Hidayat Nur Wahid: Fakta Sejarah Ungkap Peran Umat Islam dalam Tegaknya NKRI

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengajak masyarakat Indonesia terutama umat Islam Indonesia untuk mempelajari fakta sejarah peran umat Islam menegakkan NKRI.

Hal tersebut sangat penting sebagai pembelajaran dan tambahan pemahaman di tengah-tengah maraknya mispersepsi yang kadang sangat berlebihan tentang Islam dan umat Islam Indonesia.

Salah satunya adalah peristiwa fenomenal mosi integral yang dilakukan seorang ulama, cendikiawan Islam, politikus Islam, pejuang kemerdekaan Indonesia dan Ketua Fraksi Partai Masyumi di DPR RIS era 1950-an Mohammad Natsir.

Hal tersebut dikatakan HNW di hadapan sekitar 300 lebih Pimpinan dan anggota Lembaga Tahfidz Qur’an Jauharul Iman serta masyarakat umum peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR RI oleh Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, di GOR Johar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (16/2/2019).

Mosi Integral gagasan Natsir ini, lanjut HNW, dikemukakan Natsir pasa parlemen RIS tahun 1950. Mosi gagasannya inilah yang menyatukan kembali Indonesia dalam wadah NKRI yang sebelumnya berbentuk Republik Indonesia Serikat (RIS).

RIS yang dibentuk tahun 1949 adalah hasil kesepakatan Republik Indonesia, Bijeenkomst voor Federaal Overleg (BFO), dan Belanda yang disaksikan oleh United Nations Commission for Indonesia (UNCI) sebagai perwakilan PBB dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) merupakan negara serikat yang memisah-misahkan Indonesia dalam beberapa negara bagian yang sangat ditentang Natsir.

“Gagasan Natsir dalam Mosi Intgralnya ini kemudian diterima parlemen dan kembalilah Indonesia dalam NKRI hingga kini tetap ada dan terjaga. Inilah benang merahnya bahwa tidak mungkin Islam dan umat Islam Indonesia bertolak belakang dengan konsep dan realisasi NKRI,” ujar Hidayat.

2 dari 2 halaman

Jaga Warisan Ini

Pengetahuan dan pemahaman tersebut dikatakan HNW sangat penting, apalagi kepada generasi muda milenial bahwa seluruh elemen bangsa Indonesia termasuk Islam memiliki peran dan kiprah yang besar dalam pembentukan NKRI hingga kini.

“Umat Islam Indonesia saat ini juga harus menjaga warisan dari para pendahulunya tersebut bahkan harus lebih baik perannya, harus proaktif untuk agama dan negara. Jangan sampai masa bodoh dan terkesan ‘cuek’ dengan segala permasalahan yang menghambat kemajuan bangsa dan negara,” tandasnya.

Sosialisasi Empat Pilar hasil kerjasama MPR RI dengan Lembaga Tahfidz Qur’an Jauharul Iman ini sendiri berlangsung selama setengah hari yang sangat disambut antusias peserta sosialisasi.

Gaya pemaparan materi yang dilakukan HNW yang diselingi dengan candaan-candaan ringan dan cerdas mampu meraih perhatian peserta yang kebanyakan generasi muda dan kaum ibu.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Eden Hazard di Mata Giroud

Liputan6.com, London – Striker Chelsea, Olivier Giroud, memuji Eden Hazard sebagai pemain terbaik yang pernah bermain bersamanya. Menurut dia, Hazard memiliki potensi menjadi salah satu pemain terbaik di dunia jika terus tampil konsisten.

Giroud baru saja membantu Chelsea mengalahkan Malmo (2-1) pada leg pertama 32 besar Liga Europa 2018/19, Jumat (15/2) dini hari WIB. Dia mencetak gol kemenangan Chelsea di menit ke-58, meski Malmo sempat membalas satu gol ujung laga.

Gol tersebut seakan-akan menjadi pembuktian Giroud bahwa kemampuannya masih mumpuni. Sebab, sejak kedatangan Gonzalo Higuain, Giroud lebih sering mengisi bangku cadangan. Dia hanya dimainkan di laga-laga yang tak begitu penting.

Menurut Giroud, Hazard adalah pemain terbaik yang pernah satu tim dengan dia. Posisi Giroud memang sempat terancam ketika Maurizio Sarri memainkan Hazard sebagai false nine beberapa waktu lalu, tapi baginya hal itu tidak masalah.

“Pelatih membuat Hazard bermain sebagai nomor 9, yang merugikan striker. Tapi dia adalah pemain terbaik yang pernah bermain bersama saya,” tegas Giroud di Independent.

“Ada sedikit rasa menyesal dan frustrasi. Publik mengharapkan pencetak gol untuk mencetak gol. Saya adalah pencetak gol terbaik nomor empat di sepak bola Prancis, dan tak ada yang bisa mengambil itu dari saya.”

2 dari 2 halaman

Kemenangan Penting

Lebih lanjut, Giroud mengakui kemenangan Chelsea atas Malmo tersebut sangatlah penting bagi kepercayaan diri skuat Chelsea. Sebelumnya, mereka dihajar Man City dengan setengah lusin gol, skuat Chelsea harus memberikan respons.

“Rasanya bagus bisa menang, ini baik untuk kepercayaan diri kami,” sambung Giroud.

Kini, bermodalkan kemenangan tersebut, Chelsea harus berusaha memberikan permainan terbaik mereka ketika melawan Manchester United di putaran kelima FA Cup, Selasa (19/2) mendatang. Laga itu juga penting untuk menjaga momentum Chelsea jelang final Carabao Cup melawan Man City.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Luka Doncic Paling Menarik Perhatian

Charlotte – Rookie Dallas Mavericks Luka Doncic sedang naik daun. Tak ayal Doncic mendapat perhatian lebih dari para awak media di NBA All Star weekend.

Doncic menjadi salah satu pemain tim World yang akan berduel dengan tim USA di Rising Stars Challenge di Spectrum Center, Jumat (15/2/2019) malam waktu setempat atau Sabtu (16/2) pagi WIB.

Namun, sebelum pertandingan Doncic dan para pemain lain berkewajiban hadir di Media Day yang digelar pada Jumat pagi. Atas undangan dari NBA Asia, Detiksport menghadiri langsung acara yang digelar di Bojangles Coliseum, yang juga menjadi tempat latihan tim-tim Rising Stars.

Dari jadwal pukul 09.30 waktu Charlotte, kami sudah tiba setengah jam sebelumnya. Sebanyak 11 pemain tim World dijadwalkan melakoni sesi tanya jawab dengan media lebih dahulu selama setengah jam, di mana masing-masing pemain mendapatkan satu podium khusus. Sedangkan sesi tim USA baru mulai pukul 10.00.

Berdasarkan pantuan detiksport, Doncic paling menyedot perhatian. Puluhan media langsung mengerubungi di podium pebasket Slovenia itu, lebih ramai dibandingkan para pemain tim World yang sudah hadir.

Doncic tengah menjadi sorotan berkat performa apik bersama Mavericks di musim pertamanya di NBA sejak hijrah dari Real Madrid. Small forward berusia 19 tahun ini memiliki rata-rata 20,7 poin per pertandingan, 7,2 rebound dan 5,6 assist per pertandingan.

“Rasanya senang sekali bisa berada di sini. Ini pengalaman pertamaku dan kuharap akan menjadi pengalaman yang bagus,” kata Doncic kepada pewarta.

Penasaran dengan aksi Doncic bersama tim World? Pertandingan Rising Stars Challenge bisa disaksikan di O Channel.

(rin/cas)

Resep Mudah dan Murah Ramuan Tradisional Pencegah Lemah Syahwat

Liputan6.com, Jember – Kehidupan harmonis, bahagia, dan berkecukupan ekonomi, menjadi dambaan setiap keluarga. Namun, hidup harmonis dalam keluarga tidak datang begitu saja. Faktor kesehatan jasmani dan rohani juga mengambil peran penting.

Pekerjaan yang menyita tenaga tentu menjadi momok yang menggerogoti kesehatan dan stamina. Tentu, dampaknya selain mengganggu aktivitas sehari-hari, juga aktivitas di ranjang.

Di tengah kemajuan ilmu dan teknologi juga diikuti dengan kemajuan medis dan farmasi, tentunya banyak ditemukan obat penambah stamina untuk mengatasi impotensi atau lemah syahwat.

Berbagai produk berbahan kimia sintetis ditawarkan, yang justru membawa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Karena itu, muncul adanya kesadaran dan kampanye back to nature di kalangan masyarakat.

Apalagi di negeri kita tercinta, banyak warisan resep dari nenek moyang yang sudah teruji khasiatnya. Indonesia terkenal memiliki kekayaan keanekaragaman hayati berupa ratusan jenis obat.

Tanaman jenis obat tersebut telah digunakan dan dimanfaatkan untuk pencegahan dan penyembuhan berbagai penyakit berat di antaranya seperti diabetes melitus, hipertensi, kanker asam urat, hingga penyakit yang ditakutkan kaum pria yakni impotensi.

“Impotensi atau lemah syahwat adalah ketidakmampuan alat kelamin pria untuk ereksi, sehingga si penderita tidak bisa melakukan hubungan seksual,” ujar Bambang Sudewo, penulis buku Tanaman Obat Populer penggempur aneka penyakit, Kamis, 14 Februari 2019.

Dia menjelaskan banyak faktor yang menjadi pemicu terjadinya disfungsi ereksi antara lain faktor psikologis, kelelahan, gangguan sistem syaraf, dan penyakit diabetes melitus.

“Faktor psikis akibat hubungan suami istri yang kurang harmonis, stres, atau depresi berat. Kondisi kesehatan yang menurun akibat sakit yang berat,” katanya.

Karena itu, supaya impotensi tidak sampai mengganggu keharmonisan dalam berumah tangga, perlu ada pencegahan dan pengobatan bagi yang sudah terjangkit.

2 dari 2 halaman

Resep Mudah Obat Tradisional

Menurut Bambang Sadewo ada delapan langkah pencegahan impotensi. Pertaman, membangun rasa percaya diri bahwa kelemahan sementara pada gangguan psikis bisa segera diatasi.

Kemudian, menghindari minuman beralkohol, karena dapat menyebabkan menurunnya kemampuan hubungan seksual secara normal. Jika menderu penyakit diabetes melitus, maka segera lah mengatasinya.

Keempat, menghindari stres, cemas yang berlebihan, depresi berat, dan menjalankan pola hidup sehat. Lalu, menjaga keharmonisan hubungan suami istri, sehingga kemesraan dapat dibangkitkan saat berhubungan seks.

Jika terjadi gangguan pada fungsi organ lain seperti ginjal, sumsum tulang belakang, prostat dan pankreas harus diupayakan penyembuhan secara tuntas. Ketujuh, mengonsumsi makanan yang bergizi, sayuran, dan buah untuk menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Terakhir, menjalankan pola hidup yang sehat dengan pola makan yang seimbang serta berolahraga secara teratur merupakan upaya terbaik untuk menghindari keluhan impotensi.

Di samping cara tersebut, ada ramuan sederhana yang mampu mengatasi impotensi dan meningkatkan vitalitas kaum pria.

Ramuan pertama hanya membutuhkan gingseng 30 gram, cabai jawa 20 gram, lada 20 gram, jahe merah 15 gram, dan air 800 mililiter.

Cara membuatnya terbilang mudah, yakni semua bahan tersebut dicuci bersih kemudian direbus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, kemudian disaring.

Ramuan ini diminum 2 kali pada pagi dan sore. Sekali minum satu gelas dan bisa ditambahkan kuning telur, serta dua sendok madu yang diaduk hingga merata.

Sementara ramuan kedua berbahan gingseng jawa 30 gram, cabai jawa 20 gram, pegagan 20 gram, pronojiwo 10 gram, dan air 800 ml. Cara pembuatan dan aturan pemakaiannya sama dengan ramuan pertama.

Selain itu, untuk mengatasi impotensi juga bisa dengan jus buah dan sayuran, dengan bahan yang mudah dan paling gampang dicari, yakni kucai 30 gram, tauge 30 gram, anggur merah 100 buah, kurma 100 buah, dan air setengah gelas.

Cara pembuatan dengan mengejus semua bahan hingga halus. Penggunannya dengan meminum jus ini sehari 2 kali pada pagi dan sore. Sekali minum 1 gelas.


Simak video pilihan berikut ini: 

Selamatkan Karier, Winger MU Harus Kembali ke Arsenal

Liputan6.com, Manchester – Alexis Sanchez mendapat kesempatan mengakhiri periode buruk bersama Manchester United (MU). Dia bisa memulihkan karier dengan kembali ke Arsenal.

MU menukar Sanchez dengan Henrikh Mkhitaryan pada bursa transfer Januari 2018. Namun, dia hanya mencetak lima gol dari 37 penampilan di seluruh kompetisi. Dia pun kehilangan tempat di tim utama.

Repotnya, MU menjadikan Sanchez sebagai pemain dengan upah tertinggi. Mereka pun kesulitan menemukan klub baru yang bisa menampung pemain berkebangsaan Chile tersebut.

“Saya tidak tahu apakah Alexis mengambil keputusan tepat untuk meninggalkan Arsenal. Di sisi lain, Arsenal juga merindukannya,” ungkap legenda Arsenal Marc Overmars, dilansir Manchester Evening News.

“Mereka mencoba mendatangkan pemain lain sepertinya tapi gagal. Maka mungkin Alexis bisa kembali ke Arsenal,” sambungnya.

2 dari 3 halaman

Solusi Jangka Pendek

Sulit membayangkan terwujudnya skenario tersebut. Apalagi Arsenal kini memiliki duet Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette di lini depan.

Namun, The Gunners bisa mencari solusi jangka pendek dan mendatangkan pemain berpengalaman. Pasalnya, mereka baru saja kehilangan Aaron Ramsey.

3 dari 3 halaman

Alexis di Arsenal

Alexis memperkuat Arsenal selama empat setengah musim. Dia tampil di 166 laga dan mencetak 80 gol, serta memenangkan dua gelar Piala FA.

Hazard Batal Tinggalkan Chelsea Jika Zidane Datang

Liputan6.com, Jakarta – Rumor masa depan Eden Hazard di Chelsea memasuki babak baru. Dia dikabarkan siap bertahan di Stamford Bridge jika Zinedine Zidane menjadi manajer. 


Masa depan Hazard bersama Chelsea kini memang berada di masa-masa yang genting. Sudah sejak lama Hazard mengaku tertarik pindah ke Real Madrid dan pihak Madrid pun siap meluncurkan tawaran transfer.

Beberapa waktu lalu, Hazard juga mengaku sudah memutuskan apa yang jadi masa depannya. Meskipun tidak gambang bicara ingin pindah ke Madrid, tapi pemain asal Belgia diyakini memberi signal akan pindah ke Madrid.


Chelsea saat  ini memang disebut sedang mempertimbangkan untuk menunjuk manajer baru. Maurizio Sarri yang didapuk jadi manajer pada awal musim 2018/19, kini sedang berada dalam ancaman. Sebab, dia gagal membawa Chelsea tampil konsisten.

Akhir pekan lalu, The Blues kalah dengan skor yang telak ketika berjumpa Manchester City. Marcos Alonso dan kolega menelan kekalahan setengah lusin gol tanpa balas.

Kekalahan itu memicu kabar jika Sarri sudah mendapatkan ultimatum. Manajer asal Italia tersebut bakal dipecat Chelsea jika tidak mampu melakukan perbaikan dalam dua pekan ke depan. Celakanya, jadwal The Blues cukup berat.

2 dari 3 halaman

Datangkan Zinedine Zidane 

Dikutip dari The Sun, Chelsea kini sudah mulai menjajaki kemungkinan menunjuk manajer baru andai Sarri tak bekerja dengan baik. Zinedine Zidane jadi kandidat favorit. Sebab, pria asal Prancis kini tidak sedang punya kontrak dengan klub mana pun.

Kabar tersebut dapat respon positif. Hazard yang sudah lama ingin pindah ke Madrid siap bertahan di Chelsea jika memang Zidane ditunjuk jadi manajer baru.

3 dari 3 halaman

Ingin Dilatih Zidane

Saat melatih Real Madrid, Zidane diklaim pernah mengajukan nama Hazard untuk dibeli kepada para petinggi klub. Tapi, pihak Los Blancos tak pernah memberi respon yang serius pada permintaan Zidane tersebut.

Sementara, Hazard juga disinyalir punya keinginan yang kuat untuk dilatih oleh Zidane. Pelatih yang sukses membawa Madrid meraih tiga gelar Liga Champions itu adalah salah satu sosok yang menjadi idola Hazard.


Sumber: Bola.net

Pemberontakan Kepala Daerah dan Berdirinya Pemerintahan Revolusioner RI

Liputan6.com, Jakarta – Tepat 15 Februari 1958, Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) dideklarasikan dengan keluarnya ultimatum dari Dewan Perjuangan yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Ahmad Husein.

Dalam catatan Sejarah Hari Ini (Sahrini) Liputan6.com, deklarasi itu juga mengumumkan kabinet tandingan dengan menempatkan nama Syafruddin Prawiranegara di posisi tertinggi sebagai perdana menteri. PRRI dideklarasikan di Bukittinggi, tempat yang sama saat Pemerintah Darurat RI (PDRI) dibentuk 10 tahun sebelumnya.

PRRI adalah gerakan pertentangan antara pemerintah pusat dan daerah. Gerakan menentang pemerintah pusat ini terus meluas, dua hari setelah deklarasi, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah menyatakan dukungannya terhadap PRRI.

Ultimatum tersebut bukan tuntutan pembentukan negara baru maupun pemberontakan, tetapi menginginkan otonomi daerah.

Kondisi inilah yang memengaruhi hubungan pemerintah pusat dengan daerah karena berbagai ketimpangan dalam pembangunan, terutama pada daerah-daerah di luar pulau Jawa.

Deklarasi PRRI ini beriringan dengan Permesta (Perjuangan Rakyat Semesta) di Indonesia timur, mereka juga kecewa terhadap pemerintahan RI. Saat itu pemerintah masih belum stabil pasca-agresi Belanda.

Syafruddin Prawiranegara yang telah penyerahan kedaulatan RI kepada Presiden Soekarno dan sempat menjabat sebagai menteri keuangan kemudian Gubernur Bank Indonesia pertama, memegang peranan sentral dalam manuver ini.

Syafruddin sebelumnya mendapat mandat dari Presiden Soekarno untuk menjadi Ketua Pemerintah darurat RI (PDRI) ketika pemerintahan Republik Indonesia yang kala itu beribukota di Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda akibat Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948. Ketua PDRI ini bisa disebut setingkat presiden. Kala itu, para petinggi pemerintahan RI seperti Sukarno, Mohammad Hatta, atau Sutan Sjahrir ditahan Belanda.

“Dengan kesedihan dan kesusahan yang mendalam, kita terpaksa mengibarkan bendera menentang Kepala Negara kita sendiri. Kita telah bicara dan bicara. Sekarang tiba saatnya untuk bertindak!” seru Syafruddin Prawiranegara dalam pidatonya, seperti dikutip dari buku Bung Karno Menggugat (2006) karya Baskara T. Wardaya.

Bibit konflik tersebut mulai terjadi sejak dikeluarkannya Peraturan Daerah Nomor 50 tahun 1950 tentang pembentukan wilayah otonom oleh provinsi Sumatera Tengah waktu itu yang mencakup wilayah provinsi Sumatera Barat, Riau yang kala itu masih mencakup wilayah Kepulauan Riau, dan Jambi sekarang.


2 dari 4 halaman

Awal Mula Gerakan PRRI

Gerakan ini bermula dari acara reuni Divisi Banteng di Padang pada tanggal 20-25 November 1956. Divisi Banteng adalah suatu komando militer yang dibentuk pada masa perang kemerdekaan (1945-1950) di Sumatera Tengah yang wilayah operasinya meliputi empat provinsi sekarang, yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau.

Dari pertemuan tersebut di hasilkan perlunya otonomi daerah agar bisa menggali potensi dan kekayaan daerah dan disetujui pula pembetukan Dewan Banteng yang dipimpin oleh Letkol Ahmad Husein komandan resimen IV dan tetorium I yang berkedudukan di Padang. Namun upaya ini gagal.

Pada tanggal 20 Desember 1956. Letkol Ahmad Husein merebut kekuasaan Pemerintah Daerah dari Gubernur Ruslan Muljohardjo. Dalihnya gubernur yang ditunjuk Pemerintah tidak berhasil menjalankan pembangunan daerah. Di samping itu di berbagai daerah muncul pula dewan-dewan lain yakni :

1. Dewan Gajah di Sumatra Utara pimpinan Kolonel Maludin Simbolon

2. Dewan Garuda di Sumatra Selatan pimpinan Letkol R. Barlian

3. Dewan Maguni di Sulawesi Utara pimpinan Letkol Ventje Sumual.

Untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi, pemerintah pusat mengadakan musyawarah nasional pada September tahun 1957. Kemudian Musyawarah Nasional Pembangunan pada November 1957 yang bertujuan mempersiapkan pembangunan di daerah secara integral. Namun tetap saja gagal bahkan semakin memanas.

Selanjutnya diadakan rapat raksasa di Padang. Letkol Ahmad Husein sebagai pimpinan mengeluarkan ultimatum yang isinya agar Kabinet Djuanda menyerahkan mandatnya kepada Presiden dengan waktu 5 X 24 jam dan Presiden diminta kembali kepada kedudukan konstitusionalnya.

Ultimatum ini ditolak oleh Pemerintah Pusat, bahkan Ahmad Husein dan kawan-kawannya dipecat dari Angkatan Darat. Pada tanggal 15 Februari 1958 Letkol Ahmad Husein mengumumkan berdirinya Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia di Padang. Pemerintah tersebut membuat Kabinet dengan Syafruddin Prawiranegara sebagai Perdana Menterinya.

3 dari 4 halaman

Diberagus

Apapun, pertentangan ini dianggap pemberontakan oleh pemerintah pusat. Deklarasi dan ultimatum itu dianggap sebagai proklamasi pemerintah tandingan. Kondisi ini disikapi frontal oleh Presiden Soekarno dan kemudian ditumpas dengan pengerahan kekuatan militer terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah militer Indonesia.

Serangkaian operasi militer pun dikerahkan, termasuk pasukan yang dipimpin Ahmad Yani dan Ibnu Sutowo, untuk membasmi PRRI/Permesta.

Bulan Mei 1961, gerakan yang disebut pemberontakan itu akhirnya tumpas. Para pemimpinnya ditangkap atau menyerahkan diri. 

Tak hanya menumpas PRRI, Sukarno kala itu juga membubarkan Partai Masyumi. Partai politik berhaluan kanan ini diberangus karena dituding terlibat PRRI, dan Syafruddin Prawiranegara merupakan salah satu petingginya. Namun, Presiden Sukarno memutuskan untuk mengampuni mereka, termasuk Syafruddin Prawiranegara.

Peristiwa ini menyebabkan eksodus besar-besaran suku Minangkabau ke daerah lain. Menurut catatan Dr. Mochtar Naim dalam bukunya, Merantau: Pola Migrasi Suku Minangkabau (1984), sebelum terjadinya peristiwa PRRI, jumlah orang Minang di Jakarta diperkirakan kurang dari seratus ribu orang, namun setelah peristiwa tersebut, jumlahnya meningkat menjadi beberapa ratus ribu.

Bahkan menurut perkiraan Gubernur Jakarta pada tahun 1971 sudah terdapat sekitar setengah juta orang Minang di Jakarta.

Selain itu juga menimbulkan efek psikologis yang besar pada sebagian besar masyarakat Minangkabau masa tersebut, yaitu melekatnya stigma pemberontak.

Padahal kawasan Minangkabau sejak zaman Belanda termasuk kawasan yang gigih menentang kolonial serta kawasan Indonesia yang setia dan banyak melahirkan pemimpin-pemimpin nasionalis yang penting selama masa prakemerdekaan.

Sampai hari ini para pelaku peristiwa PRRI tetap menolak dianggap sebagai pemberontak atas tindakan yang mereka lakukan.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Billy Sindoro Tetap Bantah Terlibat Suap Perizinan Meikarta

Bandung

Terdakwa kasus suap proyek perizinan Meikarta, Billy Sindoro membantah terlibat pengurusan perizinan yang mandek. Billy juga membantah menyuruh dan turut serta memberikan uang suap ke pejabat Pemkab Bekasi.

Bantahan ini disampaikan Billy Sindoro saat diperiksa sebagai terdakwa dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, Jl LLRE Martadinata, Kota Bandung, Kamis (14/2/2019). Billy ditanya tim pengacara soal dakwaan yang disusun jaksa KPK.

“Saya merasa tidak punya kualitas memimpin urus perizinan,” ujar Billy.

Selain itu, Billy juga mengaku tak pernah meminta Henry Jasmen untuk meminta Fitradjadja Purnama mengurus izin Meikarta. Billy membantah pernah memberikan uang kepada Henry untuk selanjutnya diberikan ke terdakwa Taryudi.

Saat ditanya soal dinas-dinas di Kabupaten Bekasi, Billy juga mengaku tak tahu dan tak kenal dengan orang-orang yang disebutkan dalam sidang menerima duit terkait izin Meikarta.

“Sama sekali saya tidak kenal dan tidak tahu namanya. Saya tidak kenal aparat Pemda Bekasi ataupun Jawa Barat. Saya tidak kenal dan tidak tahu namanya,” kata Billy.

Namun saat ditanya terkait dengan Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin, Billy mengaku mengenal. Termasuk saat mendatangi kediaman Bupati Neneng bersama petinggi Lippo Group James Riady dan mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Bartholomeus Toto.

“Kenal dengan Bupati ya masih kulit. Bukan teman, masih formal. Pertama kali silaturahmi itu nggak ada setengah jam. Waktu bertemu membicarakan sangat umum, lebih banyak mengenai keluarga. Disebutkan bawa denah-denah perizinan, nggak ada itu,” kata Billy.

(dir/fdn) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sambut Valentine, Gerakan LOVE & O2 Hadirkan Produk Makanan Sehat

Liputan6.com, Jakarta – LOVE & O2 kembali menyebarkan pesan cinta bumi melalui acara LOVETACULAR. Acara tersebut diselenggarakan di The FoodHall Supermarket, Plaza Indonesia, Jakarta Pusar, bertepatan dengan Hari Valentine pada Kamis (14/2/2019).

Acara itu menghadirkan langsung Delia Von Reuti, pendiri LOVE & O2. Melalui gerakan ini Delia telah mewujudkan mimpi besarnya dengan mendonasikan 2.500 hektar lahan pribadinya di Muara Teweh, Kalimantan Tengah.

Acara tersebut sekaligus sebagai peluncuran produk snack sehat berupa keripik kelapa dan granola yang dibuat dengan memberdayakan masyarakat yang tinggal di desa Tabanan, Bali.

Hasil 15 persen dari setiap penjualan akan didonasikan untuk program pelestarian hutan yang di kelola LOVE & O2. The Food Hall adalah jaringan pemasan produk camilan LOVE  & O2 yang pertama.

 “Gerakan LOVE & O2 ini sudah ada sejak 2016, tapi dulu yang mengelola ibu saya, dan kakak adik saya mulai kerja satu setengah tahun lalu bersama dengan ibu saya” terang Delia pada Liputan6.com. Mereka menghadirkan inovasi baru berupa camilan sehat.

“Sebagai bentuk kepedulian, kami berupaya melakukan langkah baik dengan memberikan pilihan snack sehat kepada masyarakat. Kami terus mengeksplorasi untuk menemukan produk buatan masyarakat di berbagai daerah yang dapat dikembangkan sehingga punya daya jual,” tambah Delia.

Produk mereka diberi nama ‘Over Dozzz with love’ dan terdiri dari dua varian yaitu Granola dan Coconut Chips. Camilan tersebut menurut Delia merupakan makanan sehat yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Melalui acara LOVETACULAR, LOVE & O2 diharapkan bisa meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat untuk melestarikan lingkungan, dan kelangsungan hutan tropis di Indonesia.

Selain itu juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk berhenti memakai kantung plastik dan beralih menggunakan tas daur ulang yang bersahabat dengan lingkungan. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah 

Arab Saudi Pangkas Produksi, Harga Minyak Melonjak

Liputan6.com, New York – Harga minyak naik dua persen setelah produsen utama Arab Saudi menyatakan akan memangkas ekspor minyak dan memberikan penurunan lebih dalam untuk produksinya.

Akan tetapi, membengkaknya persediaan minyak mentah AS membatasi reli harga minyak. Persediaan minyak AS naik pada pekan lalu ke level tertinggi sejak November 2017.

Ini seiring pemurnian dipangkas ke posisi terendah sejak Oktober 2017. Hal ini berdasarkan pernyataan the Energy Information Administration (EIA).

Kenaikan terjadi meski impor turun ke posisi terendah. Hal ini seiring produksi minyak mentah domestik tetap pada posisi teratas untuk minggu kelima berturut-turut.

Harga minyak Brent naik USD 1,23 ke posisi USD 63,65 pada pukul 11.26 waktu setempat. Harga minyak global acuan tersebut sebelumnya sentuh posisi tertinggi ke posisi USD 63,98, kemudian penguatan terbatas usai rilis data.

Sementara itu, harga minyak AS naik USD 1,07 ke posisi USD 54,17 per barel. “Laporan cenderung tertekan. Pasar bertahan karena harapan kesepakatan perdagangan, dan indeks Dow Jones menguat,” ujar Analis Price Futures Group, Phil Flynn, seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (!4/2/2019).

Namun, menurut Wakil Presiden Senior INTL FCStone, Tom Saal, laporan yang agak turun tidak banyak mengguncang sentimen pasar yang sangat positif.

“Ini sedikit turun. Namun, berita tentang Arab Saudi cukup signifikan sehingga pasar bereaksi terhadap hal itu lebih dari pada hal lainnya saat ini,” kata Saal.

2 dari 2 halaman

Pangkas Produksi Minyak

Pada Selasa pekan ini, Menteri Energi Arab Saudi, Khalid al-Falih menuturkan, produksi Arab Saudi akan turun di bawah 10 juta barel per hari pada Maret.

Ini lebih dari setengah juta di bawah target yang disepakati dalam kesepakatan antara OPEC dan sekutunya. Hal ini bertujuan untuk membatasi pasokan global.

The Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) mengatakan telah memangkas produksi hampir 800 ribu barel per hari pada Januari menjadi 30,81 juta barel per hari. Arab Saudi pun bertanggung jawab atas sebagian besar pengurangan itu.

“Ini fakta kalau ekonomi dunia kehilangan momentum di tengah sejumlah besar risiko penurunan termasuk ketegangan perdagangan AS dan China yang masih berlangsung dan ketidakpastian politik,” ujar PVM Oil Associates, Stephen Brennock.

Pembatasan AS di sektor energi Venezuela harus menghapus 300 ribu barel per hari dalam pasokan pada tahun ini. Hal itu berdasarkan Goldmand Sachs.

Harga minyak telah naik 20 persen sepanjang 2019. Akan tetapi, sebagian besar kenaikan itu terjadi pada awal Januari sebelum pengenaan sanksi AS terhadap sektor energi Venezuela.

Pasokan minyak global tetap dipasok dengan baik. Badan Energi Internasional mengatakan, kalau laporan pasar bulanan dan produksi masih harus melebihi permintaan pada 2019.

“Harga minyak tidak meningkat secara mengkhawatirkan karena pasar masih bekerja dari surplus yang dibangun pada paruh kedua 2018,” tulis EIA.

“Dalam hal kuantitas, pada 2019, AS akan meningkatkan produksi minyak mentah lebih dari produksi Venezuela saat ini. Dalam hal kualitas, lebih rumit, masalah kualitas,” ujar dia.

Produksi minyak mentah AS akan tumbuh 1,45 juta barel per hari pada 2019. Kemudian tahun depan sekitar 790 ribu barel sehingga mencapai 13 juta barel per hari pada 2020.

Adapun pertumbuhan yang dipimpin oleh produksi minyak AS telah membangun persediaan global untuk produksi minyak mentah dan olahan.


Saksikan video pilihan di bawah ini: