Aksi Gundul Wali Kota Solo Sambut Keunggulan Jokowi-Amin

Liputan6.com, Solo – Ketua DPC PDIP Solo yang juga Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo melakukan aksi cukur gundul sebagai bentuk syukur unggulnya pasangan capres Jokowi-Ma’ruf Amin dalam penghitungan cepat pilpres.

Wali Kota yang akrab disapa Rudy itu melakukan aksi cukur gundul tidak sendiri, Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Amin Solo, Her Suprabu dan kader PDIP Solo juga beramai-ramai cukur gundul. Aksi gundul itu dilakukan di kantor DPC PDIP Solo, Brengosan, Laweyan, Solo, Rabu malam, 17 April 2019.

Menurut Rudy, aksi cukur gundul itu sebagai nazar dan wujud syukur karena pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dalam quick count atau perhitungan cepat pilpres. “Kita syukuri hasil ini dengan aksi gundul. Potong gundul ini juga untuk buang sial,” jelasnya.

Rudy mengungkapkan jumlah peserta aksi gundul ini tidak dibatasi, siapa pun yang akan ikut mencukur rambut hingga gundul diperslahkan. Bahkan, ia mengatakan jika tukang cukur merasa kewalahan dengan permintaan yang ingin cukur gundul, aksi bisa dilanjutkan pada esok harinya.

“Berapa orang yang akan gundul, kami persilahkan dan semampunya tukang cukur,” ujar Rudy yang pernah menjadi wakil Jokowi saat menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Menurut dia, berdasarkan hasil penghitungan internal bahwa perolehan suara pasangan capres nomor urut 01 di Solo cukup tinggi. Dari target yang dipatok 80 persen, ternyata perolehan suara Jokowi-Ma’ruf di Solo melebihi target.

“Targetnya 80 persen tapi rata-rata di Solo itu mencapai 82 persen. Tapi itu belum semua ya. Yang luar biasa itu kehadiran pemilih ke TPS yang mencapai 90 persen,” sebutnya.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Berdasarkan hasil quick count SMRC, ada 9 dari 16 partai politik yang lolos ambang batas empat persen alias lolos ke Senayan.

Dampingi Prabowo Kampanye di Solo, AHY Minta Pendukung Rapatkan Barisan

Solo – Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hari ini turut mendampingi capres Prabowo Subianto kampanye di Solo, Jawa Tengah. Ini baru kedua kalinya AHY ikut meramaikan kampanye Prabowo.

Pantauan detikcom, AHY tampak hadir di lokasi kampanye bersamaan dengan kedatangan Prabowo Subianto. Usai Prabowo berpidato, AHY diminta untuk menyampaikan orasinya di depan massa kampanye.

Dalam orasinya, AHY meminta dukungan massa untuk Prabowo-Sandiaga Uno. Dia berjanji, jika kelak paslon nomor urut 02 itu terpilih kehidupan rakyat Indonesia akan semakin lebih baik.

“Untuk Prabowo-Sandi agar kehidupan kita semakin baik lagi ke depan. Kami akan meyakinkan bahwa kita akan selalu menjaga NKRI akan selalu merawat kebhinekaan, akan selalu menegakkan keadilan, dan akan selalu mengutamakan rakyat yang akan kita cintai bersama,” ujar AHY saat kampanye Prabowo di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/4/2019).

Putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu meminta semua massa yang hadir berjuang dan bekerja keras hingga 17 April mendatang. AHY meminta warga Jateng untuk merapatkan barisan agar Prabowo-Sandiaga menang di Pilpres 2019.

“Oleh karena itu marilah kita selalu bekerja sampai dengan 17 April nanti. Waktunya tinggal 7 hari lagi. Mari kita rapatkan barisan untuk bisa memenangkan Prabowo-Sandi. Insyaallah itu semua akan kita wujudkan dengan kebersamaan semua ini,” kata AHY.
(mae/zak)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kampanye di Solo, Jokowi Kenang Saat Menjadi Wali Kota

Liputan6.com, Solo Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Jokowi menggelar kampanye terbuka di Stadion Sriwedari Solo, Selasa, 9 April 2019. Dalam kampanye di kampung halamannya itu, ia bercerita soal pengalamannya menjadi Wali Kota Solo hingga menjadi Presiden.

Kampanye terbuka di Stadion Sriwedari Solo itu dihadiri ribuan simpatisan, pendukung dan relawan pasangan capres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin Kampanye tersebut juga dihadiri Keuta Umum PDIP Megawati Soekarnoputi, Puan Maharani, Ketua TKN Erick Thohir, Yenny Wahid, Yusuf Mansyur dan tokoh pimpinan partai politik lainnya.

Kedatangan Jokowi dan istrinya Iriana dengan naik kereta kuda. Jokowi dan Iriana naik kereta dari rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung menuju Stadion Sriwedari yang berjarak sekitar 200 meter. selama perjalanan, para pendukung yang memadati Jalan SLamet Riyadi Solo itu tampak mengelu-elukan kehadiran capres nomor urut 01.

Setelah tiba di dalam Stadon Sriwedari, kemudian Jokowi yang didampingi Iriana dan Megawati Soekarnoputri langsung menuju bagian depan panggung. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun langsung menyalami dan menyapa ribuan simpatisan dan pendukungnya yang telah datang ke Stadon sejak siang hari.

Dalam orasinya, Jokowi mengaku sangat senang karena bisa hadir dalam kampanye terbuka yang diselenggarakan di Solo yang merupakan kota kelahirannya. Ia pun bercerita bahwa dirinya pernah menjabat wali kota selama dua kali, yakni tahun 2005 dan 2010.

“Kota Solo merupakan di mana saya memulai karir saya di bidang pemerintahan di sini,” kata dia di hadapan ribuang simpatisan dan pendukungnya yang memadati lapangan Stadion Sriwedari Solo, Selasa, 9 April 2019.

Mantan Wali Kota Solo itu pun mengungkapkan pada tahun 2005 dan 2010 berhasil memenangkan Pilkada di Solo dengan lancar. Bahkan, pada masa periode kedua menjabat wali kota, ia pun harus melepaskan jabatannya untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta.

“Pada 2010, baru menjabat 2,5 tahun diambil Bu Mega ke Jakarta. Di Jakarta juga sama, jadi gubernur kurang dari 3 tahun diangkat lagi ke atas dicalonkan menjadi presiden,” ungkapnya.

Simak video pilihan berikut:

Lautan Massa Peserta Kampanye Jokowi di Solo

Selasa 09 April 2019, 18:17 WIB

Foto News

Pool – detikNews

Solo detikNews – Capres Joko Widodo (Jokowi) berkampanye di kampung halamannya, Solo. Kampanye sang petahana ramai dihadiri massa pendukung.

Jokowi tiba di titik awal arak-arakan yakni di depan Rumah Dinas Wali Kota Surakarta Loji Gandrung, Jl Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2019) pukul 15.50 WIB. (Ray Jordan/detikcom)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

TKN: Masuk ke Basis Jokowi di Solo Kesalahan Terbesar Prabowo-Sandi

Jakarta – Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, mengatakan militansi pendukung paslon 01 di Tegal dan Brebes membuktikan basis suara di Jawa Tengah masih kuat. Sehingga, TKN menganggap strategi kubu rivalnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno duduki Jateng salah besar.

“Masuk Jawa Tengah dan langsung menusuk basis pertahanan Jokowi di Solo Raya adalah kesalahan terbesar Prabowo-Sandi,” kata Hasto dalam siaran pers, seperti dikutip Antara, Jumat (5/4/2019).

Militansi masyarakat Tegal yang disampaikan Hasto yakni ketika pendukung rela hujan-hujanan saat kampanye akbar Jokowi pada Kamis (4/4) kemarin. Jokowi pun menyampaikan orasinya di bawah guyuran hujan bersama warga Tegal.

Hasto mengatakan arus bawah Jokowi-Ma’ruf bergerak masif dan militan sesuai prinsip ‘becik ketitik olo ketoro, dan menang tanpa ngasorake’ yang artinya yang baik akan terlihat, yang buruk juga akan terlihat, dan menang tanpa merendahkan.

Lebih lanjut, dalam momentum politik, militansi pendukung capres dan cawapres 01, dinilai Hasto mengejutkan kubu 02. Dukungan pendukung Ma’ruf Amin melalui MUI dan NU ternyata juga sangat signifikan, bersama PKB dan PPP.

Hasto juga menguraikan survei internal TKN yang menunjukkan daya penetrasi Jokowi-Ma’ruf di Jawa Barat dengan dukungan PDIP, Golkar, PKB, PPP, Nasdem, Hanura, PKPI, PBB, dan PSI bersama para tokoh dan relawan, mendapat hasil jauh lebih besar.

“Pada akhirnya, karakter pemimpinlah yang menyebabkan mengapa elektoral Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin terus meningkat. Terlebih setelah deklarasi Putih adalah Kita, cermin tidak hanya baju Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin yang berwarna putih, namun juga cermin bahwa politik itu diisi hal-hal baik. Semakin mereka (pendukung paslon 02) menebar hoax dan fitnah, semakin besar prosentase kemenangan Paslon 01,” ujar Hasto.
(idn/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kerap Parodikan Blackpink, Bocah Ini Kembali Bikin Video Klip ala Jennie “SOLO”

Selain menggunakan konsep low budget, video parodi dari grup Thailand ini pun selalu menghibur. Karena kreativitas dan juga pergerakan kamera yang sangat mirip dengan video aslinya. Ia bahkan memperagkan seluruh adegannya loh. Ingat adegan Jennie yang berdiri diatas mobil? Kungten yang berperan sebagai Jennie itu juga memperagakan adegan tersebut, namun mobilnya digantikan dengan sebuah gerobak kayu.

Bukan hanya itu saja, ingat juga saat adegan Jennie duduk di atas kolam renang? Kungten justru menggantinya dengan duduk diatas sebuah kayu yang telah diletakkan di atas ember plastik berisi air. Masih ingat dengan akting Jennie yang menangis di video klip “SOLO”? Ia juga mengikuti akting dari Jennie ini loh.

Selain lagu Jennie “SOLO” dan juga Blackpink “DDU-DU DDU-DU”, mereka juga pernah loh membuat parodi dari lagu lain. Mereka pun pernah membuat parodi lagu Blackpink dengan judul As If It’s Your Last, Whistle, serta Playing With Fire. Bukan hanya membuat parodi video klip saja, tapi mereka juga membuat parodi untuk poster di album Blackpink “Square Up” serta iklan yang dibintangi oleh girlgrup asuhan YG Entertainment itu.

Syahdunya Syair-Syair Gubahan Putri Keraton Solo

Liputan6.com, Yogyakarta – Mari mengintip sedikit puisi dan syair warga keraton. Kita mulai dengan menelusuri kehidupan keraton di Surakarta melalui museum Ullen Sentalu yang ada di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya berada di area Taman Wisata Kaliurang atau 25 kilometer utara pusat kota Yogyakarta.

Jauh dari hiruk pikuk kota Jogja, museum satu ini menyimpan koleksi syair dan puisi putri keraton Surakarta. Semuanya syair yang ditulis merupakan tulisan para kerabat keraton Surakarta waktu itu.

“Tepatnya buku kenangan zaman dulu. Para putri punya buku kenangan yang nulis sahabat, kerabat, bahkan guru,” kata Humas Museum Ullen Sentalu Isti Yunaida kepada Liputan6.com.

Buku itu diletakkan di dalam kotak pajangan di Ullen Sentalu dan menjadi mahakarya museum. Pengunjung dapat melihat langsung buku berisi syair yang dibuat pada era itu.

“Buku kenangan milik putri Paku Buwana XI,” katanya.

Saat diliput sesuai syarat berkunjung ke museum Ullen Sentalu pengunjung tidak boleh mendokumentasikan koleksi yang ada. Maka, saat Liputan6.com berkunjung sempat menghafal salah satu syair itu.

“Gusti sayang / kupu tanpa sayap tak ada di dunia ini // Mawar tanpa duri jarang ada / persahabatan tanpa cacat juga jarang // Tetapi cinta tanpa kepercayaan adalah suatu bualan di dunia ini//”

Menurut Ida, syair tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi jika didalami kembali maknanya. Syair yang dibuat para kerabat keraton Surakarta menunjukkan seberapa mendalam membuat syair tersebut.

“Intinya kita tuh harus jujur, saling percaya, hormat meski terpisah jarak dan waktu atau memulai itu begitu mudah. Tapi mempertahankan itu butuh suatu seni besar. Intinya jaga baik-baik. Rawatlah yang sudah kita buat,” kata Ida.

Buku kenangan yang penuh dengan syair itu merupakan milik Gusti Sekar Kedaton Putri PB XI yang akrab disapa Putri Tineke. Ida mengatakan buku itu saat ini terjaga aman di Museum Ullen Sentalu.

“Yang pinter bikin syair dan puisi itu, para penulisnya putri keraton. Mereka intelek, keren lho. Very educated people. Banyak yang nulis ada 29 orang. Yang 3 itu, pangeran dan raja Mangkunegoro VIII,” katanya.

Simak video pilihan berikut ini:

Simak video menarik di bawah:

Makna Paes Solo, Riasan Lucinta Luna yang Mengaku Sudah Menikah

Liputan6.com, Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari Lucinta Luna. Ia mengumumkan telah resmi menikah dengan pujaan hatinya, seorang pria asal Filipina melalui akun Instagram pribadi @lucintaluna pada Rabu, 20 Maret 2019.

Lucinta Luna tampak membagikan sebuah video singkat yang menampilkan dirinya duduk berdampingan dengan pasangannya. Ia mengenakan kebaya dengan riasan paes pengantin Jawa Solo.

Lantas, apa makna di balik riasan paes Solo pengantin Jawa? Melansir budayajawa.id, Rabu, 20 Maret 2019, paes merupakan riasan lekukan-lekukan di dahi perempuan yang biasanya berwarna hitam, namun pada pengantin adat solo basahan berwarna hijau.

Lekukan tersebut terbuat dari pidih yakni campuran malam atau sejenis lilin yang bersifat tidak kering tetapi juga tak meleleh. Paes dan hiasan pengantin lainnya mempunyai arti yaitu doa dan tuntunan untuk sang perempuan.

Sebut saja Gajahan, lekukan paling besar yang ada di tengah dahi yang memiliki makna harapan seorang perempuan akan ditinggikan derajatnya. Ada pula Pengapit yakni lekukan yang lebih runcing yang diibaratkan pengendali gajahan agar dapat berjalan lurus sehingga tak ada rintangan dalam kehidupan pernikahan.

Kemudian Penitis yang melambangkan segala sesuatu harus memiliki tujuan dan efektif. Godheg, lekukan menyerupai cambang ini melambangkan harapan agar kedua mempelai dapat bijaksana.

Tak hanya riasan paes, pada bagian tengah dahi pengantin perempuan juga dihias Cithak. Hiasan ini berbentuk belah ketupat menjadi simbol perempuan harus setia dan fokus.

Alis menjangan, bentuk alis pengantin Jawa yang dibuat bercabang dan terinspirasi dari tanduk rusa. Maknanya berasal dari hewan tersebut, di mana perempuan harus mempunyai tiga karakter Rusa yakni cerdik, anggun, dan cerdas.

Kemudian ada pula Sanggul bokor mengkurep yang bermakna harapan agar perempuan dapat mandiri dan bersyukur. Tak ketinggalan, Cundhuk Mentul, hiasan di atas kepala pengantin perempuan yang melambangkan harapan agar kehidupan pernikahan selalu disinari matahari.

Saksikan video pilihan di bawah:

Terkenal sebagai pedangdut berpenampilan seksi, Lucinta Luna kini berbalut busana tertutup lengkap dengan hijabnya

Sempat Tergabung dalam Boyband, Kini Teddy Adhitya Mantap Jadi Penyanyi Solo

Liputan6.com, Jakarta Teddy Adhitya adalah musisi muda Indonesia yang sedang meniti karier sebagai penyanyi solo. Pria kelahiran Yogyakarta ini, mulai menyukai musik sejak usia 4 tahun. Diawali dengan ketertarikannya belajar drum.

Awalnya menyukai memainkan alat Teddy Adhitya mendapat kesempatan tampil menyanyi pertama kali di bangku sekolah untuk menggantikan seorang teman, vokalis band. Mulai saat itu, Teddy mulai mengasah kemampuan bernyanyinya.

Karier bermusik profesional dimulai pada tahun 2010 bersama dengan Kunto Aji, Adera, dan Beboy yang dikenal dengan grup vocal BoyzIIIBoys. Lagu-lagu mereka yang diunggah di YouTube, mendapatkan sambutan ribuan viewers. Pada akhirnya, Teddy Adhitya makin dikenal.

Pada tahun 2016, ia mencoba bersolo karier dengan membuat lagu ciptaan sendiri dengan judul “In Your Wonderland”. Pada tahun yang sama, Ia mencoba kembail merilis lagu keduanya yang berjudul ““Let Me”. Selain itu, masih ada karya lain Teddy yang klip musiknya di Bukalapak di Vidio.com.

Pria muda ini menyuguhkan para penggemar dengan musik dari karya-karya priadinya

Kisah Unik Hotel Mungil di Sudut Laweyan Solo yang Dibangun Sejak 1938

Liputan6.com, Jakarta – Namanya adalah Roemahkoe Heritage Hotel Solo, sebuah hotel unik yang kental dengan sentuhan ala keraton di Jawa. Sebelum dibuka menjadi penginapan, bangunan hotel tersebut menjadi rumah keluarga saudagar batik ternama di Solo, Pospo Sumarto. 

Segala aktivitas dari pembuatan batik hingga penjualan dilakukan dalam rumah yang memiliki luas 1.950 meter persegi. Rumah itu memang berlokasi di Kampung Batik Laweyan, sentra pembuatan batik di Kota Surakarta.

Sayang, produksi batik tidak berlanjut setelah Pospo meninggal dunia. Anak-anak yang mewarisi rumah tersebut bahkan tidak mampu lagi merawat rumah seluas itu.

Pada 1997,  saat krisis moneter melanda Indonesia, anak dari Pospo Sumarto akhirnya menjual rumah tersebut kepada Nina Akbar Tandjung. Rumah yang sangat luas dan memiliki desain unik ala Jawa tersebut juga membuat Nina bingung untuk dijadikan seperti apa.

“Bu Nina sendiri juga bingung awalnya mau dibikin apa, bahkan kepikiran untuk dijadikan toko batik untuk kelas menengah sampai kelas menengah atas. Pada akhirnya tahun 1999, direnovasi aja tapi belum tahu mau dijadikan apa,” tutur Pardi, pegawai Roemahkoe Heritage Hotel Solo kepada Liputan6.com melalui telepon.

Proses renovasi dilakukan tanpa menghilangkan desain asli rumah, termasuk mempertahankan 14 kamar yang sudah ada. Ia hanya merenovasi bagian kamar dan dapurnya saja, seperti menambahkan kamar mandi. “Bahkan, tidak merubah secara signifikan untuk halaman depan maupun isi interiornya,” tambah Pardi.

Pengalaman yang dimiliki Nina yaitu sering berjelajah dunia memberikan pencerahan kepadanya untuk menjadikan rumah tersebut sebagai hotel yang memiliki suasana seperti di rumah Jawa, dengan memberikan kenyamanan secara sederhana dan menarik.