Penjelasan Lengkap ITDC soal Biaya Bangun Sirkuit MotoGP Mandalika

Jakarta – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata the Mandalika, Lombok NTB, menegaskan pembangunan sirkuit Mandalika bukan dibangun dengan biaya Rp 3,6 triliun.

Penegasan ini disampaikan untuk meluruskan sejumlah pemberitaan yang mengaitkan antara pembangunan sirkuit Mandalika dengan biaya Rp 3,6 triliun, Yang disebut dengan sirkuit Mandalika sebenarnya adalah sirkuit jalan raya atau street circuit yang dibangun sebagai bagian dari distrik sports & entertainment di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata the Mandalika.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menjelaskan, pembangunan street circuit Mandalika merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembangunan distrik Sports & Entertainment seluas 131 ha di zona tengah the Mandalika. “Selain street circuit sepanjang 4,32 km yang didisain mengelilingi distrik, juga akan dibangun 10 hotel dengan kapasitas sekitar 2500-an kamar/room keys, COEX (Convention – Exhibition) Building, Rumah Sakit dan Water Park berstandar internasional,” ujar Abdulbar dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/2/2019).

Investor untuk pembangunan distrik ini adalah Vinci Construction Grands Projets (VCGP), anak usaha Vinci, sebuah perusahaan berskala global asal Prancis yang bergerak di bidang desain, pembiayaan, pembangunan dan operasional proyek-proyek infrastruktur dan fasilitas besar di seluruh dunia.

Penandatanganan master LUDA antara ITDC dengan VCGP untuk pembangunan distrik Sports & Entertainment telah dilakukan pada 8 Agustus 2018, yang akan membawa nilai investasi sebesar US$ 1 Miliar selama 15 tahun.

Pembangunan street circuit di distrik ini akan menjadi prioritas bagi ITDC dengan akan diselenggarakannya kejuaraan MotoGP dan World Superbike di the Mandalika pada 2021.

“Dalam pembangunan street circuit ini, kami sebagai pengembang kawasan akan membangun infrastruktur jalan atau badan jalannya, sedangkan fasilitas jalan sebagai street circuit akan dilanjutkan oleh Vinci,” terang Abdulbar.

ITDC mencanangkan pembangunan badan jalan di distrik ini dimulai pada Oktober 2019 yang diharapkan selesai pada Triwulan II 2020, kemudian Vinci akan melanjutkan penyelesaian street circuit, sehingga bisa digunakan pada 2021.

Terkait biaya Rp 3,6 Triliun yang disebut-sebut, Abdulbar M. Mansoer menegaskan angka tersebut merupakan biaya pembangunan infrastruktur pariwisata di KEK The Mandalika yang difasilitasi oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) sebesar US$ 248,4 juta (setara Rp 3,6 T) melalui program Mandalika Urban & Tourism Infrastructure Project (MUTIP).

MUTIP akan mencakup pembangunan infrastruktur dan fasilitas dasar di dalam kawasan the Mandalika, seperti pembangunan jalan dalam kawasan, penyediaan air bersih, sanitasi dan drainase, pengolahan air limbah dan limbah padat, distribusi listrik dan juga fasilitas pengelolaan risiko bencana, berbagai fasilitas publik dan ruang publik terbuka.

“Jadi pembangunan street circuit Mandalika bukan dibangun dengan biaya Rp 3,6 Triliun,” tegas Abdulbar M. Mansoer. (hns/rvk)

6 Barang Termahal di Dunia, Apa Saja?

Liputan6.com, New York – Kebanyakan orang pastinya akan mencari sesuatu yang murah untuk dibeli atau dikonsumsi, namun tahukah Anda ternyata ada beberapa orang yang rela untuk mengeluarkan jutaan bahkan ratusan juta rupiah hanya untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Mau tahu barang apa sajakah yang termahal di dunia? Dilansir dari laman MSN, berikut merupakan 6 barang termahal di dunia:

1. Mobil Termahal – USD 52 Juta

Berdasarkan bloomberg, ada seorang yang tidak diketahui identitasnya telah membeli sebuah mobil balap Ferrari 250 GTO seharga USD 52 juta atau setara Rp 731 miliar dan membuat mobil ini menjadi mobil termahal di dunia. Sebelumnya, pemilik mobil ini adalah Paul Pappalardo, seorang Kolektor di Connecticut, Amerika.

2 dari 6 halaman

2. Pizza Termahal – USD 150

Pizza termahal di dunia yang pernah dijual seharga USD 150 setara Rp 2,1 juta di kedai pizza Gordon Ramzey’s Maze. Pizza tipis ini bertopingkan bawang bombay, keju fontina, baby mozzarella, pancetta, jamur, serta jamur italia yang sangat langka.

3 dari 6 halaman

3. Sup Termahal – USD 190

Restoran The Kai Mayfair telah menjual sup termahalnya “Budha Jumps Over the Wall” seharga USD 190 setara Rp 2,6 juta. Sup ini berisikan sirip ikan hiu, abalone, jamur jepang, rumput laut, scallop kering, daging ayam, daging babi, huan ham, dan gingseng.

4 dari 6 halaman

4. Sarung Tangan Termahal – USD 420 ribu

Sarung tangan milik pendiang Michael Jackson menjadi sarung tangan termahal yang pernah dijual di dunia. Sarung tangan ini dihargai USD 420 ribu pada lelang yang ada di Manhattan, Amerika pada 21 November 2009. Sarung tangan ini dibeli oleh Ponte 16 Resort, New York Amerika.

5 dari 6 halaman

5. Sushi Termahal – USD 1.978

Chef Angelito Araneta Jr Filipina pernah menyajikan sushi termahal seharga USD 1.978 atau setara Rp 27 juta. Nigiri sushi ini menajadi sangat mahal karena dilapisi dengan berlian dan lembaran emas 24 karat.

6 dari 6 halaman

6. Ikan Tuna Termahal – USD 1,7 Juta

Ikan tuna bluefin dengan berat 222 kilogram (kg) yang tertangkap di perairan Aomori, Jepang dan dilelang dengan harga USD 1,7 juta di Tsukiji fish market, Jepang pada 5 Januari 2013.

5 Negara dengan Penjualan Rokok Termurah di Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Di sejumlah negara, rokok menjadi musuh terbesar. Pemerintah sengaja memberlakukan aturan ketat agar warganya tidak merokok atau merokok di kawasan umum.

Selain mencemari udara, rokok juga berbahaya bagi masyarakat. Sebab, rokok bisa menyebabkan penyakit berbahaya, hingga kematian.

Di sejumlah negara ini permasalahan udara dan kesehatan jadi ancaman lantaran harga rokok yang begitu murah. Ditambah lengahnya pengawasan.

Seperti dikutip dari laman Insidermonkey.com, Jumat (22/2/2019), berikut 5 negara dengan penjualan rokok paling murah di dunia:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Somalia

Harga Sebungkus Rokok: US$ 0,49 – Rp 6.881

Somalia tidak berupaya menurunkan penggunaan tembakau dan penjualan rokok. Merokok diperbolehkan di tempat umum mana pun dan pajak hanya antara 4 dan 5 persen pada tiap bungkusnya.

Merek rokok yang paling banyak dijual di Somalia adalah Sport yang paling termurah. Merek rokok paling mahal adalah Marlboro yang harganya hanya dua kali lipat dari Sports.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan sebungkus rokok termurah di luar sana, Somalia adalah salah satu tempat termurah untuk membeli rokok di dunia.

3 dari 6 halaman

2. Kamboja

Harga Sebungkus Rokok: US$ 0,50 – Rp 7.022

Kamboja menempati urutan kedua dalam daftar tempat termurah untuk membeli rokok di dunia.

Negara ini bekerja dengan baik dalam menyebarkan kesadaran penggunaan tembakau dan rokok pada kesehatan melalui media massa, kebijakan bebas asap rokok (dilarang merokok di banyak tempat umum termasuk fasilitas pendidikan, rumah sakit, fasilitas pemerintah, kantor dan tempat kerja, restoran dan bar).

4 dari 6 halaman

3. Liberia

Harga Sebungkus Rokok: US$ 0,64 – Rp 8.988

Tidak ada undang-undang di Liberia yang melarang merokok bahkan di tempat-tempat seperti fasilitas perawatan kesehatan, fasilitas pendidikan, atau tempat lain dalam hal ini.

Bahkan perpajakannya sangat rendah, karena hanya 23,2% pada merek rokok yang paling banyak dijual yaitu Bond-street.

5 dari 6 halaman

4. Guinea-Bissau

Harga Sebungkus Rokok: US$ 0,85 – Rp 11.937

Tidak heran negara ini juga mengambil tempat di antara negara termurah bagi rokok di dunia karena tidak ada upaya serius yang dilakukan oleh pemerintah untuk menurunkan penggunaan tembakau dan penjualan rokok.

Merek rokok yang paling banyak dijual di Guinea Bissau adalah Brusson dengan harga US$ 0,85 termasuk pajak 19,5 persen secara total.

6 dari 6 halaman

5. Filipina

Harga Sebungkus Rokok: US$ 0,86 – Rp 12.078

Meskipun ada undang-undang bebas-rokok di tempat-tempat resmi seperti rumah sakit, fasilitas pendidikan, fasilitas pemerintah telah ditetapkan, masih banyak warga yang melanggar aturan.

Merek rokok Fortune adalah yang paling murah di negara ini. Tidak heran jika persentase perokok di negara ini cukup tinggi.

Biodata BTS dan Fakta 7 Membernya, Buat Kamu yang Baru Jadi K-Popers

Liputan6.com, Jakarta Para K-Popers pastinya tidak asing dengan group asal korea yang bernama Bangtan Boys atau yang kerap dikenal dengan nama lain BTS. BTS merupakan salah satu group idol asal Korea Selatan yang memulai debutnya pada 13 Juni 2013 dengan single No More Dream. Single debut ini merupakan salah satu single dan album perdana BTS yang bertajuk 2 Cool 4 Skool.

Saat ini member BTS terdiri dari 7 anggota yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook. Tiap personil BTS memiliki peran dan posisi masing-masing dalam grup. BTS masuk dalam label Big Hit Entertainment.

Aliran genre musik yang dibawakan BTS adalah K-Pop, EDM, R&B dan hip hop. BTS termasuk boyband Korea terpopuler dan banyak meraih penghargaan musik nasional dan internasional.

Popularitas BTS sangat besar tidak hanya di Korea Selatan saja, namun di Jepang dan negara Asia lain termasuk Indonesia. Bahkan BTS juga sukses menembus pasar musik Internasional. Beberapa lagu Korea terbaik dari BTS juga sukses menembus chart Billboard di Amerika Serikat. Berikut biodata BTS yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/1/2019).

2 dari 8 halaman

1. RM

Biodata BTS member pertama yang dibahas adalah Kim Nam Joon atau yang akrab disapa dengan nama panggung Rap Monster atau yang sekarang lebih dikenal RM. Ia lahir lahir pada 12 September 1994. RM merupakan leader sekaligus rapper dari Bangtan Boys.

Sebelum debut bersama BTS, ia dikenal sebagai rapper underground yang memiliki nama panggung Runch Randa yang sempat berkolaborasi dengan Zico, yang ketika itu juga merupakan seorang rapper underground.

3 dari 8 halaman

2. Jin

Biodata BTS member selanjutnya adalah Jin. Pria yang memiliki nama asli Kim Seok Jin ini lahir di Gwaecheon pada 4 Desember 1992 ini mengisi posisi sebagai vokalis dalam group.

Sebelum debut, Jin terlebih dahulu menjalani training selama tiga tahun. Selain itu Jin memiliki kemampuan memasak yang lebih baik dari member lainnya, sehingga Jin ditunjuk sebagai juru masak di dorm tempat tinggal para member BTS.

4 dari 8 halaman

3. Suga

Biodata BTS member ini sebelum debut dengan grupnya sekarang merupakan seorang rapper underground yang cukup terkenal di daerah Daegu dengan nama “Gloss”. Pria kelahiran Daegu 9 Maret 1993 dan lulusan Apujeong High School ini memiliki nama asli Min Yoon Gi.

Saat ini Suga ditunjuk sebagai lead rapper dari BTS. Pada 16 Agustus 2016, BTS Suga mengeluarkan mixtape bertajuk Agust D untuk pertama kalinya dan meluncurkan 2 Music Video (MV) sekaligus untuk lagu Agust D serta Give it to Me. Kedua MV tersebut berhasil ditonton lebih dari satu juta kali di YouTube hanya dalam kurun waktu 12 jam saja.

5 dari 8 halaman

4. J-Hope

Biodata BTS selanjutnya adalah Jung Ho Seok atau biasa akrab dipanggil J-Hope. Ia menempati posisi sebagai lead rapper dan main dancer dalam group. Selain itu pria kelahiran Gwangju 18 Februari 1994 ini pernah bergabung dalam grup street dance yang bernama NEURON sebelum ia bergabung bersama BTS.

Biodata BTS penyuka warna hijau ini dianggap sebagai member yang selalu membawa kebahagiaan kepada member lainnya dan dianggap sebagai ibu bagi para member. Pasalnya J-Hope selalu bisa berhasil menemukan solusi dalam setiap masalah.

6 dari 8 halaman

5. Jimin

Biodata BTS berikutnya adalah Jimin. Member kelahiran Busan, 13 Oktober 1995 ini merupakan lead vokal dan main dancer dalam grup. Terlahir dengan nama asli Park Ji Min ini memiliki beberapa nama panggilan, diantaranya Chim Chim, Dolly, Park Jimine.

Jimin sendiri ternyata sangat mengidolakan Big Bang, terutama Taeyang. Selain itu Jimin adalah member BTS yang paling memperhatikan urusan diet, karena dia paling tidak suka jika ada yang mengatakan berat badannya naik.

7 dari 8 halaman

6. V

Biodata BTS selanjutnya adalah Kim Tae Hyung atau yang lebih dikenal dengan nama panggung V. Ia merupakan vocalist dalam grup Bangtan Boys. V lahir di Daegu pada tanggal 30 Desember 1995. Selain itu, diantara semua member, V dianggap sebagai member yang paling unik dan aneh dan dianggap sebagai member yang paling misterius.

Nama V pun terkenal dengan kepribadian 4D, yakni istilah orang Korea yang memiliki kepribadian yang tak terduga dan cenderung absurd. V juga sering mendapat julukan Blank Tae karena ekspresi wajahnya selalu kosong atau blank. Selain bernyanyi, V juga dikenal akan kemampuannya dalam berakting.

8 dari 8 halaman

7. Jungkook BTS

Biodata BTS member terakhir adalah Jeon Jung Kook atau yang biasa disapa dengan Jungkook. Ia merupakan main vocalist, lead dancer, sub rapper, center, dan maknae dari Bangtan Boys. Lahir di Busan pada 1 September 1997, Jungkook pernah bersekolah di Seoul School Performing Arts.

Sebelum tergabung bersama BTS, Jungkook yang saat itu masih berusia 13 tahun mengikuti audisi Superstar K3, namun gagal dalam audisi tersebut. Meskipun begitu, Jungkook ternyata telah diincar oleh beberapa perusahaan. Salah satunya adalah Big Hit Entertainment. Akhirnya, Jungkook memutuskan untuk bergabung dengan Big Hit Entertainment pada tahun 2011.

Pada 2012, Big Hit mengirimnya ke Los Angeles untuk belajar menari di sebuah akademi tari terkenal di sana. Setelah menjalani trainee di LA, Jungkook resmi debut bersama dengan 6 member lainnya dalam grup BTS.

Nah, itu tadi Biodata BTS, siapa nih member BTS favoritmu?

Tabrak Mati 6 Pejalan Kaki, Pria Australia Dibui Seumur Hidup

Melbourne – Seorang pria Australia divonis penjara seumur hidup atas aksinya menewaskan enam orang. Pria ini menabrakkan mobilnya ke kerumunan pejalan kaki di jalanan dekat pusat perbelanjaan sibuk di Melbourne tahun 2017 lalu.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (22/2/2019), pria bernama James Gargasoulas (29) ini dinyatakan bersalah atas enam dakwaan pembunuhan. Dalam sidang putusan yang digelar di Melbourne pada Jumat (22/2) waktu setempat, Gargasoulas dijatuhi vonis penjara seumur hidup.

Hakim Mark Weinberg menjatuhkan vonis itu dengan ketentuan periode minimum non-parole selama 46 tahun. Itu artinya, dia harus menjalani masa hukuman minimal selama 46 tahun di penjara, sebelum bisa mengajukan pembebasan bersyarat.


Terdapat seorang bayi dan seorang bocah perempuan berusia 10 tahun di antara korban tewas dalam insiden ini.

“Ini merupakan salah satu contoh terburuk untuk pembunuhan massal dalam sejarah Australia,” tegas hakim Weinberg saat menjatuhkan putusannya.

“Kengerian dari apa yang Anda lakukan telah mempengaruhi secara mendalam kehidupan banyak orang yang saat itu ada di Bourke Street (lokasi insiden) dan siapa saja yang menyaksikan aksi Anda, atau merasakan dampaknya,” imbuhnya.

Pada saat itu, polisi menyatakan insiden itu tidak terkait teror dan pengemudi mobil yang menabrak kerumunan diketahui memiliki catatan kriminal sebelumnya, termasuk terlibat kasus kekerasan domestik. Pengemudi mobil juga disebut mengalami khayalan akibat narkoba.

Insiden itu tercatat sebagai salah satu pembunuhan massal terparah di Australia sejak tahun 1996, saat pembantaian massal dengan senjata api di Tasmania menewaskan 35 orang.

(nvc/ita)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Wall Street Tertekan Pelemahan Data Ekonomi

Liputan6.com, New York – Bursa Amerika Serikat (AS) atau Wall Street tertekan laporan ekonomi yang melemah, usai terjadinya penguatan bursa baru-baru ini. Penurunan saham perawatan kesehatan turut memperlemah pasar saham.

Melansir laman Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average turun 103,81 poin, atau 0,4 persen, menjadi 25.850,63. Sementara indeks S&P 500 kehilangan 9,82 poin, atau 0,35 persen, menjadi 2.774,88 dan Nasdaq Composite turun 29,36 poin, atau 0,39 persen, menjadi 7.459,71. S&P 500 mengakhiri penguatannya yang terjadi selama tiga hari.

Pasar saham kali ini dipengaruhi data ekonomi. Departemen Perdagangan AS mengatakan pesanan baru untuk barang-barang modal utama buatan AS secara tak terduga turun pada Desember. Ini menunjukkan terjadi perlambatan dalam bisnis untuk peralatan yang dapat menghambat pertumbuhan ekonomi AS.

Selain itu, data lain menunjukkan ukuran Federal Reserve Philadelphia terkait aktivitas bisnis Mid-Atlantic AS menurun pada Februari ke level terlemah sejak Mei 2016.  Sementara laporan lain menunjukkan penjualan rumah di AS turun pada bulan lalu ke level terendah sejak November 2015.

“Kami memiliki pelemahan data yang memungkinkan investor untuk mengambil keuntungan,” kata Paul Nolte, Manajer Portofolio di Kingsview Asset Management di Chicago.

Namun, dia mengakui jika sedikit terkejut dengan adanya beberapa kelemahan dalam data. Beberapa di antaranya terkait perdagangan.

Adapun penguatan pasar saham yang terjadi baru-baru ini didorong oleh harapan kemajuan dalam pembicaraan perdagangan AS-China dan sinyal dovish dari Federal Reserve. Bahkan, indeks S&P 500 sempat berada mendekati pososi tertinggi dua bulan dan naik sekitar 18 persen sejak level terendahnya di akhir Desember.

Amerika Serikat dan China telah mulai menguraikan komitmen pada masalah-masalah paling sulit dalam perselisihan perdagangan keduanya. Ini menandai kemajuan paling signifikan terkait perang dagang. Bahkan keduanya berusaha mencapai kesepakatan sebelum 1 Maret, Reuters melaporkan.

Perlambatan pertumbuhan global yang tajam, terutama di Cina dan Eropa, bersama dengan memudarnya stimulus fiskal dan ketegangan perdagangan telah memicu kekhawatiran tentang kondisi ekonomi AS baru-baru ini.

Adapun saham yang terpuruk kali ini, antara lain milik saham Pizza Domino yang anjlok 9,1 persen setelah kehilangan estimasi analis terkait penjualan secara kuartalan.

Kemudian Saham Nike Inc turun 1 persen setelah sepatu sneaker yang dikenakan oleh bintang bola basket Zion Williamson terbelah dua selama pertandingan.

 Sekitar 6,9 miliar saham berpindah tangan di bursa AS. Itu dibandingkan dengan rata-rata harian 7,3 miliar selama 20 hari perdagangan terakhir.

Wall Street Naik Usai Rilis Risalah Rapat The Fed

Liputan6.com, New York – Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street menguat dengan perdagangan yang bergejolak jelang akhir sesi perdagangan.

Rilis hasil rapat the Federal Reserve atau bank sentral AS pada pertemuan Januari membayangi wall street.

Pada penutupan perdagangan saham Rabu (Kamis pagi WIB), indeks saham Dow Jones naik 69,54 poin atau 0,27 persen ke posisi 25.960,86. Indeks saham S&P 500 menguat 5,98 poin atau 0,12 persen ke posisi 2.785,74. Indeks saham Nasdaq menguat 4,31 poin atau 0,06 persen ke posisi 7.491,08.

Dari catatan hasil rapat the Federal Reserve pada Januari itu menunjukkan langkah mempertahankan suku bunga acuan the Federal Reserve pada Januari berisiko kecil.

Hasil rapat the Federal Reserve juga menunjukkan banyak partisipan yang belum jelas apakah memerlukan penyesuaian suku bunga lagi pada 2019.

“Risalah sebagian besar menggemakan pernyataan hati-hati the Federal Reserve dari pertemuan terakhirnya. Saya merasakan bahwa suku bunga ditahan hingga akhir 2019. Tapi the Fed berhenti dengan baik menutup pintu untuk kenaikan suku bunga akhir tahun ini jika risiko penurunan turun,” ujar Analis Senior Western Union Business Solutions, Joe Manimbo, seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (21/2/2019).

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Bank sentral AS atau the Fed mengejutkan pasar pada bulan lalu dengan menahan kampanye tiga tahun untuk menaikkan suku bunga.

The Fed akan sabar untuk menyesuaikan suku bunga terhadap kisaran target dalam jangka pendek. Saat ini suku bunga the Fed berada di kisaran 2,25 persen-2,5 persen.

Bank sentral AS yang kurang agresif dan kemajuan dalam negosiasi perdagangan AS-China telah membantu indeks saham S&P 500 naik sekitar 18 persen dari posisi terendahnya pada Desember ketika pasar khawatir terhadap perlambatan ekonomi.

Indeks diperdagangkan sekitar lima persen di bawah rekor penutupan tertinggi yang dicapai pada akhir September.

Indeks S&P material naik 1,9 persen, dan memimpin persentase kenaikan di antara 11 sektor saham S&P 500. Kenaikan indeks saham tersebut didorong saham CF Industries Holdings Inc, Mosaic Co dan Freeport McMoran.

Investor juga lebih banyak menerima kabar di negosiasi perdagangan dengan Presiden AS Donald Trump menyatakan, AS akan mengenakan tarif pada impor mobil Eropa jika tidak dapat mencapai kesepakatan perdagangan dengan Uni Eropa.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Wall Street Menguat Terdorong Kenaikan Saham Wallmart

Liputan6.com, Jakarta – Wall Street menguat tipis pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi waktu Jakarta). Pendorong kenaikan bursa saham di Amerika Serikat (AS) tersebut adalah kenaikan saham Wallmart dan juga optimisme pembicaraan perdagangan AS-China yang berlangsung di Washington.

Mengutip Reuters, Rabu (20/2/2019), Dow Jones Industrial Average naik 8,07 poin atau 0,03 persen menjadi 25.891,32. Untuk S&P 500 naik 4,16 poin atau 0,15 persen menjadi 2.779,76. Sedangkan Nasdaq Composite menambahkan 14,36 poin atau 0,19 persen menjadi 7.486,77.

Nasdaq mencetak kenaikan berturut-turut dalam tujuh hari. Aksi jual di bursa saham telah berakhir dan Nasdaq naik hampir 21 persen dari level terendah pada 24 Desember. Sedangkan untuk S&P 500 juga mampu menguat lebih dari 18 persen sejak akhir tahun lalu.

Sebenarnya Wall Street mampu menguat lebih tinggi tetapi karena pernyataan dari salah satu pejabat Bank Sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed) membuat kenaikan bursa saham AS tertahan.

Presiden Fed New York John Williams mengatakan bahwa prospek ekonomi yang berbeda akan diperlukan bagi Federal Reserve AS untuk melanjutkan kenaikan suku bunga.

“Mungkin pernyataan dari the Fed itu menimbulkan kekhawatiran di pasar.” jelas Tim Ghriskey, chief investment strategist Inverness Counsel, New York, AS.

2 dari 3 halaman

Gerak Sektoral

Dari 11 sektor utama pembentuk S&P 500, semua kecuali layanan kesehatan dan industri ditutup di wilayah positif.

 Amazon.com, memberikan dorongan terbesar untuk S&P 500 dan Nasdaq, sementara Walmart Inc memimpin kenaikan untuk Dow Jones.

Amazon mengakhiri sesi naik 1,2 persen, bangkit kembali dari aksi jual dua hari menyusul berita bahwa perusahaan e-commerce raksasa dari China sedang dalam pembicaraan merger dengan situs belanja Cina Kaola.

Saham Freeport McMoRan melonjak 6,6 persen setelah Citigroup menaikkan propek saham perusahaan tersebut menjadi membeli dari sebelumnya netral.

Volume perdagangan di Wall Street cukup rendah yaitu 6,89 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 7,37 miliar selama 20 hari terakhir.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sirkuit MotoGP Bakal Tarik Banyak Wisatawan ke Mandalika

Liputan6.com, Jakarta – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC akan memulai pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Oktober 2019.

Keberadaan sirkuit ini akan menarik banyak wisatawan ke Indonesia, khususnya Mandalika. Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, Abdulbar M Mansoer mengatakan, untuk satu kali balapan, membutuhkan waktu minimal empat hari untuk tahap kualifikasi hingga balapan. Untuk satu hari saja biasanya akan ada 100 ribu orang yang akan hadir.

“Untuk 1 race butuh 4 hari, harus kualifikasi, ada Moto2. Setiap hari 100 ribu, yang hari terakhir (saat balapan) lebih dari 150 ribu (datang). Jadi satu race mungkin bisa 300 ribu orang,” ujar dia di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Selain MotoGP, akan ada balap motor lain yang akan diselenggarakan di Mandalika. Salah satunya Superbike yang juga dikelola oleh Dorna.

‎”Jadi di tahun pertama akan ada 2 race (MotoGP dan Superbike). MotoGP bisa 300 ribu orang, Superbike 150 ribu orang. ‎Yang lain (balap) bisa 25 ribu orang,” ujar dia.

2 dari 2 halaman

Sirkuit MotoGP di Mandalika Akan Beroperasi 2021

Sebelumnya, penandatanganan LUDA induk ini menjadi awal dari realisasi rencana investasi VCGP di the Mandalika yang akan membangun distrik hiburan dan olahraga terpadu di the Mandalika, termasuk kompleks sirkuit jalan raya (street race circuit) Mandalika.

VCGP adalah anak usaha Vinci, sebuah perusahaan berskala global asal Prancis yang bergerak di bidang desain, pembiayaan, pembangunan, dan operasional proyek-proyek infrastruktur dan fasilitas besar di seluruh dunia. 

Saat ini, Vinci memiliki jumlah pekerja lebih dari 195.000 orang yang tersebar di 100 negara. Kerja sama ITDC dengan VCGP menandai masuknya Vinci Construction ke Indonesia untuk sebuah proyek dengan nilai investasi yang besar.

“Penandatanganan Master LUDA untuk distrik seluas 131 ha berikut street race circuit Mandalika ini akan membawa investasi (FDI) sebesar USD 1 miliar atau Rp 14,5 triliun (1 US$ = Rp 14.500,-) dalam kurun waktu kurang lebih 15 tahun ke depan,” ujar Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dalam keterangan tertulis, Kamis 9 Agustus 2018.

“Investasi VCGP ini menunjukkan tingginya kepercayaan investor terhadap prospek pengembangan the Mandalika sekaligus sebagai bukti bahwa iklim investasi di Indonesia menarik bagi investor asing,” ujar dia.

Berdasarkan kesepakatan yang tertuang dalam LUDA ini, pembangunan distrik hiburan dan olahraga terpadu ini akan dimulai paling lambat akhir 2018, dengan dimulainya pembangunan Shaza Resort dan Hotel Mysk sebagai proyek pertama. 

Kedua hotel, yang merupakan hotel syariah bintang lima dan empat yang dioperasikan oleh Shaza Hotels, diharapkan dapat mulai beroperasi pada akhir 2020 dengan menyediakan 400 kamar.

Distrik hiburan dan olahraga terpadu yang dibangun oleh VCGP akan menjadi salah satu diferensiasi yang dikembangkan ITDC untuk kawasan pariwisata the Mandalika. 

Selain street race circuit Mandalika, distrik hiburan dan olahraga ini akan mencakup 10 hotel dengan kapasitas sekitar 2.500-an kamar, COEX (Convention – Exhibition) Building, rumah sakit dan water park berstandar internasional. 

Street race circuit Mandalika yang dibangun dengan standar FIM and FIA ditargetkan dapat mulai beroperasi pada 2021. Kemudian dicanangkan dapat menjadi tuan rumah kejuaraan balap dunia. Saat ini ITDC telah menandatangani LUDA untuk tujuh hotel di the Mandalika. Tiga hotel di antaranya sedang dalam proses pembangunan.

Diharapkan pada 2018 ini semua hotel yang sudah berkomitmen dapat mulai proses pembangunan, sehingga dapat mulai selesai pada 2020.

“Kami optimistis pembangunan proyek the Mandalika akan membawa multiplier effect yang sangat besar dalam mendorong perekonomian, sekaligus membantu pencapaian target kunjungan wisatawan yang ditetapkan pemerintah,” pungkas Abdulbar. (Yas)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Warga Mulai Padati Festival Cap Go Meh di Bogor

Liputan6.com, Jakarta – Warga keturunan etnis Tionghoa di Kota Bogor, Jawa Barat mulai bersiap jelang perayaan Cap Go Meh. Puncak peringatan Tahun Baru Imlek 2570 itu dipusatnya di Vihara Dhanagun, Jalan Suryakancana, Selasa (19/2/2019) sore.

Perayaan yang dikemas dalam Bogor Street Festival Cap Go Meh ini akan dimeriahkan dengan serangkaian acara seni dan budaya, atraksi barongsai serta liong dan pertunjukkan lainnya.

Suasana di seputar Jalan Suryakancana dan Otista sudah mulai ramai pengunjung sejak Selasa siang. Tidak hanya etnis Tionghoa, warga pribumi pun mulai memadati sepanjang Jalan Suryakana.

Meski cuaca mendung, mulai dari kalangan orangtua hingga anak-anak nampak antusias datang berbondong-bondong untuk menyaksikan pesta rakya yang mengusung tema ‘Katumbiri Street Lighting Festival’ itu.

“Penasaran, ingin lihat atraksi barongsai sama festival keseniannya,” kata Hilda Apriani (24) warga Tamansari, Kabupaten Bogor, Rabu (19/2/2019).

Senada diutarakan Muhammad Iksan, warga Sukasari, Kota Bogor. Setiap tahun ia selalu mengajak istri dan kedua anaknya untuk menyaksikan Cap Go Mehtersebut.

“Buat hiburan aja, nyenengin anak liat atraksi barongsai,” kata dia.

2 dari 3 halaman

Lalu Lintas Macet

Sementara itu, sejumlah petugas Dishub, kepolisian dan TNI terlihat sudah mulai berjaga-jaga di sekitar gerbang menuju Jalan Suryakancana. Beberapa di antaranya ada yang sedang mengatur lalu lintas yang macet akibat terjadinya kepadatan arus lalu lintas.

Para peserta parade juga terpantau sedang merias dan menggunakan kostum untuk mengikuti acara tahunan tersebut.

Rencananya, Bogor Street Festival Cap Go Meh 2019 akan dimulai pada pukul 15.30 WIB. Acara dibuka dengan penampilan tarian tradisional Sunda, tari klasik asal India, drum band, paduan suara, angklung, dan Hadroh Pemuda Pulo Geulis.

Kemudian dilanjut pembacaan Wangsit Siliwangi, doa bersama dan Kie Lin. Detik-detik menjelang magrib ada pemukulan Beduk Banten Lebak Membara.

Kegiatan dilanjutkan sekitar pukul 19.00 WIB yaitu pelepasan peserta Katumbiri Lighting Carnaval dan dilanjut pawai seni liong-barong dari Suryakencana. Acara ditutup dengan pemutaran film.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: