Survei Caleg DKI-1: Imam Nahrawi-Eko Patrio-Habiburokhman Masuk DPR

Jakarta – Lembaga survei Charta Politika merilis hasil surveinya tentang tingkat pengenalan calon anggota DPR di daerah pemilihan DKI Jakarta 1. Hasilnya, Imam Nahrawi menjadi caleg yang paling banyak dikenal.

“Jadi di DKI 1 yang paling dikenal, yang paling tinggi tingkat pengenalannya, itu ada Imam Nahrawi 51,8 persen. Kemudian nomor 2 ada Habiburokhman (31,7 persen),” kata Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, di Resto Es Teler 77, Jalan Adityawarman, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Imam Nahrawi.Imam Nahrawi (Ari Saputra/detikcom)

Survei dilaksanakan pada 18-25 Januari 2019. Survei dilaksanakan dengan wawancara tatap muka kepada total 2.400 responden atau 800 responden di tiap dapil. Margin of error di tiap dapil kurang-lebih 3,4 persen. Survei dilakukan di DKI Jakarta karena dianggap sebagai barometer nasional.
Selain tingkat pengenalan caleg, Charta Politika melakukan survei elektabilitas calon anggota DPR RI dari dapil DKI 1. Responden diberi pertanyaan ‘di antara nama-nama tokoh di bawah ini, siapakah yang Bapak/Ibu/Saudara pilih jika pemilihan umum legislatif dari dapil DKI Jakarta 1 dilaksanakan hari ini?’. Hasilnya, Imam Nahrawi masih menduduki posisi puncak.

“Jadi, begitu kita sebutkan beberapa nama, terutama urutan 1-2, kita sebutkan nama-nama caleg di dapil DKI 1, 15,1 persen yang akan memilih Imam Nahrawi. Kemudian Mas Eko (Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio) 3,8 persen. Mas Eko memang tingkat pengenalan hanya 20,2 persen. Begitu diuji, elektabilitasnya sangat signifikan, yaitu langsung naik 3,8 persen,” ungkap Muslimin.

Eko Patrio.Eko Patrio (Noel/detikFoto)

Responden juga diberi simulasi kertas suara. Di dapil DKI 1, pengaruh partai politik disebut lebih kuat karena banyak responden yang mencoblos gambar partai dibanding nama caleg.

“Kalau kita lihat dari beberapa nama memang nama-nama yang populer itu pada akhirnya cukup banyak yang kemudian orang mencoblos. Kemudian yang kedua, untuk khususnya di Gerindra dan PDIP, kalau kita lihat jauh lebih banyak yang mencoblos gambar partainya dibanding calegnya. Artinya adalah dapil 1 ini partai politiknya jauh lebih kuat dibanding caleg-calegnya, terutama di Gerindra dan PDIP,” jelasnya.

Untuk perolehan kursi, hasil survei Charta Politika menunjukkan akan ada beberapa partai yang kehilangan kursi dari DKI 1. Namun, ada juga partai yang justru menambah jumlah kursinya.

“Kursi itu akan hilang di dapil 1, kemudian PPP dan Demokrat kalau menggunakan simulasi yang sekarang. Walaupun kemudian Gerindra yang cukup signifikan karena dari 1 kursi di 2014, sekarang dari simulasi kita, Gerindra akan mendapatkan 2 kursi untuk di dapil 1,” tuturnya.

“Sisanya ada PKB, karena tadi didongkrak oleh suara Imam Nahrawi, kemudian Golkar masih bertahan dengan 1 kursi dan PDIP 1 kursi. Kemudian PKS juga hilang ya, walaupun sebenarnya masih ada sekitar 30 persenan yang tidak mencoblos kertas suara,” imbuh Muslimin.

Fenomena PKB, yang mendapatkan dongkrak suara dari Imam Nahrawi, disebut Muslimin juga terjadi di beberapa dapil. Selain itu, PKB diuntungkan karena memiliki nomor urut 1.

“Jadi peningkatan PKB cukup signifikan di survei kita karena tadi di beberapa survei kita coattail effect ya dapat karena ada Ma’ruf Amin yang tetap diasosiasikan PKB. Ada juga keberuntungan di PKB itu karena mereka nomor 1. Angka 1 cukup berpengaruh di beberapa level. Karena kita uji terbuka beberapa pemilih, tapi pas tertutup pada memilih PKB. Jadi ketika nomor 1 PKB dan calegnya nomor 1, itu punya potensi ternyata walaupun tidak populer,” papar Muslimin.

“Terutama bagi pemilih yang sampai bilik suara hanya memilih paslon 01 atau 02 saja, ketika dia membuka kertas besar, sudah pilih nomor 1 saja. Ketika tingkat pengetahuan masyarakat rendah terhadap caleg-caleg, maka bisa diuntungkan di situ,” ucapnya.

Berikut ini 10 besar tingkat pengenalan calon anggota DPR RI dapil DKI Jakarta 1:
Imam Nahrawi 51,8 persen
Habiburokhman 31,7 persen
Putra Nababan 26,7 persen
Wanda Hamidah 26,3 persen
Asril Hamzah Tanjung 24,4 persen
Chica Koeswoyo 23,7 persen
Bambang Atmanto Wiyogo 23,5 persen
M Yusuf Mujenih 22,9 persen
Mardani Ali Sera 22,7 persen
Sb. Wiryanti Sukamdanu 21,3 persen

Berikut ini 10 besar elektabilitas calon anggota DPR RI dapil DKI Jakarta 1:
Imam Nahrawi 15,1 persen
Habiburokhman 6,8 persen
Eko Hendro Purnomo 3,8 persen
Putra Nababan 3,6 persen
Bambang Atmanto Wiyogo 3,5 persen
M Yusuf Mujenih 3,5 persen
Chica Koeswoyo 3,3 persen
Wanda Hamidah 2,3 persen
Mardani Ali Sera 2,1 persen
Asril Hamzah Tanjung 2,0 persen

Berikut ini perolehan kursi partai politik dapil DKI Jakarta 1:
PKB 1 kursi
Gerindra 2 kursi
PDIP 1 kursi
Golkar 1 kursi
NasDem 0 kursi
Garuda 0 kursi
Berkarya 0 kursi
PKS 0 kursi
Perindo 0 kursi
PPP 0 kursi
PSI 0 kursi
PAN 1 kursi
Hanura 0 kursi
Demokrat 0 kursi
PBB 0 kursi
PKPI 0 kursi
(azr/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Daftar Top Skor Liga Inggris Pekan ke-26, Aguero dan Salah Berebut Posisi Teratas

Liputan6.com, Jakarta Persaingan gelar top skor Liga Inggris semakin seru setelah Manchester City menang besar 6-0 atas Chelsea pada pekan ke-26 Premier League di Stadion Etihad, Minggu atau Senin (11/2/2019) dini hari WIB.

Kini ada dua pemain yang berada di puncak top skor Liga Inggris, Sergio Aguero dan Mohamed Salah.

Sejak hattrick yang diciptakan aguero melawan Chelsea senin dini hari tadi, top skor Liga Inggris juga mengalami perubahan.

Ibarat klasemen liga Inggris yang sama-sama dikuasai oleh Manchester City dan Liverpool, persaingan top skor sementara liga Inggris pekan ke 26 ini juga diisi oleh dua pemain dari kedua klub besar tersebut.

2 dari 4 halaman

Aguero dan Salah Top Skor Sementara

Kemenangan telak yang diraih Manchester City juga diwarnai dengan catatan hattrick dari Sergio Aguero. Berkat sepakannya, bomber asal Argentina itu pun meramaikan daftar top skor sementara Premier League. Aguero kini telah mencetak 17 gol.

Jumlah gol Aguero sama dengan milik Mohamed Salah yang turut mencetak satu gol untuk Liverpool pada pekan ke-26.

Jika dilihat dari produktivitas permainan, Aguero tercatat lebih produktif ketimbang Salah. Aguero bermain 23 kali atau sebanyak 1678 menit, sementara Salah bermain 26 kali atau 2210 menit.

Tidak hanya itu, Aguero hanya mencetak satu penalti, sedangkan Salah mencetak tiga gol dari titik putih. Fakta lainnya, tiga gol yang diciptakan Aguero melawan Chelsea membuatnya sudah 11 kali mencetak hattrick di Premier League. Ia berhasil menyamai rekor yang dipegang Alan Shearer.

Aguero merupakan pemain kelima yang mencetak hattrick dalam dua laga kandang beruntun di Premier League. Namun, ia menjadi pemain pertama setelah Didier Drogba yang mengukir catatan itu pada tahun 2010 lalu.

3 dari 4 halaman

Aubameyang dan Kane memanaskan daftar Top Skor Liga Inggris

Bomber Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang dan Harry Kane bintang dari Totenham Hotspur adalah salah satu penantang terdekat Aguero dan Salah dalam perebutan top skor liga Inggris 2018-2019. Saat ini Pierre-Emerick Aubameyang sudah menggemas 15 gol, dan Harry Kane sudah melesakkan 14 gol ke gawang lawan.

Bek tengah Arsenal Sokratis Papastathopoulos memprediksi Aubameyang akan mencetak 30 gol pada musim 2018/19 ini di Premier League. Hal tersebut disampaikan Sokratis dalam sebuah dialog dengan Aubameyang seperti dilansir dalam situs resmi Arsenal.

Sedangkan Harry Kane harus menepi terlebih dahulu dari kompetisi mengejar top skor liga Inggris 2018-2019 ini karena cedera yang ia alami sejak laga menghadapi Manchester United pada pertengahan Januari lalu.

Sebelumnya, dalam dua musim berturut-turt gelar top skor Premier League selalu dikuasai oleh bomber Tottenham Hotspur, Harry Kane. Namun gelar itu harus beralih ke tangan bintang Liverpool Mohamed Salah sebagai top skor kompetisi Premier League musim 2017-18.

Lalu, siapakah yang akan memenangkan persaingan perebutan gelar top skor liga Inggris tahun 2018-2019 ini. Menarik untuk dinantikan, karena selain mereka berempat masih ada Eden Hazard, Sadio Mane, Raheem Sterling yang telah memproduksi 12 gol. Disusul oleh Paul Pogba dan Son Heung-Min dengan 11 gol.

4 dari 4 halaman

Daftar Top Skor Liga Inggris Pekan ke-26

Sergio Aguero (Manchester City): 17 gol

Mohamed Salah (Liverpool): 17 gol

Aubameyang (Arsenal): 15 gol

Harrt Kane (Tottenham Hotspur): 14 gol

Eden Hazard (Chelsea): 12 gol

Sadio Mane (Liverpool): 12 gol

Rahem Sterling (Manchester City): 12 gol

Paul Pogba (Manchester United): 11 gol

Son Heung Min (Tottenham Hotspur): 11 gol

Tepis Tuduhan Turki, China Buktikan Musisi Kontroversial Uighur Masih Hidup

Liputan6.com, Beijing – Media pemerintah China telah merilis sebuah video yang memperlihatkan seorang musisi Uighur, yang sebelumnya dilaporkan meninggal di kamp penahanan, berada dalam kondisi sehat.

Video tersebut, bertanggal 10 Februari 2019, menampilkan seorang pria yang mengaku bernama Abdurehim Heyit, menyatakan bahwa ia dalam “kesehatan yang baik”.

Sebelumnya, sebagaimana dkutip dari BBC pada Senin (11/2/2019), Turki sempat mendesak China untuk menutup kamp-kamp penahanan di provinsi Xinjiang, menyusul laporan tentang kematian Heyit, dan juga dugaan penahanan lebih dari satu juta warga Uighur.

Video itu dirilis oleh layanan berbahasa Turki dari China Radio International, yang mengatakan kritik Turki terhadap Tiongkok tidak berdasar. Di dalamnya, Heyit tampak mengatakan dia “dalam proses penyelidikan karena diduga melanggar hukum nasional”.

Sementara itu, di lain pihak, beberapa warga Uighur mempertanyakan keaslian video tersebut.

Nury Turkel, ketua Proyek Hak Asasi Manusia Uighur yang berpusat di Amerika Serikat (AS), mengatakan kepada BBC bahwa beberapa aspek dari video itu “mencurigakan”.

“Pemerintah China menanggapi Turki karena pengaruhnya di dunia muslim,” kata Turkel, seraya menambahkan bahwa Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres “sangat diam” mengenai masalah penahanan di Xinjiang.

“Bola ada di pengadilan pemerintah Tiongkok. Mereka menahan Heyit. Mereka menahan 10 persen dari populasi Uighur. Mereka berusaha memberi tahu dunia bahwa tidak ada pelecehan, dan ini hanya disebut pusat pelatihan kejuruan. Ini adalah tanggung jawab mereka untuk membuktikan videonya otentik,” lanjutnya.

Selain itu, Turkel juga mengatakan bahwa pemerintah China mampu membuat video terkait karena “keunggulan teknologi yang dimilikinya”.

Sejauh ini, hanya sedikit negara mayoritas muslim yang bergabung dengan Turki dalam kecaman internasional terhadap tuduhan terkait.

Para analis mengatakan banyak yang takut akan pembalasan politik dan ekonomi dari China.

Namun, Turkel mengatakan rilis video menunjukkan bahwa pemerintah China memang menanggapi tekanan publik.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Desakan Turki untuk Tutup Kamp Penahanan Uighur

Sebelumnya, pemerintah Turki mengutuk perlakuan China terhadap etnis muslim Uighur sebagai “hal yang memalukan bagi kemanusiaan”.

Kecaman tersebut menambah sikap kontra baru-baru ini dari kelompok hak asasi manusia atas penahanan massal terhadap minoritas di China barat daya tersebut, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian.

“Kebijakan asimilasi sistematis otoritas China terhadap warga etnis Uighur adalah hal yang memalukan bagi kemanusiaan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki Hami Aksoy dalam sebuah pernyataan.

Aksoy juga mengatakan bahwa Turki turut berbelasungkawa terhadap kabar kepergian tragis dari sosok penyair dan musisi Uighur Abdurehim Heyit, pada hari Sabtu.

“Kami sangat berduka atas kepergian penyair yang dihormati, Abdurehim Heyit, yang divonis penjara delapan tahun karena karyanya, meninggal di tahun kedua penahanannya,” kata Aksoy.

“Insiden tragis ini semakin memperkuat reaksi publik Turki terhadap pelanggaran HAM berat di wilayah Xinjiang,” lanjutnya, mengatakan bahwa Turki juga siap melakukan dialog terkait isu ini.

Arbi Sanit Sebut Strategi ‘Propaganda Rusia’ untuk Cuci Otak

Jakarta – Guru Besar FISIP UI, Arbi Sanit, mengatakan propaganda ala Rusia adalah upaya mencuci otak. Arbi menjelaskan — dalam konteks Indonesia kekinian– propaganda ala Rusia bertujuan untuk mencuci otak masyarakat kelas bawah.

“(Pernyataan kontrovesial Presiden Jokowi tentang propaganda) Ini kan memang ada Rusia-rusianya. Nah Rusia-rusianya itu setahu saya dulu dimulai dengan percobaan terhadap anjing. Anjing dilemparkan sesuatu, disuruh ambil, kalau diambil, dikasih makanan, diulang terus, sehingga akhirnya anjingnya hafal,” kata Arbi dalam diskusi bertajuk ‘Propaganda Rusia, Ancaman bagi Demokrasi Kita?’ di Jalan Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (9/2/2019).

“Intinya apa? Cuci otak. Otak rakyat, pemilih dicuci. Nah caranya ada dua, pertama ulang terus, kedua berikan substansi yang baru di luar pengetahuan masyarakat. Saya kira ini yang sedang berlangsung untuk mengisi waktu kampanye,” sambung Arbi.

Arbi mengkritik kebijakan KPU yang menurutnya terlalu lama dalam memberikan masa kampanye bagi calon legislatif dan pasangan calon presiden. Masa kampanye yang terlalu lama, menurut Arbi, dimanfaatkan para peserta pemilu untuk melancarkan propaganda-propaganda.
Kondisi ini membuat peserta pemilu membelokan kewajiban utamanya, menyampaikan program-programnyabke rakyat, menjadi propaganda.

“Jadi ini kan menurut saya kampanye yang panjang. Lalu KPU maunya calon-calon itu menyampaikan apa dan kepada siapa, nah tentunya yang diinginkan menyampaikan program, itu yang selalu disebut KPU. Tapi kalau program yang maksud sebagai rencana-rencaba terinci, ada angka-angka, itu untuk siapa? Apakah orang kebanyakan paham angka-angka itu? Bisakah mereka menghubungkan angka itu dengan kerugian-keuntungan dia memilih calon tertentu? Saya kira nggak bisa,” jelas Arbi.

“Jadi saya kira (rencana-rencana terperinci dan data-data) itu semuanya untuk golongan menengah ke atas. Kalau gitu, yang golongan bawah nggak dapat. Bagaimana untuk golongan yang bawah? Ya propaganda,” imbuh Arbi.

Arbi menilai KPU telah gagal melaksanakan pemilu sesuai marwahnya. Peserta pemilu yang seharusnya menyampaikan informasi yang bersifat mencerahkan, tutur Arbi, kini justru melakukan propaganda.

“KPU mengalami kegagalan karena seharusnya kan kampanye itu bersifat normal, memberikan penerangan, penjelasan dari calon kepada masyarakat. Fungsi kampanye seperti itu, tapi partai-partai, calon-calon sekarang ini ‘menekuk’ pemberian informasi itu menjadi propaganda. Dia putar menjadi propaganda,” ujar Arbi.

Lantas siapakah yang memainkan propaganda? Menurut Arbi, semua peserta pemilu, baik di pemilihan legislatif maupun eksekutif. Di pilpres, Arbi menilai kubu pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Kiai Maruf Amin dan kubu pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sama-sama menggunakan propaganda untuk meraih kemenangan.

“Dilihat secara netral, kedua-duanya calon menggunakan (propaganda). Soal pengulangan-pengulangan (informasi) kan dua-duanya sama, apa saja diputar kembali. Tapi soal isi berbeda. Nomor pertama adalah apa yang dikerjakan selama ini, disampaikan. Yang nomor dua, apa yang dipikirkan dan dipersepsikannya atau apa yan dimaknainya itu yang disampaikan,” tandas Arbi.

Sementara itu Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens berpendapat perang propaganda pada ajang pilpres dimulai lewat hoax. Menurutnya, peserta pemilu telah mengadopsi perang propaganda Rusia.

“Suburnya hoaks dan dasyatnya narasi kebencian yang berbalut politik identitas sejak 2016 menandakan bahwa Propaganda Rusia telah diadopsi dalam politik elektoral di Indonesia. Ada kelompok yang bernafsu meraih kekuasaan dengan menghalalkan segala cara,” ungkap Boni.

“Model politik berbasis kebohongan yang diterapkan dalam konteks perang diterapkan dalam konteks pemilu, ini adalah ancaman serius terhadap ketahanan demokrasi dan peradaban,” lanjut dia.

(aud/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tiba di Palangka Raya, Sandiaga Disambut Upacara Adat Tetek Pantan

Liputan6.com, Jakarta – Sandiaga Uno bertolak ke Palangka Raya dengan menggunakan hoodie Prabowo-Sandi Adil Makmur. Setibanya di Palangka Raya, calon wakil presiden nomor urut 02 ini disambut dengan upacara adat Tetek Pantan, Senin (4/2/2019).

Usai disambut dengan tarian, Sandiaga masih harus mengikuti ritual adat yaitu potong pantan atau menyingkirkan rintangan. Di hadapan gerbang kayu berbentuk kubus dengan ukuran masing-masing sisi sekitar 2 meter, terbentang sebatang kayu akasia terselubung kain. Pemimpin adat berada di bagian dalam gerbang, sedangkan tamu di sisi luar.

Sebelum tamu menyingkirkan penghalang, pemimpin adat melontarkan tiga pertanyaan yang wajib dijawab oleh Sandiaga. Tiga pertanyaan itu adalah siapakah nama tamu, berapa jumlah rombongan, dan apa maksud juga tujuan kedatangannya.

Lalu, jika setiap kali tamu selesai menjawab satu pertanyaan dari pemimpin adat, maka pemimpin adat menyahutnya dengan pekik kemenangan atau disebut melahap, “Uuuuju Ku iy”

“Saya Haji Sandiaga Salahuddin Uno, dengan delapan orang dari kepolisian dan empat dari tim inti saya, maksud tujuan kedatangan saya untuk menciptakan Indonesia adil dan makmur, Indonesia Baldatun Thayyubatun Wa Rabbun Ghafur,” jawab Sandi.

Setelah menjawab pertanyaan, Sandi beserta rombongan dipersilakan maju dan melipat kain yang diletakkan di atas kayu sebelum menebasnya dengan senjata tradisional khas Kalimantan Tengah, Mandau.

Sandiaga dengan perlahan mulai memotong kayu itu hingga terbelah dua. Lalu, teriakan ‘Uuuju Ku iy’ kembali terdengar.

2 dari 3 halaman

Injak Telur

Ritual pun kembali dilanjutkan dengan menginjak telur ayam kampung di atas batu dengan kaki kanan. Batu itu melambangkan kerasnya niat dan usaha manusia untuk meraih suatu kebaikan serta tujuan hidup.

“Telur ayam kampung yang berisi kehidupan ini tercurah ke bumi pertiwi dan akan membawa kesuburan serta kesejahteraan bagi manusia,” ujar Pemandi adat.

“Luar biasa kayanya Indonesia dengan budanyanya. Ini kekuatan untuk meyerap lapangan kerja dan selalu belajar dengan kearifan lokal. Ini harus terus kita jaga. Warisan budaya leluhur yang membuat Indonesia unik,” ujar Sandi.

Tetek Pantan jika dalam bahasa Dayak Ngaju berarti memotong penghalang atau menyingkirkan rintangan sehingga biasa disebut pula potong pantan. Upacara adat khas suku Dayak itu merupakan warisan tradisi nenek moyang.

Dahulu, upacara itu khusus digunakan untuk menyambut kemenangan kepala suku yang pulang dari perang dan mengayau atau memotong kepala musuh. Tapi kini digunakan untuk menyambut tamu kehormatan.


Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Setelah 20 Tahun Melajang,Tokoh Brock Pokemon Akhirnya Punya Pacar

Liputan6.com, Jakarta Kamu tentu tidak asing dong dengan nama Pokémon? Game dan animenya yang rilis di akhir tahun 90-an ini namanya masih terdengar hingga sekarang. Pokémon, yang merupakan singkatan dari Pocket Monster, memperkenalkan ratusan (kini ribuan) monster yang berkeliaran di dunianya dan bisa ditangkap serta dipelihara, untuk kemudian ditandingkan satu sama lain setelah dilatih dengan baik. 

Karakter utama dalam serial TV Pokémon adalah Ash Ketchum atau Ash.  Ia bersama rekan-rekannya saling bahu membahu dalam perjalanan. Rekan-rekan Ash adalah Brock, Misty,  May, Dawn. Dan musuh utama tim adalah Team Rocket yang dipimpin oleh Giovanni Sakaki dengan anak buahnya yang selalu mengikuti kemanapun Ash pergi yaitu Jessie, James, Meowth, dan Wobbuffet.

Dalam anime maupun gamenya, predikat Pokémon Master bisa diberikan kepada seorang trainer (majikan/pelatih) Pokémon ketika ia mampu menangkap semua Pokémon yang ada di dunia.

Namun pada ceritanya seringkali, seri Pokémon akan menceritakan kasih sayang antara pelatih dengan Pokémon mereka.  Namun sosok Brock rupanya juga menarik para penggemar setia Pokemon.

2 dari 3 halaman

Kisah Cinta Brock

Brock merupakan mantan pemimpin dari Pewter City Gym dan juga teman Ash yang paling setia.  Sayangnya, saat bertemu wanita cantik ia langsung tergila-gila dan sering salah tingkah khususnya dengan Suster Joys dan Opsir Jennys. Kisah cintanya pun tidak pernah berjalan mulus.

Namun, kabar bahagia bagi pecinta Brock. Brock yang selama 20 tahun melajang kini sudah memiliki kekasih. 

Dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Sabtu  (2/2/2019) dalam episode Pokémon Sun & Moon baru-baru ini, mantan pemimpin Gym Pewter City ini menemukan tambatan hati  untuknya, yaitu Olivia.

Siapakah sosok Olivia?  Olivia adalah wanita berkulit gelap dengan mata coklat gelap dan rambut hitam yang mencapai bahunya. Dia memiliki anting-anting kristal merah muda dan juga  Z-Ring di lengan kirinya

3 dari 3 halaman

Ketika keduanya bertemu

Ketika keduanya pertama kali bertemu, Brock tidak butuh waktu lama untuk jatuh cinta pada Olivia. Dan yang mengejutkan adalah Olivia  juga menyukai Brock!

Apakah kamu juga turut bahagia dengan pasangan ini? Selamat ya Brock tidak jomblo lagi!

Sri Mulyani: RI Perlu Menteri Perempuan agar Belanja Pemerintah Baik

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memaparkan, belanja pemerintah sepanjang 2018 yang mencatatkan kinerja positif.

Dia menuturkan, hal ini tak lepas dari peran menteri-menteri perempuan dalam pemerintahan Jokowi-JK. 

“Belanja tahun lalu relatif baik. Mungkin perlu menteri perempuan karena kita bisa belanja dengan baik,” ujar Sri Mulyani di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Sri Mulyani merinci, sepanjang tahun lalu belanja pemerintah tercatat sebesar Rp 1.444,4 triliun atau 99,3 persen dari target APBN 2018 dan tumbuh 14,2 persen dari tahun sebelumnya. Belanja K/L mencapai Rp 836,2 triliun atau 98,7 persen dari target APBN dan tumbuh 9,3 persen dari tahun sebelumnya. 

Belanja non K/L mencapai Rp 608,2 triliun atau 100,2 persen dari target APBN dan tumbuh 21,6 persen dari tahun sebelumnya. Transfer ke daerah dan dana desa mencapai Rp 757,8 triliun atau 98,9 persen dari target APBN dan tumbuh 2,1 persen dari tahun sebelumnya. 

Transfer ke daerah Rp 697,8 triliun atau 98,8 persen dari target APBN dan tumbuh 2,3 dari tahun sebelumnya. Dana desa Rp 59,9 triliun atau 99,8 persen dari target APBN 2018 dan tumbuh 0,2 persen dari tahun sebelumnya.

Dengan angka-angka tersebut, pemerintah berhasil menekan defisit anggaran menjadi Rp 259,9 triliun atau sebesar 1,76 persen terhadap PDB di dalam APBN 2018.

Defisit anggaran tersebut jauh lebih rendah dibanding batas yang ditetapkan sesuai UU APBN 2018, yang senilai Rp 325,9 triliun atau setara dengan 2,19 persen dari PDB. 

“2018 kita tutup dengan defisit jauh lebih kecil. Primary balance mendekati 0. Ini memperlihatkan kinerja APBN 2018 sangat positif dan dikelola dengan sangat bertanggung jawab,” ujar dia.


Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebelumnya, Calon Presiden 01 Joko Widodo atau Jokowi sempat menjelaskan kabinetnya diisi banyak kaum perempuan. Pernyataan ini menyinggung pasangan lawan soal tak adanya kader Gerindra yang perempuan masuk dalam struktur utama partai.

Terang saja, ini membuat calon presiden 02 Prabowo Subianto mempermasalahkan Jokowi yang menyampaikan soal kuantitas. Dia menuturkan, ada masyarakat yang merasakan kerugian-kerugian besar, akibat kebijakan menteri perempuan di kabinet Pemerintahan Jokowi.

“Menurut saya, kita jangan masalahkan orang per orang. Tapi yang kita masalahkan adalah kebijakan-kebijakan yang dia hasilkan, yang dia produksikan,” ucap Prabowo di arena debat capres, Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 17 Januari 2019.

Dia menuturkan, masalah perempuan bisa dicari dan disesuaikan jumlahnya. Namun, jika ada output-nya atau kebijakannya, bisa diperdebatkan lagi.

“Harus perempuan, tapi harus cakap dan prorakyat. Tidak perempuan yang mengambil kebijakan-kebijakan tidak prorakyat. Ini masalahnya. Saya tidak akan membanggakan karena hanya perempuan. Jika dia perempuan, tapi dia tidak membela rakyatnya sendiri, ya tidak perlu dibanggakan,” kata Prabowo.

Namun, siapakah menteri yang dimaksud Prabowo tersebut?

Dalam susunan menteri Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, ada beberapa perempuan yang menduduki jabatan tersebut, di antaranya:

1. Menko PMK Puan Maharani

2. Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi

3. Menteri Keuangan Sri Mulyani

4. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya

5. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

6. Menteri Kesehatan Nila Moeloek

7. Menteri BUMN Rini Soemarno

8. Menteri Perempuan dan Anak Yohanna Yambise


Saksikan video pilihan di bawah ini:


Ingin Puaskan Permintaan Pelanggan Anda? Lakukan 5 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta – Memenuhi kebutuhan dan tuntutan pelanggan untuk mendapatkan keuntungan merupakan kunci keberhasilan bisnis. Tentu prosesnya akan menjadi mudah namun akan sulit juga.

Teknologi yang modern, membuat Anda akan lebih mudah untuk mengidentifikasi, memperlajari dan menjangakau permintaan pasar.

Namun, akan menjadi sulit karena pelanggan akan menjadi jauh lebih cerdas, kurang loyal dan memiliki harapan yang semakin tinggi kepada produk yang Anda jual.

Akan tetapi, jika Anda mengetahui strategi terbaik untuk memenuhi kebutuhan permintaan pelanggan, tentunya untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah sulit untuk Anda lakukan.

Mau tahu bagaimana cara memenuhi permintaan pelanggan secara efektif? Berikut adalah lima hal yang harus Anda lakukan:

1. Mengetahui siapa pelanggan Anda

Siapakah pelanggan bisnis Anda? Berjenis kelamin apakah mereka? Berapakah kisaran usia mereka? Hal apa yang mereka sukai?

Penting untuk mengetahui siapa sebenarnya pelanggan Anda, karena dengan begitu akan semakin mudah untuk mengetahui produk atau layanan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan setia.

2 dari 3 halaman

2. Pahamilah apa yang mereka butuhkan

Mengetahui kebutuhan pelanggan merupakan kunci kesuksesan bisnis Anda. Dahulu sebelum adanya situs web dan media sosial, begitu banyak para pembisnis yang menghabiskan uang mereka untuk mengetahui hal apa yang sedah dibutuhkan oleh para pelanggannya.

Namun, itu tidak terjadi lagi, kemajuan teknologi memudahkan para pebisnis mengetahui hal apa yang menjadi ketertarikan pada pasar saat ini juga.

3. Memenuhi harapan

Anda harus perlu memahami harapan pelanggan dan selalu berusaha untuk dapat memenuhi atau bahkan melampaui harapan mereka. Seperti yang dilakukan perusahaan Apple, telah menciptakan standar yang diharapkan pelanggannya.

3 dari 3 halaman

4. Ketersediaan barang yang selalu terjaga

Masalah yang sering terjadi yaitu, di saat permintaan sedang tinggi, banyak penjual yang tidak mengkontrol barangnya sehingga membuat pelanggan harus menunggu lama hingga barang tersebut ada lagi.

Sebaiknya yang Anda harus lakukan yaitu, mencek selalu atas ketersediaan barang. Jangan membuat pelanggan Anda menunggu lama akan barang yang mereka inginkan, karena jika hal ini terjadi,  bisnis Anda yang terancam mendapatkan nilai yang negatif.

5. Menjaga penilaian positif pelanggan Anda

Mungkin terdengar sedikit sepele, tapi  hal ini sangat penting untuk Anda lakukan. Penilaian positif pelanggan atas produk atau layanan yang Anda berikan, akan membuat bisnis menjadi lebih stabil dan meningkatkan penjualan produk yang dimiliki.


Saksikan video pilihan di bawah ini:


Heboh Kapten Leo Sianturi Minta Tolong Presiden Jokowi

Jakarta – Sosok Danramil 10 Balimbingan, Kodim 02/07 Simalungun, Kapten Leo Sianturi menjadi perbincangan netizen setelah videonya viral di media sosial. Dalam video berdurasi satu menit itu Kapten Leo viral marah-marah karena merasa tidak dilayani dengan baik selama dirawat di Rumah Sakit (RS) TNI Pematangsiantar.

Kapten Leo bahkan ‘membawa-bawa’ nama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sambil duduk di kursi roda dan diinfus, dia meminta pertolongan Jokowi.

“Pak Presiden, tolong Pak Presiden. Saya tentara yang dari masyarakat akan kembali ke masyarakat. Sakit hati saya. Saya sakit tidak ada di opname, diopname tidak layani. Saya kecewa dengan RS tentara, kecewain pelayanan tidak bisa,” ujar anggota TNI itu seperti dalam video yang dilihat detikcom, Sabtu (26/1/2029).

Kapten Leo menyebut tidak bisa diopname. Dia mengaku menjadi anggota TNI dari prajurit sampai perwira.

“Saya seorang perwira tidak berfungsi perwira. Sakit, opname tidak bisa. Tidak bisa di rumah sakit tentara tanpa dirawat. Sakit, saya seorang perwira, tidak berfungsi saya, tidak ada artinya angkatan darat di rumah sakit, tidak artinya. Inilah nasib saya ini, saya dari prajurit masuk sampe perwira,” ujarnya.

Kapten Leo Sianturi meminta pertolongan Presiden Jokowi.Kapten Leo Sianturi meminta pertolongan Presiden Jokowi. Foto: Kapten Leo (Screenshot video viral)

Pengakuan Kapten Leo lantas dibantah oleh Komandan Detasemen Wilayah (Dankesyah) Pematangsiantar, Letkol Ckm Suhartono. Menurut Suhartono, Kapten Leo marah-marah karena ditanya perawat RS TNI Pematangsiantar tentang keluarganya.

“Intinya adalah pasien-pasien yang dirawat, apalagi militer… adanya RS tentara karena ada tentara. Jadi dirawat sesuai dengan prosedur. Jadi tidak ada kami terlantarkan, tapi karena ketersinggungan itu kemudian yang bersangkutan marah-marah,” kata Suhartono dalam video yang diunggah di situs RS TNI Pematangsiantar.

Klarifikasi Suhartono sejalan dengan pengakuan perawat yang bertanya soal keluarga ke Kapten Leo. Perawat itu menceritakan secara detail awal mula Kapten Leo marah-marah.

Berawal dari pergantian shift perawat malam ke perawat pagi pada 25 Januari kemarin. Sesuai standar operasional prosedur (SOP), setelah pergantian shift, perawat pagi harus mengecek kondisi pasien.

“Kalau kami mau tukaran shift antara malam ke pagi selalu kami serah terima. Lalu saya tiba di ruangan Pak Leo Sianturi. Lalu saya menanyakan apakah Pak Leo sudah makan?” ujar perawat itu dalam video yang juga diunggah di situs RS TNI Pematangsiantar.

Perawat itu juga sempat bertanya soal anak dan istri ke Kapten Leo. Dia bertanya mengapa tidak ada keluarga yang menemani.

“Dan saya memang menanyakan siapakah yang menunggu bapak? Kenapa tidak ada yang menunggu? Dan saya tanya juga, ibu ke mana? Dan dijawab sama Pak Sianturi, ‘memang saya sudah cerai dengan istri saya’. Saya tanya kemudian, ‘anak bapak ada berapa?’ ‘Dua dijawab Kapten Leo), kalau nggak anak bapak lah suruh menunggu, anak saya jauh-jauh, satu di bandung, satu lagi sedang pendidikan. oh tentara juga ya pak, ya,” paparnya.

Menurut perawat itu, Kapten Leo mulai ‘naik darah’ saat ditanya soal keluarga. Kapten Leo tidak suka ditanya-tanya soal itu.

“Kemudian beliau nggak terima ucapan saya itu tadi. Berhubung dengan saya menyinggung perasaan hati bapak itu, merasa tersinggung karena saya menanya tentang keluarganya. Kemudian bapak itu turun dari tempat tidurnya menggunakan tongkat. Kemudian bapak itu keluar. Walaupun itu kami tahan juga bapak itu tidak mau, tetap bapak itu langsung keluar,” jelasnya.

Melihat Kapten Leo marah-marah, perawat itu mencoba melaporkan ke atasan mereka. Namun, Kapten Leo terlanjur meninggalkan RS TNI Pematangsiantar

Pihak RS TNI Pematangsiantar bersama jajaran TNI kemudian mencari Kapten Leo. Setelah ditelusuri, didapat informasi bahwa Kapten Leo sedang berada di BPJS Pematangsiantar.

“Kemudian pihak Rumah Sakit Tentara dengan cepat mengejar Kapten Leo Sianturi dan ternyata Kapten Leo Sianturi sedang laporan ke kantor BPJS Pematangsiantar. Pihak Rumah Sakit Tentara sudah berusaha membujuk Kapten Leo Sianturi dan menyampaikan tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Akan tetapi Kapten Leo Sianturi masih emosi dan tidak ada merespon sampai kurang lebih 30 menit,” ujar pihak rumah sakit.

Pihak RS Pematangsiantar kemudian membujuk Kapten Leo untuk kembali ke RS. Namun Kapten Leo tetap tidak mau dirawat di sana melainkan dirawat RS Vita Insani Pematangsiantar.

Kisruh antara Kapten Leo dan RS TNI Pematangsiantar sampai ke telinga Kapendam I/Bukit Barisan, Kolonel Roy Hansen Sinaga. Setelah berkomunikasi, Kolonel Roy mendapatkan jawaban atas kisruh tersebut.

“Jadi beliau sensitif saat itu, terpicu lah emosinya. Jadi ini hanya salah paham saja. Beliau mungkin-mungkin lagi naik darah tingginya,” kata Kapendam I/Bukit Barisan, Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga kepada wartawan.

Kolonel Roy menegaskan semua prajurit selalu dilayani dengan baik. Dia juga memastikan pelayanan di rumah sakit di seluruh Kodam I/BB selalu dibenahi.

“Kita saat ini sedang berbenah. Jadi bila ke depan, ada sesuatu yang kurang sesuai oleh prajurit bisa dibicarakan dengan baik-baik dengan pihak Rumkit (rumah sakit), sehingga hal-hal seperti ini tidak perlu menjadi besar, apalagi dimanfaatkan oleh segelintir orang,” ujarnya.

Sampai saat ini Leo masih di rawat kamar 358 lantai 3 Rumah Sakit Vita Insani Pematangsiantar. Kondisi yang bersangkutan juga membaik.
(zak/jbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mereka Menamakan Diri: Klub Penjelajah Dunia yang Rahasia

New York – Klub penjelajah ini sudah menjadi inspirator para tokoh dunia. Siapakah mereka dan bagaimana pergerakannya?

Melansir BBC Travel, Sabtu (26/1/2019), inilah The Explorers Club. Mereka telah menginspirasi para petualang hingga astronot selama lebih dari seabad juga sekarang berkembang untuk menginspirasi setiap orang.

Lokasi berkumpul The Explorers Club ada di sebuah rumah beralamat East 70th Street, Upper East Side, New York, Amerika Serikat. Sebuah rumah besar berlantai enam yang berusia 109 tahun ini perpaduan arsitektur Jacobean Renaissance dan Tudor.

The Explorers Club memang kurang dikenal. Namun daftar anggotanya adalah orang-orang terhormat termasuk Edmund Hillary dan Tenzing Norgay yang pertama kali menjuluki Gunung Everest, penerbang Charles Lindbergh yang melakukan penerbangan pesawat transatlantik solo pertama pada tahun 1927, penjelajah Norwegia Thor Heyerdahl yang mengarungi perairan dengan rakit buatan tangannya, Kon-Tiki dari Peru ke Polinesia, pilot terkenal Amelia Earhart yang menghilang di Pasifik.

Tak sampai di situ, ada pula astronot Apollo termasuk Buzz Aldrin dan Neil Armstrong yang pertama menginjakkan kaki di bulan, ahli paleoantropologi Inggris Mary Leakey yang menemukan 15 spesies hewan baru, CEO Amazon Jeff Bezos, Sutradara film Titanic dan penjelajah laut dalam James Cameron dan ahli primata Dame Jane Goodall yang dianggap sebagai pakar simpanse terkemuka di dunia. Tentunya daftar ini amat membingungkan juga mengejutkan.

Formulir anggota The Explorers Club (Mike MacEacheran/BBC Travel)Formulir anggota The Explorers Club (Mike MacEacheran/BBC Travel)

Presiden klub Richard Wiese ingat pertama kali bergabung ke klub pada pertengahan 1980-an. Ia duduk di sebuah meja yang pernah dimiliki oleh mantan anggota dan presiden AS Theodore Roosevelt.

The Explorers Club memiliki 3.500 anggota, tersebar di 32 titik global. Kini, keanggotaannya sebagian besar diisi oleh ahli kelautan, lepidopterologis, primatologis dan konservasionis.

Markas The Explorers Club, Townhouse (Mike MacEacheran/BBC Travel)Markas The Explorers Club, Townhouse (Mike MacEacheran/BBC Travel)

Satu contoh penjelajahannya, musim panas yang lalu, sekelompok paleontolognya berada di Gurun Gobi Mongolia mencari fosil dinosaurus menggunakan pemindai drone. Dan menemukan lusinan fosil.

Markas The Explorers Club, Townhouse memiliki arsitektur yang menarik. Ada balok kayu yang diambil dari HMS Daedalus (kapal perang fregat 1826).

Langit-langitnya dibeli dari biara Italia abad ke-15 ditambah jendela-jendela kaca patri asli bertatahkan mawar Tudor dari Kastil Windsor di Inggris. Pengunjung yang datang dapat melihat kepala cheetah dan singa dari ekspedisi Smithsonian, kulit kepala yeti dari Tibet, tulisan edisi pertama deskripsi Napoleon tentang Mesir, gading mamut Alaska, kepala rusa dan boneka penguin, pelt dari harimau betina Nepal hingga koleksi gading dari gajah dengan ujung empat, anomali genetik langka dari Kongo.

Anggotanya pun ada pula para penjelajah ‘gila’. Penjelajah Denmark bernama Peter Freuchen, mengenakan mantel dari beruang kutub yang dibunuhnya dan pernah mengamputasi kaki mereka sendiri.

Petualangan para anggota diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi yang menggetahuinya. Kamu yang berjiwa petualang pasti tertarik bukan dan per kunjungan dikenakan biaya USD 25 atau Rp 354 ribu? (rdy/aff)