TKN Jokowi: Kubu 02 Masih Jalankan Strategi Firehose of Falsehood

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin menilai ada modus tersendiri di balik sikap capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang berkali-kali mendeklarasikan kemenangan hingga sujud syukur. Modus itu, menurut TKN, berkaitan dengan strategi firehose of falsehood.

“Modus pertama adalah menjalankan strategi firehose of falsehood dengan menanamkan keyakinan di pengikutnya bahwa kubu 02 sudah menang. Dengan strategi deklarasi berulang-ulang itu, pendukung disajikan realitas semu bahwa kubu 02 sudah menang dan informasi diluar itu adalah sesat dan direkayasa. Termasuk dilarang nonton TV yang memutar hasil quick count,” kata juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily dalam keterangannya, Jumat (19/4/2019).

Menurut Ace, cara itu akan membuat para pendukung Prabowo seperti ‘disihir’ untuk percaya pada satu sumber, yaitu survei internal, exit poll internal, dan real count internal. Padahal, menurut Ace, sumber informasinya adalah konstruksi dan tidak pernah teruji kebenarannya.
“Tujuan utamanya adalah menggalang sentimen pendukung agar bisa disiapkan untuk aksi berikutnya. Bisa jadi, rangkaian dari skenario kubu 02 yang selama ini tokoh-tokohnya sudah bicara soal people power. Ini jelas manuver yang berbahaya,” ujarnya.

Modus kedua dari tindakan klaim kemenangan Prabowo menurut Ace adalah delegitimasi KPU dan hasil pemilu. Ace mengatakan, dengan menyebutkan angka kemenangan sebesar 62 persen, maka kubu Prabowo akan cepat membangun framing hasil penghitungan KPU berbeda dengan hasil real count internal. Dengan begitu, kubu Prabowo akan menyerang KPU dengan tuduhan pemilu curang dan hasilnya direkayasa.

“Modus semacam ini sudah diperkirakan sejak awal ketika kubu 02 membangun narasi kalah karena dicurangi. Narasi ini dirangkai dari soal hoax soal kointainer, pemilih siluman dalam DPT, mobilisasi aparat, sampai terakhir kertas suara dicoblos. Modus ini disiapkan jauh hari sebelum pemungutan suara dan sekarang mulai pelan-pelan terbukti. Dan tujuan akhirnya adalah delegitimasi KPU dan juga delegitimasi pemilu,” ungkap Ace.

Politikus Golkar itu menilai kubu Prabowo tengah melakukan manuver yang berbahaya, karena upaya delegitimasi pemilu yang diikuti saran people power akan menimbulkan perpecahan. Ace menuding kubu paslon nomor urut 02 itu tidak peduli bahwa rakyat menyambut pemilu dengan gembira.

“Seperti apa yang disampaikan Pak Mahfud, pemilu itu adalah people power yang sesungguhnya. Rakyat sudah bersuara. Kita sudah lihat hasilnya di QC (quick count). Tapi kita tunggu hasil perhitungan suara dari KPU yg dilakukan secara berjenjang dan melibatkan secara terbuka saksi dari masing-masing kotestan dan juga pengamat,” ucap Ace.

“Dan jika ada ketidakpuasan juga sudah disediakan salurannya. Tiga puluh tahun proses pemilu di negara kita berlangsung dengan damai. Jangan karena ambisi segelintir elite politik untuk berkuasa, maka rumah keindonesiaan dibakar oleh syahwat politik mereka,” pungkasnya.
(azr/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Minim Personel, Begini Strategi Polres Garut Amankan TPS

Liputan6.com, Garut – Polres Garut, Jawa Barat telah mensiasati minimnya personil yang diterjunkan untuk pengamanan Tempat Perhitungan Suara (TPS), dengan sejumlah simulasi. Penempatan personil disesuaikan dengan tingkat kerawanan daerah pencoblosan.

“Strateginya sudah disiapkan,” ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, selepas ‘Apel Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Garut, Personil Satgas Operasi Mantap Brata Lodaya 2018 dan PAM TPS BKO Polda Jabar, Senin (15/4/2019).

Dua hari menjelang pencoblosan yang akan dilakukan serentak Rabu (17/4/2019) lusa, lembaganya mulai menempatkan sejumlah anggotanya untuk menyukseskan pemilu 2019 kali ini.  “Ada sekitar 1.200 personil yang kita terjunkan untuk mengawasi 8.056 TPS,” kata dia.

Para petugas yang dibackup anggota Polda Jabar tersebut, rencannya akan disebar di 42 kecamatan serta 33 kepolisian sektor yang tersebar di Garut. “Jangan lengah, jangan pula acuh silahkan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat,” ujar Budi mengingatkan anak buahnya.

Jomplangnya jumlah personil yang diterjunkan ujar Budi, membuat dirinya peras otak agar tetap memberikan rasa aman untuk menyukseskan hajatan demokrasi rakyat, lima tahunan tersebut. “Jangan ada bahasa untuk mengeluh,” kata dia.

Untuk pelaksanaan pengamanan di lapangan, lembaganya menerapkan system ploting yang disesuaikan dengan tingkat kerawanan masyarakat. “Satu anggota bisa membawahi 5 TPS, rata-rata jika dipukul rata komposisinya 1:8 TPS tiap anggota,” papar dia. 

Namun fungsi mereka sedikit terbantu dengan kehadiran sekitar 16 ribu anggota linmas, yang tersebar di seluruh TPS di kabupaten Garut. “Tentu kita pun selalu koordinasi dengan tokoh masyarakat, sama mereka dan semuanya,” ujarnya.

Dengan pola itu, Budi optimistis pelaksanaan pencoblosan dan perhitungan suara pemilu di Garut berlangsung lancar. “Ingat kita tidak masuk area TPS,  hanya di ring dua saja di luar TPS,” ujarnya mengingatkan seluruh anak buahnya dalam apel pelepasan tadi.

Jack Miller Intip Strategi Marquez Jelang MotoGP Austin

Liputan6.com, Texas- Pembalap Pramac Ducati, Jack Miller secara tak sengaja berhasil intip strategi Marc Marquez jelang bergulirnya MotoGP Austin, Minggu (14/4/2019). Marquez memang terkenal jadi raja di Circuit of The Americas (COTA), tempat berlangsungnya balapan MotoGP Austin, Texas Amerika Serikat.

Miller mengaku bisa sedikit mengintip strategi Marquez sehingga bisa selalu jadi juara di MotoGP Austin. Itu terjadi saat Miller berada di belakang Marquez pada latihan bebas kedua, Jumat (12/4/2019) kemarin.

Miller secara tak sengaja berada di belakang Marquez dan pada suatu kesempatan berhasil melewatinya. Di saat itulah, Miller kembali ke posisi belakang karena merasa tak nyaman di FP2 MotoGP Austin lalu.

“Semuanya berjalan baik, saya tak sengaja berada di belakang dia, kami bertukar posisi di pertengahan lomba,” kata Miller seperti dikutip crash.

“Ini momen yang bagus bisa beberapa lap di belakang dia, saya bisa lihat beberapa tips apa yang dia lakukan pada tikungan 6,7 dan 8.”

Jack Miller Pole Position, Marquez dan Rossi Kalah dari Tito Rabat

Capres Harus Paparkan Strategi Tumbuhkan Ekonomi RI di Atas 6 Persen

Liputan6.com, Jakarta Dalam debat pamungkas yang berlangsung pada Sabtu (13/4/2019) ini, kedua calon presiden (capres) diminta memaparkan strategi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

Adapun rata-rata laju pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam dua dasawarsa ini sebesar 5,27 persen per tahun.

Realisasi laju pertumbuhan ekonomi selama era reformasi ini dinilai belum mampu menyamai capaian era Orde Baru.

“Jika pertumbuhan lima persenan yang sudah terjadi dalam 6 tahun ini tidak segera diakselerasi, maka akan sulit bagi Indonesia keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah sehingga Indonesia bisa menjadi negara maju,” kata Pengamat Ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bima Yudhistira kepada Liputan6.com, Sabtu (13/4/2019).

Di sisi lain, mengingat perekonomian Indonesia dinilai Bima cepat panas atau overheating, maka target-target akselerasi pertumbuhan ekonomi harus tetap mempertimbangkan aspek stabilitas.

Selain masalah kuantitas pertumbuhan ekonomi, dari sisi kualitas juga perlu diperbaiki. Dukungan anggaran negara meningkat, kebijakan stimulus perekonomian tidak kekurangan, posisi sebagai negara layak investasi diperoleh.

Namun sayang, semua itu dinilai belum cukup untuk menjawab tantangan peningkatan angkatan kerja, menurunkan kemiskinan secara lebih signifikan, serta mengurangi ketimpangan.

Di sisi lain, Bima berpendapat, pemerataan pembangunan ekonomi dinilai selama ini belum efektif. Hal ini tercermin dari bergemingnya pulau Jawa terhadap pembentukan PDB (Produk Domestik Bruto).

Lima tahun lalu (2014) porsi Jawa sudah mencapai 57,4 persen, saat ini (2018) porsi Pulau Jawa justru naik menjadi 58,48 persen dalam pembentukan PDB nasional. “Ini menggambarkan bahwa pembangunan masih Jawa sentris,” pungkas Bima. 

Strategi Massa Guraklih Jokowi-Ma’ruf

Selain itu, Prabowo meminta pengurus partai koalisi di tingkat DPC, DPD, dan ranting untuk memeriksa daftar pemilih di TPS. “Kalau tidak salah sudah ada di TPS, sudah ada di RT dan kelurahan tolong diperiksa. Kalau ada nama orang yang sudah mati laporkan segera, kalau ada pemilih yang usianya masih 6 tahun dilaporkan,” ujarnya.

Terkait arahan menginap di TPS oleh Prabowo kepada pendukungnya hanya ditanggapi santai TKN. “Ya kita putihkan TPS saja. Tapi ngapain kita nginep di TPS? TPS kan tempat buat nyoblos bukan tempat menginap. Nanti digigit nyamuk. Tidak selebay itu lah kita,” canda Rofiq.

Lagi pula gerakan putihkan TPS sudah digaungkan Jokowi saat melakukan kampanye akbar di Pontianak, Kalimantan Barat. Dalam pidatonya, Jokowi mengajak pendukungya saat ke TPS untuk menggunakan pakaian putih. Alasannya yang bakal dicoblos memakai pakaian serbaputih. “Kita ke TPS pakai baju putih, karena yang akan dicoblos bajunya putih, tuh yang mau coblos. Karena putih adalah kita, dan kita adalah putih,” kata Jokowi saat itu.

Sementara partai pendukung Jokowi yang lain, sekali pun tidak kebagian wilayah untuk jadi saksi resmi pilpres di TPS, mereka akan tetap mengirim orang untuk mengamati, apalagi mereka juga punya kepentingan mengawal suara pileg. “Kalau kita di NasDem setiap caleg punya saksi masing-masing. Nah, setiap saksi itu juga diwajibkan untuk menjadi saksi pilpres juga. Jadi saksinya sekaligus,” ungkap Irma Suryani Chaniago, Wakil Ketua DPP Partai NasDem yang juga Juru Bicara TKN.

Pengerahan orang ke TPS, ucap Suryani, paling tidak ada tiga orang untuk tiap TPS. Jumlah ini berpatokan pada jumlah caleg di wilayah tersebut, yakni untuk DPR Pusat, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Mereka diberi tugas tambahan menempel saksi pilpres.

JK Nilai Strategi Jokowi dan Prabowo Sama, Sasar Pemilih Islam

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan strategi Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto sama di Pilpres 2019. JK menilai kedua capres menyasar target sama, yaitu pemilih muslim.

Hal tersebut disampaikan JK saat ditanya soal surat Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Prabowo agar kampanye tidak eksklusif. JK menilai apa yang disampaikan SBY bagus.

“Ya itu masalah internallah nomor 02. Saya kira apa yang disampaikan itu bagus. Supaya kita berbeda dalam cara, tapi tetap bersatu, dalam mengemukakan dalam kampanyenya. Ini surat Pak SBY ini sebagai pemimpin bagus,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2019).

JK kemudian menjelaskan strategi Jokowi dan Prabowo sama. Menurutnya, kedua menyasar suara pemilih muslim.

“Walaupun juga dalam kampanye ini orang mengambil, punya strategi-strategi sendiri-sendiri yang berbeda-beda. Jadi strategi umum kedua calon itu, strategi Islami. Pemilihan Islam,” jelas JK.

JK mengatakan Jokowi memilih cawapres ulama untuk memilih pemilih muslim. Namun, cara yang dipakai kedua capres dinilai berbeda.

“Pak Jokowi ambil ulama, itu dia ingin dekat dengan pemilih Islami kan. Kemudian yang satu menggunakan simbol-simbol Islam yang sangat keras. Salat subuh, macam-macam. Itu dua-duanya memakai strategi yang sama. Tapi caranya berbeda,” paparnya.

Sebelumnya dalam surat itu, SBY pada Sabtu, 6 April 2019, mengaku mendapat informasi yang mengandung kebenaran mengenai kampanye akbar Prabowo-Sandiaga di Gelora Bung Karno (GBK) pada Minggu (7/4). SBY menyebut kampanye akbar Prabowo-Sandi mengandung unsur ketidaklaziman.
(fdu/idh)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Strategi Gubernur Ridwan Kamil agar Warga Jabar Menjauh dari Rentenir

Saat ini realisasi transaksi keuangan syariah di Jawa Barat, baru mencapai sekitar 8 persen, padahal akses masjid di Jabar cukup besar hingga 100 ribu unit.

Bahkan angka itu bisa bertambah besar, jika ditambah kalangan pesantrn yang berjumlah hibgga 11 ribu unit di Jabar. “Saya juga ada program Kredit mesra, nanti kita tahun ini di-ngabret-keun,” ujar dia.

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. Menurutnya, kehadiran Bank Wakaf Mikro diharapkan menjadi solusi masyarakat meninggalkan rentenir.

“Bank Wakaf Nikro kita bisa dirikan di masjid, bunganya hanya tiga persen setahun, tanpa jaminan dan syaratnya macam-macam,” ujarnya.

Dengan kemudahan itu, program kredit ini bisa meng-cover hingha 3.000 peminjam dalam skala pinjaman kecil, yang dilanjutkan pembinaan bagi para peminjam wirausaha. “Jadi kita punya program ngga usah ke renternir,” ujarnya.

Selain menjelaskan soal kredit lunak, kehadiran sosialiasi literasi keuangan ini, diharapkan mampu mengoptimalkan jasa keuangan syariah, termasuk investasi aman jangkan panjang.

“Jangan sampai ada yang kena tipu investasi bodong, apalagi jangan sampai kena renternir,” papar Wimboh.

Seperti diketahui, paska berevoluasi dari Bappepam-LK. OJK mendapatkan mandat dari pemerintah mengatur, mengawasi sektor jasa keuangan, termasuk melindungi masyarakat penerima manfaat jasa keuangan di Indonesia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ridwan Kamil temui Ma’ruf Amin untuk silaturahmi dan klarifikasi pelanggaran kampanye di acara Nahdlatul Ulama di Garut.

Strategi Jokowi-Ma’ruf Amin Tekan Pengangguran Usia Muda

Sebelumnya, Debat calon wakil presiden ‎(cawapres) akan berlangsung nanti malam, salah satunya mengangkat soal ketenagakerjaan. Pengamat Ketenagakerjaan Timboel Siregar mengatakan, ‎ada sejumlah persoalan ketenagakerjaan yang harus diperjuangkan kedua kubu yang bertarung dalam pemilihan presiden (pilpres) ini.

Pertama, soal pelatihan vokasional, khususnya di era sertifikasi seperti saat ini, SDM Indonesia perlu ditingkatkan keterampilannya sehingga bisa memenuhi kebutuhan industri.

“Perbaikan Balai Latihan Kerja (BLK) juga menjadi bagian dari pelatihan vokasional tersebut,” ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu 17 Maret 2019.

Kedua, soal‎ jaminan sosial, di mana hingga saati ini masih banyak pekerja yang belum mendapatkan jaminan sosial khususnya Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun.

Ketiga, soal pengawasan ketenagakerjaan yang lebih baik. Menurut Timboel, selam aini pengawasan terhadap tenaga kerja masih rendah.

“Ditariknya pengawas ketenagakerjaan ke tingkat provinsi belum menjawab masalah lemahnya pengawasan, malahan jumlah pengawas berkurang,” kata dia.

Keempat, soal aturan terkait ketenagakerjaan, khususnya bagi pekerja yang menjadi mitra dari aplikasi online.‎ “Presiden berikutnya harus berani merevisi UU 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan sehingga pekerja online terlindungi,” ungkap dia.

Kelima, masih terkait dengan revisi UU Ketenagakerjaan tersebut, khususnya soal jaminan PHK sehingga pengusaha sudah mencadangkan kompensasi PHK tiap bulan sebesar 8,3 persen.

“Sehingga pengusaha dan pekerja tidak masuk ke dalam konflik hubungan industrial terus. Jaminan PHK menjadi bagian dari program jaminan sosial sehingga nanti ada enam program jaminan sosial. Saya kira itu hal-hal yang perlu diperjuangkan. Semoga persoalan-persoalan ini menjadi bahan debat cawapres,” tandas dia.

Matangkan Strategi Pilpres, Jokowi Kumpulkan Kepala Daerah Kader Partai Koalisi

Selain dihadiri kepala daerah dari PDIP, pertemuan ini juga turut mengundang kepala daerah dari partai koalisi lainnya.

“Jadi ini termasuk kepala daerah dari semua parpol koalisi. Ya dari PDI Perjuangan, Golkar, PKB, PPP, Nasdem, Hanura, PKPI, Perindo, PSI. Se-Indonesia,” lanjutnya.

Hasto menambahkan, prinsipnya adalah semuanya saling bergotong-royong. Posisi Jokowi-Ma’ruf Amin saat ini sangat strategis karena parpo koalisinya memegang kekuatan mayoritas di pemerintahan daerah maupun parlemen.

Strategi Peugeot Motocycles Indonesia Menghadapi Tahun Babi Tanah

 Peugeot 3008 generasi terbaru akhirnya resmi meluncur di Indonesia. Mobil berbanderol Rp 697 juta on the road Jakarta ini menjadi tanda kembali aktifnya merek mobil asal Prancis tersebut di Tanah Air setelah sekian lama tak terdengar kabarnya.

Tentu saja tak sedikit yang penasaran kemana saja Peugeot selama ini. Bahkan pada 2017 lalu saja, merek mobil asal Prancis ini hanya melego 31 unit, dan itupun disumbangkan satu model saja yaitu Peugeot 3008.

Operation Manager PT Astra International – Peugeot Tbk, Andyka Susanto menyebut, peluncuran Peugeot 3008 menjadi salah satu bagian dari strategi. Bahkan kehadiran Peugeot 3008 diyakini akan mendongkrak penjualan Peugeot Indonesia dengan target 150 unit per tahun.

“Angka 150 unit itu suatu lompatan yang besar. Bagi kami dalam mendatangkan produk ini kami juga mati-matian, tidak cuma memilih tipe fitur yang mau kita masukan, tapi kita juga memilih jenis pelayanan seperti apa dalam purna jual,” jelas Andyka saat peluncuran Peugeot 3008 di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Andyka juga membeberkan alasan Peugeot 3008 yang diluncurkan di Paris Motor Show 2016, justru baru meluncur di Tanah Air baru-baru ini.

“Itu karena untuk setir kanan sendiri baru siap semester pertama 2017. Sedangkan yang diluncurkan setir kiri di Paris Motor Show. Dari setir kanan itu ada, kita studi, kita enggak mau salah, itu yang bikin telat,” katanya.

Jika melihat bentuknya, Peugeot 3008 masuk dalam jajaran SUV premium yang bakal menyaingi beberapa model mobil seperti VW Tiguan, BMW X1, dan Audi Q3.

“Semuanya adalah European brand sehingga punya captive market sendiri. Punya loyal customersendiri dan kami masuk ke dalam segmen itu,” ujarnya.