3 Alasan Liga Champions Musim Ini Bakal Lahirkan Juara Baru

Liputan6.com, Jakarta Liga Champions saat ini sudah memasuki fase knock-out. Pertandingan leg pertama babak 16 besar pun telah selesai digelar

Tim-tim seperti Paris Saint Germain (PSG), Atletico Madrid, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Real Madrid hampir memastikan lolos ke perempat final. Sedangkan Barcelona, Bayern Munchen, Liverpool masih harus menunggu dengan cemas hingga minggu pertama Maret untuk mengetahui nasib mereka.

Liga Champions telah didominasi tiga serangkai Real Madrid, Barcelona, dan Bayern Munchen selama 5-6 tahun terakhir. Dan Real Madrid telah benar-benar memenangkan tiga trofi Liga Champions berturut-turut dari 2016 hingga 2018.

Namun, mungkin musim ini terlihat ada perubahan keseimbangan kekuatan Pasalnya, beberapa tim yang tidak difavoritkan memiliki kemungkinan kuat untuk memenangkan trofi utama.

Karena itu pula ada 3 alasan mengapa Liga Champions musim ini kemungkinan bakal memiliki juara baru

2 dari 4 halaman

Manchester City

City dan PSG telah mencetak jumlah gol terbanyak di Liga Inggris dan Ligue 1 Prancis sejauh ini, dan memiliki kelebihan untuk maju terus di Liga Champions.

City telah mencetak 127 gol dalam 43 pertandingan di musim yang sedang berlangsung sejauh ini, dan bisa dibilang memiliki lini tengah terbaik di dunia.

Penyerang City yang terdiri dari Sergio Aguero dan Raheem Sterling juga sangat kuat. Dan, keduanya secara konsisten mendapat umpan dari lini tengah, yang dihuni gelandang serang yang hebat seperti David Silva, Kevin De Bruyne dan Riyad Mahrez.

Namun, penampilan tandang City masih menjadi perhatian musim ini. Pasalnya, mereka selalu kalah dari tim-tim seperti Newcastle United dan Lyon.

Manajer City, Pep Guardiola, tentu sangat berharap timnya bisa memenangkan gelar Liga Champions perdananya. Guardiola sukses menanamkan filosofi passing sepakbola di City.

3 dari 4 halaman

PSG

PSG juga bisa dibilang memiliki penyerang terbaik di dunia, dengan pemain-pemain seperti Neymar, Edinson Cavani, Angel Di Maria, dan Kylian Mbappe.

Mereka telah mengalahkan tim seperti Liverpool, Napoli dan Manchester United, dan dapat menjadi lawan yang berbahaya bagi tim mana pun di dunia.

Mbappe yang sensasional telah mencetak 24 gol musim ini sejauh ini dan tetap menjadi pemain muda terbaik di dunia. Meskipun Neymar menderita masalah cedera dan Cavani sudah melewati masa jayanya, PSG secara realistis berharap untuk memenangkan Liga Champions tahun ini.

Mereka dengan nyaman mengalahkan Manchester United 2-0 di leg pertama Babak 16 di Old Trafford. Tentu saja, sukses ini hampir pasti bisa membawa PSG mencapai perempat final.

4 dari 4 halaman

Atletico Madrid

Atletico Madrid secara mengejutkan sukses mengalahkan Juventus 2-0 di Wanda Metropolitano. Ini seakan menunjukan kekuatan Atletico di kandang sendiri.

Mereka hanya kehilangan satu pertandingan kandang di musim ini, usai dikalahkan Real Madrid.

Atletco juga memiliki beberapa pemain yang sangat bagus, seperti Antoine Griezmann, Diego Godin dan Saul Niguez. Griezmann telah mencetak 18 gol sejauh musim ini, dan terus menjadi jimat Atletico.

Atletico tidak mungkin menyerahkan keunggulan 2 gol mereka saat melawan Juventus. Mereka bahkan mungkin bisa beruntung di momemen ketiga kalinya tahun ini, setelah kalah di dua final Liga Champions melawan Real Madrid pada 2013-14 dan 2015-16.

Deretan Lumbung Suara Jokowi dan Prabowo, Mampukah Naikkan Elektabilitas?

Liputan6.com, Jakarta – Saling klaim kemenangan di daerah-daerah yang menjadi titik kelemahan masing-masing pasangan calon atau paslon, kini gencar dilakukan tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto.

Kondisi ini tak bisa dipungkiri lantaran kedua kubu menjelang Pilpres 2019 kerap berkampanye di daerah-daerah yang pada Pilpres 2014 silam menjadi titik lemah Jokowi dan Prabowo.

Tentu itu dilakukan untuk menaikkan elektabilitas keduanya hingga akan mempengaruhi jumlah pemilih pada pertarungan final, 17 April 2019.

Dari sejumlah survei, baik independen maun internal parpol menyebutkan, pasangan cawapres nomor urut 1, Jokowi-Ma’ruf Amih masih lebih unggul dibanding Prabowo-Sandiaga.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding mengatakan, elektabilitas pasangan capres cawapres ini berada di angka 56 persen. “Di kisaran angka 56 persen,” ucap Karding saat dikonfirmasi, Rabu, 6 Februari 2019.

Meski demikian diakui Karding ada sejumlah daerah, dimana Jokowi-Ma’ruf masih kalah tipis dari Prabowo-Sandi. Di antaranya Jawa Barat dan Banten.

Berikut deretan lumbung suara Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Subianto yang berpotensi menaikkan elektabilitas kedua paslon:

2 dari 6 halaman

Kekuatan Jokowi

Berdasarkan rilis sejumlah lembaga survei, Jokowi-Ma’ruf mengungguli Prabowo-Sandi hampir di seluruh pulau besar di Indonesia. Seperti Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, daerah Nusa Tenggara ditambah Maluku dan Papua.

Bahkan diprediksi Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur serta Yogyakarta akan menjadi lumbung suara Jokowi-Ma’ruf Amin dengan pencapaian suara mencapai 57,1 persen.

Bahkan oleh Lembaga Surabaya Survey Center (SSC) diperkirakan, kedua pasangan ini akan menang telak di Jawa Timur dengan meraih suara sebesar 55.9 persen.

3 dari 6 halaman

Kelemahan Jokowi

Seperti disebutkan di atas, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten merupakan titik lemah Jokowi-Ma’ruf Amin dalam perolehan suara. Khususnya di Priangan Barat yakni Sukabumi, Cianjur dan Priangan Timur yakni Garut dan Tasikmalaya.

“TKD akan terus lakukan sosialisasi juga untuk kampanye di sana. Sebab kalau program-program yang dilakukan Pak Jokowi kan sudah cukup dan bagus, sudah diterima masyarakat. Tinggal bagaimana supaya masyarakat di sana kemudian juga tingkat elektoralnya tinggi,” ” ungkap Sekretaris TKD Abdy Yuhana.

Begitu pula di Madura. Perolehan suara Jokowi pada Pilpres 2014 yang saat itu dipasangkan dengan Jusuf Kalla, kalah parah di empat kabupaten di Pulau Madura.

Banten juga diperkirakan masih akan menjadi basis Prabowo. Jokowi- Ma’ruf Amin hanya unggul di Kabupaten Lebak dari delapan Kabupaten/Kota di Banten versi survei internal.

“Di Banten kalah tipis sekitar 5 sampai 6 persen. Kita kalah di tujuh Kabupaten/Kota kalah tipis, kita menang hanya di Lebak,” kata Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Banten Asep Rahmatullah saat dikonfirmasi.

4 dari 6 halaman

Kekuatan Prabowo

Dari hasil survei internal yang dilakukan tim Prabowo-Sandiaga disebut sejumlah provinsi akan menjadi lumbung suara kedua paslon ini. Misalnya di Pulau Sumatera, kubu Prabowo diklaim unggul di Aceh, Sumatera Barat dan Riau.

Sementara di Pulau Jawa, Kubu Prabowo juga merasa unggul di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Menurut pengurus Partai Gerindra, hal tersebut merupakan bentuk bukti nyata kerja keras para kadernya.

“Merupakan hal mutlak kalau kami berada di tengah-tengah masyarakat, berarti masyarakat bisa menilai,” ucap Ketua DPD Gerindra Banten Desmon J Mahesa di kediamannya, usai acara bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng, di Kota Serang, Banten, Kamis (7/6/2018).

Sementara di kawasan Indonesia bagian Timur, Andre mengungkapkan, di Pulau Sulawesi Prabowo-Sandi unggul. Begitu pula di Kalimantan, di beberapa titik, Prabowo-Sandi ada yang unggul dan kalah.

“Kita Sulawesi unggul, Kalimantan ada menang dan ada yang kalah, NTB menang, NTT kalah, Papua masih tertinggal,” ungkap Jubir Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade.

Sementara untuk di kawasan Indonesia bagian Timur, Andre mengungkapkan, di Pulau Sulawesi Prabowo-Sandi unggul. Begitu pula di Kalimantan, di beberapa titik, Prabowo-Sandi ada yang unggul dan kalah.

5 dari 6 halaman

Kelemahan Prabowo

Berkaca dari beberapa hasil survei yang menyatakan kubu Jokowi-Ma’ruf masih lebih unggul, Timses Prabowo-Sandi kini tengah mengejar ketertinggalan.

Meski disebutkan selisih elektabilitas paslon nomor urut 02 dengan Jokowi-Ma’ruf tinggal 4 persen, masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus menjadi perhatian Timses Prabowo-Sandiaga untuk mendulang suara.

Salah satunya adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal inilah yang menjadi kenapa Prabowo-Sandi ingin mendirikan Markas di provinsi yang menjadi basis massa terbesar PDIP yakni Jawa Tengah.

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkap, alasan rencana dibangunnya markas mereka di Jawa Tengah.

“Berdasarkan survei kita, memang Jateng menjadi istilah ‘Battle Ground’. Banyak tempat kita menang tipis,” kata Dahnil di Kantor Seknas, Hos Cokroaminoto, Jakarta Pusat, Minggu (9/12/2018).

Namun, Dahnil percaya kali ini magnet Prabowo akan mampu menjadi magnet yang sangat kuat untuk menaikkan elektabiltas Prabowo-Sandi.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

3 Calon Penerus David Silva di Man City

Manchester – David Silva terus menunjukkan betapa penting kontribusinya untuk Manchester City (Man City)). Palymaker asal Spanyol itu sukses mencetak assist saat Man City menang dramatis 3-2 atas Schalke di Liga champions.

Sayangnya, Silva sepertinya sudah tidak bisa menjadi starter dalam setiap pertandingan yang dimainkan Man City. Sebab, sang pemain saat ini sudah berusia 33 tahun.

Silva bergabung dengan City sejak tahun 2010 setelah ditebus dari Valencia. Sejak saat itu, sang gelandang sudah membantu City memenangkan tiga gelar Premier League dan sejumlah gelar lainnya.

Silva sudah membuktikan kemampuannya untuk City sejak lama. Sekarang sudah waktunya bagi City untuk menemukan pengganti yang sepadan.

Berikut ini tiga calon pengganti David Silva di Man City seperti dilansir Sportskeeda.

2 dari 4 halaman

Bernardo Silva

Beberapa pemain Manchester City menganggap Bernardo Silva sebagai pengganti David Silva. Bernardo memiliki keahlian serupa dengan Silva.

Pemain Portugal itu dikenal sebagai gelandang cepat, terampil, bisa mencetak gol dan membuat banyak assist untuk timnya. Pemain berusia 24 tahun itu juga bisa beroperasi di berbagai posisi.

Bernardo bisa bermain sebagai gelandang serang, pemain sayap, atau bahkan sebagai gelandang tengah. Kemampuan itu membuat Bernardo sangat pantas dianggap sebagai suksesor Silva.

3 dari 4 halaman

Christian Eriksen

Christian Eriksen dikenal sebagai salah satu playmaker terbaik di Premier League. Pemain Denmark itu secara konsisten menjadi playmaker utama Tottenham Hotspur.

Eriksen sudah mencetak 5 gol dan membuat 9 assist dalam 23 penampilan di Premier League untuk Spurs musim ini. Pemain berusia 27 tahun itu juga merupakan pemain serba bisa dan bisa mencakup sebagian besar peran Silva.

Sepertinya Spurs tidak akan melepas Eriksen dengan harga murah. The Citizens sepertinya harus mengeluarkan setidaknya 79 juta pounds untuk membujuk gelandang tengah itu meninggalkan klub London Utara.

4 dari 4 halaman

Philippe Coutinho

Manchester City mempertimbangkan Philippe Coutinho sebagai salah satu target besar mereka untuk menggantikan Silva. Pemain Brasil itu menemukan kesuksesan di Premier League ketika ia bermain untuk Liverpool.

Sayangnya, pemain berusia 26 tahun itu kesulitan menunjukkan performa terbaiknya setelah pindah ke Barcelona. Ernesto Valverde sudah mencadangkan Coutinho dalam dua pertandingan terakhirnya karena penampilannya yang buruk.

Namun, Coutinho masih memiliki apa yang diperlukan untuk menggantikan Silva. Pemain Brasil itu adalah seorang playmaker yang sangat teknis yang bisa membuka ruang dan memberi City banyak peluang. Sang pemain juga bisa mencetak gol dan menambah tajam serangan City.

Sumber: Bola.net

Luhut Serang soal Harga Telur, BPN: Prabowo Tak akan Buat Petani-Peternak Rugi

Jakarta – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyindir soal sosok yang mau menurunkan harga beras hingga telur dalam kurun 100 hari. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berbicara tentang jalur distribusi yang bermasalah.

“Selama ini yang terjadi atas harga bahan pokok, letak persoalannya ada pada jalur distribusi,” kata juru bicara BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Suhendra Ratu Prawiranegara, kepada wartawan, Jumat (22/2/2019).

“Pelaku distribusi banyak mengambil keuntungan atas harga bahan pokok. Mereka beli dari petani dengan harga rendah, lalu menjualnya dengan harga yang tinggi,” sambungnya.


Suhendra mengatakan perhatian Prabowo diletakkan pada persoalan kontrol distribusi itu. Menurut dia, jalur distribusi yang tak terkontrol merugikan konsumen, khususnya emak-emak.

Di lain sisi, Suhendra menegaskan kesejahteraan petani dan peternak tak dilupakan oleh pasangan nomor urut 02 itu. Ia menyebut petani dan peternak harus mendapatkan keuntungan sepadan.

“Jadi dalam hal ini pihak yang dirugikan adalah para petani (produsen) dan para pembeli (konsumen). Terutama emak-emak. Ini yang dimaksukan Pak Prabowo sangat mungkin untuk menurunkan harga bahan pokok, tapi tidak membuat para petani dan peternak rugi, mereka harus dapatkan keuntungan yang sepadan,” ujar Suhendra.

Menurut Suhendra, pemerintah gagal mengontrol jalur distribusi ini. Karena itu, stabilitas harga bahan pokok tak terjaga.

“Hanya buktinya pemerintah sekarang ini tidak mampu mengontrol jalur distribusi tersebut, juga tidak mampu menjaga stabilitas harga bahan pokok,” tuturnya.

Sebelumnya, Luhut menyinggung tokoh yang berjanji akan turunkan harga beras hingga telur dalam waktu 100 hari. Dia menilai justru yang terpenting adalah titik keseimbangan.

Luhut mengatakan, jika harga bahan pangan dipaksa diturunkan, nasib petani dan peternak justru akan tertekan. “Orang bilang mau nurunin beras, beras diturunin beras, gula diturunin, telur murah, lah petaninya? Kalau berasnya terlalu murah, ya, cost-nya ada,” ujar Luhut di Auditorium Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta.

Janji itu soal penurunan harga telur itu disampaikan Prabowo di hadapan emak-emak yang tergabung dalam Forum Komunikasi Majelis Ta’lim (FKMT) serta relawan Aliansi Pencerah Indonesia (API). Dia berjanji akan menurunkan harga telur dalam program 100 hari kerja jika terpilih menjadi presiden 2019-2024.

“Kita akan bekerja untuk emak-emak semuanya. Insyaallah kalau hitungan saya harga daging, harga telur, harga ayam, bisa kita turunin dalam 100 hari pertama. Harga beras saya juga feeling hitungan saya bisa kita turunkan,” tegas Prabowo di Desa Bojong Koneng, Bukit Hambalang, Babakan Madang, Bogor, Jumat (8/2).
(tsa/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Benarkah Jokowi Serang Pribadi Prabowo Saat Debat? Ini Bunyi Peraturannya

Liputan6.com, Jakarta Debat capres antara Jokowi vs Prabowo Subianto meninggalkan polemik. Jokowi dituding menyerang pribadi Prabowo saat menyinggung soal kepemilikan lahan di Kalimantan Timur sebesar 220.000 hektare dan 120.000 hektare di Aceh.

Benarkah Jokowi melanggar aturan soal larangan menyerang pribadi saat debat? Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman menjelaskan peraturan soal larangan menyerang personal.

“Di Undang-Undang itu ada, tidak menyerang personal, tapi di Undang-Undang itu yang ada (pernyataan) mengandung SARA, dan ujaran kebencian,” kata Arief di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Aturan itu teruang dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu Pasal 280. Dalam pasal tersebut tertera 10 poin, soal larangan menyerang personal tepatnya di poin tiga.

Berikut bunyi Pasal 280 ayat 1 ada 10 poin tentang pelaksanaan, peserta dan tim kampanye pemilu yang dilarang dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu:

  1. Mempersoalkan dasar negara Pancasila
  2. Melakukan kegiatan yang membahayakan keutuhan NKRI
  3. Menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon dan/atau Peserta Pemilu lain
  4. Menghasut atau mengadu domba perseorangan atau masyarakat
  5. Mengganggu ketertiban umum
  6. Mengancam untuk melakukan kekerasan atau menganjurkan penggunaan kekerasan kepada seseorang, sekelompok anggota masyarakat, dan/atau Peserta Pemilu lainnya
  7. Merusak dan/atau menghilangkan alat peraga kampanye Peserta Pemilu
  8. Menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan
  9. Membawa atau menggunakan tanda gambar dan/atau selain dari tanda gambar dan/atau atribut Peserta Pemilu yang bersangkutan
  10. Menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada Peserta Kampanye pemilu.
2 dari 3 halaman

Dilaporkan ke Bawaslu

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, melalui Tim Advokat Indonesia Bergerak (TAIB) melaporkan Capres petahana Jokowi karena dianggap melakukan penyebaran fitnah terkait kepemilikan tanah oleh Prabowo.

Jokowi dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu Pasal 280 ayat 1 huruf c yang mengatur pelaksana, peserta, dan tim kampanye pemilu dilarang menghina seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon dan atau peserta pemilu yang lain.

“Kami dari Tim Advokat Indonesia Bergerak telah melaporkan Capres 01 dalam hal ini Jokowi terkait dengan apa yang beliau sampaikan pada saat debat di Hotel Sultan Jakarta. Bahwa pada beliau yang sampaikan lebih pada menyerang pribadi, fitnah,” ujar Djamalluddin Koedoeboen dari TAIB di kantor Bawaslu, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat.

Sementara itu, Capres nomor urut 01 Jokowi menyesalkan adanya laporan tersebut. Dia memandang, lebih baik tak perlu ada debat capres jika sedikit-sedikit dilaporkan.

“Ya debat yang lalu saya juga dilaporkan. Debat yang minggu lalu juga dilaporkan, kalau debat dilapor-laporin enggak usah debat saja lah. Debat kok dilaporkan? Ya gimana?” kata Jokowi di pabrik PT Mayora Indah Tbk, Kabupaten Tangerang.

Jokowi mengatakan, jika dalam debat ada yang salah atau pernyataan yang tidak berkenan pasti sudah diberitahu oleh pihak Bawaslu. “Kan sudah ada, coba ketua Bawaslu dan komisioner Bawaslu ada di situ. Kalau kira-kira enggak anu (sesuai aturan), pasti dibisiki,” kata Jokowi.


Reporter: Syifa Hanifah

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Bawaslu RI Kaji Laporan Soal Pernyataan Jokowi Serang Prabowo

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu masih mendalami laporan dari Tim Advokasi Indonesia Bergerak, terhadap capres nomor urut 01 Jokowi yang diduga menyerang pribadi Prabowo Subianto atas pernyataan mengenai lahan Prabowo pada debat putaran kedua.

Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin mengatakan, penanganan laporan itu akan melibatkan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Sedang kita dalami, kan belum dibahas. Karena ranahnya pidana (pemilu) dalam proses pembahasannya pasti akan melibatkan kepolisian, kejaksaan dan kami,” kata Afif di Gedung KPU RI, Rabu (20/2/2019).

Afif mengatakan laporan terkait pidana pemilu itu akan dibahas terdahulu bersama Gakkumdu. Setelah itu, baru dibahas kemungkinan meminta klarifikasi pada terlapor.

“Nanti setelah dibahas (bersama Gakkumdu),” ujarnya

Sebelumnya, Tim Advokasi Indonesia Bergerak melaporkan Jokowi atas ucapannya yang menyinggung lahan Prabowo dalam debat pilpres kedua. Jokowi dianggap menyerang pribadi. Selain itu, Jokowi juga dilaporkan oleh Aktivis Koalisi Masyarakat Anti Hoax terkait pernyataan soal impor jagung dan kebakaran hutan.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan bahwa pembagian konsensi lahan untuk rakyat yang dilakukan di masa pemerintahannya, bukan untuk mereka yang memiliki koorporasi alias usaha besar.

“Rakyat Indonesia yang saya cintai, pembagian yang tadi sampaikan hampir 2,6 juta (hektare) itu agar produktif. Dan kita tidak berikan yang gede-gede,” ucap Jokowi saat menjawab pertanyaan dari Prabowo dalam Debat Capres Kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) malam.

Dia langsung menyinggung kepemilikan tanah capres nomor urut 02 Prabowo Subianto di Kalimantan Timur dan Aceh.

“Saya tahu Pak Prabowo punya lahan yang luas di Kalimantan Timur sebesar 220.000 hektare, juga di Aceh 120.000 hektare,” ujar Jokowi.

Dia lantas menyindir banyaknya tanah yang dimiliki Prabowo, tapi tak dilakukan pemerintahnya dengan tanah seperti itu.

“Bahwa pembagian seperti ini, tidak dilakukan di masa pemerintahan saya,” Jokowi memungkasi. 

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Bawaslu Minta Massa Jokowi-Prabowo Tak Bawa Alat Peraga Saat Debat Ketiga

JakartaBawaslu menyoroti adanya pendukung capres 01 Jokowi-Ma’ruf Amin yang membawa alat peraga di dalam ruang debat kedua Minggu (17/2) kemarin. Bawaslu minta pendukung kedua kubu tidak membawa alat peraga dan saling ejek saat debat selanjutnya.

“Kesepakatan yang dibuat harus disepakati, misal nggak boleh bawa alat peraga atau alat kampanye seperti kemarin yang dibawa oleh (pendukung) paslon 01 itu dan saat jeda kemudian itu disepakati untuk tidak dipakai. Jadi komitmennya harus sama-sama dibangun dari kedua belah pihak,” kata Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin, di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Selain itu, Bawaslu juga meminta agar para pendukung atau tim hore tidak saling menjelekan. Bawaslu memperbolehkan para pendukung untuk menyemangati kandidat asalkan di waktu yang tepat.

“Dari kami sudah menyampaikan beberapa usulan perbaikan termasuk posisi-posisi duduk terlalu sempit antara jumlah orang dan ruangan kemarin membuat suasana meriah dan juga ungkapan atau semacam hore-hore yang menjelekan. Nah itu kan nggak boleh saling serang tepuk tangan,” ujarnya.

“Kalau pun ada semacam penyemangat ya yang positif ke masing-masing aja tidak untuk menyerang salah satu atau lawan,” ungkapnya.

Oleh karena itu Bawaslu mengusulkan agar jumlah pendukung di ruang debat dikurangi. Hal itu untuk mengurangi keriuhan di dalam ruangan.

“Keriuh rendahan penonton di dalam yang itu kemudian kita sepakati kita rekomendasikan ke KPU untuk mengurangi jumlah pendukung yang diajak, masing-masing paslon kita rekomendasikan hanya membawa 50 suporter,” kata Afif.

Sementara itu, Bawaslu juga akan membahas lagi terkait kandidat capres cawapres yang membawa alat tulis kantor (ATK) seperti pulpen. Sebab, pada debat sebelum ada kesepakatan antar dua kubu, ATK diperbolehkan dibawa ke panggung debat.

“Kesepakatan yang kemarin boleh masalahnya. Kalau itu kemudian dianggap menggangu dan lain-lain, nanti akan disepakati karena ini masih forum evaluasi,” ujar Afif.

Sebelumnya, KPU akan mengurangi jumlah pendukung yang berada di ruang debat dari sebelumnya 100 untuk masing-masing pendukung capres menjadi 50. KPU menyebut hal itu untuk menjaga situasi di dalam ruang debat kondusif.

“Usulan dari Bawaslu juga tadi sudah disampaikan karena debat ini supaya bisa lebih tenang, lebih nyaman, dan lebih fokus. Jumlah pendukung diusulkan nanti dikurangi, nanti jumlahnya ya kurang lebih 50-an saja dari masing-masing pasangan calon,” kata Ketua KPU Arief Budiman, di kantornya, usai rapat evaluasi debat kedua, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (20/2).
(yld/idn)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Wali Kota Cilegon: Bekasi Kasihan, Macet

Cilegon – Wali Kota Cilegon Edi Ariyadi mengatakan daerahnya tak ingin macet seperti Bekasi karena terlambat membangun jalan tol sehingga timbul kemacetan.

“Kita kan minta flyover, itu kewenangan pusat atau provinsi. Jangan kaya Bekasi, kasihan macet. Jalan kelurahan itu Cilegon lah, tapi yang gede-gede ini,” katanya kepada wartawan usai pelantikan di Kawasan Pusat Pemerinitahan Provinsi Banten (KP3B), Serang, Rabu (20/2/2019).

Gara-gara kemacetan, bahan bakar habis. Sampai onderdil kendaraan yang panas. Sebab itu, ia ingin Cilegon punya flyover agar tidak seperti Bekasi yang macet. Lalu, betulkan Cilegon tak macet dan butuh flyover di kawasan ini.

Mulyana, warga yang biasa bekerja di Cilegon mengatakan ada beberapa titik di kota ini yang sering macet. Pertama di persimpangan PCI sampai lokasi landmark Cilegon yang masuk jalur protokol atau jalan nasional.
Arah sebaliknya, mulai dari landmark Cilegon Kota Baja sampai Cilegon Center Mall juga sering macet khususnya pada sore hari. Kawasan kota yang hanya lurus memanjang ini, sering macet sepanjang kira-kira 3 sampai 3,5 kilometer.

“Di situ jam 16.00 WIB sore motor juga endet-endetan (jalan pelan),” ujarnya.

Tapi selain di kawasan itu, di akses Ciwandan sampai Anyer juga sering macet saat momen kendaraan industri masuk ke pelabuhan. Apalagi ditambah ada perlintasan kereta api.

Warga lain, Darjat menambahkan bahwak kebutuhan flyover di kawasan Cilegon sebetulnya belum dibutuhkan khususnya di jalur protokol. Jika Pemkot mau, maka sebaiknya flyover dibangun di kawasan pintu tol Cilegon Timur.

Daerah ini, sering terjadi pusat kemacetan karena pertemuan kendaraan pribadi dari tol, atau keluarnya kendaraan dari kawasan industri menuju tol.

“Kalau mau itu yang butuh, karena selain jadi akses kendaraan pribadi juga akses mobil besar dan bus. Jadi crowded,” ungkapnya.

Padahal, katanya di kawasan itu juga ada Terminal Seruni. Namun, karena macet dan tersendat, bus atau kendaraan angkutan enggan masuk ke terminal.

“Jadi karena macet bus nggak mau masuk terminal, mereka kejebak macet,” pungkasnya.

(bri/asp)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Skor Kaca Mata Akhiri Laga Liverpool Kontra Bayern Munchen

Liverpool dan Bayern Munchen mengakhiri laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions dengan skor 0-0. Kedua tim bermain seimbang dan saling serang sepanjang pertandingan.

Pada awal-awal laga, Alisson Becker sempat membuat blunder. untungnya, kesalahan tersebut tak menghasilkan gol untuk Bayern Munchen.

Mohamed Salah mengancam gawang Bayern Munchen pada menit ke-12. Namun, Manuel Neuer masih dapat mengamankan gawangnya.

Sadio Mane mendapat kesempatan serupa pada menit ke-16. Tetapi, usahanya hanya menghasilkan tendangan gawang untuk Bayern Munchen.

Salah bisa saja membuat Liverpool unggul jika sundulannya pada menit ke-24 mengarah ke sasaran. Namun, bola justru keluar lapangan.

Pada menit ke-33, Mane membuang peluang emas untuk mencetak gol. Setelah mendapat ruang di dalam kotak pertahanan Bayern Munchen, Mane melepaskan tendangan yang bolanya masih melebar dari gawang Bayern Munchen.

Laga babak pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Bayern Munchen mencoba untuk menekan pertahanan Liverpool. Serge Gnabry mendapat peluang pada menit ke-59, tetapi bola hasil tendangannya melambung di atas gawang Alisson.

Pada menit ke-85, usaha Mane untuk memecah kebuntuan digagalkan Manuel Neuer lewat aksi gemilangnya.

Hingga akhir pertandingan, kedua tim gagal mencetak gol. Bayern Munchen dan Liverpool akan menentukan pada laga leg kedua di Allianz Arena.

Sumber: Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): 13-Alisson Becker; 66-Trent Alexander-Arnold, 32-Joel Matip, 3-Fabinho, 26-Andrew Robertson; 5-Goerginio Wijnaldum, 8-Naby Keita (7-James Milner 76′); 11-Mohamed Salah, 9-Roberto Firmino (27-Divock Origi 76′), 10-Sadio Mane

Manajer: Jurgen Klopp

Bayern Munchen (4-3-3): 1-Manuel Neuer; 32-Joshua Kimmich, 4-Niklas Sule, 5-Mats Hummels, 27-David Alaba; 6-Thiago Alcantara, 8-Javi Martinez, 11-James Rodriguez (35-Renato Sanches 88′); 22-Serge Gnabry (13-Rafinha 90′), 9-Robert Lewandowski, 29-Kingsley Coman (7-Franck Ribery 81′)

Pelatih: Niko Kovac