Pengertian Hukum Adalah dan Jenis-jenisnya yang Harus Dipelajari Biar Tak Salah Kaprah

Liputan6.com, Jakarta Sesuai dengan bunyi Pasal 1 ayat 3 UUD 1945 menyatakan bahwa Negara Indonesia adalah Negara Hukum. Hal ini sebagai bentuk penegasan yang bermakna bahwa segala aspek kehidupan dalam kemasyarakatan, kenegaraan dan pemerintahan Negara Indonesia harus senantiasa berdasarkan atas hukum yang berlaku.

Konsep negara hukum mengarah pada tujuan terciptanya kehidupan demokratis, dan terlindungi hak asasi manusia, serta kesejahteraan yang berkeadilan.

Sudah di jelaskan dalam Pancasila yang kelima berbunyi “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” berarti bahwa setiap orang Indonesia berhak mendapat perlakuan yang adil dalam bidang hukum, politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan. Pernyataan ini berhubungan langsung dengan norma hukum yang menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Namun apakah hukum itu? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, penjelasan mengenai pengertian hukum dan jenis-jenisnya, Selasa (15/1/2019).

2 dari 5 halaman

Hukum Adalah

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjeleskan Hukum adalah hu·kum/ peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah. Undang-undang, peraturan, dan sebagainya untuk mengatur pergaulan hidup masyarakat. Patokan (kaidah, ketentuan) mengenai peristiwa (alam dan sebagainya) yang tertentu; 4 keputusan (pertimbangan) yang ditetapkan oleh hakim (dalam pengadilan); vonis.

Sementara menurut Aristoteles, hukum adalah kumpulan peraturan yang tidak hanya mengikat masyarakat tetapi juga hakim. Undang-undang adalah sesuatu yang berbeda dari bentuk dan isi konstitusi. Karena kedudukan itulah undang-undang mengawasi hakim dalam melaksanakan jabatannya dalam menghukum orang-orang yang bersalah.

Indonesia adalah salah satu negara hukum yang semua warga negaranya wajib untuk mematuhi hukum yang berlaku. Ketaatan kepada peraturan dan hukum adalah sebuah konsep yang harus diwujudkan dalam diri setiap warga negara. Semakin seseorang itu taat hukum, maka bisa disimpulkan kalau tingkat kesadaran hukumnya juga tinggi.

Norma hukum adalah salah satu norma yang berdasar pada peraturan pemerintah setempat. Sanksi yang bisa ditimbulkan dari pelanggaran norma ini bersifat tegas, mengikat dan memaksa. Bisa disimpulkan kalau hukum adalah kumpulan norma dan sanksi untuk menjaga ketertiban dan keamanan bagi semua masyarakat. Bisa dibayangin kalau Indonesia nggak punya hukum yang mengikat warga negaranya, bakalan hancur negara ini.

3 dari 5 halaman

Pelanggaran Hukum

Sering kamu lihat di TV ada kasus pembunuhan, penculikan, perampokan dan yang lainnya. Perilaku itu termasuk hal yang melanggar hukum di Indonesia. Kegiatan-kegiatan itu sering kita sebut dengan nama pelanggaran hukum. Hukum adalah sesuatu yang harus dipatuhi namun saat ini, hampir setiap hari kita mendapat kabar, atau bahkan melihat sendiri pelanggaran hukum.

Pelanggaran hukum adalah tindakan seseorang atau sekelompok yang melanggar aturan dan nggak sesuai dengan hukum-hukum yang berlaku. Pelanggaran hukum adalah bentuk pembangkangan terhadap hukum yang berlaku. Pelanggaran hukum itu bisa terjadi karena dua hal, yaitu pelanggaran yang oleh si pelanggar sudah dianggap sebagai kebiasaan bahkan kebutuhan. Hukum dibuat dengan tujuan untuk mengatur masyarakat, bukan untuk dilanggar oleh masyarakat.

4 dari 5 halaman

Sanksi hukum bagi yang melanggar

Sanksi yang ditimbulkan dari norma hukum bersifat tegas dan nyata. Tegas suatu hukum adalah sudah ada sanksi dari aturan yang dilanggar yang dibuat dalam sebuah peraturan perundang-undangan. Menurut pasal 10 KUHP, ada 2 hukuman yaitu hukuman pokok dan tambahan. Hukuman pokok adalah hukuman yang sudah diputuskan dalam persidangan mulai dari hukuman mati, hukuman penjara seumur hidup atau penjara sementara.

Nyata hukum adalah aturan yang sudah ditetapkan untuk si pelaku ditetapkan jumlahnya. Dalam pasal 338 KUHP, disebutkan bahwa barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam, karena pembunuhan, dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun. Sanksi hukum diberikan oleh lembaga-lembaga peradilan yang berwenang, sedangkan sanksi sosial diberikan oleh masyarakat yang ada di sekitar si pelaku.

5 dari 5 halaman

Jenis jenis hukum di Indonesia

1. Hukum publik

Hukum Publik adalah peraturan hukum yang mengatur tentang hubungan hukum antara warga Negara dengan Negara yang menyangkut kepentingan umum. Hukum publik merupakan hukum yang mengatur masyarakat peraturan hukum atau yang mengatur hubungan antara Negara dengan alat kelengkapannya dan warga negararanya seperti hukum pidana.

Hukum Pidana adalah keseluruhan dari peraturan-peraturan yang menentukan perbuatan apa yang dilarang dan termasuk ke dalam tindak pidana, serta menentukan hukuman apa yang dapat dijatuhkan terhadap yang melakukannya. Fungsi hukum pidana umumnya yaitu mengatur hidup kemasyarakatan, meyelenggarakan tahta pada masyarakat.

2. Hukum Privat

Hukum Privat merupakan hubungan yang mengatur hubungan antara sesama manusia, antara satu orang dengan orang yang lainnya dengan menitik beratkan kepentingan perorangan. Hukum privat merupakan hukum yang mengatur tentang hubungan antara individu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Hukum privat meliputi hukum perdata.

Hukum perdata adalah ketentuan yang mengatur hak dan kepentingan antar individu dalam masyarakat. Dalam hukum ini, asas pokok otonomi warga negara merupakan milik dirinya sendiri jadi mereka berhak mempertahankan kehendak mereka sendiri.


Reporter: Heri Setiawan

Sepakat dengan Prabowo, Ekonom: Deindustrialisasi RI Makin Parah

Jakarta – Prabowo Subianto, Calon Presiden no urut 02 mengatakan bahwa Indonesia mengalami deindustrialisasi. Menurutnya, sektor industri Indonesia sedang mengalami penurunan.

Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira membenarkan hal tersebut. Menurutnya, memang benar kontribusi industri manufaktur terhadap PDB menurun.

“Iya betul sekali deindustrialisasi semakin parah. Share industri manufaktur (terhadap PDB) tercatat 19.66% pada kuartal III 2018, terus menurun secara signifikan. Bisa dikatakan terendah dalam 20 tahun terakhir yang pernah mencapai di atas 26%,” ungkap Bhima saat dihubungi detikFinance, Selasa (15/1/2019).

Menurut Bhima, indikator deindustrialisasi adalah kontribusi industri manufaktur terhadap PDB yang terus turun.

Kondisi ini menurut Bhima, juga berdampak pada penyerapan tenaga kerja di dunia industri. Dalam tiga tahun menurutnya, pertambahan tenaga kerja di sektor industri terus berkurang.

“Dampaknya ke serapan tenaga kerja terancam turun karena kontribusi industri sebesar 14,1% dari total serapan tenaga kerja. Dalam 3 tahun terakhir pun rataata tambahan penduduk bekerja di sektor industri hanya 489 ribu orang, turun dibanding periode 2010-2012 yang mencatatkan tambahan 758 ribu orang per tahunnya,” kata Bhima.

Bhima menambahkan, deindustrialisasi juga dapat mempengaruhi kontribusi pajak. Dia mengatakan pertumbuhan industri yang tidak optimal dapat menggerus penerimaan pajak.

“Efek berikutnya adalah 31% kontribusi pajak berasal dari industri pengolahan. Pertumbuhan industri pengolahan yang tidak optimal bisa menggerus basis pajak,” ungkap Bhima.

Seperti diketahui, sebelumnya Calon Presiden Prabowo Subianto menyebutkan bahwa Indonesia dalam kondisi deindustrialisasi pada pidato kenegaraannya semalam.

“Republik Rakyat Tiongkok berhasil menghilangkan kemiskinan dalam 40 tahun, menghilangkan kemiskinan. Vietnam bangkit, Thailand bangkit, Filipina bangkit, India bangkit tapi para pakar, Indonesia sedang terjadi deindustrialisasi,” kata dia dalam Pidato Kebangsaan dan Visi Misi Indonesia Menang di JCC Senayan Jakarta, Senin (14/1/2019). (zlf/zlf)

Es Krim Bisa Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Jakarta – Siapa yang tak suka es krim? Rasanya hampir semua oang suka dengan es krim. Pada umumnya es krim dingin dan menyegarkan, mengandung beberapa protein, kalsium, dan sejumlah besar lemak dan gula, dengan jumlah kalori yang tak sedikit.

Dilansir dari Livestrong, 11 Januari 2019, es krim menjadi salah satu makanan yang bisa membuat berat badan Anda bertambah kalau terlalu banyak dikonsumsi. Kebanyakan kalori ini berasal dari gula tambahan dan kandungan lemak yang tinggi.

Mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak secara teratur dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Dilansir dari Antara, 11 Jauari 2019, banyak orang ingin terus menerus mengonsumsi gula yang pada akhirnya menyulitkan mereka tetap berpegang pada diet sehat.

Jika Anda menyerah makan makanan manis dan tergoda makan es krim pada malam hari untuk memuaskan keinginan Anda, penumpukan lemak kemungkinan akan menjadi hasilnya.

Saat Anda ingin makan es krim pilihlah yang rendah lemak, bebas lemak, atau bebas gula, yang akan membantu memuaskan hasrat Anda akan sesuatu yang manis, tetapi dengan lebih sedikit kalori.

Sementara itu, para peneliti dari Institute of Preventive Medicine di Denmark, menemukan kalau kalsium dalam es krim mungkin memiliki efek melangsingkan karena mengikat asam lemak di saluran pencernaan. Hal ini mengakibatkan penurunan penyerapan lemak yang dapat menyebabkan penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jesse Lingard Tidak Kaget Melihat Perkembangan Marcus Rashford

Jakarta Marcus Rashford menunjukkan performa luar biasa di Manchester United. Penampilan Rashford semakin cemerlang sejak ditangani caretaker manajer, Ole Gunnar Solskjaer.

Teranyar, bomber berusia 21 tahun itu menjadi pahlawan kemenangan saat Setan Merah mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 pada pekan ke-22 Premier League, di Stadion Wembley, Minggu (13/1/2019). Gol yang dicetaknya ke gawang Hugo Lloris menggaransi tiga poin untuk Manchester United.

Gol ke gawang Tottenham merupakan yang keempat bagi Rashford dari lima laga sebagai starter pada era Solskjaer. Torehan gol itu menjadi bukti pesatnya perkembangan Rashford sejak dipecatnya Jose Mourinho, Desember lalu.

“Itu gol yang fantastis dari Rash. Dibutuhkan skill utuk mencetak gol dari sudut seperti itu, dengan kaki kanan dan menggunakan kaki bagian dalam,” kata Solskjaer memuji.

Gelandang Manchester United, Jesse Lingard, pun membuka rahasia di balik performa apik Rashford saat mengalahkan Tottenham. Lingard mengungkapkan rekan setimnya itu intens melatih penyelesaian akhir bersama Solskjaer di Dubai, Uni Emirat Arab.

Skuat Manchester United menggelar persiapan jelang laga kontra Tottenham selama empat hari di Dubai. Pemusatan latihan dalam waktu singkat itu terbukti memberikan hasil positif di markas The Lilywhites.

“Sepanjang sesi latihan di Dubai, dia berlatih penyelesaian akhir bersama manajer. Latihan itu membuat dia siap untuk laga besar dan momen seperti itu,” ucap Lingard.

Tambahan satu gol ke gawang Tottenham membuat Rashford telah mengoleksi delapan gol dari 26 laga di semua ajang yang diikuti Manchester United. Performa impresif Marcus Rahsford membuat striker asal Belgia, Romelu Lukaku, harus rela duduk di bangku cadangan.

Sumber: Standard

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Kasus Pengaturan Skor, Bendahara Umum PSSI Dicecar 27 Pertanyaan

Liputan6.com, Jakarta – Bendahara Umum (Bendum) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Berlinton Siahaan menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus pengaturan skor di Polda Metro Jaya. Berlinton hadir pada pukul 12.00 WIB dan menjalani pemeriksaan selama sembilan jam.

“Memang tadi mulainya sudah agak siang jam 12. Tetapi, kalau dilihat pemeriksaan saya selama sembilan jam. Pertanyaannya 27 pertanyaan. Tapi yang saya tegaskan kembali saya sebagai bendum PSSI membantu bapak-bapak kepolisian menuntaskan masalah ini. Pertanyaan tadi khususnya cara pengeluaran uang di PSSI,” kata dia usai diperiksa di lokasi, Senin (14/1/2019).

Berlinton mengaku menjelaskan ke polisi sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai bendahara yaitu mengelola.

“Saya jawab dengan tegas dan organisasinya seperti apa di keuangan dan menyangkut pihak lain juga ada. Saya tegaskan kepada pihak kepolisian apa yang bisa saya jawab,” sambung dia.

Dia mengatakan, PSSI akan semaksimal mungkin membantu polisi mengusut kasus pengaturan skor. Berlinton yang juga Direktur Liga Indonesia Baru (LIB) mengaku jika kasus ini berlarut-larut, maka akan berpengaruh dengan kompetisi di LIB.

“Jika tidak diselesaikan masalah ini akan berlarut dan mempengaruhi kompetisi, sponsor-sponsor akan melihat kita apakah ini dapat dilanjutkan atau tidak. Jadi saya sangat membantu, wakil saya juga sangat membantu memberikan keterangan dengan baik. Intinya kami sangat mendukung dengan apa yang telah dilakukan aparat kepolisian,” beber dia.

Meskipun demikian, Berlinton mengaku belum ada sponsor yang mundur dari kompetisi. Dia berharap, kasus pengaturan skor cepat selesai agar sponsor tidak mundur.

2 dari 3 halaman

5 Tersangka Baru

Tim Satgas Mafia Bola kembali menetapkan lima orang tersangka dalam kasus pengaturan skor. Hal ini disampaikan Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

“Penyidik sudah menetapkan tambahan lima tersangka,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin malam (14/1/2019).

Meskipun demikian, Argo masih merahasiakan siapa saja tersangka baru dalam kasus pengaturan skor tersebut.

“Nama-namanya belum bisa kami sampaikan untuk malam hari ini, pokoknya malam ini tambahan lima tersangka,” ujar Argo.


Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Satgas Mafia Bola Kembali Tetapkan 5 Tersangka Kasus Pengaturan Skor

Liputan6.com, Jakarta – Tim Satgas Mafia Bola kembali menetapkan lima orang tersangka dalam kasus pengaturan skor. Hal ini disampaikan Ketua Tim Media Satgas Antimafia Bola Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

“Penyidik sudah menetapkan tambahan lima tersangka,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin malam (14/1/2019).

Meskipun demikian, Argo masih merahasiakan siapa saja tersangka baru dalam kasus pengaturan skor tersebut.

“Nama-namanya belum bisa kami sampaikan untuk malam hari ini, pokoknya malam ini tambahan lima tersangka,” ujar Argo.

Sebelumnya, tim telah menetapkan sejumlah tersangka dalam kasus pengaturan skor mereka adalah mantan Ketua Asprov PSSI DIY Dwi Irianto alias Mbah Putih, anggota Komite Eksekutif PSSI Johar Lin Eng, mantan anggota Komisi Wasit PSSI Priyanto dan anaknya, Anik Yuni Artika Sari yang merupakan wasit futsal.

Dari kasus ini pula, muncul satu nama yakni Vigit Waluyo yang diduga sebagai otak pengaturan skor.

Satgas Antimafia Bola juga telah menetapkan seorang tersangka kasus pengaturan skor bernama Nurul Safarid alias NS.

Para pelaku dijerat dengan dugaan tindak pidana penipuan dan atau penggelapan dan atau tindak pidana suap dan atau tindak pidana pencucian uang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau UU No 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan atau Pasal 3, 4, 5, UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU.

2 dari 3 halaman

Belum Akan Dibekukan

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S Dewabroto menganggap belum perlu membekukan kembali Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Kendati skandal pengaturan skor di sepakbola Indonesia tengah menjadi sorotan publik.

“Kami pikir tidak perlu membekukan PSSI, karena sejauh ini tidak ada pelanggaran berat,” ujar Gatot usai diskusi bertajuk ‘Sepak Mafia Bola’ di Jakarta Pusat, Sabtu (5/1/2019).

Saat itu Kemenpora membekukan PSSI karena dianggap melakukan pelanggaran berat. PSSI juga tidak mengindahkan tiga surat peringatan yang dilayangkan Kemenpora terkait legalitas Arema dan Persebaya.

Pembekuan PSSI kala itu juga didasari alasan jadi sarang praktik perjudian dan skandal pengaturan skor. “Kali ini meski ada masalah akut dalam pengaturan skor, kami melihat PSSI ada upaya kooperatif bersama Satgas menuntaskan pengaturan skor ini,” tuturnya.


Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menhub: Bagasi Berbayar Bisa Selamatkan Keuangan Maskapai

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, aturan kargo atau bagasi berbayar yang kini diterapkan sejumlah maskapai penerbangan berbiaya rendah atau Low Cost Carrier (LCC) bisa menyelematkan keuangan pihak perseroan.

Dia mengatakan, kondisi industri penerbangan tengah menghadapi situasi yang dinilainya sulit. Selain itu, beberapa waktu lalu juga Indonesia National Air Carrier Association (INACA) baru saja memutuskan untuk menurunkan tarif tiket pesawat untuk rute domestik.

“Secara industri, memang ada usulan-usulan yang konstruktif sekaligus menjawab mengenai kargo. Pengurangan kargo itu dalam upaya agar tarif LCC bisa dipertahankan,” jelas dia di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Adapun per 8 Januari 2019, dua maskapai berbiaya rendah yakni Lion Air dan Wings Air resmi menghapus ketentuan layanan bagasi gratis (Free Baggage Allowance/FBA) bagi para penumpangnya. Dalam aturan tersebut, penumpang dibatasi barang bawaan maksimal seberat 7 kg ke dalam bagasi kabin, untuk selebihnya dikenai tarif tambahan.

Kebijakan serupa rencananya bakal diikuti oleh maskapai penerbangan LCC lain, Citilink, yang akan memberlakukan pengenaan tarif bagi penerbangan domestik.

Di sisi lain, seluruh maskapai nasional yang tergabung dalam INACA juga telah sepakat menurunkan harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik sejak Jumat, 11 Januari 2019. Penurunan tiket sendiri berkisar antara 20-60 persen.

Lebih lanjut, Budi Karya menyatakan, pengenaan tarif pada angkutan bagasi ini dapat memberi masukan biaya bagi maskapai LCC diluar harga tiket pesawat yang telah diturunkan.

“Nah ini untuk mensubsidi murahnya (tiket) mereka. Jadi kalau mereka bawa kargo, maka harus menanggung itu,” pungkas dia.

2 dari 3 halaman

Pengamat: Maskapai LCC Boleh Kenakan Biaya Bagasi

Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia akan memberlakukan ketentuan baru untuk penumpangnya yang hendak berpergian dengan membawa bagasi tercatat pada rute-rute penerbangan domestik.

Pengamat penerbangan, Alvin Lie mengatakan, maskapai LCC secara regulasi memang diperbolehkan untuk memberi biaya pada penyimpanan bagasi. Kata dia, hal ini juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub).

“Jadi begini, LCC itu dalam posisi yang rumit ya. Kenapa? Karena selama ini mereka mengandalkan biaya rendah, jual tiket murah. Di Indonesia ini juga diatur dalam Undang-Undang No 1 tahun 2009 ada batas atas yaitu harga maksimum yang dikomunikasikan antara pemerintah dengan pemangku kepentingan airlines,” ucap dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (12/1/2019). 


Dia menambahkan, batas tarif atas yang ditentukan khusus maskapai LCC itu sebesar 85 persen. Meski begitu, dia menjelaskan, sudah tiga tahun lamanya Permenhub mengenai tarif batas atas tidak direvisi.

Dia menuturkan, Permenhub Nomor 14 Tahun 2016 tentang mekanisme penentuan tarif batas atas angkutan udara perlu ditinjau kembali. Lantaran, fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sudah berbeda dibanding tiga tahun lalu.

“LCC ini hanya boleh mematok harga maksimal 85 persen dari batas atas yang ditentukan. Misal tiket JKT-Sby batas atas Rp 1 juta, untuk LCC itu maksimal Rp 850 ribu bagasi,” ujarnya.

“Sedangkan rupiah juga selama ini mengalami fluktuasi, sehingga avtur naik, parking fee naik, fasilitas-fasilitas di bandara juga naik signifikan termasuk biaya layanan navigasi yang mula Rp 2 ribu jadi Rp 7 ribu. Tentunya ini menjadi beban operasional untuk pihak maskapai sendiri ya,” ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Klasemen Liga Inggris Usai MU Pecundangi Tottenham

Liputan6.com, London – Manchester United (MU) melanjutkan tren positif mereka di kompetisi Liga Inggris setelah menundukkan tuan rumah Tottenham Hotspur dengan skor 1-0, Minggu (13/1/2019).

Marcus Rashford jadi pahlawan kemenangan Setan Merah dalam laga tersebut. Tambahan tiga poin ini membuat MU kian mendekat ke empat besar klasemen Liga Inggris.

MU sekarang menduduki peringkat keenam di klasemen sementara, tapi memiliki poin yang sama dengan Arsenal, yang berada di posisi kelima. MU terpaut enam poin dari Chelsea, yang menempati posisi keempat.

Kemenangan atas Spurs merupakan kemenangan kelima beruntun MU di kompetisi Liga Inggris sejak Ole Gunnar Solskjaer mengambil alih kursi pelatih, menggantikan Jose Mourinho.

Rentetan hasil positif tersebut semakin membuka peluang bagi Paul Pogba dan kawan-kawan finis empat besar sekaligus mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan.

2 dari 3 halaman

Liverpool di Puncak

Liverpool sendiri masih belum tergoyahkan di puncak klasemen sementara Liga Inggris. Manchester City yang berada di posisi kedua, baru memainkan matchday ke-22 pada dini hari nanti WIB.

Tottenham yang dipecundangi MU masih tetap menduduki peringkat ketiga. Spurs hanya memimpin satu poin atas Chelsea dan tertinggal sembilan poin dari The Reds.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris


FcTables.com

7 Trik Ampuh Bayar Uang Muka KPR

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu tantangan terbesar saat membeli rumah atau mengajukan KPR adalah membayar down payment (DP) atau uang muka. Di Indonesia, total DP yang harus dibayar adalah sekitar 5 persen hingga 25 persen dari harga rumah yang sebenarnya.

Semakin mahal rumah yang ingin dibeli, maka semakin besar DP yang harus dibayar. Tidak berhenti sampai disitu saja, setelah DP rumah lunas, Anda harus membayar cicilan setiap bulan yang jumlahnya tidak sedikit.

Pembayaran DP Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang mahal sering menyebabkan seseorang menunda keinginan untuk membeli rumah, mungkin termasuk Anda. Apalagi jika orang tersebut hanya berstatus sebagai karyawan biasa dengan gaji yang pas-pasan.

Satu hal yang pasti, nothing is impossible. Trik berikut ini akan membantu Anda untuk membayar DP rumah atau uang muka KPR dengan harga selangit, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tinggalkan Gaya Hidup yang Konsumtif

Kebiasaan hangout atau kongko bersama teman sebaiknya mulai dikurangi atau dihilangkan jika Anda ingin cepat-cepat mempunyai rumah. Selain menguras gaji bulanan, kebiasaan ini juga menyita banyak waktu.

Waktu luang yang harusnya bisa Anda gunakan untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan uang terpaksa harus terlewat begitu saja demi menikmati secangkir kopi bersama teman. Tidak hanya hangout, Anda juga harus belajar untuk menahan nafsu belanja saat berada di mall atau supermarket

Usahakan membawa catatan belanja agar barang yang dibeli sesuai dengan barang yang terdaftar di catatan tersebut. Cara ini cukup membantu dalam mengontrol pengeluaran Anda setiap bulan.

2 dari 4 halaman

2. Hitung Tabungan yang Terkumpul

Setelah sekian lama menabung, coba hitung jumlah tabungan yang sudah terkumpul. Apabila jumlahnya masih jauh dari jumlah yang dibutuhkan, jangan bersedih atau putus asa, melainkan tumbuhkan niat agar Anda semakin giat menabung.

Agar tabungan cepat terkumpul, sediakan amplop tabungan harian. Isi amplop tersebut sesuai nominal yang telah Anda tetapkan, misalnya Rp 20 ribu per hari atau lebih.

Tabungan harian ini sifatnya terpisah dari tabungan bulanan. Gunanya agar jumlah tabungan yang terkumpul dua kali lipat lebih besar dan lebih siap untuk segera bisa membayar DP KPR.

3. Cari Pemasukan Tambahan

Apabila gaji bulanan tidak memungkinkan Anda untuk menabung dalam jumlah besar, sebaiknya carilah pemasukan tambahan. Caranya dengan bekerja paruh waktu di tempat yang membuka lowongan kerja part time.

Uang yang didapatkan dari kerja paruh waktu akan sangat membantu kondisi keuangan Anda setiap bulan. Sayangnya, kerja part time di Indonesia tidak sebanyak yang ada di luar negeri.

Sebagai gantinya, Anda bisa menjalankan bisnis online atau bekerja sebagai penulis lepas yang mekanisme kerjanya sangat fleksibel.

3 dari 4 halaman

4. Jangan Tambah Utang atau Memberi Pinjaman ke Orang Lain

Jika ingin segera mempunyai rumah, sebaiknya hindari menambah utang agar sisa gaji Anda dapat ditabung secara utuh setiap bulan.

Pastikan pula riwayat utang dalam kondisi baik, artinya terhindar dari kredit macet. Sebab kreditur yang cicilannya pernah bermasalah dipastikan mengalami kesulitan saat ingin mengajukan pinjaman kepada bank.

Selain berutang, Anda juga harus berhenti meminjamkan uang kepada orang lain, termasuk teman sendiri. Sampaikan alasan kenapa Anda menolak permintaan mereka secara jujur agar mereka dapat memakluminya.

5. Jual Barang yang Tidak Terpakai

Punya barang yang tidak terpakai? Mengapa tidak menjualnya untuk menambah pundi-pundi tabungan? Anda bisa menjual barang bekas tersebut lewat online shop atau garage sale. Jumlah yang terkumpul pasti lumayan, apalagi kalau jumlah barang yang terjual cukup banyak.

Pastikan barang bekas yang akan dijual masih bagus agar barang tersebut cepat laku. Tetapkan harga jual yang sesuai dengan kualitas dan merek barang. Jangan sampai Anda menetapkan harga jual yang terlalu tinggi untuk barang yang sama sekali tidak mempunyai merek.

4 dari 4 halaman

6. Mengikuti Investasi Berjangka

Investasikan sebagian dari gaji Anda untuk membeli produk investasi yang ditawarkan oleh pasar, seperti reksadana, valuta asing (valas), dan emas. Tidak seperti deposito, ketiga investasi ini dapat Anda cairkan setiap kali diperlukan.

Untuk memaksimalkan nilai investasi, cari tahu tingkat profitabilitas produk investasi yang ingin dibeli. Jangan ragu untuk berinvestasi pada aset yang profitable karena keuntungan yang diperoleh dalam jangka waktu tertentu cukup besar.

7. Ikuti Acara Pameran Properti

Sekali-sekali, hadirilah pameran properti yang ada di kota tempat tinggal Anda. Hal ini membantu Anda untuk mencari tahu harga pasaran rumah dari berbagai tipe, sehingga Anda tahu jumlah uang yang harus disiapkan.

Harga sebuah rumah ditentukan oleh tipe, lokasi, dan fasilitas yang didapatkan. Apabila Anda menemukan rumah idaman, segera tanyakan harganya kepada developer yang bersangkutan. Tanyakan jumlah DP yang harus dibayarkan dan mekanisme cicilan setiap bulan.

Jangan Tunda untuk Memiliki Rumah

Apabila keinginan untuk membeli rumah sudah bulat, segera putuskan tipe rumah yang diinginkan agar Anda tahu jumlah DP yang harus disiapkan.

Jangan lupa lakukan trik-trik yang sudah dijelaskan di atas agar Anda semakin terbantu untuk mendapatkan rumah idaman. Semoga segera mempunya rumah idaman!

Jaringan Masyarakat Desa se-Jabar Selatan Siap Menangkan Jokowi

Liputan6.com, Garut – Sekitar 3.000 warga Kadungora, Garut, Jawa Barat yang tergabung dalam Relawan Kemenangan (Rekan) Desa, se-Jabar selatan, siap memenangkan pasangan Joko Widodo – KH Maruf Amin, pada Pilpres 17 April mendatang.

Koordinator Rekan Desa Jabar Selatan Hamzah Fauzi Nur Amin mengatakan, deklarasi dukungan pemenangan bagi Jokowi-Maruf, merupakan inisiatif warga yang diakomodasi tim pemenangan Jokowi-Maruf Amin.

“Intinya selain menang, kami ingin menyambut pemilu ini dengan ceria, bahagia, dan suka cita tanpa harus saling menjelekkan,” ujarnya, selepas deklarasi, Minggu (13/1/2019).

Di kawasan Situ (danau) Kole, Kaki Gunung Mandalawangi, Desa Mandalasari, Kadungora, Garut, ribuan masyarakat nampak ceria menggelar ragam kegiatan hiburan tradisional.

Sebut saja lintas air, panjat pinang, gebuk bantal, ngagogo ikan (menangkap ikan) di sungai, lomba menggambar tentang lingkungan, penyerahan ribuan bibit tanaman produktif seperti mangga, kelapa, kopi, hingga doorprise menarik.

“Mereka juga menyediakan makanan secara sukareala seperti ubi rebus, kacang, singkong. Bahkan ada masyarakat yang suka sama sosok pak Jokowi sampai sumbang domba buat lomba,” ujar dia.

Ia berharap dengan dukungan yang besar itu menjadi motivasi tambahan bagi pasangan Jokowi-Maruf Amin untuk kembali memimpin Indonesia lima tahun ke depan.

Nandar Sunarya, salah satu tokoh masyarakat Calincing Bumi, Desa Mandalasari, Kadungora, Garut mengatakan, deklarasi di luar gedung dan hotel berbintang merupakan bentuk kepedualian yang langsung diberikan masyarakat.

“Jujur, masyarakat berterima kasih atas capaian pak Jokowi-JK, makanya kami berharap pak Jokowi melanjutkan itu (pembangunan) berpasangan dengan Maruf Amin,” pinta dia.

Ia mencontohkan, program Dana Desa, kemudian Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), BPJS, yang ditujukan bagi masyarakat pra sejahtera, mampu memberikan peningkatan kesejahteraan bagi mereka.

“Coba lihat sekarang jalan di perkampungan di pelosok desa sudah dibeton, masyarakat merasakan dampak pembangunan yang dilakukan Jokowi-JK,” kata dia.

2 dari 3 halaman

Bukan Program Setingan

Ade (55), salah satu warga Kampung Calincing Bumi, Kadungora mengaku sosok Jokowi sangat dekat dengan masyarakat.

Mantan Walikota Solo itu, bahkan tanpa segan langsung menyapa warga dalam setiap kunjungannya kepada masyarakat. “Bagi rakyat kecil Jokowi adalah istimewa, tidak malu menyapa kami,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang langsung turun dan dekat masyarakat. Upaya itu dinilai mampu memahami keluhan dan persoalan yang dihadapi warga. “Yang lebih penting buat masyarakat desa aman dan sejahtera, tidak ada ancaman apapun,” kata dia.

Hal yang sama disampaikan Entin (52), warga Kadungora lainnya. Bagi dia, sosok Jokowi memberikan inspirasi buat masyarakat kecil untuk menggapai sukses. “Beliau kan anak masyarakat biasa bukan pejabat, jadi buat kami ya sosok pak Jokowi sangat merakyat,” ungkapnya.

Dengan pola blusukan yang langsung bertatap sapa dengan warga, Jokowi mampu memahani setiap keluahan yang dihadapi masyarakat di lapangan. “Jalan desa menjadi lebih baik, dulu mana ada jalan desa dibeton, semoga pak Jokowi kembali terpilih,” harap dia.

Namun meskipun demikian, ia pun tak sungkan memberikan masukan bagi pemerintah. Menurutnya, pemerintah Jokowi harus lebih teliti dalam menempatkan pejabatnya, terutama mereka yang akan mengatur dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya masyarakat bawah.

“Kan masih banyak oknum tuh, program pemerintahnya bagus, tapi kadang masih saja ada oknum, mohon ditindak, seperti pembuatan KTP yang masih lama,” pinta dia.

3 dari 3 halaman

Keceriaan Hiburan Rakyat

Di tengah euforia deklarasi dukungan pemenangan, pesta rakyat yang diselenggarakan Relawan Kemenangan (Rekan) Desa, se-Jabar selatan itu, cukup menghibur masyarakat.

Satu deret kursi panjang berisi makanan tradisional tersedia dengan gratis bagi warga. Uniknya, makanan itu merupakan pemberian dari masyarakat sekitar secara sukarela, untuk membantu pemenangan.

“Tanya saja sama warga tidak ada satu pun yang kami bayar (Makanan tradisonal), mereka ikhlas memberikan sebagai bentuk terima kasih bagi pemerintah,” ujar Hamzar.

Dengan kondisi itu, terlihat warga dengan antusias menyaksikan jalannya acara. Sesekali warga pun dengan senang menikmati santapan gratis yang disediakan, seperti ubi rebus, gemblong, cireng, pisang, jagung kacang, singkong rebus, termasuk makanan tradisional lainnya secara gratis.

Menggunakan area Situ (danau) Kole, Kaki Gunung Mandalawangi, Desa Mandalasari, Kadungora, Garut, seluas satu hektar. Ribuan masyarakat dari berbagai desa di Kecamatan Kadugora, serta perwakilan dari beberapa kota/kabupaten di wilayah Priangan Timur (Jabar Selatan), nampak ceria mengikuti jalannya kegiatan.

Sebut saja lintas air, panjat pohon pisang, gebuk bantal, ngagogo ikan (menangkap ikan) di sungai, yang digelar di area Situ langsung menjadi tontonan menarik warga.

Mereka nampak antusias memberikan dukungan, bahkan sorak sorai untuk memotivasi peserta lomba. “Buruan hadiahna loba (cepetan hadianya banyak),” ujar Udin, salah satu penonton meneriaki salah satu peserta lomba panjat pohon pisang.

Hal yang sama disampaikan Irma, salah satu peserta lomba yang ikut menemani anaknya, dalam perlombaan menggambar lingkungan sekitar. “Kebetulan saja anak saya mau, sekalian hiburan menyaksikan permainan tradisonal lainnya,” ujar dia.

Tidak hanya permainan tradisional, penyerahan ribuan bibit tanaman produktif seperti mangga, kelapa, kopi, hingga doorprise menarik yang diberikan secara cuma-cuma,  ikut menambah keceriaan suasana. “Lihat saja bagaimana aktifnya warga kami dalam memberikan dukungan bagi pak Jokowi,” kata Hamzah menambahkan.