Prabowo: Untuk Negara Saya Siap Kembalikan Tanah, tapi…

Jakarta – Capres Prabowo Subianto dalam pernyataan pamungkas di debat kedua Pilpres 2019 mengakui bahwa dirinya memang memiliki ratusan ribu hektare tanah di berbagai tempat. Dia siap mengembalikan tanah itu untuk negara, namun ada tapinya.

“Saya minta izin tadi disinggung tentang tanah yang katanya saya kuasai ratusan ribu di beberapa tempat. Itu benar, tapi itu adalah HGU (Hak Guna Usaha), itu adalah milik negara,” ujar Prabowo di debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Prabowo menyatakan dirinya siap mengembalikan semua tanah itu ke negara jika memang diminta. Namun, dia tetap ingin mengelolanya karena tidak ingin tanah itu dikuasai asing.

“Jadi setiap saat, setiap saat negara bisa ambil kembali dan kalau untuk negara saya rela mengembalikan itu semua,” sebut Prabowo.

“Tapi daripada jatuh ke orang asing, lebih baik saya yang kelola karena saya nasionalis dan patriot. Terima kasih,” ucap Ketum Partai Gerindra itu.
(gbr/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Saling Sahut Jokowi vs Prabowo soal Infrastruktur

Jakarta – Kedua calon presiden mendapatkan pertanyaan terkait infrastruktur di Indonesia.

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut jika pembangunan infrastruktur yang dilakukan Joko Widodo kurang efisien. Banyak proyek yang dikerjakan dengan grasa grusu.

Prabowo juga menyampaikan banyak proyek yang merugi, efisien.

“Ini mengakibatkan sulit membayar. Jangan infrastruktur hanya jadi monumen contohnya LRT Palembang,” kata dalam Debat Capres Jilid 2 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Menanggapi hal tersebut, capres nomor urut 01 Joko Widodo menyebut Prabowo yang menyebut kerja infrastruktur yang tidak feasible adalah hal yang tidak benar.

“Kalau tadi pak Prabowo sampaikan tanpa feasibilty study salah besar, karena ini sudah direncanakan sejak lama. Semuanya ada,” kata Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan terkait LRT Palembang dan MRT Jakarta dibutuhkan waktu untuk memindahkan budaya naik mobil atau kendaraan pribadi ke transportasi massa.

“Yang saya pelajari di negara butuh bertahun-tahun. Tidak mudah, ini baru 4 tahun 6 bulan. Mengenai Kertajati, begitu rampung airport Bandung akan dipindahkan ke Kertajati,” imbuh dia.

(ara/eds)

Pecat Mourinho, MU Bayar Kompensasi Rp 357 Miliar

Liputan6.com, Manchester – Langkah MU yang memecat Jose Mourinho akhir tahun lalu ternyata membuat kerugian yang cukup besar. Tercatat Setan Merah merogoh kocek hingga 19,6 juta pound sterling (Rp 357 miliar) untuk membayar kompensasinya.

Mourinho dipecat pada pertengahan musim karena performa tim yang tak konsisten. Selain itu ia juga dikabarkan berkonflik dengan pemain MU seperti Paul Pogba, Alexis Sanchez, hingga Antonio Valencia.

Padahal Mourinho sendiri belum lama memperpanjang kontraknya di MU. Ia sebenarnya masih terikat di Old Trafford hingga 2020 mendatang.

Namun MU memilih untuk memecatnya lebih cepat agar performa tim tak merosot. Manajemen juga kesal karena Mourinho terus menuntut untuk belanja pemain setiap bursa transfer dibuka.

Prestasi Mou di MU sebenarnya cukup lumayan. Dalam tiga tahun ia membawa MU meraih tiga gelar.


2 dari 3 halaman

Pernyataan MU

“Pengeluaran luar biasa untuk kuarter pertama tahun ini adalah 19,6 juta pound. Biaya itu untuk kompensasi pada eks manajer dan stafnya,” bunyi pernyataan resmi MU.

Dari jumlah itu, Mourinho dikabarkan menerima 15 juta pound. Sementara staf lain yang dipecat mendapat 4,6 juta pound.

MU sendiri kini ditangani oleh Ole Gunnar Solskjaer hingga akhir musim.

3 dari 3 halaman

Hasil

Berikut hasil Piala FA tadi malam:

QPR 0-1 Watford

Brighton 2-1 Derby County

Wimbledon 0-1 Milwall

Newport County 1-4 Manchester City

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Barcelona Tak Harus Selalu Menang dengan Cara Indah

Liputan6.com, Barcelona – Barcelona hanya menang 1-0 atas Real Valladolid dalam laga lanjutan kompetisi La Liga Spanyol di Camp Nou, dini hari tadi WIB. Gol tunggal Blaugrana dicetak Lionel Messi pada menit ke-43 melalui titik penalti.

Dalam kemenangan tipis itu, permainan Barcelona mendapat kritik. Tim asuhan Ernesto Valverde juga dinilai melanjutkan tren penampilan mengecewakan, kendati kali ini berbuah tiga poin, setelah tiga laga sebelumnya selalu imbang.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, yakin performa para pemainnya akan kembali seperti semula. Dia mengakui bahwa Barcelona bermain di bawah rata-rata saat mengalahkan Real Valladolid.

“Di babak pertama, serangan kami kurang mengalir dan tidak menggerakkan bola dengan kecepatan yang diperlukan,” ujar Valverde, seperti dilansir Marca.

“Mereka mengubah sistem mereka dan kami tidak bergerak dengan bebas dan tidak bisa memainkan bola dengan cepat tetapi penjaga gawang mereka tampil baik,” papar pelatih asal Spanyol ini.

2 dari 3 halaman

Tantangan Lain

Menurut Valverde, Barcelona tidak harus selalu memenangkan pertandingan dengan cara bermain menghibur nan indah. Pada laga selanjutnya, Barcelona akan berkunjung ke markas Olympique Lyon di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (20/2/2019) dini hari WIB. 

“Beberapa pertandingan dimenangkan seperti itu, dan pada Selasa (melawan Lyon) akan menjadi tantangan lain bagi kami,” terang eks pelatih Athletic Bilbao ini.

3 dari 3 halaman

Performa Tertinggi

“Saya melihat tim sudah siap untuk memberikan yang terbaik sekarang dan kembali ke performa tertinggi. Terkadang Anda tidak akan bermain brilian di setiap pertandingan tetapi ada empat pertandingan penting yang akan datang dan kami akan bergerak selangkah demi selangkah,” jelas pelatih berusia 55 tahun ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Siap Pamer Capaian, Jokowi: Kalau Ada Kurang Wajar, Namanya Manusia

Jakarta – Capres petahana Joko Widodo akan menyampaikan capaian-capaiannya selama memimpin Indonesia dalam debat capres kedua Pilpres 2019. Ia juga mengakui memang masih ada kekurangan dalam pemerintahannya.

“Yang sudah saya lakukan tinggal diceritakan, kalau ada kurangnya ya wajarlah namanya manusia,” ungkap Jokowi di lokasi debat, The Sultan Hotel, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Jokowi datang ke lokasi debat didampingi oleh istrinya, Iriana. Putri Jokowi, Kahiyang Ayu dan suaminya, Bobby Nasution juga datang mendampingi.


Capres nomor urut 01 itu juga menceritakan persiapannya hari ini sebelum mengikuti debat. Mulai dari olahraga hingga tidur siang.

“Persiapan tadi pagi jogging biar sehat, kemudian siang ke Jakarta, cari makan dulu di warung, pulang ke istana tidur, itu persiapannya,” jelasnya.

Soal gayanya di debat kedua ini, Jokowi mengaku tak ada gaya khusus. Ia menyebut akan mengikuti suasana saja.

“Nanti dilihat situasi, kalau memang ada yang harus diperbaiki, ya kita harus perbaiki. Nggak semua yang kita bangun, kita kerjakan sempurna,” sebut Jokowi.

Pasangan cawapres Ma’ruf Amin ini mengaku sudah siap dengan tema dalam debat kedua.

“Siap lah, ini mengenai infrastruktur, pangan. sumber daya alam, pangan kan ini sudah keseharian, lingkungan hidup,” tutur Jokowi.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(elz/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ma’ruf Amin Terima Dukungan dari Pewaris Kesultanan Banten

Jakarta – Cawapres Ma’ruf Amin menerima dukungan dari Kesultanan Banten di Pilpres 2019. Ma’ruf juga didoakan agar lancar dan selalu diberikan kesehatan dalam mengikuti gelaran pesta demokrasi tersebut.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Sultan Banten, Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni, saat berkunjung ke rumah Ma’ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019). Sultan Banten dan Ma’ruf Amin menggelar pertemuan pertutup selama kurang lebih satu jam.

“Yang saya hormati KH Ma’ruf Amin. Terimakasih atas penerimaannya kedatangan kami dari Kesultanan Banten. Saya selaku pewaris Kesultanan Banten, Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni. Kedatangan kami ke sini sebetulnya selain bersilaturahmi dengan saudara sendiri. Juga mendoakan niat pak kiai Ma’ruf Amin yang insya Allah ke depan ikut berpartisipasi terhadap kelangsungan Indonesia ini. Semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah,” kata Bagus Hendra usai pertemuan.

Dukungan ini disampaikan sebab menurut Bagus Hendra seorang umara memerlukan pendamping ulama. Sosok Ma’ruf Ami dinilai cocok untuk mengisi peran tersebut.

“Kami dukung dari kesultanan. Karena umarah ini harus ada pendampingnya ulama. Seperti halnya dulu Kesultanan Banten, ada ulama, umaro dan Kesultanan Banten. Nah inilah sosok KMA perlu kita dukung,” ujarnya.

Dia berharap Ma’ruf Amin bisa menjadikan Indonesia semakin maju. Jika Ma’ruf terpilih, dia juga berharap pemerintah bisa mengakui total keberadaan Kesultanan Banten.

“Alhamdulillah beliau ini juga seorang ulama, ketua MUI. Kita tahu kadarnya, beliau tidak mungkin mau artinya disalahgunakan dan sebagianya oleh pihak lain. Beliau punya jati diri saya pahami itu. Oleh karenanya saya dukung dari Kesultanan Banten. Semoga nanti bisa menselaraskan posisinya sebagai wakil presiden bisa membawa bangsa ini tidak terperosok, tetap mengangkat akidah sesuai dengan al-quran dan sunah rasul. Semoga pemerintahan Indonesia ini nanti bisa total mengakui Kesultanan Banten sebagaimana dahulu kalanya,” paparnya.

Menerima dukungan tersebut, Ma’ruf Amin mengaku terkesan. Dia menyebut rombongan dari Kesultanan Banten merupakan kerabat dan keluarganya sendiri.

“Sore ini saya menerima Sultan Banten. Ratu Bagus Bambang Wisanggeni berkunjung ke tempat saya dan semua penggawanya. Setelah saya tadi pagi menghadiri harlah NU di Cipayung ke serang ada Banten bermunajat untuk keselamatan bangsa dan negara. Sore ini saya sudah di rumah, dan Alhamdulillah kemudian silaturahmi dengan Sultan Banten. Ini sebenarnya kita dalam kekerabatan ya, keluarga,” ujar dia.

Selain itu, pertemuan juga membahas terkait pengembangan ekonomi keumatan di bidang bambu. Ide itu disebut Ma’ruf sangat kreatif.

“Oleh karena itu saya sangat terkesan juga adanya ide kretif dari penggawa Banten dalam rangka menggembangkan ekonomi keumatan melalui bambu. Ini bambu, bukan kayu tapi diolah sedemikan rupa. Ini seperti kayu, jadi bambu ini bisa dibuat nanti… Bisa dijelaskan bisa dibuat apa saja, bisa digunakan untuk pembangunan rumah, nanti akan dijelaskan ahlinya,” imbuh dia.

(knv/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pelaminan Direndam Banjir, Tamu Dijemput Perahu Karet

Jambi – Pasangan pengantin baru Ari dan Tania terlihat tetap bahagia di hari pernikahannya itu meski dalam keadaan dilanda banjir. Air memenuhi pelaminan warga RT 51, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi itu.

Ketinggian banjir dari 80 cm hingga mencapai 100 cm tersebut tidak menjadi hambatan bagi mereka dalam melangsungkan resepsi pernikahannya itu.

“Terpaksa kita adakan juga resepsi pernikahan ini. Kita juga tidak menyangka bisa banjir seperti ini,” kata Ketua RT 51, Ruslan kepada wartawan, Minggu (17/2/2019).

Tidak hanya menggenangi pesta pernikahan pasangan pengantin itu. Banjir ini juga merendam 65 rumah di kawasan Kecamatan Jelutung tersebut. Pihak orang tua juga tampak enggan berkomentar atas kejadian banjir yang melanda resepsi pernikahan anaknya itu.
Namun mereka juga terlihat tersenyum bahagia saat para tamu undangan yang hadir.

Sejumlah tamu undangan yang hadir juga terlihat memberikan selamat kepada kedua mempelai. Warga yang ada di lokasi juga turut membantu menyukseskan acara pernikahan itu dengan menyediakan perahu karet serta mobil buat para tamu undangan yang akan hadir.

“Karena kita khawatir tamu yang akan hadir di pesta pernikahan ini karena banjir, maka kita sediakan perahu karet serta mobil buat tamu undangan. Tujuannya agar para tamu undangan tidak terlalu kesulitan untuk menuju lokasi pernikahan itu,” ujar Ruslan.

Diketahui banjir ini terjadi kala hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah Kota Jambi sejak kemarin dan malam tadi. Banjir ini juga disebabkan atas buruknya aliran drenase dikawasan itu. Tidak hanya itu saja intensitas hujan yang tinggi di sejumlah wilayah di Jambi juga menjadi penyebab banjir itu terjadi.

Warga juga berharap dengan kondisi banjir seperti ini. Pemerintah Kota Jambi dapat menindaklanjuti dan mencari solusi persoalan banjir kali ini. Kawasan ini juga kerap kali menjadi langganan banjir kala hujan deras yang mengguyur.
(asp/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Maaf Achmad Zaky Disambut Seruan Jokowi Setop Uninstall Bukalapak

Jakarta – Chief Executive Officer (CEO) sekaligus pendiri Bukalapak Achmad Zaky diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Kepresidenan. Zaky pun menyampaikan permohonan maaf sekaligus mengklarifikasi cuitan soal presiden baru dan anggaran riset yang sempat jadi kontroversi.

Pertemuan digelar tertutup. Dalam pertemuan itu ikut hadir Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Secara pribadi saya sampaikan maaf kepada Bapak dan luruskan juga yang kemarin terus selanjutnya saya apresiasi tadi kita diskusi banyak mengenai rancangan pemerintah untuk membuat supaya Indonesia maju,” kata Zaky usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Sabtu (16/2/2019).


Zaky juga menyampaikan terima kasih karena diluangkan waktu bertemu Jokowi. Dia mengatakan dirinya diundang langsung Jokowi.

Pada pertemuan itu, Zaky menyampaikan klarifikasi soal cuitan soal anggaran riset untuk membangun Industri 4.0. Dia menjelaskan cuitan tersebut bukan semata ditujukan ke pemerintah tapi juga ke pelaku bisnis.

“Pemerintah saya kira sudah siapkan dana itu. Namun saya pikir semangatnya antara pemerintah dan kami pelaku industri sama-sama harus membangun riset. Poin tweet saya bukan hanya untuk negara, tapi juga pelaku bisnis. Karena dana riset tak hanya untuk pemerintah,” ujar Zaky.

Dia mengatakan Bukalapak sendiri mendukung penuh riset dan teknologi serta menyiapkan SDM berkualitas. Hal tersebut, lanjutnya, jadi formula agar bisnis di Indonesia tak melulu soal perang harga.

“Tolong teman wartawan diambil semangatnya. Saya anak muda pelaku industri fokus ke SDM yang berkualitas dengan riset dan teknologi. Karena perang ke depan bukan dengan manusia. Tapi pinter-pinteran. Kalau nggak fokus di riset kita akan perang harga,” ujar dia.

Cuitan Zaky menyinggung soal anggaran riset dan pengembangan (research and development atau R&D) di Indonesia yang rendah yakni sebesar USD 2 miliar. Dia menyebutkan Indonesia tertinggal dari Singapura dan Malaysia yang masing-masing menganggarkan USD 10 miliar untuk R&D. Menurutnya dengan anggaran riset yang kecil, omong kosong Indonesia bisa menghadapi industri 4.0.

Memang dalam cuitan tersebut, Zaky menuliskan data yang ditulisnya tersebut ialah data 2016. Dia mengatakan data itu didapatnya dari Wikipedia.

“Datanya kan Wikipedia. Tapi saya pikir semangatnya. Saya belum dapat data update terbaru. Saya pikir semangatnya,” ujar Zaky

Selain itu, Zaky juga menjelaskan maksud ‘presiden baru’ dalam cuitannya. Dia mengatakan ‘presiden baru’ yang dimaksudnya adalah yang terpilih nanti.

“Sebenarnya waktu nge-tweet, saya sudah nge-tweet di atasnya. Beberapa jam setelahnya, setelah bangun tidur, saya kaget itu. Cuma kan kalau sudah viral susah dikendalikan. Kan maksudnya terpilih, Pak Jokowi pun masuk di situ. Terpilih. Sudah masuk semuanya,” ucap Zaky.

Buntut dari cuitan tersebut, sempat muncul gerakan tanda pagar (tagar) uninstallbukalapak di media sosial. Jokowi meminta gerakan #uninstallbukalapak tersebut dihentikan. Dia menyatakan mendukung penuh inovasi anak muda.

“Saya ajak hari ini untuk menghentikan, untuk setop uninstall Bukalapak. Setop. Karena kita harus dorong. Dorong anak-anak muda yang memiliki inovasi, memiliki kreativitas untuk maju,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan tak tersinggung dengan adanya cuitan Zaky.

Terkait dana riset, Jokowi mengatakan pemerintah sudah menganggarkan jumlah yang cukup besar. Dia mengatakan pemerintah punya komitmen untuk mengembangkan riset.

“Supaya kita semuanya tahu bahwa dana pengembangan dan riset ini kita sudah Rp 26 triliun,” kata Jokowi.

Sementara itu, Teten mengatakan Jokowi memahami anak muda seperti Zaky. Dia mengatakan Jokowi melihat sektor e-commerce sebagai aset kebanggaan nasional.

“Ya beliau memahamilah ini anak muda. Jokowi pahamlah. Zaky ini kan aset nasional. Presiden saya kira lebih mempertimbangkan aspek bisnis online ini karena harus tahu 4 unicorn e-commerce ada pada waktu Pak Jokowi,” kata Teten.
(jbr/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

ABL: Lewat Overtime, CLS Bekuk Momo Vampire

Liputan6.com, Jakarta BTN CLS Knights Indonesia mengakhiri tren negatif di ABL 2018-2019. Lewat babak tambahan waktu, CLS menang atas Mono Vampire Thailand 109-102, dalam lanjutan Asean Basketball League (ABL) 2018-2019 di GOR Kertajaya, Surabaya, Sabtu (16/2/2019).

Pemain asing CLS Maxie Esho mencetak double-double di pertandingan ini dengan torehan 37 poin, 13 rebound serta membuat lima assist dan dua assist. Rekannya Douglas Herring Jr turut membuat double-double pada game ini (26 poin dan 11 assist). Sementara itu, Michael Anthony Singletary menjadi topskor untuk Momo Vampire dengan catatan statistic 29 angka, sembilan assist dan lima rebound. 

BTN CLS Knights Indonesia menurunkan lima pemain intinya yakni Darryl Watkins, Douglas Herring Jr, Maxie Esho, Brandon Jawato dan Wong Wei Long yang bertindak sebagai kapten tim pada pertandingan malam ini. Sementara Mono Vampire Basketball Club Thailand di perkuat oleh Frederick Lish yang merupakan mantan punggawa CLS Knights di musim lalu.

Kuarter pertama baru berjalan beberapa menit, Maxie Esho membuat gemuruh penonton yang hadir langsung di Kertajaya lewat aksi dunknya. Sayangnya setelah itu Darryl Watkins langsung mendapatkan dua kali foul dan membuat pelatih Brian Rowsom menariknya keluar untuk digantikan dengan Firman Dwi Utomo. Di akhir, Mono Vampire akhirnya berhasil unggul satu bola saja 17-18.

Tensi pertandingan semakin memanas memasuki 10 menit berikutnya. Darryl Watkins yang kembali diturunkan Brian Rowson terpancing provokasi pemain lawan Malcolm White, membuatnya kembali duduk dibangku cadangan dan mendapatkan tiga kali hukuman. Hilangnya Watkins, membuat Mono leluasa mencetak angka. Tapi tuan rumah membalasnya dan lantas berbalik unggul. Sembilan poin beruntun yang dicetak Douglas Herring Jr di kuarter ini dan ditutup tembakan tiga angka Brendan Jawato akhirnya membawa mereka unggul menutup kuarter pertama 42-41.

Tuan rumah kembali unggul di akhir kuarter tiga 69-64. Sayangnya mereka  lengah di akhir kuarter keempat, Mono Vampire akhirnya memaksa kebabak tambahan waktu (92-92). Maxie Esho cs akhirnya bangkit dan menambah 17 angka lagi sekaligus meraih kemenangannya yang kesepuluh.

2 dari 2 halaman

Bangga

“Saya bangga dengan perjuangan kalian yang tidak pernah menyerah. Ini kemenangan yang sangat penting dihadapan para fans kita. Tapi selanjutnya kalian harus bermain lebih tenang dan pintar lagi dalam menghadapi pressure yang ketat seperti game tadi. Pertandingan melawan Saigon Heat merupakan pertandingan yang sangat penting. Kita sudah kalah 2-0, Saya ingin kalian fokus dan tetap fights untuk merebut kemenangan di kandang mereka. Great job untuk hari ini,” papar Brian Rowsom di kamar ganti pemain setelah pertandingan usai.

BTN CLS Knights Indonesia akan bertanding kembali dalam laga tandang selanjutnya melawan Saigon Heat pada tanggal 24 Februari mendatang.

BPN: Prabowo akan Bawa Catatan Data di Debat Capres

JakartaCapres Prabowo Subianto disebut akan membawa catatan data-data dalam debat capres kedua. Data-data ini sebagai pegangan saat Prabowo beradu gagasan dengan capres petahana Joko Widodo (Jokowi).

“Ya (data) statistik, detail, siapa tahu diperlukan ya. Data-data pertumbuhan ekonomi, impor beras, data-data impor BBM, data-data yang siapa pun bisa mendapatkan. Nanti yang dinilai kan bukan datanya, tapi bagaimana membawakan dan menggunakan data itu,” ujar Direktur Materi dan Debat BPN, Sudirman Said kepada wartawan di Media Center BPN, Jl Sriwijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (16/2/2019).

Prabowo ditegaskan Sudirman tak pernah ‘rewel’ soal aturan main yang ditetapkan KPU pada debat capres. Segala keputusan KPU, dihormati Prabowo dan Sandiaga.

“Kalau sontekan kan soalnya ini, jawabannya ini. Itu kan notes saja untuk jaga-jaga kalau diperlukan, dan belum tentu diperlukan,” kata Sudirman menegaskan catatan data yang akan dibawa Prabowo.

Soal debat bertema energi, pangan, infrastruktur, dan sumber daya alam (SDA), Prabowo menurutnya akan membawa konsep kebaruan. Sebab, pemerintahan saat ini disebut Sudirman tidak berhasil membawa perubahan yang lebih baik.

“Sudah diberi waktu hampir 5 tahun, dari segi energi tadi, ternyata banyak sekali ketinggalan. Tidak ada kemajuan, 6 kilang yang rencana, tidak satu pun progres. Listrik 35.000 MW, saya kira tidak sampai 30 persen selesai gitu, kemudian beberapa hal, soal Blok Masela dan segala macam,” kata Sudirman.

“Sementara bagi Prabowo sebagai penantang baru, dia menawarkan kebaruan dan harapan. Sekarang kita serahkan pada masyarakat. Kalau masyarakat percaya pada harapan ini, maka dukungan akan mengalir pada Pak Prabowo,” imbuh dia.

Debat capres kedua digelar di Hotel Sultan, Minggu (17/2). Ada 6 segmen debat, salah satunya tanya jawab capres lewat film/video yang diputar terkait tema debat.
(fdn/elz)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>