Asik, Semua PNS dan Pensiunan Naik Gaji Mulai April 2019

Jakarta – Kabar gembira bagi para pegawai negeri sipil (PNS) di seluruh Indonesia. Sebab, pada April 2018 akan merasakan kenaikan gaji sebesar 5%. Kenaikan gaji ini bahkan diberlakukan kepada seluruh abdi negara dan juga pensiunan.

Seluruh abdi negara yang dimaksud meliputi PNS pusat, daerah, TNI, Porli, serta pensiunan.

“Ya betul berlaku untuk semua aparatur pemerintah. Selain itu pensiun pokok juga naik 5%,” kata Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (18/3/2019).


Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi meneken aturan tentang kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) tahun 2019. Ketentuan tersebut mulai berlaku sejak 1 Januari 2019.

Kenaikan gaji PNS ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Mengutip dari salinan PP tersebut, Sabtu (16/3/2019), aturan ini ditandatangani Jokowi pada 13 Maret 2019 lalu. Dengan pertimbangan meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan PNS, maka pemerintah menaikkan gaji pokok PNS.

Selanjutnya, tidak lama lagi atau dalam hitungan hari Kementerian Keuangan akan mengeluarkan peraturan atau petunjuk teknis berupa PMK beserta surat edaran (SE) dari Ditjen Perbendaharaan sebagai dasar pembayaran rapel atau kenaikan gaji PNS Tahun 2019. (hek/dna)

Polisi Usut Semua Pihak Terkait Egg Boy Kepruk Senator Pakai Telur

Christchurch

Remaja yang mengeprukkan sebutir telur ke kepala senator mengaku telah “dikerubuti” 30 bogan. Kepolisian Victoria mengaku sedang menyelidiki tindakan senator dan pendukungnya serta remaja tersebut.

Senator Fraser Anning diketahui telah memukul pemuda berusia 17 tahun itu sebanyak dua kali setelah remaja itu memecahkan telur di kepalanya ketika dia sedang berbicara kepada media pada sebuah pertemuan politik di Moorabbin, di tenggara Melbourne, pada Sabtu (16/3/2019) kemarin.

Cuplikan dari insiden itu menunjukkan beberapa pendukung Senator Anning langsung mendorong remaja itu hingga jatuh dan menahannya dalam posisi mencekik lehernya.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan seorang lelaki memegangi remaja itu di bagian kepala sementara seorang lelaki dapat didengar berkata kepadanya: “Kamu hanyalah seorang manusia lemah, brengsek.”

Kepolisian Victoria langsung mengamankan remaja itu, meminta keterangan dan identitasnya lalu memindahkan dia dari tempat insiden. Remaja itu kemudian dibebaskan menunggu proses penyelidikan lebih lanjut.

Polisi Victoria mengatakan pihaknya sedang menyelidiki insiden itu “secara menyeluruh”, termasuk tindakan Senator Anning dan lainnya.

Kepala Kepolisian Victoria, Komisaris Graham Ashton mengatakan Pihaknya juga akan meminta keterangan dari petugas Polisi Federal Australia (AFP) yang menghadiri pertemuan itu dan mungkin telah menyaksikan kejadian tersebut.

“Setelah melihat rekaman peristiwa itu, saya menginstruksikan aparat kami untuk memeriksa seluruh rekaman itu dengan relevansi terkait apakah ada tuduhan penyerangan [terhadap] siapa pun dalam rekaman itu yang mungkin telah melakukan pelanggaran, tidak hanya dari insiden pengeprukan telur yang pertama terjadi, tetapi kemudian juga semua yang terjadi setelah insiden tersebut,” kata Ashton.

“Tadi malam saya jelaskan bahwa jika ada bukti apapun di video tersebut yang akan menjadi dasar untuk melakukan penuntutan atas tuduhan penyerangan, maka kami akan mengenakan dakwaan itu.”

Fraser Anning meninju remaja
Polisi Victoria mengatakan akan menyelidiki insiden ini secara menyeluruh. (ABC News)

Sebuah video dimana remaja itu berbicara setelah kejadian pengeprukan telur itu telah diunggah ke media sosial.

“Jangan melemparkan telur ke politisi,” kata remaja itu dalam video tersebut.

“Setelah melempar telur saya langsung dikerubuti 30 bogan (istilah untuk warga kulit putih yang merasa lebih superior dibandingkan warga lain, red) secara bersamaan.”

Pemimpin Oposisi, Bill Shorten, hari ini, Minggu (17/3/2019) mengkritik remaja itu dan mengatakan kepada wartawan di Melbourne bahwa melempari Senator Anning dengan telur adalah “hal yang keterlaluan”.

“Pesan anda tidak akan tersampaikan dengan mendatangi seseorang dan menimpukkan telur kepadanya – itu benar-benar tindakan bodoh,” katanya.

“Anda tidak ingin memberikan politisi bodoh ini, politisi yang [kata-katanya] menyakitkan ini, rasa moral tinggi, karena dia tidak punya itu.”

Bill Shorten juga mengkritik cara pendukung Senator Anning menangani remaja itu pasca insiden pelemparan telur terjadi yang dinilai berlebihan.

“Perlu berapa banyak orang sayap kanan ekstrim berbadan besar rupanya untuk bergulat dengan bocah berusia 17 tahun?” sindir Bill Shorten.

Ditanya tentang insiden tersebut pada konferensi pers hari ini, Menteri Kesehatan federal Greg Hunt mengatakan, baik remaja dan Senator Anning telah melakukan “hal yang salah”.

Perdana Menteri Scott Morrison pada hari Sabtu (16/3/2019) mengumumkan Partai Koalisi dan Partai Buruh akan mengajukan mosi ketika Parlemen kembali bersidang bulan depan, mengecam Senator Anning atas pernyataan yang disampaikannya pada hari Jumat (15/3/2019) yang mengaitkan serangan di masjid Christchurch dengan imigrasi.

Di Sydney hari ini, Minggu (17/3/2019) PM Scott Morrison ditanya apakah tindakan terhadap Senator Anning ini cukup.

“Saya pikir sanksi hukum maksimal harus diterapkan pada Senator Anning,” kata Morrison.

ABC telah menghubungi kantor Senator Anning untuk memberikan komentar.

Teenager held in chokehold

Penggalangan dana untuk remaja

Sementara itu halaman penggalangan dana yang dibuat untuk mengumpulkan dana sumbangan guna menutupi biaya proses hukum yang dihadapi remaja pelaku penimpukan telur ke senator Anning Fraser dan untuk membeli “lebih banyak telur” telah berhasil mengumpulkan lebih dari $ 25.000 atau lebih dari Rp 252 juta pada pukul 16:00 pada hari Minggu (17/3/2019) waktu setempat.

Sebuah petisi online yang menyerukan agar Senator Anning dicopot dari Parlemen juga telah berhasil mengumpulkan lebih dari 850.000 tanda tangan.

Direktur eksekutif Change.org Sally Rugg dalam cuitannya di Twitter mengatakan petisi ini adalah petisi paling populer dalam sejarah situs Change.org.

Sekitar 60 orang menghadiri pertemuan di Moorabbin di mana Senator Anning berbicara.

Warga yang kontra juga berdemonstrasi di luar Gedung tempat pertemuan itu dengan jumlah yang sama.

remaja pelempar telur ke Senator Fraser Anning
Saksi mata mengerubuti seorang remaja dan menahannya di lantai setelahdiamenimpukkan sebutir telur ke kepala senatorFraserAnning. (ABC News)

Tokoh sayap kanan Neil Erikson mengendalikan akses ke gedung.

Tahun lalu, Neil Erikson divonis bersalah karena melakukan penghasut dan penghinaan serius terhadap Muslim, atas pemancungan pura-pura yang dipentaskannya di kota Bendigo, Victoria pada 2015.

Senator Fraser Anning juga menuai kecaman luas pada Januari karena kedapatan terbang ke Melbourne dengan menggunakan dana pajak masyarakat untuk menghadiri aksi unjuk rasa yang dilakukan kelompok sayap kanan lainnya.

Dia duduk di Senat sebagai independen setelah awalnya menjadi anggota parlemen Australia di bawah bendera partai One Nation sebagai pengganti Malcolm Roberts, yang didiskualifikasi karena status kewarganegaraan ganda.

Dia kemudian melompat dari Partai One Nation ke Partai Australia Katter (KAP), tetapi KAP kemudian juga mencampakkannya karena kekhawatiran atas pandangannya tentang imigrasi dan ras yang dinilai terlalu ekstrim.

Pada pemilihan terakhir, ia berhasil mengumpulkan 19 suara preferensi pertama dan telah mengakui bahwa ia “tidak punya peluang besar” untuk terpilih kembali ke posisinya dengan pendapatan sekitar $ 200.000 atau setara Rp 2 miliar per tahun.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris di sini.


(jbr/jbr)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tarif Ojek Online Bakal Untungkan Semua Pihak

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih mencari solusi terbaik untuk menentukan tarif per kilometer (Km) ojek online. Pemerintah menginginkan keputusan besaran tarif bisa menguntungkan semua pihak baik aplikator, pengemudi ojek online maupun konsumen atau masyarakat.

“Kalau tarif pemerintah akan menentukan yang paling baik, dan saya konsen mereka (pengemudi ojek online) itu mendapatkan penghasilannya yang baik,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, pada Jumat 15 Maret 2019.

Budi menjelaskan, terdapat perbedaan pendapat antara aplikator dengan pengemudi ojek online mengenai penentuan tarif per km. Oleh karenanya, pemerintah akan melakukan pertemuan dengan seluruh pihak terkait untuk menentukan tarif tersebut.

“Memang saat ini ada dua kutub ya, kutub aplikator dan kutub dari (driver) ojol sendiri, kalau aplikatorkan maunya Rp 1.600. Sedangkan mereka (driver) mintanya Rp 3.000 ini kan jauh sekali, oleh karena itu saya mencari harga medium diantara mereka agar keduanya itu dapat satu titik temu dan ini kan berkaitan dengan konsumen ya,” jelas Budi.

Dia menerangkan penentuan tarif juga terkait dengan konsumen. Dia menjaga agar konsumen tidak lari karena tarif yang terlalu tinggi, di mana hal itu akan mempengaruhi pendapatan pengemudi ojek online.

“Artinya kalau tarifnya naik dua kali lipat khawatir konsumennya akan turun. Tapi kami ingin ini dibicarakan dengan baik-baik, diskusi lah dengan ojek online dengan aplikator agar dapat satu angka yang baik,” terang Budi.

Saat ini pemerintah telah melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait penentuan tarif per Km ojek online sebanyak dua kali. Pemerintah akan terus melakukan diskusi untuk menentukan tarif terbaik untuk semua pihak.

Penentuan tarif ini merupakan salah satu poin yang terdapat di racangan aturan ojek online yang telah rampung melakukan uji publik. Sebelumnya Direktorat Perhubungan Darat telah melakukan uji publik di 5 kota, seperti, Medan, Bandung, Semarang, Balikpapan dan Makasar pada Bulan Februari 2019.

Reporter: Harwanto Bimo Pratomo

Sumber: Merdeka.com

Singapura Setop Sementara Semua Boeing 737 Max, Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta – Otoritas Singapura menangguhkan sementara pengoperasian semua pesawat Boeing 737 MAX yang terbang masuk ke dan keluar dari wilayah Singapura. Kebijakan itu efektif berlaku pada 12 Maret 2019 pukul 14.00 waktu setempat.

Lalu, apakah Indonesia akan menerapkan hal serupa ?

Seperti diketahui, saat ini Indonesia baru sebatas menerapkan temporary grounded atau larangan sementara terbang menggunakan Boeing 737 Max 8.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, pemerintah Indonesia tidak menutup kemungkinan akan mengambil langkah tegas seperti Singapura.

“Ya kalau dia (Singapura) bisa melarang, kenapa kita tidak bisa,” kata dia saat ditemui di Shangri La Hotel, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Kendati demikian dia menegaskan hal tersebut tidak mungkin diterapkan dalam waktu dekat. Keputusan harus diambil berdasarkan hasil inspeksi yang saat ini tengah berlangsung.

“Saya pikir tidak dilakukan dalam waktu dekat. Evaluasi yang cermat, tidak boleh buru-buru lah. Menyangkut banyak pihak,” ujar dia. 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Usai Tragedi Ethiopian Airlines, Singapura Setop Sementara Semua Boeing 737 MAX

Liputan6.com, Singapura – Otoritas Singapura menangguhkan sementara pengoperasian semua varian pesawat Boeing 737 MAX yang terbang masuk ke dan keluar dari wilayah mereka. Kebijakan itu efektif berlaku pada 12 Maret 2019 pukul 14.00 waktu lokal.

Negeri Singa adalah negara pertama yang memberlakukan larangan total seluruh varian Boeing 737 MAX dan untuk semua penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai lokal dan asing.

Penangguhan itu datang beberapa hari setelah kecelakaan Ethiopian Airlines ET 302 berpesawat Boeing 737 MAX 8 yang menewaskan seluruh 157 orang di dalamnya pada Minggu 10 Maret 2019, demikian dilansir The Straits Times, Selasa (12/3/2019).

Kebijakan itu, yang diumumkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS), akan memengaruhi anak usaha regional Singapore Airlines, SilkAir, yang memiliki enam jet dalam armadanya.

Penangguhan itu juga berlaku pada maskapai lain yang mengoperasikan Boeing 737 MAX ke Singapura, termasuk China Southern Airlines, Garuda Indonesia, Shandong Airlines dan Thai Lion Air.

Sebelumnya pada Senin 11 Maret 2019, China dan Indonesia memerintahkan perusahaan penerbangan mereka untuk mengandangkan semua pesawat B-737 MAX 8.

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Facebook pada 12 Maret pukul 10.55 pagi, Singapore Airlines mengatakan bahwa mulai Selasa, semua enam pesawat telah mendarat di Singapura dan tidak akan diizinkan untuk menerima layanan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Larangan itu tidak berlaku pada total 17 pesawat tipe Boeing 737-800NG milik maskapai Singapore Airlines.

“Keamanan pelanggan dan kru adalah prioritas utama kami,” kata maskapai itu.

Singapore Airlines saat ini mengoperasikan pesawat ke Bengaluru, Cairns, Chongqing, Darwin, Hiroshima, Hyderabad, Kathmandu, Kuala Lumpur, Penang, Phnom Penh, Phuket dan Wuhan.

Simak video pilihan berikut:

Pesawat Ethiopian Airlines tujuan Nairobi, Kenya, jatuh tak lama setelah lepas landas. Sekitar 149 penumpang dan 8 kru pesawat berada di dalamnya.

China Perintahkan Semua Maskapainya Kandangkan Boeing 737 MAX

Beijing – Otoritas aviasi China memerintahkan maskapai-maskapai China untuk mengkandangkan tipe pesawat Boeing 737 Max. Perintah ini dikeluarkan menyusul jatuhnya pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan maskapai Ethiopian Airlines.

Media lokal, Caijing seperti dilansir kantor berita Reuters, Senin (11/3/2019) melaporkan bahwa maskapai-maskapai penerbangan China telah menerima perintah dari Badan Aviasi Sipil China (CAAC) dan menghentikan penggunaan pesawat tersebut pada Minggu (10/3) waktu setempat. Laporan Caijing ini mengutip sumber-sumber yang familiar dengan masalah ini.

CAAC menyatakan akan segera menyampaikan pernyataan mengenai 737 MAX di situsnya. Maskapai-maskapai China dilaporkan mengoperasikan lebih dari 90 pesawat Boeing 737 MAX.


Sumber di salah satu maskapai China yang mengoperasikan 737 MAX menyatakan kepada Reuters, bahwa maskapai tersebut telah menghentikan operasional pesawat itu setelah mendapat pemberitahuan pada Senin dini hari waktu setempat.

Atas pemberitaan ini, juru bicara Boeing menolak berkomentar. CAAC juga tak bisa dimintai komentar.

Sebelumnya pada Minggu (10/3), pesawat Ethiopian Airlines 737 Max 8 tujuan Nairobi, Kenya, jatuh beberapa menit setelah lepas landas dan menewaskan keseluruhan 157 penumpang dan kru pesawat.

Ini merupakan kecelakaan 737 MAX yang kedua kalinya sejak kecelakaan 737 MAX milik maskapai Lion Air pada Oktober 2018 lalu, yang menewaskan 189 orang penumpang dan kru. Tipe 737 MAX merupakan versi terbaru pesawat Boeing yang mulai dioperasikan pada tahun 2017.

(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sandiaga Minta Semua Pihak Hargai FBR yang Kini Dukung Jokowi

Garut Forum Betawi Rempug (FBR) bulat tekad mendukung Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Padahal, pada tahun 2014 lalu, FBR mendukung Prabowo Subianto yang kala itu berpasangan dengan Hatta Rajasa.

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno angkat bicara mengenai hal tersebut. Dia meminta semua pihak menghargai keputusan FBR.

“Tentunya semua elemen masyarakat memiliki hak masing-masing dan tentunya kita hargai, kita hormati proses tersebut,” ujar Sandiaga kepada wartawan di RM Cibiuk, Jalan Otista, Garut, Jabar, Sabtu (09/03/2019) malam.

Sandi mengatakan, dia tidak mempermasalahkan keputusan FBR mendukung pasangan nomor urut 01. Namun, dia berharap silaturahmi antara pihaknya dengan FBR tidak terputus. Pasalnya, menurut Sandi, FBR banyak membantunya saat menjabat Wagub DKI dulu.

“Kita hargai keputusan Kiai Lutfi (Lutfi Hakim), sahabat saya, guru saya, kiai kami. Dulu waktu di DKI, kami banyak sekali dibantu oleh FBR, saya ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan silaturahim kita tetap terjaga,” katanya.

Kendati demikian, Sandi mengatakan masih ada sejumlah anggota FBR yang hingga kini masih mendampinginya blusukan ke daerah.

“Ada beberapa temen-temen FBR justru yang lagi mendampingi saya di sini. Mewakili teman-teman FBR Jakarta Utara,” ujarnya Sandi.

Sebelumnya diberitakan, FBR memutuskan untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Menurut Ketua Umum FBR, Lutfi Hakim, ada sejumlah alasan organisasi yang dipimpinnya itu tidak mendukung Prabowo-Sandiaga Uno. Salah satunya, mereka menganggap pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin lebih peduli terhadap warga Betawi.
(idn/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Toni Kroos: Semua Pemain Real Madrid Tampil Jelek

Liputan6.com, Madrid – Gelandang Real Madrid, Toni Kroos mengakui ia dan rekan-rekan gagal menunjukkan penampilan terbaik saat dikandaskan Ajax Amsterdam di Liga Champions. Madrid kalah agregat 1-4 dari Ajax pada leg kedua babak 16 besar, Rabu (6/3/2019) WIB.

“Setiap pemain telah gagal mencapai level terbaik mereka,” ujar Kroos seperti dilansir Football Espana.

Real Madrid menang 2-1 pada leg pertama melawan Ajax di Amsterdam. Seharusnya, mereka bisa bermain aman pada leg kedua di Bernabeu tengah pekan lalu.

Apalagi, Kroos dan kawan-kawan bermain di Santiago Bernabeu, markas mereka sendiri. Sayangnya, harapan fans Real Madrid untuk melihat timnya lolos ke delapan besar ternyata bertepuk sebelah tangan.

Label Tim Dari Luar Galaksi yang selama ini melekat di Real Madrid seolah luntur. Di hadapan Ajax, mereka kalah telak 1-3.

“Gugurnya kami di Liga Champions mengecewakan mereka. Tetapi kami harus mengakui Ajax layak menang. Mereka layak berada di perempat final,” ujar Kroos.

2 dari 3 halaman

Hal Normal

Gugurnya Real Madrid di Liga Champions menipiskan peluang meraih gelar juara di musim ini. Tim asuhan Santiago Solari ini memang masih menyisakan Liga Spanyol.

Namun Kroos dan kawan-kawan perlu keajaiban untuk meraih gelar itu. Pasalnya, mereka tertinggal 12 poin dari Barcelona yang memimpin klasemen.

Alhasil, Real Madrid bisa dibilang menjalani musim buruk kali ini. Meskipun demikian, Kroos mengatakan hal ini normal.

“Di sepak bola itu normal menjalani musim yang buruk. Tetapi apa yang kami raih dalam tiga musim terakhir tidak normal, meskipun kami sempat menjalani periode buruk musim lalu,” kata Kroos mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Spanyol

PT KCI: Perjalanan Jokowi Naik KRL Dadakan, Semua Berjalan Natural

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore tadi desak-desakan naik KRL saat pulang ke Bogor, Jawa Barat. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan kepulangan Jokowi menaiki KRL berjalan secara natural.

“Tidak ada perencanaan. Kami tahu tiba-tiba begitu Pak Jokowi sudah dekat dan akan tiba di stasiun. Benar-benar dadakan dan semua berjalan natural,” kata Vice President Corporate Communication PT KCI Eva Chairunisa saat dihubungi detikcom, Rabu (6/3/2019) malam.

Eva mengatakan PT KCI sangat mengapresiasi Presiden Jokowi mau menggunakan jasa KRL untuk kembali ke Bogor. Apalagi suasananya benar-benar natural, ikut berdesak-desakan dengan penumpang lainnya.
“Ini menggambarkan bahwa jumlah perjalanan dan kapasitas angkut harus terus ditingkatkan. Tentunya perlu dukungan penambahan infrastruktur yang saat ini sedang proses pembangunan,” ujar Eva.

“Untuk itu, kami juga apresiasi atas percepatan pembangunan infrastruktur perkeretaapian oleh pemerintah, seperti Stasiun Manggarai, yang nantinya akan menjadi stasiun sentral dan penambahan jalur rel double-double track lintas Jatinegara-Cikarang sehingga nantinya jumlah perjalanan KRL dapat lebih dimaksimalkan,” sambungnya.

Momen Jokowi menaiki KRL terjadi pada Rabu (6/3) sore selepas sejumlah agenda kepresidenan. Jokowi menaiki KRL dari Stasiun Tanjung Barat menuju Stasiun Bogor sekitar pukul 17.45 WIB. Jokowi, yang masih mengenakan kemeja putih, berbaur dengan masyarakat.

“Tadi seusai kegiatan, Presiden pulang ke Bogor menggunakan kereta KRL. Tanpa pengawalan ketat. Presiden naik dari Stasiun Tanjung Barat menuju Bogor,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.
(hri/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dukung Tjahjo soal ASN Kampanye Program Kerja, Bamsoet: Semua Wajib Sosialisasi

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendorong aparatur sipil negara (ASN) turut mengampanyekan program kerja pemerintah di satuan atau wilayah kerjanya. Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan program pemerintah memang wajib disosialisasikan, termasuk oleh dirinya sebagai wakil rakyat.

“Ini kan program pemerintah. Jadi memang semua kewajiban, saya pun jadi anggota DPR harus melaksanakan mensosialisasikan program-program pemerintah yang memang betul-betul untuk rakyat,” kata Bamsoet, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Bamsoet menyerahkan kepada rakyat untuk menilai dan membedakan mana yang termasuk sosialisasi program kerja ataukah kampanye. Ia menegaskan kedua hal tersebut sangat berbeda.
“Harus dibedakan antara mensosialisasikan program dengan mempengaruhi netralitas. Jadi sangat beda,” tegasnya.

Bamsoet pun meminta agar tidak ada yang berprasangka buruk. Baginya, hal-hal baik yang dilakukan warga negara harus didukung.

“Kita nggak usah terlalu berprasangka buruk. Kita harus berprasangka baik. Kita nggak perlu suuzan. Intinya apapun yang bisa dilakukan warga negara yang baik untuk rakyat harus didukung, termasuk juga pemerintah,” ucap Bamsoet.

Pernyataan Tjahjo itu diungkapkan saat berbicara tentang netralitas ASN. Tjahjo menegaskan kewajiban netralitas aparatur sipil negara (ASN) terkait Pemilu 2019. Tapi ASN tetap didorong untuk mengampanyekan program kerja di satuan atau wilayah kerjanya.

“Jadi ada 2 fungsi yang harus dibedakan, untuk fungsi politik dia harus netral. Untuk fungsi ASN yang harus tegak lurus dia boleh untuk kampanye boleh, tapi kampanye program, bukan kampanye mendukung paslon nomor 1, nomor 2, atau paslon parpol,” ujar Tjahjo Kumolo kepada wartawan di kantor Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.
(azr/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>