Siapa Sangka, 4 Makanan “Sehat” Ini Mengandung Banyak Gula

Liputan6.com, Jakarta  Para pelaku diet biasanya akan memilih camilan yang dianggap sehat untuk mendukung dietnya. Namun, tahukah Anda bahwa tak semua makanan “sehat” itu benar-benar sehat dan baik untuk diet Anda?

Ternyata, ada beberapa makanan yang dianggap sehat justru mengandung banyak gula. Alih-alih membuat tubuh sehat dan langsing, camilan tersebut justru bikin berat badan bertambah. Camilan-camilan ini pun perlu dihindari jika ingin diet sukses.

Wah, makanan apa saja yang perlu dihindari tersebut?

Energy bars

Energy bars kerap digadang-gadang sebagai makanan yang sehat karena memiliki banyak serat dan protein. Camilan ini pun banyak dijual di toko makanan sehat dan tempat olahraga. Namun, sebelum Anda mengonsumsi energy bars terlalu banyak, Anda perlu mengetahui bahwa camilan ini ternyata tak sesehat yang dibayangkan.

Dilansir dari elle.com (4/4/2016), ahli nutrisi Kristin Kirkpatrick mengatakan bahwa sebagian besar bahan yang terkandung dalam energy bars memiliki efek yang sama dengan gula. Bahan-bahan ini berisiko meningkatkan gula darah tanpa benar-benar memberikan energi yang diperlukan tubuh. Jadi, mengonsumsi terlalu banyak energy bars tak akan terlalu berpengaruh terhadap penurunan berat badan dan justru berisiko meningkatkan risiko penyakit diabetes.

Yogurt rendah lemak

Yogurt dengan label rendah lemak juga kerap menjadi camilan andalan para #PejuangDiet. Yogurt tersebut memang rendah atau bebas lemak, tetapi bukan berarti camilan ini aman untuk diet Anda. Sebab, banyak pabrikan yogurt yang menggantikan kandungan lemak dengan gula agar rasanya tetap enak. Padahal, produk susu sendiri sebenarnya sudah mengandung gula yang disebut laktosa.

Kirkpatrick menyarankan, sebelum membeli yogurt perhatikan ingredients-nya dengan baik satu per satu. Jika ada kandungan gulanya maka sebaiknya jangan dipilih. Paling tidak, pilih yang kandungan laktosanya sangat minim.

Granola

Nah, makanan yang satu ini merupakan salah satu menu andalan para pelaku diet saat sarapan. Mengonsumsi granola dengan buah-buahan terasa begitu nikmat dan menyehatkan. Namun, lagi-lagi ternyata makanan ini tidak sesehat seperti yang Anda harapkan. Kirkpatrick mengatakan, banyak produk granola yang memiliki kandungan gula dan lemak di dalamnya. Jadi, mengonsumsi granola setiap pagi tetap tak akan terlalu berpengaruh terhadap diet Anda.

Buah-buahan kering

Buah-buahan kering atau dried fruit kerap menjadi pilihan pelaku diet yang ingin mengonsumsi buah-buahan secara lebih praktis. Sayangnya, tidak semua dried fruit bebas gula. Menurut Kirkpatrick, hanya kismis, aprikot, plum, ara, dan kurma yang benar-benar tidak menggunakan gula dalam proses pengeringannya.

Supaya diet Anda berhasil, Anda pun sebaiknya mengurangi konsumsi empat makanan itu dan memilih makan atau minuman yang memang benar-benar bagus untuk diet Anda.

Salah satu minuman yang memang terbukti baik untuk diet Anda adalah Mustika Ratu Slimming Tea. Kandungan EGCG yang ada di teh hijaunya dapat membantu proses pembakaran kalori lebih cepat.

Guna semakin mendukung diet Anda, Mustika Ratu juga sedang mengadakan Mustika Ratu Slimming Tea Challenge, lho. Challenge ini, mengajak Anda diajak untuk memberanikan diri mengubah kebiasaan diet yang tidak sehat dan jarang berolahraga menjadi ke arah yang lebih sehat.

Cara ikutannya gampang banget. Pertama, beli produk Slimming Tea 30’S dan foto struk pembelian produk tersebut. Kedua, follow akun Instagram official Mustika Ratu @mustikaratuind dan Instagram Slimming Tea Challenge @slimmingteachallenge.

Ketiga, unggah dua foto ke Instagram kamu dengan ketentuan: di slide pertama upload foto inspiratif gaya menikmati Slimming Tea, lalu tag @mustikaratuind dan @slimmingteachallenge. Jangan lupa untuk tag lima orang temanmu untuk ikutan challenge ini. Lalu, di slide kedua unggah foto struk atau bukti pembelanjaan Slimming Tea 30’s di Alfamart, Indomaret, Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan on site Gold’s Gym.

Keempat, tulis caption menarik yang menceritakan seberapa berani dan besar motivasimu untuk bertransformasi. Cantumkan pula hashtag #Slimmingteachallenge.

Nantinya akan ada pemenang mingguan yang beruntung mendapatkan bingkisan menarik dari Mustika Ratu. Selanjutnya, 100 peserta akan dipilih untuk dapat mengikuti workout dan assessment program diet selama 1,5 bulan di Gold’s Gym secara gratis dan berkesempatan untuk memenangkan hadiah total ratusan juta rupiah.

Yuk, jadi #PejuangDiet dan berantas obesitas dengan mengikuti Mustika Ratu Slimming Tea Challenge! Pssst… periode kompetisi online-nya akan berlangsung pada November 2018 – Februari 2019. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya!

(Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *