Dirawat di Penang, Arifin Ilham Bicara Soal Oase Hati dan Kematian

Jakarta – Ustaz Arifin Ilham saat ini sedang menjalani perawatan akibat sakit di sebuah rumah sakit di Penang, Malaysia. Lewat media sosial dia mengunggah tulisan berjudul oase hati.

detikcom melihat tulisan yang diunggah ustaz Arifin Ilham lewat akun Facebook-nya, Sabtu (12/1/2019). Dia mengawali cerita soal manusia yang berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah, kembali kepada Sang Khalik.

Pimpinan Majelis Zikir Az-Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ini mengatakan kematian selalu mengingatkannya untuk terus menerus memohon ampunanNya. Membuat dirinya semangat beribadah karena tahu kehidupan di dunia ini fana, hanya sementara.


“Putaran waktu di dunia ini terlalu sebentar untuk mengumpulkan bekal hidup selama-lamanya. Sebentar, tetapi menentukan keadaan di Akhirat kelak. Dunia bukan untuk main-main apalagi maksiat. Umurku tidak sepanjang perjuanganku. Sementara dosaku banyak, ilmuku kurang, keadaan inilah membuat waktu hidup ini terasa semakin sebentar,” tulisnya.
Dalam tulisan itu, ustaz Arifin Ilham juga bicara soal kecintaannya terhadap keluarga hingga warga negara Indonesia. Dia berharap bangsa ini selalu damai dan penuh berkah Allah.

Berikut tulisan lengkap yang diunggah ustaz Arifin Ilham:

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarkaatuhu.

Siapa aku? Ya, aku dari tiada, sekarang ada, itu juga hanya sebentar, kembali lagi tiada. Aku berasal dari ayah ibu, kakek nenek, terus ke atas hingga mendarat di Datuk manusia, Nabi Adam dan Bunda Hawa. Ujung-ujungnya kita harus menyebut kita adalah bani Adam, keturunan Adam ‘alaihis salam. Sementara bahan dasar moyang kita itu dari tanah, sekarang di atas tanah, semua yang kulihat dari tanah, tidak lama lagi aku pun masuk ke dalam tanah. Ya, aku yang selalu apik merawat tubuh ini, ternyata calon bangkai yang berkalang tanah. Aku akan masuk ruang sunyi senyap berbantal tanah, kepala utara, kaki selatan miring ke kiblat. Belatung, cacing, bau busuk menyerengai dalam daging tulang yang selalu kurawat saat hidup. Harapan kita tentu Allah menjadikan kuburan kita, Taman Surga-Nya. Aamiin.

Astaghfirullah, inilah yang membuat aku terus-menerus memohon ampunan-Nya. Inilah yang membuatku semangat dalam beribadah, bernikmat dalam shalat, bahagia berlama-lama sujud di penghujung malam, menangis, dan menyelimuti diri dengan rasa takut akan murka dan azab-Nya. Allahu Akbar, inilah yang membuat gelora asa terpatri kuat dalam memburu ridha dan Syurga-Nya; inilah yang mendesakkan rasa rindu berjumpa dg-Nya. Inilah energi amal sholehku, dakwahku.

Inilah yang menjadi asbab bersemangat dalam mencari rejeki yang halal, kuat bestari dalam beramal silaturahim, sayang pada keluarga, sayang pada semua apalagi pada yang papa lebih-lebih pada saudara-saudara yang tertindas. Merenungi siapa aku, menjadikan diri ini disibukkan dg perbaikan diri, dan sama sekali tidak tertarik mencari aib orang lain, aib diri saja seabrek abrek. Lunglai sudah jika teringat akan siapa diri ini. Tertatih jasad ini dalam mengimbangi gelora ruh dan hati yang terus berjibaku menuju-Nya. Terluap “khouf” rasa takut hebat kpd-Nya dan “rojaa” berharap sangat kpdNya. Bergelayut sedih berbaur bahagia. Putaran waktu di dunia ini terlalu sebentar untuk mengumpulkan bekal hidup selama-lamanya. Sebentar, tetapi menentukan keadaan di Akhirat kelak. Dunia bukan untuk main-main apalagi maksiat. Umurku tidak sepanjang perjuanganku. Sementara dosaku banyak, ilmuku kurang, keadaan inilah membuat waktu hidup ini terasa semakin sebentar.

Duhai kalian, Abah yang telah berpulang, Mama, anak-anakku, istri-istriku, anak-anak yatimku, anak-anak santriku, keluargaku, guru-guruku, para sahabatku, jamaah zikir, juga kalian sahabat FB-ku, instagram-ku, saudara-sauadaraku di Palestina, Afghan, Irak, Suriah, Yaman, Mesir, Afrika Tengah, Ughur China, Khasmir, Rohingya, Patani, Moro dan seluruh umat, juga negeri Indonesia tercinta ini, telah masuk merenggut hati dan pikiranku. Diri ini, demi Allah, sayang semua, cinta semua karena Allah. Rasanya tidak disebut doa, kecuali kalian semua bagian doaku. Aku ingin semua damai dalam naungan Syariat-Nya dan hidup bahagia dalam Sunnah Nabi-Nya, sehingga negeri tercinta kita Indonesia hidup damai aman dalam penuh berkah Allah.

“Allahumma ya Allah ampunilah diri ini, dan semua kami. Selamatkanlah kami dari semua fitnah dunia dan kezholiman, dan terimalah mereka yg wafat sebagai syuhada disisiMu…

SubhanAllah air mata ini terus mengalir dalam oase hati ini krn sayangnya abang pada antum semua krn Allah
(hri/hri)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bawaslu Bogor Hentikan Laporan soal Kasus Pose Dua Jari Anies

JakartaBawaslu Bogor menghentikan laporan kasus pose dua jari yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Penanganan laporan dihentikan karena tidak memenuhi unsur pidana.

“Laporan yang dilaporkan yang diduga ada pelanggaran yang dilakukan oleh terlapor itu tidak memenuhi unsur, sehingga dianggap tidak memenuhi unsur pidana dan tidak dapat dilanjutkan dalam proses selanjutnya,” ujar Ketua Bawaslu Bogor Irvan Firmansyah saat dihubungi, Jumat (11/1/2019).

Irvan mengatakan Anies dianggap tidak terbukti melanggar Undang-undang 7 Tahun 2017 pasal 282 tentang Pemilu. Menurutnya, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa tindakan Anies menguntungkan atau merugikan salah satu pihak.

“Ya pertimbangannya kan unsur pasalnya yang disangkakan 282 jo 547. Pasal 282 itu kan pejabat negara dilarang membuat keputusan atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu calon tertentu selama masa kampanye,” ujar Irvan.

“Berdasarkan hasil klarifikasi, baik keterangan pelapor maupun terlapor dan saksi-saksi, tidak ada yang bisa membuktikan bahwa terlapor ini telah membuat keputusan yang menguntungkan atau merugikan, jadi unsurnya tidak memenuhi,” sambugnya.

Selain itu, Irvan juga mengatakan Anies telah memberikan surat pemberitahuan kepada Kementerian Dalam Negeri untuk menghadiri acara tersebut. Iravan juga menyatakan acara yang dihadiri Anies bukan sebuah kampanye.

“Berdasarkan keterangan Pak Anies itu bahwa sudah menyampaikan pemberitahuan akan menghadiri acar tersebut ke Kemendagri. Untuk cuti itu kan ketika menghadiri kampanye, nah sementara kegiatan itu adalah rapat internal partai Gerindra yang rutin dilakukan setiap tahun jadi bukan menghadiri kampanye,” tuturnya.

Sebelumnya, Anies dilaporkan kepada Bawaslu oleh Garda Nasional untuk Rakyat (GNR). GNR menilai gestur dua jari itu merupakan simbol kampanye karena dilakukan dalam acara Konferensi Nasional Gerindra.

Anies dilaporkan karena berpose salam dua jari saat mendapat kesempatan berdiri di podium Konferensi Nasional Gerindra di Sentul International Convention Center, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (17/12).
(dwia/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Panwaslu Bogor Sebut Anies Baswedan Bisa Terjerat Pidana Pemilu

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan mengklarifikasi kedatangannya di Konferensi Nasional Partai Gerindra pada Desember 2018. Menurut Anies, aktivitas dia menyampaikan kata sambutan, berbaju dinas pejabat Pemprov, dan menggunakan simbol jari tidak menabrak norma hukum sebagai aparat negara.

“Saya jelaskan seperti apa yang ada di video itu, tidak lebih dan tidak kurang terucap di situ jelas kalimatnya, Bawaslu bisa menilai. Terkait jari, setiap orang bisa memiliki interpretasi simbol,” kata Anies usai dicecar 27 pertanyaan oleh Bawaslu regional Bogor di Kantor Bawaslu RI, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Dari proses klarifikasi selama tiga jam, Anies berpendapat, mendatangi acara apa pun termasuk agenda partai politik adalah hal wajar dilakukan pejabat publik, sekelas gubernur. Asal, lanjut dia, acara tersebut bukan agenda ilegal atau terselubung.

“Ya memang (datang) sebagai gubernur. Normal saja bagi seorang gubernur mendatangi kegiatan diselenggarakan oleh parpol. Ini bukan kegiatan ilegal, gubernur bisa mendatangi kegiatan legal di negeri ini,” klaim Anies.

Perihal izin, Anies Baswedan mengaku sudah berkirim surat dengan pihak Kementerian Dalam Negeri. Mantan menteri pendidikan ini menjelaskan, sudah ada semacam pemberitahuan resmi dilakukan sebagai notifikasi kehadirannya di gelaran konfrensi nasional partai besutan Prabowo Subianto itu.

“Hari Jumat sebelum kegiatan di Sentul, saya mengirim surat ke Kemendagri, walau secara substansi gubernur bisa mengikuti kegiatan apa saja, selama bukan kegiatan kampanye,” ucap Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Anggota Bawaslu setempat dibantu Satpol PP menertibkan 68 APK yang melanggar.

Anies Hadiri Panggilan Bawaslu, Gerindra: Contoh Buat Pejabat Lain

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri panggilan Bawaslu terkait pose dua jari di acara Gerindra. Partai Gerindra memuji kepatuhan Anies.

“Kami mengapresiasi langkah Mas Anies Gubernur DKI yang menghadiri pemanggilan Bawaslu hari ini,” ujar anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade dalam keterangannya, Senin (7/1/2019).

Andre meminta pejabat lain yang bermasalah terkait pemilu bisa meniru sikap Anies. Anies dipanggil Bawaslu terkait pose dua jari di forum Konferensi Nasional Partai Gerindra beberapa waktu lalu.
“Ini merupakan contoh yang baik bagi para kepala daerah maupun pejabat negara yang lain,” sebut Andre.

“Meski beliau sudah meminta izin dari Mendagri untuk hadir dalam acara Konferensi Nasional Partai Gerindra di Sentul, beliau tetap menghormati pemanggilan Bawaslu,” tambahnya.

Dalam pemeriksaan, Anies dikonfirmasi terkait pose dua jari saat berada di acara tersebut. Dia memaklumi ada interpretasi yang berbeda atas pose jari yang dilakukannya. Bawaslu memberikan 27 pertanyaan kepada Anies.

“Setiap orang bisa memiliki interpretasi atas simbol. Normalnya kalau orang mengatakan dua jari, ya pakai jari telunjuk dan jari tengah. Itulah normalnya orang. Selama ini juga pasangan selalu menggunakan dua itu,” terangnya.
(gbr/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Anies Hadiri Panggilan Bawaslu, Gerindra: Contoh Buat Pejabat Lain

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri panggilan Bawaslu terkait pose dua jari di acara Gerindra. Partai Gerindra memuji kepatuhan Anies.

“Kami mengapresiasi langkah Mas Anies Gubernur DKI yang menghadiri pemanggilan Bawaslu hari ini,” ujar anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade dalam keterangannya, Senin (7/1/2019).

Andre meminta pejabat lain yang bermasalah terkait pemilu bisa meniru sikap Anies. Anies dipanggil Bawaslu terkait pose dua jari di forum Konferensi Nasional Partai Gerindra beberapa waktu lalu.
“Ini merupakan contoh yang baik bagi para kepala daerah maupun pejabat negara yang lain,” sebut Andre.

“Meski beliau sudah meminta izin dari Mendagri untuk hadir dalam acara Konferensi Nasional Partai Gerindra di Sentul, beliau tetap menghormati pemanggilan Bawaslu,” tambahnya.

Dalam pemeriksaan, Anies dikonfirmasi terkait pose dua jari saat berada di acara tersebut. Dia memaklumi ada interpretasi yang berbeda atas pose jari yang dilakukannya. Bawaslu memberikan 27 pertanyaan kepada Anies.

“Setiap orang bisa memiliki interpretasi atas simbol. Normalnya kalau orang mengatakan dua jari, ya pakai jari telunjuk dan jari tengah. Itulah normalnya orang. Selama ini juga pasangan selalu menggunakan dua itu,” terangnya.
(gbr/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bertandang ke Leuwi Lieuk, Curug yang Dikunjungi Angela Gilsha

Liputan6.com, Jakarta – Bogor masih jadi andalan pariwisata di Jawa Barat. Selain keindahan pegunungannya, Bogor juga memiliki banyak curug.

Salah satunya Curug Leuwi Lieuk di Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Lokasi ini sempat dikunjungi artis Angela Gilsha. Ia bahkan berendam di sana dan mengunggah fotonya dalam akun Instagram.

Mermaid lagoon,” tulis Angela sebagai keterangan foto pada akhir November 2018 . Dalam foto yang diunggahnya, terlihat air jernih curug tersebut. Air sungai jernih diapit dua tebing batu yang tinggi yang menghitam.

Selain berenang, melompat dari atas tebing setinggi enam meter menjadi sensasi tersendiri. Ada tiga spot yang bisa dipilih, yang paling tinggi 6 meter, menengah 5 meter, dan pendek 3 meter.

Bertandang ke lokasi curug ini terbilang mudah, dapat menggunakan jalur Sentul atau Citereup. Dari sana Anda menuju ke Bundaran Sentul Nirwana kemudian belok ke kiri ke Jungle Land.

Tiba di kawasan itu cari pintu masuk dan di sebelah kanan terdapat jalan agak menanjak. Ikuti jalan itu hingga tiba di pertigaan.

Dari sana belok ke kiri, ikuti jalan tersebut hingga sekitar 5 kilometer. Di jalan itu akan ditemui spanduk bertuliskan Curug Leuwi Hejo. Lokasi Curug Leuwi Lieuk hanya berbeda belokan.

Untuk tiket masuk Anda cukup membayar 10 ribu rupiah per orang. Curug Leuwi Lieuk buka mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Curug Awang yang ada di kawasan Geopark Ciletuh punya keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan curug lain di Pulau Jawa.

Prabowo-Sandi Sebut Anak RI Terbebani Utang, Begini Hitungannya

Jakarta – Capres-Cawapres nomor 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengeluarkan pernyataan soal utang dalam kampanye mereka. Menurut keduanya, setiap anak kecil di Indonesia ikut menanggung utang negara, cuma angka yang disampaikan Sandiaga dan Prabowo berbeda.

Prabowo mengatakan setiap anak yang baru lahir di Indonesia sudah menanggung utang negara sebesar Rp 9 juta. Sedangkan Sandiaga mengatakan setiap anak di Indonesia sudah menanggung utang sebesar Rp 13 juta.

Merespons pernyataan Sandiaga-Prabowo soal beban utang, anggota tim sukses (timses) Prabowo-Sandiaga Uno, Fuad Bawazier memberi penjelasan soal hitung-hitungan beban utang tersebut. “Prinsipnya sederhana sekali yaitu jumlah “utang” negara dibagi jumlah penduduk Indonesia yang sekitar 260 juta,” ujar Fuad yang juga anggota Dewan Pembina Partai Gerindra kepada detikFinance, Rabu (2/1/2019).

Cuma, menurut Fuad, utang negara tersebut harus dirinci lagi, yaitu utang dari penerbitan surat berharga negara (SBN) atau SBN plus pinjaman luar negeri.

Selain itu juga harus dirinci tentang saldo utang tersebut, dari pemerintah sebelumnya atau hanya di era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tinggal utang negara yang dimaksud pembicara itu yang mana? SBN doang atau SBN plus pinjaman luar negeri. Saldo per kapan? Saldo sejak/dari pemerintahan yang dulu dulu atau hanya yang dibuat oleh rezim Jokowi? Juga termasuk utang BUMN yang dijamin pemerintah atau tidak,” tutur mantan Menteri Keuangan itu.

Sampai berita ini diturunkan, Fuad belum menjawab pertanyaan detikFinance soal utang negara menurut Prabowo dan Sandiaga itu yang mana. Sebagai informasi, Prabowo menyampaikan pernyataan soal beban utang negara saat berbicara dalam acara Konferensi Nasional Partai Gerindra di Sentul Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Senin (17/12/2018).

Saat itu Prabowo menyinggung soal pendapat per kapita di Indonesia yang sebesar US$ 1.900 dan utang pemerintah.

“Tapi US$ 1.900 dipotong lagi utang. Ya, kita semua punya utang. Bahkan anakmu baru lahir punya utang. Utangnya kurang-lebih US$ 600. Jadi iya, utang kamu itu US$ 600. Kurang-lebih US$ 600 itu, berapa ya? Ya sekitar Rp 9 juta. Anakmu baru lahir, utang sudah Rp 9 juta,” kata Prabowo.

Sedangkan menurut Sandi nilai utang yang ditanggung setiap anak Indonesia lebih besar lagi, tepatnya Rp 13 juta. Pernyataan ini disampaikan Sandiaga usai membesuk Kades Sampangagung, Suhartono di Lapas Klas IIB Mojokerto, Rabu (2/1/2019).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menyinggung soal beban utang saat menjelaskan kepada wartawan seputar membangun infrastruktur tanpa berutang.

“Alhamdulillah itu sekarang menurut Bu Sri Mulyani dan Pak Darmin adalah salah satu pola, tapi belum dimaksimalkan pada pemerintahan sekarang. Di bawah Prabowo-Sandi kami ingin lebih maksimalkan karena kami tidak ingin menumpuk utang yang semakin berat. Karena sekarang setiap anak kecil di Indonesia sudah menanggung hutang Rp 13 juta,” kata Sandi. (hns/rvk)

Bukti Nyata AHM Tahu Banget Keinginan Anak Motor Jaman Sekarang

Liputan6.com, Jakarta Bagi mereka yang punya passion di dunia otomotif, memacu motor dengan kecepatan tinggi seperti balapan MotoGP tentu menjadi suatu hal yang didambakan. Namun, untuk mewujudkannya tak semudah membalikkan telapak tangan, butuh modal besar. Pertama memilik motor yang bertenaga tinggi seperti di MotoGP dan kedua adalah lintasan atau sirkuit yang memang aman untuk memacu kendaraan.

Dahulu, kedua hal itu sulit untuk diwujudkan namun tidak dengan masa-masa modern seperti ini. Melalui event RC213V-S MotoGP Street Experience, PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak konsumen Tanah Air merasakan sensasi mengendarai Motor supersport Honda RC213V-S merupakan motor versi jalan raya dari Honda RC213V yang ditunggangi pembalap Repsol Honda di ajang MotoGP.

Puncak event RC213V-S MotoGP Street Experience sendiri telah berlangsung pada Senin (10/12) di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor. Sebanyak 10 konsumen mengendarai Honda RC213V-S selama 3 lap dan satu aspal dengan pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) yang sudah mendunia seperti Dimas Ekky Pratama, Andi Farid Izdihar, dan Gerry Salim.

Sebelum tiba di Sirkuit Sentul, 10 konsumen terpilih AHM telah melalui serangkaian proses yang panjang. Diawali dengan seleksi online melalui website www.motogp-streetexperience.com, mereka terlebih dahulu harus mengunggah foto serta menceritakan momen terbaik ketika bersama Honda CBR series kesayangan lengkap dengan safety gear.

Dari 1.089  peserta, AHM memilih 20 kandidat terbaik untuk selanjutnya mereka menjalani pelatihan dan seleksi safety riding dengan menggunakan Honda CB150RR, CBR250RR dan Honda CB500F di Safety Riding Center Wahana Jatake (8/12).

Untuk benar-benar bisa menunggangi Honda RC213V-S, 10 peserta masih harus melalui tahap seleksi akhir. Penilaian berdasarkan kemampuan berkendara di sirkuit dengan menggunakan Honda CBR650F dan CBR1000RR yang langsung dievaluasi oleh para pebalap AHRT. Sebelum turun aspal, kesepuluh peserta mendapatkan Coaching Clinic, informasi keselamatan berkendara dan pengenalan produk yang dilakukan oleh Dimas Ekky Pratama dan Reza Danica Ahrens.

Euforia kebahagian pun segera berpindah ke lintasan, sebabnya tentu saja para peserta terbaik ini menunggangi Honda RC213V-S di Sirkuit Sentul sebanyak 3 putaran. Mereka mendapatkan kehormatan memacu motor yang mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-Valve, 6-speed dengan kapasitas mesin 999cc serta transmisi 6-speed dengan tenaga maksimal 117 kW/11.000 rpm serta torsi sebesar 102 Nm/10.500 rpm.

Konsumen Sadari Rahasia Gelar Juara Marquez

Seorang peserta yang mendapatkan nilai tertinggi, yakni Ezra Fiesta Kinanta mendeskripsikannya lebih jauh mengenai sensasi berkendara Honda RC213V-s. Pemuda 19 tahun yang memiliki koleksi motor CBR150R dan CBR250R ini memaparkan pengalamannya dengan penuh antusias dan bahagia.

Kehebatan mesin Honda RC213V-S juga tak luput dari penilaian Ezra yang memang sangat dekat hobi dengan dunia otomotif.

V-engine bergerak ke belakang, counter clockwise, sehingga pada saat masuk tikungan tidak ada inersia. Jadi, tidak ada efek diving atau bergoyang saat di tikungan. Pusat gravitasinya benar-benar di tengah. Itulah keunggulan mesin tipe V dibandingkan konfigurasi lain,” kata Ezra.

Tak berhenti di situ, Ezra juga menggambarkan poin lain yang mendukung konsep “Total Kontrol” pada Honda RC213V-S, termasuk dalam hal suspensi dan juga sistem perpindahan gigi.

“Suspensinya menggunakan swing arm yang besar, suspensi Ohlins, sudah menggunakan teknologi FDR, jadi benar-benar stabil saat di tikungan. Belum lagi teknologi kopling ganda yang memungkinkan pengendara memindahkan gigi tanpa harus menggunakan kopling. Jadi seperti video game. Ridernya tinggal berkonsentrasi pada balapan,” ujarnya.

Keistimewaan MotoGP Street Experience RC213V-S juga mendapatkan apresiasi dari Influencer, Dedi Mahendra Desta. Pria yang akrab disapa Desta ini mengatakan event yang digelar Astra Honda Motor ini sangat dan pasti banyak anak motor yang ingin merasakan sensasi mengendarai motor sport Marc Marquez.

“Ya ampun, rasanya ringan banget. Karena ini bodinya karbon ya jadi ringan banget. Gue nyobain berasa kayak mau terbang. Terima kasih Astra Honda, sesuatu yang membanggakan juga buat gue. Desta bisa nyobain motornya Marquez,” kata Desta dengan bahagia.

Soal Salam 2 Jari Anies, Kubu Prabowo Minta Mendagri Adil

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Konferensi Nasional Gerindra di Sentul, Jawa Barat, pada Senin 17 Desember 2018.

Usai berpidato, dari atas mimbar Anies bergaya salam dua jari, mengacungkan jempol dan jari telunjuknya.

Tindakan Anies itu berujung laporan ke Bawaslu. Garda Nasional Untuk Rakyat (GNR) melalui juru bicaranya, Agung Wibowo, menilai Anies melakukan kampanye dengan menunjukkan tangan jempol telunjuk.

“Dia sebagai sebagai pejabat publik melakukan pelanggaran Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 pasal 281 ayat 1, tentang Pejabat Publik yang harus cuti sehingga ini membuktikan bahwa di hari Senin itu sebagai pejabat publik yang harusnya ada di kantornya, tapi ternyata dia melakukan atau dia alasan diundang oleh Partai Gerindra dalam rakornasnya dia ke Sentul yang notabennya bukan berada di Provinsi DKI Jakarta,” kata Agung di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Desember 2018.

“Itu juga indikasinya adalah ketika dia menghancurkan sebuah simbol. Ini kan simbol dari 02, di mana kita tidak melaporkan ketika dia melakukan simbol ini di acara Jak Mania, karena itu memang simbol Jak Mania. Tapinya di acara Rakernas Gerindra,” sambung dia.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra