Cara Ampuh Mengubah Suasana Hati Sedih jadi Senang Berdasarkan Zodiak

Liputan6.com, Jakarta Mengembalikan suasana hati yang berantakan kembali netral atau senang itu tidak mudah. Makan cokelat, es krim atau melakukan aneka hal lain sudah dilakukan tapi tak bisa mendongkrak suasana hati. Jika itu terjadi, bisa dengan menggunakan pendekatan zodiak.

Melansir dari Your Tango, Jumat (15/3/2019) in tips mengubah suasana hati yang buruk menjadi lebih baik, berdasarkan zodiak Anda:

1. Aries (21 Maret – 19 April)

Cara terbaik untuk mendapatkan suasana hati yang bahagia, bagi Anda yang berzodiak Aries adalah melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Aktivitas seperti berenang atau bermain sepak bola dapat memompa darah dan mendorong endorfin untuk ‘menendang’ suasana hati yang buruk.

2. Taurus (20 April – 20 Mei)

Untuk mengubah mood sedih menjadi bahagia, manjakan diri Anda dengan makanan mahal atau pergi ke spa. Hal ini merupakan obat ajaib untuk menghilangkan bad mood.

3. Gemini (21 Mei – 20 Juni)

Keluar dan bersosialisasilah! Langkah terbaik untuk menghilangkan suasana hati yang buruk bagi Gemini adalah dengan bersama teman-temannya.

Senang Kembali Main, Alli Kecewa Spurs Kalah

SouthamptonDele Alli kembali bermain saat Tottenham Hotspur melawat ke kandang Southampton. Senang bisa comeback, Alli kecewa Spurs kalah.

Saat bertanding di St Mary Stadium, Sabtu (9/3/2019), Spurs takluk dengan skor akhir 1-2. Tim asuhan Mauricio Pochettino unggul lebih dulu via gol Harry Kane pada babak pertama.

Lengah di babak kedua, Spurs kebobolan dua gol. Yan Valery dan James Ward Prowse yang membobol gawang Hugo Lloris.

Alli menjadi starter setelah absen sejak Januari. Dia bermain selama 82 menit, lalu diganti Fernando Llorente.

Akibat kekalahan ini, Spurs dalam posisi sulit untuk mengamankan posisi empat besar. Kini, The Lilywhites ada di posisi ketiga klasemen dengan raihan 61 poin, berjarak tiga angka dari Manchester United yang ada di posisi keempat.

“Ini mengecewakan. Kami bermain bagus pada awal laga, tapi kami tak cukup klinis. Kami mendominasi pertandingan, tapi tak bisa menyudahinya segera,” kata Alli di BBC.

“Kami harus terus bekerja dan fans layak mendapatkan hasil lebih baik. Kami harus memenangi pertandingan ini tapi malah melakukan suatu yang menguntingkan mereka, suatu keyakinan dan setelah gol pertama gol yang lain bisa menyusul.”

“Ada banyak tim top di liga dan akan sangat berat hingga akhit musim. Kami harus mengerahkan kemampuan 100 persen dan ada banyak hal yang mesti ditingkatkan.”

“Saya senang bisa kembali fit, itu akan bagus kalu bisa menuai kemenangan,” dia menambahkan.

(cas/nds)

Ini Dia Aktivitas Seru Saat Lebaran Supaya Mudik Tenang dan Hati Senang

Liputan6.com, Jakarta Setelah satu tahun sibuk bekerja di kota besar dan terpisah dengan keluarga besar, lebaran menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Saat lebaran, anggota keluarga yang sama-sama sibuk dapat berkumpul kembali dan melepas rindu.

Momen tersebut pun perlu dihargai dengan baik. Guna membuat acara berkumpul Anda bersama keluarga kian berkesan, coba rencanakan aktivitas seru yang bisa dilakukan secara bersama-sama. Selain sebagai ajang silaturahmi, melakukan kegiatan seru juga dapat menjadi cara tepat menyegarkan kembali pikiran dan tubuh dari kepenatan atas pekerjaan sehari-hari. Berikut beberapa kegiatan seru yang bisa Anda lakukan.

1. Membuat vlog atau video

Momen berkumpul bersama keluarga dapat menjadi konten seru untuk dimasukkan dalam vlog atau video. Rekam kelucuan-kelucuan yang terjadi secara candid dan wawancara beberapa anggota keluarga tentang hal yang menarik. Biasanya, anggota keluarga yang sudah dewasa seperti nenek/kakek atau paman/bibi memiliki komentar yang lucu-lucu. Abadikan momen Lebaran ini, terutama pada saat bersilaturahmi dengan keluarga besar Anda.

2. Bertemu dengan teman lama

Pulang kampung juga bisa jadi kesempatan untuk bertemu dengan teman lama dari daerah asal. Ajak mereka untuk berkumpul bersama Anda dan keluarga. Perkenalkan mereka kepada pasangan dan anak Anda yang mungkin belum mengenalnya. Pertemuan kembali setelah sekian lama terpisah pasti akan terasa begitu terkesan. Banyak hal yang dapat diceritakan di daerah tempat kerja dan update terbaru kehidupan masing-masing.

Selain itu, Anda juga bisa berkenalan dengan tetangga yang belum pernah Anda kenal. Tanya kepada mereka hal-hal baru yang ada di tempat tinggal. Siapa tahu Anda akan menemukan hal menarik.

3. Mengabadikan momen di media sosial

Manfaatkan media sosial untuk menceritakan hal menarik yang ada di kampung halaman. Untuk mencari konten, Anda bisa mengajak keluarga jalan-jalan ke destinasi wisata dan tempat makan yang sedang hits. Lalu, unggah hal-hal menarik tersebut di akun media sosial. Tak hanya mempercantik feed, unggahan ini pun dapat menjadi ajang promosi kampung halaman supaya followers Anda tertarik berkunjung ke sana.

4. Main permainan tradisional

Buat Anda yang ingin bernostalgia ke masa kecil, main permainan tradisional mungkin bisa menjadi salah satu cara. Bermain permainan tradisional bersama para sepupu atau keponakan sekaligus anggota keluarga besar akan jadi jauh lebih seru. Perhatikan tingkah lucu yang akan dilakukan kakek dan nenek atau paman dan bibi saat bermain bola bekel, congklak, atau cublak-cublak suweng. 

Itu adalah beberapa kegiatan seru yang bisa Anda lakukan bersama seluruh anggota keluarga besar. Dijamin, pikiran dan badan Anda akan ter-refresh kembali. Anda pun akan kembali siap menjalani kesibukan sehari-hari.

Nah, saat pikiran Anda sudah segar kembali dan siap kembali ke kota tempat bekerja, jangan sampai kepulangan Anda terhambat karena tidak kebagian tiket kereta. Mengingat arus balik yang tak kalah padatnya dengan saat berangkat, lebih baik Anda sudah menyiapkan tiket kereta api untuk pulang dari awal agar tak kehabisan.

Tiket kereta arus balik sudah tersedia sejak H-90. Jadi, Anda sudah bisa memesannya sejak sekarang sekaligus setelah membeli tiket berangkat. Coba cari informasi tentang tiket kereta untuk pulang pergi di aplikasi Pegipegi. Lewat aplikasi pemesanan tiket online ini, Anda bisa mendapatkan informasi terkait tiket kereta dan diskon menarik untuk membantu Anda mengelola anggaran. Supaya lebih mudah menentukan jadwal pemesanan tiket mudik Anda, yuk simak infografik dibawah ini.

Anda bisa menggunakan kode kupon MAP30K untuk mendapatkan diskon hingga Rp 30 ribu untuk memesan tiket kereta mudik Anda. Kode kupon ini dapat digunakan untuk semua rute dan kereta PT. KAI. Jangan sampai kelewatan karena promonya hanya berlaku sampai 12 Maret 2019.

Pegipegi juga menyediakan diskon menarik lainnya yang bisa dilihat di laman ini. Pakai aplikasi Pegipegi, mudikmu dijamin tenang. Lengkap rutenya, banyak pula pilihan diskonnya. Mau mudik anti panik? Pegipegi, yuk!

(Adv)

Gerrard: VAR Adil ke MU, Meski PSG dan Fans Liverpool Tak Senang

London – Steven Gerrard menilai bahwa fans Liverpool akan senang Manchester United tersingkir di Liga Champions. Tapi, VAR (Video Assistant Referee) sudah beri keadilan untuk MU.

MU mendapat penalti di injury time saat bertandang ke markas Paris Saint-Germain di leg kedua 16 besar Liga Champions, Kamis (7/3/2019) dinihari WIB. Presnel Kimpembe melakukan handball setelah terdeteksi lewat VAR.

Marcus Rashford menjadi eksekutor. Tembakan pemain 21 tahun itu tak bisa dibendung Gianluigi Buffon. PSG pun tersingkir setelah kalah 1-3 karena kalah agresivitas gol tandang dari agregat 3-3.


Pihak PSG tentu tak senang dengan penalti tersebut. Bahkan, Neymar meluapkan emosinya di Instagram dengan menganggap wasit bikin keputusan yang salah setelah melihat VAR.

Gerrard memaklumi kekecewaan dari pihak PSG, namun sepakat dengan keputusan Wasit. Pria yang kini melatih Rangers F.C. itu menyebut VAR adil dalam hal ini, meski fans Liverpool akan lebih senang MU tersingkir.

“Aturan adalah aturan. Kami semua harus menghormatinya. Aturannya tentu tidak akan berubah selama satu musim. Ini adalah apa adanya,” kata Gerrard seperti dikutip dari Sky Sports.

“Mendengarkan komentar beberapa pejabat tentang itu sangat menarik karena mereka mengatakan keputusan penalti itu benar dan wasit benar, tetapi ketika saya melihatnya sendiri, pemain belakang PSG sangat tak mungkin melakukannya,” sambungnya

“Ini pukulan untuk PSG, tetapi jika Anda melihat aturannya itu adalah keputusan yang tepat.”

“Itulah sebabnya VAR sangat penting, karena tanpa itu Manchester United akan tersingkir, yang akan bagus dari sudut pandang fans Liverpool, tetapi itu akan menjadi ketidakadilan,” Gerrard melanjutkannya sambil tertawa.

(ran/mrp)

Mandi 2 Jam Usai Pemotretan di Jalan Berlumpur, Putri Tetap Senang dan Bangga

Liputan6.com, Jakarta – Foto-foto di jalan berlumpur di di Kecamatan Batumarta, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, sedang menjadi viral. Robby Ari Sanjaya, seorang fotografer asal Batumarta, Sumatera Selatan, punya alasan kuat memilih jalan berlumpur untuk dijadikan latar foto.

Hal itu sebagai bentuk protes dan luapan emosi karena jalan rusak tersebut tak kunjung diperbaiki selama kurang lebih empat tahun. Sebelum mengeksekusi ide tersebut, Robby mengatakan, ia lebih dulu mencari beberapa model untuk difoto di jalan yang rusak.

Syarat utamanya adalah tak punya urat malu. “Saya mendapatkan enam orang yang bersediia jadi model dan berani difoto di tengah jalan yang ramai. Ada dua orang pria dan empat orang perempuan. Proses pemotretan dilakukan dari pukul 7 pagi sampai sekitar pukul 12 siang,” terang Robby saat dihubungi Liputan6.com.

Salah satu yang menarik perhatian adalah perempuan yang rela ‘mandi’ di genangan air sampai seluruh badannya penuh dengan lumpur. Dia adalah Ressysta Saputri Mojjes atau akrab disapa Putri.

Profesinya bukan model tapi seorang makeup artist di kawasan Baturaja dan Batumarta. Menurut Robby, ia baru mengikuti proses pemotretan setelah selesai merias pengantin yang menjadi spesialisasinya.

Lalu kenapa dia bersedia menjadi model? “Aku mau ikutan itu karena memang minat dan udah kenal banget sama pak Robby. Putri juga tahu dengan konsep foto yg di ambil di jalan rusak itu bisa jadi bahan untuk mewakili suara masyrakat yang sudah lama mengeluhkan jalanan yang rusak,” terang Putri saat dihubungi Liputan6.com, Minggu, 3 Maret 2019.

Menurut Putri, dalam empat tahun terakhir sebenarnya sudah ada beberapa perbaikan tapi hanya sebagian saja dan belum maksimal karena masih banyak jalan yang rusak parah.

2 dari 2 halaman

Dukungan Teman dan Keluarga

“Putri bilang begini karena dari SMA sudah lewat jalan itu, jadi thau gimana kondisi jalannya. Dan itu memang butuh perhatian lebih banyak digunakan untuk masyarakat dari kota Baturaja ke Batumarta dan juga sebaliknya,” tuturnya.

Setelah foto-foto tersebut menjadi viral, Putri merasa senang dan bersyukur karena tak menyangka bisa mendapat sambutan luar biasa. Ia pun merasa bangga karena bisa mewakili suara masyarakat Batumarta. Lalu apa perasaan Putri saat dan setelah mandi lumpur?

“Aku malah senang-senang pas mandi lumpur itu. Setelah itu juga nggak ada keluhan apa-apa, nggak gatal-gatal juga. Paling mandi aja sampai dua jam biar benar-benar bersih, hehehe,” ucapnya.  Apa yang dilakukan Putri juga mendapat dukungan dari keluarga dan teman-temannya.

“Yang pasti Putri banyak apresiasi dan support luar biasa dari keluarga dan teman-teman terutama mereka yang tinggal sekitar jalan berlumpur itu. Alhamdulillah, kabarnya sudah dapat tanggapan dari pemerintah setempat dan mudah-mudahan bisa segera diperbaiki,” tandas Putri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jelang Piala Presiden 2019, Arema FC Senang Dapat Perhatian Panglima TNI

Liputan6.com, Jakarta Arema FC bakal bersilaturahmi dengan panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto pada Minggu (3/3/2019). Kunjungan panglima TNI sebenarnya dalam rangka pulang kampung sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat Malang Raya.

Kunjungan Hadi ke Kota Apel ini mendapat sambutan dari berbagai elemen Kota Malang seperti Manajemen Arema FC, ormas NU dan Muhammadiyah . Arema FC merasa tersanjung dengan kunjungan dan perhatian orang nomor satu di tubuh TNI tersebut.

“Kedatangan dia sebagai Panglima TNI sekaligus warga Malang salah satu bentuk apresiasi,” kata CEO Arema FC, Ir Raden Agoes Soerjanto, Sabtu (2/3/2019) seperti keterangan tertulis kepada media.

Agoes menyebutkan acara silaturahmi ini merupakan inisiatif dari Wali Kota Malang Sutiaji, Arema FC, dan NU Kota Malang.Menurut rencana, seluruh pemain Arema FC yang menjadi skuat kala juara Piala Presiden 2017 bakal hadir dalam acara silahturahmi dengan Panglima TNI ini.

Arema FC sendiri bakal melakoni laga perdana di Piala Presiden 2019 yang disiarkan di Indosiar pada Senin (4/3/2019). Pada laga perdana di grup E, Arema FC bakal melawan PS Barito Putera mulai pukul 18.30.

2 dari 3 halaman

Jadwal Arema FC di Piala Presiden

4 Maret 2019

18:30 Arema FC vs PS Barito Putera

9 Maret 2019

18.30 Persela Lamongan vs Arema FC

13 Maret 2019

18.30 Arema FC vs Persita Tangerang

3 dari 3 halaman

video

Datang ke Indonesia, Band Kodaline Lebih Suka Jajan di Pinggir Jalan

Liputan6.com, Jakarta – Grup band Kodaline, akan melangsungkan konser di Istora Senayan, Jumat (1/3/2019) dalam rangkaian “The Politics of Living Tour”. Sebelum manggung, mereka sempat menikmati makanan yang dijual di pinggir jalan.

Personel band Kodaline mengaku semua makanan yang ada di Indonesia sangat enak. Dibandingkan makanan di restoran, mereka lebih senang makan di pinggir jalan.

“Saya dan Steve menghabiskan waktu banyak di sini dan saya merasa makanan di sini luar biasa. Di manapun makannya enak. Kami pernah nyoba buah, itu sangat umum di sini. Namanya apa ya? Dragon fruit, buah naga itu enak,” ungkap Vinny, salah satu personel Kodaline, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

2 dari 3 halaman

Ingin Coba Nasi Padang

Selain buah naga, mereka juga pernah mencoba bakso dan sangat menyukai rasa kopi luwak.

Selanjutnya, band yang digawangi Steve Garrigan, Vinny Mau, Jr, Jason Boland dan Mark Prendergast akan mencoba nasi Padang.

“Kalau kami punya kesempatan mungkin kami bisa mencoba,” ucap Vincent. 

3 dari 3 halaman

Bukan Pertama Kali

Bagi personel Kodaline, ini bukan kali pertama mereka datang ke Indonesia, melainkan ketiga kalinya. (Antaranews.com)

Cara Bersyukur Kepada Tuhan, Bisa Bahagia dan Merasa Hidup Cukup

Liputan6.com, Jakarta Di kehidupan sehari-hari, terdapat dua hal yang datang silih berganti sebagi pelengkap hidup yaitu kesenangan dan kesusahan. Karena tak ada orang yang selamanya senang atau susah terus menerus.   

Di saat Anda merasakan kesenangan, diharapkan untuk selalu bersyukur dan ingat di mana dulu pernah merasakan susah. Begitu juga saat merasakan kesusahan. Maka ingatlah bahwa akan datang kesenangan.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” – (QS Alam Nasyrah : 5 – 6).

Saat Anda sedang di masa-masa sulit, selalu ingatlah kepada Allah SWT. Karena Allah berfirman:

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku” (QS Al Baqarah : 152)

Banyak nikmat yang dianugerahkan Tuhan kepada umat-Nya yang merupakan pemberian yang terus menerus dan bermacam-macam bentuknya, baik lahir maupun batin.

2 dari 5 halaman

Pengertian Beryukur

Bersyukur merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk berterima kasih atas segala limpahan nikmat yang telah Tuhan berikan.

Istilah syukur sendiri menurut agama, sebagaimana yang telah diajabarkan oleh Ibnul Qayyim:

“Syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.” (Madarijus Salikin, 2/244).

Lawan dari syukur sendiri adalah kufur nikmat, yaitu sifat enggan untuk menyadari atau bahkan mengingkari bahwa nikmat yang telah didapatkan adalah dari Allah Ta’ala.

Oleh karena itu, selalu bersyukur saat Anda sedang diberi nikmat oleh Allah SWT, tidak memandang nikmat itu banyak atau sedikit. Karena orang yang selalu bersyukur niscaya Tuhan akan menambah kenikmatan tersebut.

Hal ini sebagaimana firman Tuhan di dalam QS Ibrahim ayat 7 yang memiliki arti:

“Barang siapa yang bersyukur atas nikmatku kata Allah, niscaya aku akan menambahn nikmat itu. Akan tetapi barang siapa yang kufur atas nikmat Ku kata Allah, maka azab ku sangatlah pedih.”

3 dari 5 halaman

Beryukur adalah salah satu dari ibadah

Tuhan dalam banyak ayat di Al-Quran memerintahkan manusia untuk bersyukur kepada-Nya. Maka syukur adalah ibadah dan bentuk ketaatan atas perintah Allah SWT. Allah SWAT pun berfirman:

“Ingatlah kepada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian. Bersyukurlah kepada-Ku janganlah ingkar.” (QS. Al Baqarah:152).

Tuhan juga berfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah” (QS. Al Baqarah:172).

4 dari 5 halaman

Cara Agar Bisa Bersyukur

1. Senantiasa berterima kasih kepada orang lain

Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Tuhan adalah dengan berterima kasih kepada manusia yang telah menjadi perantara sampainya nikmat Allah pada Anda.

2.  Merenungkan nikmat-nikmat Tuhan

Di dalam Al Qur’an sering kali Tuhan menggugah hati manusia, bahwa ternyata banyak sekali nikmat yang dilimpahkan-Nya sejak umat manusia datang ke Bumi, agar sadar dan bersyukur kepada Allah SWT. Tuhan pun berfirman:

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur”. (QS. An-NAhl:78).

3. Qana’ah

Coba untuk selalu merasa cukup atas nikmat yang ada pada diri Anda. Hal ini akan membuat Anda selalu bersyukur kepada Allah SWT. Sebaliknya, saat Anda senantiasa merasa tidak puas, selalu merasa kekurangan, merasa Allah tidak pernah memberi kenikmatan padanya sedikitpun, maka begini Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“JAdilah orang yang wara’, maka engkau akan menjadi hamba yang paling berbakti. Jadilah orang yang qana’ah, maka engkau akan menjadi hamba yang paling bersyukur”. (HR. Ibnu Majah no.3417, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

4. Sujud Syukur

Salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur adalah dengan melakukan sujud syukur.

5.  Berdzikir

Merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Ada beberapa dzikir tertentu yang diajarkan oleh Rasulullah khusus mengungkapkan rasa syukur Anda kepada Allah Swt.

5 dari 5 halaman

Cara Bersyukur Kepada Tuhan

Bersyukur kepada Tuhan dapat dilakukan dengan empat cara. 

1. Bersyukur dengan Lisan

Cara bersyukur kepada Tuhan pertama yaitu dengan mengucapkan ‘Alhamdulillah’ adalah hal minimal yang bisa dilakukan. Bila hati seseorang telah sangat yakin bahwa segala nikmat berasal dari Allah SWT. Anda akan mengucapkan Alhamdulillah (segala puji bagi Allah).

Oleh karena itu, saat Anda mendapatkan nikmat dari seseorang, maka lisan tetap harus memuji Tuhan. Karena tanpa disadari, orang tersebut merupakan perantara Tuhan yang sengaja didatangkan untuk Anda.

2. Bersyukur dengan Hati

Cara bersyukur kepada Tuhan yang kedua adalah Anda perlu menyadari bahwa segala nikmat dan rezeki yang didapatkan semata-mata merupakan karunia dan kemurahan dari Tuhan.

Cara bersyukur kepada Tuhan dengan hati bisa membawa seseorang kepada sikap untuk menerima karunia-Nya.

3. Bersyukur dengan Tindakan

Aktivitas fisik atau perbuatan nyata terkait bersyukur bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Baik melibatkan orang lain atau hanya melibatkan diri sendiri.

Nabi Muhammad SAW menjelaskan bahwa Tuhan sangat suka melihat nikmat yang diberikan kepada hamba-Nya dengan cara dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Sesungguhnya Allah SWT senang melihat atsar (bekas/wujud) nikmat-Nya pada hamba-Nya,” sabda Rasulullah.

4. Merawat Kenikmatan

Saat Anda mendapatkan nikmat dari tuhan, usahakan untuk merawatnya agar tidak rusak. Hal ini seperti menjaga amanah dari Allah SWT. Misalnya saja Anda bisa tetap menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Merawat kenikmatan ini merupakan bentuk rasa syukur karena telah diberikan tubuh yang sehat oleh tuhan.

Mulai Musim Panen, Harga Beras Turun

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan perkembangan harga gabah dan beras. Harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani turun 4,46 persen sedangkan harga beras medium di penggilingan turun 1,04 persen.

Selama Februari 2019, rata-rata harga GKP di tingkat petani Rp 5.114 per kg sedangkan untuk beras, harga rata-rata di tingkat penggilingan Rp 10.008 per kg, semua turun dibanding bulan sebelumnya.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti berkata, penurunan ini terjadi karena biasanya petani mengalami puncak panen pada bulan Maret.

“Biasanya Januari itu belum panen. Februari sudah mulai, puncaknya di Maret dan April. Itu transisinya begitu. Makanya nanti bulan depan mungkin naik lagi,” ungkap Yunita di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, Jumat (01/03/2019).

Penurunan harga gabah dan beras menjadi andil dalam penurunan Nilai Tukar Petani (NTP) secara nasional. Tercatat NTP turun sebesar 0,37 persen menjadi 102,94 dibanding bulan sebelumnya.

Penurunan ini dipengaruhi oleh 2 dari 5 subsektor pertanian yang juga alami penurunan NTP, yaitu Subsektor Tanaman Pangan (0,80 persen) dan Subsektor Tanaman Hortikultura (1,47 persen).

2 dari 3 halaman

Indonesia Kembali Lakukan Penjajakan Ekspor Beras Ke Malaysia

Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dan Bulog kembali jajaki peluang ekspor beras ke Malaysia. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP),Kementan, Agung Hendriadi bersama Judith J Dipodiputro, Direktur Komersil Perum BULOG dan KBRI Kuala Lumpur saat melakukan pertemuan dengan BERNAS, Kamis (21-2-2019) di Kuala Lumpur.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kuala Lumpur ini, Agung diterima oleh CEO BERNAS, Ismail Mohamed Yusoff dan Chairman BERNAS, Megat Joha yang didampingi pejabat tinggi BERNAS.


BERNAS merupakan satu-satunya institusi yang telah ditunjuk oleh pemerintah Malaysia untuk menangani import beras ke Malaysia. Ismail Mohamed Yusoff menyatakan market share beras di Malaysia sebesar 60% dipenuhi dari produksi domestik dan 40% dari impor.

Melalui pertemuan ini, BERNAS menyetujui untuk melakukan kerjasama dengan Perum BULOG untuk impor beras dari Indonesia. Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat BERNAS akan melakukan kunjungan ke Indonesia untuk melakukan identifikasi, observasi dan pembahasan lebih lanjut dengan BULOG terkait rencana eksport ke Malaysia. Mendengar respon dari BERNAS, Agung dan rombongan merasa senang dan optimis ekspor beras dari Indonesia ke Malaysia bisa dilakukan.

“Sehubungan adanya peluang kerjasama ekspor beras ke Malaysia, Perum Bulog diharapkan perlu lebih proaktif dalam melakukan round table meeting antara distributor ke dua belah pihak, sehingga ekspor bisa segera direalisasikan,” ujar Agung.

Sebelumnya dalam rapat kerja jajaran Kementerian Pertanian dengan Komisi IV DPR RI (21/1/2019) dan BULOG, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyatakan bahwa Bulog menargetkan ekspor beras ke sejumlah negara tetangga pada pertengahan tahun 2019 mendatang. Target ini diprediksi akan berlangsung seusai panen raya pada pertengahan bulan April hingga akhir Mei 2019.

“Makanya kita targetkan bulan januari sampai april itu kita akan menyerap 1,8 juta ton beras dari petani. Kalau ditambah dengan sisa beras kita hasilnya bisa lebih dari 4 juta ton, kan kita masih punya sisa 2,1 juta,” kata Buwas saat menghadiri Rapat Kerja Menteri Pertanian Dengan Komisi IV DPR RI di Komplek Parlemen, beberapa waktu lalu (21/1).

Beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara juga telah berhasil meyakinkan negara Malaysia dan Brunai untuk memasok padi adan sebagai bahan kebutuhan mereka. Ekspor ke dua negara ini jumlahnya bahkan mencapai puluhan ton. Setiap kali panen, tak kurang dari 10 ton beras adan secara periodik selalu di expor ke Negara Malaysia dan Brunei.

Padi Adan merupakan salah satu komoditi yang menjadi andalan dari wilayah perbatasan Krayan Kalimantan Utara dan merupakan bibit lokal hasil budidaya masyarakat yang bermukim di daratan tinggi Borneo, khususnya di Krayan yang masuk Kabupaten Nunukan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: