di Tanjungpinang,” kata Menpar Arief Yahya.

Mari kita kupas satu per satu destinasi paling yahud untuk liburan di Tanjungpinang.

1. Pulau Penyengat

Adalah pulau kecil yang berada tepat di depan Tanjungpinang. Di pulau ini terdapat berbagai peninggalan bersejarah, di antaranya adalah Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, makam-makam para raja, makam Raja Ali Haji, kompleks Istana Kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi.

Bagian yang menyenangkan dari kunjungan ke Pulau Penyengat adalah menuju ke sana harus menaiki perahu atau pompong.

Kita bisa menyewa perahu dari dermaga utama di Tanjungpinang, dengan harga Rp 14.000/orang untuk perjalanan pulang dan pergi. Dibutuhkan waktu sekitar 15 menit menyeberangi perairan yang biasanya cukup tenang.

2. Laman Boenda Tepi Laut

Berada di tepi laut, Laman Boenda begitu diminati penduduk lokal untuk bersantai. Dari sini bisa menikmati pemandangan kapal dari Batam, Singapura dan Malaysia berlalu lalang dan bersandar di Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Didesain sebagai ruang rekreasi keluarga, taman ini tak pernah sepi pengunjung. Permainan anak-anak juga disediakan, sarana olah raga dan juga pemadangan yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *