Taman Ismail Marzuki akan Direvitalisasi, Bioskop Dihilangkan

JakartaPemprov DKI berencana melakukan revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) tahun depan. Banyak perubahan yang akan dibuat, salah satunya dengan menghilangkan Bioskop XXI untuk dikembalikan fungsinya sebagai gedung pertunjukan.

“Lihat masterplan, itu kan gambarnya memang mencapai sana. Jadi memang dulu kan tidak ada bioskop juga, jadi kan ingin dikembalikan fungsinya lah, ekosistemnya tetap berjalan untuk kesenian,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Asiantoro di TIM, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018).

Asiantoro mengatakan sudah berkoordinasi dengan penyewa gedung bioskop tersebut. Dia memastikan tidak ada masalah dalam menghilangkan bioskop tersebut.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya AsiantoroPlt Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Asiantoro (Foto: Muhammad Fida/detikcom)

“Ya kan dia sebagai penyewa, itu kan punya kita, kenapa jadi masalah, nggak ada masalah kan. Yang jelas itu dipakai gedung panjang nanti tuh untuk mengakomodir semua aktivitas di sini,” paparnya.
Asiantoro mengatakan revitalisasi TIM direncanakan dibangun dalam dua tahap melalui BUMD Jakarta Propertindo. Tahap pertama tahun 2019 akan menghabiskan biaya sekitar Rp 500 miliar, sementara tahun berikutnya menelan biaya Rp 1,3 miliar.

“Ya nanti dua tahun,” sebutnya.

Dia menjamin nantinya TIM akan terbuka bagi seniman. Nantinya akan ada tim gubernur yang melakukan kurasi untuk menyeleksi seniman yang akan berpartisipasi di TIM.

“Nanti kan ada tim kurator. Jadi perlu tahu, yang tampil ini masyarakat boleh. Tapi dikurasi loh, jadi nggak juga semua tampil seadanya, nggak boleh,” jelasnya.
(fdu/jbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *