Bertemu Ulama di Riau, Panglima TNI Minta Dukungan Perangi Hoaks

Liputan6.com, Jakarta – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyambangi Pondok Pesantren Nurul Huda Al Islami di Marpoyan Damai Kota Pekanbaru, Riau. Dalam kunjungannya itu, Panglima bertemu dengan puluhan ulama di Riau.

Dihadapan para ulama, Hadi meminta dukungan agar bersama memerangi hoaks, atau berita bohong yang pengaruhnya cukup besar di masyarakat.

“Karena hoaks bisa mengakibatkan hal buruk bagi generasi saat ini dan yang akan datang,” ucap Hadi dalam pertemuan yang berlangsung Sabtu (23/2/2019).

Selain itu, dia juga mengajak para ulama untuk menyukseskan pemilu legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) pada April 2019 mendatang. Pilpres yang damai, menurutnya dapat menjadikan masyarakat memilih sesuai hati nuraninya dan pemilu bisa terlaksana dengan aman dan damai.

“Kalau ada masalah yang timbul akibat pemilu dan kita menjadi tidak bersatu itu yang akan ditunggu oleh mereka yang mengincar kekayaan alam indonesia,” ucap Hadi.

Dalam kunjungannya itu, Panglima TNI disambut oleh KH Maksudi Jamsari yang juga merupakan Ketua Forum Ulama Riau dan KH. Ahmad Syuhada Ketua Majelis Dzikir Hubbul Wathon Provinsi Riau.

Pada Kunjungan kali ini Panglima TNI didampingi oleh Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Fadjar Prasetyo, Pangdam Bukit Barisan Mayjen TNI Sabrar Fadhilah, Danrem 031/Wirabima Brigjen Muhammad Fadjar.

Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Edi Natar Nasution.

 

2 dari 2 halaman

Apresiasi dari Ulama

Sementara itu KH. Ahmad syuhada’ yang merupakan perwakilan ulama yang hadir mengapreasiasi panglima TNI yang bersilaturahmi ke pondok pesantren dan kiai-kiai. Selain itu dia juga berpesan bahwa persatuan itu sebuah nikmat, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kebhinekaan.

“Mari kita rawat amanah nikmat persaudaraan, nikmat perbedaan, dan nikmat kebhinekaan ini,” tambahnya.

Hery Haryanto Azumi Sekjen MDHW yang ikut mendampingi Panglima TNI mengapresiasi silaturahmi ini. Apa yang dilakukan Panglima bertemu dengan para ulama menjadi sejarah dan patut diapresiasi. 

Menurutnya silaturahmi antara ulama dan umaro bisa menjadi solusi atas berbagai permasalahan. Baik permasalahan di daerah atau di nasional.

“Ini menjadi sejarah baru seorang panglima TNI senang bersilaturahmi dengan dunia pesantren dan ulama,” katanya.

Acara yang diinisiasi oleh Pengurus Besar Majelis Dzikir Hubbul Wathon (PB MDHW) ini selain silaturahmi juga dalam rangka membangun komunikasi dan interaksi yang positif antara TNI dengan berbagai elemen masyarakat. 

Terutama relasi TNI dengan kalangan Ulama dan Pondok Pesantren. Untuk semakin menguatkan komitmen terhadap NKRI dan Islam Kebangsaan. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

  

Wijaya Karya Bangun Jalan dan Jembatan di Asmat

Liputan6.com, Jakarta – PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) bergerak cepat membangun infrastruktur jalan dan jembatan gantung untuk penanganan darurat bencana virus campak dan gizi buruk, di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Barat.

Daerah tingkat II yang berbatasan dengan Kabupaten Mimika di sebelah barat dan Kabupaten Mappi serta Kabupaten Boven Digoel di sebelah selatan tersebut, kondisi alamnya didominasi tanah berlumpur dan rawa.

Tak heran jika kemudian, rumah-rumah, termasuk jalan penghubung di Kabupaten ini pun berdiri di atas papan berbahan kayu trembesi.

Kondisi jalan papan yang sudah termakan usia puluhan tahun, tertempa terik sinar matahari dan hujan, serta menahan beban dari maraknya penggunaan motor listrik, kemudian mendorong perlunya penyesuaian dan penyempurnaan jalan dengan pengerasan beton.


Berdasarkan evaluasi  kualifikasi,  administrasi  dan teknis, harga serta pembuktian kualifikasi oleh Kementerian  PUPR Direktorat Bina Marga Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional XVIII, Wika kemudian ditetapkan sebagai pemenang untuk membangun infrastruktur vital di Asmat

Adapun cakupan pekerjaan, pembangunan jalan beton (pile slab) dan jembatan gantung 72 meter dalam kontrak bernomor HK.02.03/PJN – WIL.IV/PPK-IV.3/466.

Beratnya medan dan bentang alam yang luar biasa lebar sangat berimplikasi pada proses perjalanan pembangunan infrastruktur di Asmat.

2 dari 3 halaman

Tantangan di Asmat

Manajer Proyek Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Eko Suranto Putro menerangkan, setidaknya terdapat tiga hal yang menjadi tantangan mendasar yang harus solutif agar proyek ini dapat selesai sesuai target.

“Pertama, kondisi tanah rawa yang dijumpai di hampir seluruh daerah ini, membuat pemenuhan kebutuhan air bersih menjadi sangat sulit,” ujar dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (23/2/2019).

Tantangan berikutnya yang dihadapi oleh adalah bagaimana diperlukannya usaha luar biasa untuk mendistribusikan material beton precast sejak diproduksi di PPB Wika Beton Pasuruan sampai ke area di belahan dalam Asmat yang sangat terpencil.

Ketiga, dalam hubungannya dengan distribusi beton precast dari PPB WTON Pasuruan menuju titik nol lokasi pemasangan dengan memanfaatkan sungai sebagai penghubung.

Namun demikian,  ternyata sungai itu memiliki draf atau kedalaman yang rendah dan sangat terpengaruh terpengaruh arus pasang surut, sehingga hanya kapal bermuatan kecil saja yang bisa masuk. 

Apakah WIKA lalu berdiam dan memilih terpaku pasrah?

Manajemen proyek yang ditopang oleh insinyur-insinyur muda dengan rata-rata usia 25 tahun itu justru men-stimulan lahirnya kreativitas-kreativitas baru di tengah keterbatasan. Untuk penyediaan air bersih terkait pengecoran beton, misalnya.

Manajemen proyek dengan cekatan membuat bak-bak, kolam penampungan air hujan yang tersebar merata di lokasi proyek.

Selain itu, sebagai alternatif, tim juga akan melakukan pembelian air bersih di distrik lain menggunakan kapal kayu.




3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Pengiriman material precast dari PPB WTON Pasuruan menuju Asmat juga bisa dicarikan solusi terbaiknya melalui kerja sama dengan ekspedisi yang kaya asam garam melayani rute Indonesia timur dengan kapal kargo berkapasitas 2.400 ton, langsung menuju Pelabuhan Agats.

Setelah tiba di Agats, material precast dipindahkan terlebih dahulu ke LCT (landing craft tank) yang kemudian masuk ke sungai menuju area pekerjaan. Sebagai catatan, pembongkaran dilakukan tidak menggunakan waktu normal sebagaimana pembongkaran barang pada umumnya.

Mengingat dan mempertimbangkan material precast memiliki bobot yang berat, maka untuk memudahkan proses pemindahannya dilakukan saat kondisi sungai pasang yaitu pada rentang  jam 2 dini hari.

Kemudian menjawab bagaimana mekanisme langsir precast dengan bobot yang berat ke area pemasangan di tanah yang lunak. Manajemen proyek Wika menerapkan dua metode efektif.  Pertama, untuk area yang kosong.

Pada arena ini, tim Wika menggunakan excavator dengan memberi dudukan kayu pada track atau lintasan excavator itu sendiri. Kedua, yaitu tim proyek berinisiasi membuat portal baja yang dapat beroperasi pada rel baja (rel dijepit pada tiang yang sudah terpancang).


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Fungsi Lain GPS Tracker pada Kendaraan Bermotor

Liputan6.com, Jakarta – Kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Indonesia masih sering terjadi dan tergolong tinggi. Setiap hari ada saja laporan ataupun informasi mengenai kendaraan yang hilang dicuri.

Meskipun telah menambah kunci pengaman pada kendaraan, nyatanya pelaku curanmor masih mampu melakukan aksinya. Untuk itu, agar kendaraan kesayangan dapat terpantau setiap waktu, memasang GPS Tracker bisa menjadi solusi.

Di pasaran, banyak tersedia beragam produk GPS Tracker. Salah satunya Juragan GPS yang ditawarkan PT. Globaltrackindo Profesional Sistem (GPS).

Juragan GPS memiliki tiga produk yakni tipe GT 06N dan GT303 untuk sepeda motor dan mobil, serta GT103 untuk truk dan bus.

Tidak hanya berfungsi sebagai monitoring aset, produk ini turut berperan sebagai provider yang memberikan solusi lengkap dalam bidang Fleet Management Transportasi.

Artinya, pergerakan kendaraan yang terpasang GPS Tracker bisa terpantau secara lengkap, mulai dari laporan jarak tempuh hingga estimasi penggunaan bahan bakar.

Selain itu, jika kendaraan keluar dari zona yang telah ditentukan maka akan ada notifikasi yang masuk ke aplikasi.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Briyan Alamanda selaku Head of Operation Juragan GPS mengatakan, Juragan GPS telah mempersiapkan produk dan teknologi untuk dapat bertahan pada iklim di Indonesia, baik dari panasnya cuaca hingga besarnya curah hujan yang mengakibatkan banjir.

“Banjir menjadi salah satu perhatian yang sangat penting bagi kami. Untuk itu setiap unit Juragan GPS telah melewati pengujian akan ketahanan terhadap air bahkan metode pengetesan dilakukan dengan memasukkan produk ke dalam air sedalam lima meter dan hasilnya masih berfungsi dengan baik,” jelas Briyan dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, Juragan GPS memberikan garansi software dan hardware untuk tiap produknya.

“Untuk garansi penggantian unit baru berlaku selama satu tahun untuk tipe GT 06N dan GT303 (roda dua dan roda empat). Sementara varian GT103 untuk kendaraan jenis truck dan bus memiliki garansi selama dua tahun,” katanya.

Mengenai harga, GPS Tracker GT 06N untuk sepeda motor dilepas seharga Rp 1,1 juta dengan garansi 1 tahun, free abodemen data selama 2 bulan serta free instalasi.

“Sedangkan varian GPS Tracker berkode GT 303 dihargai Rp 1,4 juta dengan garansi 1 tahun, free abodemen data 3 bulan dan gratis jasa pemasangan,” pungkas Briyan.

Kebijakan Ini Mampu Tarik Investasi Industri Ponsel ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara wajib berhasil menarik investasi di industri elektronik.

Akibat dua kebijakan ini, sejumlah produsen elektronik dunia berinvestasi dan membangun pabriknya di Indonesia.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin, Janu Suryanto mengatakan, penerapan kebijakan TKDN untuk ponsel 4G LTE berhasil membawa masuk 43 merek, 39 pemilik merk dan 22 pabrik ke industri dalam negeri.

“Kebijakan TKDN juga berhasil menekan impor cukup signifikan, dari 60 juta unit pada tahun 2014 menjadi 11 juta unit pada tahun 2017,” ujar dia di Jakarta, Sabtu (23/2/2019).

Selain itu, pemerintah menyediakan fasilitas Bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BMDTP) lewat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 12/PMK.010/2018 tentang Bea Masuk Ditanggung Pemerintah Sektor Industri T.A 2018.

Fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan untuk sektor elektronika, peralatan telekomunikasi, kabel serat optik, smart card dan ponsel.

“BMDTP dapat meningkatkan daya saing produk industri dalam negeri agar dapat bersaing merebut pasar dalam negeri dan meningkatkan utilisasi. Tingkat utilitas kapasitas terpasang sebagian besar industri elektronik dalam negeri masih belum maksimal, hanya sekitar 75 persen,” kata dia.

Sementara untuk melindungi industri nasional sekaligus konsumen, pemerintah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib untuk sejumlah produk elektronika. Meliputi, lampu pijar, baterai primer, pompa air, setrika listrik, TV-CRT, AC, kulkas, mesin cuci dan produk audio video.

“SNI akan mendorong industri untuk melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas produk,” ungkap Janu.


2 dari 2 halaman

Pelaku Industri Optimistis pada Tahun Politik

‎Sementara itu, menghadapi tahun politik pada 2019, dunia usaha di sektor elektronik tetap menyikapinya dengan positif dengan melakukan ekspansi pasar dan melakukan investasi besar-besaran di bidang Research & Development (R&D). Hal ini seperti yang dilakukan Polytron.

“Bagi Polytron, saat ini R&D adalah ujung tombak perusahaan yang akan memberikan kreasi-kreasi serta solusi baru dalam menghadapi persaingan dengan kompetitor,” tutur Senior Manager Business Development Polytron, Joegianto.

Menurut dia, pada 2019, Polytron berkeinginan untuk memperbesar pasarnya. Selain pangsa pasarnya di Indonesia, Polytron juga menjajaki kembali menggarap pasar ekspor, terutama ke Afrika.

“Ekspor perdana Polytron sekitar tahun 1990-an. Waktu itu, kita mengirim TV-CRT ke negara-negara Eropa,” ujar Joegianto.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kisah Ilmuwan India Temukan Matematika Ratusan Tahun Sebelum Eropa

New DelhiAn explosion of coloursIndia menghasilkan penemuan matematika menakjubkan beberapa abad sebelum ilmuwan negara Barat. (Getty Images)

Seperti Cina, sejak lama India telah mendapatkan manfaat besar dari desimal atau sistem bilangan yang menggunakan basis sepuluh.

India mulai menerapkan sistem desimal setidaknya pada abad ketiga.

Desimal masih terus kita gunakan hingga saat ini. Dalam sistem ini, posisi angka menunjukkan satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya.

Kita tak tahu bagaimana India menemukan sistem desimal. Tapi mereka tentu menyempurnakan dan meletakkan dasar angka satu hingga sembilan yang digunakan di seluruh dunia.

Lebih dari itu, India bahkan menciptakan angka baru: nol.

Tak lebih dari ruang kosong

Penggunaan desimal pertama di India diketahui muncul pada abad ke-9, meski banyak pihak yang yakin masyarakat India telah gunakan desimal ratusan tahun sebelumnya.

Angka desimal itu ditemukan di sebuah tembok di candi kecil di dalam kawasan Benteng Gwailor, India bagian tengah.

Tempat itu merupakan pemujaan terhadap matematika karena menyimpan angka nol.

Gwalior FortressSebuah candi kecil di benteng India diketahui sebagai tempat pertama penggunaan angka nol. (Getty Images)

Yang mengejutkan, sebelum India menemukan angka itu, nol tidak pernah ada dalam ilmu pengetahuan.

Peradaban Mesir Kuno, Mesopotamia, dan Cina memang mengenal simbol nol, tapi bukan sebagai angka, melainkan sebuah ruang kosong.

Adalah orang-orang India yang mengubah nol menjadi angka secara tetap. Konsep itu lantas merevolusi matematika.

Sejak saat itu hingga sekarang, angka nol memungkinkan kita membuat angka dalam jumlah besar dalam cara yang sangat efisien.

The zero in GwailorAngka nol tertua ditemukan di tembok sebuah candi di India. (BBC)

Bagaimana mereka menemukan nol?

Kita tidak akan pernah tahu secara persis.

Tapi sepertinya ide dan simbol nol berasal dari hitung-hitungan bermedium batu di atas tanah.

Ketika batu-batu itu diambil, sebuah lekukan tetap tertinggal di tempatnya. Ini dianggap merepresentasikan perubahan dari ada menjadi tiada.

Namun mungkin juga ada alasan kultural di balik penemuan angka nol ini.

Hole on the groundKalkulasi yang dibuat di atas tanah meninggalkan lubang bulat setelah pengurangan. (BBC)

Konsep ketiadaan dan keabadian adalah bagian dari sistem kepercayaan India kuno.

Baik agama Buddha maupun Hindu meyakini konsep ketiadaan dalam ajaran mereka.

Oleh karena itu, tak mengherankan bahwa sebuah budaya yang antusias terhadap ketiadaan dapat mengakomodasi gagasan angka nol.

Masyarakat India bahkan menggunakan terminologi shunya yang merepresentasikan ide filosofis tentang kekosongan sebagai istilah baru ilmu matematika.

Shunya mudra
Ini adalah shunya mudra, sebuah gestur yang dikultuskan dalam ajaran Buddha dan Hindu. Dalam bahasa sansekerta, shunya berarti kekosongan, pembukaan, atau ruang. (Getty Images)

Dari nol hingga jumlah tak terbatas

Pakar matematika termashyur India, Brahmagupta, menunjukkan sejumlah penggunaan dasar angka nol pada abad ke-7.

Aturan dasar tersebut masih terus diajarkan di sekolah di berbagai penjuru dunia hingga sekarang.

1 + 0 = 1

1 – 0 = 1

1 x 0 = 0

Indian numbers of the 9th centuryPenciptaan angka nol memungkinkan temuan-temuan lain dalam matematika (BBC)

Namun Brahmagupta kesulitan tatkala berusaha membagi angka satu dengan nol.

Pernyataannya, angka apa yang jika dikalikan nol maka hasilnya sama dengan satu?

Solusinya membutuhkan konsep matematis baru: ketidakterbatasan.

The infinity symbolKonsep ketidakterbatasan memecahkan teka-teki pembagian angka nol. (Getty Images)

Hanya ketidakterbatasan yang masuk akal dalam pembagian angka nol.

Dan pembaruan ilmu itu juga disumbangkan ahli matematika asal India lainnya, yaitu Bhaskara, pada abad ke-12.

Bagaimana logika hitung-hitungan itu?

Jika Anda mengambil satu buah dan membaginya menjadi dua, maka Anda mendapatkan dua buah.

Jika Anda memotongnya menjadi tiga, Anda akan memegang tiga buah.

Pembagian lebih lanjut akan menghasilkan pecahan-pecahan yang lebih kecil, tapi dengan jumlah yang lebih banyak.

Pada akhirnya, Anda akan mendapatkan jumlah buah yang tak terbatas.

Bhaskara lalu sampai pada pemikiran bahwa angka satu dibagi nol sama dengan tak terbatas.

Sliced avocado used as an example of fractioningAkhirnya, angka pecahan menghasilkan angka tak terbatas. (Getty Images)

Namun kalkulasi menggunakan angka nol berkembang lebih dari itu.

Meski disepakati bahwa tiga dikurangi tiga sama dengan nol, lantas apa hasil dari tiga dibagi empat?

Sepertinya jawaban Anda atas soal itu adalah ‘tidak ada’. Namun orang-orang India menemukan bentuk baru dari ketiadaan: angka negatif.

Masyarakat India mengenal angka negatif dan nol karena mereka meyakini nominal itu sebagai entitas abstrak.

Numbers floatingMasyarakat India yakin angka adalah entitas yang abstrak. (Getty Images)

Angka-angka bukan sekedar untuk menghitung atau mengukur, tapi juga memiliki nyawa, mengambang tanpa seutas tali di dunia nyata.

Pemikiran itu menghasilkan ledakan ide matematis.

X dan Y

Pendekatan abstrak orang India terhadap matematika mengungkap cara baru menyelesaikan persamaan kuadrat.

Pemahaman Brahmagupta soal angka negatif memungkinkannya melihat bahwa persamaan kuadrat akan selalu memiliki dua solusi. Salah satu dari jawaban itu dapat berupa angka negatif.

Brahmagupta bahkan mampu memecahkan persamaan kuadrat dengan dua variabel (X dan Y).

Perkembangan itu baru terjadi di dunia belahan barat tahun 1657.

Ketika itu, pakar matematika asal Prancis, Pierre de Fermat, mempresentasikan hal yang sama, tanpa sadar itu telah ditemukan di India ratusan tahun sebelumnya.

Pierre de FermatPierre de Fermat ‘memecahkan’ persamaan kuadrat tahun 1657. (Getty Images)

Brahmagupta juga mengembangkan bahasa baru untuk mengekspresikan solusi atas persamaan itu.

Saat bereksperimen, ia menggunakan inisial dua warna untuk menunjukkan variabel.

Itulah yang memunculkan penggunaan X dan Y, dua inisial yang masih kita gunakan hingga sekarang.

Tak berhenti di situ

Para ahli matematika di India juga bertanggung jawab atas penemuan baru dalam ilmu trigonometri.

The Earth, the Moon and the Sun in a right triangleAhli astronomi India mampu menghitung perkiraan jarak antara bumi, bulan, dan matahari dengan pendekatan trigonometri. (BBC)

Benar bahwa orang-orang Yunani adalah yang pertama kali mengembangkan ‘kamus’ yang menerjemahkan geometeri ke angka dan sebaliknya.

Namun ahli matematika membawa pengetahuan itu tahap yang lebih jauh.

Mereka menggunakan trigonometri untuk mempelajari dunia di sekitar mereka, termasuk navigasi laut dan menghitung jarak antar galaksi.

Para pakar matematika India itu mengkalkulasi jarak antara bumi dan bulan serta rentang antara bumi dan matahari.

PiKonsep Pi yang sulit dipahami. (Getty Images)

Mereka juga memecahkan misteri salah satu angka paling penting dalam matematika: Pi.

Pi adalah rasio numerik antara keliling dan diameter lingkaran. Angka ini muncul dalam setiap kalkulasi dan sangat berguna bagi para arsitek, karena perhitungan lingkaran selalu membutuhkan Pi.

Selama berabad-abad, ahli matematika mencari nilai pasti Pi, tapi baru pada abad ke-6, seorang pakar asal India bernama Aryabhata menemukan perkiraan yang tepat: 3,1416.

Aryabhata saat itu juga menggunakan nilai Pi untuk menghitung keliling bumi. Ia menemukan angka 39.968 kilometer, tak beda jauh dengan yang kita yakini benar saat ini, yakni 40.075 kilometer.

A Pi formed of sticks and stonesFormula nilai Pi masih dianggap sebagai penemuan bangsa Eropa. (Getty Images)

Madhava menyadari bahwa dengan menambah dan mengurangi pecahan berbeda, perhitungan formula Pi yang tepat dapat ditemukan.

Formula itu kini masih terus diajarkan di banyak universitas di seluruh dunia, seolah-olah itu ditemukan pakar matematika asal Jerman bernama Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17.

(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TKN ke BPN Prabowo: Jurus Turunkan Harga Telur Ngapain Dirahasiakan?

Jakarta – Ahmad Muzani selaku Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi merahasiakan jurus capres Prabowo Subianto menurunkan harga telur dalam waktu 100 hari. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin mempertanyakan Muzani.

“Jawabnya bukan rahasia! Karena hitung-hitungan seperti itu gampang kok. Ngapain dirahasiakan? Bilang saja nggak punya program dan ‘jawabannya sudah sama, untuk apa diperdebatkan’ seperti yang disampaikan Pak Prabowo di debat, itu malah lebih elegan daripada beli kucing dalam karung,” ujar Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Irma Suryani Chaniago kepada wartawan, Jumat (22/2/2019) malam.

Irma menyarankan Prabowo ataupun cawapres Sandiaga Uno memberikan solusi yang rasional berdasarkan data kepada masyarakat. Irma memberikan contoh yang dilakukan Jokowi-Ma’ruf.
“Harusnya setiap jawaban itu beri solusi yang masuk akal, by data dan rasional. Harusnya yang dilakukan itu seperti konsep Jokowi-KH Ma’ruf: petani untung, pedagang untung, pembeli tidak dirugikan alias harga normal. Itu artinya pemerintah selain dapat menjaga stok atau persediaan, juga dapat mengontrol harga,” ujar politikus asal NasDem ini.
Muzani sebelumnya menjawab sindiran Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan yang menyindir janji Prabowo menurunkan harga beras hingga telur dalam waktu 100 hari. Muzani yakin Prabowo bisa menurunkan harga telur dalam program 100 hari kerjanya.

“Bisa itu. Itu kan jawaban dari Pak Jokowi ketika dikritik oleh Pak Prabowo tentang menekan harga sembako, harga pangan dalam konteks beras, misalnya. Masalahnya, kata Pak Jokowi, kan keseimbangan antara produsen dan konsumen,” kata Muzani di kompleks DPR, Jakarta, Jumat (22/2).

Namun Muzani masih merahasiakan jurus Prabowo menurunkan harga telur. “Ya jangan cerita dulu, menang dulu nanti baru diceritain,” ujar Muzani.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(dkp/eva)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bank Permata Gandeng Air Asia Rilis Kartu Debit dan Kredit untuk Traveler

Liputan6.com, Jakarta – PermataBank bekerjasama dengan AirAsia meluncurkan kartu terbaru yang dipersembahkan untuk traveler Indonesia yaitu AirAsia Platinum Credit Card, dan AirAsia Debit Card.

Direktur Retail Banking PermataBank, Djumariah Tenteram menyebutkan, kartu ini dapat menjadi solusi bagi para traveler yang ingin bepergian tanpa harus khawatir masalah keuangan.

“PermataBank bersama dengan AirAsia berkomitmen untuk dapat memberikan solusi bagi traveler Indonesia yang ingin bepergian dengan hemat dan aman,” kata dia dalam acara peluncuran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/2/2019).

ia menuturkan, dengan AirAsia debit card dan AirAsia platinum credit card, setiap pembelanjaan di AirAsia dan di mana saja akan mendapatkan big points yang bisa ditukarkan menjadi tiket penerbangan AirAsia.

Saat merencanakan perjalanan, para pemegang kartu bisa mendapatkan akses prioritas promo Air Asia. Dalam waktu yang sama, BIG Points dapat terakumulasi dengan lebih cepat.

“Cukup dengan mengajukan 1 aplikasi, nasabah akan langsung diproses untuk mendapatkan AirAsia debit card dan AirAsia Platinum credit card,” ujar dia.

Proses aplikasi dilakukan secara digital di www.airasiacards.com tanpa mengharuskan nasabah pergi ke kantor cabang.

“Ini merupakan investasi kami dalam teknologi digital untuk kemudahan calon nasabah,” dia menambahkan.

Dalam kesempatan serupa, Aireen Omar, AirAsia Group Deputy CEO of Digital and Technology mengatakan, peluncuran AirAsia Debit Card dan AirAsia Platinum Credit Card bersama PermataBank merupakan bagian dari rencana strategis untuk mentransformasi AirAsia big menjadi biglife pada Jumat 22 Februari 2019.

“Sebuah platform yang menjawab semua kebutuhan traveling dan gaya hidup traveler seperti pemesanan tiket pesawat, hotel, pilihan aktivitas, belanja, kuliner, konten menarik, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, kartu ini tidak hanya mempermudah anggota big untuk mengumpulkan big points lebih cepat, tapi juga membuat big points menjadi lebih bernilai.

Ini karena dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan traveling dan gaya hidup lainnya, yang secara tidak langsung mentransformasi big points dari sekadar poin program loyalitas pelanggan menjadi digital currency untuk kegunaan yang lebih beragam.


Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: merdeka.com

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kedua kartu ini secara khusus didesain untuk traveler Indonesia yang sering bepergian dan ingin menikmati keuntungan eksklusif untuk pembelian tiket dan saat bepergian.

Menurut Global Travel Intentions Study, 9 dari 10 masyarakat Indonesia bepergian untuk rekreasi, dan mengutip ikatan dengan keluarga atau teman sebagai motivasi atas perjalanan mereka.

“Kami berharap AirAsia debit card dan AirAsia Platinum credit card akan memberikan pemegang rekening tidak hanya alat pembayaran yang aman, tapi juga menawarkan keistimewaan untuk meningkatkan keseluruhan pengalaman perjalanan,” tutur dia.

Untuk memberikan pengalaman terbang gratis lebih cepat, pemegang kartu AirAsia debit card dan AirAsia Platinum credit card akan mendapatkan big points setiap kali menggunakan kartunya untuk berbelanja dan keuntungan keuntungan lainnya seperti welcome gift hingga 3.300 big points.

Selain itu, meningkatkan status keanggotaan secara otomatis menjadi anggota AirAsia big platinum untuk pemegang AirAsia Platinum credit card.

Kemudian Fasilitas Priority check in, boarding dan Xpress baggage untuk pemegang AirAsia Platinum credit card. 700 big points untuk AirAsia Platinum credit card dan 400 big points untuk AirAsia debit card setiap pembelanjaan Rp 1 juta di situs web dan aplikasi AirAsia, berlaku kelipatan.

Lalu, 100 big points untuk setiap transaksi sebesar Rp 1 juta dengan AirAsia Platinum credit card dan 100 big points (hingga maksimum 500 big points) untuk setiap transaksi online sebesar Rp 1 juta dengan AirAsia debit card.

Akses prioritas untuk pemesanan saat promosi AirAsia dan gratis tarik tunai, transfer online, dan bebas biaya administrasi dengan AirAsia debit card.


Saksikan video pilihan di bawah ini:



Madura United dan PSM Ingin KLB PSSI Digelar Usai Pilpres

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pemilik suara (voters) mendesak PSSI agar menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) setelah digelarnya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) yang berlangsung 17 April mendatang. Meski belum bulat, mayoritas menginginkan agar KLB digelar setelah agenda politik nasional rampung diselenggarakan.

KLB dipastikan bakal digelar setelah Komite Eksekutif (Exco) PSSI mengadakan rapat baru-baru ini. Dalam rapat tersebut yang juga dipimpin Joko Driyono, Exco sepakat untuk menggelar KLB meski belum dipastikan kapan.

Sesuai statuta KLB bisa digelar atas inisiatif anggota Exco atau 2/3 dari total jumlah voters.Sebagian voters menginginkan, KLB digelar setelah perhelatan Pemilu 2019 rampung.

Presiden Madura United, Achsanul Qosasi mendukung keputusan anggota PSSI untuk menyelesaikan permasalahan di PSSI. Namun, dia merekomendasikan agar perhelatan KLB berlangsung setelah Pemilu, April mendatang.

Dia beralasan tak mau agenda PSSI seperti KLB tercemar oleh adanya kepentingan politik.”Teman-teman di PSSI pasti bisa melewati masa sulit ini dengan baik, dan saya mendukung semua keputusan nanti,” kata Achsanul seperti keterangan tertulis yang diterima media.

Sementara itu, Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatra Selatan, Augie Bunyamin, menilai isu KLB ini sangat sensitif. Menurut Augie, Asprov PSSI Sumsel masih menunggu perkembangan .

Terkait desakan segera KLB dari klub-klub sepak bola, Augie menyatakan klub memang memiliki hak mendorong PSSI menghelat KLB. “Asprov bukan seperti klub. Klub kan lain. Kami sedang menunggu keputusan dari satgas,” katanya.

2 dari 2 halaman

Dukungan PSM

Sementara itu, CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin angkat bicara terkait pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.Senada dengan Achsanul, dia berharap KLB digelar selepas pemilu 17 April, supaya terbebas dari berbagai intervensi politik . 

Sebagai peserta Liga 1 Indonesia, PSM sepakat menggelar KLB sebagai solusi untuk mengatasi masalah-masalah di internal PSSI.

“Kami dorong KLB tapi tidak untuk sekarang ini. Karena kita ini masih berada di tahun politik. Jangan sampai, macam-macam kepentingan masuk di KLB,” katanya.

Biodata BTS dan Fakta 7 Membernya, Buat Kamu yang Baru Jadi K-Popers

Liputan6.com, Jakarta Para K-Popers pastinya tidak asing dengan group asal korea yang bernama Bangtan Boys atau yang kerap dikenal dengan nama lain BTS. BTS merupakan salah satu group idol asal Korea Selatan yang memulai debutnya pada 13 Juni 2013 dengan single No More Dream. Single debut ini merupakan salah satu single dan album perdana BTS yang bertajuk 2 Cool 4 Skool.

Saat ini member BTS terdiri dari 7 anggota yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook. Tiap personil BTS memiliki peran dan posisi masing-masing dalam grup. BTS masuk dalam label Big Hit Entertainment.

Aliran genre musik yang dibawakan BTS adalah K-Pop, EDM, R&B dan hip hop. BTS termasuk boyband Korea terpopuler dan banyak meraih penghargaan musik nasional dan internasional.

Popularitas BTS sangat besar tidak hanya di Korea Selatan saja, namun di Jepang dan negara Asia lain termasuk Indonesia. Bahkan BTS juga sukses menembus pasar musik Internasional. Beberapa lagu Korea terbaik dari BTS juga sukses menembus chart Billboard di Amerika Serikat. Berikut biodata BTS yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/1/2019).

2 dari 8 halaman

1. RM

Biodata BTS member pertama yang dibahas adalah Kim Nam Joon atau yang akrab disapa dengan nama panggung Rap Monster atau yang sekarang lebih dikenal RM. Ia lahir lahir pada 12 September 1994. RM merupakan leader sekaligus rapper dari Bangtan Boys.

Sebelum debut bersama BTS, ia dikenal sebagai rapper underground yang memiliki nama panggung Runch Randa yang sempat berkolaborasi dengan Zico, yang ketika itu juga merupakan seorang rapper underground.

3 dari 8 halaman

2. Jin

Biodata BTS member selanjutnya adalah Jin. Pria yang memiliki nama asli Kim Seok Jin ini lahir di Gwaecheon pada 4 Desember 1992 ini mengisi posisi sebagai vokalis dalam group.

Sebelum debut, Jin terlebih dahulu menjalani training selama tiga tahun. Selain itu Jin memiliki kemampuan memasak yang lebih baik dari member lainnya, sehingga Jin ditunjuk sebagai juru masak di dorm tempat tinggal para member BTS.

4 dari 8 halaman

3. Suga

Biodata BTS member ini sebelum debut dengan grupnya sekarang merupakan seorang rapper underground yang cukup terkenal di daerah Daegu dengan nama “Gloss”. Pria kelahiran Daegu 9 Maret 1993 dan lulusan Apujeong High School ini memiliki nama asli Min Yoon Gi.

Saat ini Suga ditunjuk sebagai lead rapper dari BTS. Pada 16 Agustus 2016, BTS Suga mengeluarkan mixtape bertajuk Agust D untuk pertama kalinya dan meluncurkan 2 Music Video (MV) sekaligus untuk lagu Agust D serta Give it to Me. Kedua MV tersebut berhasil ditonton lebih dari satu juta kali di YouTube hanya dalam kurun waktu 12 jam saja.

5 dari 8 halaman

4. J-Hope

Biodata BTS selanjutnya adalah Jung Ho Seok atau biasa akrab dipanggil J-Hope. Ia menempati posisi sebagai lead rapper dan main dancer dalam group. Selain itu pria kelahiran Gwangju 18 Februari 1994 ini pernah bergabung dalam grup street dance yang bernama NEURON sebelum ia bergabung bersama BTS.

Biodata BTS penyuka warna hijau ini dianggap sebagai member yang selalu membawa kebahagiaan kepada member lainnya dan dianggap sebagai ibu bagi para member. Pasalnya J-Hope selalu bisa berhasil menemukan solusi dalam setiap masalah.

6 dari 8 halaman

5. Jimin

Biodata BTS berikutnya adalah Jimin. Member kelahiran Busan, 13 Oktober 1995 ini merupakan lead vokal dan main dancer dalam grup. Terlahir dengan nama asli Park Ji Min ini memiliki beberapa nama panggilan, diantaranya Chim Chim, Dolly, Park Jimine.

Jimin sendiri ternyata sangat mengidolakan Big Bang, terutama Taeyang. Selain itu Jimin adalah member BTS yang paling memperhatikan urusan diet, karena dia paling tidak suka jika ada yang mengatakan berat badannya naik.

7 dari 8 halaman

6. V

Biodata BTS selanjutnya adalah Kim Tae Hyung atau yang lebih dikenal dengan nama panggung V. Ia merupakan vocalist dalam grup Bangtan Boys. V lahir di Daegu pada tanggal 30 Desember 1995. Selain itu, diantara semua member, V dianggap sebagai member yang paling unik dan aneh dan dianggap sebagai member yang paling misterius.

Nama V pun terkenal dengan kepribadian 4D, yakni istilah orang Korea yang memiliki kepribadian yang tak terduga dan cenderung absurd. V juga sering mendapat julukan Blank Tae karena ekspresi wajahnya selalu kosong atau blank. Selain bernyanyi, V juga dikenal akan kemampuannya dalam berakting.

8 dari 8 halaman

7. Jungkook BTS

Biodata BTS member terakhir adalah Jeon Jung Kook atau yang biasa disapa dengan Jungkook. Ia merupakan main vocalist, lead dancer, sub rapper, center, dan maknae dari Bangtan Boys. Lahir di Busan pada 1 September 1997, Jungkook pernah bersekolah di Seoul School Performing Arts.

Sebelum tergabung bersama BTS, Jungkook yang saat itu masih berusia 13 tahun mengikuti audisi Superstar K3, namun gagal dalam audisi tersebut. Meskipun begitu, Jungkook ternyata telah diincar oleh beberapa perusahaan. Salah satunya adalah Big Hit Entertainment. Akhirnya, Jungkook memutuskan untuk bergabung dengan Big Hit Entertainment pada tahun 2011.

Pada 2012, Big Hit mengirimnya ke Los Angeles untuk belajar menari di sebuah akademi tari terkenal di sana. Setelah menjalani trainee di LA, Jungkook resmi debut bersama dengan 6 member lainnya dalam grup BTS.

Nah, itu tadi Biodata BTS, siapa nih member BTS favoritmu?

Top 3 Berita Hari Ini: Penampilan Sejumlah Pesohor Hadiri Pernikahan Putra Bos Krisna Bali

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini tentang pernikahan Gusti Ngurah Berlin Bramantara, putra bos oleh-oleh Krisna Bali, Ajik Krisna. Gusti baru saja melepas masa lajang dan menikahi sang kekasih hati, Annie Fransisca. Pernikahan keduanya pun menyita perhatian.

Bagaimana tidak, di samping dekorasi mewah dengan sentuhan Bali nan kentara, resepsi pernikahan ini juga dihadiri sederet artis.Dalam sebuah potret yang beredar di jagat maya, terlihat Prilly Latuconsina, Indah Dewi Pertiwi, dan Vicky Shu wefie ketika hadir di resepsi pernikahan Berlin dan Annie.

Di foto tersebut, tampak Prilly berbusana formal memakai off-shoulder dress hitam dilengkapi aksen silver yang senada dengan clutches-nya. Berita lainnya yang banyak diminati adalah tentang hubungan pria dan wanita.

Di momen tertentu, hubungan asmara biasanya akan melibatkan tak hanya Anda dan pasangan. Bakal ada campur tangan keluarga, termasuk orangtua, di sana. Karenanya, memperkenalkan si dia jadi salah satu momen penting.

Perempuan biasanya dianggap sebagai pengganti orangtua, terutama ibu, yang mampu mengasuh, merawat, dan terus mendampingi di berbagai situasi. Kalau sudah melewati kualitas ini, sangat mungkin Anda akan diperkenalkan pada orangtua. Berita ketiga yang menarik perhatian adalah seputar Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati tiap 21 Februari.

Sampah memang seperti menjadi masalah yang tak ada habisnya. Untuk ikut bagian dalam solusi mengurangi sampah, ada sejumlah hal yang bisa kita lakukan.

Mengurangi pemakaian tas plastik sekali pakai dengan membawa tas belanjaan sendiri termasuk salah satuya. Selain dapat menghemat pengeluaran dengan tidak membayar tas plastik, Anda juga berkontribusi untuk mengurangi sampah plastik.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Jadi, mari kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Penampilan Sejumlah Pesohor Hadiri Pernikahan Putra Bos Krisna Bali

Berlokasi di gedung Krisna Oleh-Oleh Bali di Banjar Blangsinga, Desa Saba Blahbatuh, Gianyar, Bali, Minggu, 17 Februari 2019, resepsi pernikahan putra bos Krisna Bali, Gusti Ngurah Berlin Bramantara, dan Annie Fransisca dihadiri sejumlah kalangan.

Termasuk di antaranya adalah beberapa pesohor yang menyempatkan hadir memberi selamat dan doa restu untuk pernikahan mereka. Dengan ragam outfit, figur-figur kenamaan ini hadir di resepsi berdekorasi kental nuansa Bali tersebut. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya.

Selanjutnya…

6 Kriteria Perempuan yang Biasanya Dikenalkan Lelaki pada Orangtuanya

Di momen tertentu, hubungan asmara biasanya akan melibatkan tak hanya Anda dan pasangan. Bakal ada campur tangan keluarga, termasuk orangtua, di sana. Karenanya, memperkenalkan si dia jadi salah satu momen penting.

Sebelum akhirnya menghadap orangtua, tentu ada pertimbangan yang lebih dulu dipikirkan. Dalam kasus lelaki, biasanya deretan kriteria berikut bakal jadi pertimbangan untuk memperkenalkan Anda pada keluarga, terutama orangtuanya. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya.

Selanjutnya…

Hari Peduli Sampah Nasional, Sudah Berbuat Apa Hari Ini?

Sampah menjadi persoalan yang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Setiap hari tak henti sampah memenuhi muka bumi ini. Bahkan, warga Jakarta saja dalam satu hari warganya bisa menghasilkan sampah plastik seluas tujuh lapangan bola.

Untuk merayakan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis (21/2/2019), Liputan6.com mengajak Anda untuk menjadi bagian dari solusi mengurangi sampah dengan menerapkan enam hal berikut ini seperti dikutip dari akun Instagram Pemprov DKI.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini: