Potong Cakar Singa, Kebun Binatang Ini Tuai Kecaman

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kebun binatang di Gaza, Palestina, baru-baru ini tuai kecaman. Hal lantaran adanya sebuah video yang memperlihatkan staf kebun binatang tersebut memotong cakar dari seekor singa betina yang masih berumur 14 bulan.

Seorang dokter hewan bernama Fayyaz al-Haddad dilaporkan ke pihak berwajib karena memotong cakar anak singa. Dalam video yang beredar sang singa betina muda itu tampak ditenangkan dan juga dibaringkan di atas meja operasi.

Sang dokter hewan tersebut pun menjahit luka pada telapak kaki singa betina tersebut. Luka tersebut diakibatkan karena cakar pada singa dipotong dengan pemotong kawat dan juga gunting.

Namun beberapa hari setelah sang dokter melakukan perawatan pada luka tersebut, ia justru memotong cakar singa lebih dalam lagi. Hal ini dilakukan agar para pengunjung dapat bermain dengan sang singa yang ada di Kebun Binatang Rafah.

Dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Senin (18/2/2019), pemilik kebun binatang, Mohammed Jumaa, menjelaskan mengapa para bayi singa dipotong cakarnya.

“Saya mencoba mengurangi agresi singa betina, sehingga dapat bersahabat dengan pengunjung.” Kata Jumaa yang dikutip dari worldofbuzz.

Sementara itu, dokter hewan yang melakukan prosedur operasi pun mengatakan bahwa ia ingin membawa senyum dan juga kebahagiaan kepada anak-anak. Selain itu ia pun ingin meningkatkan jumlah pengunjung ke kebun binatang tersebut. Menurutnya sang singa betina tidak kehilangan sifat bawaannya hanya karena dipotong cakarnya.

2 dari 2 halaman

Tuai kecaman dari beberapa lembaga

Menurut American Society for Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), mengatakan bahwa mengamputasi tulang tulang akhir pada seekor kucing termasuk kuku dan cakar dapat mencegah cakar tumbuh kembali. Namun sang dokter yang melakukan operasi tersebut, membantah hal itu. Ia mengklaim bahwa kuku cakar bisa tumbuh kembali dalam 6 bulan.

Cakar kucing sendiri adalah bagian yang vital karena cakar adalah salah satu senjata mereka untuk pertahanan diri. Ras kucing menggunakan cakar untuk menangkap mangsa dan juga menyelesaikan perselisihan atau melarikan diri dari hewan lain atau ancaman.

Sebagian dari kelompok kucing besar juga sering memberi tanda wilayah kekuasan dengan cakar yang di goreskan pada pohon.

Sekelompok relawan hewan yang bernama Four Paws juga menyatakan bahwa menghilangkan cakar pada kucing besar seperti singa sangat menyakitkan bagi hewan liar. Banyak dari para relawan yang menganggap bahwa tindakan yang diambil oleh kebun binatang tersebut sangat tak manusiawi.

Karena prosedur yang dilakukan oleh kebun binatang sendiri sama seperti mengamputasi jari manusia. Para relawan berharap singa tersebut dapat dipindahkan ke tempat yang lebih baik. Selain itu mereka juga berharap tak a a lagi perlakuan buruk terhadap binatang di kebun binatang.

Damkar Evakuasi Singa Gunung Tersangkut di Pohon Setinggi 15 Meter

Liputan6.com, California – Seekor kucing yang sangat besar telah diselamatkan dari pohon di dekat properti di California, setelah pemilik rumah melihatnya saat tengah beraktivitas di taman.

Petugas pemadam kebakaran (damkar) AS tiba di properti di San Bernardino setelah singa gunung – atau cougar – terlihat bertengger di cabang setinggi sekitar 50 kaki (15 meter).

Daerah itu kemudian diamankan dan singa itu dibius lalu dievakuasi, diturunkan ke tanah menggunakan tali pengikat.

Binatang itu dilepaskan kembali ke alam liar setelah diperiksa oleh ahli biologi.

“Adalah umum bagi singa gunung muda berkeliaran di luar apa yang beberapa orang anggap sebagai habitat normal, dalam upaya untuk membangun wilayah mereka,” kata Kevin Brennan, ahli biologi dari California Department of Fish and Wildlife seperti dikutip dari BBC, Senin (18/2/2019).

Sipir departemen itu, Rick Fischer, mengatakan bahwa mengevakuasi singa gunung itu akan sulit seandainya petugas pemadam kebakaran tidak muncul dalam beberapa menit pada hari Sabtu sore dengan sebuah tangga.

“Meninggalkan singa di pohon itu tidak akan aman bagi masyarakat,” ujar Fischer menambahkan dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun Facebook Fire San Bernardino County.



Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Binatang yang Tinggal di Seluruh Penjuru Amerika

Cougar, juga dikenal sebagai singa gunung, macan kumbang adalah anggota keluarga kucing liar. Mereka tinggal di seluruh penjuru Amerika, dari British Columbia ke Argentina.

Serangan singa gunung jarang terjadi, kurang dari selusin orang tewas dalam lebih dari seabad, menurut pejabat Taman dan Margasatwa Colorado (CPW).

Contoh serangan sering terlihat di antara singa yang sakit atau kelaparan, yang biasanya sulit dipahami dan cenderung menghindari manusia.

Awal bulan ini, seorang pria yang tengah jogging di jalur taman yang populer di pegunungan Colorado utara membunuh seekor singa gunung yang menerkamnya dari belakang. 

KPK Periksa Rombongan Anggota DPRD Lampung Tengah

JakartaKPK memeriksa rombongan anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah terkait kasus dugaan gratifikasi Bupati Lampung Tengah nonaktif Mustafa. Para saksi itu diperiksa di SPN Polda Lampung.

“Hari ini dilakukan pemeriksaan terhadap 10 orang dari unsur pimpinan dan anggota DPRD Lampung Tengah di SPN Polda Lampung untuk tersangka MUS (Mustafa),” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (11/2/2019).

Para saksi dicecar soal informasi penerimaan uang terhadap Mustafa. Ada 40 orang anggota DPRD Lampung Tengah dan saksi lainnya yang rencananya diperiksa pekan ini.

“Pada para saksi didalami informasi tentang dugaan penerimaan uang dari Bupati melalui perantara terhadap tersangka,” ujar Febri.

Adapun anggota DPRD Lampung Tengah yang diperiksa hari ini ialah:
1. Riagus Ria, Wakil Ketua II DPRD Lampung Tengah
2. Joni Hardito, Wakil Ketua III DPRD Lampung Tengah
3. Evinitria, anggota Komisi I DPRD Kab Lampung Tengah
4. Hi Hakii
5. Yulius Heri Susanto, Anggota Komisi I DPRD Kab Lampung Tengah
6. Made Arka Putra Wijaya, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kab Lampung Tengah
7. Saenul Abidin, Anggota Komisi I DPRD Kab Lampung Tengah
8. Hi Singa Ersa Awangga, Anggota Komisi I DPRD Kab Lampung Tengah
9. Ariswanto, Anggota Komisi I DPRD Kab Lampung Tengah
10. Jahri Effendi, Anggota Komisi I DPRD Kab Lampung Tengah.

Mustafa kembali dijerat KPK sebagai tersangka. Kali ini dia diduga menerima fee dari ijon proyek di Dinas Bina Marga Pemkab Lampung Tengah dengan kisaran fee 10-20 persen dari nilai proyek. Total gratifikasi yang diterima Mustafa setidaknya Rp 95 miliar.

Sebelum kasus ini, Mustafa telah ditetapkan KPK sebagai tersangka pemberi suap dan telah disidangkan.

Mustafa pun dinyatakan terbukti bersalah
menyuap sejumlah anggota DPRD untuk menyetujui pinjaman daerah pada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan divonis 3 tahun dan denda Rp 100 juta subsider 3 bulan serta pencabutan hak politik selama 2 tahun.
(haf/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

6 Zodiak yang Selalu Produktif dalam Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta – Menjadi produktif bukanlah hal mudah, malahan sifat ini tidak menjadi sifat alami manusia. Ada beberapa orang yang harus memaksa diri mereka untuk membangun sifat produktif, seperti keluar dari zona nyaman.

Hal tersebut hanya berlaku kepada beberapa orang, sebab ada pula orang yang lahir dengan sifat produktif yang tertanam dalam diri mereka. Mereka ini terlihat fokus dengan pekerjaannya dan memiliki ambisi yang besar. Tak jarang orang tersebut sering mendapat pujian karena kerja keras yang mereka lakukan.

Dilansir dari yourtango.com, orang yang memiliki zodiak yang produktif pastinya akan mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan tepat. Berikut ini adalah 6 zodiak yang dikenal produktif.

1. Virgo

Zodiak Virgo sangat hebat dalam hal produktif sebab mereka dikenal sangat mengejar tujuan yang ingin dicapai. Mereka selalu taat pada deadline yang telah dibuat, malahan mereka bisa membuat sendiri target deadline mereka tiap saat.

2 dari 3 halaman

2. Aries

Proaktif dan selalu siap sedia, itulah sifat Aries. Meskipun mereka bukan perfeksionis, Aries merupakan tipe yang pantang menyerah dan tak akan membiarkan apapun menghalangi mereka hingga tujuan mereka tercapai. Aries juga selalu belajar dari pengalaman dan hal itu akan membuat mereka semakin berkembang dalam kariernya.

3. Capricorn

Kemampuan organisatoris zodiak ini sangat bagus sehingga mereka dinilai terbaik dalam pekerjaannya. Orang yang lahir di zodiak Capricorn memiliki etos kerja yang bagus dan bisa diandalkan oleh orang lain. Mereka juga memiliki integritas sehingga orang lain bisa mempercayai mereka.

4. Pisces

Orang yang berzodiak Pisces dinilai produktif sehingga mereka menghasilkan karya yang luar biasa. Sifat produktif merupakan sifat alamiah mereka. Mereka tidak akan pernah mengecewakan oang lain dan selalu total dalam memberikan hadiah kepada orang terdekatnya untuk menyenangkan hati mereka.

3 dari 3 halaman

5. Leo

Baik di dunia kerja atau dalam urusan percintaan, Leo dikenal produktif. Walaupun tidak dipandang oleh orang banyak, mereka akan tetap terus bekerja hingga semua pekerjaannya selesai. Orang yang memiliki zodiak lambang singa ini akan merasa senang apabila mereka berhasil mengerjakan suatu hal dan kreatif meskipun mereka tidak butuh pujian.

6. Scorpio

Dari semua zodiak di atas, Scorpio dinilai sebagai zodiak yang paling produktif. Mereka melaksanakan tugasnya dengan benar dan tepat waktu. Scorpio juga bisa bekerja secara individu maupun bersama timnya sehingga mereka bisa mencapai tujuan bersama. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

5 Hewan Ini Kerap Dilibatkan dalam Penggarapan Film Layar Lebar

Liputan6.com, Jakarta – Pernahkah Anda melihat film layar lebar yang dibintangi oleh hewan? Entah itu genre animasi, sci-fi, hingga laga, film yang menyertakan peran binatang dinilai mampu membawa nuansa kocak hingga menegangkan.

Para sutradara yang menyertakan peran hewan dalam penggarapan film mereka cenderung terinspirasi dari kisah nyata atau hanya daya ilusi tinggi mereka. Namun karya mereka selalu bisa diterima masyarakat luas.

Lalu, hewan apa saja yang paling sering dilibatkan dalam pembuatan film dan bahkan dijadikan bintang utama di dalamnya? Berikut 5 di antaranya, seperti dikutip dari situs Animal Planet, Selasa (5/2/2019).


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 6 halaman

1. Singa

Salah satu tokoh singa yang dinilai berhasil merebut hati anak-anak di dunia ini adalah Mufasa dan Simba dari film “The Lion King“.

Duo kucing besar tersebut adalah ayah dan anak kandung yang terbilang sukses meraup untung besar di jagat layar lebar maupun Broadway.

Film ini sendiri disutradarai oleh Rob Minkoff dan Roger Allers dan menjadi film animasi terlaris kesembilan sepanjang masa.

3 dari 6 halaman

2. Penguin

Hewan akuatik jenis burung yang hidup di Kutub Selatan ini ditampilkan dalam film dokumenter “March of the Penguins“.

Selain di film tersebut, satwa yang identik dengan bentuknya yang lucu ini juga muncul di film “Happy Feet“, yang dibuat oleh sutradara George Miller.

4 dari 6 halaman

3. Simpanse

Simpanse muncul dalam banyak film animasi, sci-fi, dokumenter, hingga aksi. Contohnya saja “Curious George“, “Planet of the Apes” dan “MVP: Most Valuable Primate”.

5 dari 6 halaman

4. Hiu

Semua film yang identik dengan hiu kerap dikaitkan dengan kengerian dan petaka yang terjadi pada penyelam atau peselancar, yang membintangi film tersebut.

Umumnya, genre yang dihadirkan dalam film yang menyertakan hiu adalah thriller. Misalnya saja “Jaws“, “Jurassic Shark“. Namun ada juga film yang mengambil genre komedi tentang hewan laut buas ini, yakni “Shark Tale” dan petualangan, “The Life Aquatic with Steve Zissou“.

6 dari 6 halaman

5. Gorila

Film-film “The Planet of the Apes” menampilkan semua jenis primata, termasuk dalam “Buck in Rise of the Planet of the Apes“.

Tetapi, bagaimana dengan gorila? Primata satu ini muncul dalam “King Kong“, “The Legend of Tarzan“, dan animasi petualangan animasi seperti “Snowflake, the White Gorilla“.

Sambut Imlek, Lampion Merah Hiasi Vihara Penuh Ukiran di Bogor

Liputan6.com, Jakarta – Bagi Anda yang sedang berada di Bogor, sempatkanlah untuk melihat Vihara Dhanagun. Vihara ini berlokasi di Jalan Suryakencana persis berhadapan dengan pintu masuk utama Kebun Raya Bogor. Menyambut Imlek, kawasan tersebut dihiasi dengan lampion berwarna merah dan terdapat penjualan kue keranjang.

Nuansa kebudayan etnis Tionghoa sangat kental terasa di Vihara Dhanagun. Anda akan disambut dengan gerbang berwarna merah dengan huruf Cina terpampang di atasnya. Beberapa langkah dari gerbang tersebut, kamu akan melihat pemandangan memukau dari ukiran dinding yang terdapat di kedua sisi luar Vihara.

Tema di dinding Vihara Dhanagun sebelah kiri (dalam posisi kita menghadap dinding) menggambarkan legenda Sun Go Kong. Di ukiran ini terlihat sang Raja Kera sedang beriringan dengan Sang Mahaguru Tong, si tokoh bermuka babi Pat Kai dan tokoh saudaranya si Wu-Ching sedang berjalan bersama.

Di sisi lainnya terpampang legenda dari Dinasti Tang di China, yaitu legenda 8 Dewa. Warna-warnanya cerah dan menyala membuat Vihara Dhaganun tampak cantik.

Selain itu, Anda  akan melihat dua patung singa yang seperti sedang menjaga pintu vihara. Beberapa langkah dari situ terdapat pintu dengan lukisan Dewa Penjaga dan akan terlihat pula tiang yang sedang dililit Naga yang juga dalam bentuk ukiran.

Vihara Dhanagun yang sudah ada sejak sekitar 300 tahun lalu itu membuat Anda yang menyukai tempat wisata bersejarah jangan sampai lupa mengunjungi tempat ini.

Apalagi pada 19 Februari 2019 akan di adakan Festival Cap Go Meh di vihara ini dengan tema Katumbri Street Festival yang sudah menjadi hiburan bagi masyarakat Kota Bogor dari berbagai suku, ras dan agama.  (Indah Permata Niska)

Sasksikan video pilihan di bawah ini :



5 Kota Wisata yang Patut Dijajal Tahun Ini, dari Siem Reap hingga Cairns

Liputan6.com, Jakarta – Mempersiapkan liburan tahunan seringkali bukan perkara mudah. Salah satunya menentukan destinasi wisata yang dituju, apalagi sejumlah tempat wisata baru bermunculan seiring peluang bisnis yang menjanjikan.

Di antara sederet pilihan, Anda mungkin tertarik dengan rekomendasi destinasi wisata yang disusun oleh Silk Air, maskapai penerbangan regional dari Singapore Airlines. Berikut rangkumannya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Siem Reap, Komboja

Hanya berjarak lebih kurang 5 jam perjalanan, Anda dapat menikmati perjalanan ke salah satu destinasi elok di Kamboja, Siem Reap, bersama SilkAir mulai dari Rp 4.650.000 untuk tiket pulang pergi. Siem Reap merupakan destinasi wisata yang sarat dengan sejarah karena merupakan lokasi Situs Warisan Dunia UNESCO, Angkor Wat, yang dibangun pada 1112 – 1152 oleh Kaisar Suryavarman II.

Ketika mengunjungi Angkor Wat, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan kuil yang membentang sepanjang 400 kilometer persegi dan dipenuhi dengan ukiran relief yang menceritakan sejarah dan mitologi Hindu-Buddha. Untuk mendapatkan foto menarik, wisatawan dapat mengunjungi kuil Angkor Wat saat matahari terbit.

Siem Reap juga menawarkan desa apung di Kampong Khleang untuk melihat secara langsung aktivitas warga setempat, mencoba merajut sutra, menonton pertunjukan Phare the Cambodian Circus yang semarak, dan mencicipi hidangan unik ayam panggang ‘Khmer’ dan ‘lok lak’.

Singapura

Negara Singa dapat ditempuh hanya dua jam perjalanan dari Indonesia. SilkAir menawarkan penerbangan dari Indonesia menuju Singapura dengan harga mulai dari Rp 1.400.000 untuk tiket pulang pergi.

Beragam tempat-tempat wisata menarik untuk dikunjungi, seperti Museum Galeri Nasional (National Gallery Museum), Jembatan Henderson dalam bentuk gelombang, dan Universal Studios.

Selain itu, perpaduan keberagaman budaya Melayu, China, dan India menghasilkan keunikan di satu sisi, beragam restoran berbintang Michelin yang menyajikan mulai dari makanan Jepang hingga Prancis. Di sisi lain, jajanan tradisional lokal yang menciptakan hidangan penuh rasa dengan harga terjangkau sepert laksa, roti prata, dan nasi lemak tersedia dan tentunya halal.




2 dari 3 halaman

Hiroshima, Jepang

Kota metropolitan Hiroshima yang terletak di bagian barat daya Jepang menawarkan beragam ciri khas lokal serta tempat bersejarah. Mulai dari Rp 5.200.000, wisatawan dapat terbang dari Indonesia ke Jepang untuk mengunjungi taman bersejarah, yakni Peace Memorial Park dan kekayaan arsitektur Hiroshima yang terletak di laut, Kuil Itsukushima di Pulau Miyajima.

Selain itu, kenikmatan lokal yang unik adalah tiram yang ditanam secara lokal dan hidangan Okonomiyaki yang menggiurkan. Manajer untuk SilkAir di Chugoku, Hiroshima, Akiyuki Miyazaki menyatakan banyak pilihan halal bagi wisatawan Muslim.

Chengdu, Cina

Untuk keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama, perjalanan ke Chengdu, Cina menawarkan aktivitas kelompok yang intim namun juga menarik. Mulai dari harga Rp 4.300.000 pulang pergi, dan dalam kurang lebih 6,5 jam penerbangan, para wisatawan bisa berwisata ke Chengdu dengan SilkAir melalui Bandara Internasional Changi di Singapura.

Pada saat kedatangan, aktivitas terkenal seperti mengunjungi Kawasan Panda di Chengdu untuk melihat kehidupan hewan yang melambangkan kedamaian namun terancam punah tersebut, tur melihat salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang berupa patung raksasa setinggi 71 meter dengan nama Leshan Buddha serta menjelajahi kuil Buddha terkemuka Biara Wenshu Yuan.

Selain itu, makanan khas Sichuan sangat menarik bagi orang dewasa dan juga anak-anak dengan hidangan seperti hot pot, ayam Kung Pao, dan tahu Ma Po.

3 dari 3 halaman

Cairns, Australia

Wisatawan yang ingin berpetualang di bawah sinar matahari dapat mengunjungi Cairns dengan penerbangan SilkAir mulai dari harga Rp 5.940.000 untuk pulang pergi.

Apabila Anda seorang penyelam berpengalaman atau wisatawan yang lebih menyukai berjemur di pantai, Great Barrier Reef merupakan pemandangan yang sangat indah. Terletak di lepas pantai Queensland, Great Barrier Reef merupakan terumbu karang terbesar di dunia yang membentang lebih dari 2.300 kilometer.

Selain pantai, para wisatawan dapat mendaki ke puncak Gunung Walsh dalam waktu 2 hingga 4 jam, untuk menikmati pemandangan Cairns secara 360 derajat serta hutan yang mengelilinginya. Atau, anda bisa mengunjungi air terjun Crystal Cascades yang terletak hanya 20 menit dari pusat kota Cairns.

Berbagai satwa liar langka, seperti buaya Estuarine dan burung kasuari juga dapat ditemukan 2 jam dari Cairns di Taman Nasional Daintree, salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Asisten Administrasi untuk SilkAir di Cairns, Australia, Hariana Woodward menyebutkan, “Ada banyak hal yang dapat dilakukan di Cairns! Wisatawan umumnya senang melakukan kegiatan seperti lompat batu di air terjun Stoney Kreek, berenang di laguna atau mengunjungi taman Koala.”

Saksikan video pilihan berikut ini:

Bentuk Toleransi, Resepsi Pengantin Muslim Ini Tampilkan Barongsai

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti pernah datang ke acara resepsi pernikahan kan? Biasanya dalam sebuah resepsi pernikahan yang masih menyelipkan konsep tradisional pasti ada acara khusus yang ditampilkan.

Tentunya acara adat tersebut berpihak pada salah satu pengantin ataupun kombinasi dari keduanya. Namun apa jadinya bila yang disajikan ialah konsep tradisional yang bukan dari pihak kedua pengantin?

2 dari 3 halaman

Pasangan pengantin muslim tampilkan barongsai di pesta penikahannya

Tentu hal tersebut bisa saja terjadi, seperti yang ada di sebuah pesta pernikahan Nursafarida Razali dan juga Muhammad Afif Ahmad Bihar di Kuching, Malaysia ini. Dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Kamis (31/1/2019) pada resepsi pernikahan pengantin ini menampilkan atraksi barongsai sebagai hiburannya

Hiburan di pesta tersbut sontak mencuri perhatian khalayak. Pasalnya, pengantin yang sedang menikah tersebut merupakan orang muslim. Kehadiran barongsai pada pesta penikahan itu dinilai unik, karena atraksi tersebut identik dengan budaya China.

Saat kedua mempelai keluar dari mobil pengantin, mereka disambut dengan meriah oleh tarian singa ini. Tentu saja pengantin dan juga tamu yang hadir terpesona dengan atraksi yang dilakukan.

3 dari 3 halaman

Atraksi dalam pesta tersebut menarik perhatian publik

Atraksi barongsai yang menggunakan seragam merah dan kuning ini tampil dengan gerakan-gerakan yang enerjik dan mengantarkan kedua mempelai itu memasuki sebuah rumah.

Meskipun kedua mempelai ini adalah seorang muslim, akan tetapi mempelai wanita tersebut ialah keturunan Cina, dan memiliki seorang nenek Cina. Maka dari itu, pertunjukan barongsai ini pun dilaksanakan untuk menghormati sang nenek.

Selain itu, Nursafarida menginginkan adanya pertunjukan barongsai di pernikahannya sejak dia masih remaja.

Dampak Kematian Shiro dan Ayu, Taman Rimba Jambi Dievaluasi

Liputan6.com, Jambi – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi mengevaluasi pengelolaan kebun binatang Taman Rimba Jambi terkait kematian beruntun dua ekor satwa, yakni harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) dan singa (panthera leo) di kebun binatang itu.

“BKSDA melakukan evaluasi dengan melibatkan beberapa ahli yang nantinya untuk merumuskan rekomendaisnya seperti apa,” kata Kepala BKSDA Jambi Rahmat Simbolon dalam jumpa pers di Jambi, Minggu (27/1/2019).

Saat ini sedang ditunggu hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim. Kemudian hasil rekomendasi dari evaluasi tersebut akan dijadikan sebagai bahan untuk langkah selanjutnya.

“Yang menerbitkan izin LK (Lembaga konservasi) adalah pusat. Saat ini izin LK tersebut masih aktif dan sudah dilakukan peninjauan dan ada beberapa catatan,” katanya dilansir Antara.

Setelah kematian beruntun dua ekor satwa ikonik di kebun binatang tersebut, tim BKSDA melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap semua satwa yang menjadi koleksi kebun binatang satu-satunya di Provinsi Jambi itu.

Dua ekor satwa koleksi kebun binatang Taman Rimba Jambi, yakni Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) dan Singa (Panthera leo) mati karena sakit. Keduanya mati hampir berbarengan atau hanya selisih sepekan.

Harimau Sumatera betina tersebut bernama Ayu berusia delapan tahun yang mati Sabtu (26/1) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

Satwa itu, diketahui mati akibat menderita penyakit paru-paru basah (Pneumonia) setelah dilakukan bedah bangkai oleh tim medis dokter hewan.

Sedangkan singa jantan dewasa bernama Shiro yang kandangnya bersebelahan dengan kandang Harimau Sumatera itu lebih dahulu mati atau sepekan yang lalu, Sabtu (19/1/2019). Singa jantan dewasa yang sekitar dua tahun telah menghuni kebun binatang kebanggaan masyarakat Jambi itu, diketahui mati juga akibat sakit.

“Shiro mati mendadak, gejalanya menurut tim dokter terjadi pembengkakan pada jantungnya,” kata Kepala UPTD Taman Rimba Jambi, Taufik Bakhori.

Setelah kematian beruntun dua ekor satwa ikonik itu, saat ini Taman Rimba Jambi masih menyisakan satu ekor Harimau Sumatera, yakni Uni (induk Ayu) dan Singa betina bernama Cinta yang sebelumnya didatangkan dari Taman Satwa Siantar, Sumatera Utara.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Mereka Menamakan Diri: Klub Penjelajah Dunia yang Rahasia

New York – Klub penjelajah ini sudah menjadi inspirator para tokoh dunia. Siapakah mereka dan bagaimana pergerakannya?

Melansir BBC Travel, Sabtu (26/1/2019), inilah The Explorers Club. Mereka telah menginspirasi para petualang hingga astronot selama lebih dari seabad juga sekarang berkembang untuk menginspirasi setiap orang.

Lokasi berkumpul The Explorers Club ada di sebuah rumah beralamat East 70th Street, Upper East Side, New York, Amerika Serikat. Sebuah rumah besar berlantai enam yang berusia 109 tahun ini perpaduan arsitektur Jacobean Renaissance dan Tudor.

The Explorers Club memang kurang dikenal. Namun daftar anggotanya adalah orang-orang terhormat termasuk Edmund Hillary dan Tenzing Norgay yang pertama kali menjuluki Gunung Everest, penerbang Charles Lindbergh yang melakukan penerbangan pesawat transatlantik solo pertama pada tahun 1927, penjelajah Norwegia Thor Heyerdahl yang mengarungi perairan dengan rakit buatan tangannya, Kon-Tiki dari Peru ke Polinesia, pilot terkenal Amelia Earhart yang menghilang di Pasifik.

Tak sampai di situ, ada pula astronot Apollo termasuk Buzz Aldrin dan Neil Armstrong yang pertama menginjakkan kaki di bulan, ahli paleoantropologi Inggris Mary Leakey yang menemukan 15 spesies hewan baru, CEO Amazon Jeff Bezos, Sutradara film Titanic dan penjelajah laut dalam James Cameron dan ahli primata Dame Jane Goodall yang dianggap sebagai pakar simpanse terkemuka di dunia. Tentunya daftar ini amat membingungkan juga mengejutkan.

Formulir anggota The Explorers Club (Mike MacEacheran/BBC Travel)Formulir anggota The Explorers Club (Mike MacEacheran/BBC Travel)

Presiden klub Richard Wiese ingat pertama kali bergabung ke klub pada pertengahan 1980-an. Ia duduk di sebuah meja yang pernah dimiliki oleh mantan anggota dan presiden AS Theodore Roosevelt.

The Explorers Club memiliki 3.500 anggota, tersebar di 32 titik global. Kini, keanggotaannya sebagian besar diisi oleh ahli kelautan, lepidopterologis, primatologis dan konservasionis.

Markas The Explorers Club, Townhouse (Mike MacEacheran/BBC Travel)Markas The Explorers Club, Townhouse (Mike MacEacheran/BBC Travel)

Satu contoh penjelajahannya, musim panas yang lalu, sekelompok paleontolognya berada di Gurun Gobi Mongolia mencari fosil dinosaurus menggunakan pemindai drone. Dan menemukan lusinan fosil.

Markas The Explorers Club, Townhouse memiliki arsitektur yang menarik. Ada balok kayu yang diambil dari HMS Daedalus (kapal perang fregat 1826).

Langit-langitnya dibeli dari biara Italia abad ke-15 ditambah jendela-jendela kaca patri asli bertatahkan mawar Tudor dari Kastil Windsor di Inggris. Pengunjung yang datang dapat melihat kepala cheetah dan singa dari ekspedisi Smithsonian, kulit kepala yeti dari Tibet, tulisan edisi pertama deskripsi Napoleon tentang Mesir, gading mamut Alaska, kepala rusa dan boneka penguin, pelt dari harimau betina Nepal hingga koleksi gading dari gajah dengan ujung empat, anomali genetik langka dari Kongo.

Anggotanya pun ada pula para penjelajah ‘gila’. Penjelajah Denmark bernama Peter Freuchen, mengenakan mantel dari beruang kutub yang dibunuhnya dan pernah mengamputasi kaki mereka sendiri.

Petualangan para anggota diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi yang menggetahuinya. Kamu yang berjiwa petualang pasti tertarik bukan dan per kunjungan dikenakan biaya USD 25 atau Rp 354 ribu? (rdy/aff)