Kisruh di LN, Ketua DPR Minta KPU Cari Solusi Bagi WNI yang Belum Nyoblos

Jakarta – Gelaran Pemilu 2019 di beberapa negara dilaporkan mengalami kendala karena banyak WNI yang belum terfasilitasi mencoblos. Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan KPU untuk memastikan WNI di luar negeri mendapatkan hak suaranya.

“Mendorong KPU untuk mencari solusi terbaik bagi WNI yang berada di luar negeri yang tidak dapat melaksanakan hak pilihnya karena kendala pada penyelenggaraan pemilu, mengingat satu suara dapat menentukan arah bangsa,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Selasa (16/4/2019).

Menurut dia, KPU wajib memberikan kesempatan bagi WNI yang belum memberikan suaranya di Pemilu 2019–meski jadwal pemilu di luar negeri telah berakhir. Bamsoet mengatakan kendala ini merupakan persoalan teknis, sehingga para WNI tidak patut disalahkan.
“Mendorong KPU untuk memberikan kesempatan bagi WNI yang berada diluar negeri yang pada saat hari pencoblosan belum memberikan suaranya karena di luar kesalahan mereka untuk melaksanakan hak pilihnya,” ujarnya.
Selain itu, Bamsoet juga meminta KPU mengevaluasi pencoblosan Pemilu 2019 di luar negeri. Ia tidak ingin hal serupa terjadi pada gelaran Pemilu 2019 di Tanah Air pada Rabu (17/4) esok.

“Mendorong KPU bersama untuk melakukan evaluasi pelaksanaan pemilu di luar negeri. Sebab pemilu kali ini dinilai banyak terjadi masalah, agar pada penyelenggaraan pemilu serentak selanjutnya KPU dapat memfasilitasi seluruh WNI dapat menggunakan hak pilihnya di luar negeri,” tegas Bamsoet.
(tsa/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sindir Susi soal Cantrang, Luhut: Jangan Larang Tapi Tak Ada Solusi

Jakarta – Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyindir kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang melarang penggunaan cantrang. Luhut menyindir kebijakan tersebut karena menurutnya tak memberikan solusi bagi nelayan untuk menangkap ikan.

“Kita jangan hanya larang, larang, larang tapi tak ada solusi. Solusinya apa?” kata Luhut di Telkom Hub. Jakarta, Senin (8/4/2019).

Lalu Luhut mempertanyakan cantrang yang seperti apa yang tidak boleh digunakan oleh nelayan. Pasalnya jenis cantrang ada banyak dan tidak semuanya bersifat merusak.

“Kalau tidak boleh pakai cantrang, cantrang apa. Nah saya baru tahu cantrang ini ada berapa macam. Cantrang mana, cantrang yang ndak boleh sampai masuk ke bawah, merusak koral atau yang netnya terlalu ketat sehingga kebawa ikannya (yang kecil),” jelas Luhut.

Pada kesempatan lain, Luhut pernah mengatakan sedang dilakukan kajian tentang penggunaan cantrang. Bila nantinya didapatkan hasil bahwa cantrang bisa digunakan tanpa merusak ekosistem laut, maka cantrang bisa saja digunakan untuk nelayan menangkap ikan.

“Bisa saja nanti cantrang itu kita pakai kalau kita sudah ketemu solusinya,” sebutnya

Terkait hal tersebut, Luhut menegaskan bahwa pemerintah melakukan tindakan untuk mengkaji penggunaan cantrang kembali, dengan catatan tidak merusak lingkungan. Sementara pihak oposisi, lanjut Luhut baru bicara saja.

“Lagi kita kaji kok (kemungkinan penggunaan cantrang). Sekarang sudah banyak kita perbaiki kok. Yang sana baru ngomong-ngomong, kita sudah anu (kaji) kok,” tambahnya.

(eds/eds)

Motor Mogok di Jalan Saat Malam Hari, Coba Solusi Ini

Untuk menggunakan layanan terbaru ini, konsumen hanya perlu menghubungi layanan khusus emergency road 24 jam. Selain itu, konsumen juga dapat menghubungi telepon bebas pulsa di 0800-188-1700 atau (021)601-2044.

Tak hanya untuk darurat, Wahana Help juga memberikan layanan servis di rumah (Home Service) untuk konsumen yang tidak sempat melakukan perawatan langsung di AHASS.

“Layanan ini diberikan untuk menjaga kepercayaan dan kenyamanan konsumen terhadap Honda. Kepercayaan kepada Honda selama ini layak diapresiasi dengan layanan yang maksimal dan terbaik,” tutup Evi Haryadi.

Suap Bowo untuk Serangan Fajar, PAN Minta Jokowi Beri Solusi Dana Parpol

Jakarta – Anggota DPR Bowo Sidik Pangarso ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap dan menduga uang suap itu bakal digunakan untuk serangan fajar Pemilu. PAN, sebagai partai pengusung Prabowo Subianto, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencari solusi pendanaan partai politik.

Come on, Pak Jokowi. Kami sebagai kader parpol butuh solusi soal dana politik. Kami ingin semuanya clear dan jelas. Tidak ada lagi cara-cara begini. Saat debat kandidat pertama petahana bilang tidak keluar uang pas pilkada, saya makin mempertanyakan debat capres itu,” kata Wasekjen PAN Faldo Maldini kepada wartawan, Sabtu (30/3/2019).

“Debat itu buat nyari solusi, bukan dengerin omong kosong. Mana ada orang tidak keluar uang jadi gubernur. Maju ketua RT aja nyumbang beli minum minimal,” imbuh Faldo.
Dia mengatakan kasus Bowo berawal dari masalah tingginya dana yang dibutuhkan partai politik. Namun, tak ada dana yang mencukupi disediakan oleh negara bagi parpol.

“Akar masalahnya adalah dana politik tinggi. Parpol diberi tanggung jawab macam-macam, pendidikan politik, kaderisasi, dan lain-lain, tapi tidak disediakan cara legal untuk dapat uang,” ucap salah satu jubir BPN Prabowo-Sandiaga ini.

Menurut Faldo, serangan fajar kerap menjadi jalan pintas bagi para politisi menggaet suara. Alasannya, serangan fajar tidak menelan banyak biaya jika dibandingkan dengan pendidikan politik. Faldo pun mengatakan Prabowo-Sandi akan merevolusi sistem pendanaan parpol jika menang Pilpres 2019.

“Bila Prabowo-Sandi menang, kami akan revolusi sistem pendanaan partai politik, agar semuanya jalan dengan semestinya,” tutur Faldo.

Bowo sebelumnya ditetapkan KPK sebagai tersangka karena diduga menerima suap dari Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK) Asty Winasti lewat perantara beranama Indung, yang juga sudah jadi tersangka. Total dugaan suap yang diterima Bowo berjumlah Rp 1,6 miliar dari tujuh kali pemberian. KPK juga menduga Bowo menerima gratifikasi Rp 6,5 miliar dari pihak lain.

Uang itu diduga sudah ditukarkan ke pecahan Rp 20 ribu dan Rp 50 ribu serta dimasukkan ke dalam 400 ribu amplop. Duit dalam ratusan ribu amplop itulah yang diduga KPK bakal digunakan sebagai serangan fajar.
(tsa/haf)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Wawancara Khusus Direktur LRT Jakarta: LRT Solusi Macet dan Polusi Jakarta

Liputan6.com, Jakarta LRT Jakarta tak lama lagi akan beroperasi dan melengkapi sarana transportasi massal sektor perkeretaapian di Indonesia. Selain mempermudah masyarakat, keberadaan sarana transportasi ini adalah demi mengurangi kepadatan jalan di ibu kota dan sekitarnya.

PT LRT Jakarta menargetkan 14.255 ribu penumpang bisa menikmati transportasi umum ini dalam sehari.

Ke depannya LRT Jakarta dipastikan dapat terintegrasi dengan 2 moda lain yakni MRT Jakarta dan TransJakarta.

Integrasi ketiga moda transportasi itu diharapkan dapat mengurangi polusi udara di DKI. Ini karena adanya perubahan kebiasaan warga Jakarta dari kendaraan pribadi menuju ke kendaraan umum.

Lalu apa saja persiapan dan fasilitas yang akan masyarakat dapatkan saat menikmati LRT Jakarta?. Berikut petikan wawancara Liputan6.com dengan Direktur Keuangan dan Administrasi PT LRT Jakarta Solihin Djaelani.

1. LRT mampu menampung seberapa banyak penumpang untuk sekali jalan, dan berapa frekuensi perjalanan setiap harinya?

Stasiun pertama kita itu di Pegangsaan sampai Velodrome, jaraknya sekitar 60 km, ada 6 stasiun diantara jarak tersebut.

Untuk target seharinya kita targetkan 14.255 penumpang. Dan sekali jalan, beroperasi di waktu-waktu yang tidak sibuk itu, 1 rangkaian atau 2 kereta kapasitasnya bisa sekitar 270 orang. Dengan komposisi orang yang berdiri santai atau tidak berdesak-desakan itu sekitar 270 orang.

Dalam sehari kita targetkan 150 kali perjalanan. Namun antara hari kerja dengan akhir pekan berbeda. Akhir pekan mungkin lebih banyak tripnya.

2. Kondisi stasiun LRT Jakarta bersih sekali, kemudian nyaman. Terkait hal ini,  bagaimana tanggapan masyarakat usai adanya uji coba atau sosialisasi LRT Jakarta?

Tanggapan masyarakat cukup positif ya. Penduduk DKI banyak yang ingin merasakan moda transportasi baru setelah ada MRT Jakarta, kemudian kita punya LRT Jakarta. Jadi antusias penduduk DKI itu sangat luar biasa.

Banyak masyarakat yang melakukan pengajuan untuk menjajal LRT Jakarta dan Alhamdulillah sehari itu pada 17 Maret bisa mencapai 1.000 orang.

Agustus sampai September kita pernah sosialisasi dan kita mengangkut sekitar 20 ribu orang pada saat uji coba. Jadi ada orang-orang yang sengaja memang kita undang, misalnya seperti sekolah-sekolah yang dekat dengan kereta atau penduduk sekitar stasiun sini. Kita harapkan antusiasmenya ini semakin meningkat.

3. Apa benar nantinya LRT, MRT, dan TransJakarta bakal terintegrasi. Ini artinya masyarakat cukup membayar sekali untuk semua transportasi itu? 

Semua model transportasi tentu tidak bisa menyelesaikan masalah tanpa satu sama lain dapat terintegrasi.

Jadi seharusnya memang MRT Jakarta bisa sebagai feeder untuk TransJakarta. TransJakarta bisa sebagai feeder untuk LRT Jakarta dan seterusnya. Sehingga semuanya bisa naik kendaraan umum. Saat ini LRT stasiunnya banyak bersingungan dengan TransJakarta.

Jadi penumpang TransJakarta bisa langsung naik LRT tanpa harus keluar dari areanya atau penumpang LRT bisa masuk ke halte Transjakarta. Kita juga sedang berusaha membangun skybridge di stasiun Velodrome kita menuju ke Halte Rawamangun.

4. Dengan ketiga moda dapat terintegrasi, apa manfaat yang bakal diperoleh masyarakat Indonesia?

Keinginan Pemprov DKI itu dengan dibangunnya fasilitas dan moda transportasi bisa menyelesaikan kemacetan. Namun bukan hanya kemacetan saja tetapi bagaimana dapat mengurangi polusi supaya bisa menciptakan kehidupan wiraswasta kita lebih efektif dan efisien.

Coba anda bayangkan misalnya sehari di Jakarta ini kita bisa melakukan rapat hanya sebanyak 2 kali saking macetnya. Namun karena moda transportasi yang terintegrasi, kita bisa 3 atau 4 kali meeting karena lebih efisien. Kita doakan semuanya bisa berjalan dengan lancar kedepannya.

5. Terkait persoalan kebersihan, apakah ada regulasi khusus yang mengatur aksi vandalism atau coretan pada fasilitas umum seperti LRT Jakarta ini?

Tentu ada sanksinya, namun sanksi ini bukan kewenangan kita yang menentukan. Di peraturan itu kita tidak bisa menetapkan sanksi. Mungkin ada sanksi pidana.

Yang pasti moda transportasi umum harus kita jaga karena merupakan aset bangsa.

6. Belajar dari negara-negara penyedia LRT Jakarta, bagaimana membangun kedispilinan warga supaya ikut merawat transportasi LRT?

Apa yang sudah dibangun jika tidak bisa dirawat dan dijaga dengan baik maka akan sia-sia. Tetapi saya rasa penduduk DKI sudah mulai terbiasa dengan hasil bersama-sama ini.

Kita ambil contoh, kita pernah paksakan peraturan mereka harus tetap membeli tiket di commuter line seperti membeli tiket, mengantri. Itu tahap awal dipaksakan agar pengguna mau disiplin tapi saya rasa ini sudah memberikan dampak banyak setidaknya dengan beli tiket sebelum masuk, mengantri, itu telah memberikan modal tahap awal buat kita.

Di tempat kita tahap-tahap awal banyak staf-staf yang membantu penumpang. Misalkan tidak melewati garis kuning pada saat berjalan, mengutamakan penumpang dari dalam untuk keluar. Itu akan kita sosialisasikan supaya nanti mereka terbiasa.

Hal lainnya ialah banyak sign-sign, papan penunjuk jalan yang nanti bakal kita pasang terkait dengan pelayanan dan kenyamanan mereka.

Ingin tahu wawancara lengkapnya, simak dalam video berikut:

Wawancara Khusus Direktur LRT Jakarta Sholihin Djaelani. Liputan6.com

Kampanyekan Solusi Cerdas Melawan Berita Hoax Untuk Masyarakat Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Berita palsu atau bohong yang sering disebut dengan hoaks (3923270 “”)semakin berkembang di Indonesia. Menurut data NKRI setiap bulannya penyebaran berita hoax terus bertambah setiap bulannya.

Dari Agustus hingga Februari 2019 sebanyak kurang lebih 771 berita hoaks tersebar di Indonesia mulai dari politik, agama, pemerintahan, pendidikan bahkan kejahatan dan fitnah.

Sebagai masyarakat Indonesia yang cerdas sudah seharusnya dapat menanggapi berita hoaks secara bijaksana. Melalui video yang diunggah di kanal YouTube, Budi Salim mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih peka terhadap penyebaran berita hoaks.

Video yang telah diapresiasi langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara tersebut bisa dijadikan motivasi untuk masyarakat Indonesia dalam menghadapi hoaks.

“Saya mau sharing tentang bagaimana kita supaya lebih cerdas dalam menyingkapi hoaks saya sangat prihatin sekali karena sekarang media sosial banjir dengan berita-berita yang membuat kepala kita pusing,” ujar Budi Salim, Presiden Direktur Departement Citrus Store dalam videonya.

Ia juga memberikan contoh beberapa kasus hoaks yang berkembang di negara berkembang seperti, Sri Lanka, Myanmar, India, dan Indonesia.

Ia juga memberi contoh berita hoaks yang terjadi di Tanjung Balai, Sumatera Utara yang berawal dari teguran warga terhadap seorang pengurus masjid karena pengeras suaranya. Namun informasi tersebut diputar balikan faktanya dan menyulut emosi warga sehingga berujung pada pembakaraan sebuah wihara.

Lalu ada tips mudah untuk masyarakat dalam membedakan berita hoaks. Mana yang harus dipercaya dan ditanggapi secara cerdas, sehingga masyarakat tidak ikut menyebarluaskan berita yang tidak jelas faktanya.

Hal terkecil dimulai dari aplikasi pesan telepon, terkadang kita tidak menyadari bahwa di sanalah berita hoaks menyebar dengan mudah. “Pertama kalian harus menghindari membaca berita di Whatsapp yang berupa ketikan langsung seperti pernyataan suatu tokoh, kita tahu bahwa ini bisa diedit, jangan dibaca,” ujar Budi Salim.

Solusi Ma’ruf Amin Kurangi Pengangguran di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ma’ruf Amin mengaku memiliki beberapa strategi sebagai upaya mengurangi pengangguran di Indonesia. Solusi yang ditawarkan secara struktural dan non struktural.

Dia menguraikan jika solusi struktural dengan mereformasi pendidikan dari tingkat bawah sampai universitas, terutama di tingkat SMK.

“Karena itu kami akan merevitalisasi SMK, politeknik dan akademi dan sesuaikan dengan tuntutan pasar dan melibatkan dunia usaha dan industri,” kata Ma’ruf Amin dalam Debat Cawapres di Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Dia mengaku akan ada insentif bagi dunia usaha dan industri yang mendukung upaya ini. Selain itu, akan didorong keberadaan universita yang memiliki konsep antara universitas konvensional dengan berbasis cyber.

“Sehingga lahirkan tenaga yang kualitatif dan mampu merespon dan miliki lapangan kerja terbuka di dalam negeri dan luar negeri,” tegas dia.

Pihaknya turut menyiapkan balai latihan kerja, BUMN dan kursus dan untuk mendorong agar generasi muda bersemangat. “Sebagai upaya peningkatan kami mengeluarkan kartu pra kerja supaya memperoleh sengata dan beri insentif dalam 6 bulan sampai setahun,” tegas dia.

Adapula kursus gratis yang diberikan demi menciptakan kecakapan. “Semua secara gratis. Ini janji pemerintah yang akan datang, beri kesempatan keterampilan tenaga kerja bukan haya kerja tapi mandiri,” tegas dia.

Sandiaga Uno: UMKM Jadi Solusi Ciptakan Lapangan Kerja

Liputan6.com, Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno‎ menargetkan menyatakan, sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan solusi untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang besar. Oleh sebab itu, sektor ini harus mendapatkan perhatian lebih besar.

“Prabowo- Sandi melihat UMKM adalah solusi untuk penciptaan lapangan pekerjaan.‎ UMKM jumlahnya 99,9 persen dari unit usaha yang dimiliki bangsa. Dari total 55 juta unit UMKM, merek belum mendapatkan keberpihakan dari segi kebijakan. Padahal 97 persen diciptakan dari sektor UMKM,” ujar dia dalam debat Cawapres di Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Menurut dia, UMKM dan industri berbasis pengolahan juga menjadi solusi dari masalah pengangguran.

“Jika kita mau berpihak pada penciptaan lapangan kerja berbasis UMKM, 97 persen dari penciptaan pangan kerja dan 60 persen dari pada PDB kita akan disumbangkan oleh UMKM,” lanjut dia.

Oleh sebab itu, lanjut dia, program Ok Oce yang berpihak pada UMKM akan terus didorong dan ditingkatkan di seluruh wilayah Indonesia.

“Mereka memberikan pelatihan, pendampingan, kami akan memberikan bantuan pemasaran, kemudahan perizinan, akses keuangan baik administrasi maupun akses permodalan akan meningkatkan ‎dunia usaha,” tandas dia.

Ma’ruf Bicara 3.500 Startup, Sandi: UMKM Solusi Lapangan Kerja

Jakarta – Cawapres Ma’ruf Amin bicara soal target startup RI dalam lima tahun ke depan sampai 3.500. Cawapres Sandiaga Uno mengatakan, UMKM adalah solusi untuk lapangan kerja.

“Prabowo-Sandi melihat UMKM adalah solusi peciptaan lapangan kerja, UMKM adalah jumlah 99,9 persen dari unit usaha yang dimilik bangsa ini, yang dicatat mereka belum mendapat keberpihakan dari segi kebijakan,” kata Sandiaga menjawab Ma’ruf, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Sandiaga mengatakan akan menyiapkan kebijakan yang memisahkan tenaga kerja asing dengan tenaga kerja lokal. Dia ingin ada perbandingan antara tenaga kerja asing, agar tenaga kerja lokal mendapat keadilan dari pemerintah.

“Untuk tenaga kerja asing kami memiliki konsep yang jelas, kami akan pastikan siapapun yang kerja di sini harus bisa bahasa Indonesia, kami pastikan juga jumlah perbandingan tenaga kerja asing dan lokal terukur dengan baik,” paparnya.

Sandiaga akan mendorong Program OK OCE untuk keberpihakan kepada UMKM. Dia juga akan memberikan akses pendampingan hingga lowongan pekerjaan bagi anak negeri,” katanya.

“Program OK OCE yang kami dorong berpihak pada UMKM, pendampingan, akses keuangan, akan tingkatkan dunia usaha, kalau ada lowongan tenaga kerja berikan pada anak-anak negeri kita sendiri jangan sampai tersingkir dan terasing karena tenaga kerja asing,” jelasnya.
(idn/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Solusi Prabowo-Sandi Atasi Defisit BPJS

Liputan6.com, Jakarta – Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Gamal Albinsaid menyatakan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berkomitmen melanjutkan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bila terpilih menjadi presiden pada pemilu 2019.

Hal itu disampaikan Gamal dalam diskusi ‘Merdekakan Sektor Kesehatan, Sejahterakan Ekonomi Rakyat’ di Media Center Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya I No 35, Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2019).

“Kami sangat mengapresiasi BPJS, akan melanjutkan, dan akan melakukan perbaikan,” ujar Gamal.

Gamal menilai, ada sejumlah kekurangan yang perlu diperbaiki dalam pengelolaan BPJS Kesehatan. Di antaranya mengenai defisit. Defisit yang semula Rp 3,3 triliun pada 2014, menjadi Rp 9,8 triliun pada 2017. Ia mengatakan, permasalahan defisit ini dapat menimbulkan permasalahan bagi dokter, rumah sakit, dan perusahaan obat.

Gamal mengatakan Prabowo-Sandi punya solusi. Cara yang akan ditempuh untuk mengurangi permasalahan tersebut adalah menaikkan anggaran kesehatan. Salah satunya dengan mencari anggaran di pos kementerian lain untuk BPJS Kesehatan agar tidak mengganggu anggaran Kementerian Kesehatan yang menurut Gamal sudah kurang.

“Untuk menutup di PBI (penerima bantuan iuran), jadi bisa digunakan dari pos anggaran lain atau dari Kemensos, sehingga anggaran yang sudah minim ini bisa digunakan untuk infrastruktur kesehatan, untuk promotif dan preventif,” ujar Gamal.

Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan. Menurutnya, masyarakat saat ini merasa kurang puas dengan pelayanan BPJS Kesehatan.

“Hari ini BPJS hadir, tapi kualitasnya dianggap oleh masyarakat mengalami penurunan, berbeda dengan pasien non BPJS,” ujar Gamal.