Siasat Liburan Tanpa Boncos Keuangan (1)

Jakarta – Memasuki akhir tahun, pasti ada anda dan keluarga sudah mempersiapkan beberapa rencana di mana liburan bersama keluarga adalah salah satunya. Meski tujuan liburan adalah bersenang-senang, tak jarang dampak setelah liburan bagi beberapa orang adalah boncos keuangan.

Boncos keuangan disini artinya adalah kesulitan keuangan karena terlalu bersemangat di masa liburan. Bisa jadi karena tidak mempersiapkan diri dengan baik, tidak disiplin pada rencana yang telah dibuat, atau mungkin terkena risiko keuangan yang tak pernah dikira.

Bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga tanpa khawatir akan boncos keuangan, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan. Semoga beberapa langkah ini bisa bermanfaat bagi anda dan keluarga ya!.

1. Persiapkan dengan Baik
Tak ada cara yang paling jitu untuk liburan tanpa boncos keuangan selain mempersiapkan liburan tersebut dengan baik. Anda harus tahu mau liburan kemana, mau kapan anda liburan, mau berapa lama liburan.

Tak kalah penting, anda juga harus tahu, sebenarnya anda ini punya uangnya berapa sih? Jangan sampai, keinginan anda untuk liburan sampai mengorbankan hal yang sebenarnya lebih penting untuk anda dan keluarga.

Bila ternyata uangnya tak cukup, maka anda harus ‘rela’ untuk sedikit mengubah rencana anda. Bisa dengan mengubah destinasi, atau mengubah susunan cara dan tujuan selama anda berada di tempat liburannya.

2. Disiplin dengan budget atau Pilih Paket
Niscaya, anda akan tetap boncos keuangan bila anda liburan dengan mengabaikan rencana yang telah anda buat sendiri. Tanpa adanya kedisiplinan dari anda, semua rencana anda tidak akan ada dampaknya.

Apa artinya membatasi diri, misalkan anda membudgetkan liburan sebanyak Rp15juta untuk sekeluarga plus susunan rencananya tetapi sampai di tempat liburan anda langgar semuanya. Bisa jadi, bahkan anda akan mengakhiri liburan anda dengan cepat dari rencana awal anda sebelumnya.

Nah, bagi anda yang suka kesulitan disiplin pada budget yang telah anda susun, pilihan lainnya adalah memilih paket liburan sekeluarga dari bantuan agen perjalanan wisata dan liburan. Biasanya, agen perjalanan wisata dan liburan akan memberikan pilihan paket, harga dan kegiatan selama liburan.

Anda hanya tinggal membayar dan kemudian duduk manis saja. Tidak perlu lagi memikirkan bayar tiket ke tempat wisata-wisata tujuan nantinya, makan, dan guide juga, karena semuanya sudah masuk ke dalam paketnya. Menarik ya?

Untuk bisa liburan anda harus mempersiapkan dananya bisa jauh-jauh hari atau bisa menggunakan strategi perencanaan dan pembiayaan. Nah, strategi itu bisa dipelajari di workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia atau tim AAM & Associates.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksadana. Ada juga workshop khusus tentang Asuransi membahas Keuntungan dan Kerugian dari Unitlink yang sudah anda beli.

Karena banyak permintaan, dibuka lagi workshop Komunikasi yang memukau lawan bicara anda (menghipnotis), cocok untuk anda orang sales & marketing, untuk komunikasi ke pasangan, anak, boss, anak buah, ke siapapun, info.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com (jangan lupa tanyakan DISKON paket)

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami “Seputar Keuangan” atau klik di sini.

Di artikel berikutnya akan kita bahas strategi dan siasat lainnya agar keuangan anda tidak boncos karena liburan.

Disclaimer: artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Redaksi detikcom tidak bertanggung jawab atas isi artikel yang dikirim oleh mitra. Tanggung jawab sepenuhnya ada di penulis artikel. (ang/ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *