Stephen Hillenburg, dari Guru Biologi Jadi Pencipta SpongeBob

Liputan6.com, Jakarta – Dunia hiburan kembali berduka. Pencipta karakter animasi ‘SpongeBob Squarepants’, Stephen Hillenburg, meninggal dunia pada usia 57 tahun, Selasa, 27 November 2018.

Menurut laporan situs The Hollywood Reporter, penyebab kematiannya adalah penyakit ALS, yang didiagnosis pada Maret tahun lalu. Namun, penyakit tersebut tidak menghalanginya untuk terus mengerjakan SpongeBob Squarepants yang terus diperbarui hingga 2019.

Sebelum menciptakan karakter dan serial animasi SpongeBob Squarepants, Stephen menjalani profesi yang tidak berhubungan dengan dunia hiburan. Ddilansir dari IMDb dan Kids Kiddle, pemilik nama lengkap Stephen McDennell Hillenburg pernah menjadi guru biologi laut selama tiga tahun. Ia merupakan lulusan Humboldt State University di California, Amerika Serikat, jurusan Interpretasi dan Perencanaan Sumber Daya Laut.

Kegemaran Stephen tentang laut sudah dimilikinya sejak kecil. Ia suka menonton beberapa film yang dibuat oleh ahli laut Prancis Jacques Cousteau dan langsung menyukai kehidupan bawah laut.

Setelah lulus kuliah, Stephen mengajarkan ekologi kolam renang, sejarah bahari dan keragaman laut pada anak-anak. Saat masih bekerja di Orange Country Marine Institute, pencipta SpongeBob ini menghadiri beberapa festival animasi. Stephen Hillenburg kemudian merasa tertarik dan memutuskan untuk mengejar karier di bidang animasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *