Penyebab Inflasi dan Pentingnya Kestabilan Harga di Suatu Negara

Adanya inflasi dapat berpengaruh terhadap masyarakat dan perekonomian suatu negara. Bagi masyarakat umum, inflasi menjadi perhatian karena inflasi langsung berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup, dan bagi dunia usaha laju inflasi merupakan faktor yang sangat penting dalam membuat berbagai keputusan.

Inflasi juga menjadi perhatian pemerintah dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengingat pengaruhnya yang sangat luas terhadap kehidupan masyarakat, maka setiap negara, melalui otoritas moneter atau bank sentral, senantiasa berusaha untuk dapat mengendalikan laju inflasi agar tetap rendah dan stabil.

Di Indonesia, Bank Indonesia sebagai bank sentral merupakan lembaga yang mendapat mandat dari undang-undang untuk mengendalikan laju inflasi. Dilansir dari Bank Indonesia, 3 alasan pentingnya kestabilan harga sebagai berikut:

1. Pertama, inflasi yang tinggi akan menyebabkan pendapatan riil masyarakat akan terus turun sehingga standar hidup dari masyarakat turun.

2. Kedua, inflasi yang tidak stabil akan menciptakan ketidakpastian bagi pelaku ekonomi dalam mengambil keputusan. Inflasi yang tidak stabil akan menyulitkan keputusan masyarakat dalam melakukan konsumsi, investasi, dan produksi, yang pada akhirnya akan menurunkan pertumbuhan ekonomi.

3. Ketiga, tingkat inflasi domestik yang lebih tinggi dibanding dengan tingkat inflasi di negara tetangga menjadikan tingkat bunga domestik riil menjadi tidak kompetitif sehingga dapat memberikan tekanan pada nilai rupiah.

Didukung Ulama Se-Indonesia, Ma’ruf: Ini Suatu Keberkahan

Jakarta – Cawapres nomor urut 02, KH Ma’ruf Amin, menghadiri doa bersama ulama dan habib se-Indonesia. Ma’ruf mendapatkan dukungan doa jelang debat cawapres Pilpres 2019.

Pantauan detikcom, kegiatan tersebut dihelat di Jalan Kemang Utara Raya nomor 63, Kemang, Jakarta Selatan. Acara tersebut dihadiri sekitar 300 ulama dan para santri dari Aceh hingga Papua. Ma’ruf tampak mengenalan jas, sarung, dan peci.

Kegiatan diawali dengan salat magrib berjemaah. Setelah salat, sejumlah ulama yang hadir memberikan sambutan. Kemudian, Ma’ruf mengakhiri acara dengan berpidato.
“Malam ini saya jadi tamu di tempat ini, karena saya diundang bersama-sama para ulama, dari seluruh Indonesia yang berkumpul untuk mendoakan, ketenangan, kebutuhan, kedamaian, untuk NKRI,” ujar Ma’ruf Amin di lokasi, Sabtu (16/3/2019).

Ma'ruf mendapatkan dukungan jelang debat pilpres 2019Ma’ruf mendapatkan dukungan di pilpres 2019. Para ulama juga mendiakan Pilpres 2019 berjalan aman (Foto: Isal Mawardi/detikcom)

Para ulama, kata Ma’ruf, juga berdoa untuk kedamaian pergelaran Pilpres 2019. Termasuk mendoakan kemenangan Jokowi-Ma’ruf.

“Saya kira ini suatu keberkahan, juga supaya dalam Pilpres ini berjalan aman tentram tidak ada apa-apa. Termasuk juga dalam perdebatan tersebut berjalan aman tidak ada masalah dan mereka (para ulama) mendoakan Pak Jokowi dengan saya supaya memilih dan mendukung, bahwa mereka mendukung Pak Jokowi dengan saya,” ujar Ma’ruf.

“Tidak ada agenda khusus. Mereka (para ulama) memang yang terkumpul, berzikir, menyampaikan pendapatnya, dan pendapatnya sama tidak ada yang berbeda. Karena itu saya terima kasih, untuk negara dan bangsa, dan untuk Pak Jokowi dengan saya,” lanjut Ma’ruf.
(jbr/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Massa FUI Persoalkan Hotel Tempat Tabulasi Suara, Ini Jawaban KPU

Jakarta – Sejumlah hal disoroti massa Forum Umat Islam (FUI) saat audiensi dengan KPU, termasuk soal tabulasi suara di salah satu hotel. KPU kemudian menjelaskan alasannya.

Pertanyaan itu diajukan oleh Sekretaris PA 212, Bernard Abdul Jabbar. Dia menyebut selama bertahun-tahun, KPU selalu melakukan tabulasi suara di suatu hotel di Jakarta Pusat.

“Tentang masalah tabulasi KPU. Kenapa selama ini, selama bertahun-tahun, tabulasi KPU itu kok selalu di Hotel Borobudur. Ada apa ini di Hotel Borobudur. Karena sepengetahuan informasi saya, ada sesuatu yang disembunyikan di Hotel Borobudur. Masalah tabulasi suara dan punya siapa itu hotelnya. Lah ini perlu kami tanyakan ke KPU,” kata Bernard di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

“Kami juga dapat informasi dari pegawai hotel yang bekerja di sana bahwa ini ada sesuatu yang disembunyikan di Borobudur itu. Kenapa nggak cari tempat lainnya?” sambungnya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang hadir di audiensi itu lalu memberi penjelasan. Dia mengatakan tidak ada preferensi khusus dari KPU untuk memilih hotel saat tabulasi suara. Pada tahun 2014 lalu, Wahyu menyebut tabulasi suara berlangsung di Kantor KPU.

“Terkait tabulasi, ini ada Pak Sekjen, memang kita perlu ganti suasana, Pak, jangan Hotel Borobudur terus. 2014 tabulasi di kantor KPU. Kemudian tidak menutup kemungkinan nanti juga mudah, Pak, untuk dipindah dari Hotel Borobudur,” jawab Wahyu.

“Wong kita bayar, Pak, bisa di manapun sepanjang memang kualifikasinya memenuhi syarat,” sambungnya.

Wahyu menegaskan bahwa hasil akhir Pemilu bukan ditentukan perhitungan IT melainkan kertas. Hasil penghitungan suara dari TPS hingga tingkat nasional dilakukan di kertas.

“Tabulasi itu bukan hasil resmi KPU, hasil resminya ya melalui rapat pleno,” kata Wahyu.

(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Bersyukur Kepada Tuhan, Bisa Bahagia dan Merasa Hidup Cukup

Liputan6.com, Jakarta Di kehidupan sehari-hari, terdapat dua hal yang datang silih berganti sebagi pelengkap hidup yaitu kesenangan dan kesusahan. Karena tak ada orang yang selamanya senang atau susah terus menerus.   

Di saat Anda merasakan kesenangan, diharapkan untuk selalu bersyukur dan ingat di mana dulu pernah merasakan susah. Begitu juga saat merasakan kesusahan. Maka ingatlah bahwa akan datang kesenangan.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” – (QS Alam Nasyrah : 5 – 6).

Saat Anda sedang di masa-masa sulit, selalu ingatlah kepada Allah SWT. Karena Allah berfirman:

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (QS Al Baqarah : 152)

Banyak nikmat yang dianugerahkan Tuhan kepada umat-Nya yang merupakan pemberian yang terus menerus dan bermacam-macam bentuknya, baik lahir maupun batin.

2 dari 5 halaman

Pengertian Beryukur

Bersyukur merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk berterima kasih atas segala limpahan nikmat yang telah Tuhan berikan.

Istilah syukur sendiri menurut agama, sebagaimana yang telah diajabarkan oleh Ibnul Qayyim:

“Syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.” (Madarijus Salikin, 2/244).

Lawan dari syukur sendiri adalah kufur nikmat, yaitu sifat enggan untuk menyadari atau bahkan mengingkari bahwa nikmat yang telah didapatkan adalah dari Allah Ta’ala.

Oleh karena itu, selalu bersyukur saat Anda sedang diberi nikmat oleh Allah SWT, tidak memandang nikmat itu banyak atau sedikit. Karena orang yang selalu bersyukur niscaya Tuhan akan menambah kenikmatan tersebut.

Hal ini sebagaimana firman Tuhan di dalam QS Ibrahim ayat 7 yang memiliki arti:

“Barang siapa yang bersyukur atas nikmatku kata Allah, niscaya aku akan menambahn nikmat itu. Akan tetapi barang siapa yang kufur atas nikmat Ku kata Allah, maka azab ku sangatlah pedih.”

3 dari 5 halaman

Beryukur adalah salah satu dari ibadah

Tuhan dalam banyak ayat di Al-Quran memerintahkan manusia untuk bersyukur kepada-Nya. Maka syukur adalah ibadah dan bentuk ketaatan atas perintah Allah SWT. Allah SWAT pun berfirman:

“Ingatlah kepada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian. Bersyukurlah kepada-Ku janganlah ingkar.” (QS. Al Baqarah:152).

Tuhan juga berfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah” (QS. Al Baqarah:172).

4 dari 5 halaman

Cara Agar Bisa Bersyukur

1. Senantiasa berterima kasih kepada orang lain

Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Tuhan adalah dengan berterima kasih kepada manusia yang telah menjadi perantara sampainya nikmat Allah pada Anda.

2.  Merenungkan nikmat-nikmat Tuhan

Di dalam Al Qur’an sering kali Tuhan menggugah hati manusia, bahwa ternyata banyak sekali nikmat yang dilimpahkan-Nya sejak umat manusia datang ke Bumi, agar sadar dan bersyukur kepada Allah SWT. Tuhan pun berfirman:

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur”. (QS. An-NAhl:78).

3. Qana’ah

Coba untuk selalu merasa cukup atas nikmat yang ada pada diri Anda. Hal ini akan membuat Anda selalu bersyukur kepada Allah SWT. Sebaliknya, saat Anda senantiasa merasa tidak puas, selalu merasa kekurangan, merasa Allah tidak pernah memberi kenikmatan padanya sedikitpun, maka begini Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“JAdilah orang yang wara’, maka engkau akan menjadi hamba yang paling berbakti. Jadilah orang yang qana’ah, maka engkau akan menjadi hamba yang paling bersyukur”. (HR. Ibnu Majah no.3417, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

4. Sujud Syukur

Salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur adalah dengan melakukan sujud syukur.

5.  Berdzikir

Merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Ada beberapa dzikir tertentu yang diajarkan oleh Rasulullah khusus mengungkapkan rasa syukur Anda kepada Allah Swt.

5 dari 5 halaman

Cara Bersyukur Kepada Tuhan

Bersyukur kepada Tuhan dapat dilakukan dengan empat cara. 

1. Bersyukur dengan Lisan

Cara bersyukur kepada Tuhan pertama yaitu dengan mengucapkan ‘Alhamdulillah’ adalah hal minimal yang bisa dilakukan. Bila hati seseorang telah sangat yakin bahwa segala nikmat berasal dari Allah SWT. Anda akan mengucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

Oleh karena itu, saat Anda mendapatkan nikmat dari seseorang, maka lisan tetap harus memuji Tuhan. Karena tanpa disadari, orang tersebut merupakan perantara Tuhan yang sengaja didatangkan untuk Anda.

2. Bersyukur dengan Hati

Cara bersyukur kepada Tuhan yang kedua adalah Anda perlu menyadari bahwa segala nikmat dan rezeki yang didapatkan semata-mata merupakan karunia dan kemurahan dari Tuhan.

Cara bersyukur kepada Tuhan dengan hati bisa membawa seseorang kepada sikap untuk menerima karunia-Nya.

3. Bersyukur dengan Tindakan

Aktivitas fisik atau perbuatan nyata terkait bersyukur bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Baik melibatkan orang lain atau hanya melibatkan diri sendiri.

Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa Tuhan sangat suka melihat nikmat yang diberikan kepada hamba-Nya dengan cara dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Sesungguhnya Allah SWT senang melihat atsar (bekas/wujud) nikmat-Nya pada hamba-Nya,” sabda Rasulullah.

4. Merawat Kenikmatan

Saat Anda mendapatkan nikmat dari tuhan, usahakan untuk merawatnya agar tidak rusak. Hal ini seperti menjaga amanah dari Allah SWT. Misalnya saja Anda bisa tetap menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Merawat kenikmatan ini merupakan bentuk rasa syukur karena telah diberikan tubuh yang sehat oleh tuhan.

Theresa May: Inggris akan Keluar dari Uni Eropa Sesuai Jadwal

Liputan6.com, London – PM Inggris Theresa May menyatakan bahwa Inggris akan keluar dari Uni Eropa dengan perjanjian yang menguntungkan, sesuai jadwal bulan depan.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Jumat (1/3/2019) Perdana Menteri Theresa May mengatakan hari Rabu (27/2) bahwa Inggris akan keluar dari Uni Eropa sesuai jadwal bulan depan, walaupun ada isyarat ia akan memungkinkan diadakannya pemungutan suara untuk menunda langkah Brexit itu.

May agaknya setuju dengan tekanan dari partai konservatif, dan akan mengizinkan pemungutan suara untuk menunda keluarnya Inggris tanggal 29 Maret dari Uni Eropa, kalau DPR tidak setuju.

Tapi May secara pribadi menentang ditundanya batas waktu itu dan mengatakan Inggris akan tetap keluar dari Uni Eropa kalau DPR berani dan tegas.

Kata May dalam tulisan yang dimuat harian Daily Mail, perundingan dengan Eropa untuk mengubah syarat-syarat Brexit supaya bisa diterima oleh DPR “telah mulai mendapat hasil.”

Parlemen Inggris dengan perbandingan suara yang sangat besar bulan lalu menolak perjanjian yang dicapai May dengan Uni Eropa, tentang jaminan untuk tetap membuka perbatasan

Inggris di Irlandia Utara dengan Irlandia, yang merupakan anggota Uni Eropa.

Tapi Uni Eropa mengatakan perjanjian yang dicapai dengan Inggris itu tidak bisa diubah lagi, walaupun perunding Eropa terus mengadakan pertemuan dengan jaksa agung Inggris tentang perbatasan dengan Irlandia itu hanyalah suatu langkah sementara.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Upaya Theresa May

Kemarin, Theresa May setuju bahwa DPR harus diberi kekuasaan lebih luas untuk mencegah anggota yang pro-Uni Eropa keluar dari pemerintahannya.

Ia mengatakan bahwa DPR akan mengadakan pemungutan suara sebelum tanggal 12 Maret. Kalau DPR menolak, akan diadakan pemungutan suara lagi untuk menentukan apakah Inggris akan keluar dari Uni Eropa atau menundanya selama tiga bulan lagi.

Langkah May itu membuat marah para anggota DPR yang pro-Brexit, yang khawatir tiap penundaan akan menjurus pada tidak jadinya Inggris keluar dari kelompok itu.

Kelompok yang setuju dengan Brexit mengatakan, perjanjian tentang perbatasan dengan Irlandia itu akan terus mengikat Inggris dengan perjanjian perdagangan Eropa, dan karenanya tidak akan bisa membuat perjanjian baru dengan negara lain.

Wiranto: Pilih Pemimpin Harus yang Punya Pengalaman

Liputan6.com, Batam – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan perbedaan pilihan dalam pemilu jangan sampai merusak persatuan.

“Pilihan boleh beda tetapi persatuan harus terjaga. Kalau pilihan beda tidak ada pemilu, sistem suatu negara demokrasi harus pemilu,” kata Wiranto di Batam, Kamis (28/2/2019).

Menurut dia, perbedaan dalam sistem demokrasi dipaksa oleh satu kontitusi. Hal itu berbeda dengan sistem monarki atau kerajaan. Untuk itu, tidak patut jika pesta demokrasi diwarnai dengan konflik, memfitnah mencela menjelek-jelekkan.

“Pemilu itu memilih pemimpin. Pemimpin inilah yang kemudian harus bertanggung jawab terhadap Rakyatnya,” ujar dia.

Menurut dia, pemimpin dipilih rakyat tentunya punya akuntibilitas dalam mempertanggungjawabkan kepada rakyat.

“Maka pemimpin harus pandai, akrab (dengan Rakyat), punya pengalaman, track recordnya jelas,” imbuh Wiranto.

Ia menambahkan bahwa pemilu menentukan negara selama 5 tahun ke depan. Selain itu Wiranto juga mengimbau agar pemilu berjalan dengan damai. Dia mengingatkan agar tidak saling mencela hingga membuat informasi hoax.

Wiranto meminta pihak-pihak tertentu dalam proses penyelenggaraan pemilu (Kompanye) tidak menggunakan politik identitas, agama dan suku karena dapat berdampak buruk terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Bobol Gawang Real Madrid, Luis Suarez Dapat Pujian Pelatih Barcelona

Liputan6.com, Barcelona – Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengaku kagum dengan performa penyerang Luis Suarez. Valverde pun tak sungkan memuji penyerang asal Uruguay itu.

Valverde menyebut Luis Suarez telah melakukan suatu pekerjaan yang luar biasa seusia membobol gawang Real Madrid saat El Barca mengalahkan seteru mereka itu 3-0, Rabu (27/2) atau Kamis dini hari WIB.

Suarez menjadi salah satu pemain yang diandalkan Valverde pada partai leg kedua semi final Copa Del Rey dini hari tadi. Ia dipercaya untuk memimpin lini serang El Blaugrana saat mereka menyambangi markas Real Madrid, Santiago Bernabeu.

Pada laga itu, Suarez berhasil menjadi aktor antagonis bagi tuan rumah. Ia membuat dua gol ke gawang Keylor Navas, di mana ia nyaris membuat hattrick sebelum gol ketiganya dianggap sebagai gol bunuh diri bek Real Madrid, Raphael Varane.

2 dari 3 halaman

Bukan Kali Pertama

Keberhasilan Suarez mencetak dua gol di ke gawang Real Madrid ini bukan kali pertama ia lakukan.

Di pertemuan pertama kedua tim musim ini di Camp Nou pada bulan Oktober kemarin, Suarez juga melakukan performa yang serupa. Ia mencetak hattrick di markas El Real saat mereka menang 5-1 atas sang tamu.

Kekalahan itu berdampak besar bagi Real Madrid, di mana beberapa hari berselang mereka memecat Julen Lopetegui sebagai pelatih mereka.

3 dari 3 halaman

Performa Spesial

Di mata Valverde, apa yang dilakukan Suarez itu merupakan sebuah prestasi yang luar biasa.

Ia menilai tidak banyak pemain yang bisa mencetak lebih dari dua gol di dua pertandingan melawan Real Madrid dalam satu musim.

“Saya rasa tidak banyak pemain yang bisa dua kali mencetak tiga gol melawan Real Madrid dalam satu musim.” ujar Valverde kepada AS.

Cara Perusahaan Produk Bernutrisi Dukung Pemerintah Capai SDGs

Liputan6.com, Denpasar – Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak (APPNIA) pada hari ini meluncurkan riset dokumentasi berjudul ‘Dukungan APPNIA terhadap Percepatan Pencapaian SDGs dan Generasi Masa Depan Indonesia’.

Riset ini merupakan dokumentasi peran aktif serta komitmen jangka panjang APPNIA dalam mewujudkan capaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di tahun 2030 dan menciptakan generasi masa depan Indonesia yang berkualitas.

Ketua APPNIA, Rivanda Idiyanto mengatakan konten riset dokumentasi ini mencakup program dan aktivitas yang dilakukan perusahaan anggota APPNIA serta kerja sama asosiasi dengan pemerintah, sektor industri lain dan masyarakat.

“Kami ingin menjadi bagian penting dalam memberikan dukungan untuk meningkatkan status gizi juga kesehatan ibu dan anak di Indonesia melalui kemitraan dengan pemerintah dan stakeholder lain untuk menjalankan kegiatan secara terencana dan sistematis,” kata Rivanda sebagaimana rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu (27/2/2019).

Rivanda menjelaskan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkan 17 butir SDGs. Melalui berbagai aksi nyata, APPNIA berperan mewujudkan tiga butir SDGs di sektor kesehatan yaitu SDGs 2 (tanpa kelaparan), SDGs 3 (kehidupan sehat dan sejahtera), dan SDGs 6 (air bersih dan sanitasi layak) yang berkaitan erat dengan persiapan generasi masa depan Indonesia.

Fakta menunjukkan bahwa individu yang sehat memiliki kemampuan fisik dan daya pikir lebih kuat, sehingga memberikan mereka kemampuan berkontribusi secara produktif membangun masyarakat. Pencapaian SDGs dioptimalkan dalam bentuk kemitraan yang kolaboratif antara pihak perusahaan swasta, pemerintah, badan usaha milik negara, organisasi sosial dan asosiasi untuk memperbaiki gizi serta kesehatan ibu dan anak.

SDGs menjadi dasar perwujudan program nyata mencapai Indonesia tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, serta sanitasi yang layak,” tegas Rivanda.

Sepuluh perusahaan yang menjadi anggota APPNIA memiliki visi dan misi yang sama. Visi APPNIA adalah menjadi asosiasi yang dinamis dan kredibel di tingkat nasional dan internasional, bermitra dengan pemerintah dan pihak terkait untuk secara aktif mendukung peningkatan status gizi dan kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

Adapun misi APPNIA yaitu aktif mendukung program nasional pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif untuk bayi usia 0-6 bulan, memastikan semua anggota APPNIA mematuhi peraturan yang berlaku, menyediakan produk bergizi dan berkualitas sesuai standar keamanan pangan, serta secara aktif bermitra dengan pemerintah dan pihak terkait lain dalam perbaikan gizi dan kesehatan ibu dan anak.

2 dari 2 halaman

Angka Kematian Ibu dan Bayi Masih Tinggi

Data Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015 menunjukkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) mencapai 305 kematian ibu per 100.000 kelahiran hidup. Angka ini tiga kali lipat lebih tinggi daripada target tujuan pembangunan milenium (Millennium Development Goals/MDGs), yaitu 102 per 100 ribu kelahiran hidup.

Menurut Rivanda, peningkatan gizi masyarakat khususnya ibu dan anak merupakan hal penting untuk mendukung pencapaian SDG 2 dan 3. “Program-program yang dilakukan perusahaan-perusahaan anggota APPNIA merupakan perwujudan suatu komitmen yang tertuang dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Creating Shared Value (CSV) masing-masing yang mendukung capaian SDGs,” katanya.

Untuk mencapai SDG 2, upaya yang dilakukan para anggota APPNIA yakni menciptakan lingkungan kondusif dan mandiri serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi, edukasi dan kampanye kecukupan gizi, kerja sama untuk meningkatkan pasokan pangan berkualitas serta inovasi produk.

Adapun untuk pencapaian SDG 3, program anggota APPNIA antara lain memberikan akses terhadap fasilitas kesehatan secara gratis, edukasi terkait kesehatan ibu dan anak, pemberian penyuluhan gizi, peningkatan kapasitas tenaga kesehatan, sarana air bersih, sanitasi, serta kebiasaan higienis melalui penguatan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Pencapaian SDGs dan penciptaan generasi yang berkualitas merupakan tanggung jawab seluruh stakeholder. Peluncuran riset dokumentasi ini merupakan bukti komitmen kami dalam mewujudkan masyarakat yang sehat demi masa depan bangsa,” ujar Rivanda.

Pasangan yang Sering Gunakan 1 Kata Ini Terbukti Lebih Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Perlu banyak usaha untuk mewujudkan hubungan cinta yang langgeng. Salah satunya melalui cara komunikasi pasangan.

Kata-kata memiliki dampak besar bagi hubungan. Pilihan kata yang tepat akan mampu membuat sebuah hubungan bertahan lama.

Sains membuktikan, pemilihan kata yang digunakan seseorang mencerminkan proses berpikir serta bagaimana dia memperlakukan pasangannya. Kata-kata juga bisa jadi ukuran seberapa puas seseorang dengan hubungan yang dimiliki.

Melansir laman Times of India, Kamis (28/2/2019) pasangan yang menggunakan kata ganti “kita” akan lebih bahagia dengan hubungan mereka dibandingkan pasangan yang lebih sering menggunakan kata ganti orang tunggal yakni “aku” atau “saya”. Temuan tersebut berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of California.

Para peneliti di University of California, Amerika Serikat, melakukan meta-analisis terhadap 30 studi dengan topik tersebut serta melibatkan lebih dari 5.000 partisipan. Para penulis studi secara cermat mempelajari kebiasaan, tingkat kebahagiaan para pasangan dalam hubungan, serta kesehatan fisik dan mental mereka. 



Saksikan juga video berikut ini: 

2 dari 2 halaman

Hubungan yang lebih erat

Hasil studi menunjukkan, individu yang mendengar pasangannya menggunakan kata ganti “kita” dikaitkan dengan perasaan bahagia serta hubungan yang fungsional.

Ini karena kata “kita” menunjukkan suatu keterikatan dalam hubungan serta tanda pasangan saling mendukung satu sama lain. Kata “kita” juga merupakan bukti bisu bahwa pasangan selalu mengingat Anda ketika berbicara tentang hubungan serta benar-benar berbagi hidup dengan Anda.