Sandiaga: Jika Terpilih, Menteri Kami Tak Akan Sia-siakan Petambak Garam

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno menerima curahan hati para petambak garam saat berdialog dengan Petani Garam dan Perwakilan Desa Se-Sumenep Desa Karanganyar, Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Sandiaga juga mengungkapkan komitmennya untuk petambak garam jika terpilih nanti.

Dalam keterangan tertulis Prabowo-Sandi Media Center, Selasa (22/1/2019), Ketua Asosiasi Petani Garam Seluruh Indonesia (APGASI) Syaiful Rahman berharap, Sandiaga Uno bersama Prabowo Subianto, dapat memperbaiki nasib para petambak atau petani garam yang disebut makin sengsara.

“Terima kasih atas kehadiran Pak Sandi Uno di tambak garam ini. Baru pertama kali ini calon wakil presiden menyambangi kami. Petani garam yang sangat butuh perhatian pemerintah. Kami hanya minta, Pak, setop impor garam dari Australia dan India,” ucap Syaiful seperti dalam keterangan tertulis tim Prabowo-Sandi.


M Yanto, Ketua Forum Petambak Garam Madura (FPGM), dalam keterangan tertulis itu mengaku tiap tahun petambak garam selalu punya masalah. Menurut Yanto, biang masalahnya ada di pemerintah pusat.

“Kalau Pak Sandi jadi wapres, tolong cari menteri yang sanggup dan mampu. Jangan seperti sekarang. Bukan kami anti-impor. Jangan anak tirikan kami sebagai anak bangsa,” ucapnya.

Sandiaga Uno sempat menarik nafas panjang mendengar keluhan para petani garam tersebut. Padahal, 60 Persen konsumsi garam di Indonesia disebut dihadirkan dari Pulau Madura.

“Saya berkomitmen, ampon bektona (sudah waktunya). Saya pastikan jika terpilih nanti menteri-menterinya berpihak kepada rakyat. Tidak menyia-nyiakan petambak garam. Dan akan membela rakyat. Karena kami dipilih oleh rakyat dan tidak akan mengkhianati rakyat,” ucap Sandi.
(gbr/knv)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPU Mau Evaluasi Debat, Jubir BPN: Setop Sontekan!

Jakarta – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendukung penuh langkah KPU untuk mengevaluasi debat perdana capres-cawapres. BPN Prabowo-Sandi menyoroti soal sontekan yang dibawa dalam forum debat.

“Saran kami untuk debat kedua: setop sontekan,” kata juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Suhud Alynudin kepada wartawan, Jumat (18/1/2019).

Menurut Suhud, bocoran pertanyaan bagi kandidat sudah cukup. Ia berharap paslon tak membawa sontekan di arena debat.
“Walaupun pertanyaan sudah diberikan kepada paslon, namun diharapkan paslon menyampaikan tanpa membaca sontekan agar masyarakat melihat secara langsung orisinalitas dari capres,” ujarnya.

KPU mengatakan format debat capres-cawapres bisa berubah di debat kedua mendatang. Perubahan format ini dimungkinkan setelah KPU menggelar evaluasi.

Suhud menilai debat perdana pada 17 Januari lalu memang kurang memuaskan. Salah satu alasannya, visi misi paslon tak tergali optimal.

“Kami melihat banyak pihak yang kurang puas dengan pola debat pertama. Visi dan misi capres kurang tergali secara optimal,” kata Suhud.

“Semoga KPU dapat memperbaiki kekurangan debat, agar tujuan debat untuk penyampaian visi misi kepada rakyat dan menjaga martabat capres dapat tercapai,” imbuh dia.
(tsa/bag)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Enda Ungu Mengaku Pernah Ingin Setop Bermusik

Liputan6.com, Jakarta – Franco Wellyjat Medjaya Kusumah atau yang lebih dikenal dengan Enda Ungu, sempat merasakan ketidakinginannya lagi untuk bermain musik. Pria yang memulai karier bermusiknya sebagai gitaris Ungu sejak 2001 itu, mengungkapkannya melalui akun Instagram pada Rabu (16/1/2019).

Enda Ungu mengunggah foto 10 tahun lalu ketika sedang bersama mendiang ayahnya, Medjaja S Kusumah. Pada foto berikutnya, menggambarkan saat dirinya sedang berziarah ke makam sang ayah.

Pada keterangan fotonya, Enda Ungu menyampaikan hasil dari curahan hatinya kepada Makki, bassis sekaligus pendiri band Ungu.

Tadi malam abis ngobrol lama di studio abang gue…Gue tanya ama dia mak, kenapa sekarang gue biasa aja yaah.. menyikapi hidup ini… yang penting cukup.. uda ga usah berlebihan…. gue males lagi berdebat… dengan orang2 yang berbeda dengan gue.. bahkan gue hampir di masa gue ga kepengen lagi main musik…. ga kaya dulu….,” tulis Enda Ungu pada keterangan fotonya.

2 dari 4 halaman

Memberi Kesan Mendalam

Di kalimat selanjutnya, gitaris Ungu itu menyampaikan bahwa jawaban yang diberikan oleh Makki Ungu memberi kesan yang sangat mendalam di hatinya.

Dia cuman menjawab.. karena lu sudah pernah merasakan menguburkan bapakmu… semua akan baik setelah kau merasakan kehilangan yang amat mendalam dalam hidupmu….. .Itulah abang gue @makki_parikesit simpel jawabannya…tapi menusuk hatiii yang paling dalam,” ujar Enda melanjutkan.

Membaca keterangan tersebut, sejumlah warganet pun mendoakan agar Enda Ungu segera mendalami ajaran agama yang dianutnya.

3 dari 4 halaman

Panggilan Hati

Itu saatnya anda berhijrah.. Itu panggilan hati.. Allah lagi rindu,” tulis pemilik akun @arga_nasution210.

Semoga Allah beri hidayah pada jalan yg haq yaitu jalannya Rasul dan para sahabat yaitu manhaj salaf bang,” kata pemilik akun @agusstiawan5.

Semua ada masa nya.. masa di mana Allah memberi sinyal Hidayah. Ambil lah bang bro.. sdh saatnya fokus ke negeri akhirat.. jazakaallah khairan….,” tulis @akunone_moto.

MasyaAllah… Semoga semakin dekat dg Allah. Setiap aktivitasnya dalam rangka mencari ridho Allah bang @mr_enda_ungu . Aamiin…,” tulis @taradisya menambahkan.

4 dari 4 halaman

Penyebab Meninggalnya Sang Ayah

Diketahui, ayah Enda Ungu, Medjaja S Kusumah, meninggal dunia pada Kamis (8/3/2018) akibat penyakit komplikasi diabetes dan lambung kronis yang dideritanya.

Fahri Kritik KPU soal Debat Capres-Cawapres: Mirip Cerdas Cermat!

Jakarta – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengkritik KPU mengenai gelaran debat capres-cawapres perdana. Menurut dia, debat capres-cawapres malam tadi lebih mirip cerdas cermat tingkat SMP-SMA.

“Apa tidak malu @KPU_ID melihat debat yang mirip cerdas cermat anak SMP dan SMA?” kata Fahri lewat akun Twitter, @Fahrihamzah, Kamis (17/1/2019).

Fahri mengatakan pasangan capres-cawapres sibuk melihat sontekan debat. Ia menyebut hal ini disebabkan KPU memberikan kisi-kisi atau bocoran pertanyaan sebelum debat digelar.
“Coba lihat deh, kandidat tidak menyimak pertanyaan dan sangkalan karena sibuk membaca kerpekan. Lalu waktu menjawab tidak nyambung. Tapi karena jawaban capres kita anggap oke-oke saja,” ujarnya.
Ia meminta KPU membenahi hal ini dalam 4 gelaran debat berikutnya. Fahri menilai capres-cawapres tak perlu diberikan bocoran pertanyaan.

“Calon presiden tidak perlu dibantu atau dilindungi dalam debat. Biarkan mereka ditelanjangi oleh kata-kata mereka sendiri. Mereka jangan lagi membaca tulisan orang. Biar keluar apa yang sebenarnya ada dalam kepala, dalam hati dan dalam impian mereka. Jangan dibela!” tulis Fahri.

Tak hanya itu, Fahri juga mengkritik moderator debat perdana kali ini. Dia mengaku heran moderator meminta pasangan capres-cawapres untuk saling memuji dalam sesi closing statement.

“Setop sandiwara ini. Rakyat jangan dibodohi. Kosa kata yang keluar dari moderator ini kayak anak-anak. ‘Mohon capres mengucapkan pujian kepada calon lain ya dan menyampaikan pesan damai.’ Maksudnya apa sih? Memang rakyat rusuh apa? Di bawah santai saja kok,” kata dia.

Mengakhiri cuitannya, Fahri memberikan 4 saran kepada KPU. Salah satunya, Fahri meminta debat capres-cawapres tak dibatasi waktu.

“Ada 4 kali lagi debat, permohonan saya: 1. Kalau takut ramai gak usah bawa timses. Di studio TV saja; 2. Nggak usah kasih waktu 2-3 menit. Biar mereka olah narasi sendiri; 3. Setop bawa catatan baik kertas maupun tablet; 4. Kasih waktu saling potong antarkandidat,” tulis Fahri.

Format debat perdana capres-cawapres telah melalui rapat KPU bersama timses Jokowi dan Prabowo. Namun, KPU tak menutup kemungkinan mengubah format dalam debat-debat berikutnya.

Debat capres-cawapres masih akan digelar 4 kali lagi dengan tema yang berbeda-beda. Tema debat telah ditentukan.
(tsa/bag)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TGB Sebut Penuduh Jokowi Kriminalisasi Ulama Seperti Ashabul Kahfi Baru Bangun

Jakarta – Eks Gubernur NTB, TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) mempertanyakan pihak-pihak yang masih menghembuskan isu pada zaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) terjadi kriminalisasi ulama, salah satunya terhadap Habib Rizieq Syihab. TGB heran isu kriminalisasi ulama tak muncul pada masa sebelum Jokowi jadi presiden, padahal Habib Rizieq malah sempat dipenjara.

“Di masa sebelum Pak Jokowi, Habib Rizieq tidak hanya ditersangkakan. Bahkan beliau diterdakwakan, diadili, dipenjara. Dan menghabiskan waktu hukuman di penjara sampai beliau bebas. Kenapa pada waktu itu tidak ada yang mengatakan dikriminalisasi ulama,” kata TGB dalam video yang diunggah di YouTube lewat akun TV Media Online seperti dilihat, Rabu (16/1/2019).

TGB mengatakan memang Rizieq pernah jadi tersangka. Namun, Polri kemudian menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3).


“Ada proses hukum lalu SP3. SP3 itu artinya tidak masuk pengadilan apalagi masuk penjara. SP3 itu setop prosesnya,” tuturnya.

Sementara, pada masa sebelumnya, Rizieq pernah dipenjara. TGB kembali bertanya soal objektivitas pihak yang menghembuskan isu kriminalisasi ulama. Dia bertanya apakah pihak tersebut seolah-olah baru terbangun dari tidur panjang seperti ashabul kahfi. Ashabul kahfi ialah cerita di dalam Alquran soal tujuh pemuda yang tertidur ratusan tahun di dalam gua untuk bersembunyi untuk mempertahankan keimanan dari kejaran pasukan kerajaan.

“Apakah masih tidur seperti ashabul kahfi dan baru sekarang bangun? Ini pertanyaan sederhana,” ucapnya.

“Kemana Anda dulu sewaktu beliau dipenjara? Kenapa Anda tidak mengatakan pemerintahan sebelum Pak Jokowi kriminalisasi ulama? Tidak ada yang bilang begitu. Padahal yang dialami dan diderita Habib Rizieq Syihab itu lebih berat dari sekarang,” sambung alumni Universitas Al-Azhar Mesir ini.

TGB menilai orang yang menghembuskan isu kriminalisasi merupakan orang yang tak suka kepada Jokowi dan ada kepentingan politik. TGB juga meluruskan soal pihak yang suka menghembuskan di masa Jokowi umat Islam serba ditekan dan dipersulit.

“Suara-suara yang menggunakan nama beliau untuk alasan terjadi kriminalisasi ulama, suara-suara itu semata ialah suara yang tidak suka kepada presiden. Karena tidak suka saja. Kalau memang betul ukurannya adalah apa yang menimpa beliau, justru beberapa tahun lalu lebih berat. Tapi dulu tak ada Pak Jokowi masalahnya dan tak ada kepentingan politik,” tutur dia.

Dia mengajak publik untuk melihat kenyataan. TGB juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah mempercayai informasi yang disebarkan lewat media sosial.

“Tidak ada hal yang menunjukkan dengan nyata bahwa ada kriminalisasi. Atau ada upaya untuk meminggirkan umat Islam. Ini saya sampaikan, Bapak-bapak, untuk mengajak kita semua berpikir. Apa yang kita baca di media sosial, itu sebagian besar adalah hoax, bohong. Apalagi yang ajaib-ajaib. Ada katanya surat suara sudah tercoblos, eh ternyata bohong. Satu persatu ketahuan bohong, bohong, bohong, bohong, bohong. Innalillahi wainna ilaihi rajiun,” imbuhnya.
(jbr/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Begini Cara Prabowo Setop RI Impor Minyak

Jakarta – Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berencana membuat Indonesia swasembada energi. Rencanannya, hal itu akan dilakukan melalui pengembangan potensi sumur tua.

Juru Bicara Kemenangan Prabowo-Sandiaga, Dirgo Purbo, mengatakan pihaknya memiliki fokus untuk menjamin pasokan energi terbarukan maupun non terbarukan. Sebab, ia menginginkan Indonesia mampu berdiri dari kemampuan sendiri.

“Kuncinya menjamin pasokan energi baik itu renewable baik non renewable. Utamanya dalam konteks minyak kita menghendaki peningkatan produksi untuk menguarangi ketergantungan impor,” kata dia di sela-sela diskusi publik, Aryaduta, Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan langkah untuk berdiri di kemampuan sendiri dengan mengembangkan potensi dari sumur tua. Sebab, ia menilai sumur tua memiliki potensi yang masih tinggi.
“Langkahnya sumur tua kita kembangkan, healing saja. Kenapa sumur tua? Faktor geologi, financial research tinggi itu,” sambung dia.

Dengan begitu, ia memperkirakan produksi minyak di bawah kepemimpinan Prabowo mampu meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan saat ini yang berada di angka 760 ribu barel per hari.

Dengan swasembada energi, maka Indonesia tak perlu lagi membeli minyak dari luar negeri alias impor.

“Produksi kita 760 ribu barel. Semaksimal program eksploitasi ladang tua. Tapi Insya Allah di bawah kepemimpinan Pak Prabowo kita tingkatkan jadi 2-3 kali lipat,” tutup dia.

(ang/ang)

Prediksi Brighton Vs Liverpool: Setop Tren Negatif

Brighton – Liverpool ingin bangkit saat menghadapi Brighton & Hove Albion pada pekan ke-22 Premier League, di The American Express Community Stadium, Sabtu (12/1/2019).

Tim kota pelabuhan ingin mengakhiri tren negatif yang terjadi dalam dua laga terakhir. Skuat asuhan Jurgen Klopp takluk 1-2 dari Manchester City dan baru saja tersingkir dari Piala FA setelah takluk 1-2 dari Wolverhampton Wanderers.

Rentetan hasil negatif menodai catatan apik Liverpool yang sebelumnya tidak terkalahkan dalam delapan laga beruntun di semua ajang. Oleh karena itu, hasil optimal menjadi target utama tim tamu sekaligus untuk menjaga jarak dengan Manchester City.

“Dua pekan lalu, saya pikir semua orang sangat senang dengan jarak poin antara (dua tim yang berada di atas),” ujar Klopp.

“Sekarang kami menelan dua kekalahan, yang tentu saja tidak bagus, namun ini bukan sebuah masalah karena pertandingannya telah berlalu,” ia melanjutkan.

Liverpool tidak akan diperkuat Dejan Lovren yang mengalami cedera hamstring dan Joe Gomez yang masih dalam tahap pemulihan cedera. Namun, bek tangguh Virgil van Dijk akan kembali memberikan rasa aman di jantung pertahanan.

Di luar itu, tim pemuncak klasemen sementara Premier League akan menurunkan mayoritas para pemain terbaiknya, termasuk trio Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah di lini depan.

Sementara itu, Brighton minus beberapa pilar mereka kontra Liverpool. Tuan rumah tidak akan diperkuat Alireza Jahanbakhsh, Jose Izquierdo, dan kiper Mat Ryan.

“Mereka (Liverpool) diunggulkan untuk menang, seperti yang dibayangkan semua orang. Kami harus bisa bermain sebaik mungkin,” kata Chris Hughton, manajer Brighton.

2 dari 2 halaman

Perkiraan susunan pemain

Perkiraan susunan pemain

Brighton & Hove Albion (4-4-1-1): Martin Montoya, Lewis Dunk, Shane Duffy, Bernardo; Solly March, Dale Stephens, Davy Proper, Jurgen Locadia: Pascal Gross; Glen Murray

Manajer: Chris Hughton

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Fabinho, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, Naby Keita; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane

Manajer: Jurgen Klopp

Head to head

25-08-2018 Liverpool 1-0 Brighton (Premier League)

13-05-2018 Liverpool 4-0 Brighton (Premier League)

02-12-2017 Brighton 1-5 Liverpool (Premier League)

19-02-2012 Liverpool 6-1 Brighton (Piala FA)

22-09-2011 Brighton 1-2 Liverpool (Piala Liga)

Lima Pertandingan Terakhir Brighton

22-12-2018 Bournemouth 2-0 Brighton (Premier League)

27-12-2018 Brighton 1-1 Arsenal (Premier League)

29-12-2018 Brighton 1-0 Everton (Premier League)

03-01-2019 West Ham 2-2 Brighton (Premier League)

05-01-2019 Bournemouth 1-3 Brighton (Piala FA)

Lima Pertandingan Terakhir Liverpool

22-12-2018 Wolverhampton 0-2 Liverpool (Premier League)

26-12-2018 Liverpool 4-0 Newcastle (Premier League)

30-12-2018 Liverpool 5-1 Arsenal (Premier League)

04-01-2019 City 2-1 Liverpool (Premier League)

08-01-2019 Wolverhampton 2-1 Liverpool (Piala FA)

Prediksi Bola.com: 45-55

Sumber: Berbagai sumber

Cari Solusi 736 Ribu K2, Mendikbud Minta Sekolah Setop Angkat Guru Honorer

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta agar sekolah tak lagi menerima guru honorer. Hal ini agar pemerintah dapat fokus menyelesaikan sertifikasi guru honorer.

“Kita juga mengimbau sekolah jangan merekrut guru honorer lagi. Tolong beri saya kesempatan untuk menyelesaikan honorer yang sekarang ini,” ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Muhadjir mengatakan pihaknya akan segera membangun sistem rekrutmen guru yang sistemik dan mengikuti standar kualifikasi yang benar. Dengan demikian, diharapkan dapat menyelesaikan masalah pengangkatan guru honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K).

“Kalau sekolah terus-terusan mengangkat honorer, kapan kita selesai?” ucapnya.

Kemendikbud, kata dia, tengah berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk melakukan tes Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK).

“Ini sudah proses, mudah-mudahan awal Februari sudah ada tes CPPPK,” kata Muhadjir.

Fokus Sertifikasi, Mendikbud Imbau Sekolah Setop Rekrut Guru Honorer

Jakarta – Pemerintah menegaskan fokus menyelesaikan sertifikasi guru. Sekolah-sekolah diminta tidak dulu merekrut guru honorer.

“Ya itu. Oleh karena itu kita juga mengimbau sekolah jangan merekrut guru honorer lagi. tolong beri saya kesempatan untuk menyelesaikan honorer yang sekarang ini,” ujar Mendikbud Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019).

Masalah sertifikasi guru sempat dikeluhkan oleh salah seorang guru kepada Presiden Joko Widodo. Bu Mega, mengaku kesulitan ikut sertifikasi guru.
“Karena kalau tambah-tambah terus, kapan selesainya? Soalnya kita akan segera membangun sistem rekrutmen guru yang betul-betul sistemik, mengikuti standar kualifikasi yang benar. Kalau sekolah terus-terusan mengangkat honorer, kapan kita selesai?” kata Muhadjir.
Muhadjir juga mengimbau guru yang sudah pensiun kembali bekerja.

“Karena itu, imbauan saya guru yang sudah pensiun diminta untuk kembali bekerja dulu–cukup dengan surat keterangan dari kepala sekolah. Supaya honornya bisa diambil dari BOS. Tapi yang jelas dia bukan guru baru, menunggu sampai ada guru rekrutan baru. kan pensiun umur 60, kalau tidak stroke saya kira masih sehat mengajar masih bagus,” paparnya.
(dkp/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Setop Kekerasan oleh Geng Kriminal, Brasil Kirim Ratusan Tentara

Menurut catatan World Prison Brief, Brasil memiliki lebih dari 700.000 orang yang dihukum di balik jeruji besi. Ini adalah populasi penjara tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan China.

Bolsonaro (63) memenangkan pemilu presiden dengan selisih yang lebar atas rival terdekatnya, Fernando Haddad dari Partai Buruh sayap kiri, pada 28 Oktober lalu.

Oleh kubu oposisi, Bolsonaro dinilai sebagao sosok pemecah belah karena ucapan rasis, homofobik, dan misoginistiknya telah membuat marah banyak orang.

Dalam pidato pelantikannya, Bolsonaro menjanjikan dukungan bagi militer dan polisi, dengan mengatakan: “Moto nasional adalah ketertiban dan kemajuan. Tidak ada masyarakat yang dapat berkembang tanpa menghargai ini”.

Dalam referensi yang jelas untuk kontrol senjata, dia berkata: “Warga negara yang baik perlu memiliki sarana pertahanan diri”.

Pernyataan di atas diperkuat dengan kicauan Bolsonaro di Twitter baru-baru ini, di mana dia akan mengeluarkan dekrit untuk mengizinkan warga tanpa catatan kriminal untuk memiliki senjata.

Sebelum menjadi politikus, Bolsonaro bertugas di militer Brasil, di mana ia sempat menjadi bagian dari pasukan penerjun payung, sebelum kemudian naik pangkat menjadi kapten.

Dia diketahui tetap menjalin hubungan dekat dengan angkatan bersenjata Brasil.