BPN Ajak Masyarakat Cek DPT di TPS untuk Sukseskan Pemilu

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mengajak masyarakat proaktif untuk memeriksa Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat sampai di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April mendatang. Ini untuk bersama-sama menjaga pemilu yang berkualitas.

Anggota Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait pengecekan DPT tersebut.

“Pagi tadi kita bertemu dengan KPU. KPU bersedia untuk mencoret data yang dianggap tidak benar,” kata Riza di Prabowo-Sandi Media Center, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, seperti dilansir Antara, Minggu 14 April 2019.

Dia pun mengimbau semua masyarakat untuk membantu BPN semua agar pemilu ini datanya berkualitas. “Untuk memastikan dalam setiap DPT dicek kembali dan nanti di setiap TPS saat hari pencoblosan untuk dicek bersama-sama,” lanjut dia.

Riza menegaskan, apa yang dilakukannya ini untuk kepentingan bersama dan ingin menjaga kualitas Pemilu 2019 yang jujur dan adil.

Sukseskan Pemilu, Polda Lampung Gelar Operasi Mantap Brata Krakatau 2019

Liputan6.com, Lampung – Jajaran Polda Lampung akan menggelar Operasi Mantap Brata Krakatau 2019 di lapangan Korpri Pemprov Lampung, Minggu (14/4/2019). Gelar pasukan bertujuan untuk menjaga Kamtibnas jelang dan saat Pemilu 2019 nanti yang digelar serentak pada 17 April 2019. Khususnya di TPS yang dinilai rawan.

Kabid Humas Polda Lampung AKBP Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, gelar pasukan juga dihadiri jajaran TNI dan petugas terkait lainnya. Hal ini juga untuk memudahkan koordinasi.

“Ya tujuannya agar sukses, aman, damai, dan sejuk,”kata Zahwani, Kamis (13/4/2019).

Kepolisian Daerah (Polda) Lampung akan mengerahkan sebanyak 8.000 personel guna mengamankan pemungutan suara Pemilu 2019 agar aman, damai, dan sejuk. Jumlah ini belum termasuk bantuan dari TNI.

“Untuk menciptakan kondisi pemilu aman, damai, dan sejuk, pada 17 April mendatang, Polri mengerahkan delapan ribu lebih personel dan dibantu 3.000 lebih aparat TNI,” tambah Dirbinmas Polda Lampung, Kombes Johni Soeroto, di Bandarlampung, dilansir Antara.

Polda Lampung, menyatakan kesiapannya untuk mengamankan Pemilu 2019, mulai dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Alumni SMA se-Surabaya Bakal Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf Amin

Surabaya – Dukungan alumni kepada paslon nomor 01 Jokowi-Maruf Amin bakal kembali digelar di Kota Surabaya. Kali ini alumni SMA Negeri dan swasta se-Surabaya direncanakan akan memberikan dukungan kepada capres petahana itu.

Ketua panitia alumni SMA Surabaya Oktavijanto Putro mengatakan saat ini pihaknya telah menampung sekitar 48 SMA yang ada di Kota Pahlawan. Mereka akan mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf.

“Cuma alumni ini kan macam-macam, ada yang sepuh angkatan 82 sampai dari angkatan yang baru kemarin lulus juga ada. Visinya sama kita dukung 01,” kata Oktavijanto kepada detikcom saat jumpa pers di salah satu rumah makan Jalan Musi, Surabaya, Minggu (24/2/2019).


Menurut Oktavijanto, dalam acara deklarasi alumni SMA nanti, pihaknya tidak membawa agenda politik apapun. Namun hanya berupa deklarasi dukungan kepada capres Jokowi yang dinilai berhasil membangun Indonesia.

“Menurut kami (Jokowi) yang pantas dan bersih. Jadi sudah sepemahaman dan sepemikiran kita mau sukseskan aja. Tidak ada agenda politik tapi kita punya pemahaman yang sama. terus kita akan ngundang Bapak Jokowi datang langsung,” beber pria alumnus SMA 5 itu.

Selain itu, target utama dari deklarasi itu nantinya bukan alumni, melainkan para pemilih milenial. Hal itu, kata Oktavijanto, disebabkan para pemilih milenial merupakan pemilih pemula.

“Sebenarnya target kita adalah pemilih milenial. Jadi, pemilih pertama milenial ini artinya mereka punya euphoria memilih itu seperti apa. Sebenarnya yang tua-tua itu cuman sepemahaman dan datang saja. Tapi target kita yang mileneal ini,” terangnya.

“Kalau pemilih baru itu bingung. Nah, ini ada 2 paslon kayak apa sih. Kita kasih tahu yang 01 itu seperti apa. Itu aja sebetulnya,” lanjutnya.

Oktavijanto mengatakan, lantaran targetnya pemilih milenial, maka nantinya acara yang digelar pada tanggal 10 Maret itu juga akan dikemas ala milenial. Rencananya, acara akan dihadiri Jokowi, hingga sejumlah tokoh milenial di Surabaya.

“Acaranya banyak. Ada unjuk kebolehan seperti DJ mini, terus ada atraksi, ada juga kaum difabel yang punya prestasi. Itu nanti pembicaranya bukan Pak Jokowi. Tapi ada Bu Risma, terus ada Emil Dardak, ada Khofifah terus ada menteri juga,” ujarnya.

“Dari NU ada juga. Jadi, mereka (pembicara) itu akan menyampaikan dari sudut pandang mereka yang akan disampaikan kepada para mileneal,” tandas Oktavijanto.
(mae/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Minat Warga Pasaman Barat Jadi Pengawas TPS Pemilu 2019, Tinggi

Liputan6.com, Simpang Empat – Minat masyarakat menjadi pengawas tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), cukup tinggi.

Salah satunya, dapat dilihat saat penerimaan calon pengawas TPS di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia. Sekitar 65 orang pelamar mendaftar, sementara hanya ada 49 orang yang akan diterima.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Anton Junaidi mengungkapkan soal minat masyarakat cukup tinggi menjadi pengawas TPS itu.

Menurut dia, tingginya partisipasi pendaftar juga dampak dari kegiatan jemput bola ke kampung dan sosialiasi menggunakan pengeras suara yang dilakukan oleh petugas panwaslu kecamatan beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, wilayah kerjanya Kecamatan Sasak, butuh 49 pengawas TPS.

“Seluruh berkas pelamar sudah berada ditangan petugas dan memasuki tahapan seleksi administrasi. Setelah lulus seleksi administrasi petugas akan melakukan wawancara,” ujar Anton di Simpang Empat, Minggu (24/2/2019), seperti dilansir Antara.

2 dari 3 halaman

Sambut Baik

Anton pun menyambut baik tingginya jumlah pelamar pengawas TPS. Sebab, kata dia, hal itu tentu sangat baik dalam rangka menyukseskan pemungutan suara pada 17 April 2019 nanti.

Setelah seleksi pengawas TPS akan mendapatkan pendidikan dan bimbingan teknis dan pelantikan oleh komisioner Bawaslu.

“Pembekalan bagi pengawas sangat perlu dalam rangka mengawasi TPS dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu,” ujar Anton.

Ia juga berharap nantinya petugas yang lulus dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Jaga independensi dan jika ada kecurangan segera laporkan. Mari sukseskan Pemilu nanti,” ucap Anton.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ikut Sukseskan Pariwisata Indonesia, Menpar Apresiasi PHRI

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sekaligus Ketua Umum Program Visit Wonderful Indonesia Haryadi B. Sukamdani. Apresiasi tersebut disampaikan karena berpartisipasi aktif menyukseskan pencapaian kunjungan wisatawan mancanegara.

“Hal ini perlu dipertahankan oleh PHRI, untuk memberikan pelayanan standar maksimal kepada para konsumen yaitu wisatawan,” ujar Arief Yahya saat Rakernas PHRI IV di Jakarta, Senin (11/2/2019), seperti dilansir Antara.

Menurut Arief, wisatawan mancanegara cenderung akan kembali ke sebuah destinasi jika mendapatkan pelayanan akomodasi yang baik. Aplaagi, jika ditunjang pengalamana berwisata yang berkesan.

Arief berharap PHRI terus mendukung pemerintah, sedangkan pemerintah akan terus bekerja melakukan promosi dan branding destinasi wisata di Tanah Air.

“Pemerintah akan bergerak sesuai ruang tugas pokok dan fungsi sekaligus ketentuan yang berlaku. Dan yang terpenting adalah industry lead government dan bukan sebaliknya,” kata Arief.

Dalam kesempatan itu, Hariyadi Sukamdani mengatakan sepanjang 2018 jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia sekitar 15,8 juta orang dan pergerakan wisatawan Nusantara sebanyak 265 juta. Target 20 juta wisman pada 2019, lanjut Hariyadi, harus disukseskan dengan strategi yang tepat.

“Tahun ini, kami mendukung pemerinth dengan membuat program-program untuk meningkatkan okupansi di bidang hotel atau restoran. Tidak hanya itu, kami juga membuat strategi untuk produk hot deals yang belum maksimal. Di samping kerja sama businss to business dengan maskapai dan travel online besar. Kami meyakin itu menjadi strategi yang ampuh untuk menggapai target 20 juta wisman,” harap Hariyadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini: