Chelsea Sulit Cegah Kepindahan Hazard

Menurut Lampard, Chelsea jelas ingin mempertahankan Hazard. Namun, dia juga menyadari memaksa Hazard bertahan juga bukan hal bagus. Dia ingin Chelsea membuat keputusan terbaik untuk semua pihak.

“Eden jelas merupakan pemain top dalam dunia sepak bola, tidak ada yang perlu diragukan soal itu, jadi keputusan ini akan selalu untuk dirinya sendiri,” kata Lampard kepada Sport360.

“Tentu saja Chelsea ingin mempertahankan dia karena dia merupakan pemain top dan tentu saja banyak klub lain yang akan selalu menginginkan Hazard karena kemampuan dia saat ini.”

“Namun, ini harus jadi keputusan yang tepat untuk Eden dan Chelsea selama dia masih terikat kontrak dan mereka harus menuntaskan ini. Saya tidak tahu harus berharap seperti apa, ini urusan dia dan klub,” lanjut Lampard.

Top Skorer Eropa: Cristiano Ronaldo Sulit Dikejar Lionel Messi

Berikut ini deretan top skorer sementara kompetisi di bawah naungan UEFA:

127 gol – Cristiano Ronaldo (Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, Juventus)

111 gol: Lionel Messi (Barcelona)

77 gol – Raúl González (Real Madrid, Schalke)

70 gol – Filippo Inzaghi (Parma, Juventus, AC Milan)

67 gol- Andriy Shevchenko (Dynamo Kyiv, AC Milan, Chelsea)

62 gol – Ruud van Nistelrooy (Heerenveen, PSV Eindhoven, Manchester United, Real Madrid, Hamburg)

62 gol – Gerd Müller (Bayern München)

61 gol – Karim Benzema (Lyon, Real Madrid)

60 gol- Robert Lewandowski (Lech Poznań, Borussia Dortmund, Bayern München)

Sumber: UEFA

5 Gol Terbaik 16 Besar Liga Champions

Sulit Gaet Pogba, Real Madrid Bidik Gelandang Lazio

Liputan6.com, Jakarta Kesulitan mendatangkan, Paul Pogba, Real Madrid kabarnya mengalihkan target buruannya. Kini sasaran Madrid tertuju pada pemain Lazio, Sergej Milinkovic-Savic.

Kembalinya Zinedine Zidane sebagai pelatih Real Madrid memang disertai dengan sejumlah rencana. Zidane disebut mendapatkan dana transfer dalam jumlah yang besar untuk membeli pemain baru pada musim panas mendatang.

Salah satu pemain idaman pelatih asal Prancis tersebut adalah Paul Pogba. Tapi, kans untuk membawa Pogba ke ibukota Spanyol dinilai cukup sulit. Sebab, Pogba mengaku masih bahagia di Manchester United.

Real Madrid memang membutuhkan bintang baru di lini tengah. Sebab, kondisi Luka Modric yang sudah menua. Modric akan segera berusia 34 tahun. Los Blancos pun harus segera menyiapkan pemain untuk jadi suksesor pemain asal Kroasia musim depan.

Dikutip dari El Chiringuito, Real Madrid pun sudah mulai mengerucutkan kandidat pengganti Modric. Nama yang muncul adalah Milinkovic-Savic.

Inilah Soal Teknis Mengapa Pilot Lebih Sulit Tangani Boeing 737 MAX

WashingtonKarena persaingan bisnis pesawat makin ketat, Boeing melakukan beberapa kompromi teknis dalam produksi model 737 MAX. Tujuannya agar bisa memproduksi pesawat lebih cepat dan lebih murah.

Pesawat model 737 MAX adalah andalan baru perusahaan Boeing untuk menggantikan model Boeing 737 yang paling sukses dalam sejarah penerbangan komersial. Pesawat baru ini memang laku keras. Sampai sekarang sudah ada lebih 5000 pesanan yang masuk ke Boeing, 350 pesawat sudah dikirim ke maskapai-maskapai pembeli.

Setelah terjadi dua kecelakaan dalam selang waktu tidak sampai setengah tahun dengan model 737 MAX, Boeing kini berada dalam sorotan dan pengawasan ketat. Setelah pesawat Ethiopian Airlines jatuh dekat Addis Abeba, harga saham Boeing sempat anjlok lebih dari 10 persen.

Kecelakaan pesawat hari Minggu (10/3) adalah kecelakaan kedua yang melibatkan model pesawat yang sama, Boeing 737 MAX 8, setelah kecelakaan Lion Air di Laut Jawa Oktober 2018, yang menewaskan seluruh 189 penumpang dan awak pesawat.

Persaingan ketat dan masalah aerodinamika Boeing 737

Sekitar 10 tahun lalu, Boeing memutuskan untuk membuat pesawat baru menggantikan model 737 yang merupakan pesawat paling laris dalam sejarah penerbangan komersial. Persaingan bisnis pesawat memang makin ketat, dengan munculnya perusahaan dirgantara Eropa Airbus yang menyasar pasar di segmen yang sama. Airbus cukup berhasil memasarkan model A 320 yang laku keras untuk penerbangan jarak dekat. Boeing pun berusaha membalas langkah Airbus dengan model pesawat baru.

Secara teknis, A320 mampu mengakomodasi mesin yang lebih besar di bawah sayapnya, sedangkan model Boeing 737 tidak bisa melakukan itu dengan mudah, karena sayapnya lebih dekat ke tanah dibanding model Airbus. Padahal, permintaan untuk jenis pesawat jarak dekat terus meningkat. Untuk mengembangkan model pesawat yang sama sekali baru, Boeing perlu investasi besar. Tetapi perusahaan itu masih bersaing keras di segmen penerbangan jarak jauh dengan model 787, sebagai saingan model Airbus A350.

Boeing kemudian memutuskan tidak membuat rancangan baru, tetapi memperbaiki model 737. Untuk memasang mesin baru pas di bawah sayap, modul roda pendaratan harus dibuat lebih tinggi, memastikan jarak yang cukup ke tanah. Selain itu, mesin-mesin baru harus dipasang terpisah lebih jauh dari biasanya.

Perubahan-perubahan ini mengubah aerodinamika pesawat. Dan pada gilirannya bisa menyebabkan pesawat cenderung “mengangkat hidungnya” ketika berada di udara. Dalam situasi terburuk, kondisi ini bisa berdampak pada modul kompresor dan membuatnya tidak berfungsi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kecelakaan pesawat.

Masalah teknologi otomatis dan komunikasi?

Untuk mengatasi kemungkinan dampak ini, Boeing lalu menggunakan teknologi khusus yang disebut Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS), yang secara otomatis menurunkan hidung pesawat. Namun Boeing gagal mengomunikasikan pembaruan software ini secara komprehensif kepada maskapai maupun pilot dan tidak memasukkan materi itu ke dalam program pelatihan regulernya.

Menurut para ahli, kegagalan komunikasi ini bisa menyebabkan kecelakaan, karena software cenderung mengangkat hidung pesawat secara otomatis, ketika pilot dalam situasi tertentu justru sengaja ingin menurunkannya. Kondisi ini membuat pesawat suatu saat berada dalam formasi “stall”, yaitu kehilangan gaya angkat aerodinamik karena “hidung pesawat terangkat terlalu tinggi” sementara kecepatan terlalu rendah (biasanya jika pesawat berada dalam kemiringan lebih dari 15 derajat untuk waktu cukup lama).

Asosiasi pilot di Amerika Serikat sempat mengkritik Boeing karena komunikasi yang tidak memadai.

Memang belum jelas apakah kecelakaan hari Minggu disebabkan oleh masalah teknis yang serupa atau terkait dengan karakteristik Boeing 737 MAX. Namun politik informasi Boeing bisa berakibat fatal bagi perusahaan maupun bagi nyawa penumpang dan awak pesawat.

Hari Senin (11/3) setelah kecelakaan Ethiopian Airlines Boeing menyatakan akan memperbaiki sesegera mungkin softwarenya untuk model 737 MAX 8 “dalam beberapa bulan ke depan.. untuk membuat pesawat yang sudah aman ini menjadi lebih aman lagi”.

(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ronaldo: Serie A Lebih Sulit Ketimbang Premier League dan LaLiga

TurinCristiano Ronaldo punya start oke di Serie A musim ini. Tapi, bagi Ronaldo, kompetisi saat ini lebih sulit ketimbang Premier League dan LaLiga.

Ronaldo memutuskan pindah ke Italia untuk bermain bagi Juventus musim panas lalu. Sejauh ini debut Ronaldo terbilang oke karena dia mampu bikin 19 gol dari 26 penampilan di seluruh kompetisi.

Pemain Portugal itu juga berperan membawa Juve berlari sendirian di puncak klasemen dengan keunggulan 18 poin atas Napoli di posisi kedua. Memang sejauh ini relatif tak ada hambatan untuk Ronaldo beradaptasi dengan Italia.

Meski demikian, yang terlihat tidak semudah apa yang dijalani Ronaldo di atas lapangan. Ronaldo menyebut dirinya harus lebih kerja keras untuk bisa mencetak gol dan juga meraih kemenangan di Italia. Ini disebabkan gaya defensif sebagian besar klub-klub Italia

“Saya beradaptasi dengan baik di Italia dan ini adalah liga paling sulit – paling sulit untuk para penyerang,” ujar Ronaldo seperti dikutip Sportskeeda.

“Ini liga yang paling sulit untuk sayas, penuh pemain berkualitas,” sambungnya.

“Saya kaget begitu banyak pemain berkualitas di Liga Italia, mereka sangat bagus.”

Ronaldo memang dikenal punya rasio gol yang luar biasa saat dia memperkuat Manchester United dan juga Real Madrid. Dia mencetak 118 gol dari 292 laga bersama MU dan 450 gol dari 438 laga bareng Madrid.

“Menurut saya segalanya berjalan dengan baik. Lebih sulit mencetak gol di Liga Italia ketimbang Liga Spanyol. Liga Spanyol lebih terbuka, tim-tim berani mengambil risiko. Di sini tidak begitu banyak.”

“Prioritas tim-tim di sini bertahan lalu menyerang. Tapi beda halnya dengan Spanyol. Permainan lebih terbuka di Spanyol. Liga Inggris di mana saya bermain selama lima tahun juga sama saja,” demikian Ronaldo.

(mrp/cas)

Masalah UMKM di RI: Minim Melek Teknologi hingga Sulit Akses Modal

Semarang – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bicara revolusi industri 4.0 di Indonesia. Menurutnya baru 5% UMKM di Indonesia yang go digital dan harus ditingkatkan untuk menghadapi era tersebut.

Budi Karya menjadi salah satu pembicara dalam Seminar dan Dialog Nasional bertajuk ‘Kesiapan UMKM dan Ekonomi Kerakyatan di Era Revolusi Industri 4.0’ yang digelar di Hotel PO Semarang. Selain sebagai Menhub, ia datang sebagai Ketua Koordinator Presidium Perhimpunan Perguruan Tinggi Negeri (Himpuni).

Dia menjelaskan UMKM di Indonesia menyerap 96% tenaga kerja dan berkontribusi 60% PDB (produk domestik bruto). Namun untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0 yang berbasis teknologi, maka perlu ada pengembangan karena baru 5% yang go digital.


“UMKM masih belum maksimal menggarap peluang digitalisasi. Hingga akhir 2018 baru 5% go digital,” kata Budi, Selasa (12/3/2019).

Menhub mencontohkan Korea Selatan sangat berkembang UMKM-nya dengan persentase mencapai 99,8% dan kebanyakan sudah melek teknologi.

“Bandingkan dengan Korea dan Jepang. Oleh karenannya, Himpuni, akademisi, semua berpikir bagaimana kita berusaha untuk menggalakkan fungsi digitalisasi dalam kegiatan UMKM,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Grup Inovasi Keuangan Digital dan Pengembangan Keuangan Mikro Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Triyono menambahkan, sebanyak 70% UMKM di Indonesia belum mendapatkan akses pembiayaan.

“Oleh karena butuh dukungan, di antaranya dengan bantuan biaya dengan pinjaman,” pungkas Triyono.

IKM go digital

Sementara itu di UTC Semarang digelar acara e-Smart IKM (industri kecil menengah), IKM Go Digital oleh Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA). Gati Wibawaningsih selaku Direktur Jenderal IKMA mengatakan pemanfaatan teknologi oleh UMKM di Indonesia memang masih tertinggal.

“Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam Making Indonesia 4.0 adalah UMKM yang tertinggal dalam pemanfaatan teknologi, melalui program ini, kami harap akan menjadi penghubung bagi IKM untuk belajar bagaimana menggunakan platform digital untuk meningkatkan daya saingnya,” kata Gati.

Pemanfaatan teknologi digital sangat potensial di Indonesia karena menurut Gati, dari data APJII menyebutkan tahun 2017 yang lalu pengguna internet di Indonesia mencapai 143,26 juta jiwa atau setara dengan 54,3 persen dari total penduduk Indonesia.

“Penetrasi penggunaan internet tersebut diharapkan juga dimanfaatkan untuk usaha-usaha produktif yang mendorong efisiensi dan perluasan akses seperti jual beli online,” jelasnya.

Gati menjelaskan, program e-Smart IKM sendiri diluncurkan oleh Kemenperin pada tahun 2017. Sampai dengan tahun 2018 sebanyak 5.945 IKM dari seluruh Indonesia turut serta dalam program tersebut dan membuahkan nilai transaksi sebesar Rp. 1,3 miliar, naik 773 persen dari nilai transaksi tahun sebelumnya yang hanya Rp 168 juta.

“Kami harap e-commerce menjadi gerbang bagi para pelaku IKM untuk melakukan transformasi digital. Setelah akses pasarnya diperluas melalui e-commerce, kemudian IKM akan membutuhkan promosi digital, sistem informasi digital, pembayaran digital, dan teknologi digital lainnya,” pungkasnya. (alg/hns)

Ranieri Sulit Menolak Tawaran Roma

RomaClaudio Ranieri resmi menjadi pelatih baru AS Roma. Dia mengaku sangat sulit untuk menolak tawaran yang datang dari Giallorossi.

Ranieri dikontrak jangka pendek hingga akhir musim ini oleh Roma, Jumat (8/3/2019) malam WIB. Giallorossi hanya butuh dua hari untuk mendapatkannya setelah menendang Eusebio Di Francesco.

Ranieri bukan sosok baru di Roma karena empat melatih tim pada 2009-2011. Pelatih berusia 67 tahun itu pun mengungkapkan bahwa tak mungkin baginya untuk menolak tim kota kelahirannya tersebut.

“Saya sangat bahagia bisa kembali ke rumah. Ketika Roma menghubungi Anda, mustahil untuk menolaknya,” tutur Ranieri di situs resmi klub.

Direktur Roma yang juga legenda klub, Francesco Totti, mengungkapkan alasan tim memilih Ranieri sebagai caretaker hingga akhir musim

“Claudio berasal dari kota ini, dia juga merupakan fans Roma tapi lebih dari itu, dia adalah salah satu pelatih paling berpengalaman di dunia sepakbola,” kata Totti.

“Apa yang kami butuhkan adalah sosok yang bisa membawa tim kembali ke empat besar dan memastikan bahwa kami akan kembali bermain di Liga Champions musim depan,” lanjutnya.

Setelah sempat mencapai semifinal Liga Champions musim lalu, Roma baru saja gugur di babak 16 besar usai dikalahkan Porto dengan agregat 3-4.

Tak hanya itu, performa Giallorossi di Serie A juga belum meyakinkan dan saat ini berada di peringkat kelima dengan 44 poin, berjarak tiga poin dengan Inter Milan di atasnya.

(mrp/nds)

Momen Sulit Rashford di Laga Melawan PSG: Menunggu Eksekusi Penalti

ParisManchester United ke perempatfinal setelah Marcus Rashford mencetak gol penalti di masa injury time. Menurutnya, momen menunggu untuk mengeksekusi penalti sangat sulit.

MU bertandang ke markas Paris Saint-Germain di Parc de Princes, Kamis (7/3/2019) dinihari WIB, pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, dalam posisi tertinggal 0-2.

Meski main di kandang lawan, MU berhasil menang 3-1. Hasil itu membuat agregat berubah menjadi 3-3, namun Setan Merah berhak ke perempatfinal setelah unggul gol tandang.


Kepastian lolosnya MU didapat pada masa injury time. PSG diganjar penalti setelah tembakan Diogo Dalot mengenai tangan Presnel Kimpembe.

Rashford maju sebagai eksekutor. Arah bola meluncur ke sisi atas gawang Gianluigi Buffon.

“Saya hanya berusaha tetap tenang. Itu adalah hal-hal yang Anda praktikkan setiap hari. Kami mendapat gol dan lolos ke babak berikutnya. Menunggu sebelum (eksekusi penalti) mungkin adalah hal yang paling sulit, tetapi itulah saat-saat Anda bermain,” kata Rashford seperti dikutip dari situs resmi UEFA.

Eksekusi penalti Marcus RashfordEksekusi penalti Marcus Rashford. (Foto: Julian Finney/Getty Images)

MU bertandang ke markas PSG tanpa banyak pemain berpengalaman. Seperti halnya Paul Pogba, Alexis Sanchez, Jesse Lingard, ampai Juan Mata.

“Segala sesuatu tampaknya melawan kami (sebelum pertandingan), tetapi kami sudah terbiasa dengan itu. Kami menunjukkan bagaimana kami hari ini dan mendapatkan hasil yang kami butuhkan,” tegasnya.

(ran/raw)

Ajax Sadar Sulit Pertahankan De Ligt dari Godaan Klub Besar

JakartaMatthijs De Ligt terus dihubungkan dengan beberapa klub top. Ajax sadar cepat atau lambat kapten timnya itu akan hengkang.

De Ligt merupakan lulusan akademi Ajax. Setelah debut bersama tim utama pada Agustus 2016 silam, kariernya terus mengalami progres.

Setelah 23 penampilan bersama tim utama pada musim pertamanya, bek yang kini berusia 19 tahun ini melahap 39 pertandingan di tahun berikutnya. Musim ini? De Ligt sudah tampil 38 kali di semua kompetisi.

Ajax bahkan menjadikannya kapten di usia yang semuda ini. Kemampuannya pun sudah mengundang minat tim-tim top seperti Manchester City, Manchester United, Barcelona, dan Juventus.

Direktur Keolahragaan Ajax Marc Overmars percaya De Ligt punya kualitas untuk bermain di tim top saat ini. Ajax sebenarnya ingin mempertahankan si pemain, tapi sadar takkan mampu menahan godaan klub-klub besar.

De Ligt sendiri masih terikat kontrak sampai 2021 mendatang.

“Matthijs bisa bermain di klub mana saja. Dia bisa dengan mudah bermain untuk satu dari enam tim terbaik di dunia,” jelas Overmars kepada AS dilansir Football Italia.

“Dia punya anugerah luar biasa. Dia punya kekuatan, mentalitas, dan berjiwa besar. Jika saya bekerja di tempat lain, saya akan melakukan segalanya untuk merekrut dia.”

“Kami sih tak perlu menjualnya. Kami tak butuh uang, tapi saya tahu dia akan bergabung dengan klub top. Kebiasaan menjual pemain-pemain terbaik? Kami sebenarnya tak mau melakukannya, tapi tak punya pilihan.”

“Tugas saya adalah menangani tim top. Tapi kami tak bisa mempertahankan para pemain jika Real Madrid atau Barcelona, tim yang bisa membuat Jasper Cillessen duduk di bangku cadangan selama empat tahun, datang mengetuk pintu,” lanjut legenda Belanda itu.
(raw/nds)

Mobil Tanpa Sopir Harus Bisa Menepi Jika Diberhentikan Polisi

Liputan6.com, Jakarta – Kendaraan autonomus alias tanpa sopir diyakini bakal benar-benar terjadi di masa depan. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum mobil otonom ini benar-benar menggantikan peran pengemudi manusia seperti yang ada saat ini.

Melansir Carscooops, Jumat (1/3/2019), salah satu hal yang paling sulit bagi pembuat mobil dan perusahaan teknologi, adalah memastikan kendaraan tanpa sopir dapat berinteraksi dengan lingkungan seperti yang dilakukan pengemudi manusia.

Membuat mobil tanpa sopir yang mampu berhenti saat lampu lalu lintas merah, masih cukup sederhana, begitu juga dengan mendeteksi pejalan kaki. Tapi, jika mobil tanpa sopir saat ditilang polisi bisa menepi seperti sesuatu yang tidak mungkin.

Sementara itu, berbicara soal fitur tersebut, Waymo telah bekerja keras untuk memastikan prototipe otonomnya dapat mengenali petugas polisi dan menanggapi berbagai permintaan.

Misalnya, pada Januari lalu, sebuah kendaraan uji Waymo berhenti di lampu merah yang gelap di Tempe, Arizona tak lama setelah listrik padam.

Seorang petugas polisi sedang berdiri di persimpangan mengatur lalu lintas, dan mobil menunggu sebelum melanjutkan perjalanan setelah dilambaikan oleh petugas.

Selain itu, Waymo juga telah mengembangkan perangkat lunak yang menginstruksikan kendaraannya untuk berhenti ketika mendeteksi lampu polisi berkedip di belakangnya.

2 dari 2 halaman

Mobil Nirsopir Mulai Antar Barang Belanjaan

Mobil tanpa sopir alias nirsopir bukan hanya isapan jempol semata. Bahkan sebuah perusahaan jaringan supermarket Kroger, bersama startup Nuro, menghadirkan mobil tanpa sopir yang mampu mengantarkan barang belanjaan konsumen hingga ke depan pintu rumah.

Proyek yang masih dalam program percontohan ini mulai beroperasi 16 Agustus 2018 dengan melibatkan Fry’s Food Store milik Kroger di East McDowell Road, Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat.

Dilansir thespoon.tech, Senin (20/8/2018), Konsumen bisa saja melakukan pemensanan dengan sentuhan jari. Sebab, pemesanan bisa melalui  frysfood.com atau aplikasi Fry.

Barang yang sudah terpesan dapat diatur jadwal pengirimannya, baik hari yang sama atau hari berikutnya, dengan biaya per pengiriman US$ 5,95 atau sekitar Rp 85 ribu tanpa batasan pesanan minimum.

Untuk sementara, armada nirsopir menggunakan Toyota Prius yang dibantu seseorang di belakang kemudi. Bagian kompartemen mobil dimodfikasi sedemikian rupa hingga mampu menampung enam kantong barang.