Detik-Detik Merapi Luncurkan Lava Pijar Pagi Tadi Terekam Kamera CCTV

Fokus, Sleman – Rekaman CCTV dari Pos Pantauan Merapi Induk Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, menunjukkan bahwa Merapi kembali erupsi. Guguran awan panas Merapi terjadi pagi ini pukul 06.06 WIB dengan durasi sekitar 110 detik.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (21/4/2019), guguran awan panas mengarah ke hulu Kali Gendol Sleman dengan jarak luncur mencapai 1,1 kilometer.

Luncuran lava pijar dari puncak Merapi terjadi sejak Minggu malam. Meski aktivitas vulkanik Merapi terus meningkat, aktivitas warga di Desa Sidorejo, Klaten, tetap berjalan normal.

Warga mengaku sudah melakukan persiapan jika sewaktu-waktu harus mengungsi.

Hingga kini, status Gunung Merapi masih bertahan pada level dua atau waspada. Warga dilarang mendekati radius kurang dari tiga kilometer dari Puncak Merapi. (Rio Audhitama Sihombing) 

Messi Malam Tadi: Mencuri dari Young, Kolongi Fred, Lewati Smalling, Perdaya De Gea

Barcelona – Terlepas dari gol keduanya yang berbau kebetulan, gol pertama Lionel Messi adalah bukti kehebatan dia. Lini belakang Manchester United dibuat pontang-panting.

Situs statistik Whoscored memberi nilai sempurna 10 untuk Messi dalam laga Barcelona vs Manchester United di leg kedua babak delapan besar Liga Champions. Messi tampil luar biasa di laga tersebut, dengan dua gol menjadi klimaks performanya.

Mega bintang asal Argentina itu membuka keunggulan Barcelona melalui gol yang sudah menjadi ciri khasnya, saat laga baru berjalan 16 menit. Messi pantas berterima kasih pada Ashley Young atas gol tersebut, setelah pemain asal Inggris itu kehilangan bola di wilayah pertahanan MU.

Young gagal membuang bola dengan sempurna saat ditekan oleh Ivan Rakitic. Saat mencoba kembali menyapu si kulit bundar, Young sudah kalah cepat oleh Messi yang berhasil merebut dan menguasai si kulit bundar.

Kurang dari sedetik setelah momen itu, Messi membuat malu Fred saat dia membuat bola melintas di antara dua kaki pemain asal Brasil itu. Messi kemudian terus berlari dari sisi kiri ke muka kotak penalti.

Melihat ada Smalling dan Jones berdiri mengadang, Messi menunda melepas tembakan.

Dia lantas meningkatkan kecepatan lari diagonalnya. Lalu saat mendapat sudut tembak, meski di tengah jepitan tiga pemain Setan Merah, Messi mengayun kaki kirinya. Messi tahu ke mana harus membidik, ke pojok kanan bawah gawang De Gea.

Sambil menjatuhkan diri, kiper asal Spanyol itu mencoba menggapai bola. Tapi itu tak membuahkan hasil.

Apa yang dikatakan Ole Gunnar Solskjaer usai pertandingan itu menunjukkan kalau MU memang harus mengakui bahwa Lionel Messi terlalu hebat buat mereka.

“Saya harus bilang bahwa dia ada di kualitas teratas –dia menjadi pembeda.”

Messi tercatat tujuh kali melakukan dribble malam tadi, dengan enam di antaranya sukses. Dia menjadi pemain dengan dribble terbanyak, mengungguli Philippe Coutinho dengan tiga dribble sukses.

Dengan Cristiano Ronaldo (dan Real Madrid) sudah kehilangan mahkota juaranya, tahun ini Lionel Messi bisa merebutnya. Menjadikan lagi Barcelona sebagai kampiun Liga Champions. (din/din)


Hasil Lengkap Liga Champions Tadi Malam: Juventus Tersingkir, Barcelona Hajar MU

Liputan6.com, Turin – Partai leg kedua perempat final Liga Champions menghasilkan kejutan. Ajax Amsterdam berhasil melewati adangan Juventus lewat kemenangan 2-1 di Turin, Rabu (17/4/2019) dinihari WIB.

Ajax melangkah ke Turin dengan bekal hasil imbang 1-1 di Amsterdam pada leg pertama. Pasukan Erik Ten Hag pun harus kebobolan lebih dulu dari Juventus lewat gol Cristiano Ronaldo pada menit 28.

Namun wakil Belanda ini berhasil bangkit. Diawali gol van de Beek pada menit ke-34, Ajax akhirnya memastikan diri lolos lewat gol Matthijs de Ligt pada menit ke-67.

Ajax lolos dengan agregat 3-2 atas Juventus. Terakhir kali, Ajax lolos ke semifinal adalah musim 1997.

Sementara itu, Barcelona sesuai prediksi melenggang mulus ke semifinal. Dalam pertandingan di Camp Nou, Lionel Messi dan kawan-kawan menggulung Manchester United 3-0.

Barcelona lolos ke semifinal dengan agregat 4-0 atas MU.

Ajax vs Juventus: Highlights Pertandingan Liga Champions Tadi Malam

Liputan6.com, Amsterdam – Juventus harus puas bermain imbang melawan tuan rumah Ajax Amsterdam pada leg pertama perempat final Liga Champions. Laga yang dimainkan di Johan Cruijff Arena, Kamis (11/4) dini hari WIB itu, berakhir dengan skor 1-1.

Juventus membuka keunggulan pada menit ke-45. Umpan matang Joao Cancelo ke kotak penalti dituntaskan Cristiano Ronalo dengan sundulan.

Tetapi, Ajax menunjukkan perlawanan yang gigih. Memasuki babak kedua, wakil Belanda ini langsung menyamakan skor lewat aksi David Neres. Tembakan melengkungnya membuat sang kiper Juventus Wojciech Szczesny tidak berkutik.

Jika ingin lolos ke semifinal Liga Champions, Juventus harus menang pada leg kedua perempat final. Pertemuan kedua antara tim akan berlangsung di Allianz Stadium, 17 April mendatang.

Hasil La Liga Tadi Malam: Barcelona Diimbangi Villarreal

Liputan6.com, Jakarta – Langkah Barcelona untuk segera menyegel juara La Liga Spanyol sedikit tertahan tengah pekan ini. Pasalnya, Barca gagal meraih kemenangan melawan Villarreal.

Bermain di markas lawan Barcelona hanya bermain imbang 4-4. Bahkan dalam laga tersebut Barcelona sempat tertinggal dua kali.

Beruntung Barcelona punya Lionel Messi dan Luis Suarez yang membuat gol penyama kedudukan. Sebelumnya dua gol Barcelona dicetak oleh Philippe Coutinho dan Malcom.

Sementara Villarreal mencetak gol melalui Samuel Chukwueze, Toko Ekambi, Vicente Iborra, dan Carlos Bacca. Meski demikian hasil imbang membuat Barcelona tetap kokoh di puncak klasemen.

Hingga pekan ke-30, Barcelona mengoleksi 70 poin dari 30 laga. Meninggalkan Atletico Madrid yang mengoleksi 62 poin dari jumlah laga yang sama.

Hasil Liga Inggris Tadi Malam, Arsenal Hajar Newcastle

Liputan6.com, London – Arsenal mengamankan tiga poin kala menjamu Newcastle United di Emirates Stadium, Selasa (2/4/2019) dini hari WIB dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris 2018-2019.

Tim asuhan Unai Emery mampu menang 2-0 atas The Magpies. Dua gol kemenangan Arsenal dicetak Aaron Ramsey pada menit ke-30 dan Alxandre Lacazette pada menit ke-83.

Dalam pertandingan pekan ke-31 Liga Inggris itu, The Gunners tampil dominan. Penguasaan bola Arsenal mencapai 65 persen, sedangkan Newcastle hanya 35 persen.

Kemenangan ini membuat Arsenal merangsek ke peringkat ketiga klasemen sementara Liga Inggris. Kini, klub London Utara itu mengoleksi 63 poin dari 32 pertandingan.

Arsenal menyalip Tottenham Hotspur dan Manchester United, di mana keduanya baru sama-sama mengumpulkan 61 poin. Dalam laga ini, striker utama The Gunners, Pierre-Emerick Aubameyang masuk dari bangku cadangan.

Sementara itu Newcastle sekarang baru mendulang 35 poin. Akibat kekalahan ini, tim arahan Rafael Benitez tersebut turun ke peringkat ke-14 klasemen Liga Inggris.

Hasil Liga Inggris Tadi Malam: Leicester Menang Tandang

Liputan6.com, London – Liga Inggris menggelar beberapa laga pekan ke-31. Maklum beberapa klub tidak bisa bermain akhir pekan ini karena bertanding di Piala FA.

Dalam duel tim papan tengah Liga Inggris, Bournemouth hanya bermain imbang 2-2 melawan Newcastle, Sabtu (16/3/2019). Dua gol Bournemouth dilesakkan oleh Joshua King, sementara Newcastle membalas melalui Salomon Rondon dan Matt Ritchie.

Di laga Liga Inggris lain, Leicester sukses menaklukkan tuan rumah Burnley dengan skor 2-1. Dua gol The Foxes dilesakkan James Maddison dan Wes Morgan, sedangkan tuan rumah hanya membalas melalui Dwight McNeil.

Kemenangan juga diraih oleh West Ham United. Bermain di kandang sendiri, The Hammers menang tipis 4-3 atas Huddersfield Town.

Berikut hasil Liga Inggris pekan ke-31 yang digelar tadi malam:

Hasil Liga Champions Tadi Malam: Barcelona dan Liverpool Berjaya

Liputan6.com, Barcelona – Barcelona dan Liverpool sama-sama lolos ke perempat final Liga Champions setelah masing-masing menang di leg kedua babak 16 besar dini hari tadi WIB.

Barcelona mengalahkan Olympique Lyon dengan skor 5-1 (agregat 5-1) di Camp Nou. Sementara Liverpool menundukkan tuan rumah Bayern Munchen 3-1 di Allianz Arena sehingga agregat menjadi (3-1).

Lima gol Barcelona dua di antaranya dicetak Lionel Messi. Tiga gol Blaugrana lainnya masing-masing disarangkan Philippe Coutinho, Gerard Pique, dan Ousmane Dembele.

Tim asuhan Ernesto Valverde unggul 2-0 lebih dulu berkat penalti Messi pada menit ke-17 dan sontekan Coutinho pada menit ke-31. Gol balasan Lyon dalam pertandingan ini dicetak Lucas Tousart pada menit ke-58 hingga skor menjadi 2-1.

Messi menambah keunggulan jadi 3-1 setelah aksinya berbuah gol pada menit ke-78. Pique memanfaatkan umpan Luis Suarez menjebol gawang Lyon dan mengubah kedudukan menjadi 4-1 pada menit ke-81.

Gol kelima Barcelona lahir setelah assist Messi diselesaikan dengan sempurna oleh Dembele pada menit ke-86. Dengan hasil ini, Lyon tersingkir setelah hanya bermain 0-0 melawan Barcelona di leg pertama. Sementara di laga lain, Liverpool juga meraih hasil positif.

Hasil Liga Inggris Tadi Malam: Manchester City Menang, Spurs Tumbang

Sabtu, 9 Maret 2019

Crystal Palace 1-2 Brighton

Cardiff City 2-0 West Ham United

Huddersfield Town 0-2 Bournemouth

Leicester City 3-1 Fulham

Newcastle United 3-2 Everton

Southampton 2-1 Tottenham Hotspur

Manchester City 3-1 Watford

Saksikan video pilihan berikut ini:

Manchester City Menang Tipis di Kandang Schalke

Gara-gara Nomor KTP Direktur Chen Tertukar

Chen pun akhirnya dipaksa sore hari itu juga harus datang ke Kantor Disnakertrans. Dia akhirnya datang membawa dokumen-dokumen ketenagakerjaan ditemani seorang warga negara China bernama A Wei. A Wei sudah lama di Indonesia dan menetap di Surabaya, Jawa Timur. Ia juga memiliki peternakan ayam petelur di Cianjur dengan bendera perusahaan PT Saudara Makmur.

Rupanya, setelah dicek, IMTA yang dimiliki Chen berlaku di perusahaan A Wei. Di PT Saudara Makmur itu pula, Chen punya jabatan sebagai direktur keuangan. “Iya benar, Pak, dia direktur keuangan saya,” kata A Wei seperti ditirukan Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Cianjur, Ricky Ardi Hikmat, saat pertemuan di kantor Disnakertrans, itu.

Yang mengejutkan juga, saat Chen menyerahkan akta perusahaan peternakan di Cibokor, Chen bukanlah tenaga kerja, melainkan pemilik peternakan. Jabatannya direktur utama  PT Indah Tunggal Alami, yang membuka peternakan itu sejak 2017. Di bawah Chen, ada beberapa direktur yang semuanya warga negara China. Chen pemilik saham mayoritas di perusahaan tersebut.

“Ternyata dia itu direktur utama sekaligus pemegang saham. Dia sih pegang IMTA, tapi bukan di posisi perusahaan yang sedang kita lakukan pembinaan. Jadi dia itu menunjukkan IMTA, tapi IMTA di perusahaan lain (PT Saudara Makmur). Sama, peternakan juga, tapi beda perusahaan,” ujar Ricky.

Dari hasil pemeriksaan, kata Ricky, dokumen berupa IMTA itu tidak ada masalah karena semua dokumen sesuai dengan yang dipersyaratkan. IMTA milik Chen juga masih berlaku. Hanya sempat terjadi miskomunikasi saja lantaran Chen tidak lancar Bahasa Indonesia sehingga dilakukan klarifikasi. “Makanya kita bingung kok yang ramai malah urusan e-KTP. Dan banyak yang mempertanyakan soal e-KTP Chen ke kami,” jelas Ricky.

Warganet memang ramai mengecek NIK e-KTP milik Chen di sistem Komisi Pemilihan Umum. Nah, ternyata NIK tersebut muncul atas nama Bahar, warga Kelurahan Sayang, Cianjur. Bahar, 47 tahun, yang kesehariannya berdagang bakso keliling, pun bingung namanya muncul di aplikasi KPU dengan NIK milik WNA. “Saya tinggal di sini sejak 1996, tidak ada masalah soal NIK. Baru kali ini saja ada perbedaan. Baru tahu setelah dikabari ketua RT pagi tadi,” begitu kata Bahar, Selasa, 26 Februari 2019.

Bahar bilang selama ini tak ada kendala dalam partisipasi pencoblosan pemilu. Namun, untuk tahun ini, dia sedikit heran karena mendadak NIK-nya berubah di DPT. “Katanya jadi nama China, ya, saya nggak tahu apa-apa. Sebelumnya, nyoblos Pilgub (Jawa Barat) juga nggak ada masalah. Baru kali ini saja tiba-tiba ramai, katanya NIK-nya dipakai orang asing,” ujar Bahar.