Marc Marquez Beberkan Rahasia Jadi Pebalap MotoGP Sukses di Arena Honda Sport Motorshow

Liputan6.com, Jakarta – Bukan tanpa alasan seorang Marc Marquez memperoleh julukan The Baby Alien. Pasalnya, di usia yang masih terhitung muda, ia berhasil meraih banyak sekali prestasi menawan. Beragam raihan fenomenal berhasil ia ukirkan, di antaranya sanggup meraih gelar juara dunia perdana saat masih menyandang status rookie pada tahun 2013. Selain itu, ia juga menjadi pebalap termuda dengan raihan lima gelar juara dunia. Berangkat dari situ, tak mengherankan apabila kiprahnya di atas sirkuit balap selalu menarik untuk ditunggu.

Beruntung sekali karena rider MotoGP itu pada hari Sabtu (9/2) menjadi tamu istimewa di ajang Honda Sport Motorshow yang diselenggarakan di Trans Studio Mall, Bandung. Guna melecut semangat para pebalap, rider dengan nomor kebanggaan ‘93’ tersebut membeberkan trik-trik menarik untuk menjadi yang terbaik.

“Percaya pada kemampuan, lalu fokus dan kerja keras sampai mimpi tersebut terwujud,” ujar Marc Marquez di arena Honda Sport Motorshow di Trans Studio Mall, Bandung.

Kedatangan Marquez ke Bandung menjadi salah satu bentuk apresiasi Astra Honda Motor (AHM) pada seluruh pecinta balap yang berada di Jawa Barat. Sosok yang dikenal pantang menyerah bila sedang berada di atas sirkuit itu diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi pebalap untuk terus berjuang mewujudkan mimpi.

Selain Marquez, bintang tamu istimewa yang juga hadir dalam acara tersebut adalah Andi Gilang dan Gerry Salim. Keduanya merupakan sosok andalan Astra Honda Racing Team (AHRT). Tak berbeda jauh dengan The Baby Alien, mereka pun turut berbagi kisah inspiratif untuk merealisasikan setiap mimpi.

“Harus disiplin berlatih dan menggunakan waktu sebaik-baiknya, karena itu akan membantu untuk fokus tampil maksimal,” ujar Gerry Salim yang tahun ini akan berkompetisi di kelas Eropa CEV Moto2 European Championship.

Gerry sendiri dipastikan bakal menetap sementara di Eropa bersama Mario Suryo Aji yang akan berlaga di CEV Moto3 Junior World Championship demi mendalami medan balap di sana.

Rangkaian acara Honda Sport Motorshow di Bandung tak berhenti sampai di situ saja. Pada kesempatan lain, PT. AHM juga memberi penghargaan pada mantan pebalap binaan Honda yang sukses menorehkan prestasi di ajang Asia Road Racing Championship bernama M. Fadli. Meski memiliki kondisi kurang sempurna akibat insiden kecelakaan, ia tetap sanggup mengharumkan nama Indonesia dengan merebut medali emas di cabang sepeda Asian para Games 2018. Berkat aneka pencapaian gemilang tersebut, AHM memberi penghargaan dengan menunjuknya menjadi pelatih di Astra Honda Racing School.

“M. Fadli merupakan sosok yang luar biasa. Dia sudah memberikan banyak podium untuk tim Astra Honda Racing Team dan sekarang namanya semakin harum lewat pencapaian medali emas di Asian Para Games 2018. Dan yang terpenting, sosok M. Fadli memiliki mimpi yang sangat tinggi serta gigih dalam mewujudkannya, sesuai dengan filosofi AHM, Satu Hati,” puji Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya.

Event makin meriah berkat kehadiran grup vokal JKT48 yang turut mengajak masyarakat untuk selalu mempedulikan keselamatan saat berkendara. Hal ini amat sejalan dengan campaign Honda, yaitu Cari Aman.

“Jangan lupa ya Guys kalau berkendara pakai helm SNI dan kelengkapan lainnya seperti sarung tangan dan menggunakan celana panjang,” kata salah satu personel JKT48, Cindy.

Pada acara istimewa tersebut juga, turut dipamerkan produk unggulan, seperti Honda CBR250RR yang berhasil mengantarkan putra bangsa menjadi Juara Asia selama dua tahun beturut-turut.

Tinggalkan MU, Rossi Jalani Trial di LA Galaxy

Liputan6.com, Manchester – Giuseppe Rossi akhirnya meninggalkan MU setelah sempat berlatih bersama beberapa waktu terakhir. Amerika Serikat menjadi tujuan baru eks pemain Setan Merah tersebut.

Rossi sempat digadang-gadang sebagai salah satu pemain dengan segudang talenta pada usia mudanya. Manchester United (MU), yang kala itu diasuh Sir Alex Ferguson, lalu membajaknya dari skuat muda Parma pada tahun 2004.

Sayangnya, ia gagal menembus skuat utama. Bersama The Red Devils, ia hanya mampu mengantongi lima penampilan saja di Premier League. Alhasil, ia harus bergonta-ganti klub guna mendapatkan kesempatan bermain yang lebih.

Rossi sempat menemukan performa terbaiknya bersama Villarreal. Tapi, cedera parah yang dialaminya membuatnya harus tersingkir dari klub asal Spanyol itu pada tahun 2013. Setelah mondar-mandir di tim lain, ia akhirnya berakhir tanpa klub di tahun 2018 lalu.

Pada Januari 2019, ia sempat turut serta dalam sesi latihan MU yang diasuh oleh Ole Gunnar Solskjaer. Kehadirannya di tempat latihan memantik rumor soal dirinya bergabung dengan The Red Devils untuk sisa musim ini.

Namun tak lama berselang, kabar tersebut ditampik langsung oleh Solskjaer. Alhasil, Rossi pun kembali terluntang-lantung mencari klub baru untuk melanjutkan kiprahnya di dunia sepak bola.

2 dari 2 halaman

Ke LA Galaxy

Lama tak terdengar kabar soal dirinya, hingga rumor soal masa depannya kembali muncul baru-baru ini. Rossi disebut sedang melakoni masa percobaan dengan klub yang berbasis di kota Los Angeles, Amerika Serikat.

Menyusul unggahan di Instagram yang menunjukkan dirinya sedang terbang ke Amerika, La Gazzetta dello Sport mengklaim bahwa Rossi akan segera bergabung dengan LA Galaxy. Di klub tersebut, ia bisa dipasangkan dengan mantan penyerang MU, Zlatan Ibrahimovic.

Namun media lainnya, The Athletic, menebar laporan yang berbeda. Disebutkan bahwa pria berumur 32 tahun tersebut akan melakoni sesi percobaan bersama rival sekota LA Galaxy, yakni Los Angeles FC.

Klub yang bermarkas di Banc of California Stadium itu tak memiliki nama-nama mentereng. Meskipun demikian, mereka tetap mampu mencatatkan torehan apik dengan finis di peringkat tiga klasemen Grup B Major League Soccer dengan koleksi 57 poin.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Tolak Real Madrid dan Chelsea, Icardi Merapat ke Juventus

Liputan6.com, Jakarta – Penyerang Mauro Icardi hampir pasti akan meninggalkan Inter Milan akhir musim nanti. Icardi sedang bermasalah dengan La Beneamata setelah negosiasi kontrak baru menemui jalan buntu.

Pemain asal Argentina itu saat ini berlatih terpisah dengan skuat utama Inter Milan. Icardi juga telah kehilangan jabatan sebagai kapten tim. Sejak dicopot sebagai kapten, Icardi tak pernah bermain lagi untuk Inter. 

Performa apik Icardi bersama Inter membuat banyak klub besar tertarik merekrutnya. Real Madrid, Chelsea dan Juventus sangat berminat kepada eks pemain Sampdoria itu.

Akan tetapi, menurut Corriere dello Sport, Icardi tak tertarik pindah ke Real Madrid ataupun Chelsea. Mantan pemain Barcelona itu masih senang bermain di Italia.

Karena memprioritaskan tetap di Italia, Juventus menjadi kandidat terkuat klub baru Icardi musim depan. Kebetulan Juventus juga sudah menyatakan minat kepada Icardi.

2 dari 3 halaman

Napoli

Juventus nyaris merekrut Icardi musim panas tahun lalu. Namun urung dilakukan setelah I Bianconeri berhasil mendapatkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid.

Selain Juventus, klub Italia lain yang mungkin bisa menjadi pelabuhan baru Icardi adalah Napoli. Namun mahalnya biaya transfer Icardi bisa menjadi kendala.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Italia

Striker MU Buka Peluang Gabung Juventus

Manchester – Rencana Juventus untuk merekrut Romelu Lukaku mendapat titik terang. Kabarnya, striker MU itu ingin pindah ke sana agar satu tim dengan Cristiano Ronaldo.

Sejak Ole Gunnar Solskjaer duduk di kursi manajer MU pada 19 Desember 2019, pemain timnas Belgia itu mulai terpinggir dari lini serang. Solskjaer lebih sering memainkan Marcus Rashford sebagai juru gedor.

Romelu Lukaku tampil dalam 34 pertandingan dengan waktu bermain selama 2.210 menit. Sementara itu, Rashford mencatatkan 2.223 menit dari 33 laga yang dijalani bersama The Red Devils.

Situasi tersebut membuat pemain 25 tahun itu dikabarkan ingin angkat kaki dari Manchester United. Jika pada akhirnya harus pergi dari Old Trafford, Lukaku ingin bergabung dengan Juventus.

Dalam wawancara dengan La Gazzetta dello Sport pada Oktober tahun lalu, Romelu Lukaku tak menutup kemungkinan untuk membela Juventus. Menurutnya, Juve memiliki ambisi untuk selalu meraih trofi juara.

Bukan hanya itu, kehadiran Cristiano Ronaldo membuat Lukaku kepincut dengan Juventus. Dia ingin bisa berada satu tim dengan kapten timnas Portugal tersebut.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

AC Milan Imbang Lawan Lazio, Gattuso Sebut Langkah Mundur

Liputan6.com, Jakarta – AC Milan bermain imbang tanpa gol saat lawan Lazio di laga pertama semifinal Coppa Italia, Selasa (26/2) atau Rabu dini hari WIB, di Stadion Olimpico.

Situasi ini sama seperti dua pertandingan semifinal musim lalu, ketika itu AC Milan dan Lazio bermain imbang 0-0. Dan, musim lalu hasil akhir harus diputuskan melalui adu penalti.Untuk pertama kalinya di starting XI, Krzysztof Piatek gagal menemukan gawangnya untuk Rossoneri.

Usai pertandingan, pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso, mengakui kecewa dengan hasil itu. Ia menyebut langkah mundur dalam hal kualitas.

“Itu adalah langkah mundur dalam hal kualitas permainan, tapi kami tahu itu akan diputuskan lebih dari 180 menit,” kata sang pelatih AC Milan kepada Rai Sport.

2 dari 3 halaman

Lakukan Kesalahan

Gattuso juiga mengakui AC Milan menghadapi tim yang selalu mendorong empat atau lima pemain ke depan. Untungnya, AC Milan melakukan dengan sangat baik di lini pertahanan.

“Sayangnya, kami membuat banyak kesalahan di sepertiga akhir dan tidak memberikan pelayanan kepada Piatek,” kata Gattuso.

3 dari 3 halaman

Belum Terkalahkan

Dengan hasil ini, AC Milan tetap tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan. Dan, pada Sabtu nanti mereka akan menghadapi pertandingan lawan Sassuolo di San Siro..

“Penghargaannya untuk tim. Saya beruntung menemukan sekelompok pemain muda yang percaya pada pekerjaan dan mempercayai kami. Saya hanya fokus untuk bekerja dan mendapatkan yang terbaik dari mereka.”

Di Jawa Barat, Honda Makin Tak Terbendung

Liputan6.com, Jakarta – PT Daya Adicipta Motora (DAM) sebagai distributor utama sepeda motor dan suku cadang resmi Honda di Jawa Barat (Jabar) melaporkan pencapaian penjualan di tahun lalu (2018) mengalami peningkatan dibanding 2017.

Dalam keterangan resmi yang Liputan6.com terima, DAM berhasil menguasai pasar sepeda motor di Jabar dengan market share sebesar 82 persen atau naik 2,5 persen dibanding 2017 yang mencatat 79,5 persen.

Selama Januari hingga Desember 2018, DAM mencetak penjualan sebanyak 886.179 unit. Disebutkan, 813.204 unit di antaranya disumbang oleh tipe skutik.

Sementara tipe sport menyumbang penjualan sebesar 46.028 unit, sisanya sebanyak 26.947 unit disumbang tipe cub atau bebek.

“Keberhasilan ini juga tentunya di dukung dengan berbagai program penjualan dan produk sepeda motor Honda yang terbukti semakin bagus, irit dan peduli lingkungan, serta layanan purna jual yang tersebar di 546 jaringan AHASS di Jawa Barat,” terang General Manager Motorcycle Sales, Marketing & Logistic DAM Lerri Gunawan.

Sekadar informasi, Honda BeAT series terus mengukuhkan posisinya sebagai motor terlaris sekaligus menjadi penyumbang terbesar untuk tipe matik sebanyak 481.920 unit, disusul kemudian Honda Vario Series sebesar 185.329 unit.

2 dari 2 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini

Bagian Ini Bermasalah, Mitsubishi Indonesia Tarik Delica dan Outlander Sport

Liputan6.com, Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan program penarikan kembali untuk perbaikan terhadap 680 Mitsubishi Delica dan 1.650 Outlander Sport tahun produksi 2015-2016. Perbaikan ini terkait penggantian pada Electrical Power Control Relay.

Adapun permasalahan yang memaksa penggantian part yang disebutkan di atas lantaran ditemukan potensi kurang kuatnya titik pengelasan antar komponen internal Engine Electrical Power Control Relay / Engine Electronic Control Unit (ECU) Relay. Hal ini menyebabkan bagian pengelasan tersebut berpotensi lepas.

Kondisi tersebut dapat membuat mesin mati mendadak saat kendaraan berjalan dan tidak dapat dinyalakan kembali. Namun hingga saat ini tidak ada laporan adanya insiden terkait dengan kondisi tersebut.

Penyempurnaan pun telah dilakukan pada suku cadang baru Electrical Power Control Relay dengan menggunakan komponen material internal yang lebih kuat.

Disebutkan, program ini dilakukan sebagai wujud kepatuhan terhadap ketentuan yang diatur didalam Peraturan Perundang-undangan yang berlaku khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

“Program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan serta memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas untuk terus memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia,” terang Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI dalam keterangan resminya, Rabu (27/2/2019).

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

MMKSI melalui dealer-dealernya akan mengirim surat undangan penggantian suku cadang kepada konsumen yang kendaraannya terdampak. Penggantian komponen mulai dilaksanakan per hari ini (27/2/2019) dengan estimasi durasi perbaikan selama 30 dan tanpa dikenakan biaya apapun.

“Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di dealer resmi kami dengan prosedur yang mudah dan kompensasi penggantian part terkait tanpa biaya,” kata Irwan.

Untuk mempermudah mendapatkan informasi dan kontak dealer terdekat dapat dilihat di www.mitsubishimotors.co.id/cari-dealer.

Cara Upload Video ke YouTube dan Tips Mengelolanya Agar Menghasilkan Uang

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal YouTube, situs web berbagi video ini telah menjadi alternatif tontonan selain televisi. Berbagai macam video dapat diakses melalui YouTube seperti video musik, klip film dan TV, blog video, pendidikan, film pendek, dan masih banyak lagi.

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan yang berkantor pusat di San Bruno, California, ini menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna.

Semua orang dapat membagikan videonya melalui YouTube dan dapat dilihat oleh orang di seluruh dunia. Selain menyajikan hiburan, YouTube rupanya dapat menjadi ladang uang bagi yang dapat memanfaatkannya. Cara mendapatkan uang melalui YouTube adalah dengan memasang Adsene atau iklan.

Dengan keuntungan yang didapat melalui iklan di YouTube ini, banyak orang yang memanfaatkan YouTube untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Saat ini sudah banyak Youtuber Indonesia yang sukses mendapatkan uang melalui YouTube. Sebut saja Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika dan masih banyak lagi.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan di YouTube, terlebih dahulu kamu perlu mengupload video karyamu di YouTube. Cara upload video ke Youtube cukuplah mudah, bahkan bisa langsung dilakukan di ponsel pintarmu lho! Berikut cara upload video ke Youtube yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu(27/2/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Upload Video ke Youtube dari PC

Cara upload video ke Youtube yang pertama adalah menguploadnya melalui PC. Karena YouTube terintegrasi dengan Google, maka kamu harus memiliki akun Google untuk dapat masuk dan mengupload video. Masukkan alamat email dan password Google kamu pada menu log in yang ada pada pojok kanan atas layar.

Untuk mengupload video, kamu perlu membuat Channel YouTube terlebih dahulu, caranya dengan klik My Channel dan buat nama Channel YouTube sesuai keinginanmu. Setelah channel dibuat, maka kamu dapat langsung mengupload video ke YouTube.

Di bagian atas halaman, klik ikon Upload Video. Pilih Upload video. Sebelum mulai mengupload video, kamu dapat memilih setelan privasi video. Pilih video yang ingin diupload dari komputer.

Kamu juga dapat mengimpor video dari Google Foto. Saat video diupload, kamu dapat mengedit informasi dasar dan setelan lanjutan untuk video tersebut, serta menentukan apakah ingin mengirimkan notifikasi kepada subscriber atau tidak. Jika kamu menghapus centang opsi ini, subscriber tidak akan mendapatkan notifikasi.

Kamu dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter. Kamu juga dapat menyesuaikan setelan Monetisasi.

Klik Publikasikan untuk menyelesaikan proses upload video publik ke YouTube. Jika kamu mengatur setelan privasi video ke Pribadi atau Tidak Publik, cukup klik Selesai untuk menyelesaikan upload, atau klik Bagikan untuk berbagi video secara pribadi.

Jika kamu belum mengklik Publikasikan, video tidak dapat dilihat orang lain. Kamu dapat mempublikasikan video kapan saja di Pengelola Video.

3 dari 5 halaman

Cara Upload Video ke Youtube dari Ponsel

Cara upload video ke Youtube di ponsel Android hampir sama dengan cara upload video ke Youtube di PC. Kamu harus login menggunakan akun Google untuk membuat Channel YouTube. Biasanya aplikasi YouTube sudah tersinkronisasi langsung dengan akun Googlemu jika sebelumnya kamu sudah mendaftarkan akun Google di Androidmu.

Cara upload video ke Youtube dari android yang pertama adalah membuat Channel YouTube terlebih dahulu. Caranya sama seperti pada PC. setelah itu tap ikon kamera di bagian atas halaman beranda dari halaman navigasi mana saja.

Rekam video baru atau pilih video yang ada untuk diupload. Untuk merekam video baru: Tap ikon kamera video dan mulailah merekam. Untuk memilih video yang sudah ada: Gunakan galeri untuk memilih video.

Terapkan penyempurnaan opsional pada video tersebut, lalu tap Berikutnya. Sesuaikan judul, deskripsi, dan setelan privasi video. Kamu dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter.kemudian tap Upload.

Kamu juga dapat mengubah jenis koneksi yang digunakan untuk mengupload video. Caranya adalah buka ikon akun .Tap Setelan> Umum> Upload.

Gunakan pengaturan ini untuk membatasi upload melalui Wi-Fi saja.

Terkadang Youtube akan mulai mengupload video saat kamu sedang merekam video tersebut. Namun YouTube tidak pernah mempublikasikan video tanpa persetujuan kamu.

4 dari 5 halaman

Keuntungan yang didapat Melalui YouTube

YouTuber bisa menambah pundi-pundi dengan cara menjalin kerja sama sendiri dengan perusahaan. Mereka memanfaatkan Google AdSense dengan menempelkan banner iklan di kanalnya. Terdapat dua cara mendapatkan uang dari iklan.

Pertama, biaya per klik atau cost per click (CPC). Pengiklan akan membayar berdasarkan jumlah klik pada iklan.

Kedua, biaya pertampil atau cost per view (CPV). Pengiklan membayar berdasarkan jumlah penayangan iklan. Pengiklan akan membayar jika iklan ditonton setidaknya 30 detik atau setelah dari durasi iklan.

Semua itu pun ada tahapan yang harus dilalui. Iklan akan datang ke YouTube jika pemili channel mengaktifkan opsi monetisasi. Iklan akan hadir di awal video, di tengah atau berbentuk pop up. Untuk mendapatkan ini, kanal YouTube harus memiliki paling sedikit 10 ribu view.

Penghasilan dari iklan YouTube sekitar US$1,5 atau setara Rp 20.464 per 1.000 view. Prinsipnya semakin banyak view semakin banyak pendapatan yang masuk ke rekening.

5 dari 5 halaman

Cara mengelola YouTube Agar Menarik

– Pilih konten yang sesuai passion.

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah konten apa yang ingin diberikan. Misalnya, konten beauty, gaming, lifestyle, entertainment, sport atau bahkan traveling. Pasalnya, apapun yang dilakukan dengan passion akan menghasilkan sebuah karya yang bisa menginspirasi banyak orang.

– Punya Karya yang Original

Jika ingin memulai profesi ini dari 0 subscriber pastikan untuk memiliki karya yang original. Intinya jadilah diri sendiri saat berkarya, karena hal tersebut unik dan menarik. Carilah hal-hal unik yang tidak dimiliki oleh YouTuber lainnya.

– Update dengan Hal Kekinian

Menjadi YouTuber menuntutmu untuk selalu update dengan perkembangan tren terkini. Mulai dari pembahasan yang sedang hangat dibicarakan, cara editing foto terbaru, OOTD terkini hingga destinasi traveling yang sedang diminati. Dengan membuat konten yang selalu update, subscribers akan terus bertambah dengan sendirinya.

Bukan Toyota Avanza, Ini Deretan Mobil yang Laris Manis di Pasar Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Berbicara soal pasar otomotif di Indonesia memang masih didominasi penjualan mobil keluarga alias MPV. Namun, hal tersebut berbeda dengan kondisi pasar global yang didominasi penjualan sedan atau sport utility vehicle (SUV).

Berdasarkan data penjualan secara global yang dirilis Global Auto Database (GAD) yang disitat dari focus2move.com, Selasa (26/2/2019), model paling laris masih dipegang Toyota Corolla dengan mampu terjual sebanyak 1.184.445 unit. Namun, penjualan sedan asal Jepang ini mengalami penurunan 1,1 persen dibanding periode sebelumnya, meskipun masih tetap memuncaki daftar mobil terlaris.

Peringkat kedua, Ford F-Series mampu terjual sebanyak 1.081.000 unit dan meningkat 0,5 persen dibanding tahun sebelumnya. Meskipun begitu, penjualan truk kabin ganda Amerika Serikat ini mengalami pelambatan penjualan dalam beberapa bulan terakhir tahun lalu.

Sementara itu, posisi ketiga cukup terjadi persaingan yang keras, dan mampu diraih oleh Toyota RAV4 dengan distribusi sebanyak 837.624 unit atau naik 3,6 persen dari periode sebelumnya. Untuk peringkat empat, ditempati Honda Civic sebanyak 833 ribu unit dan meningkat 1,9 persen dari sebelumnya.

Peringkat kelima, dan naik dua tingkat dari tahun sebelumnya ditempati oleh Volkswagen Tiguan dengan penjualan 791.111 unit atau meningkat 8,6 persen.

Sedangkan peringkat enam ditempati Volkswagen Golf dengan 790 ribu unit terkirim, Honda CR-V 744 ribu unit, peringkat delapan Volkswagen Polo 718 ribu unit, Toyota Camry 669 ribu unit, dan posisi kesepuluh ada Chevrolet Silverado 651.090 unit.

2 dari 3 halaman

Wuling Confero Asapi Toyota Avanza sebagai MPV Terlaris di Dunia

Sepanjang 2018, penjualan mobil keluarga atau multi purpose vehicle (MPV) di seluruh dunia tercatat sebesar 6 juta unit kendaraan. Hasil tersebut, turun 8,5 persen dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan data yang disitat dari Focus2move.com, Selasa (26/2/2019), tiga negara yang menjadi pasar terbesar MPV, yaitu Amerika Serikat, Cina, dan Jerman.

Masih berdasarkan data tersebut, Toyota masih menjadi merek teratas dalam penjualan MPV secara global, dengan 1,28 juta unit terjual selama 2018. Hasil ini, turun tujuh persen dibanding periode sebelumnya.

Posisi kedua, ditempati Honda dengan 502.954 unit, atau meningkat 2,6 persen dari periode sebelumnya. Sedangkan untuk peringkat ketiga, ditempati Wuling dengan 496.383 unit atau turun 8,5 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, untuk posisi keempat ada Kia dengan penjualan 349.702 unit, naik 0,7 persen dari tahun sebelumnya, kemudian Nissan 298.216 unit atau naik 2,4 persen, dan Suzuki 217.782 unit atau turun 8,1 persen dari sebelumnya.

Sedangkan dilihat dari modelnya, Wuling Hongguang yang merupakan basis dari Confero di Indonesia, masih menjadi terlaris dengan 480.455 unit atau turun 9,8 persen.

Posisi kedua, Honda Odissey 188.764 unit atau meningkat 13,8 persen, dan di tempat ketiga ada Dodge Gran Caravan 181.648 unit, dan diikuti Toyota Innova 172.653 unit atau turun 5,4 persen.

Jika melihat model MPV yang terlaris di Indonesia, Toyota Avanza berada di posisi ke-14.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: