Siapa Pemain Tercepat di MU? Lukaku Angkat Tangan

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) memilih sederet pemain-pemain dengan kemampuan berlari yang cepat. Selain Marcus Rashford, Antonio Valencia, hingga Eric Bailly, masih ada sederet pemain cepat MU lainnya yang menopang skuat besutan Ole Gunnar Solskjaer tersebut. 

Namun siapa pemain tercepat di MU? Romelu Lukaku seperti dilansir Metro.co.uk, percaya diri sebagai pemain yang layak menyandang status tersebut. Ini sesuai dengan jawaban yang diberikan Lukaku saat menanggapi pertanyaan seorang fans di akun Instagram MU

Dalam video singkat, Lukaku tampak mengangkat tangannya usai membacakan pertanyaan tersebut. “Dan kalian masih menyebut saya lambat,” ujar Lukaku menambahkan. 


Pemain Belgia itu bukan tanpa alasan mengaku sebagai pemain tercepat di MU. Tahun lalu dia mencatat kecepatan 34,84 km/jam, lebih cepat dari rekan-rekannya di MU. Pada musim 2017/18, dia masuk tiga dari lima pemain tercepat MU bersama Jesse Lingard dan Rashford. 

Kate Middleton vs Meghan Markle, Siapa Paling Ceroboh dalam Berbusana?

Liputan6.com, Jakarta – Dua anggota keluarga Kerajaan Inggris, Kate Middleton dan Meghan Markle, hampir selalu menarik perhatian lewat apa yang mereka kenakan. Mulai dari busana kasual, sampai gaun, semua tak lepas dari lampu sorot atensi publik.

Ternyata, di tampilan hampir sempurna keduanya, ada momen di mana Meghan dan Kate ternyata ceroboh dalam berpakaian. Dari sekian banyak, berikut beberapa momennya seperti dirangkumkan Fimela.com

Meghan Markle lupa melepas label

Duchess of Sussex pernah lupa mencopot tag saat pakai baju baru. Kejadian ini tertangkap kamera saat tiba di Tonga pada Oktober 2018. Kala itu, Meghan Markle terlihat memakai dress warna merah dari Self Potrait dengan tag merah muda yang menggantung di bagian bawah roknya.

Kate Middleton pernah pakai baju terbalik

Kate Middleton pernah salah pakai kemeja. Kala itu, ibu tiga anak ini memakai kemeja dengan aksen pita berwarna ungu dari Gucci. Sekilas, seperti tak ada yang salah dengan penampilan Kate. Namun, di website Net a Porter, kemeja tersebut dipakai dengan bagian kancing berada di belakang, bukan di depan seperti yang dilakukan Kate.

Meghan Markle biarkan plastik menempel di tas

Dalam kunjungan ke Irlandia pada 2018, Meghan Markle tampil dengan setelan hijau yang menarik sambil menjinjing tas tangan kulit warna cokelat. Nah, keteledoran sepele Meghan adalah belum mencopot lapisan plastik yang ada di bawah tasnya.

Heels berlumpur Meghan Markle

Pada April 2018, Meghan Markle menghadiri acara Invictus Game di London bersama Pangeran Harry yang kala itu masih jadi tunangannya. Meghan tampil memukau dengan dress hijau bermotif floral dari Self Potrait.

Melengkapi penampilan, Meghan memakai sepasang heels mahal dari Manolo Blahnik dengan material suede. Sayang, pada hak tipis terlihat lumpur kering yang membuat sepatu terlihat kotor.

Hak sepatu Kate Middleton tersangkut

Kembali ke perayaan Hari St. Patrick 2013, hak sepatu Kate Middleton tersangkut di saringan saluran air. Saat itu, Kate berusaha menarik haknya untuk lepas dari metal drain. Meski momen tersebut terjadi di depan orang banyak, Kate saat itu terlihat tetap santai.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Acara keluarga kerajaan inggris selalu menyita perhatian. Salah satunya baby shower Meghan Markle ditaksir habiskan biaya hampir Rp 4 miliar.

HEADLINE: Menanti Tarif Baru Ojek Online 25 Maret, Siapa Bakal Diuntungkan?

Ketua Tim Peneliti RISED, Rumayya Batubara, mengatakan konsumen sangat sensitif terhadap segala kemungkinan peningkatan tarif. Hal ini terlihat dalam hasil survei.

“Kenaikan tarif ojek online berpotensi menurunkan permintaan konsumen hingga 71,12 persen,” kata Rumayya Batubara.

Survei dengan 2.001 responden konsumen ojek online yang tersebar di 10 provinsi tersebut juga memperlihatkan hasil 45,83 persen menyatakan tarif ojek online yang ada saat ini sudah sesuai.

“Bahkan 28 persen responden lainnya mengaku bahwa tarif ojek online saat ini sudah mahal dan sangat mahal,” ujar dia.

Jika memang ada kenaikan, sebanyak 48,13 persen responden hanya mau mengeluarkan biaya tambahan kurang dari Rp 5.000 per hari.

“Ada juga sebanyak 23 persen responden yang tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan sama sekali,” ujar dia.

Dia mengungkapkan, survei tersebut juga mencatat jarak tempuh rata-rata konsumen adalah 8,8 km per hari. Dengan jarak tempuh sejauh itu, apabila terjadi kenaikan tarif dari Rp 2.200 per km menjadi Rp 3.100 per km atau sebesar Rp 900 per km, pengeluaran konsumen akan bertambah sebesar Rp 7.92O per hari.

“Bertambahnya pengeluaran sebesar itu akan ditolak oleh kelompok konsumen yang tidak mau mengeluarkan biaya tambahan sama sekali. dan yang hanya ingin mengeluarkan biaya tambahan kurang dan Rp 5.000 per hari. Total persentasenya mencapai 71,12 persen,” ujar dia.

Hal sama diungkapkan oleh pengamat transportasi dan Ketua Institut Studi Transportasi (Instran) Dharmaningtyas. Ia mengatakan, untuk hitungan ongkos di atas 5 km, tarif pada kisaran Rp 2.000-2.400 per km dianggapnya terlalu rendah bagi pengemudi. Apalagi, tambahnya, jika nominal tersebut masih harus dipotong 20 persen oleh pihak aplikator.

“Atau kalau di luar potongan aplikator, hitungan bersih yang masuk ke pengemudi minimum Rp 2.450 per km. Kalau Rp 2.000-2.400 dan masih dipotong aplikator, mereka keberatan, karena itu sama dengan tarif yang sekarang ini,” sambungnya.

Dia menyebutkan, hitungan ideal yang saat ini tengah diajukan pihak driver ojek online yakni sebesar Rp 3.100 per km, gross atau belum dipotong oleh aplikator.

Menurutnya, besaran ongkos tarif tersebut sudah tepat untuk diterapkan dan tidak akan merugikan konsumen. Sebab, ia menyatakan, pemerintah kini juga telah menyiapkan sarana transportasi publik yang lebih ramah kantong semisal Trans Jakarta.

“Kalau konsumen merasa berat ya lebih bagus pindah ke angkutan umum yang lebih berkeselamatan dan murah. Naik Trans Jakarta hanya Rp 3.500, kenapa harus naik motor?” tutur dia.

Pemain Anyar Persib Gabung di TC Batam, Siapa Dia?

Liputan6.com, Jakarta – Komisaris PT Persib Bermartabat (PT PBB), Kuswara S Taryono, membenarkan pemain anyar Persib Bandung bakal segera bergabung. Mereka diprediksi akan gabung saat Persib melakoni pemusatan latihan atau training center (TC) di Kota Batam.

Meski demikian, Kuswara menyebut, dirinya masih belum mengetahui secara pasti siapa pemain yang akan datang tersebut. Apakah pemian anyar ini merupakan skuat yang bakal mengisi slot Asia atau lokal.

“Rencananya ada, tapi saya belum bisa pastikan apa itu lokal atau slot Asia,” kata Kuswara di Graha Persib, Jumat (22/3/2019) seperti dikutip ayobandung.com.

Alhasil sosok yang juga seorang pengacara ini mengaku, pihaknya akan berkomunikasi terlebih dahulu dengan pelatih terkait hal tersebut.

Pasalnya, pelatih Persib Miljan Radovic memang menginginkan pemain anyar Persib itu segera bergabung bersama tim. Hal ini tak lepas dari persiapan Pangeran Biru menghadapi Liga 1 2019.

“Tapi memang keinginan pelatih bila nanti saatnya misalnya mengadakan training, dia sudah ada. Jadi lebih awal bisa kerja sama dengan pemain lainnya,” ujarnya.

Berita video tanggapan Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S. Taryono, setelah mendapat surat terkait penghentian sementara Liga 1 2018 pada Rabu (26/9/2018).

Siapa Perempuan Pengganti Taufik Kurniawan di Pimpinan Dewan?

Makassar – Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan Zulkifli menyiapkan kader perempuan PAN untuk menggantikan Taufik Kurniawan sebagai Wakil Ketua DPR. Zulkifli akan ‘merayu’ Taufik Kurniawan untuk mundur dari kursinya.

“Saya mau ketemu dengan Pak Taufik Kurniawan nanti,” kata Zulkifli Hasan dalam pidatonya di acara Polmark dan PAN di Hotel Sahid Makassar, Jalan dr Ratulangi, Kamis (21/3/2019).

Jika berhasil merayu Taufik untuk mundur, Zulkifli menyiapkan kader terbaiknya untuk mengisi kursi kosong itu. Alasan memilih perempuan karena tidak ada perempuan dari PAN yang mengisi posisi pimpinan di lembaga negara.
“Nanti saya pilih betul pimpinan DPR adalah perempuan, karena tidak ada perempuan di MPR,” ungkapnya.

“Jadinya pimpinan lembaga negara yang dari perempuan berasal dari PAN,” sambungnya.

Dikatakannya, wajib bagi partainya untuk memprioritaskan perempuan. Apalagi PAN memiliki agenda yang sangat pro oleh perempuan, termasuk emak-emak di dalamnya.

Sayangnya, mantan Menteri Kehutanan era SBY ini tidak menyebutkan sosok perempuan yang akan menggantikan Taufik Kurniawan

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan Zulkifli Hasan berencana menemui Taufik Kurniawan pekan ini. Zul berharap Taufik segera menyatakan pengunduran diri dari DPR.

“Minggu ini Bang Zul ingin ketemu sama Mas Taufik untuk minta keikhlasan dan ketulusannya untuk mengundurkan diri,” kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto kepada wartawan, Rabu (20/3).

Zul ingin pengganti Taufik di DPR dilantik sebelum Pilpres 2019. DPR saat ini tengah memasuki masa sidang hingga 13 April 2019.

“Mungkin minggu ini, karena sebelum pilpres sudah dilantik. Berarti kan ngejar sebelum reses sudah dilantik,” ujar Yandri.

Taufik Kurniawan didakwa menerima suap dari Bupati Kebumen Yahya Fuad dan Bupati Purbalingga Tasdi. Jaksa KPK menyebut Taufik melanggar Pasal 12 Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No 21 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 65 ayat (1) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Sedangkan yang kedua adalah pasal 11 dengan dakwaan yang sama.

Total uang suap yang diterima terdakwa adalah Rp 4,85 miliar, dengan rincian dari Bupati Kebumen Yahya Fuad sebesar Rp 3,65 miliar dan dari Bupati Purbalingga Tasdi sebesar Rp 1,2 miliar. Suap tersebut terjadi kala terdakwa meminta fee 5 persen untuk menggolkan Dana Alokasi Khusus di dua daerah itu.
(idh/idh)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Antara Jokowi dan SBY, Siapa yang Dipilih JK?

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kepada calon presiden Joko Widodo atau Jokowi agar tetap merakyat jika terpilih kembali dalam Pilpres 2019. Hal itu dikatakan JK saat menjadi pembicara sebagai sahabat kerja Jokowi selama 4,5 tahun dalam acara Jokowi di Mata Sahabat yang digelar relawan #PejuangkerjaJokowi.

“Kalau terpilih lagi tentu salah satu pesan agar meneruskan gaya merakyat Beliau,” kata JK saat menjawab pertanyaan di Kantor Kerja Hub 86, Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2019) malam.

Dia pun menjelaskan alasan mengapa yakin memilih Jokowi kembali. Salah satunya yaitu mantan Gubernur DKI tersebut tidak memiliki jiwa demokratis dan tidak otoriter.

“Beliau tidak akan merusak bangsa dengan otoriter dan nepotisme,” ungkap JK.

Pada kesempatan itu JK menjelaskan perbedaan cara memimpin Presiden Susilo Bambang Yudhono dan Presiden Jokowi. Dia menceritakan sosok Ketua Umun Partai Demokrat yang mengedepankan kesempurnaan.

“Ini yang susah etikanya. Masing-masing punya cara pandang memimpin. SBY selalu ingin perfect, sempurna. Pak Jokowi selalu ingin detailnya,” kata JK.

Kemudian, ketika diminta memilih antara keduanya. Kalla menjawab Jokowi. Sebab saat ini, JK sedang mendukung Jokowi untuk kembali menjadi Presiden periode 2019-2024.

“Jokowi hahahaha, karena sekarang kita dukung Jokowi. Kalau SBY tidak disebut kan dia tidak marah lagi,” kata JK sambil tertawa.

JK juga terkesan dengan kinerja Jokowi. Bisa menggelar pertemuan bersamanya serta kabinet kerja hingga ratusan kali dalam setahun.

“Tahun 2017 ada 240 kali rapat. Jadi 200 kali ketemu, bertemu berdua. Ya saya kira tiga ratus kalilah setahun,” ungkap JK.

Siapa ‘Penghadang’ Ahmad Dhani, Koalisi atau Aliansi Bela NKRI?

Surabaya – Terjadi perdebatan sengit saat sidang lanjutan Ahmad Dhani terkait kasus ‘idiot’ pencemaran nama baik. Tim Kuasa Hukum Dhani mempertanyakan soal Koalisi Bela NKRI dan Aliansi Bela NKRI.

Sidang Ahmad Dhani digelar mulai pukul 13.35 WIB-16.10 WIB. Dalam sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Hakim R Anton Widyopriyono, terjadi perdebatan antara saksi Ahli Bahasa Endang Sulihatin dan Tim Kuasa Hukum Ahmad Dhani.

Salah satu kuasa hukum, Aldwin Rahdian mempertanyakan mengenai keterangan di BAP. Dalam poin 8, sang saksi menyebut ‘Koalisi Bela NKRI’. Sedangkan di poin 12, Endang menjelaskan jika kata ‘idiot’ yang diucapkan Dhani untuk menghina ‘Aliansi Bela NKRI’.


“Mana yang benar ini? Apakah ada dua organisasi yang berbeda dan keduanya tidak disebut dalam video vlog yang sudah diputarkan tadi dalam persidangan,” kata Aldwin dalam sidang yang berlangsung di Ruang Cakra, Pengadilan Negeri Surabaya, Jalan Arjuna, Kamis (21/3/2019).

Menanggapi hal itu, Endang menjawab jika keterangan tersebut ia buat setelah membaca pertanyaan penyidik. “Semuanya sudah saya jawab, sesuai pertanyaan penyidik,” kata Endang.

Sidang 'idiot' Ahmad Dhani/Sidang ‘idiot’ Ahmad Dhani/ Foto: Deny Prastyo Utomo

Aldwin kemudian mengadu kepada hakim. Menurutnya, jawaban saksi melampaui batas kewenangannya sebagai saksi ahli.

“Majelis, ahli ini sudah melampaui kewenangannya karena tidak memberikan pendapat sesuai keahliannya. Tapi menyimpulkan keterangan BAP yang diterimanya dari penyidik,” imbuh Aldwin

Agustus 2018 lalu, Ahmad Dhani membuat sebuah vlog di Hotel Majapahit Surabaya. Dalam vlog yang kemudian beredar di media sosial, pentolan band Dewa 19 itu mengucapkan kata ‘idiot’ lebih dari satu kali. Kata tersebut diduga ditujukan pada Koalisi Bela NKRI yang kala itu menghadang Dhani di depan hotel, sehingga suami Mulan Jameela itu tidak bisa menemui rekan-rekannya di Kawasan Tugu Pahlawan yang hendak menggelar deklarasi #2019gantipresiden.

Menanggapi hal itu, saksi mengatakan jika kata ‘idiot yang diucapkan Dhani jelas ditujukan pada Koalisi Bela NKRI. “Memang tidak menyebut, tapi ini adalah rangkaian makna dari maksud kata ‘idiot’ yang diucapkan lebih dari satu kali,” imbuh Endang.

Di akhir persidangan, Dhani mengaku keberatan dengan keterangan saksi ahli. “Saya tidak sependapat, karena saya tidak ada niat dan kesengajaan mengucapkan kata itu,” pungkas Dhani.
(sun/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Emery Bukan Suksesor Pilihan Wenger, Lalu Siapa?

NaplesUnai Emery menjadi manajer Arsenal yang menggantikan Arsene Wenger setelah mundur. Rupanya Emery bukan manajer penerus yang dipilih Wenger. Lalu siapa?

Wenger menyudahi 22 tahun kariernya melatih the Gunners usai mundur pada akhir musim 2017/18. Si Profesor meninggalkan warisan berupa tiga titel Premier League, tujuh Piala FA, dan torehan invincible yang sampai saat ini belum bisa disamai tim manapun.

Emery kemudian ditunjuk sebagai suksesor Wenger setelah menyepakati kontrak selama dua tahun dengan Arsenal. Namun, jurnalis Ciro Venerato mengungkapkan bahwa Carlo Ancelotti lah yang diharapkan Wenger untuk menjadi manajer Arsenal selanjutnya.


Di sisi lain, Ancelotti menyudahi masa rihatnya usai dipecat Bayern Munich pada September 2017 dengan berlabuh ke Napoli. Pelatih top Italia itu menggantikan Maurizo Sarri, yang hijrah ke Chelsea.

Kini, Arsenal dan Napoli akan saling sikut di Liga Europa setelah terundi berjumpa di perempatfinal. Meriam London akan lebih dahulu menjadi tuan rumah di leg pertama sebelum gantian melawat ke Napoli di leg kedua pada April mendatang.

“Arsenal-Napoli?” kata Venerato tentang laga Liga Europa berikutnya. “Saya akan mengatakan kepada Anda sebuah cerita di balik layar pada musim panas lalu ketika Arsene Wenger mengindikasikan Carlo Ancelotti sebagai penerus potensial dirinya dan suksesor di bangku cadangan Arsenal.”

“Carlo Ancelotti, Anda tahu, istri dia kan orang Kanada dan seluruh keluarga mereka tinggal di London. Jadi dia tertarik,” ucap dia kepada CalcioNapoli24 yang dikutip Mirror.

“Arsenal kemudian memilih Unai Emery dan saat itu Carlo Ancelotti bergabung Napol, tapi dia tidak lupa bahwa Arsenal telah menoak dia,” kata si jurnalis. (rin/yna)


HEADLINE: Kasus Jual Beli Jabatan di Kemenag, Siapa Menyusul Romahurmuziy?

Liputan6.com, Jakarta – Suasana ruangan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di lantai dua Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat, sudah terlihat biasa. Tak ada lagi lilitan segel KPK di gagang pintu ruangan itu setelah beberapa hari disterilkan oleh penyidik.

“Sekarang ruang kerja Menag Lukman Hakim dan Sekjen Nur Kholis sudah normal kembali. Semua aktivitas karyawan berjalan seperti biasa,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi Kementerian Agama, Mastuki saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (18/3/2019).

Dalam penggeledahan pada Senin 17 Maret 2019, tim KPK mengangkut sejumlah barang dari ruangan sang menteri. Selain berkas soal pengangkatan pejabat di Kemenag, KPK juga menyita uang ratusan juta rupiah.

“Uang atau dokumen yang dibawa KPK itu sebagai barang bukti. Belum tentu ada kaitan dengan kasus,” ujar Mastuki.

Kantor Kementerian Agama di Lapangan Banteng ini menyedot perhatian publik setelah KPK menangkap Romahurmuziy di Surabaya, Jawa Timur, Jumat 15 Maret 2019. Mantan Ketua Umum PPP itu ditengarai terlibat dalam kasus jual beli jabatan di instansi bertagline Ikhlas Beramal tersebut.

KPK memiliki bukti transaksi uang ke Romi untuk seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi di Kemenag. Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ) diduga memberikan uang Rp 50 juta kepada Romi untuk posisi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik.

Sedangkan Haris Hasanuddin (HRS) disebutkan pernah menyetor uang Rp 250 juta untuk posisi Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur.

Infografis Skandal Jual Beli Jabatan di Kemenag. (Liputan6.com/Triyasni)

Penangkapan Romi itu, menurut peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Donald Faridz, bisa menjadi pintu masuk dalam membongkar praktik korupsi di Kementerian Agama. Kendati ini hanya salah satu lubang saja.

“Ini hanya satu simpul saja. Tentu ada potensi korupsi lain di Kemenag,” ujar Donald Faridz saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (19/3/2019).

Karena itu, agar kepercayaan publik tidak tergerus, Kementerian Agama hendaknya dapat berbenah diri. Sistem internal harus dikuatkan.

“Perkuat sistem pengawasan dan pencegahan internal,” ujar Donald.

Sementara itu mantan Irjen Kemenag M Jasin mengungkapkan, sejak dirinya menjabat Irjen Kemenag pada 2012, proses open recruitment mulai diberlakukan. Sehingga tak ada yang bisa main belakang dalam menentukan jabatan penting kementerian.

“Sesuai SOP, yang mendapatkan hukuman disiplin ya itu tidak bisa dipromosikan. Tapi kalau sekarang, yang hukuman disiplin justru banyak yang dipromosikan, yang tidak ada hukuman disiplin malah disingkirkan,” jelas dia kepada Liputan6.com, Selasa (16/3/2019).

Irjen Kementerian Agama M Jasin. (kemenag.go.id)

Namun setelah ia sudah tidak menjabat pada Januari 2017, sistem pengawasan internal mulai kendur. Peran pengawas internal Kemenag dinilainya kurang berjalan maksimal sehingga membuat pelanggar leluasa melangga standard operating prosedure (SOP).

“Semenjak itu sampai sekarang parah. Sudah dua tahun,” ucap mantan wakil ketua KPK itu. 

Jasin menuturkan, saat menjabat Irjen, dirinya melakukan audit terhadap informasi oknum yang ingin menyimpang. Imbasnya, dia akan berpikir dua kali lantaran takut terkena sanksi. “Kalau ketahuan dipecat,” tegas dia.

Ia tak memungkiri, aroma tak sedap dari praktik tak terpuji itu mulai tercium pada akhir 2016, sesaat sebelum pensiun. Namun kala itu baunya belum terasa kuat. “Belum marak kayak sekarang,” ujar dia.

Kondisi ini, menurut Jasin, disebabkan pengawasan yang rendah dari para pemimpinnya. Sebab suri teladan para petinggi akan menjadi contoh bawahannya.

“Integritas moral pemimpin masing-masing unit menjadi contoh. Kalau di Irjen, ya irjennya yang dicontoh, kalau di tingkat kementerian ya menterinya,” ucap Jasin.

Siapa Gunduli Gunung Cycloop Penyebab Banjir Sentani?

Jayapura – Botaknya pegunungan Cycloop di Jayapura, Papua, diduga menjadi penyebab banjir bandang di Sentani. Para penambang, pembalak liar dan warga yang bermukim di gunung pun dijadikan sebagai penyebab kerusakan.

Dirangkum detikcom, Senin (18/3/2019), rusaknya ekosistem di Gunung Cycloop sudah berlangsung lama. Padahal kawasan tersebut adalah kawasan cagar alam.

Bupati Jayapura Mathius Awaitaouw mengaku sudah berulang kali mengingatkan warga agar tak mendirikan bangunan di Pegunungan Cycloop karena masuk wilayah cagar alam. Namun, peringatan bupati itu tak pernah diindahkan.

“Sebenarnya sudah ada perda terkait perlindungan kawasan penyangga Cagar Alam Cycloop sejak tiga tahun lalu dan telah disosialisasi atau disampaikan di berbagai kesempatan, tapi tidak didengarkan,” kata Mathius di saat jumpa pers di Kota Jayapura yang dilansir Antara.

Dia mengatakan imbauan perlindungan dan pelestarian kawasan Cagar Alam Cycloop di Provinsi Papua, baik oleh pemerintah, instansi terkait hingga lewat aktivis lingkungan tidak didengarkan dan diindahkan oleh warga. Dia pun mengamini rusaknya pegunungan Cycloop sebagai pemicu banjir di Sentani.

“Kami juga menggandeng para aktivis lingkungan untuk menggaungkan perlindungan, tetapi hal ini juga tidak diindahkan. Termasuk lewat Festival Cycloop yang dibuat oleh para aktivis yang bertujuan menggugah dan mengajak warga agar peduli Cycloop,” katanya.

Polisi pun akan melakukan audit komprehensif dengan menggandeng sejumlah ahli untuk menyelidiki penyebab terjadinya bencana. Para pelaku usaha tambang di sana akan diselidiki perizinannya dan jika terbukti salah maka tindakan tegas akan diberikan.

“Misal bencana diakibatkan pembalakan liar, itu sudah ada peta, siapa yang melakukan eksplorasi dan eksploitasi di situ, siapa yang memberikan izin, sudah berapa lama. Kemudian ada audit tentang lingkungan hidup, nanti audit sejauh mana akibat kerusakan itu, itu ada semua. Kalau sudah dilakukan secara masif pembalakan liar atau mengubah kawasan penyangga, diubah jadi kawasan pemukiman, ada pelanggaran pidana. Sangat kompleks, tergantung fakta hukum yang ditemukan para pihak yang berkompeten mengaudit suatu peristiwa tersebut, ada masalah lingkungan hidup, tentang UU Kehutanan, tentang naskah konversi, tidak hanya satu pidana saja,” kata Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Pasetyo kepada wartawan di kantornya.

Sedangkan BNPB menduga pegunungan yang seharusnya jadi resapan air itu malah dirusak untuk dibikin permukiman hingga pertanian. Kerusakan di pegunungan yang terkenal dengan batu cyloop ini bahkan masih berlangsung.

“Kerusakan di Pegunungan Cycloop ternyata sudah berlangsung sejak 2003. Perambahan cagar alam oleh 43.030 jiwa atau 753 keluarga sejak 2003. Terdapat penggunaan lahan permukiman dan pertanian lahan kering campur pada DTA (DAS Sentani) banjir 2.415 hektare,” ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB.
(rvk/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>