Cadangan Migas RI Disebut akan Habis 20 Tahun Lagi, Kok Bisa?

Jakarta – Peneliti ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Berly Martawardaya mengatakan bahwa cadangan minyak dan gas (migas) milik Indonesia akan habis dalam 20 tahun lagi. Kok bisa?

Menurut Berly hal itu dikarenakan tren konsumsi yang di setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal itu berbanding lurus dengan penambahan jumlah kendaraan di setiap tahunnya.

“Dengan cadangan yang ada dan tren konsumsi di masa mendatang itu juga kurang dari 20 tahun akan habis,” kata dia dalam diskusi media di Tjikini Lima, Kamis (21/3/2019).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan langkah mencegah habisnya produksi migas dalam negeri, yakni dengan meningkatkan produksi energi baru terbarukan (EBT), hingga impor. Dengan begitu, kebutuhan dalam negeri terus terjaga.
“Opsinya itu meningkatkan produksi, produksi EBT-nya atau punya duit banyak dari sektor lain untuk impor. Sebab konsumsi sulit ditekan,” terang dia.

Selain itu, ia juga menyinggung soal RUU Migas agar segera diselesaikan. Dengan begitu harapannya investasi di sektor migas bisa meningkat dan mendorong produksi dalam negeri.

“Nggak ada cara lain, migas digenjot, sistem diperkuat untuk investasi baik dari UU migas dan dorong EBT migas nggak cukup,” tutup dia.

(fdl/fdl)

Bilik Cinta Suami Inneke Koesherawati Berujung 3,5 Tahun Bui

BandungFahmi Darmawansyah divonis oleh Majelis Hakim Pendadilan Tipikor Bandung hukuman penjara 3,5 tahun dan denda Rp 100 juta subsider 4 bulan penjara. Ia terbukti melakukan suap terhadap eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

Kasus yang menimpa suami Inneke Koesherawati itu bermula dari OTT KPK terhadap Wahid Husen saat menjabat sebagai Kalapas Sukamiskin. Selain Wahid, Fahmi yang merupakan napi Lapas Sukamiskin dalam kasus suap Bakamla bersama dua orang lainnya juga diamankan oleh KPK. OTT tersebut dilakukan pada Sabtu 21 Juli 2018 lalu.

Belakangan terungkap jika Fahmi telah memberikan sebuah mobil Mitsubishi Triton 4×4, sejumlah barang dan uang kepada Wahid selama menjadi warga binaan. Bahkan sel mewah yang dihuni Fahmi dihargai Rp 700 juta. Tak kalah mengagetkan, Fahmi juga disebut-sebut memiliki fasilitas berupa bilik cinta yang digunakan sebagai tempat berhubungan suami istri.

Bilik cinta tersebut awalnya sebuah toilet umum yang biasa digunakan untuk tamu atau orang besuk. Belakangan, ruangan itu disulap menjadi kamar dengan fasilitas kasur dan kipas angin. Bukan hanya digunakan Fahmi dan Inneke, bilik tersebut juga disewakan seharga Rp 650 ribu kepada napi lain untuk satu kali ‘cek in’.
Bermula dari itu, praktik fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin pun mulai terbongkar. Bahkan beberapa napi seperti Setya Novanto dan Nazaruddin diduga menggunakan sel asli tapi palsu selama mendekam di lapas khusus napi tipikor itu.

Selain fasilitas mewah, selama menjabat, Wahid juga memberi keleluasaan bagi para napi untuk keluar masuk. Dua napi tipikor yakni Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan dan Fuad Amin menggunakan kemudahan itu. Bahkan Wawan pernah pelesiran dengan menginap di hotel bersama wanita lain yang bukan Airin Rachmi Diany, istrinya.

Selama menjalani persidangan Fahmi terlihat kooperatif. Ia membeberkan semua hal yang selama ini dialaminya. Bapak dua anak ini pun mengakui segala perbuatannya, termasuk melakukan suap terhadap Wahid Husen.

Jaksa dari KPK menilai Fahmi telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sesuai dakwaan primer Pasal 5 ayat (1) huruf b UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana Jo Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

“Menuntut dan meminta majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama 5 tahun dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan penjara,” ujar jaksa KPK saat sidang tuntutan Rabu 20 Februari lalu.

Puncaknya, dalam sidang vonis yang digelar pada Rabu 20 Maret kemarin, majelis hakim menilai perbuatan Fahmi bertentangan dengan program pemerintah untuk memberantas korupsi. Selain itu Fahmi telah melakukan perbuatan serupa, yakni suap untuk kedua kalinya.

Meski begitu, hakim menyebut Fahmi telah mengakui segala perbuatannya, berlaku sopan selama persidangan dan masih memiliki tanggungan istri juga dua anak yang masih sekolah. Sehingga diputuskan hukuman tersebut berkurang dari tuntutan jaksa.

“Menjatuhi hukuman penjara 3 tahun 6 bulan dan denda Rp 100 juta subsider 4 bulan penjara,” ujar hakim.

Inneke Koesherawati yang hadir dalam persidangan terlihat pasrah. Ia menyatakan vonis yang dijatuhkan adalah keputusan yang terbaik dari Allah. Ia pun mengaku akan selalu setia menunggu suaminya keluar dari penjara.

Sepertinya Inneke harus menunggu lebih lama, sebab selain harus menjalani vonis kasus suap kalapas Sukamiskin, masa tahanan dari kasus sebelumnya yaitu suap satelit Bakamla. Fahmi divonis 2 tahun 8 bulan pada Juni 2017 lalu.

Saksikan juga video ‘Tok! Suami Inneke Divonis 3,5 Tahun Penjara’:

[Gambas:Video 20detik]

(tro/ern)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ternyata Yogurt Prancis Dibuat di Tasikmalaya Sejak 23 Tahun Lalu

Tasikmalaya – Seorang warga keturunan Prancis membuat France Yoghurt yang telah dibuat sejak 23 tahun lalu. Berbekal pengetahuan makanan Prancis, Yodi Tresna memulai produksi penjualan pertamanya pada tahun 2000 di Tasikmalaya.

Yodi mengklaim bahwa France Yoghurt buatannya merupakan satu-satunya di Indonesia. Apalagi orang pertama yang membuat whey protein untuk minuman adalah ia sendiri. Rata-rata yogurt di negeri ini memiliki khas masing-masing atau paling tidak memproduksi Greek Yoghurt.

Setelah mendapatkan lisensi dari Departemen Kesehatan, yogurt ala Prancis ini diberi nama Yaourt. Penganan yang dibuat homemade tetap berjaya sampai saat ini di Kota Bandung.

“Kita buat homemade industri. Produksi diatur masih pakai alat tradisional,” katanya, Senin (18/3/2019).

Yoghurt ala Prancis ini sangat berbeda dari yogurt biasa yang warga Indonesia santap. Ia menilai yogurt Indonesia cenderung cair, tidak mengandung bakteri hidup, dan menggunakan gula.

Sedangkan yogurt ala Prancis cenderung seperti puding, memakai bakteri hidup, rendah gula, dibuat dari bahan organik, dan lebih baik untuk kesehatan.

“Saya enggak tahu teknik mereka (pembuat yogurt Indonesia), bakteri yang dipakai, gula juga berpengaruh terhadap rasa,” paparnya.

Yogurt ala Prancis ini memiliki tekstur kental di tempat. Seperti puding tetapi tidak ada jeli di dalamnya, sedangkan Greek Yoghurt cenderung lebih creamy.

Selain membuat French Yoghurt, Yaourt juga memproduksi Greek Yoghurt, Curd Cheese, Drink Yoghurt, Lassi, dan Lacto Natural Whey Protein. Berbagai yogurtnya juga mempunyai aneka rasa seperti mangga, blue berry, dan strawberry.

Untuk ketahanan, yogurt ala Prancis bisa tahan 3 minggu, sedangkan Greek yoghurt hanya 12 hari.

“Sudah 23 tahun kami produksi, sampai sekarang enggak pernah berhenti. Dari dulu orang suka,” ujarnya.

Buktinya, Yourt bisa menjual 20 ribu buah yogurt setiap bulannya. Produknya pun telah dijual di beberapa supermarket dan destinasi wisata di Bandung.

“Kami produksi di Ciumbuleuit,” kata Yodi.

Yaourt dapat dibeli di beberapa gerai dan secara daring. Ia membanderol satu cup french yogurt 150 ml dengan harga Rp 8.000,- sedangkan Greek Yoghurt Rp 12.000,-.

Simak video pilihan berikut:

Simak video menarik di bawah:

DRGN-1: Rahasia Jutaan Tahun ‘Kesaktian’ Komodo

Labuan Bajo – Gigitan komodo memang mematikan. Namun reptil purba ini menyimpan senyawa luar biasa yang terkandung dalam darahnya. Senyawa itu diduga membuat ‘Sang Naga’ sukses melewati jutaan tahun tanpa punah seperti banyak saudara dinosaurusnya.

Senyawa itu disebut DRGN-1, tersimpan dalam darah komodo. Peneliti dari Amerika Serikat yang tak pernah menginjakkan kaki di Pulau Komodo berhasil mengambil ‘kesaktian’ dari darah Sang Naga, julukan untuk reptil langka ini yang sudah ada di bumi sekitar 4 juta tahun lalu.

Penemunya adalah Barney M Bishop dan kawan-kawan, para ahli kimia dari Universitas George Mason, Amerika Serikat. Mereka mulai menemukan keunikan darah komodo mulai 2013 lampau. Bishop tak pernah melihat komodo di alam liar dan dia sadar sepertinya tak akan ke Pulau Komodo karena butuh biaya banyak untuk mencapai pulau di Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur itu. Bishop mendapatkan darah itu dari seekor komodo yang dipelihara di Peternakan Aligator Taman Zoologi St Augustine, Florida. Komodo itu bernama Tujah. Setitik darah dia ambil dari ekor Tujah sejak 2012.

Dilansir BBC, air liur komodo membawa sekitar 80 jenis bakteri, termasuk beberapa jenis yang bisa mengakibatkan keracunan darah lewat luka gigitan komodo. Bakteri itu juga bisa membuat manusia mati setelah digigit komodo. Namun komodo sendiri tidak teracuni oleh bakteri-bakteri itu, mereka kebal terhadapnya, bahkan saat digigit oleh komodo lainnya.

Rekan sepenelitian Bishop, yakni Monique van Hoek, menemukan senyawa yang disebut sebagai DRGN-1. Senyawa itu terkandung dalam darah sang naga. DRGN-1 adalah rahasia kenapa komodo tidak keracunan oleh bakterinya sendiri, meski mangsanya mati dan menjadi bekal bertahan hidup si reptil dari zaman ke zaman.

DRGN-1: Rahasia Jutaan Tahun 'Kesaktian' KomodoFoto: Barney M Bishop dari George Mason University, AS (Dok situs GMU)

DRGN-1 bekerja dengan baik pada luka tikus laboratorium, padahal luka tikus itu telah diolesi bakteri super (superbugs), terdiri dari pseudomonas aeruginosa adan staphlyococcus aureus yang punya reputasi buruk sulit untuk ditangani. DRGN-1 ternyata mampu menyembuhkan luka di tikus itu dengan lebih cepat. Para peneliti membuka kemungkinan DRGN-1 juga bisa berguna sebagai antimikroba untuk tubuh manusia.

Dilansir dari situs resmi George Mason University, proyek penelitian ini didanai USD 7,57 juta oleh lembaga Departemen Pertahanan Amerika Serikat bernama Agensi Pengendalian Ancaman Pertahanan (DTRA). Bila dihitung dengan nilai tukar saat ini, dana itu sekitar Rp 99 miliar. Penelitian ini dimaksudkan untuk membantu para tentara agar cepat sembuh dari luka akibat senjata biologis.

DRGN-1 punya kemampuan menghancurkan biofilm (kumpulan sel mikroorganisme) yang melindungi bakteri. Setelah menghancurkan sistem pertahanan bakteri itu, DRGN-1 membunuh bakteri dan mendorong sel pasien yang terluka untuk cepat pulih. Namun penelitian ini masih perlu dilanjutkan ke arah pengembangan obat untuk hewan, barulah kemudian bisa dikembangkan ke arah produk untuk manusia.

Bagaimana mengambil DRGN-1 dari darah komodo?

DRGN-1 memang terkandung dalam darah komodo. Namun cara mendapatkan DRGN-1 bukan hanya dengan mengambil darah komodo saja, apalagi meminumnya, jelas tidak semudah itu. Cara mendapatkan zat pembunuh bakteri itu cukup rumit.

“Sintesis peptida DRGN-1 ini bukan peptida alami dari naga Komodo, namun peptida itu adalah hasil pengubahan supaya potensi dan kestabilannya lebih kuat,” kata van Hoek.

DRGN-1: Rahasia Jutaan Tahun 'Kesaktian' KomodoFoto: Komodo di Pulau Rinca. (Moch Prima Fauzi/detikcom)

Pertama-tama, plasma darah diambil dari komodo. Peneliti kemudian mendapatkan satu protein kecil dari darah komodo bernama VK25. Setelah berhasil mendapatkan VK25, para peneliti membalik susunan asam amino pada N-terminal dalam VK25 itu. Barulah setelah itu mereka mendapatkan DRGN-1.

“Hasil studi ini adalah peptida (protein kecil) turunan histon (protein yang larut dalam air) berperan lebih besar terhadap imunitas bawaan naga Komodo (Komodo dragon) ketimbang dugaan sebelumnya,” demikian kesimpulan Barney M Bishop dkk dalam penelitian yang diterbitkan Jurnal Proteome Research, tahun 2017.

Obat gigitan komodo?

Gigitan komodo sendiri adalah horor bagi manusia, meski penduduk asli Pulau Komodo relatif jarang mengalami kasus gigitan komodo. Air liur komodo dipercaya sebagai sumber mautnya. Selain itu, komodo juga punya kelenjar bisa.

Dilansir ABC dari berita 9 Agustus 2017, bisa komodo ini mengandung zat anti penggumpalan darah. Associate Professor dari Universitas Queensland, Bryan Fry, memeras bisa komodo dengan cara membiarkan komodo itu menggigit tabung karet.

Liur berbakteri plus bisa komodo itulah yang menjadi senjata komodo. Soal obat gigitan komodo, belum ada yang berani mengklaim mempunyainya. Hasil penelitian dari Universitas George Mason di atas menjadi kabar yang cukup menggembirakan meski tidak langsung dikatakan itu bisa menyembuhkan gigitan komodo.

Kasmir Wan (37), warga Taman Nasional Komodo yang menjadi pemandu wisatawan (natural guide/ranger) di Loh Buaya menceritakan kepada detikcom, Senin (25/2/2019), rekan kerjanya pernah digigit komodo dan dilarikan ke rumah sakit di Bali. Selama dua pekan dirawat di rumah sakit, rekannya tidak menunjukkan tanda membaik.

“Kemudian salah satu orang tua di Pulau Komodo menyarankan agar rekan kami meminum air pelepah gebang yang ditumbuk. Teman kami meminumnya, dan dia mengatakan langsung segar dari kepala sampai kaki,” kata Kasmir.

Belum ada penelitian bahwa gebang (Corypha utan) mengandung zat yang bisa menyembuhkan gigitan komodo. Yang jelas, gebang merupakan makanan umum anggota Suku Komodo pada zaman dulu. Saat ini gebang mulai ditinggalkan sebagai makanan karena pengolahannya yang repot dan pohon gebang di kawasan Taman Nasional juga tidak boleh ditebang.

DRGN-1: Rahasia Jutaan Tahun 'Kesaktian' KomodoFoto: (CNN Travel)

Kasus gigitan komodo terhadap penduduk kampung cukup jarang meski pernah terjadi. Serangan mematikan pernah terjadi pada 2008. Peristiwa itu menjadi duka Jemaing (38) karena anak bungsunya yang masih kecil harus meninggal dunia setelah diserang komodo. Dia meminta agar Desa Komodo dipagari supaya komodo tidak masuk ke permukiman warga. Selama ini, komodo juga sering menyerang kambing dan ayam warga.

Selain Jemaing, ada pula Heri (29) yang saya temui di Desa Komodo. Dia memperlihatkan jejak serangan komodo di tangannya, berupa bekas luka sepanjang 15 cm di tangannya. Serangan terjadi pada 2001 saat dia masih kelas 3 SD. Beruntung, dia tak digigit, luka itu didapat dari cakaran komodo.

Baca berita lainnya mengenai Teras BRI Kapal Bahtera Seva di Ekspedisi Bahtera Seva.

(dnu/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Rintangi Penyidikan, Lucas Divonis 7 Tahun Penjara

Lucas langsung menyatakan banding usai dijatuhi vonis 7 tahun penjara. Ia merasa vonis hakim tidak adil karena tidak ada bukti perbuatannya merintangi penyidikan KPK.

“Satu hari pun saya menyatakan banding. Tidak ada pertimbangan sama sekali menyangkut bukti dan fakta persidangan,” ujar Lucas.

Kasus Lucas berawal saat Eddy ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada tanggal 21 November 2016 atas dugaan memberi suap kepada Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Edy Nasution, terkait penanganan perkara yang melibatkan anak perusahaan Lippo Group. Pasca penetapan tersangka, Eddy tak kunjung penuhi panggilan KPK untuk menjalani pemeriksaan.

Mengetahui hal tersebut, Lucas yang memiliki hubungan baik dengan Eddy menyarankan agar keluar dari Indonesia selama 12 tahun, sehingga kasus tersebut kedaluarsa. Lucas juga berperan aktif mengurus pelarian Eddy ke luar negeri dengan menggunakan paspor palsu.

Ia memberikan saran kepada Eddy Sindoro agar lepas status warga negara Indonesia dan memilih menjadi warga Amerika Latin atau Virgin Island. Meski pada saat itu Eddy Sindoro ingin pulang ke Indonesia untuk menghadapi kasusnya.

Eddy Sindoro kemudian berhasil keluar Indonesia menuju Bangkok, Thailand, tanpa ada pemeriksaan imigrasi setelah Lucas terlebih dahulu berkoordinasi dengan seseorang bernama Dina Soraya dan petugas Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Lucas juga memberikan imbalan berupa uang SGD 4000 dan Rp 50 juta kepada pihak-pihak yang turut membantu atas kepergian Eddy ke luar negeri.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Suami Divonis 3,5 Tahun, Inneke Koesherawati: Terbaik dari Allah

Bandung – Meski tak menyangka suaminya divonis 3,5 tahun, Inneke Koesherawati menganggap ini yang terbaik. Selama persidangan, Inneke terlihat tenang. Ia datang memberikan semangat bagi suaminya Fahmi Darmawansyah yang terjerat kasus suap eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

“Enggak nyangka. Tapi saya sering bilang sama suami, apapun yang diputuskan ini yang terbaik dari Allah,” ujar Inneke usai mendampingi suaminya di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabi (20/3/2019).

Putusan ini jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntut Fahmi lima tahun penjara.

Ia pun mengaku akan sabar menunggu suaminya hingga benar-benar bebas dari Lapas Sukamiskin. “Jadi apapun tetap kita jalani, hadapi. Jadi sabar saja,” katanya.
Hal sama dikatakan Fahmi yang duduk di samping Inneke. Ia menyatakan menerima segala konsekuensi dari apa yang diperbuatnya. Meski pun ia sempat berpikir jika suap yang dilakukannya tidak bertentangan dengan hukum.

“Tapi karena kita orang yang beriman, orang punya agama, punya tuhan, semua ini tanpa izin tuhan tidak akan terjadi. Jadi saya selalu berprasangka baik pada Allah. Semoga ini jadi amalan baik untuk saya, buat menghadapi ujian,” ujar Fahmi.

Pantauan detikcom selama persidangan Inneke terlihat tenang melihat suaminya duduk di bangku pesakitan. Keduanya kompak datang menggunakan pakaian hitam untuk menghadapi sidang vonis yang digelar di Ruang Sidang VI Pengadilan Tipikor Bandung itu.
(tro/ern)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

BEI Tunda Aturan Saham Gocap Tahun Ini

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi berharap, pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) tak terganggu jelang hajatan pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres).

Selain itu, kegiatan pemilihan umum (Pemilu) legislatif pada periode yang sama juga diharapkan tak berdampak pada pola gerak IHSG.

“Dalam waktu dekat ada Pilpres, tetapi saya katakan 3 Pemilu sebelumnya bahwasanya korelasinya tidak terlalu banyak jadi harapannya korelasinya pun tahun ini tidak banyak terhadap indeks kita yakni ihsg,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Dia menambahkan, tantangan sentimen global juga akan terus diamati perubahannya oleh perusahaan. Itu seperti ketidakpastian Brexit maupun perang dagang Amerika-China.

Oleh karena itu, pihaknya menekankan akan berusaha semaksimal mungkin menjaga daya saing pasar modal Indonesia untuk tetap kompetitif.

“Memang tantangan global ini ada kebijakan the fed dan kebijakan bank sentral dunia. Kemudian ketegangan dagang Amerika-China. Lalu proyeksi perlambatan ekonomi global. Serta volatilitas daripada harga minyak dunia,” ujarnya.

“Tetapi kami akan tetap berupaya jadi penyelenggara efek perdagangan efek yang terpercaya. Visi misi dan core value terus kita kedepankan seperti menjadi bursa kompetitif dengan kredibilitas tingkat dunia,” dia menambahkan.

Pertama di Indonesia, AC Gree Berikan Garansi Servis dan Kompresor Hingga 10 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik bagi masyarakat Indonesia yang tengah mencari Air Conditioner (AC) baru untuk hunian rumah, apartemen maupun kebutuhan korporasi. Gree Indonesia meluncurkan program menguntungkan bagi Anda dan perusahaan yang membeli AC Gree selama periode 20 Maret – 30 Juni 2019.

Program layanan purnajual bernama Platinum Warranty membuat konsumen bebas khawatir karena Gree Indonesia memberi jaminan kepada Anda untuk mendapatkan perpanjangan masa garansi AC yang dimilikinya hingga 10 tahun. 

Baik jaminan masa servis, hingga jaminan komponen penting pada AC, yaitu kompresor. Tidak tanggung-tanggung, nilai garansi servis yang diberikan dalam program ini setara dengan Rp1.599.000.

Peluncuran program Platinum Warranty diumumkan bersamaan dengan penandatanganan kerja sama strategis PT Gree Electric Indonesia Appliances (Gree Indonesia) dengan Asosiasi Praktisi Pendingin dan Tata Udara (APITU) Indonesia yang digelar pada hari Selasa 19 Maret 2019 bertempat di Mawar Ballroom, Balai Kartini, Jakarta.

Sebelum program Platinum Warranty hadir, konsumen yang membeli AC Gree hanya diberikan garansi 1 tahun ganti baru, garansi servis 3 tahun, dan garansi kompresor 5 tahun. Dengan mengikuti program Platinum Warranty, maka konsumen akan mendapatkan perpanjangan garansi servis menjadi 5 tahun dan garansi kompresor menjadi 10 tahun. Garansi 1 tahun ganti baru tetap didapatkan.

“Program perpanjangan garansi ini membuktikan kualitas dari produk Gree. Semakin panjang jaminannya artinya produk Gree minim masalah, tahan lama, dan awet untuk pemakaian jangka panjang,” ucap Will Wen, Vice President PT Gree Electric Appliances Indonesia.

Untuk pemasangan dan servis unit-unit AC Gree ini, pihak Gree Indonesia juga bekerja sama dengan para praktisi di APITU yang tersebar di 24 daerah dan 198 cabang di seluruh Indonesia.

Pendaftaran tanpa biaya alias gratis

Lantas, siapa saja yang bisa mendapatkan Platinum Warranty ini? Jawabannya adalah Anda yang membeli AC Gree selama periode program berlangsung, yaitu 20 Maret – 30 Juni 2019. Cakupan produk yang akan mendapatkan keuntungan program ini pun cukup luas.

Yaitu semua produk Gree jenis RAC (Residential Air Conditioning) atau AC yang banyak digunakan untuk keperluan rumahan atau kantor. Di tambah semua produk Gree jenis LCAC (Light Commercial AC) atau jenis AC yang biasanya dipakai untuk kebutuhan bisnis. Termasuk didalamnya AC jenis floor standing, duct, dan AC elevator.

Setelah melakukan pembelian langsung, maka Anda akan diberikan kartu Platinum Warranty oleh penjualnya. Namun jika Anda membelinya secara online melalui marketplace, cara mendapatkan kartu tersebut berbeda.

Anda akan diminta untuk menghubungi Gree Indonesia dan mengirimkan bukti pembelian. Selanjutnya Gree akan mengirimkan kartu Platinum Warranty sesuai alamat yang diinformasikan. Paling penting, program perpanjangan garansi ini bisa didapatkan oleh Anda tanpa dipungut biaya sama sekali alias gratis!

“Perpanjangan garansi 5+10 tahun menjawab kebutuhan pelanggan dengan memberikan jaminan bebas khawatir dalam jangka panjang tanpa biaya. Pelanggan juga lebih dimanjakan dengan layanan servis langsung ke rumah oleh teknisi ahli Gree Indonesia,” tambah Will Wen. 

Perlu aktivasi melalui microsite

Kartu Platinum Warranty tidak secara otomatis berlaku sebelum Anda melakukan aktivasi. Prosesnya tidak sulit, karena Anda bisa melakukan pendaftaran di mana saja karena aktivasi dilakukan online melalui microsites khusus.

Caranya adalah dengan memindai (scan) barcode yang ada di kartu Platinum Warranty. Hasil pindai akan mengarahkan Anda menuju microsite pendaftaran. Di microsite tersebut Anda wajib mengisi data sesuai dengan kartu perpanjangan garansi dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan. 

Tonton video tutorial dan cara daftar Platinum Warranty.

Kesempatan lucky draw  

Keuntungan yang didapatkan ketika mengikuti program ini tidak hanya mendapatkan garansi produk yang lebih panjang dan bebas khawatir. Karena setelah mendapatkan bukti pendaftaran yang dilakukan di microsite, Anda lebih dimanjakan lagi untuk miliki kesempatan mendapatkan lucky draw berhadiah AC Gree F1, Air Cooler, dan Mist Fan.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Gree http://www.gree.id Facebook Gree Indonesia dan Twitter @greeindonesia.

Hakim Vonis Suami Inneke Koesherawati 3,5 Tahun Penjara

Bandung – Majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung menjatuhkan hukuman penjara 3,5 tahun terhadap suami Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawansyah, dalam kasus suap pada eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husein.

Dalam sidang vonis yang digelar di Ruang Sidang VI, majelis hakim menilai Fahmi telah secara sah dan meyakinkan melakukan suap terhadap Wahid Husein untuk mendapat sejumlah fasilitas selama ditahan di dalam lapas.

“Dalam persidangan dapat dibuktikan terdakwa memberikan sesuatu pada Wahid Husein berupa mobil dan sejumlah barang lainnya,” ujar hakim sat membacakan vonis, Rabu (20/3/2019).

Hakim menegaskan Fahmi telah terbukti melakukan perbuatan melawan hukum sesuai dakwaan primer Pasal 5 ayat (1) huruf b UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana jo Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

“Menjatuhi hukuman penjara 3 tahun 6 bulan dan denda Rp 100 juta subsider 4 bulan penjara,” katanya.

Vonis tersebut dijatuhkan dengan pertimbangan memberatkan karena Fahmi telah bertentangan dengan program pemerintah memberantas tindak pidana korupsi dan telah mengulangi perbuatannya.

Sementara hal yang membuat hukuman berkurang karena majelis hakim menilai Fahmi berlaku sopan selama sidang dan memiliki tanggungan keluarga istri juga dua anak yang masih sekolah.

Sebelumnya jaksa KPK menuntut Fahmi dengan pidana penjara 5 tahun dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan penjara. Fahmi dianggap telah terbukti melanggar dakwan primer.

Saat menjalani persidangan ini, Fahmi yang merupakan terpidana kasus suap pejabat Bakamla, tengah menjalani vonisnya 2 tahun 8 bulan. Ia ditahan sejak Juni 2018.

Dengan vonis baru ini, masa tahanan Fahmi di Lapas Sukamiskin otomatis makin panjang.

Saksikan juga video ‘Perjuangan Inneke Koesherawati Urus Rumah Tangga Tanpa Suami’:

[Gambas:Video 20detik]

(tro/ern)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

30 Tahun Berkuasa, Presiden Kazakhstan Akhirnya Mengundurkan Diri

30 Tahun Berkuasa, Presiden Kazakhstan Akhirnya Mengundurkan Diri Nursultan Nazarbayev (Kazakh Presidential Press Service/Handout via REUTERS)

Astana – Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev, mengundurkan diri setelah berkuasa selama tiga dekade terakhir. Pengunduran diri Nazarbayev ini tidak diharapkan sebelumnya.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (20/3/2019), Nazarbayev yang banyak dipanggil sebagai ‘Papa’ oleh banyak warga Kazakhstan ini memimpin negara kaya minyak dan gas itu sejak tahun 1989 silam, saat Kazakhstan masih menjadi bagian Uni Soviet. Nazarbayev yang kini berusia 78 tahun sebelumnya pernah menjadi buruh pabrik baja.

Oleh parlemen Kazakhstan, Nazarbayev yang telah berkuasa selama 30 tahun itu diberi gelar ‘Pemimpin Bangsa’. Dia menjadi pemimpin era Soviet terakhir yang masih menjabat dan mengawasi reformasi pasar besar-besaran sembari menjaga kepopuleran di negara berpenduduk 18 juta jiwa ini.


Pengunduran diri Nazarbayev ini menjadi langkah pertama dalam transisi politik yang dirancang untuk negara tersebut. Dalam pernyataannya, Nazarbayev menyatakan dirinya ingin memberi kesempatan kepada pemimpin-pemimpin muda di negaranya.

“Saya telah mengambil keputusan, yang tidak mudah bagi saya, untuk mengundurkan diri sebagai presiden,” ucap Nazarbayev dalam pernyataannya yang disiarkan televisi nasional Kazakhstan pada Selasa (19/3) waktu setempat.

“Sebagai pendiri negara merdeka Kazakhstan, saya melihat tugas saya sekarang dalam memfasilitasi bangkitnya para pemimpin generasi baru yang akan melanjutkan reformasi yang tengah berlangsung di negara ini,” ujar Nazarbayev.

Usai memberikan pernyataan, Nazarbayev lantas menandatangani dekrit yang isinya mengakhiri masa jabatannya terhitung sejak 20 Maret waktu setempat.

Di sisi lain, Nazarbayev yang merupakan sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, ini mempertahankan jabatannya sebagai pemimpin Dewan Keamanan yang penting dan berpengaruh serta jabatannya sebagai Ketua Partai Nur Otan yang didirikannya sejak tahun 2006 lalu.

Untuk sisa masa jabatan yang baru berakhir April 2020, Nazarbayev menyerahkannya pada sekutu loyalnya, Kassym-Jomart Tokayev. Ditegaskan Nazarbayev bahwa Tokayev yang kini menjadi Ketua Kamar Atas Parlemen Kazakhstan, akan menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Presiden Kazakhstan hingga April 2020 sesuai konstitusi.

Nazarbayev sendiri belum menunjuk pengganti jangka panjang. Kazakhstan dijadwalkan akan menggelar pemilihan umum (pemilu), baik pemilihan presiden maupun parlemen, tahun depan.

(nvc/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>