Sensasi Cita Rasa Nasi Goreng Melek Kopi di Kediri

Liputan6.com, Kediri – Ada menu masakan yang unik di kedai kopi ewok. Masakan khas yang selama ini menjadi andalan kedai tersebut dinamakan nasi goreng melek kopi. Sesuai namanya, bumbu masakan nasi goreng tersebut, ada kombinasi ekspreso (sari inti kopi).

“Selain rasa nasi goreng Jawa, ketika dimakan citra rasa kopinya sangat terasa. ini yang menjadi pembeda,” tutur Fani Wijayanto (40) pemilik Kedai kopi ewok, Jumat 9 November 2018.

Kedai kopi ewok pada tanggal 25 Oktober 2017 lalu. Seiring berjalanya waktu, muncul ide kreatif dari Departemen Kitchen untuk membuat menu masakan yang khas dan belum diadopsi oleh pemilik usaha makanan lain di Kediri.

Menu nasi goreng melek kopi baru ada sekitar empat bulan yang lalu.

“Ini merupakan hasil observasi dari Departemen Kitchen kita, dan satu – satunya yang ada dikediri yaitu nasi goreng melek kopi,” kata Fani.

Waktu pertama kali mulai dihidangkan, hasil karya masakan Deperteman kitchen kedai kopi ewok ini, ternyata mendapat sambutan positif dari para pengunjung. Pada umumnya ketika ditanya para pengunjung mengaku sangat suka dengan menu masakan inovatif tersebut.

“Biasanya para pecinta kopi, namun bagi pecinta kuliner bisa mencobanya monggo saja datang ke kedai kopi ewok jika penasaran,” ucap Fani.

Yang menjadi pembeda, jika nasi goreng pada umumnya menggunakan penyedap masakan berupa saos dan kecap, untuk nasi goreng melek kopi justru tidak. Sebagai gantinya di dalam masakan dituangkan eksperso.

“Kalau Nasi goreng melek kopi, tidak pakai kecap mau pun saos.Sebagai gantinya kita gunakan ekspreso (sari inti kopi),” ujar Adam, karyawan kedai kopi Ewok.

Proses pembuatan nasi goreng melek kopi dibutuhkan waktu 15 menit. Selesai dimasak, nasi goreng melek kopi dihidangkan ke konsumen dengan varian lauk pauk berupa satu telur dadar, potongan daging ayam, serta sayur dan cabe disisipi krupuk udang. Nuansa citra rasa kopi terlihat dari warna nasi goreng yang merah kehitaman.

Meski tidak menggunakan kecap dan saos, hal ini tidak mengurangi kelezatanya. Justru dengan adanya campuran ekspreso menambah keunikan khas rasanya dan terkesan tidak eneg dilidah. Dari enam varian menu masakan yang dihidangkan di Kedai kopi Ewok, masakan nasi goreng melek kopi menjadi salah satu favorit pilihan para pengunjung khususnya pecinta kuliner maupun pecinta kopi.

“Pengunjung yang datang tidak hanya lokalan masyarakat Kediri mas, juga ada dari luar daerah seperti Surabaya, Tulunganggung, Blitar, Pare dan Malang Jawa Timur,” katanya.

“Pada umumnya mereka penasaran dan ingin tahu mencicipi masakan nasi goreng melek kopi. Biasanya datang ke sini pada waktu Weekend,” ucap pria pemilik nama lengkap Adam Wahyu Kristanto ini.

Bagi yang penasaran dan ingin mencicipi masakan nasi goreng melek kopi, bisa datang langsung ke kedai kopi ewok di Jalan kawin No 3 Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

Harga per porsi masakan nasi goreng melek kopi dijual seharga Rp 32 ribu. “Selain makan langsung di kedai, banyak juga para pengunjung yang pesan dibungkus untuk dibawah pulang,” ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *