Sambutan Hangat Adik Ahok untuk Veronica Tan

Jakarta – Hubungan Veronica Tan dan keluarga mantan suaminya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok/BTP), masih terjalin baik. Salah satunya dibuktikan ketika Vero menghadiri penayangan film Anak Hoki.

Kehadiran Vero diungkap oleh adik Ahok, Harry Tjahaja Purnama, Jumat (22/2/2019). Harry mengunggah foto saat Vero berpose di depan poster film tersebut.

“Thank you Vero dgn segala kesibukannya menyempatkan diri nonton film ANAK HOKi dan merasa terhibur sekali ūüôŹūüėá” tulis Harry.

Unggahan Harry ini dibanjiri komentar netizen. Ada yang mengungkapkan kerinduannya pada Vero, ada juga yang memuji hubungan Vero dan keluarga Ahok yang tetap baik pascaperceraian.

“Hubungan masih baik ya Pak syukurlah. Siapapun pihak yang benar pasti digantikan dengan yang lebih baik,” tulis salah satu netizen.

“Berbesar hati banget bu Vero mau datang dan nonton film ini,” tambahnya.

Dalam beberapa waktu terakhir, tiga saudara kandung Ahok yaitu Harry, Fifi, dan Basuri kerap mempromosikan film ‘Anak Hoki’ ini. Fifi menyebut film ini fiksi dari masa muda Ahok dan diproduseri oleh Harry.

(imk/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Untung Rugi Jadi Tuan Rumah Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un

Liputan6.com, Singapura – Pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Korea Utara Donald Trump akan berlangsung pada 27-28 Februari di Hanoi, Vietnam.

Sejumlah pihak menerka-nerka apa keuntungan dan kerugian yang didapatkan oleh sang tuan rumah dalam pertemuan dua negara yang memegang posisi strategis dalam bidang keamanan internasional tersebut –mengingat Korea Utara selalu identik sebagai sumber ancaman.

Analisis untung rugi sangat mudah dilakukan dengan berkaca pada pertemuan Trump dan Jong-un di Singapura pada tahun lalu.

Sebagian pihak pernah ingin mengetahui siapakah yang membayar hotel mahal bagi kedua pemimpin dan pengawalnya, serta fasilitas lain yang dibutuhkan.

Permasalahan Pembiayaan

Masalah utama menjelang KTT Singapura yang berlangsung pada 12 Juni 2018 lalu adalah keamanan yang menghabiskan banyak uang –sebagian tentu ditanggung oleh negara tuan rumah.

Perlindungan termasuk dalam aspek fisik kedua pemimpin dan keamanan lokasi. Temasuk di dalamnya adalah tempat pertemuan hingga hotel.

Selain itu, dibutuhkan pula pengendalian terhadap kerumunan yang dapat mengganggu kenyamanan warga negara tuan rumah, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Jumat (22/2/2019). Alhasil dibutuhkan penghalang jalan, pengalihan rute, dan penundaan sejumlah transportasi komersil.

Penundaan dan pembatasan berlaku pula bagi pesawat udara komersil, mengingat tuan rumah harus memberikan jalan bagi patroli militer di wilayah negaranya.

Armada militer angkatan laut dan darat juga harus disiagakan.

Untuk fasilitas-fasilitas tersebut, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pernah mengatakan bahwa ia berharap negara itu akan menghabiskan hanya sekitar US$ 14,8 juta.

Nyatanya, pascapertemuan diketahui bahwa sebagai tuan rumah Singapura hanya menghabiskan uang sekitar US$ 11,8 juta.

Adapun harga bagi hotel yang digunakan oleh Kim Jong-un disinyalir berkisar US$ 7.400 per malam. Fantastis.

Sedangkan Trump dikabarkan membayar dengan cara yang sering dipraktikkan AS untuk acara-acara bilateral yang diselenggarakan oleh pihak ketiga.

Kritik kemudian datang ketika Jong-un didampingi dua menteri pemerintah Singapura mengamati pemandangan sekitar kasino dan resor Marina Bay Sands yang mewah.


Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Keuntungan Tuan Rumah

Meskipun telah mengeluarkan cukup banyak dana, bukan berarti tuan rumah merugi. Ahli pemasaran mengatakan bahwa Singapura berpotensi mendapatkan berkali-kali lipat dari total biaya yang telah ia keluarkan.

Hal itu berkaitan dengan sektor wisata dan sektor lain yang akan mendapatkan keuntungan karena citra positif yang diterima dari publik internasional.

Jason Tan, dari perusahaan komunikasi Zenith Singapore menyatakan bahwa berkat pertemuan Singapura telah mendapatkan satu minggu penuh liputan dan sorotan kamera.

Hal itu menurutnya sangat baik untuk menumbuhkan citra positif sebagai negara.

Sementara itu, Vu Minh Khuong, seorang profesor di Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew di National University of Singapore mengatakan bahwa keuntungan lain berada pada bidang kepentingan strategis nasional. Singapura akan terlihat memiliki relasi kuasa yang tinggi dalam panggung internasional.

“Tuan rumah meningkatkan posisi strategisnya sebagai tempat pilihan untuk acara yang sangat penting dan menampilkan kepada dunia bahwa negaranya adalah entitas yang berperan dalam menciptakan dunia yang lebih baik,” katanya.

Prediksi Timnas Indonesia U-22 Vs Malaysia: Jaga Peluang

Jakarta- Timnas Indonesia U-22 melakoni duel berat melawan Malaysia pada laga kedua Grup B Piala AFF 2019, Rabu (20/2/2019). Tak hanya mengejar gengsi duel antar negara serumpun, duel ini juga bisa menentukan nasib Indonesia ke babak selanjutnya.

Timnas Indonesia U-22 dan Malaysia U-22 sama-sama mengawali Piala AFF 2019 dengan kurang meyakinkan. Pasukan Garuda Muda hanya bermain imbang 1-1 melawan Myanmar U-22, sedangkan pasukan Harimau Malaya Muda takluk 0-1 dari tuan rumah, Kamboja U-22.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia U-22 sementara berada di urutan kedua klasemen dan Malaysia U-22 menjadi juru kunci Grup B. Bisa dipastikan laga nanti akan berlangsung sengit, bertensi tinggi, dan dibumbui rivalitas panjang antarkedua tim.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, sadar laga nanti sangat berpengaruh pada kelanjutan mereka di Piala AFF 2019. Andai meraih hasil imbang atau kalau, nasib Andy Setyo dkk akan ditentukan pada laga terakhir.

Para pemain Timnas Indonesia U-22 berlari santai saat latihan di Lapangan AUPP, Phnom Penh, Selasa (19/2). Latihan ini persiapan jelang laga Piala AFF U-22 melawan Malaysia. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Sadar hal tersebut sangat berisiko, Indra Sjafri optimistis timnya bisa mengalahkan Malaysia U-22. Pelatih asal Sumatra Barat itu menyebut, secara moral para pemainnya sudah unggul 2 hal jelang laga kontrak negara tetangga.

‚ÄúKami harus memiliki persiapan yang baik untuk pertandingan yang kedua. Yang jelas, kami punya kelebihan dari sisi moral,‚ÄĚ kata Indra Sjafri.

‚ÄúYang pertama, kami sekarang memiliki 1 poin karena kemarin imbang, sedangkan mereka kalah. Yang kedua, kami bermain sore hari dan mereka bermain maLam. Keberuntungan-keberuntungan itu sudah kami hitung,‚ÄĚ ujar pelatih berusia 56 tahun itu.

2 dari 3 halaman

Pantang Lengah

Namun, Indra Sjafri tentu tak boleh percaya diri berlebihan. Apalagi mantan pelatih Bali United itu punya catatan buruk ketika jumpa Malaysia. Indra Sjafri tercatat belum pernah menang dengan meraih sekali imbang serta dua kali kekalahan ketika menghadapi Malaysia bersama Timnas Indonesia U-19.

Timnas Malaysia U-22 jelang laga melawan Kamboja di Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Senin (18/2/2019). (Bola.com/Dok. FAM)

Sementara itu, Malaysia U-22 tentu tak hanya berstatus sebagai tim penggembira di Piala AFF 2019. Mereka wajib meraih kemenangan atau harus pulang jika kembali menelan kekalahan.

Sayang, ambisi untuk bangkit yang sedang diusung Malaysia U-22 tak sejalan dengan kenyataan. Mereka harus kehilangan 2 pemain kunci pada laga melawan Timnas Indonesia U-22 yakni R. Kogileswaran yang mengalami cedera dan Daniel Haqim yang mendapatkan kartu merah pada laga perdana.

“Pada pertandingan kedua, kami harus mendapatkan satu atau tiga poin untuk membuka peluang ke babak selanjutnya. Masih ada pemain lain yang bisa mengisi slot yang ditinggalkan dan saya percaya mereka mampu menjalankan tugas dengan baik,‚ÄĚ tegas Ong Kim Swee, pelatih Timnas Malaysia U-22.

3 dari 3 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Prakiraan susunan pemain

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Awan Setho (kiper), Samuel Christianson, Andy Setyo, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam (belakang), Gian Zola, Luthfi Kamal, Hanif Sjahbandi (tengah), Osvaldo Haay, Witan Sulaeman, Marinus Wanewar (depan)

Pelatih: Indra Sjafri (Indonesia)

Malaysia U-22 (3-4-3): Haziq Nadzli (kiper), Dominic Tan Jun Jin, Ariff Farhan Md Isa, Dinesh Rajasingam (belakang), Nazirul Arif, Faisal Halim, Izzani Syahmi, Sharul Nizam (tengah), Hadi Fayyadh, Jafri, Safawi Rasid (depan)

Pelatih: Ong Kim Swee (Malaysia)

Temui Menko Luhut, Grab Ingin Buat Mobil Listrik di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menerima kedatangan CEO dan founder Grab, Anthony Tan, di kantornya, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Luhut mengatakan, kedatangan CEO Grab tersebut membicarakan mengenai rencana terkait mobil listrik. Grab bersama Hyundai Motor Group berniat masuk ke Indonesia untuk membuat  mobil listrik.

“Dia mau masuk ke sini dengan hyundai menyangkut mobil listrik,” kata dia saat ditemui di kantornya.

Seperti diketahui, sebelumnya Hyundai Motor Group dan Grab Holdings Inc. (Grab), mengumumkan kerja sama dengan Hyundai Motor Company (Hyundai) dan Kia Motors Corporation (Kia) akan menambah investasi sebesar USD 250 juta ke Grab dan membentuk kemitraan untuk memulai program terkait kendaraan listrik (Electric Vehicle) di Asia Tenggara.

Melalui kemitraan kendaraan listrik tersebut, Grab dan afiliasi Hyundai Motor Group akan mempertemukan para pemangku kepentingan dari industri kendaraan listrik untuk berkolaborasi dalam upaya untuk meningkatkan adopsi dan kesadaran mengenai kendaraan listrik di Asia Tenggara.

“Sebagai rumah dari salah satu pusat konsumen yang tumbuh paling cepat di dunia, Asia Tenggara merupakan pasar yang berkembang sangat pesat untuk mobil listrik,” ungkap Youngcho Chi, Chief Innovation Officer Hyundai Motor Group and Head of Strategy & Technology Division.

“Dengan rekam jejak yang tak tertandingi di seluruh kawasan Asia Tenggara, dan basis pelanggan dan merchant yang terus berkembang, Grab merupakan mitra terbaik yang akan membantu mempercepat adopsi kendaraan listrik di Asia Tenggara,” tambahnya.


Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: merdeka.com

2 dari 2 halaman

Kemitraan Kendaraan Listrik

Sebagai permulaan, Grab, Hyundai dan Kia akan meluncurkan serangkaian proyek percontohan kendaraan listrik di Asia Tenggara yang dimulai dengan Singapura pada 2019.

Proyek percontohan akan fokus pada penggunaan kendaraan listrik untuk memaksimalkan efisiensi biaya bagi mitra pengemudi Grab. Kemitraan terkait kendaraan listrik ini juga akan bekerja dengan para pemangku kepentingan regional, termasuk pemerintah dan pemain industri infrastruktur untuk meningkatkan infrastruktur kendaraan listrik di wilayah tersebut, seperti membangun jaringan pusat-pusat pengisian cepat.

Kemitraan kendaraan listrik juga akan menjajaki pengembangan paket perawatan yang telah disesuaikan untuk mitra pengemudi kendaraan listrik Grab dan melakukan penelitian tentang bagaimana kendaraan listrik dapat diterapkan dengan cara paling efisien di Asia Tenggara, di bawah kondisi iklim yang panas dan lembab.

“Sebagai pemilik armada kendaraan listrik terbesar di Singapura, kami sangat bersemangat untuk membangun kemitraan industri dengan Hyundai Motor Group dalam mendorong adopsi kendaraan listrik di seluruh Asia Tenggara. Kami memiliki visi yang sama tentang elektrifikasi mobilitas sebagai salah satu fondasi kunci untuk membangun platdiv transportasi yang ramah lingkungan dengan biaya terendah,” kata Ming Maa, President of Grab.

Hyundai pertama kali berinvestasi di Grab pada Januari, dan kedua perusahaan mulai menjajaki kolaborasi di sektor kendaraan listrik.

Inisiatif terbaru Grab, yang memperluas kerja samanya dengan grup otomotif Korea untuk melibatkan Kia, adalah pencapaian penting dalam upaya berkelanjutan perusahaan untuk mempromosikan penggunaan kendaraan listrik di Asia Tenggara.

Pada Agustus, Grab mengumumkan kemitraan dengan penyedia energi utilitas Singapura, SP Group, dimana kendaraan listrik Grab dapat menggunakan jaringan pengisian kendaraan listrik publik milik SP Grup.

Saat ini, aplikasi Grab telah diunduh ke lebih dari 125 juta perangkat mobile, memberikan akses pengguna ke lebih dari 8 juta pengemudi, merchant, dan agen.

Grab memiliki armada transportasi darat terbesar di Asia Tenggara dan telah berhasil melakukan lebih dari 2,5 miliar perjalanan sejak didirikan pada tahun 2012.

Grab menawarkan jangkauan terluas layanan transportasi on-demand di kawasan tersebut, di samping layanan pengiriman makanan dan paket, di 235 kota dan 8 negara.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 Ide Kamar Tidur Romantis untuk Kembalikan Suasana Hati

Liputan6.com, Jakarta РKamar tidur merupakan bagian di dalam rumah yang sifatnya privasi. Jadi, sangat wajar bila keadaan dan rupanya mengaruhi mood Anda. Ya, membuat kondisi kamar tidur yang nyaman tak semata dilakukan karena memerhatikan estetika. 

Banyak sekali konsep yang bisa diterapkan pada kamar tidur Anda seperti minimalis, vintage, dan romantis. Bagi Anda yang menginginkan kamar tidur dengan nuansa hangat, lembut, dan menyenangkan, Anda bisa menggunakan ide desain kamar tidur romantis.

Konsep romantis di kamar tidur dipercaya bisa membangun suasana hati saat lelah beraktivitas. Dilansir dari housebeautiful.com, Kamis, 14 Februari 2019, berikut beberapa tips untuk mendapatkan konsep kamar tidur romantis.

Tempat tidur kanopi

Tempat tidur kanopi tidak hanya untuk anak-anak. Kamar tidur dengan konsep ini biasanya dilengkapi kipas di atas tempat tidur dengan voile putih yang terlihat seperti awan. Rupanya membuat tidur sangat mungkin jadi lebih nyaman.

Kamar tidur bernuansa natural

Jika ruang tidur Anda sebagian besar mengusung warna netral, Anda dapat menambahkan karakter dan kesenangan dengan tekstur alami. Kamar ini bisa ditambahkan dekorasi berupa bantal alpaka, dominan warna suede, dan linen.

Kamar tidur bernuansa kayu

Kamar tidur bernuansa kayu akan membuat ruangan tak hanya terasa nyaman, namun juga hangat. Sentuhan ini bisa Anda berikan di seluruh dinding atau hanya memfokuskan pada satu bagian yang bakal jadi cozy corner untuk Anda. (Indah Permata Niska)


Saksikan video pilihan di bawah ini :

Top 3 News: Liburan Romantis Ala Ahok dan Puput Nastiti Devi di Jeju Korea

Liputan6.com, Jakarta РTop 3 news hari ini mengungkap sejumlah momen romantis seorang Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Puput Nastiti Devi di Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. 

Lewat akun Instagram @sanggarguna dan @basuki_btp_lovers, sejumlah foto-foto kebersamaan keduanya tersebar luas di media sosial. Tak sedikit warganet yang dibuat baper karenanya.

Belakangan diketahui, momen romantis itu dilakukan Ahok dan Puput di Pulau Jeju Korea Selatan. 

Sementara itu, sebuah granat aktif meledak di permukiman warga di Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 14 Februari 2019. Dua orang bocah meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Sementara, satu orang lainnya kini tengah menjalani perawatan intensif di RSUD Leuwiliang.

Berawal dari tiga orang bocah belasan tahun yang menemukan sebuah kaleng susu di area lapangan dan membawanya pulang. Kaleng tersebut sempat dibuang orangtua dari salah satu anak, namun kembali diambil untuk dimainkan bersama kedua temannya.

Tanpa tahu jika isi kaleng tersebut berisi granat aktif, Muhammad Ibnu Mubarok (11), Muhammad Doni (11) dan Khoirul Islami (10), memukul kaleng susu tersebut menggunakan batu hingga terjadi ledakan.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Jumat, 15 Februari 2019:

2 dari 5 halaman

1. 3 Pose Ahok Puput di Hari Valentine yang Bikin Baper Netizen

Seiring rencana pernikahan keduanya yang disebut segera digelar, Ahok dan Puput belum lama ini menunjukkan beberapa momen kemesraan di Hari Kasih Sayang, Kamis, 14 Februari kemarin. Tak terlihat lagi rasa canggung di antara kedunya.

Baik Ahok dan Puput nampak kompak dalam balutan baju serba hitam dengan latar belakang hamparan bunga kuning dan laut biru di kejauhan.

Dalam foto yang diposting oleh @sanggarguna di akun Instagramnya, terlihat Ahok merangkul pinggang Puput dengan erat sambil duduk dengan latar pemandangan alam yang indah.

Selain disuguhkan dengan panorama alam, hamparan bunga kuning dan lautan lepas di belakang semakin menambah keromantisan yang terjalin antara Ahok dan mantan ajudan Veronica Tan ini.


Selengkapnya…

3 dari 5 halaman

2. 5 Fakta 2 Bocah di Bogor Tewas Akibat Ledakan Granat Kaleng Susu

Sebuah granat aktif meledak di permukiman warga, tepatnya di Kampung Wangun Jaya RT 02/06, Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dua bocah tewas dalam kejadian tersebut.

Cerita berawal saat tiga orang bocah tengah asyik bermain di sekitar lapangan tembak yang berada di kampung sebelah. Di sana mereka menemukan sebuah kaleng susu yang belakangan isinya ternyata granat aktif. 

Meski sang ibu telah membuangnya, salah satu korban kembali mengambil kaleng susu tersebut dan memainkannya. Ketiganya memukul-mukul kaleng berisi granat itu dengan menggunakan batu hingga terjadi ledakan.


Selengkapnya…

4 dari 5 halaman

3. Profil Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak yang Sukses Berkarier di Usia Muda

From zero to hero mungkin predikat ini sangat pas disematkan untuk sosok Achmad Zaky, sebagai pendiri salah satu startup terbesar di Indonesia, yaitu Bukalapak. 

Sebenarnya apa alasan predikat tersebut pantas untuk disematkan pada pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah, 32 tahun lalu ini?

Ketertarikan Achmad Zaky dengan dunia teknologi rupanya sudah tumbuh sejak dirinya menggeluti buku-buku pemrogaman yang dibelikan oleh pamannya, yaitu pada tahun 1997 silam.

Karena ketekunannya itu, saat menduduki bangku sekolah menengah atas di sebuah sekolah di Solo, Zaky berhasil meraih juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang komputer.

Kesuksesan akademisnya itu tidak Zaky raih semata-mata hanya dengan belajar. Semasa kuliah, pria berkaca mata ini berkontribusi dalam menggagas ShARE Global Student Think-Tank bersama teman-temannya.


Selengkapnya…¬†

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

KPK Duga Samin Tan Suap Eni Saragih terkait Kontrak Batubara Kementerian ESDM 

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal (BLEM), Samin Tan sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. 

Samin Tan diduga memberi suap kepada Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih terkait kontrak perjanjian karya usaha pertambangan batubara (PKP2B) PT Asmin Koalindo Tuhup (AKT) di Kementerian ESDM.

“Tersangka SMT (Samin Tan) diduga telah memberi hadiah atau janji terkait PKP2B sejumlah Rp5 miliar,” ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarief di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (15/2/2019).

Menurut dia, pemberian itu berawal pada Oktober 2017, saat Kementerian ESDM melakukan terminasi atas PKP2B PT AKT. Diduga, PT BLEM milik Samin Tan telah mengakuisisi PT ATK.

Samin Tan diduga meminta bantuan sejumlah pihak, termasuk Eni Maulani Saragih untuk menyelesaikan permasalahan pemutusan PKP2B Generasi 3 di Kalimantan Tengah antara PT AKT dengab Kementerian ESDM. Permintaan Samin Tan ini disanggupi Eni. 

“Eni sebagai anggota DPR di Komisi Energi menyanggupi permintaan bantuan SMT dan berupaya mempengaruhi pihak Kementerian ESDM, termasuk menggunakan forum RDP dengan Kementerian ESDM. Di mana, posisi Eni adalah sebagai anggota Panja Minerba di Komisi VII DPR,” jelas Syarif.

 

2 dari 3 halaman

Untuk Pilkada

Syarif mengatakan dalam proses penyelesaian itu, Eni Saragih diduga meminta sejumlah uang kepada Samin Tan.

Uang itu diduga untuk keperluan Pilkada suaminya, Muhammad Al Khadziq di Kabupaten Temanggung.

Pemberian itu terjadi dalam dua tahap melalui staf Samin Tan dan tanaga ahli Eni Maulani Saragih. Pertama, pada 1 Juni 2018 sebanyak Rp4 miliar dan pemberian kedua terjadi pada 22 Juni 2018 sebanyak Rp1 miliar.

“Transaksi terjadi di DPR sebanyak 2 kali dengan total Rp5 miliar,” ucap Syarif.

Atas perbuatannya, Samin Tan disangkakan melanggar Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau Pasal 13 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Kasus PLTU Riau-1, KPK Cegah CEO Blackgold Natural Resources

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah dua saksi berpergian ke luar negeri terkait proses penyidikan kasus dugaan suap PLTU Riau-1. Dua saksi itu yakni, CEO Blackgold Natural Resources, Rickard Philip Cecil dan Direktur PT China Huadian Enginering Indonesia, Wang Kun.

“Dalam penanganan perkara PLTU Riau-I, dua orang telah dicegah berpergian ke luar negeri,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (15/2/2019).

Syarif mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat pencegahan ke Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sejak 27 Desember 2018. Keduanya dicegah selama enam bulan ke depan, hingga 27 Juni 2019.

“Pencegahan demi kepentingan penyidikan kasus suap PLTU Riau-1,” ucap dia.

Sebelumnya, KPK menetapkan pemilik PT Borneo Lumbung Energi dan Metal (BLEM), Samin Tan sebagai tersangka baru kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1.

Samin Tan diduga memberi suap kepada Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih terkait kontrak perjanjian karya usaha pertambangan batubara (PKP2B) PT Asmin Koalindo Tuhup (AKT) di Kementerian ESDM.

“Tersangka SMT (Samin Tan) diduga telah memberi hadiah atau janji terkait PKP2B sejumlah Rp5 miliar,” ujar Syarif.


2 dari 2 halaman

Lobi Eni Saragih

Menurut dia, pemberian itu berawal pada Oktober 2017, saat Kementerian ESDM melakukan terminasi atas PKP2B PT AKT. Diduga, PT BLEM milik Samin Tan telah mengakuisisi PT ATK.

Samin Tan diduga meminta bantuan sejumlah pihak, termasuk Eni Maulani Saragih untuk menyelesaikan permasalahan pemutusan PKP2B Generasi 3 di Kalimantan Tengah antara PT AKT dengan Kementerian ESDM. Permintaan Samin Tan ini disanggupi Eni.

“Eni sebagai anggota DPR di Komisi Energi menyanggupi permintaan bantuan SMT dan berupaya mempengaruhi pihak Kementerian ESDM, termasuk menggunakan forum RDP dengan Kementerian ESDM. Di mana, posisi Eni adalah sebagai anggota Panja Minerba di Komisi VII DPR,” jelas Syarif.

Dia mengatakan dalam proses penyelesaian itu, Politisi Golkar itu diduga meminta sejumlah uang kepada Samin Tan. Uang itu diduga untuk keperluan Pilkada suaminya, Muhammad Al Khadziq di Kabupaten Temanggung.

Pemberian itu terjadi dalam dua tahap melalui staf Samin Tan dan tanaga ahli Eni Maulani Saragih. Pertama, pada 1 Juni 2018 sebanyak Rp4 miliar dan pemberian kedua terjadi pada 22 Juni 2018 sebanyak Rp1 miliar.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Bunuh Kekasih Saat Hari Valentine, Pria Malaysia Batal Divonis Mati

Kuala Lumpur – Seorang pria Malaysia lolos dari hukuman mati setelah membunuh kekasihnya saat Hari Valentine sekitar enam tahun lalu. Pengadilan federal Malaysia menyatakan pria berusia 35 tahun itu tidak waras atau sakit jiwa saat melakukan pembunuhan keji tersebut.

Seperti dilansir kantor berita Bernama dan dilansir Channel News Asia, Kamis (14/2/2019), dalam putusan sidang banding yang kebetulan digelar saat Hari Valentine, Kamis (14/2) ini, Pengadilan Federal Malaysia membatalkan vonis bersalah dan hukuman mati yang dijatuhkan terhadap Cheong Teik Keon (35).

Kepala Pengadilan Banding, Ahmad Maarop, yang memimpin panel lima hakim menyatakan Cheong memang melakukan tindak pembunuhan, namun dia tidak mampu mempertimbangkan dengan baik bahwa tindakannya itu salah dan melanggar hukum.


Hakim memerintahkan Cheong untuk ditempatkan di sebuah rumah sakit jiwa di Ipoh, Perak.

Saat pembunuhan terjadi, Cheong sedang menginap di rumah kekasihnya yang bernama Tan Ching Chin (24) di Seberang Prai, Penang.

Pada pagi hari tanggal 14 Februari 2013, jenazah Tan ditemukan di dalam kamar mandi oleh pembantu rumah tangga dan ibunda Tan. Saat itu, Cheong ditemukan sedang memegangi kaki korban sambil menikam dirinya sendiri di bagian perut.

Seorang psikiater yang memberikan keterangan dalam persidangan, menyatakan Cheong menikam korban sebanyak tiga kali, sebelum berusaha mengakhiri nyawanya sendiri. Cheong menikam dirinya sendiri sebanyak empat kali.

Psikiater itu mengatakan bahwa menurut Cheong, hal itu dilakukannya agar dia bisa bertemu dengan korban di surga.

Dalam persidangan, Cheong mengakui dirinya memiliki penyakit jiwa. Namun Pengadilan Tinggi George Town pada Oktober 2016 menyatakan Cheong bersalah atas pidana pembunuhan dan menjatuhkan vonis mati terhadapnya. Permohonan banding yang diajukan Cheong ke Pengadilan Banding ditolak pada Mei 2018.

(nvc/ita)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

12 Cara Nyeleneh Orang Hadapi Masalah, Bikin Gagal Paham

Liputan6.com, Jakarta – Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita menemui berbagai masalah atau hambatan dalam menjalani aktivitas, bukan? Oleh sebab itu, orang-orang berusaha mencari cara atau solusi untuk mengatasi hambatan yang mereka hadapi.

Namun cara yang dipilih bisa berbeda-beda, ada yang masuk diakal dan juga tidak. Seperti sejumlah orang ini misalnya, mengatasi masalah dengan cara nyeleneh yang malah bikin kita gak habis pikir.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini potret recehnya orang-orang saat cari solusi untuk mengahadapi masalah. Cara orang-orang ini jangan sampai ditiru kecuali untuk lucu-lucuan saja ya.

1. Bisa menghilangkan gerah ya?

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2 dari 12 halaman

2. Kedinginan? Ya pakai selimutlah

3 dari 12 halaman

3. Malah bikin rusak ponselnya

4 dari 12 halaman

4. Sebuah tutorial mengupas kulit durian

5 dari 12 halaman

5. Sambil menyelam, minum air

6 dari 12 halaman

6. Berisik banget nih

7 dari 12 halaman

7. Saking kepengen punya ayam

8 dari 12 halaman

8. Cara bikin pisang cepat matang

9 dari 12 halaman

9. Sampai tahun depan juga enggak bakal penuh

10 dari 12 halaman

10. Buang-buang tenaga saat banjir

11 dari 12 halaman

11. Airnya cuma cukup memadamkam api cemburu

12 dari 12 halaman

12. Ketika alat tulismu hilang