10 Orang Terkaya Sepanjang Masa di Amerika Serikat

10. Alexander Turney Stewart (1803-1876)

Estimasti harta: USD 101,7 miliar (Rp 1424 triliun)

Negeri kelahiran: Lisburn, Irlandia

Stewart mampu mengubah warisan keluarganya menjadi salah satu perusahaan ritel terbesar di sejarah AS. Dia juga bisa disebut sebagai perintis harga tetap seperti yang kita temui di supermarket zaman sekarang.

Pebisnis yang aktif di New York ini juga hampir menjadi Menteri Keuangan pada zaman Presiden Ulysses Grant di tahun 1869.

9. Andrew Carnegie (1835-1919)

Estimasti harta: USD 102,7 miliar (Rp 1.439 triliun)

Negeri kelahiran: Skotlandia

Andrew Carnegie meraup kekayaan ketika AS sedang gencar melakukan pembangunan. Perusahaan Carnegie mendapat untung sebagai penyedia baja.

Namun, Carnegie mirip seperti Bill Gates dalam hal kedermawanan. Pada tahun 1901, ia menjual perusahaannya dan memilih fokus pada bidang amal.

Terkuak, Sosok Pria Terkaya AS Sepanjang Masa

Setiap tahun, daftar orang terkaya Forbes selalu menjadi kabar yang dinantikan. Bisa dibilang, daftar Forbes lebih sering menjadi referensi orang terkaya ketimbang daftar serupa lainnya.

Bagaimana cara Forbes menghitung harta para miliarder di seluruh dunia, bahkan termasuk di Indonesia hingga Zimbabwe?

Forbes menjelaskan, perhitungan dilakukan lewat harga saham miliarder tersebut dan nilai tukar dari tanggal 8 Februari 2019. Karena harga saham dan nilai tukar selalu fluktuatif, Forbesmengakui beberapa orang bisa dengan mudah naik-turun di daftar mereka karena hal tersebut.

“Beberapa orang bisa menjadi lebih kaya dan miskin dalam beberapa hari sebelum penerbitan,” tulis Forbes pada laporan orang terkaya mereka tahun ini.

Salah satu contoh yang diambil Forbes adalah miliarder Tsuoshi Matsushita yang kehilangan USD 600 juta pada 18 Februari, dan seminggu kemudian muncul miliarder Forrest Li karena sahamnya di dunia game bertambah 45 persen.

Forbes juga tidak menghitung harta turun-temurun seseorang, meski harta istri dan anak-anak seorang miliarder turut dihitung jika miliarder tersebut adalah pendiri usahanya.

Selain itu, Forbes juga menghitung aset seperti perusahan swasta, real estate, seni, dan banyak lainnya. Meski demikian, Forbes tidak mengklaim mengetahui harta pribadi para orang terkaya.

“Kami tidak berpura-pura mengetahui laporan keuangan pribadi tiap miliarder (walau sebagian menyediakannya),” jelas Forbes.

Produk yang Diimpor Indonesia Sepanjang Maret 2019

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis nilai ekspor Indonesia pada Maret 2019 mencapai USD 14,03 miliar. Angka ini naik 11,71 persen secara month to month (mtm) jika dibandingkan dengan Februari 2019 sebesar USD 12,56 miliar.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, meski terjadi kenaikan, namun jika dibandingkan dengan ekspor pada Maret 2018 yang mencapai USD 15,59 miliar terjadi penurunan sebesar 10,01 secara year on year.

“Nilai ekspor Maret 2019 utamanya dipicu kenaikan ekspor non migas, sedangkan ekspor migas mengalami penurunan,” ujar Suhariyanto dalam konferensi pers di Gedung Pusat BPS, Jakarta, Sabtu (15/4).

Suhariyanto merinci laju ekspor migas di Maret 2019 mengalami penurunan 1,57 persen. Di mana dari USD 1,1 miliar di Februari menjadi USD 1,09 miliar pada Maret tahun ini. “Di sektor migas terjadi penurunan ekspor karena nilai minyak mentah dan hasil minyak yang turun, sementara gas mengalami kenaikan,” jelasnya.

Komoditas non migas mengalami kenaikan sebesar 13 persen. Di mana menjadi USD 21,93 miliar di Maret dari bulan sebelumnya yang USD 11,45 miliar.

Komoditas non migas yang mengalami kenaikan ekspor tertinggi yakni bahan bakar mineral sebesar USD 401,4 juta, besi dan baja USD 186,7 juta, lalu bijih, kerak dan abu logam USD 162,9 juta, kertas dan karton USD 69,9 juta, serta bahan kimia organik USD 69,9 juta.

Sedangkan penurunan ekspor non migas terendah yakni perhiasan/permata sebesar USD 31,8 juta, ampas/sisa industri makanan USD 27,3 juta, benda-benda dari besi dan baja USD 9,6 juta, lokomotif peralatan kereta api USD 8,2 juta, serta garam, belerang, kapur USD 6,2 juta.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Astra Otopart Berhasil Meraup Untung Rp611 Miliar Sepanjang 2018

Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto meresmikan program Astra Financial yang menjadi sponsor utama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung pada 2-12 Agustus 2018.

Untuk pertama kalinya, Astra Financial memboyong enam LJK grupnya yaitu Permata Bank, Astra Credit Companies, FIF Group, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, dan Astra Life.

“Keikutsertaan LJK yang ada dalam Astra Financial di event ini, telah berlangsung sejak pertama kali GIIAS digelar pada 1986. Namun sebagai sponsor utama dan secara bersama-sama oleh enam LJK Astra Financial, baru pertama kali dilakukan,” kata Suparno Djasmin, Direktur PT Astra International yang juga selaku Director in Charge Astra Financial, Kamis (2/8/2018), di ICE BSD.

Menurutnya, program ini sejalan dengan visi Astra Financial untuk menjadi mitra keuangan. 

“Oleh karena itu, Astra Financial hadir di GIIAS 2018 dengan didukung beragam kompetensi keuangan dalam melahirkan berbagai produk dan layanan keuangan yang meliputi pembiayaan, asuransi hingga perbankan,” ujarnya.

Tol Sepanjang 233,5 Km di Muara Enim Siap Dibangun

Jakarta – Pemerintah menargetkan operasional Tol Bakauheni-Palembang pada Juni 2019 atau sebelum musim mudik Lebaran. Untuk menunjang tol tersebut, saat ini mulai dibangun sirip jalan tolnya.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dengan PT Hutama Karya (Persero) selaku badan usaha yang mendapatkan mandat membangun Tol Trans Sumatera.

Kali ini ada 2 ruas tol yang akan dibangun, yakni ruas Jalan Tol Muara Enim – Simpang Indralaya dan ruas Jalan Tol Muara Enim – Lubuk Linggau. Total panjangnya mencapai 233,5 kilometer (km).

Tol ini ditargetkan selesai pembebasan lahannya pada April 2019. Sementara untuk target konstruksinya bisa selesai pada 2022. Begini fakta-faktanya. (das/ang)


Top 3: Raja Muslim Ini Jadi Orang Terkaya Sepanjang Masa

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati yang terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, hingga saat ini masih sepi penumpang. Tingkat okupansi bandara ini dikabarkan masih di bawah 30 persen.

Melihat situasi ini, pengamat penerbangan yang juga anggota Ombudsman RI Alvin Lie menduga, proses pembangunan bandara yang memakan biaya Rp 2,6 triliun ini tidak disertai dengan kajian kelaikan mengenai potensi pasar maupun aspek ekonomi.

“Nah ini barang sudah jadi sekarang. Jadi untuk Kertajati ini konsep produknya harus jelas, ini bandara mau dijadikan bandara apa, apakah bandara umum atau bandara yang spesialis, misalnya fokus pada pesawat charter, atau kargo, atau untuk MRO (Maintenance Repair & Overhaul atau perbaikan dan perawatan pesawat),” urainya kepada Liputan6.com, Senin (8/4/2019).

Berita selengkapnya

3. Orang Berzodiak Ini Paling Berpeluang Jadi Miliarder

Setiap orang yang terlahir ke dunia pasti memiliki zodiak masing-masing. Entah itu Scorpio, Leo, atau Pisces, pembahasan tentang zodiak seringkali disertai ulasan mengenai karakter individu bersangkutan.

Dikutip dari Business Insider, ada sebuah studi baru yang melacak hari kelahiran dari 250 orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes, dan menemukan hasil bahwa kebanyakan miliarder tersebut berzodiak Libra.

Terdapat 27 tokoh tajir dunia seperti Ralph Lauren, Stefan Persson, Liliane Bettencourt, hingga Alice Walton yang merupakan seorang Libra. Kemudian disusul zodiak Pisces, dengan 22 tokoh termasuk Bernard Arnault, Rupert Murdoch, dan Michael Dell.

Berita selengkapnya

Yuk, Ingat Cerita Dongeng Klasik Terbaik Sepanjang Masa

Cerita dongeng klasik pertama yaitu Pinocchio, novel asli yang berjudul The Adventures of Pinocchio dikarang oleh penulis asal Italia bernama Carlo Collodi di tahun 1883. Tahun 1940 baru kemudian Pinocchio diangkat menjadi film yang diproduksi oleh Walt Disney.

Kisah ini dimulai ketika Geppetto, seorang pemahat kayu yang hidup di sebuah desa kecil Tuscany di Italia, menciptakan sebuah boneka kayu dan membuat keinginan agar Pinocchio bisa menjadi seorang anak laki-laki.

Malam harinya, Pinicchio dihidupkan oleh blue fairy, yang kemudian memberitahunya bahwa ia bisa menjadi anak laki-laki nyata apabila ia bisa membuktikan dirinya menjadi berani, jujur, dan tidak egois.

Geppetto yang menemukan Pinocchio dalam keadaan hidup sangat gembira. Namun, ketika dalam perjalanan ke sekolah, Pinocchio bertemu dengan Honest John The Fox dan teman-temannya.

Mereka meyakinkan untuk bergabung dengan pertunjukan boneka Stromboli, tapi Jiminy Cricket keberatan. Pinocchio segera menjadi bintang utama Stromboli sebagai sosok marionette yang bisa menyanyi dan menari.

Selesai pertunjukkan, Pinocchio yang hendak pulang malah dikurung oleh Stromboli di dalam sebuah sangkar burung. Jiminy yang melihat tidak bisa menolongnya.

Blue Fairy muncul dan bertanya kenapa Pinocchio tidak berada di sekolah, namun dia berbohong dan hidungnya bertambah panjang dan panjang lagi. Pinocchio berjanji akan menjadi anak yang baik mulai saat ini, dan mengembalikan bentuk hidungnya menjadi normal kembali.

Setelah itu, Pinocchio dan Jiminy kembali ke rumah dan tidak menemukan Geppetto karena sedang mencari Pinocchio.

Geppetto tertelan ikan paus raksasa bernama Monstro dan hidup di dalam perutnya. Bertekad ingin membebaskan ayahnya, Pinocchio terjun ke laut bersama Jiminy dan masuk ke dalam perut Monstro untuk bertemu dengan ayahnya.

Kemudian mereka berencana untuk keluar dari sana dengan membuat Monstro bersin. Rencananya berhasil dan mereka semua keluar dari perut Monstro dan terdampar di sebuah pantai.

Namun, Pinocchio tidak selamat, setelah kembali ke rumah Geppetto. Ia terbaring dan semua bersedih karena kepergiannya. Meski demikian, Pinocchio telah membuktikan kepada Blue Fairy bahwa dia sudah bertindak berani, jujur, dan tidak egois. Sehingga ia terlahir kembali sebagai anak laki-laki sungguhan.

5 Kasus Perceraian Miliarder Termahal Sepanjang Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Proses perceraian pendiri Amazon, Jeff Bezos dengan istrinya, MacKenzie akhirnya selesai pada Kamis 4 April 2019.  Keduanya sepakat untuk membagi harta mereka yang mencapai 149,2 miliar atau sekitar Rp 2.112 triliun.

Jeff Bezos mendapatkan 75 persen dari total kekayaan dengan nilai USD 113,6 miliar atau sekitar Rp 1.608 triliun. Sementara istrinya memperoleh jatah 25 persen atau USD 35,6 miliar (sekitar Rp 495 triliun).

Perceraian ini disebut termahal. Namun ternyata, terdapat beberapa kasus perceraian miliarder termahal dan terbesar lainnya selain Jeff Bezos. Mau tahu siapa sajakah mereka?

Dikutip dari laman Forbes, berikut 5 perceraian miliarder terbesar:

5. Roy E. dan Patricia Disney – USD 600 juta atau Rp 8,4 triliun

Roy dan sang istri resmi mengajukan perceraian setelah 52 tahun menikah pada 2007. Pada saat itu, kekayaan Roy mencapai USD 1,3 miliar atau Rp 18,3 triliun (Kurs USD 1 = Rp 14.150), dan sebelumnya ia sempat masuk kedalam daftar 400 Forbes. Namun, pereceraian ini membuat ia kehilangan hampir setengah dari jumlah kekayaannya.

Pengadilan Agama Izinkan 13 Ribuan Anak Menikah Sepanjang 2018

Jakarta – UU Perkawinan memberikan syarat minimal usia perkawinan yaitu 19 tahun untuk laki-laki dan 16 tahun untuk perempuan. Namun bila ada yang di bawah usia tersebut mau menikah, harus mengajukan permohonan ke Pengadilan Agama (PA) setempat yang dikenal dengan dispensasi kawin.

Berdasarkan laporan tahunan MA 2018 yang dikutip detikcom, Kamis (4/4/2019), Pengadilan Agama (PA) di seluruh Indonesia mengeluarkan dispensasi kawin sebanyak 13.251 putusan. Adapun yang mencabut permohonan sebanyak 624 orang.

Dispensasi kawin secara absolut menjadi kewenangan Pengadilan Agama. Hal itu berdasarkan ketentuan Pasal 7 ayat (2) jis Pasal 63 UU Nomor 1 Tahun 1974, Pasal 49 huruf (a) UU Nomor 7 Tahun 1989 yang telah diubah dengan UU Nomor 3 Tahun 2006 dan perubahan kedua dengan UU Nomor 50 Tahun 2009.


Sebagaimana diketahui, pada akhir 2018, Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan Indonesia darurat pernikahan anak. Oleh sebab itu, MK meminta DPR segera merevisi UU Perkawinan agar batasan minimal usia perkawinan dinaikkan.

“Kondisi ini tentu sangat mengkhawatirkan karena anak telah kehilangan hak-hak yang seharusnya dilindungi oleh naegara. Jika kondisi ini dibiarkan tentu akan menjadikan Indonesia berada dalam kondisi ‘Darurat Perkawinan Anak’, dan tentu saja akan semakin menghambat capaian tujuan bernegara sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD 1945,” demikian kata MK dalam putusan yang diketok pada Kamis (13/12/2018).

MK menyampaikan semua kebijakan yang menjadi faktor penyebab terjadinya perkawinan anak sudah seharusnya disesuaikan. Dalam hal ini yang dimaksud adalah UU No 1 tahun 1974 yang berlaku selama 44 tahun.

“Jika dirunut ke belakang usulan penyempurnaan UU Nomor 1 tahun 1974 tersebut telah masuk sejak Propenas tahun 2000-2004. Karena tidak berhasil, kemudian diteruskan dalam beberapa Prolegnas, yang terakhir adalah Prolegnas 2015-2019,” tulis MK.

Oleh karena itu, untuk menyempurnakan isi Undang-Undang agar sesuai dengan tujuan bernegara perlu didakan revisi UU tersebut. MK berpendapat perubahan UU Perkawinan harus segera diselesaikan.

“Berkenaan dengan perkembangan tuntutan global yang telah disepakati yang sejalan dengan tujuan bernegara sebagaimana diamanatkan dalam Alinea Keempat Pembukaan UUD 1945 sehingga Mahkamah berpendapat penyempurnaan tersebut dapat lebih cepat dilakukan,” papar MK.
(asp/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

A New Era, Ajang ONE Championship Terbesar Sepanjang Sejarah

Liputan6.com, Tokyo – ONE Championship siap menggelar ajang bersejarah ONE: A New Era di Jepang, Minggu (31/3). Ajang ini akan digelar di Ryogoku Kokugikan, Tokyo, venue yang biasanya diperuntukkan menggelar ajang sumo di Jepang.

Bersejarah, karena ini pertama kalinya ONE Championship mentas di Jepang. Seperti diketahui, Jepang adalah salah satu negeri yang paling banyak melahirkamn cabang mixed martial arts (MMA), seperti Shooto, Pancrase, Pride, atau Dream.

Negeri ini juga sudah lama dikenal sebagai tanah kelahiran seni bela diri tradisional seperti karate, kempo, atau yudo. Maka itu, kehadiran ONE Championship di Jepang, terasa begitu pas karena organisasi bela diri yang bermarkas di Singapura ini juga mengusung tagline, “The Home of Martial Arts”.

ONE: A New Era juga disebut-sebut sebagai ajang terbesar yang pernah digelar ONE Championship. Pasalnya, di Ryogoku Kokugikan nanti, akan digelar empat bout perebutan gelar juara.

Duel juara dunia ONE Championship kelas lightwieght, Eduard Folayang menghadapi wakil tuan rumah, Shinya Aoki akan jadi puncak ajang ONE: A New Era. Selain itu, tampil juara juara dunia ONE Championship midleweigth, Aung La N Sang menghadapi penantangnya Ken Hasegawa.

Juara dunia kelas bantam ONE Championship, Kevin Beligon, juga akan tampil menghadapi Bibiano Fernandes dari Brasil.Sedangkan dari sektor putri, juara dunia straweight asal Tiongkok, Xiong Jing Nan akan berhadapan dengan Angela Lee (Singapura) yang merupakan juara dunia kelas atom.