Simak 8 Tempat Asyik untuk Ngabuburit di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Ngabuburit, istilah yang satu ini pasti sudah tak asing lagi didengar oleh masyarakat Indonesia. Istilah tersebut selalu muncul bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadan. Ngabuburit merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa seperti mengaji, mendengar ceramah, mencari takjil, atau sekadar jalan-jalan di sore hari.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tempat yang asyik untuk ngabuburit, tak terkecuali Ibu Kota Jakarta. Tak sulit untuk menemukan tempat yang bagus dan asyik untuk menghabiskan waktu selama menunggu berbuka puasa.

Tempat-tempat tersebut menjadi incaran warga Jakarta maupun pendatang untuk dikunjungi dalam rangka ngabuburit bersama teman maupun keluarga. Liputan6.com merangkum delapan tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat ngabuburit :

1. Kota Tua Jakarta

Kawasan yang dibangun sejak zaman Belanda ini memang dikenal tak pernah sepi pengunjung. Kota yang dihiasi oleh bangunan-bangunan Belanda menambah estetika dari tempat bersejarah ini. Disini, kalian dapat menunggu waktu berbuka puasa dengan berfoto di sekitar kawasan Kota tua.

Selain bangunan-bangunan Belanda, Kota Tua juga memiliki beberapa destinasi wisata yang dapat dikujungi saat ngabuburit seperti Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Musemu Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Toko Merah, dan lain sebagainya.

Selain berfoto, Anda juga bisa mengendarai sepeda ontel yang disewakan di depan Gedung Museum Fatahillah. Anda juga dapat duduk-duduk santai atau mencari jajanan yang ada di sekitar kawasan Kota Tua untuk berbuka puasa.

Anda tidak akan dikenakan biaya apa pun untuk masuk ke kawasan Kota Tua Jakarta. Namun, Anda akan dikenai tarif tertentu apabila memasuki objek wisata yang disediakan.

2. Monas

Monumen Nasional atau Monas merupakan salah satu destinasi yang tepat untuk menunggu azan Magrib tiba. Ikon dari Ibu Kota Jakarta ini menyediakan pemandangan yang indah yang dapat dilihat dari lantai teratas.

Selama Ramadan, akan diadakan beberapa hiburan seperti panggung senja dan air mancur menari yang dilaksanakan setiap akhir minggu.

Jam operasional Monas yang awalnya hingga pukul 10 malam, akan berganti hanya sampai pukul enam sore selama Ramadan. Hal ini diketahui untuk menghormati karyawan serta pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah salat tarawih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *