Solimah, Nama Istri Terduga Teroris di Sibolga yang Ledakkan Diri

Liputan6.com, Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut bahwa pelaku bom Sibolga, Sumatera Utara, Solimah mempercayai bahwa bom bunuh diri merupakan jalan cepat menuju surga.

“Suami pelaku mengatakan bahwa istrinya lebih radikal daripada dirinya, bahkan dapat membuat bom,” kata Kapolri dalam orasi di Konvensi Nasional Pendidikan Nasional (Konaspi) IX di Padang, Kamis, 14 Maret kemarin.

Menurut pengakuan dari suaminya, lanjut Kapolri, pelaku ini mempelajari secara online atau dalam jaringan (daring). Meski tak memiliki jaringan yang luas, namun memperkaya diri lewar pengetahuan melalui situs radikal.

Menurut Kapolri, terungkapnya terduga teroris di Sibolga berawal dari penangkapan seorang ibu di Lampung. Saat itu dia memberikan informasi bahwa ada temannya yang juga memiliki bom.

Pihaknya langsung mengirimkan anggota untuk menangkap pelaku ke Sibolga. Sesampai di lokasi petugas menangkap suaminya, Husain alias Abu Hamzah.  

Saat Abu Hamzah berhasil ditangkap, anak dan istri pelaku ada di dalam rumah. Namun, petugas dilarang merangsek masuk lantaran Soimah memasang kawat di sekeliling rumahnya. 

“Ada delapan bom yang ada di sana dan tiga meledak dan mengenai petugas,” kata Tito Karnavian dilansir dari Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *