Survei LSI Denny JA: PDIP Unggul di DKI, Gerindra di Jawa Barat

Adjie menuturkan, Gerindra berhasil menempati posisi pertama di Provinsi Jawa Barat dengan perolehan dukungan 20,2 persen. Angka ini mengalami kenaikan signifikan jika dibandingkan dengan hasil Pileg 2014.

Pada Pileg 2014, Gerindra hanya memperoleh dukungan 11,2 persen dan menempati posisi ketiga di bawah PDIP dan Partai Golkar.

“Saat ini survei LSI Denny JA Oktober 2018, menunjukan bahwa Gerindra berhasil menempati posisi pertama menggantikan posisi PDIP. PDIP mengalami sedikit penurunan suara di Jawa Barat dibandingkan Pileg 2014,” jelas dia.

Kemudian di Provinsi Riau, Gerindra mendapat dukungan sebesar 22,2 persen. Sementara di Banten 26,3 persen.

Di Provinsi Jawa Timur, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menempati posisi teratas dengan jumlah dukungan 21,7 persen. Angka ini bersaing ketat dengan PDIP yang meraih 21 persen suara.

“Ketatnya dukungan PKB dan PDIP di Jawa Timur seperti mengulang kembali pertarungan di Pemilu sebelumnya. Saat itu, PDIP memperoleh suara 17,9 persen. Sementara PKB 17,7 persen,” sambung Adjie.

Survei ini dilakukan sejak 4 sampai 14 Oktober 2018 di 10 provinsi dengan jumlah penduduk paling besar. Jumlah responden di setiap provinsi 600 orang, sehingga total seluruhnya 6.000 responden. Margin of error dalam survei di setiap provinsi 4,1 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

PDIP dan Partai Gerindra memperoleh banyak dukungan di Pileg 2019. keduanya diperkirakan akan mendominasi perolehan suara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *