Sri Mulyani Bisa Geser Darmin Nasution Sebagai Menko Perekonomian

JakartaSri Mulyani Indrawati dinilai pantas dipertahankan dan memiliki potensi untuk menggeser Darmin Nasution sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di periode 2019-2024. Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia, Fajar B. Hirawan menilai Darmin tidak akan berlanjut di periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tapi menurut saya Sri Mulyani punya kans untuk stay atau dipromosikan menjadi Menko Perekonomian,” kata Fajar saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Fajar menilai, sosok Menteri Keuangan yang cocok untuk menjadi ‘pembantu’ Jokowi di periode kedua adalah yang mampu berpikir strategis dan bersinergi dengan kementerian dan lembaga (K/L) lain yang bersinggungan.


Lalu, Menteri Keuangan juga harus mampu bekerja cepat, terukur, dan efektif dalam mengambil keputusan, serta mengimplementasikan kebijakan.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Core Mohammad Faisal berharap Menteri Keuangan pada periode kedua masa kepemimpinan Presiden Jokowi diisi oleh yang berpengalaman sebagai bendahara negara.

Dia pun menilai, sosok yang tepat menempati kursi panas di Kementerian Keuangan itu berasal dari kalangan profesional.

“Menkeu harus dari profesional yang punya pemahaman dan pengalaman teknis di bidang yang bersangkutan,” jelas Faisal.

Siap ‘Bantu Jokowi Cari Menteri’? Yuk isi surveinya sekarang!

Simak Video “Harga Tiket Pesawat Harus Turun Paling Lambat 1 Juli
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *