6 Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri yang Murah dan Simpel

5. Cara membuat hiasan dinding kamar bentuk kupu-kupu

Hiasan kamar ini mungkin sangat cocok digunakan oleh perempuan. Menghias kamar dengan kupu-kupu bisa menjadi option bagi kamu para perempuan yang ingin memberikan kesan elegant dan girly pada kamarnya. Cara membuat hiasan kupu-kupu itu sendiri sangatlah mudah. Kamu hanya membutuhkan kertas lipat warna-warni, gunting, serta lem perekat.

Untuk warna dari kertas lipat tentunya tergantung pada selera kamu. Jika kamu lebih suka warna yang senada, maka gunakan saja karton dengan warna yang sama. Jika kamu lebih menyukai hiasan yang terkesan berwarna, maka bermain dengan warna karton tentu bisa jadi pilihan dan hiasan ruang tamu buatan sendiri. Gunting kertas sehingga membentuk kupu-kupu, kemudian tempalkan dengan lem perekat di dinding kamar kamu

6. Cara membuat hiasan dinding kamar dari stik es krim

Pastinya stik es krim sudah tidak aisng khususnya bagi kamu yang doyan makan es krim. Tapi, pernahkah kamu menyangka bahwa stik es krim bisa menjadi salah satu benda yang mampu menghias bahkan memperindah kamar kamu. Caranya sebagai berikut:

Kamu bisa menempelkan stik es krim ini pada sebuah papan, kemudian membentuknya menjadi rumah, taman dll. Kemudian, gunakan cat kayu untuk memberikan warna, setelah itu tempelkan saja di kamar kamu. Karya yang sederhana dengan alat dan bahan yang juga sederhana, tetapi tentunya terkesan unik bahkan elegan.

Nah itu tadi ragam cara membuat hiasan dinding kamar yang mudah namun bisa memberi tampilan unik.

Cara Membuat Pomade Sendiri di Rumah, Enggak Pakai Ribet

Cara membuat pomade sendiri di rumah pun cukup sederhana. Selain itu, bahan yang digunakan pun menggunakan bahan alami. Sehingga kamu tak perlu khawatir akan kerusakan rambut yang akan kamu alami. Berikut ini cara membuat pomade yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa ribet.

Alat dan bahan yang digunakan

1. Beeswax atau lilin madu

Lilin madu ini bisa kamu temukan di toko kosmetik ataupun di toko online. Lilin madu ini sering digunakan pula sebagai bahan dasar kosmetik. Hal ini dikarenakan sifat dari lilin madu yang melembabkan dan juga berkilau.

2. Minyak kelapa

Tentu saja bukan jadi rahasia umum bisa minyak kelapa bisa digunakan sebagai melembabkan rambut dan juga mengatasi rambut rusak. Menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu bahan pembuatan pomade pun tak akan merusak rambut kamu.

3. Lempung bentonit

Lempung bentonit ini termasuk dalam jenis tanah liat loh. Pembentukan dari lempung bentonit ini terjadi kerena pelapukan abu vulkanik. Oleh karena itu, lempung bentonit ini pun kaya akan natrium dan juga kalsium. Selain itu, lempung bentonit juga memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas loh.

4. Minyak Essensial

Minyak essensial ini bisa kamu gunakan sebagai menambah wangi pada pomade yang akan kamu buat. Jadi jenis aroma minyak yang akan kamu gunakan pun tergantung dari selera kamu.

5. Minyak zaitun dan Minyak almond

Kedua minyak ini sama-sama memiliki fungsi untuk melembutkan dan juga melembabkan rambut. Selain itu banyak pula nutrisi yang ada untuk rambut kamu. Maka tak ada salahnya untuk menambahkan minyak zaitun dan juga minyak almond pada bahan dasar cara membuat pomade.

6. Panci dan wadah kecil

Panci sendiri kamu gunakan untuk memanaskan dan mencampurkan semua bahan yang ada. Sedangkan mangkuk ini bisa kamu gunakan untuk menuangkan bahan yang telah tercampur.

Rommy Tak Sendiri, Siapa Pihak Lain Terkait Suap Seleksi Jabatan Kemenag?

Jakarta – Anggota DPR yang juga Ketum PPP Romahurmuziy menjadi tersangka kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kemenag. KPK menyebut ada ‘pihak lain’ terkait kongkalikong seleksi jabatan tersebut.

“Dalam perkara ini diduga RMY (Romahurmuziy) bersama-sama dengan pihak Kementerian Agama RI menerima suap untuk mempengaruhi hasil seleksi jabatan pimpinan tinggi di Kemenag yaitu kepala kantor Kemenag Kabupaten Gresik dan kepala kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur,” ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Sabtu *(16/3/2019).

Syarif dalam tanya jawab saat jumpa pers, menegaskan KPK masih mendalami keterlibatan pihak lain tersebut. Hal ini ditelusuri, karena Rommy tidak memiliki kewenangan untuk mengurus jabatan di Kemenag.

“Karena kita tahu persis bahwa saudara RMY (Romahurmuziy) tidak punya kewenangan untuk mengurus jabatan tertentu. Oleh karena itu tidak mungkin dikerjakan sendiri. Tapi itu merupakan materi klarifikasi dan penyelidikan beberapa hari ini, kan kejadian baru kemarin,” jelas dia.

Romahurmuziy saat ini menduduki posisi anggota DPR di Komisi XI. Komisi XI membidangi urusan keuangan dan perbankan.

“Beliau tidak berhubungan langsung kalau dilihat tupoksi. Kalau kita lihat beberapa kasus yang pernah disidik dan dituntut KPK, kadang tupoksi kementerian tidak selalu berhubungan apa yang dikerjakan. Kalau melihat misalnya LHI dulu komisi I DPR mengurus luar negeri tetapi berhubungan impor daging komisi IV DPR. Ada pernah OTT DPRD di Bali tapi ada mengurus proyek di Sumatera Barat jadi tidak bisa dijadikan pola relasi, jadi bisa saja lintas sektor termasuk hal ini. Tapi saya pikir kasus ini kental hubungan kepartaian,” papar Syarif.

Romahurmuziy ditetapkan sebagai tersangka penerima suap total Rp 300 juta. Diduga Romahurmuziy membantu seleksi jabatan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur, Haris Hasanuddin.

Muafaq dan Haris juga ditetapkan KPK sebagai tersangka. Muafaq diduga memberi duit Rp 50 juta pada Jumat (15/3) ke Rommy, sedangkan Haris diduga menyetor duit Rp 250 juta ke Rommy pada 6 Februari 2019.

“Diduga terjadi kerjasama pihak-pihak tertentu untuk tetap meloloskan HRS dalam proses seleksi jabatan tinggi Kementerian Agama RI tersebut,” kata Syarif.
(fdn/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Caleg Diduga Cabuli Anak Sendiri Lari ke Mana?

JakartaCaleg PKS berinisial ‘AH’ di Pasaman Barat, Sumatera Barat, yang dilaporkan ke polisi karena diduga mencabuli anak kandungnya kabur. AH lari ke mana?

Kasus ini berawal dari laporan keluarga yang mendengar cerita langsung dari korban, CA. CA sebelumnya menceritakan perbuatan AH kepada sang nenek yang lantas meneruskan laporan ke polisi sebelum pihak berwajib meningkatkan status kasus caleg AH.

“Sudah ada alat bukti permulaan yang cukup, pengakuan korban dan hasil visum. Sekarang kasusnya sudah naik ke tahap penyidikan. Sudah tersangka sejak kemarin dan ditetapkan sebagai DPO,” ujar Kapolres Pasaman Barat, Sumbar, AKBP Iman Pribadi Santoso, Kamis (14/3/2019).


AH diduga kabur dari Sumatera Barat sehingga belum diperiksa terkait dugaan pencabulan anak kandungnya. Caleg PKS untuk DPRD Pasaman Barat itu sebelumnya dilaporkan pada 7 Maret. AH dilaporkan atas dugaan mencabuli anaknya sejak beberapa tahun lalu.

“Kita masukkan dalam DPO karena diketahui telah kabur meninggalkan Sumatera Barat,” jelas Iman.

Lalu, ke mana AH? Polisi mendeteksi AH berada di Bandung, Jawa Barat. Si caleg sudah berstatus sebagai tersangka setelah penyidik mendapatkan dua alat bukti.

“Posisi terakhir dari hasil penyelidikan kita, (AH) bukan lagi di Jakarta, tapi sudah ke Bandung,” kata AKBP Iman Pribadi Santoso kepada detikcom.

Iman mengaku sudah berkoordinasi dengan polres-polres yang ada di Jawa Barat untuk mencari yang bersangkutan. Penyidik terus melakukan pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus ini. Polisi juga melibatkan psikolog setempat.

Dalam pemeriksaan awal terungkap pencabulan berlangsung sejak korban CA berusia 10 tahun atau kelas III SD hingga berusia 17 tahun sekarang.

“Sudah lima saksi yang kita periksa. Selain korban, penyidik meminta keterangan kepada ibu dan neneknya serta dua orang bidan dari rumah sakit,” kata Iman.

“Jadi bukan sejak usia 3 tahun. Bukan. Tapi sejak kelas III SD,” katanya meluruskan.

PKS menegaskan Iman bukan caleg internal, melainkan dari eksternal. PKS juga membantah anggapan mereka tak selektif dalam memilih caleg.

“Beliau adalah tokoh masyarakat. Dikenal baik. Itu yang menyebabkan kita tertarik untuk membawanya sebagai caleg. Yang bersangkutan bukan kader internal, tapi eksternal,” kata Ketua DPD PKS Kabupaten Pasaman Barat Fajri Yustian kepada detikcom.

“Kami sangat terkejut mendengar kabar tersebut. Sebab, kami sudah sangat selektif dalam perekrutan seluruh caleg. Sepengetahuan kami terlapor juga akhlaknya terkenal baik dan memiliki rekam jejak yang baik di masyarakat,” kata Fajri.

Sementara itu, anggota Advokasi Hukum DPP PKS Zainudin Paru menyatakan akan berkoordinasi dengan KPU terkait kasus itu. PKS meminta KPU mencoret caleg tersebut dari Daftar Calon Tetap (DCT).

“PKS melalui DPD/DPW Sumbar akan sampaikan surat resmi ke KPU. Minta caleg tersebut dicoret dari DCT,” kata Paru, Rabu (13/3).
(gbr/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ciri-Ciri Pantun Beserta Contohnya, Mudah Dipelajari dan Bisa Bikin Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Pantun merupakan salah satu karya sastra yang tetap populer hingga saat ini. Pantun terlah berkembang sebagai media penuturan pesan dengan permaianan kata-kata.

Pantun termasuk dalam jenis puisi lama. puisi lama sendiri adalah puisi yang masih terikat oleh persajakan, pengaturan larik dalam setiap bait, jumlah kata dalam setiap larik, serta musikalitas puisi yang sangat diperhatikan.

Puisi lama sudah muncul sejak zaman dahulu dan sering digunakan dalam upacara-upacara adat. Pantun sendiri sudah dikenal luas dalam bahasa-bahasa Nusantara. Pantun juga biasa digunakan dalam upacara adat di berbagai daerah, hiburan, atau penyampaian pesan bijak.

Pantun dapat dibuat oleh siapa saja. Karena termasuk dalam puisi lama, pembuatan pantun terikat pada aturan-aturan bahasa tertentu. Maka dari itu, ciri-ciri pantun dapat mudah untuk dikenali.

Berikut ulasan mengenai pengertian dan ciri-ciri pantun yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (8/3/2019)

2 dari 4 halaman

Pengertian Pantun

Pantun berasal dari bahasa Minangkabau patuntun yang berarti petuntun. Pantun telah lama dituturkan oleh masyarakat Nusantara. Dalam kebudayaan Jawa, pantun biasa disebut dengan parikan, dalam kebudayaan sunda pantun disebut dengan paparikan sementara dalam budaya Batak disebut umpasa.

Pantun dapat melatih seseorang untuk berpikir sebuah makna kata sebelum diujarkan, selain itu pantun juga melati penuturnya bersifat asosiatif dengan berpikir bahwa suatu kata berhubungan dengan kata yag lain.

Pantun juga memiliki fungsi sosial. Hal ini karena pantun dijadikan sebagai media pergaulan yang cukup kuat hingga saat ini. Pantun menunjukkan seseorang berpikir dan bermain kata dengan cepat dan kreatif. Pantun berperan sebagai penyampai pesan yang dikemas secara puitis dengan sajak dan rima.

Pada mulanya pantun merupakan bentuk dari sastra lisan, namun saat ini juga sudah dijumpai pantun dalam bentuk tertulis.

3 dari 4 halaman

Ciri-ciri Pantun

Karena termasuk dalam puisi lama, pantun memiliki aturan terikat dalam penciptaanya. Sebuah pantun dapat dikenal dari ciri-ciri pantun itu sendiri. Ciri-ciri pantun tersebut antara lain adalah

1. Terdiri dari empat baris, setiap baris terdiri dari minimal 8 kata dan maksimal 12 kata.

2. Ciri-ciri pantun yang mudah dikenali adalah bersajak akhir dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a

3. Terdiri atas dua bagian yaitu sampiran dan isi. Dua baris pertama disebut dengan sampiran, sampiran kerap kali berkaitan dengan alam dan biasanya tak punya hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan maksud selain untuk mengantarkan rima sajak.

Sementara isi berada pada baris ketiga dan keempat yang berisi pesan atau makna utama dari sebuah pantun.

4. Pada pantun tidak terdapat nama penulis, berbeda dengan puisi atau karya sastra lainnya. Hal ini karena dahulu penyebaran pantun dilakukan secara lisan.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Pantun dan Contohnya

Berdasarkan isinya, pantun terdiri dari berbagai jenis. Berikut jenis-jenis pantun yang kerap ditemui dan contohnya:

Pantun Nasihat

Pantun nasihat memiliki isi yang bertujuan menyampaikan pesan moral dan didikan. Pantun nasihat biasanya memiliki pesan-pesan bijak yang mengajak untuk berbuat baik.

Contoh:

Jalan-jalan ke Kota Blitar

jangan lupa beli sukun

Jika kamu ingin pintar

belajarlah dengan tekun


Pantun Jenaka

Pantun jenakan merupakan pantun yang dibuat untuk tujuan hiburan. terkadang pantun jenaka dijadikan sebagai media untuk saling menyindir dalam suasana yang penuh keakraban, sehingga tidak menimbulkan rasa tersinggung, dan dengan pantun jenaka diharapkan suasana akan menjadi semakin riang.

Contoh:

Duduk manis di bibir pantai

Lihat gadis, aduhai tiada dua

Masa muda kebanyakan santai

Sudah renta sulit tertawa


Pantun Teka Teki

Ciri-ciri pantun teka-teki adalah kalimat pertanyaan pada baris akhir pantun. Pantun ini berisi teka-teki untuk para pendengarnya.

Contoh:

Kalau tuan muda teruna

Pakai seluar dengan gayanya

Kalau tuan bijak laksana

Biji di luar apa buahnya


Pantun Cinta

Pantun cinta merupakan pantun yang isi pesannya berhubungan dengan cinta, romantisme atau asmara antara dua insan. Hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakan pantun cinta untuk mengungkapkan cintanya.

Contoh:

Walaupun hanya sebatang tebu

Tetapi bisa diramu

Walaupun jarang ketemu

Cintaku hanya untukmu


Pantun Agama

Tujuan dari pantun agama sama dengan pantun nasihat, yaitu memberikan pesan moral dan didikan. Pantun agama membahas mengenai manusia dengan pencipta-Nya. Berbeda dari pantun nasehat, pantu agama lebih spesifik isinya karena diselipkan nilai-nilai dan prinsip agama tertentu.

Contoh:

Banyak bulan perkara bulan

Tidak semulia bulan puasa

Banyak tuhan perkara tuhan

Tidak semulia Tuhan Yang Esa


Pantun Peribahasa

Seperti namanya, pantun peribahasa merupakan pantun yang didalamnya terdapat kalimat peribahasa yang pada umumnya memiliki susunan tetap.

Contoh:

Berakit-rakit kita ke hulu

Berenang kita ke tepian

Bersakit-sakit kita dahulu

Bersenang-senang kemudian


Pantun Kiasan

Pantun kiasan berisi pantun dengan kalimat kiasan. Artinya, pesan yang ada pada pantun ini disampaikan secara tersirat.

Contoh:

Berburu ke padang datar

Dapatkan rusa belang kaki

Berguru kepalang ajar

Bagaikan bunga kembang tak jadi

Lahir Tanpa Kaki, Ibu di Sumenep Tega Buang Bayinya Sendiri

Liputan6.com, Sumenep – Seorang ibu berinisial SF (37) asal Dusun Pesisir, Desa Essang, Sumenep, Madura, tega membuang bayi yang baru dilahirkannya lantaran sang bayi lahir tanpa kaki.

Polres Sumenep saat dikonfirmasi Liputan6.com membenarkan adanya praktik pembuangan bayi yang baru dilahirkan. “Dari hasil keterangan tersangka, pelaku malu karena anaknya cacat. Makanya tega membuang bayinya yang baru dilahirkan,” kata Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Moh Heri, Rabu malam, (6/3/2019).

Heri menjelaskan, pada Selasa, 5 Maret 2019, sekitar pukul 11.00 WIB, pelaku datang ke Puskesmas setempat bersama putra ketiganya untuk memeriksa kehamilan. Saat itu kandungannya terasa sakit dan mengalami pendarahan. Setelah di pemeriksa bidan, ternyata kandungannya baru memasuki usia 6 bulan.

“Berselang satu jam, pelaku melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki dalam kondisi cacat pada kaki sebelah kanan buntung. Pukul 18.00 WIB kemudian pelaku pulang ke rumahnya,” ungkap Heri.

Dalam perjalanan pulang ia bersama anaknya mengendarai sepeda motor, kemudian bayi tersebut diletakkan di rumah kosong yang ada di sebelah rumahnya. Pukul 21.00 WIB, pelaku seorang diri membawa bayi tersebut mengendarai sepeda motor untuk membuangnya.

Pelaku yang kebingungan akhirnya membuang bayinya sendiri di kuburan di Desa Palasa, Kecamatan Talango. Pada Rabu pagi, 6 Maret 2019, sekitar pukul 07.00 WIB, bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut ditemukan oleh seorang ibui sewaktu pulang dari pasar. Ibu bernama Rahmi itu kemudian membawa sang bayi pulang ke rumahnya.

“Untuk mendapat perawatan medis karena bayi itu kondisinya kurang sehat. Sehingga ibu Rahmi membawa bayi ke Puskesmas,” kata Heri.

Saat ini pelaku sudah berhasil diamankan, selanjunya akan diserahkan ke unit PPA Polres Sumenep untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, guna mengungkap apa motif sebenarnya pelaku tega membuang bayi yang baru dilahirkannya sendiri.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Ditanya soal Kasus dan Perempuan, Andi Arief: Silakan Nilai Sendiri

Jakarta – Politikus Demokrat Andi Arief tak berkomentar banyak mengenai penangkapan dirinya karena narkoba termasuk soal perempuan yang berada di kamar hotel. Andi Arief menyerahkan penilaian kepada publik.

“Silakan dinilai sendiri, silakan dinilai sendiri,” ujar Andi Arief kepada wartawan saat berjalan menuju gedung Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Jl MT Haryono, Jakarta Timur, Rabu (6/3/2019).

Saat berjalan dari gedung BNN, Andi Arief diberondong banyak pertanyaan mulai dari proses asesmen-rehabilitasi di BNN, cuitan terkait Mahfud Md, tanggapan atas penanganan kasus hingga ke sosok perempuan yang disebut polisi eks mahasiswi berinisial R alias L.

Andi Arief ditangkap di Hotel Menara Peninsula, Slipi, Jakarta Barat, sekitar pukul 18.30, Minggu (3/3). Dari kamar hotel, polisi menemukan sejumlah barang bukti terkait pemakaian narkoba. Sedangkan hasil tes urine, Andi Arief dinyatakan positif mengonsumsi sabu.

“Terhadap tersangka pengguna narkotika yang tertangkap tangan dengan bukti hasil pemeriksaan urine positif menggunakan, sedangkan tidak ada barbuk di tersangka maka tidak dilakukan penyidikan namun dilakukan interogasi. Maka terhadap saudara AA tidak dilakukan penahanan karena tidak perkaranya tidak dilanjutkan ke penyidikan,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal.

Sedangkan Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Eko Daniyanto mengatakan perempuan yang bersama Andi Arief, berada di kamar mandi saat penangkapan. Perempuan itu ikut diperiksa polisi.

Dari kamar mandi, polisi juga menemukan alat isap sabu (bong) di dalam kloset. Perempuan berinisial L itu langsung diperiksa di kamar sebelah.

“Untuk masalah wanitanya kita lakukan pemeriksaan, kita pisah, saya tidak mau (dia) dipengaruhi atau takut. Tim memeriksa di kamar sebelah, untuk wanita tes urine negatif,” papar Eko.

Setelah pemeriksaan rampung, polisi menghubungi keluarga perempuan untuk dijemput. Perempuan berinisial L itu juga meneken surat perjanjian.

“Karena ini negatif tanpa ada narkoba,” sambung Eko.
(fdn/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Sangat Praktis dan Hemat

Liputan6.com, Jakarta Mengubah penampilan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mewarnai rambut. Ya, warna rambut bisa membuat penampilan seseorang menjadi semakin terlihat menarik. Tak hanya memberikan tampilan yang baru, mewarnai rambut juga bisa menimbulkan perasaan lebih percaya diri dan menimbulkan mood yang lebih baik.

Nah, tempat yang pas untuk membantu kamu dalam mewarnai rambut adalah salon. Salon menjadi tempat yang pertama dituju ketika kamu ingin mewarnai rambut. Tempat ini dipilih karena kamu tidak ingin gagal dalam mewarnai rambut. Bahkan kamu rela membayar mahal agar mendapatkan hasil maksimal.

Sebenarnya kamu bisa mewarnai rambut lebih efektif dan tentu saja lebih murah jika mencobanya sendiri di rumah. Melalui langkah-langkah yang tepat, hasil pewarnaan rambut sendiri pun tak kalah bagusnya dengan hasil pewarnaan di salon. Hanya saja kamu perlu memperhatiakn beberapa hal penting untuk mendapatkan warna rambut seperti yang kamu inginkan.

Nah, kali ini Liputan6.com, Selasa (5/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber terkait hal yang perlu diperhatikan saat sebelum mewarnai rambut sendiri dan cara mewarnai rambut sendiri di rumah yang bisa kamu coba.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mewarnai Rambut di Rumah

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mewarnai rambut sendiri. Telah dikutip dari Purewow, ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mewarnai rambut sendiri.

1. Pilih warna yang tepat

Kamu bisa menggunakan warna dengan 2 hingga 3 tingkat lebih terang atau lebih gelap. Hal ini akan membuat warna rambut kamu tetap cocok dengan warna kulit. Jadi jangan hanya mengikuti tren di media sosial, ya.

2. Mendapatkan warna rambut yang terang

Kalau kamu memilih warna yang terang, kamu perlu menggunakan 2 kotak cat rambut. Hal ini untuk memastikan semua helai tertutupi dengan sempurna.

3. Menjaga warna rambut

Tak jarang, mewarnai rambut cenderung mudah pudar dan membuat kamu jadi sering mewarnai kembali rambut. Agar tahan lama, ini ada beberapa triknya.

Saat kamu tidur, gunakan sarung bantal yang halus. Saat kamu mandi, gunakan shower cap dan jangan terlalu sering keramas, agar warnanya tidak cepat pudar. Untuk kegiatan luar ruangan, kamu bisa menutupi rambut dengan topi atau scarf.

4. Pertama kali mewarnai rambut sendiri

Hal yang perlu diperhatikan buat kamu yang baru pertama kali mewarnai rambut sendiri adalah cara menyisir rambutnya. Jangan terlalu kasar ketika menyisir rambut, agar tidak merusak batang rambut.

Saat mulai mewarnai rambut, sebaiknya kamu menggunakan kain pelapis. Jadi saat baju kamu terkena cat rambut, kamu akan lebih mudah menggantinya. Selain itu, selama proses mewarnai rambut, lebih baik jepit rambut menjadi beberapa bagian. Sehingga kamu tahu bagian mana yang belum diwarnai.

3 dari 3 halaman

Cara Mewarnai Rambut Sendiri

1. Pilih produk cat rambut yang tepat

Cara mewarnai rambut pertama yang bisa kamu lakukan sebelum mewarnainya sendiri adalah dengan memilih produk pewarna rambut yang tepat. Pilih produk dengan formula yang tidak mudah tumpah, sehingga aplikasinya jadi lebih mudah saat dilakukan sendiri di rumah.

2. Siapkan perlengkapan

Selanjutnya, cara mewarnai rambut sendiri kamu perlu menyiapkan segala peralatan yang diperlukan untuk mewarnai rambut sendiri. Mulai dari produk pewarna rambut pilihan, mangkuk non-logam sebagai wadah pewarna, brush atau sikat untuk mengaplikasikan pewarna rambut, beberapa jepit rambut, sarung tangan dan handuk yang dikenakan di bagian pundak untuk melindungi pakaian dari pewarna yang menetes. Jika peralatannya sudah lengkap, kamu bisa mulai melakukan ritual mewarnai rambut ini.

3. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian

Teknik yang tepat sangat penting untuk membuat hasil pewarnaan jadi lebih maksimal. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian dan gunakan jepit untuk menahan rambut agar tidak jatuh. Hal ini sangat penting untuk memudahkan aplikasi pewarna rambut agar lebih merata.

4. Cara mengaplikasikan cat rambut

Campurkan pewarna rambut dalam sebuah wadah dan gunakan brush khusus. Fokus pada satu bagian rambut dan mulailah proses aplikasinya hingga merata. Jangan lupakan bagian ujung rambut yang sering terlewatkan. Lakukan sedikit demi sedikit helai rambut agar pewarnaan lebih merata dan hasilnya maksimal.

5. Tips membersihkan pewarna rambut di pelipis

Mewarnai rambut sendiri di rumah bisa lebih praktis jika memilih produk pewarna rambut yang memiliki formula non drip. Jadi, tidak gampang menetes di pelipis. Ya, karena mewarnai rambut sendiri di rumah memang rentan berantakan.

Nah, kamu bisa mensiasati masalah ini dengan membersihkan sisa pewarna rambut di kulit dengan handuk yang diberi air hangat dan sabun cair. Usapkan dengan lembut di pelipis hingga sisa pewarna yang menempel hilang.

Cara Jualan Pulsa Sendiri yang Mudah Agar Sukses Raup Keuntungan

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan zaman saat ini membuat seseorang dapat dengan mudah memulai usaha atau bisnis. Jika Anda berpikir untuk memulai sebuah usaha diperlukan modal besar, sebaiknya ubah pola pikir Anda. Modal besar belum tentu menjamin sebuah bisnis akan berjalan dan menguntungkan.

Salah satu usaha yang tak membutuhkan modal besar adalah berjualan pulsa. Hanya bermodal ponsel dan uang untuk deposit pulsa, Anda sudah dapat berjualan pulsa. Bahkan Anda tak perlu membuka toko atau kios. Anda bisa menawarkan pulsa ke tetangga, rekan kerja, atau orang terdekat lainnya.

Bisnis ini dapat dilakukan oleh siapapun baik ibu rumah tangga, mahasiswa, atau bagi Anda yang sekadar ingin memperoleh pendapatan tambahan. Cara jualan pulsa juga pastinya sangat mudah. Berikut cara jualan pulsa yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(1/3/2019).

2 dari 4 halaman

Cara Jualan Pulsa

Cara jualan pulsa yang pertama adalah dengan menyiapkan ponsel beserta kartu SIMnya. Tak perlu ponsel yang canggih atau bagus, Anda bisa berjualan pulsa dengan ponsel jadul.

Siapkan juga uang untuk deposit awal pulsa. Anda bisa tentukan sendiri nominal awal deposit pulsa Anda. Kemudian datang ke distributor pulsa yang ada di daerah Anda. Pilihlah distributor resmi yang terpercaya.

Daftarkan diri Anda sebagai penjual pulsa di distributor tersebut. Lakukan deposit pulsa dengan nominal yang telah Anda tentukan sebelumnya. Jangan lupa untuk mengecek saldo deposit pulsa yang telah masuk di ponsel Anda. Dengan demikian, Anda sudah dapat mulai berjualan pulsa.

3 dari 4 halaman

Tips Cara Jualan Pulsa Agar Raup Banyak Keuntungan

Tak perlu ambil keuntungan besar

Cara jualan pulsa agar mendapat banyak keuntungan adalah dengan tidak memberikan harga yang lebih tinggi dari harga pulsa ditempat lain.

Bisnis pulsa merupakan usaha dengan perputaran modal cepat. Harga yang terlalu mahal akan membuat Anda ditinggalkan karena banyak pesaing yang memiliki harga yang lebih murah.

Sebaiknya Anda kerap melakukan survei harga sehingga Anda tahu berapa kisaran harga pulsa di daerah Anda. Dengan demikian, Anda dapat terus mengikuti pasar dan pelanggan Anda menjadi loyal dan tidak meninggalkan Anda.

Jangan Mau di-Bon

Biasanya penjual akan dihadapkan dengan dilema yang sulit dihindari, yakni menghadapi orang-orang yang melakukan utang atau bon pulsa. Walaupun terkesan remeh, hal ini merupakan hal yang paling sering membuat usaha menjadi jalan di tempat atau malah terhenti.

Banyaknya pembeli yang berutang, membuat para penjual tidak bisa memutar modal. Saat deposit habis, maka tidak bisa melakukan pengisian deposit dengan maksimal karena sebagian modalnya belum kembali.

Hal ini tentunya akan sangat disayangkan, apalagi jika modal tersebut tidak pernah kembali karena pelanggan Anda kemudian lupa membayar atau sulit dihubungi untuk membayar utang pulsa mereka yang semakin menumpuk seiring dengan berjalannya waktu.

Berikan Pelayanan Terbaik

Mudahnya cara jualan pulsa membuat banyak orang yang melakoni bisnis ini. Hal ini membuat Anda memiliki banyak pesaing.

Untuk itu, dengan memberikan pelayanan terbaik akan membuat Anda lebih unggul dari pesaing lainnya. Akan sangat sulit jika kita bersaing harga, tapi bersaing pada ranah pelayanan akan sangat mungkin dilakukan.

Jika pelayanan Anda cepat dan memiliki respons yang cepat, maka Anda akan diingat oleh pelanggan Anda dan mereka akan kembali membeli kepada Anda. Beri kemudahan dan buat pelanggan nyaman untuk membeli lagi kepada Anda.

Promosi yang Tepat

Tidak ada yang akan membeli apa pun jualan Anda jika tidak ada yang mengetahui bahwa Anda berjualan, bukan? Membuat usaha pulsa Anda dikenal banyak orang dapat dilakukan secara gratis dengan memanfaatkan kekuatan massa.

Anda bisa melakukan bisnis dengan pelayanan yang baik sehingga bisnis akan dikenal dari mulut ke mulut karena customer sangat puas dengan pelayanan yang diberikan.

4 dari 4 halaman

Keuntungan Berjualan Pulsa

Saat ini hampir setiap orang memiliki ponsel untuk berkomunikasi. Sebagian besar masyarakat menggunakan kartu telepon pra bayar. Jadi kebutuhan untuk mengisi pulsa pra bayar dapat Anda jadikan sebagai usaha kecil menguntungkan dengan laba besar.

Meski saat ini sudah ada layanan untuk membeli pulsa secara online, berjualan pulsa secara offline masih dapat meraup banyak keuntungan.

Dengan modal kecil sekitar Rp 1 jutaan, Anda sudah dapat memulai usaha ini. Anda cuma perlu mendaftar ke provider pulsa elektronik online, dan memasukan deposit modal.

Tak hanya pulsa operator seluler, Anda juga dapat membuka bisnis jualan pulsa listrik. Saat ini jumlah pelanggan listrik pra-bayar terus bertambah. Hal ini tak lepas dari langkah PT PLN yang tak lagi menggunakan meteran listrik lama. Diharapkan, dengan menggunakan token listrik, masyarakat semakin sadar dan mandiri akan kebutuhan listrik mereka.

Bisnis jual token listrik mungkin memberikan komisi yang kecil. Namun dengan jumlah pemakai yang semakin besar, pendapatan kecil tersebut bisa menjadi besar. Bayangkan, bila setiap hari ada sepuluh orang yang membeli token listrik.

Untuk menjadi agen atau mitra usaha penjualan token listrik, PLN telah menunjuk beberapa beberapa bank yang memudahkan proses transaksi dan usaha yang dilakukan. Semakin banyak pilihan, semakin mudah untuk menjadi rekanan dan meraup keuntungan. Apalagi kalau di lingkungan sekitar belum ada tetangga yang membuka bisnis ini.

Cara Membuat Scrapbook Sendiri, Hadiah Istimewa Tanpa Ribet

Liputan6.com, Jakarta Memberi hadiah kepada orang-orang yang disayang memang sangat menyenangkan. Seseorang memberikan hadiah sebagai wujud kasih sayang saat berulang tahun, kelulusan, pernikahan dan momen momen bahagia lainnya.

Nah, salah satu hadiah yang akan membuat orang tercintamu terkesan adalah serangkaian scrapbook yang berisi banyak kenangan. Scrapbook sendiri adalah seni menempel foto dan hiasan lainnya hingga menjadi sebuah karya yang menarik.

Scrapbook tak hanya sekadar album foto, tapi juga sebuah karya seni yang memiliki kenangan. Dan yang paling penting, scrapbook adalah ekspresi citya dan kasih sayang.

Seiring dunia makin barbasis digital. Scrapbook buatan tangan juga makin digemari. Hal ini karena banyak tutorial atau cara membuat scrapbook yang bebas diakses. Bahkan pilihan dan variasi desain scrapbook dapat ditemukan dengan mudah.

Scrapbook cukup menarik dijadikan hadiah. Selain memberi kesan eksklusif dan handmade, cara membuat scrapbook juga terbilang mudah.

2 dari 7 halaman

Mengenal Scrapbooking

Scrapbooking adalah pembuatan dan pendokumentasian menggunakan buku dengan halaman kosong dan menambahkan foto, memorabilia, penjurnalan, dan hiasan.

Scrabooking dikenal juga sebagai cropping, tujuan utama scrapbooking adalah untuk mengemas sebuah kenangan untuk generasi mendatang, tujuan lain dari kegiatan scrapbooking adalah untuk melatih kreativitas saat menyusun scrapbook itu sendiri.

Scrapbooking telah menjadi hobi yang ada sejak abad ke 15 dan 16. Pada awalnya, scrapbooking hanyalah sebuah kegiatan mengoleksi sesuatu dalam sebuah buku. Koleksi-koleksi ini bisa termasuk resep, kartu ucapan, potongan memorabilia kertas, tiket, atau playbill.

Seiring perkembangannya, scrapbook menjelma sebagai media mendokumentasikan kenangan berupa foto-foto yang di rangkai sedemikian rupa dengan sentuhan seni.

Di Amerika Hobi ini menjadi sangat populer dari tahun 2001 hingga 2005. Hobi ini kemudian memunculkan lebih dari 1.600 industri yang menciptakan produk scrapbooking senilai $ 2,5 miliar pada tahun 2003. Munculnya blogger juga menjadi kemungkinan scrapbook semakin populer.

Scrapbook digital juga makin populer, ini memungkinkan orang untuk membagikan secara online dan cetak hard copy dari sebuah scrapbook. Dengan berbagai kemudahan yang didapat membuat cara membuat scrapbook sendiri lebih mudah dilakukan.

Nah setelah mengenal singkat apa itu scrapbook, mungkin kamu tertarik untuk membuat scrapbookmu sendiri atau untuk orang-orang spesialmu. Cara membuat scrapbook cukup mudah, kamu bisa melakukannya sendiri dirumah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Sabtu (2/3/2019), cara membuat scrapbook sendiri di rumah

3 dari 7 halaman

Kumpulkan Alat dan Bahan

Cara membuat scrapbook sendiri yang pertama adalah menyiapkan peralatan. Untuk mulai membuat scrapbook kamu tak hanya sekadar memerlukan kumpulan foto dan buku kosong. Kamu juga membutuhkan alat tulis, perekat, gunting, dan hiasan untuk memberi sentuhan seni pada scrapbook. Pilih kertas yang sesuai dengan model scrapbook yang kamu inginkan.

4 dari 7 halaman

Pilih Tema

Cara membuat scrapbook sendiri agar menarik dan berkesan adalah menentukan tema. Pertama kamu harus menetukan tema apa yang akan kamu gunakan di scrapbookmu.

Mulailah dengan sesuatu yang lebih spesifik.Pikirkan apakah scrapbook yang akan kamu fokus pada hal apa. Misal untuk kelulusan, ulang tahun, atau mungkin pernikahan. Pikirikan tentang pengalaman dan momen berharga bersama orang tercinta.

5 dari 7 halaman

Kumpulkan Foto dan Hiasan

Setelah memilih tema, saatnya beralih ke pilihan foto. Kumpulkan sebanyak mungkin foto yang terkait dengan tema yang kamu pilih. Kamu juga bisa menghubungi teman atau anggota keluarga untuk menanyakan apakah mereka memiliki foto-foto spesial lainnya dan bersedia membaginya denganmu. Lebih baik memiliki lebih banyak foto dari yang perlukan sehingga kamu akan memiliki banyak pilihan.

Untuk mempermudahnya kamu dapat mengatur semua foto dalam koleksi menjadi beberapa grup. Misalnya foto saat bayi, foto liburan, foto kerja, dan lainnya. Jika foto dikelompokkan, itu akan membuat pemilihan foto lebih cepat dan lebih saat mulai menyusunnya di scrapbook.

Perbedaan terbesar antara scrapbook dan album foto biasa adalah hiasan yang diberikan. Hiasan dapat berupa potongan renda, kertas bermotif,stiker, glitter, manik-manik, bunga kering, dan benda-benda menarik lainnya.

Kamu juga bisa menggambar langsung jika mempunyai sentuhan seni tinggi. Selain itu kamu juga bisa mencetak sendiri hiasan berupa gambar-gambar untuk scrapbook yang tersedia gratis di internet.

6 dari 7 halaman

Tentukan Ukuran

Menentukan ukuran scrapbook akan membantumu menentukan berapa banyak foto dan hiasan yang akan digunakan. Pastikan juga ukuran foto pas dengan scrapbook.

Scrapbook tak memiliki batasan ukuran. Kamu dapat menentukan sendiri ukuran scrapbook yang kamu buat. Tentukan ukuran yang tidak terlalu besar namun juga tak terlalu kecil untuk scrapbookmu.

Dua ukuran paling populer untuk scrapbooking adalah 12×12 inci dan 8,5 x -11 inci. Yang pertama akan memberi Anda lebih banyak ruang untuk berkreasi. Pilihan kedua adalah pilihan yang baik jika Anda tak memiliki banyak ide untuk mengisi tiap halaman.

7 dari 7 halaman

Atur Tata Letak dan Halaman

Tentukan tata letak yang ingin kamu pilih. Kamu bisa menyusu tata letak secara kronologis pada tiap halamannya. Dengan mengatur tata letak akan membantumu memilih foto mana yang hendak dipilih.

Mendesain tata letak bisa menjadi tantangan terbesar scrapbooking. Pilih titik fokus pada tiap halamannya. Ke mana kamu ingin mata tertuju terlebih dahulu di sebuah halaman? Jika fokus tersebut adalah satu foto tertentu, atur desain agar foto itu terlihat menonjol.

Jika kamu memiliki banyak foto, rapikan! Gunakan kolase, kisi dan foto yang lebih kecil untuk mendapatkan lebih banyak foto di halaman scrapbook.

Jika Anda benar-benar bingung bagaimana cara menata halaman scrapbook, situs-situs seperti Page Maps menawarkan sketsa-sketsa indah yang dapat menjadi inspirasi desain untukmu. Kustomisasi templat dengan foto dan gayamu sendiri.