Simulasi Operasional Bandara Yogyakarta Mencakup Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) akan melakukan serangkaian simulasi terkait operasional Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo yang direncanakan beroperasi pada 29 April 2019.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, kegiatan simulasi ini akan berlangsung sejak 20 hingga 26 April 2019.

“Simulasi ini untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan menjelang dioperasikannya Bandara Internasional Yogyakarta. Hal ini mengingat tingginya trafik penerbangan di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah,” jelasnya dalam sebuah keterangan tertulis, Minggu (21/4/2019).

Dia menyampaikan, rangkaian simulasi tersebut akan menguji sejumlah aspek. Mulai dari moda transportasi penunjang dari dan ke bandara hingga kelayakan infrastruktur penunjang pelayanan bandara.

Adapun rangkaian simulasi dimulai dengan kegiatan simulasi keamanan bandara oleh Komite Keamanan Bandara (Airport Security Committee) pada 20 April 2019, simulasi operasional lapangan (24 April 2019), evaluasi simulasi pengoperasian bandara (25 April 2019), dan simulasi gabungan pengoperasian bandara bersama seluruh pemangku kepentingan terkait. Seperti transportasi darat, maskapai penerbangan, petugas imigrasi, dan lainnya (26 April 2019). 

Pada 22 April 2019 juga akan dilaksanakan penilaian potensi gangguan dan risiko atau hazard identification and risk assesment (HIRA) oleh maskapai dan rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan serta table top exercise operasi bandara pada 23 April 2019.

Sementara itu, menurut Faik, permintaan slot penerbangan untuk Bandara Adisutjipto Yogyakarta masih tinggi.

Dengan dialihkannya penerbangan internasional dari Bandara Adisutjipto ke Bandara Internasional Yogyakarta maka permintaan slot penerbangan tersebut dapat diakomodir. 

“Aspek keselamatan juga dapat lebih terjamin karena panjang landas pacu Bandara Internasional Yogyakarta sepanjang 3.250 meter lebih panjang dari runway Bandara Adisutjipto,” imbuh Faik.

Erick Thohir: Jokowi Lakukan Simulasi Debat Malam Ini

Lebih lanjut, Erick yakin debat besok bakal berjalan secara menarik, meski Jokowi tengah disibukkan dengan padatnya agenda kampanye terbuka.

“Insyaallah debat besok pasti menarik lagi,” ucapnya memungkasi.

Debat ke-4 capres ini rencananya akan dilaksanakan di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat. Debat dengan tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional ini nantinya, hanya melibatkan calon presiden, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Yuk, Intip Simulasi Pemilu yang Digelar KPU

Selasa 12 Maret 2019, 11:53 WIB

Foto News

Ari Saputra – detikNews

Jakarta detikNews – KPU menggelar simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara Pemilu 2019. Simulasi bertujuan merepresentasikan kejadian pemungutan suara seperti di TPS.

Ketua KPU Arief Budiman memperlihatkan surat suara saat simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara Pemilu 2019.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

Jelang All England, Jonatan Siapkan Strategi Lawan Lee Dong Keun

JakartaJonatan Christie melakoni persiapan jelang laga pertama di All England 2019. Jonatan masih gampang membuat kesalahan sendiri.

Jonatan akan menghadapi pemain Korea, Lee Dong Keun, di babak pertama turnamen All England. Peraih medali emas Asian Games 2018 itu berada di half yang sama dengan pebulutangkis nomor satu Kento Momota dan unggulan ketujuh Srikanth Kidambi.

Melawan Dong Keun, kedua pebulutangkis sudah tiga kali berjumpa di mana Jonatan kalah head to head 1-2. Pertandingan terakhir mereka ditandai dengan kemenangan Dong Keun 21-18, 21-16 di perempatfinal Singapura Terbuka 2017.


Pelatih tunggal putra Hendry Saputra Ho mencatat Jonatan masih kurang berani untuk mengambil keputusan saat di momen krusial pertandingan.

“Persiapan engga ada yang penting melihat drawingnya. Jangan terlalu jauh juga. Misalnya, Jonatan ketemu Dong Keun. Ya, kami siapkan dengan tipe permainan dengan kondisi itu dari segala teknik dan mentalnya,’ kata Hendry kepada detikSport, Selasa (26/2/2019).

“Untuk mainnya Jonatan sudah oke. Tapi saat di angka-angka penting dia masih gampang mati dan eror. Hal-hal seperti itu yang harus disadari para pemain,” ujar dia.

“Makanya ini pulihkan kondisi dulu baru nanti fokus kepada persiapan teknik menghadapi lawannya nanti. Satu-satu. Simulasi tidak bisa lagi dilakukan karena sudah tidak ada waktu,” ungkap dia kemudian.

Turnamen All England 2016 akan dimulai pada 6 Maret mendatang. (mcy/rin)

[Cek Fakta] Viral Video Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin Berbahasa Mandarin, Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta – Sebuah video tentang kampanye untuk mencoblos calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin viral di media sosial.

Video berdurasi 1 menit itu menyosialisasikan bahwa pemilih nantinya akan menerima lima surat suara, antara lain memilih caleg DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan calon Presiden serta Wakil Presiden RI.

Saat menunjukkan surat suara capres dan cawapres, video itu lalu menonjolkan gambar Jokowi-Maruf Amin. Gambar tersebut lalu tampak dicoblos tepat di tengahnya yang bertuliskan angka 01 dalam video.

Video berbahasa mandari itu diunggah oleh akun facebook Maharani Peduli pada Selasa 19 Februari 2019. Maharani Peduli juga menambahkan sebuah narasi di dalam video itu.

Pemilu di adakannya di NKRI kan?Bukan di RRC?

Lalu kenapa juga kubu 01 bikin simulasi cara pencoblosan pakai bahasa mandarin?Emang ada bahasa daerah di Indonesia pakai Bahasa Mandarin?

Setau sayapun WNA yg mau jadi WNI wajib bisa bahasa Indonesia deh…

Apakah mungkin ada peserta pemilu siluman dari RRC yg gak bs bahasa indonesia sama sekali yah??Sampai harus dibikinkan simulasi pencoblosan dengan memakai bahasa mandarin??

01, Nasionalismu dimana?Bahasa Indonesia adalah Bahasa Persatuan.Mana teriakanmu cinta NKRI?

#2019PrabowoPresiden #PrabowoNasionalis_Patriot,” tulis Maharani Peduli.

Konten yang diunggah Maharani peduli telah 1.474 kali dibagikan dan mendapat 49 komentar warganet.




2 dari 3 halaman

Fakta

Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Raja Juli Antoni memastikan bahwa pihaknya tidak pernah memproduksi video yang kini sedang ramai diperbincangkan di facebook.

“Yang pasti TKN enggak pernah memproduksi itu. Saya bisa pastikan,” ungkap Toni saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu menduga bahwa video itu bisa saja diproduksi oleh relawan Jokowi-Ma’ruf.

Namun, apabila narasinya memojokkan dan menyerang kubu capres cawapres nomor urut 01, maka Toni menduga video tersebut sengaja digulirkan oleh lawan politik.

“Tapi bisa jadi dibikin oleh lawan politik, yang itu tadi membangun narasi bahwa pak Jokowi didukung oleh China. Saya sudah bisa tebak. Itu sudah hampir pasti dibikin oleh lawan politik,” ucap Toni.

Toni lagi-lagi menegaskan bahwa video tersebut tidak diproduksi oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Saya bisa pastikan TKN enggak pernah produksi video itu,” kata Toni.

Sementara video serupa juga beredar di situs berbagai video youtube. Video ini diunggah oleh akun Sugandi Hadiredjo pada 12 Februari 2019. Namun, video itu tidak berbahasa mandarin, melainkan bahasa Indonesia.

“Ingat 17 April 2019, Coblos no 1 JOKOWI AMIN,” tulis Sugandi Hadiredjo.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Video ajakan mencoblos Jokowi-Ma’ruf Amin berbahasa mandarin ternyata tidak benar. Video itu tidak diproduksi oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Pemprov Jateng Minta Satpol PP Jaga Netralitas Pemilu 2019

Liputan6.com, Pekalongan – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) meminta petugas Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) senantiasa menjaga netralitas pada pelaksanaan Pemilu 2019.

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin mengatakan, petugas Satpol PP dan Satlinmas harus menghindari konflik kepentingan dan diskriminasi pelayanan, serta pengaruh partai politik (parpol).

“Kami menekankan Satpol PP dan Satlinmas tidak memihak dan tidak boleh menguntungkan atau merugikan salah satu pihak peserta Pemilu, apalagi terlibat dalam kampanye,” ujar Taj Yasin di Pekalongan, seperti dilansir Antara, Kamis (21/2/2019).

Pada acara gelar pasukan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Satpol PP dan HUT ke-67 Satlinmas di Stadion Hoegeng Kota Pekalongan, Taj Yasin mengatakan, Satpol PP dan Satlinmas harus senantiasa memberikan kesejukan dan penjagaan keamanan pada masyarakat saat menjelang Pemilu 2019.

“Kami tidak ingin Satpol PP ataupun Satlinmas tersangkut kasus hukum karena tidak bisa menjunjung profesionalitas dan menjaga netralitas,” ucapnya.

Taj Yasin juga meminta Satpol PP dan Satlinmas ikut aktif dalam menjaga kondusifitas di Jateng dengan mengamankan seluruh tahapan Pemilu dan melakukan simulasi pengamanan agar nantinya saat terjun di lapangan tidak gagap serta bisa bergerak bersama TNI-Polri.

2 dari 3 halaman

Kembali ke Siskamling

Selain itu, menurut Taj Yasin, untuk mengamankan kondusifitas daerah, diharapkan masyarakat menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling) di kampung-kampung atau perdesaan.

Ia mengatakan, dengan menghidupkan siskamling maka hal ini bisa mengantisipasi adanya ancaman teror dan rasa ketakutan pada masyarakat.

“Ancaman-ancaman teror dan ketakutan pada warga seperti yang terjadi di sejumlah daerah di Jawa Tengah seperti di Semarang, Kendal, dan Temanggung akan mengganggu kenyamanan masyarakat dan pelaksanaan Pemilu 2019,” pungkas Taj Yasin.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

TKN Jokowi: Prabowo Akan Serang Impor Pangan dan Lifting Minyak

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin sudah memprediksi serangan dari capres Prabowo Subianto. Jokowi pun sudah siapkan beberapa jawaban atas pertanyaan tersebut.

“Insyallah sudah disiapkan semua jawabannya, dan penjelasannya oleh Pak Jokowi, termasuk hal-hal yang kita prediksi, menjadi serangan, atau attack dari Pak Prabowo itu, sudah disiapkan jawabannya,” ucap Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Arsul Sani di Hotel The Sultan, Jalan Gatot Subroto, Minggu (17/2/2019).

Jokowi bersama dengan TKN dan tim ahli sudah menjalankan beberapa simulasi debat. Dalam simulasi itu, serangan yang akan dilancarkan oleh Prabowo seperti isu pangan dan energi.


“Kalau kita ikuti apa yang berkembang di media arus utama, media sosial. Kan soal pangan, impor pangan. Kemudian kalau energi, itu soal lifting minyak yang tidak tercapai. Tapi kita lihat apakah itu atau lain,” ucap Arsul.

Arsul menyebut Jokowi sudah mempersiapkan Debat Kedua dengan baik. Dia mempersiapkan soal materi dan gaya panggung.

“Dalam rangka debat capres yang ke dua. Pak Jokowi siapkan diri dengan sebaik-baiknya. Ada dua hal, pertama refresh hal terkait materi yang akan jadi materi debat, energi, pangan infrastruktur, lingkungan hidup. Kedua, terkait teknik debat, gaya apa yang akan diadakan,” kata Arsul.

Soal gaya, Arsul tidak mau membocorkan laku Jokowi saat dipanggung. “Kita sama-sama lihat. Nggak seru kalau dibocorkan. Yang jelas, Pak Jokowi persiapkan sebaik -baiknya. Bahwa debat ini sersan, serius tapi santai,” ucapnya.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(aik/elz)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sandiaga Temui Prabowo di Kertanegara

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno menemui capres Prabowo Subianto di kediaman Prabowo, Kertanegara, Jakarta Selatan. Sandi menyambangi Prabowo untuk menemani simulasi debat.

Pantauan detikcom, Sandiaga tiba pukul 15.40 WIB di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019). Sandi datang mengenakan kemeja berwarna biru dengan menggunakan mobil berwarna hitam.

Ketika datang, Sandi tidak menjawab pertanyaan dari wartawan. Namun, dia hanya menyapa dari dalam mobil.

“Sudah berapa lama di sini? masuk dulu ya,” ujar Sandiaga di lokasi.

Sebelumnya, Sandiaga tidak akan hadir dalam debat malam nanti, namun dia mengatakan akan menemani Prabowo saat simulasi debat siang ini. Simulasi ini guna pemantapan materi yang akan disampaikan Prabowo di debat malam nanti.

“Persiapan debat malam ini rencananya pagi ini setelah ada beberapa kegiatan kita akan mulai lagi simulasi tahap akhir dan pemantapan materi, pembekalan final, lantas kita akan ada doa bersama,” kata Sandiaga di Jalan Jenggala 2, Kebayoran Baru.

Debat Pilpres 2019 kedua akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Debat hari ini mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur dan sumber daya alam.
(tsa/rvk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sandiaga Harap Tak Ada Singkatan Istilah di Debat Capres Kedua

Liputan6.com, Jakarta Cawapres Sandiaga Uno Ingin tidak ada penggunaan singkatan yang awam dikenal publik saat debat capres kedua, Minggu malam nanti. Dia ingin perdebatan gagasan dan pesan kedua capres bisa dipahami masyarakat.

“Singkatan itu timbul di 2014 dan di waktu 2017 (debat pilgub) juga. Saya sampaikan bahwa singkatan singkatan tersebut nanti diklarifikasi saja, jangan kita tanyakan sebagai bentuk hafalan,” kata Sandiaga, Jakarta, Sabtu 16 Februari 2019 malam.

“Karena kita inginnya bahwa singkatan singkatan tersebut juga dimengerti oleh masyarakat, karena mayoritas masyarakat Indonesia gak mengerti singkatan-singkatan itu,” sambungnya.

Sandi menyatakan, Prabowo akan menyampaikan gagasannya secara gamblang tanpa singkatan yang awam didengar publik. Dalam debat Prabowo akan fokus pada gagasan ekonomi yang berkaitan dengan tema debat.

“Jadi ini bukan mengenai hafal hafalan tapi lebih bagaimana gagasan besar Pak Prabowo yang berbeda dengan Jokowi berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, bagaimana membangun swasembada pangan energi, lapangan kerja, harga bahan pokok terjangkau,” tuturnya.

Dia menambahkan, Prabowo akan rileks. Sebelum debat, Mantan Danjen Kopassus itu akan menggelar simulasi debat di kediamannya, Kertanegara bersama tim Badan Pemenangan Nasional. Dalam simulasi, Sandi akan berperan sebagai Jokowi.

“Kemarin kalau kita lagi simulasi dia banyak ketawa-ketawa, terus saya bilang bapak udah ngerti semuanya. Saya hanya ingin menambahkan data data terakhir dan tentunya saya berperan sebagai Pak Jokowi begitu yang memberikan pertanyaan kepada beliau dan nampaknya beliau siap,” paparnya.

“Besok simulasi terakhir di Kertanegara, kita Insyaallah sudah siap dan lancar,” pungkas Sandiaga.

2 dari 2 halaman

Kasus TPID

Pada debat Pilpres 2014 silam, capres Jokowi melontarkan pertanyaan kepada rivalnya Prabowo Subianto soal peranan TPID. Prabowo yang bukan berlatar birokrat lantas kelabakan. 

“Singkatan TPID itu apa?” tanya Prabowo. “TPID adalah Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah,” jelas Jokowi. 

Mendapat penjelasan seperti itu, Prabowo jujur mengakui tidak menguasai banyak singkatan ekonomi. Sejurus kemudian, dia merespon bahwa fungsi TPID harus dijalankan oleh kepala daerah. “Manajemennya kepala daerah masing-masing,” katanya.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Upaya Pencarian Korban Pembunuhan KKB di Nduga Papua

Liputan6.com, Jayapura – Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yoshua Sembiring mengatakan upaya pencarian terhadap empat karyawan PT Istaka Karya di Distrik Yall, Kabupaten Nduga yang menjadi korban pembunuhan kelompok kriminal bersenjata terus dilakukan.

Pencarian masih dilakukan anggota, namun hingga kini belum ditemukan sehingga nasib keempat karyawan belum diketahui dengan pasti.

“Belum diketahui secara pasti keberadaan dan nasib keempat karyawan PT Istaka Karya yang menjadi korban kksb saat melakukan pengerjaan jembatan,” kata Mayjen TNI Sembiring seusai menyaksikan simulasi pengamanan pemilu yang dipusatkan di kawasan kantor gubernuran Dok II Jayapura, Sabtu (16/2/2019), dilansi Antara.

Ketika ditanya tentang mengungsinya masyarakat dari beberapa distrik di Kabupaten Nduga ke Wamena, Pangdam Cenderawasih mengaku, belum mengetahui dengan pasti karena bupati setempat juga tidak melaporkannya.

Sampai saat ini belum ada laporan tentang masyarakat yang mengungsi, kata Pangdam seraya menambahkan, secara tradisional masyarakat sering berpindah-pindah dan itu hal biasa.

Namun untuk memastikannya masih menunggu laporan dari bupati, kata Mayjen TNI Sembiring didampingi Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin.

Simulasi pengamanan pemilu diikuti 1.000 personil gabungan tni/polri ditandai dengan atraksi penanganan masalah hasil pemilu yang menyebabkan terjadinya kerusuhan.

Saksikan video pilihan berikut ini: