Setengah Juta Pemudik Belum Kembali Menyeberang di Pelabuhan Merak

Liputan6.com, Jakarta – Pemudik asal Pulau Jawa yang belum kembali menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Merak, Banten mencapai 591.927 orang, dari total pemudik berjumlah 902.678 orang.

“Untuk arus balik, puncaknya kemarin dan hari ini. Kondisi puncak (kedua) hari ini selain kemarin (Sabtu malam),” kata Solikin, General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Minggu (9/6/2019).

Sedangkan pemudik kendaraan roda dua yang belum kembali mencapai 57.260 unit, dari total 83.825 kendaraan. Lalu roda empat, dari total 100.470 kendaraan yang menyebrang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, yang belum kembali berjumlah 70.840 unit.

“Saat ini kami tetap menerapkan kapal yang beroperasi 34 kapal di 7 Dermaga,” terangnya.

Saat bongkar kendaraan dari dalam kapal, kerap terjadi kemacetan di pintu keluar Pelabuhan Merak yang hanya ada satu jalur. Pintu keluar flyover Merak itu, menyebabkan kendaraan tersendat dan mengekor hingga ke Dermaga 2 Pelabuhan Merak.

“Saya rasa sudah cukup 1 jalur, menggunakan flyover. Kita lihat di dermaga tidak ada kemacetan berarti, yang ada hanya antrean beberapa saat. Saya rasa itu masih dalam batas normal,” jelas Solikin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *