Jokowi: 11 Perusahaan Perusak Hutan Kena Sanksi Rp 18,3 Triliun

Liputan6.com, Jakarta – Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pemerintah telah memberikan sanksi kepada 11 perusahaan yang telah melakukan pembalakan liar dan juga pembakaran hutan. Hal tersebut menjadi bukti bahwa pemerintah telah menegakkan keadilan dan tidak bermain-main terhadap perusak lingkungan.

“Dari 11 perusahaan itu, sanksi yang diberikan sebesar Rp 18,3 triliun,” kata Jokowi dalam Debat Capres Kedua yang berlangsung di Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019).

‘Sekarang semua sudah takut dengan ilegal loging. Kita tegas kepada perusahaan perusak lingkungan,” jelas lanjut dia.

Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir pemerintah telah juga membersihkan kembali sungai-sungai yang sudah terkena polusi. Salah satunya adalah Sungai Citarum yang telah mulai dibersihkan sehingga bisa digunakan dan tidak tercemar.

“Saya berterimakasih kepada masyarakat Jawa Barat yang telah membantu membersihkan Citarum,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Ledakan Keras Kejutkan Arena Nobar Debat Capres di GBK Senayan

Suaran ledakan terdengar keras dari arena Parkir Timur, Senayan, sekitar pukul 20.15 WIB. Ledakan itu tak jauh dari lokasi debat kedua capres 2019.

Pantauan Liputan6.com, belum diketahui asal muasal suara ledakan tersebut.


Namun, seluruh pengunjung yang berada di dekat Hotel Sultan berdiri dan berusaha mencari lokasi ledakan.

Puluhan polisi yang berjaga langsung berlarian menuju parkir Senayan untuk mencari asal ledakan.

Apa Kata Netizen di Debat Kedua Capres Jokowi Vs Prabowo?

Liputan6.com, Jakarta – Debat capres dan cawapres 2019 memasuki putaran kedua. Ada perbedaan yang cukup mencolok untuk debat yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu 17 Februari 2019 ini.

Untuk debat putaran kedua ini, yang akan bertarung hanyalah capres dari kedua belah pihak yakni Jokowi dan Prabowo. Debat yang dipandu oleh Moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ini akan membahas beberapa topik penting, yakni Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup.

Debat akan dimulai pada pukul 20.00 WIB hingga selesai, serta terdiri dari enam segmen. Segmen pertama adalah segmen penyampaian visi-misi, sementara segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis. Selanjutnya segmen keempat merupakan debat ekploratif dengan pemantik diskusi dengan tayangan video dari tim panelis.

Segmen kelima menjadi ajang kedua kandidat saling mengajukan pertanyaan bebas yang mengacu pada tema. Ditutup dengan segmen keenam yang merupakan pernyataan penutup dari kedua kandidat.

Penasaran seperti apa respons publik, khususnya para pengguna jejaring sosial mengenai debat capres putaran kedua ini? Berikut pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, di lini masa Twitter, Minggu (17/2/2019).


2 dari 4 halaman

Visi dan Misi

Kedua paslon presiden telah menyiapkan visi dan misi yang akan ditawarkan ke publik di Pilpres 2019. Adapun visi Prabowo yang mendapat kesempatan pertama untuk putaran kedua ini yakni menjanjikan bangsa Indonesia agar bisa berdiri di atas kaki sendiri. Prabowo mengatakan akan menyediakan pupuk, menurunkan harga listrik.

“Masalah terbesar kita adalah kekayaan tidak tinggal di antara kita,” ujar Prabowo.

Sementara Jokowi mengatakan akan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Jokowi juga mengucapkan terima kasihnya pada petani jagung yang telah melakukan lompatan besar produksi. Tak lupa, Jokowi menyinggung soal tidak adanya lagi bencana kebakaran hutan.

Berikut respons netizen mengenai visi-misi kedua paslon presiden pada debat kedua tersebut.

“Smgt buat translator bahasa isyarat ❤️ #DebatPilpres2019,” tutur @Mcnsterkisses.

“Kalau #DebatPilpres2019 lagi iklan, kedua paslon sama host nya pada ngapain yak? Main ludo kali ya hmm,” cuit @JulianKersa_.

“Tommy Tjokro tampan sekali yatuhaannnn~ #DebatPilpres2019 #DebatSebel,” cuit @kekemeidy.

“Yg paling gak asik dari #DebatPilpres2019 ini ya iklan.. Acara sebesar dan sepenting ini…masih aja dijejali iklan,” cuit @Irv4nory.

“Kang, terima kasih atas tutorial menyanyikan Indonesia Raya bagi pria dengan pita suara Rock. @armandmaulana #DebatPilpres2019,” ujar @boom2s.

“ayo bijak melihat visi misi capres. saling menghargai, apapun pilihannya, kita dukung secara fair #DebatPilpres2019,” cuit @martajatmika.

“Got duku for sustenance, and my bahasa indonesia dictionary ready for when my limited language knowledge fails me! Ready for #DebatPilpres2019 #Debatke2,” ujar @cam_theron.

“Tak ada tipi pun tak apa,demi #DebatPilpres2019,” tukas @DeasyCii.

“Akhirnya ada capres yg nyebut komitmen pengurangan sampah plastik.. #Debatpilpres2019,” cuit @pijareligia.

“Entah kenapa ku lebih tertarik mantengin komenan netizen daripada nonton debatnya langsung 😂 #DebatPilpres2019,” cuit @xingri1001

3 dari 4 halaman

Segmen Kedua

Pada segmen kedua, kedua capres menjawab pertanyaan dari panelis. Capres Jokowi mendapat kesempatan pertama diikuti Prabowo. Berikut respons netizen.

“Kami mau Ira Koesno!!! #DebatPilpres2019,” cuit @ateqahmad.

“enaknya sih kalo debat gausah dipakein waktu, biar jelasin nya selesai dan gak ngegantung #debatpilpres2019,” cuit @gianmegantara.

“Menarik mengamati retorika dan pilihan diksi kedua belah pihak dalam #DebatPilpres2019 kedua ini,” tutur @lalusastra.

“Nonton debat capres itu lebih cenatcenut ketimbang nontonin doi yg ketauan selingkuh😣 #DebatPilpres2019,” cuit @firdausha2.

“Serangan pertama prabowo mudah dipatahkan, tim kurang mempersiapkan data empirik. #DebatPilpres2019,” cuit @justredy.

“21.51 seperti biasa pak @jokowi hadir dengan narasi optimis tapi tetap anti kritik, tidak mengakui kekurangan, pak @prabowo pandai mengkritik tapi tanpa solusi konkrit #DebatPilpres2019 membosankan,” ungkap @rsetyawan_.

“tuhkaan bener #DebatPilpres2019 cuma jadi konten buat twitter dari masing-masing kita…mending ngopi yuuuk,” cuit @diikalesmana.

“Prabowo: I am not pessimistic but super optimistic, that palm oil can be helpful. But also need to take care of people. Need to make sure people benefit from their products and hard work. Palm oil also good for source of energy sufficiency. #DebatPilpres2019,” cuit @YohanesSulaiman.

“Nonton #DebatPilpres2019

20% dengerin capres ngomong. 80% dengerin “harap tenaang harap tenaaaang,” cuit @audipras.

“Mohon Tenang ! Mohon Tenang !…Ih aku cium gera. Gemesss,” cuit @Farhanmasykur.

4 dari 4 halaman

Segmen Ketiga

Untuk segmen ketiga, masih merupakan tanya-jawab antara kedua capres dengan paduan pertanyaan dari tim panelis dengan teman sumber daya alam dan lingkungan hidup. Berikut respons netizen.

Ledakan Keras Kejutkan Arena Nobar Debat Capres GBK Senayan

Liputan6.com, Jakarta – Suaran ledakan terdengar keras dari arena Parkir Timur, Senayan, sekitar pukul 20.15 WIB. Ledakan itu tak jauh dari lokasi debat kedua capres 2019.

Pantauan Liputan6.com, belum diketahui asal muasal suara ledakan tersebut.

Namun, seluruh pengunjung yang berada di dekat Hotel Sultan berdiri dan berusaha mencari lokasi ledakan.

Puluhan polisi yang berjaga langsung berlarian menuju parkir Senayan untuk mencari asal ledakan.

Reporter: Ronald

Melihat Kembali Kebijakan Pangan Jokowi

Jakarta – Masing-masing calon Presiden dan Wakil Presiden saling adu gagasan di masa kampanye demi menggaet suara di masa pemilihan nanti. Soal pangan jadi salah satu isu utama.

Bicara soal program penyediaan pangan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang sudah punya pengalaman. Bagaimana programnya? Selengkapnya di sini.

Foto: Kiagoos Auliansyah

(erd/dna)

Pemilih Luar Negeri Bertambah, KPU dan Kemenlu Siap Salurkan Surat Suara

Liputan6.com, Tangerang – Kementerian Luar Negeri bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus bekerjasama dalam mempersiapkan proses Pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019. Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman Mohammad Fachir mengatakan, saat ini ada 2.058.191 pemilih luar negeri yang terdaftar di seluruh negara. 

“Pemilih terdaftar ada 2.058.191 pemilih, yang paling banyak di Kuala Lumpur yaitu 558.873 pemilih,” ujarnya, saat menghadiri kegiatan Distribusi Logistik Pemilu 2019 Luar Negeri di Benda, Kota Tangerang, Minggu (17/2/2019). 

Selain itu, terdapat 783 tempat pemungutan suara (TPS) luar negeri yang terdaftar. Sementara ada 429 pos yang ada untuk menyebarkan logistik pemilu. 

“TPS-nya ada 783, kotak suara keliling 2.344, posnya 429, PPLN (Panitia Pemungutan Luar Negeri) nya 130, semua gelondongan PPLN,” ujarnya. 

2 dari 3 halaman

Terbesar di Kuala Lumpur

Abdurahman juga mengatakan, jumlah PPLN pun tergantung dengan jumlah pemilih yang ada di Kota tersebut. Hal tersebut disesuaikan dengan dinamika di lapangan. 

“Terbesar itu di Kuala Lumpur, berturut-turut Taipei, Hongkong, Kinabalu, Kuching, Johor Baru, Singapura, jumlahnya dari 500-71.000, ada juga PPLN yang hanya 28. Dinamikanya seperti itu, apakah hanya satu metode saja atau tiga metode,” ujarnya. 

Dia juga mengatakan, saat ini persiapan dan logistik yang didistribusikan mengalami peningkatan. Pasalnya, jumlah pemilih luar negeri pun bertambah. 

“Karena kebetulan setidaknya saya dua kali ikut diluar, dubes Kairo dan dubes Riad itu berbeda sekali jauh lebih banyak dibanding dulu, kita lihat dari DPT (daftar pemilih tetap) saja,” tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Janji Prabowo soal Ketahanan Pangan

Jakarta – Perhelatan pemilihan presiden dan wakil presiden bakal berlangsung sebentar lagi. Masing-masing calon pun saling adu gagasan di masa kampanye demi menggaet suara di masa pemilihan nanti.

Apa rencana Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomow Urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno bila terpilih nanti? Apa saja janji mereka?

Selengkapnya di sini:

Janji Prabowo soal Ketahanan PanganFoto: Kiagoos Auliansyah

(dna/dna)

Pemilih Luar Negeri Bisa Pakai 3 Metode untuk Gunakan Hak Pilih

JakartaKPU mengatakan pemilih Luar Negeri dapat memilih tiga metode untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019. Tiga metode tersebut antara lain melalui Tempat Pemungutan Suara (TPS), kotak suara keliling, dan pos surat.

“Tiga metode pemilihan, TPS, Kotak Suara Keliling dan Pos, tergantung kondisi di masing-masing negara,” ujar Ketua KPU Arief Budiman, di Gudang logistik KPU Komplek Pergudangan Zoodia, Jl Husein Sastranegara, Kota Tangerang, Minggu (17/2/2019).

Arief mengatakan bila pemilih bertempat tinggal dekat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) maka pemilih dapat menggunakan hak pilihanya dengan mendatangi TPS di KBRI. Namun bila pemilih memiliki tempat tinggal jauh dari KBRI maka KPU akan menggunakan kotak suara keliling untuk mendatangi tempat pemilih.
“Kalau warga negaranya tinggal semua berdekatan dengan kantor KBRI, maka kita hanya gunakan TPS. Tetapi kalau ada warga negara Indonesia yang tinggal disatu komunitas tertentu jauh dari kantor KBRI, dia tidak bisa datang maka kita gunakan kotak suara keliling,” ujar Arief

Sedangkan bagi pemilih yang bertempat tinggal tersebar di banyak daerah, KPU akan mengirimkan surat suara via pos. Arief mengatakan pihaknya telah menyiapkan perlengkapan berupa perangko hingga amplop bagi pemilih tersebut.

“Tapi kalau tersebar dibanyak tempat dan jauh jauh kita kirim by pos. Nanti dikirim balik dan kita siapkan amplopnya, kita siapkan perangkonya. Pokonya dia tinggal buka pilih lalu ditutup lagi kirimkan,” ujar Arief.

Dia mengatakan opsi pemilihan ini telah ditentukan oleh masing-masing pemilih. Menurutnya, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah lebih dulu mendata cara apa yang akan digunakan pemilih gunakan.

“Nah sebetulnya cara menentukan itu juga dipilih oleh mereka sendiri, jadi kita buat daftarnya kita beri opsi mau gunakan langsung ke TPS, mau by post atau bergabung di kotak suara keliling,” tuturnya.
(dwia/rna)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sandi Tak Percaya Indomatrik: Saya Hanya Berpegang Survei Internal

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno tak percaya dengan hasil survei yang dirilis Lembaga survei Indomatrik. Hasil survei Indomatrik menunjukkan elektabilitas capres Prabowo Subianto mendekati capres petahana Joko Widodo (Jokowi). Sandiaga mengaku hanya percaya dengan survei internal.

“Saya nggak pernah percaya sama survei-survei itu ya,” kata Sandiaga di Jalan Jenggala II nomor 9, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019).

Menurutnya, survei yang saat ini terpublikasi bertujuan menggiring opini masyarakat. Sandi menegaskan hanya berpegang pada survei internal yang menunjukkan elektabilitasnya di atas 40 persen.
“Jadi saya nggak terlalu percaya sama survei Indomatrik, saya belum pernah berhubungan sama survei tersebut dan saya hargai semua survei dari yang pihak yang menggiring opini sudah menang jauh. Tapi kalau sudah menang jauh kenapa mesti panik gitu, saya nggak melihat, justru ada kepanikan, kalau yang ketat kenapa harus dibuat ketat, padahalkan masih ada 60 hari,” jelas Sandiaga.
Mantan Wagub DKI ini mengatakan, survei internal yang sudah semakin dekat itu jadi pemantik untuk kerja keras menyampaikan program pasangan nomor urut 02. Sandiaga mengatakan, penyampaian program ke masyarakat juga sebagai langkah merebut suara pemilih golput.

“Dan kami optimis bahwa di atas 40 persen ini merupakan angka yang sangat kritikal, angka yang sangat strategis karena begitu kita bisa masuk ke momentum dan melalui debat kedua, tiga, empat, terakhir, saya berharap yang belum menentukan pilihan secara mantap itu bisa mengambil keputusannya dan beberapa kelompok golput itu bisa kita raup untuk masuk jadi basis pendukung Prabowo Sandi karena kita bicara tentang ekonomi,” ujarnya.

Sandiaga mengatakan, meski elektabilitasnya sudah di angka 40 persen, timsesnya masih harus kerja keras. Sebab menurutnya angka tersebut masih bisa berubah-ubah.

“Saya sampaikan pada seluruh jaringan relawan semua, bahwa kerja keras diperlukan 60 hari trakhir, daerah yang dibilang aman bisa tidak aman, daerah yanh dibilang nggak mugkin, bisa mungkin, semua itu kuasa Allah SWT,” katanya.

Sementara itu, Sandiaga menjelaskan, survei internal akan keluar minggu depan. Dia menuturkan, survei internalnya masih tertinggal.

“Tertinggalnya sudah sedikit dan kita udah melewati angka 40 persen jadi bisa tebak sendiri berapa kira-kira perbedaan tapi ini bisa berubah cepat baik menuju positif maupun negatif, kalau kita tidak kerja keras, saya sampaikan kepada seluruh jajaran harus kerja keras, kerja cerdas, sampaikan bahwa isu ekonomi yang diangkat Prabowo-Sandi,” jelasnya.

(idn/dnu)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sudirman Said: Prabowo akan Tampil Rileks, Tidak Menyerang

JakartaBadan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memastikan capres nomor urut 02 akan tampil rileks dalam debat kedua. Sudirman menegaskan, Prabowo akan tampil memberikan gagasan-gagasan baru di panggung debat capres.

“Insyaallah Beliau akan tampil rileks, tidak akan nyerang-nyerang gitu. Saya yakin juga ini bukan kuat-kuatan untuk menjatuhkan tapi adu gagasan dan gagasan disampaikan dengan baik bukan untuk menjatuhkan lawan, tapi meyakinkan masyarakat yang lain,” ujar Direktur Materi dan Debat BPN, Sudirman Said kepada wartawan di Media Center BPN, Jl Sriwijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (16/2/2019).

Dengan gaya rileks dan bicara data, Prabowo disebut Sudirman ingin meyakinkan pemilih soal pengelolaan energi, pangan, infrastruktur, dan sumber daya alam (SDA). Dengan begitu, Prabowo-Sandiaga bisa mengambil suara dari swing voters.

“Untuk apa lawan dijatuhkan, dipermalukan, tapi kemudian elektabilitasnya tidak naik. Jadi kita ingin meyakinkan pemilih yang di tengah, yang disebut swing voters, bahwa ini pemimpin baru yang menawarkan perbaikan-perbaikan,” sambung Sudirman.

Sebagai persiapan, Prabowo menurut Sudirman sudah berkomunikasi dengan para ahli di bidangnya terkait tema debat capres. Prabowo akan menekankan mengenai strategi pengelolaan negara yang ideal pada debat capres.

“Debat ini kan debat level pimpinan negara ya, tentu saja data-data sangat diperlukan, tapi sebetulnya yang lebih penting adalah soal strategi soal visi, soal program, kisaran-kisaran program. Kalau data detail, ya seorang presiden punya begitu banyak instrumen. Saya kira tidak fair juga kalau dibebankan kepada pemimpin negara,” tuturnya.
(fdn/jbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ma’ruf Amin Optimistis Raup 70 Persen Suara di Jawa Barat

Liputan6.com, Cimahi – Relawan Barisan Nusantara (Barnus) Jawa Barat mendeklarasikan diri mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. Ketua Umum relawan Barnus Nurdin Tampubolon juga melantik beberapa pengurus Dewan Pimpinan Daerah Barnus Jabar untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

“Dengan ini saya berharap pengurus DPD Barisan Nusantara Jawa Barat bergerak untuk memenangkan Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin,” kata Nurdin di Cimahi Convention Hall, Cimahi, Jawa Barat, Sabtu (16/2/2019).

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin merespons dukungan dari Barnus ini. Dia yakin dengan dukungan tersebut Jokowi-Ma’ruf akan menang di Jawa Barat.

“Saya ingin berterima kasih kepada Barnus Jawa Barat dengan seluruh Pengurus DPP Barnus yang telah menyatakan dukungan ke Paslon 01. Dengan dukungan Barnus ke Paslon 01 ini, saya yakin akan memenangkan di Jawa Barat,” kata Ma’ruf.

Dengan makin banyaknya dukungan yang diterima, Ma’ruf makin optimistis dapat memperoleh suara 70 persen di Jawa Barat.

“Karena itu di Jawa Barat harus menang 70 persen. Ini harus dipegang. Minimal 70 persen. Dan banyak lagi prestasi-prestasi yang telah dicapai,” ungkapnya.

Ma’ruf mengakui pada Pilpres 2014 lalu pasangan Jokowi-Jusuf Kalla memang kalah dari pasangan Prabowo-Hatta. Karena itu, dia menginginkan kemenangan Pilpres 2019 menang.

“2014 Pak Jokowi kalah di Jawa Barat. Apa di 2019 mau kalah lagi? Mau kalah apa tidak? Karena itu tahun 2019 harus menang,” ucapnya.

2 dari 2 halaman

Sosialisasi Capaian Pemerintah

Sementara para pengurus DPD maupun DPC Barnus se-Jawa Barat juga diminta terus menyosialisasikan capaian pemerintah Jokowi selama empat tahun terakhir. Caranya, dengan mendatangi warga dari pintu ke pintu.

“Bagaimana kita harus door to door, mengenalkan Pak Jokowi, Kiai Ma’ruf, dan menangkis hoaks-hoaks. Ini tugas kita menjelaskan,” ujar Nurdin.


Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka


Saksikan video pilihan berikut ini: