Lolos Parlemen Versi Kompas, Airlangga: Kelihatannya Golkar Sudah Menang

Selain Golkar, lima parpol yang elektabilitasnya berada di melebihi ambang batas masuk parlemen, yaitu PDIP 26,9 persen, Gerindra 17,0 persen, PKB 6,8 persen, Demokrat 4,6 persen, dan PKS 4,5 persen.

Sedangkan tujuh partai lainnya mendapat suara yang jauh di bawah ambang batas lolos ke parlemen sebesar 4 persen.

Dari survei itu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi partai baru yang paling tinggi resistansinya atau dengan kata lain paling ditolak masyarakat. Dengan elektabiltas 0,9 persen, resistansi masyarakat terhadap partai baru pimpinan Grace Natalie ini ditolak oleh 5,6 persen masyarakat.

Selanjutnya adalah Perindo dengan elektabilitas 1,5 persen, resistensinya 1,9 persen. Kemudian Berkarya elektabilitas 0,5 persen, resistensinya 1,3 persen. Selanjutnya, Garuda elektabilitas 0,2 persen, resistensinya 0,9 persen.

Selain survei mengenai resitensi parpol baru, survei Kompas juga menunjukkan Hanura, partai yang mempunyai kursi DPR 2014-2019, terancam gagal masuk Senayan karena elektabilitasnya hanya berkisar 0,9 persen.

Sementara partai lama yang tidak lolos parlemen pada 2014-2019 seperti PBB dan PKPI, berpotensi kembali gagal, karena elektabiltasnya masing-masing 0,4 persen dan 0,2 persen.

Survei juga menunjukkan partai-partai seperti Nasdem, PPP dan PAN belum aman. Sebab, dengan elektabilitas Nasdem (2,6 persen), PPP (2,7), PAN (2,9), masih dalam rentang margin of error dari ancaman ketidaklolosan ambang batas parlemen 4 persen.

Makna Paes Solo, Riasan Lucinta Luna yang Mengaku Sudah Menikah

Liputan6.com, Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari Lucinta Luna. Ia mengumumkan telah resmi menikah dengan pujaan hatinya, seorang pria asal Filipina melalui akun Instagram pribadi @lucintaluna pada Rabu, 20 Maret 2019.

Lucinta Luna tampak membagikan sebuah video singkat yang menampilkan dirinya duduk berdampingan dengan pasangannya. Ia mengenakan kebaya dengan riasan paes pengantin Jawa Solo.

Lantas, apa makna di balik riasan paes Solo pengantin Jawa? Melansir budayajawa.id, Rabu, 20 Maret 2019, paes merupakan riasan lekukan-lekukan di dahi perempuan yang biasanya berwarna hitam, namun pada pengantin adat solo basahan berwarna hijau.

Lekukan tersebut terbuat dari pidih yakni campuran malam atau sejenis lilin yang bersifat tidak kering tetapi juga tak meleleh. Paes dan hiasan pengantin lainnya mempunyai arti yaitu doa dan tuntunan untuk sang perempuan.

Sebut saja Gajahan, lekukan paling besar yang ada di tengah dahi yang memiliki makna harapan seorang perempuan akan ditinggikan derajatnya. Ada pula Pengapit yakni lekukan yang lebih runcing yang diibaratkan pengendali gajahan agar dapat berjalan lurus sehingga tak ada rintangan dalam kehidupan pernikahan.

Kemudian Penitis yang melambangkan segala sesuatu harus memiliki tujuan dan efektif. Godheg, lekukan menyerupai cambang ini melambangkan harapan agar kedua mempelai dapat bijaksana.

Tak hanya riasan paes, pada bagian tengah dahi pengantin perempuan juga dihias Cithak. Hiasan ini berbentuk belah ketupat menjadi simbol perempuan harus setia dan fokus.

Alis menjangan, bentuk alis pengantin Jawa yang dibuat bercabang dan terinspirasi dari tanduk rusa. Maknanya berasal dari hewan tersebut, di mana perempuan harus mempunyai tiga karakter Rusa yakni cerdik, anggun, dan cerdas.

Kemudian ada pula Sanggul bokor mengkurep yang bermakna harapan agar perempuan dapat mandiri dan bersyukur. Tak ketinggalan, Cundhuk Mentul, hiasan di atas kepala pengantin perempuan yang melambangkan harapan agar kehidupan pernikahan selalu disinari matahari.

Saksikan video pilihan di bawah:

Terkenal sebagai pedangdut berpenampilan seksi, Lucinta Luna kini berbalut busana tertutup lengkap dengan hijabnya

2.948 Paket Lelang Konstruksi Kementerian PUPR Sudah Terkontrak

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan proses serah terima jabatan (Sertijab) pembentukan Balai Pelaksanaan Barang dan Jasa (PBJ). Langkah ini dilakukan sebagai salah satu strategi pencegahan penyimpangan (fraud) dalam hal penyediaan barang dan jasa.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan, proses Sertijab ini turut dihadiri perwakilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan Agung, dan Lembaga Kebijakan Pengadaan barang/jasa Pemerintah (LKPP).

“Ada tiga nara sumber yang memberikan wawasan, dari KPK, kemudian Kejaksaan dan LKPP. Intinya tentu dalam rangka melakukan pengadaan barang dan jasa sesuai aturan,” ungkap dia di Gedung Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.

Sebagai informasi, keberadaan organisasi baru ini akan membuat proses pelelangan proyek infrastruktur di daerah tidak lagi dilakukan unit-unit organisasi di Kementerian PUPR, melainkan oleh Balai PBJ dibawah pembinaan dan supervisi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi.

Syarif menjelaskan, fungsi Balai PBJ ini sebenarnya masih sama seperti Unit Layanan Pengadaan (ULP) barang dan jasa yang ada sebelumnya. “Jadi sebenarnya yang dilakukan ULP dulu itu juga yang dilakukan oleh organisasi yang baru,” sebutnya.

Namun, ia menambahkan, masing-masing Balai PBJ yang ada di setiap provinsi punya wewenang untuk mengadakan proses lelang barang dan jasa dengan besaran angka yang berbeda.

“Berapa jumlah paket di provinsi? Tentu masing-masing berbeda, tidak akan sama. DKI (Jakarta) mungkin lebih besar dari daerah-daerah lain. Jadi tergantung dari jumlah paket yang ada di daerah itu,” tutur dia.

“(Balai PBJ daerah bisa untuk melelang paket diatas Rp 100 miliar?) Iya, memungkinkan sekali,” dia menambahkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Presiden Jokowi menyampaikan pidato Kenegaraan menyambut HUT Ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR dan DPD RI di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta.

BPN: Prabowo Sudah Jenguk Ahmad Dhani, Kapan Jokowi Besuk Rommy?

JakartaBadan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bicara soal pengaruh kasus dugaan korupsi eks Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) terhadap capres petahana Jokowi. BPN Prabowo-Sandiaga memprediksi elektabilitas Jokowi akan menurun karena kasus tersebut.

“Kalau setelah kasus Rommy, tentu (elektabilitas) Pak Jokowi semakin nyungsep karena menurun. Bagaimanapun Gus Rommy itu orang dekat presiden. Gus Rommy itu bukan hanya orang dekat presiden, teman dekat presiden, setiap minggu berkali-kali ketemu dengan presiden. Bahkan ketua umum partai politik pendukung presiden dan juga TKN Jokowi-Ma’ruf,” kata juru bicara BPN Andre Rosiade di Media Center BPN, Jalan Sriwijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).

Politikus Gerindra itu mempertanyakan kapan Jokowi menjenguk Rommy di tahanan. Andre kemudian membandingkan dengan sikap Prabowo-Sandiaga yang menjenguk Ahmad Dhani di penjara.

“Pertanyaan saya, ini pertanyaan publik, kan Ahmad Dhani orangnya Prabowo, timses ya, nah maka Prabowo datang. Kira-kira kapan Pak Jokowi besuk Gus Rommy? Kan ini orangnya Jokowi,” jelasnya.

“Lalu bahkan Gus Rommy suka membanggakan, Pak Jokowi loh yang bilang, ‘saya milenial dan lebih ganteng dari Sandi’. Masa udah sedekat ini hubungannya, Pak Jokowi nggak datang? Jangan habis manis sepah dibuang dong,” imbuhnya.

Andre menilai kegiatan Prabowo-Sandiaga menjenguk Ahmad Dhani merupakan bukti perhatian calon pemimpin. Dia lalu menyindir Jokowi sambil kembali mempertanyakan kapan Jokowi membesuk Rommy.

“Nah, lihat Prabowo. Dia datang besuk Ahmad Dhani, datang ke Surabaya, jauh loh. Bang Sandi dua kali datang ke Cipinang sama Surabaya. Menunjukkan apa? Pak Prabowo tunjukkan perhatian ke timsesnya dan beliau dekat secara personal dengan Dhani. Kita tahu Jokowi dekat secara personal dengan Rommy. Kira-kira kapan (menjenguk)? Jangan habis manis sepah dibuang,” ucapnya.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menegaskan penangkapan Rommy tidak mempengaruhi elektabilitas jagoan mereka. TKN menyebut kasus Rommy tidak terkait urusan Pilpres 2019.

“Kasus Rommy tidak akan mempengaruhi elektabilitas paslon 01 Jokowi-Ma’ruf. Masyarakat mengetahui bahwa itu adalah tindakan perorangan dan sama sekali tidak terkait pilpres,” kata Wakil Ketua TKN, Johnny G Plate kepada wartawan, Rabu (20/3).
(zak/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

500 Ribu Toko Kelontong dan Warung Sudah Jadi Mitra Bisnis Bukalapak

Bukalapak meresmikan kantor Research & Development di Surabaya pada Selasa (19/3/2019). Peresmian ini dihadiri oleh CEO dan Founder Bukalapak Achmad Zaky, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan istri Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim), Arumi Bachsin.

“Peresmian kantor Research & Development ini diharapkan dapat menjadi inspirasi serta katalis untuk merealisasikan potensi Surabaya sebagai Kota Pahlawan Digital,” tutur CEO dan Founder Bukalapak, Achmad Zaky.

Dia menuturkan, Surabaya merupakan kota kedua yang menjadi lokasi kantor Research & Development dari Bukalapak

“Dengan potensi talenta berkualitas lulusan perguruan tinggi sebanyak 132.196 dari perguruan tinggi negeri dan swasta, serta sebanyak 382 program studi teknik di seluruh perguruan tinggi swasta di Jawa Timur. Bukalapak percaya dapat menjadi sarana bagi SDM Indonesia menelurkan inovasi–inovasi kelas dunia,” ujarnya.

Menurutnya, Surabaya memiliki potensi talenta yang sangat besar untuk menjadi Kota Pahlawan Digital. Di Bukalapak sendiri terdapat banyak talenta lulusan dari universitas di Jawa Timur, yakni 52% dari talenta-talenta tersebut berkarya di bidang IT sebagai engineer.

“Saya juga berharap Bukalapak Research & Development di Surabaya ini bisa menjadi wadah arek–arek Suroboyo berkarya dan berinovasi untuk siap bertumbuh menghadapi kompetisi teknologi global,” tuturnya.

Kantor Research & Development Bukalapak Surabaya berlokasi di salah satu gedung ikonik Surabaya, Gedung Graha Pena. Dibangun seluas 2.379 m2, kantor ini terdiri dari tiga lantai dan dapat mengakomodir lebih dari 250 karyawan.

Konsep kantor ini adalah flexiblefun, and agile collaborations. Kantor ini menyediakan berbagai fasilitas menarik yang diharapkan dapat semakin memicu kreativitas dan mendorong lahirnya ide-ide baru yang inovatif, seperti fun roomhallsleeping podsnursery room dan zen pods.

Selain menjadi ruang kerja, kantor Research & Development Bukalapak juga ditujukan menjadi wadah dan sarana berbagi ilmu dengan komunitas sekitar untuk menciptakan ekosistem digital yang semakin maju dan berkelas global.

Muslim di Selandia Baru Sudah Lama Jadi Sasaran Supremasi Kulit Putih

Christchurch

Menteri Hukum Selandia Baru Andrew Little mengakui rencana penanganan kelompok ekstremis supremasi kulit putih belum rampung ketika terjadi serangan teror di Christchurch pekan lalu.

Sasaran Kebencian:

  • Masyarakat Muslim berharap pihak berwajib memantau kelompok ekstremis supremasi kulit putih di Selandia Baru
  • Mantan politisi membenarkan adanya kelalaian pihak intelijen
  • Respon masyarakat Selandia Baru atas serangan teror memulihkan kepercayaan diri umat Islam di sana

Dalam wawancara dengan media setempat, Andrew Little menjelaskan baru pada tahun lalu pihak Security Intelligence Service (SIS) melakukan penanganan kelompok kanan yang mulai bermunculan.

Pernyataan Menteri Little tidak mengejutkan umat Islam di Selandia Baru. Mereka selama ini sudah merasakan bahwa ancaman kelompok nasionalis kulit putih belum ditangani secara baik.

Seorang warga keturunan Eritrea Ibrahim Omer menyatakan, umat Islam terlalu diawasi oleh pihak berwajib, sedangkan kelompok ekstrimis kulit putih pada umumnya diabaikan.

Menurut dia, jika komentar-komentar pelaku penembakan tersebut disampaikan oleh orang Islam, pihak berwajib pasti akan menanggapinya secara serius.

“Saya yakin orang Islam yang berkomentar [soal kekerasan] seperti dia pasti akan mendapat masalah,” katanya kepada ABC.

A man standing in front of a table with a sombre expression.
Warga Selandia Baru asal Eritrea Ibrahim Omer menilai umat Islam terlalu diawasi sementara ekstremis supremasi kulit putih diabaikan. (ABC News: Tobias Hunt)

Menurut Omer, sudah banyak warga Muslim melapor ke polisi karena menjadi sasaran ekstremis supremasi kulit putih di Kota Wellington dan sekitarnya. Baik pelecehan secara online maupun di jalanan.

Dia mengaku mendengar banyak orang Islam setempat yang dikejar-kejar kelompok supremasi kulit putih yang penuh kebencian dan rasis.

“Sejumlah wanita juga diteriaki agar pulang kembali ke negara asalnya,” ujar Omer.

“Kadang juga jilbab mereka ditarik sampai lepas,” katanya.

“Kami sudah tahu ada masalah sebelum serangan itu. Tapi kami tak menyangka akan sebesar ini,” tambahnya.

Hal ini dialami warga keturunan Somalia Adam Awad. Dia pindah ke Selandia Baru sejak 2001 dan kini dikaruniai empat anak.

Awad berharap kelompok supremasi kulit putih di Selandia Baru mendapat pengawasan lebih ketat.

“Kebencian mereka sangat kuat. Hal ini sudah rahasia umum di Wellington dan di seluruh negeri ini,” ujanrya.

“Kami menjadi sasaran. Diteriaki ‘kembali ke tempat asalmu’. Anak-anak dan keluargaku banyak mengalaminya,” kata Awad.

Menurut Awad, orang-orang tersebut hidup secara terbuka di sekitar mereka.

“Mereka melecehkan orang di supermarket, bahkan di tempat olahraga,” katanya.

Pelecehan ini, katanya, juga sudah sering disampaikan sejumlah jamaah masjid.

“Orang Islam dimonitor secara agresif, tapi para ekstremis sayap kanan tidak diawasi,” ujarnya.

A man sitting in a living room with a smile on his face.
Mantan politisi Peter Dunne mendesak perlunya evaluasi terhadap badan intelijen Selandia Baru. (ABC News: Tobias Hunt)

Mantan politisi Peter Dunne menyatakan perhatian terhadap aktivitas kelompok ekstremis sayap kanan sangat kurang selama ini.

“Saya tak mengatakan mereka tidak diawasi. Tapi sejauh ini belum pernah ada laporan tentang hal itu,” katanya.

Meski demikian, Ibrahim Omer mengaku masih memiliki kepercayaan pada masyarakat Selandia Baru.

“Ketika jadi sasaran kebencian, saya bertanya-tanya apakah masih akan tinggal di Selandia Baru karena saya kira orang-orang seperti itu ada di mana-mana,” katanya.

“Kemudian hal ini terjadi. Kami melihat reaksi masyarakat sini, dukungan mereka. Mereka datang ke masjid dan menangis,” tuturnya.

“Mereka yang belum pernah berhubungan dengan orang Islam atau melihat masjid sama sekali, datang ke masjid, menangis bersama kami, berduka dengan kami,” kata Omer.

Hal itu, katanya, yang menjadikan dirinya yakin masih adanya toleransi masyarakat Selandia Baru.

Ikuti juga berita lainnya dari ABC Australia.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Aturan Ojol Sudah Terbit, Tarif Masih ‘Digantung’

Jakarta – Pemerintah lewat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya merilis aturan untuk ojek online alias ojol. Dengan begitu, ojol punya payung hukum untuk operasi.

Aturan ojol tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Regulasi ini mengatur sejumlah aspek seperti keselamatan, kemitraan, suspensi, dan biaya jasa atau sederhananya disebut tarif. Payung hukum diharapkan mengakomodasi sejumlah kepentingan, dari sopir atau driver, aplikator, hingga konsumen.

Meski aturan ini memuat tarif, tapi aturan itu belum memuat secara detil tarif ojol. Berikut berita selengkapnya dirangkum detikFinance:

(ang/ang)

Penyebar Hoax Surat Suara Sudah Dicoblos 01 di Sumut Diciduk Polisi!

Medan – Polisi menangkap pelaku penyebaran hoax surat suara di Sumatera Utara (Sumut). yang sudah tercoblos di nomor 01. Pelaku berinisial UR itu ditangkap di wilayah Jawa Barat (Jabar).

Dilansir Antara, Rabu (20/3/2019), Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, membenarkan penangkapan terhadap pelaku hoax tersebut. UR merupakan warga daerah Jabar.

“Akun yang digunakan tersangka untuk menyebar video hoax tersebut adalah akun palsu.selama ini akunnya selalu berubah-ubah,” ujar Nainggolan.

Ia mengemukakan, penangkapan itu dilakukan setelah petugas melakukan penyelidikan dan menelusuri pertemanan di akun Facebook penyebar hoax itu. Dari pertemanan itu ditelusuri, kemudian dijebak dan tersangka berhasil diringkus.

“Jadi menangkap tersangka yang kasusnya seperti itu, tidak mudah,” ucap dia.

Nainggolan menyebutkan, saat ini tersangka UR telah berada di Polda Sumut, dan dilakukan penahanan. Penyidik masih melakukan pemeriksaan intensif untuk mengetahui motif tersangka menyebarkan video hoax yang menuding KPU Sumut berbuat curang.

“Kalau motifnya masih diselidiki Polda Sumut,” kata dia.

Sebelumnya, KPU Sumut dan Medan melaporkan video hoax surat suara 01 sudah tercoblos ke Mapolda Sumut, pada Minggu (3/3). Laporan tersebut dibuat karena video itu dianggap dapat memprovokasi dan menjelekkan nama baik KPU sebagai penyelenggara Pemilu.

Video hoax tersebut diketahui diposting oleh akun Facebook atas nama Muhammad Adrian dan Kusmana. Dalam postingannya, Adrian menambahi keterangan yang bernada provokatif.

“Memang keparat KPU Sumut, surat suara sudah tercoblos 01 semua,” bunyi postingan pelaku.
(rvk/fai)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Melempar Telur ke Politisi Sudah Lama Jadi Tradisi di Australia

MelbourneRekaman video aksi remaja asal Melbourne mengepruk telur ke kepala Senator Fraser Anning telah menyebar ke seluruh dunia. Tapi di Australia, hal seperti itu bukan yang pertama kalinya terjadi.

Politisi kontroversial selalu ada di setiap era. Dan melemparinya dengan telur, sayuran atau buah busuk, sudah menjadi ungkapan protes politik sejak lama.

“Melempari politisi dengan telur jelas punya tradisi di Australia,” ujar sosiolog Julie Conway kepada ABC.

Dia merujuk ke peristiwa di tahun 1917, ketika Perdana Menteri Billy Hughes saat itu melakukan kunjungan di Kota Warwick, Queensland.

Sang perdana menteri sedang berpidato tentang perlunya wajib militer, yang banyak ditentang, ketika dua bersaudara Pat dan Bart Brosnan, melemparinya telur.

Kedua pelaku merupakan keturunan Irlandia dan sepupu mereka merupakan nenek dari sosiolog Julie Conway.

“Hughes menggunakan insiden pelemparan telur itu untuk menjelek-jelekkan orang Australia keturunan Irlandia,” kata Conway.

Usai dilempari telur, konon PM Hughes memerintahkan seorang polisi setempat agar menangkap pelaku, namun polisi tersebut malah menjawab “Anda tidak memiliki yurisdiksi di sini”.

PM Hughes begitu geramnya sehingga belakangan dia membentuk satuan kepolisiannya sendiri, Angkatan Kepolisian Persemakmuran, yang jadi cikal-bakal Kepolisian Federal Australia (AFP).

PM Hughes sudah beberapa kali dilempari telur busuk sebelumnya. Karena itu konon dia selalu membawa pistol untuk berjaga-jaga.

Lemparan telur dari Brosnan bersaudara begitu kerasnya sampai membuat topi koboi yang dikenakan PM Hughes terlempar dari kepalanya.

Untung saja ketika kejadian sang perdana menteri lupa membawa pistolnya, karena secara tak sengaja ketinggalan di kereta api yang membawanya ke sana.

Menurut Conway, ada kesamaan antara apa yang terjadi di tahun 1917 dan 2019.

“Bahasa yang digunakan oleh politisi pada tahun 1917 hari ini digunakan untuk menjelekkan warga Muslim Australia dan para pencari suaka,” katanya.

“Pasti ada cara lebih baik untuk mengekspresikan diri. Leluhur saya itu tidak suka menulis, maka telur jadi cara mengekspresikan pendapat mereka,” paparnya.

Dalam dunia politik Australia di dekade kedua abad ke-20 tersebut, benda-benda yang dilemparkan dalam demonstrasi politik sangat beragam. Ada juga yang melemparkan kentang. Tapi telur selalu jadi favorit.

Conway berpendapat bahwa pelemparan telur merupakan ekspresi dari sikap mengabaikan dan menghina.

“Jelas itu penghinaan kepada Billy Hughes di tahun 1917. Dia politisi yang sangat memecah-belah masyarakat,” ujarnya.

Insiden Warwick tahun lalu diperingati dengan berbagai atraksi, mulai dari peragaan ulang pidato perdana menteri hingga perlombaan telur-dan-sendok.
Portrait photo of a man in a suit and a fancy hat walking along the sidewalk with a cigar in his mouth.
Perdana Menteri Australia ke-7 Billy Hughes, dilempari telur saat berpidato tentang wajib militer.
(Supplied: Libraries Australia)

Setelah kejadian yang menimpa Senator Fraser Anning di Melbourne, polisi setempat menyatakan akan memeriksa semua pihak terkait, baik pelaku maupun sang senator.

Namun remaja usia 17 tahun tersebut mendapat banyak dukungan bukan hanya di Australia tapi juga dari seluruh dunia.

Ada yang bahkan menawarinya mobil Ferrari dan diajak liburan ke Turki dengan fasilitas liburan bintang 5.

Di dalam negeri, dia diusulkan mendapat pengharagaan Australian of the Year. Website penggalangan dana baginya sejauh ini telah mengumpulkan $ 47.000 (Rp 470 juta).

Dr Tim Dean, pakar filsafat dari University of Sydney, menyatakan sebaiknya kita hati-hati jangan sampai menolerir segala bentuk kekerasan politik, terlepas seberapa kecilnya.

Dia mengatakan meski pernyataan Senator Anning harus dikecam, namun kekerasan seharusnya hanya digunakan sebagai pertahanan atau jika tidak ada alternatif lain.

Dr Dean menjelaskan meski melempari politisi dengan telur jadi tradisi politik, namun sebenarnya jarang mencapai tujuan yang konstruktif.

Profesor John Uhr, pakar politik dari Australian National University, menyebutkan remaja Melbourne itu bertindak gegabah dengan mengeprukkan telur ke kepala Anning.

Padahal, jika dilemparkan dari jarak tertentu, katanya, tindakan ini akan tampak kurang keras.

“Secara harafiah dia itu memukul si senator,” kata Profesor Uhr kepada ABC.

Namun dia menjelaskan pujian banyak pihak untuk tindakan remaja yang dijuluki “Egg Boy” itu jelas terkait dengan reputasi senator Anning sendiri.

Ikuti juga berita lainnya dari ABC Indonesia



(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Polisi Sudah Periksa 10 Saksi di Kasus Ramyadjie Priambodo

JakartaRamyadjie Priambodo (RP) ditangkap polisi dalam kasus pembobolan rekening modus skimming. Sepuluh orang saksi sudah diperiksa polisi terkait kasus itu.

“10 orang saksi sudah kita periksa,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Polisi masih menyelidiki kasus tersebut. Untuk tersangka, Argo mengatakan Ramyadjie berperan seorang diri.

Dalam kasus ini, polisi saat ini sedang menyusun berkas perkasa kasus untuk diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Penyerahan berkas nantinya agar kasus tersebut dapat segera disidangkan.

“Saat ini kita sedang pemberkasan penyelesaian berkas perkara,” jelas Argo.

Ramyadjie ditangkap polisi di sebuah apartemen di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, pada 26 Februari 2019. Polisi menangkapnya setelah menyelidiki laporan dari pihak bank yang menjadi korban pembobolan rekening.

Dari tangan tersangka, polisi menyita berbagai barang bukti. Mulai dari kartu-kartu ATM hingga mesin ATM disita darinya.
(gbr/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>