Neymar: PSG Vs Man United Laga Besar untuk Pencinta Sepakbola

ParisParis Saint-Germain akan menghadapi Manchester United di babak 16 besar Liga Champions. Neymar melabelinya sebagai laga besar.

Duel PSG dengan Man United akan berlangsung pada 13 Februari 2019 dan 7 Maret. Les Parisiens akan melawat ke Old Trafford lebih dulu.

Neymar antusias untuk menyambut melawan raksasa dari Liga Inggris itu.

“Kami menjelang pertandingan besar (melawan Manchester Unitd). Itu akan menjadi laga besar untuk para pencinta sepakbola, dan kami senang bisa menghadapi tim hebat,” kata Neymar di Canal+ yang dilansir oleh Mirror.

PSG mempunyai skuat yang mumpuni. Di lini depan, Neymar ditemani oleh Kylian Mbappe dan Edinson Cavani. Pada pos lainnya ada pemain seperti Angel Di Maria, Thiago Silva, belum lagi Gianluigi Buffon di bawah mistar.

Oleh karena itu, Neymar yakin bisa mewujudkan ambisi untuk memenangi Si Kuping Besar.

“Kami memenangi segalanya. Liga Champions merupakan impian semua pesepakbola,” kata Neymar.

“Kami sadar itu sulit, tapi tim kami bisa mewujudkannya. Kami mempunyai pemain dengan kualitas sangat tinggi. Kami bisa meraih target tinggi. Kami ada di jalur yang tepat,” dia menambahkan.

(cas/raw)


Eden Hazard Bakal Selalu Bikin Manajer Chelsea Frustrasi

London – Eden Hazard mengaku akan selalu membuat manajer Chelsea frustrasi. Hazard menyebut manajer The Blues merasa frustrasi karena menuntutnya untuk selalu tampil apik.

Gelandang timnas Belgia itu merupakan pemain penting di lini tengah skuat London Biru. Mulai berseragam Chelsea pada 4 Juni 2012, Eden Hazard turut mempersembahkan lima trofi juara, termasuk dua gelar Premier League dan satu titel juara Liga Europa.

Penampilan apik Hazard masih berlanjut pada musim ini. Dia telah mendulang 12 gol dan 10 assist dari 28 pertandingan di seluruh ajang kompetisi bersama The Blues.

Meski begitu, performa impresif Eden Hazard masih belum mendongkrak posisi Chelsea di klasemen sementara Premier League. Klub asuhan Maurizio Sarri itu tertahan di posisi empat dengan nilai 47.

Alhasil, Sarri menuntut Hazard untuk terus mendulang gol. Situasi serupa juga pernah dialami pemain 28 tahun tersebut saat Chelsea masih ditangani Antonio Conte dan Jose Mourinho.

“Saya tidak hanya membuat Conte frustrasi. Dalam karier saya, saya telah membuat frustrasi semua manajer. Sekarang, saya membuat Sarri frustrasi. Saya membuat Mourinho frustrasi,” ujar Hazard.

“Mereka semua berpikir Anda perlu mencetak lebih banyak gol, melakukan lebih banyak hal, dan lebih banyak lagi. Saya juga akan membuat frustrasi manajer berikutnya yang saya miliki,” paparnya.

Eden Hazard memang pemain paling bersinar di Chelsea pada musim ini. Dengan koleksi 12 gol tersebut, Hazard menjadi top skorer The Blues, unggul tiga gol atas Alvaro Morata.

Sumber: FourFourTwo

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Milan yang Nyatanya Baik-Baik Saja Tiap Kali Tanpa Higuain

JakartaAC Milan tinggal sesaat lagi ditinggal Gonzalo Higuain di Januari ini. Tapi Rossoneri setidaknya punya bekal untuk melepas sang penyerang.

Kepindahan Higuain ke Chelsea diyakini tinggal menunggu waktu saja. Penyerang 31 tahun ini sudah tak dibawa Milan kala bertandang ke Genoa, Senin (22/1/2019), yang jadi pertanda bahwa kepindahan memasuki tahap akhir.

Kehilangan Higuain jelas jadi kerugian besar. Pemain pinjaman Juventus ini mencetak delapan gol di 22 penampilan semua kompetisi, dengan enam gol di 15 laga Serie A.

Dia adalah salah satu penyumbang gol terbanyak sepanjang musim ini bersama Patrick Cutrone. Cutrone sendiri mengoleksi satu gol lebih banyak.

Meski demikian, ada sebuah fakta yang setidaknya bisa membuat fans Milan sedikit lebih tenang. Bahwa Rossoneri sejauh ini tak terkalahkan saat tampil tanpa Higuain.

Total enam pertandingan telah dilalui Milan tanpa Higuain di semua kompetisi. Catatannya adalah tiga kemenangan dan tiga kali imbang.

Diavolo Rosso mencetak 11 gol dalam periode tersebut, atau dengan rata-rata 1,83 gol per laga.

Milan sendiri tengah berusaha mendapatkan pengganti Higuain, yakni Krzysztof Piatek dari Genoa. Piatek musim ini sudah bikin 13 gol di Serie A.

(raw/cas)

KPU Tak Bisa Pecat Langsung Anggota Rangkap Pengurus Gerindra

Jakarta – KPU diminta memecat anggota KPU Tangerang Selatan (Tangsel) Ajat Sudrajat yang terbukti merangkap jabatan sebagai pengurus Partai Gerindra. KPU mengatakan pihaknya tidak dapat melakukan pemecatan secara langsung.

“Ya nggak bisa (memecat), peraturan perundang-undangannya kan sanksi diberikan oleh DKPP bukan oleh KPU,” ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarat Pusat, Senin (21/1/2019).

Wahyu mengatakan, hal ini dikarenakan kewenangan pemberian sanksi hanya bisa diberikan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Menurutnya, KPU bertugas melaksanakan putusan DKPP yang diberikan.

“Kan memang kewenangan itu ada di DKPP. KPU akan melaksanakan putusan DKPP,” kata Wahyu.

“Sesuai dengan ketentuan, yang dapat kita lakukan adalah melaksanakan putusan itu,” sambungnya.
Sebelumnya, Anggota KPU Tangerang Selatan Ajat Sudradjat mendapatkan sanksi pelanggaran berat oleh DKPP. Ia terbukti menjadi pengurus Gerindra tingkat ranting.

Komisioner KPU Banten Mashudi membenarkan pemberian sanksi pelanggaran berat anggota KPU Tangsel atas nama Ajat Sudradjat oleh DKPP. Saat mendaftar sebagai anggota, ia dilaporkan ke Bawaslu Banten karena berstatus pengurus partai. Ia kemudian terpilih menjadi anggota KPU.

“Oleh Bawaslu diteruskan ke DKPP, proses di sidang kode etik dengan pemeriksaan saksi, bukti keterangan teradu dan pengadu, maka oleh majelis diberi sanksi pelangaran berat,” kata Mashudi, (21/1).

Mashudi mengatakan pemberian sanksi pelanggaran berat, tidak memberhentikan jabatan sebagai anggota KPU. Sanksi itu setingkat di bawah pemberhentian.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi II DPR Fraksi PPP Achmad Baidowi (Awiek) meminta Ajat yang terbukti merangkap jabatan sebagai pengurus Gerindra dipecat. Menurut Awiek, diberhentikannya Ajat dari KPU Tangsel dapat menjadi contoh bagi semua pihak serta menghilangkan potensi ketidaknetralan KPU.

“Adanya informasi anggota parpol tertentu menjadi anggota KPU di Kota Tangerang Selatan jika terbukti harusnya dipecat, bukan sekadar diberi peringatan keras,” ujar Awiek, (21/1).

Partai Gerindra telah membantah Ajat Sudrajat yang berperkara merupakan anggotanya. Waketum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menduga ada kesamaan nama antara Ajat anggota KPU Tangerang itu dengan pengurus ranting Gerindra di Tangerang.

“Ini biasa kan namanya dunia politik, tapi pengurus Gerindra tidak ada nama yang bersangkutan, saya pastikan itu. Karena politisasi terus diangkat-angkat,” sebut Dasco.

(dwia/gbr) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

HEADLINE: Edy Rahmayadi Mundur, Perang Pengaturan Skor Terus Berlanjut

Liputan6.com, Jakarta – Edy Rahmayadi akhirnya membuat keputusan. Minggu (20/1/2019), di Bali, ajang sambutan dalam Kongres Tahunan PSSI, justru dia gunakan untuk mengungkapkan pengunduran dirinya sebagai ketua umum PSSI.

Terhitung saat itu, Edy Rahmayadi yang menjabat sejak 2016 resmi berhenti dari posisinya sebagai ketua umum PSSI. Jabatan itu pun beralih ke tangan Joko Driyono, sang wakil ketua umum, sesuai mekanisme yang diatur dalam Pasal 39 Ayat 6 statuta PSSI.

Sebenarnya, bisa saja PSSI langsung menggelar pemilihan ketua umum baru dalam Kongres Luar Biasa. Syaratnya harus ada permintaan dari 50 persen atau 2/3 jumlah voters.

Namun, hingga kongres di Bali itu selesai, ternyata tidak ada permintaan itu. Artinya, kini Joko Driyono harus siap memimpin PSSI sebagai pelaksana tugas ketua umum hingga 2020, sesuai masa akhir jabatan Edy Rahmayadi. Sedangkan posisi terdahulu Joko diisi Iwan Budianto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Ketua Umum PSSI.

Jelas ini bukan tugas ringan bagi Joko. Pria asal Ngawi, Jawa Timur itu, kini jadi sorotan dan diharapkan bisa segera menyelesaikan berbagai persoalan yang membelenggu PSSI, terutama soal kasus pengaturan skor alias match fixing yang belakangn mulai terungkap.

Sebab, bukan rahasia lagi, belakangan pamor PSSI di bawah Edy Rahmayadi terus menurun, terutama lantaran kasus pengaturan skor yang belakangan terus menggerogoti.

Satu-persatu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI dijadikan tersangka oleh Satgas Anti-Mafia Bola, badan khusus yang dibentuk Mabes Polri dan Polda Metro untuk memberantas praktik pengaturan skor dalam sepak bola Indonesia. Badan ini diketahui oleh Hendro Pandowo.

Tak heran, begitu “prosesi” perpindahan kekuasan di pucuk pimpinan PSSI terjadi, seruan inilah yang dilontarkan banyak pihak.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, bahkan langsung melepas rilis, yang menegaskan mundurnya Edy Rahmayadi tidak akan menghentikan perang terhadap pengaturan skor. Ia justru mendesak PSSI untuk semakin gencar dan serius dalam membenahi permasalahan sepakbola nasional.

“PSSI harus segera melakukan identifikasi permasalahan-permasalahan sepakbola Indonesia agar tidak berlarut-larut dan menjadi masalah sistemik yang menghambat perkembangan sepakbola di Indonesia,” tutur Menpora.

2 dari 4 halaman

Berantas Hingga ke Akarnya

Joko memang tak punya pilihan selain mendukung pemberantasan praktik pengaturan skor sampai ke akar-akarnya. Maka itu, setelah serah terima jabatan dari Edy, dia pun langsung menegaskan, dirinya dan PSSI menghormati proses yang sedang berlangsung, termasuk juga investigasi yang tengah dijalankan Satgas Anti-Mafia Bola.

Joko menjelaskan, PSSI sebenarnya sudah memerangi match fixing, jauh sebelum kasus ini mencuat ke publik. Bahkan, pada 2017, PSSI sudah membentuk integrity departement atau departemen integritas untuk menekan praktik-praktik manipulasi skor di semua level kompetisi di bawah PSSI, dari level liga amatir sampai profesional.

“Pembentukan departemen integritas ini sesuai arahan FIFA pada 2017. Tim ini sesuai dengan rekomendasi anggota Komite Eksekutif PSSI. Kemudian terbentuk tim Adhoc. Tim bertugas merespons match fixing dan bekerja sama satu tahun,” kata Joko seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

Maka itu, dalam Kongres Bali, PSSI pun membentuk Komite Ad Hoc Integritas. Komite yang diketuai Ahmad Riyadh ini bertugas memerangi pengaturan skor dan manipulasi pertandingan serta membangun sinergi dengan pemangku kepentingan lain, terutama pihak kepolisian.

Dalam bertugas, tim ini nantinya akan bersinergi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan INTERPOL. Bahkan, menurut Joko, MoU antara PSSI dan Polri beserta Interpol sudah terjalin untuk memerangi kecurangan-kecurangan di lapangan hijau.

3 dari 4 halaman

Joko Diperiksa

Joko sendiri siap membuktikan komitmennya. Salah satunya dia siap menghadiri panggilan Satgas Anti-Mafia Bola untuk memberikan keterangan terkait kasus pengaturan skor di sepak bola Indonesia ini. Rencananya, dia akan menemui Satgas Anti-Mafia Bola, Kamis (24/1).

Sebelumnya, Joko lewat pengacaranya sempat meminta penundaan pemeriksaan terhadap dirinya. Sebab, ketika itu, Joko masih harus fokus kepada pelaksanaan kongres tahunan PSSI di Bali ini.

Sebelumnya, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, sudah terlebih dahulu menjalani pemeriksaan oleh Satgas Anti-Mafia Bola di Polda Metro Jaya, Rabu (16/1). Ketika itu Tisha diperiksa tak kurang dari 13 jam lamanya.

Satgas Anti-Mafia Bola memang tak tanggung-tanggung dalam menjalankan tugasnya. Sesuai instruksi Kapolri Jenderal Tito Karavian, mereka siap membabat habis siapa pun sosok-sosok yang ikut terlibat dalam praktik-praktik kotor di sepak bola Indonesia ini.

Itu artinya, Joko dan PSSI harus rela jika nantinya muncul nama-nama baru dari organisasi sepak bola tertinggi di Indonesia itu sebagai tersangka dalam kasus pengaturan skor di sepak bola nasional.

Saat ini, ada dua sosok dari PSSI yang sudah ditetapkan menjadi tersangkat dalam kasus pengaturan skor. Mereka adalah Johar Lin Eng, anggota Exco dan Dwi Riyanto, anggota Komisi Disiplin PSSI.

4 dari 4 halaman

Limpahkan ke Kejaksaan

Sejauh ini, Satgas sendiri sudah menetapkan 11 tersangka terkait kasus pengaturan skor di sepak bola Indonesia. Ada 10 tersangka ditetapkan terkait pertandingan Liga 3 Persibara vs PS Pasuruan. Sedangkan satu tersangka lainnya dijerat dalam pertandingan Liga 2 PS Mojokerto Putra vs Aceh United.

Para tersangka ini dijerat dengan menggunakan Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dan/atau UU No 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan/atau Pasal 3, 4, 5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU. Mereka diduga melakukan tindak pidana penipuan dan/atau penggelapan dan/atau tindak pidana suap dan/atau tindak pidana pencucian uang.

Akhir pekan ini, rencananya berkas perkara dari empat di antaranya sudah akan dilimpahkan Satgas ke Kejaksaan sehingga bisa secepatnya diproses di pengadilan. Kita tunggu saja…

Debat Kedua Pilpres 2019 Tanpa Kisi-Kisi, Jadi Lebih Seru?

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah mempersiapkan debat kedua Pilpres 2019 yang digelar pada 17 Februari 2019. Debat yang hanya akan diikuti calon presiden itu bertema energi dan pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur

KPU pun menyatakan, format dan mekanisme debat kedua dan seterusnya akan diubah. Hal ini setelah debat perdana Pilpres 2019 pada 17 Januari 2019 menuai sorotan, terutama karena adanya pemberian kisi-kisi pertanyaan.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, seluruh komisioner KPU telah melakukan rapat pleno untuk mengevaluasi secara menyeluruh jalannya debat pertama. Hasilnya, pihaknya berkomitmen memperbaiki format dan mekanisme debat menjadi lebih baik.

“Debat kedua, format dan mekanisme akan kita rancang sedemikian rupa agar memungkinkan bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden menunjukkan performa, kapasitas terkait penyampaian gagasan-gagasan besar yang tercantum dalam visi, misi, program untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan,” kata Wahyu ditemui di D’Hotel, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Minggu 20 Januari 2019.

Salah satu format yang akan diubah dalam debat adalah meniadakan kisi-kisi soal dari panelis kepada pasangan calon. Selain itu durasi penyampaian visi misi dan program pasangan calon akan diperpanjang.

“Termasuk durasi akan kita perbarui karena debat pertama penyampaian visi misi dan program dari kandidat hanya tiga menit. Ini dirasa kurang sehingga mungkin akan kita tambah waktunya,” sebut Wahyu.

Format yang akan diubah selanjutnya ialah teknis panggung. Debat dinilai terlalu gaduh sehingga mempertimbangkan mengurangi jumlah pendukung yang diizinkan masuk ke arena debat.

Lalu bagaimana reaksi kubu Jokowi dan Prabowo mengenai perubahan mekanisme debat?

PDIP yang mengusung pasangan nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dan Ma’ruf Amin tak mempermasalahkan peniadaan kisi-kisi.

“Tema debat itu sendiri kan pada dasarnya sebagai sebuah pengerucutan kisi-kisi itu,” ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Meski demikian, Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf ini, tak menampik tetap ada persiapan debat nanti. Persiapan itu akan dilakukan dengan sebaik mungkin.

“Dalam rangka persiapan itu, kami menegaskan tema debat itu sudah menjadi bagian dari kisi-kisi itu sendiri. Sehingga kalau temanya terorisme, jangan bicara pangan, ketika tema HAM jangan bicara air,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Program TKN Jokowi-Ma’ruf, Aria Bima menuturkan, apa pun yang diputuskan KPU, pihaknya akan tetap menyiarkan program paslon nomor urut 01 itu.

Dia menuturkan, yang paling penting adalah durasi waktu yang lebih panjang dalam menjawab.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menyambut baik langkah KPU yang mengubah format debat kedua tanpa ada kisi-kisi. Tim Prabowo berharap debat kedua akan lebih baik dan berkualitas untuk rakyat.

“Mengenai rencana KPU tidak akan memberikan kisi-kisi kami pun siap mengikutinya. Apalagi demi tujuan agar debat menjadi lebih berkualitas,” kata juru bicara BPN Andre Rosiade saat dikonfirmasi, Minggu 20 Januari 2019.

Ia menyatakan, pasangan Prabowo-Sandiaga juga siap menghadapi debat kedua tanpa kisi-kisi pertanyaan. Politisi Partai Gerindra itu menyebut pihaknya turut mendukung apabila KPU melarang kandidat capres-cawapres membawa sontekan atau tablet saat debat berlangsung.

“Agar rakyat mendapatkan jawaban dari kepala kandidat, bukan dari teks atau sontekan. Sehingga rakyat benar-benar bisa menilai kualitas masing-masing kandidat,” jelas Andre.


2 dari 4 halaman

Debat Jadi Lebih Seru?

Komisioner KPU Ilham Saputra mengakui debat pilpres 2019 edisi pertama tak sesuai ekspektasi. Bahkan, bisa dibilang tak seru karena peserta debat sudah lebih dahulu diberikan kisi-kisi pertanyaan.

“Ya sekali-kali kita menerima masukan dari masyarakat, bahwa memang mungkin karena diberikan kisi-kisi debat ini menjadi yang masyarakat sebut kurang seru,” ujar Ilham di Gedung Percetakan Gramedia Jakarta, Minggu (20/1/2019).

Meski begitu, KPU mengatakan pihaknya sudah bekerja semaksimal mungkin agar jalannya debat berlangsung dengan baik. KPU berjanji akan mengikuti saran dari masyarakat untuk debat lanjutan Pilpres 2019.

“Sekali lagi kita enggak menutup mata dan kuping terkait masukan-masukan dari masyarakat terkait dengan peningkatan debat,” kata dia.

Terkait dengan durasi debat lanjutan, menurut Ilham akan dibicarakan kembali dengan pihak televisi yang menyiarkan program debat Pilpres 2019. “Kita bicarakan lagi,” kata dia.

Namun demikian, komisioner KPU Wahyu Setiawan mengklaim, debat perdana pilpres Kamis lalu lebih hidup dibanding pada Pilpres 2014 lalu. ‎Menurutnya, dalam debat kemarin sudah ada dialektika antarpaslon capres-cawapres.

“Dalam beberapa pencapaian, kita merasa dibandingkan dengan debat 2014 ‎yang lalu, ini lebih hidup. Ini diakui oleh banyak pihak. Karena debatnya itu di ronde awal sudah debat,” kata Wahyu di Setia Budi, Jakarta Selatan, Minggu 20 Januari 2019.

Kendati demikian, Wahyu mengakui masih banyak kekurangan pada debat perdana Pilpres 2019. Itu diakuinya setelah KPU melakukan evaluasi serta adanya kritik pasca-debat perdana digelar.

“Kami menyadari bahwa debat pertama belum sepenuhnya, artinya sudah ada yang terpenuhi tapi tidak sepenuhnya harapan publik itu terpenuhi,” ucapnya dikutip dari JawaPos.com.

Wahyu mengatakan, pihaknya terbuka jika ada kritikan-kritikan pada proses debat perdana. ‎Sejauh ini, pihaknya telah menerima berbagai masukan untuk nantinya dijadikan acuan pada debat kedua.

“Kami KPU akan melakukan evaluasi dan ini sudah kami lakukan setiap debat. Jadi debat pertama kita evaluasi untuk ebat kedua, debat kedua pun kita evaluasi untuk debat ketiga. ‎Demikian seterusnya,” jelasnya.

3 dari 4 halaman

Siapa Moderator dan Panelis?

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga terkait moderator yang akan ditunjuk pada debat capres-cawapres kedua, 17 Febuari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta.

“Untuk moderator berdasarkan UU konsep yang sudah dimiliki KPU dikoordinasikan paslon TKN dan BPN,” kata Wahyu di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

“KPU sudah punya opsi, dan kita tawarkan. Moderatornya ini, ini. Kemudian dari masing-masing timses misalnya bilang, oh jangan itu tidak netral. Kan moderator debat capres itu harus netral. Ya kita diskusikan, tapi ya opsi moderator itu kan sudah kami siapkan nama-nama nominasinya. Semua insan media,” sambungnya.

Wahyu menegaskan, pemilihan moderator pada saat debat kedua pilpres 2019 bukan hak dari KPU. Namun, merupakan keputusan dari masing-masing paslon.

“Ya moderator ternama. Misalnya Alvito Deanova, mba Nana Najwa Shihab. Ada banyak. Sekali lagi kalau untuk moderator kami tidak bisa putuskan secara sepihak. Sebab, menurut UU harus dikoordinasikan. Tapi untuk panelis, itu kewenangan mutlak KPU,” tegasnya.

Sedangkan panelis debat capres-cawapres, yang menentukan adalah KPU. Namun demikian, panelis debat tidak sembarang pilih.

“Panelis itu ada syaratnya. Dia pakar di bidangnya, dia punya integritas dan dia harus netral. Jadi bisa jadi ada pakar di bidangnya, kok bisa enggak masuk ? Ya kalau dia tidak netral ya dia enggak penuhi syarat. Lah netral tidak netral kan bukan negatif ya artinya. Sebab, itu kan bagian dari hak politik seseorang. Yang tidak netral tidak penuhi syarat sebagai panelis,” pungkas Wahyu.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, nama Najwa Shihab dan Tommy Tjokro dipilih atau diusulkan oleh beberapa media televisi sebagai moderator debat. Namun, ia tak menyebutkan stasiun televisi mana yang mengusulkannya.

“(Nana dan Tommy jadi moderator) itu diusulkan oleh tv. Kalau KPU nanti saja dirapat selanjutnya dan itu bisa satu (moderator) dan dua (moderator),” kata Arief di KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Ia menegaskan, jumlah moderator pada debat Pilpres 2019 yang kedua nanti bisa kemungkinan hanya satu saja yaitu antara Najwa atau Tommy. Alasannya, karena pada debat kedua Pilpres 2019 hanya diikuti capres.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rahasia Orang Jepang Melangsingkan Tubuh, Turun sampai 20 Kg

Jakarta

Sejak kecil hingga berusia 30 tahun, Andrian Suryaputra memiliki berat badan berlebih. Namun kini Andrian menemukan cara yang efektif dan berhasil menurunkan berat badannya hingga 12 kg dalam satu bulan tanpa diet atau olahraga yang melelahkan.

“Kegemukan telah menghancurkan hidup saya. Masalah kelebihan berat badan saya alami sejak di bangku sekolah. Teman-teman saya terus-menerus mengejek dan menjatuhkan harga diri saya. Saya sangat sedih dan hanya bisa mengurung diri di rumah,” ujar Andrian.

Saat menginjak usia 20-an, berat badan Andrian lebih dari 120 kg. Hal tersebut membuat Andrian hampir tidak bisa beranjak dari sofa hingga menyebabkan masalah kesehatan yang semakin parah. Selama bertahun-tahun, Andrian mengira bahwa kegemukan itu karena genetik, metabolisme yang lambat, bahkan disebabkan penyakit.

Namun tidak ada dokter yang mengkonfirmasi hal ini sehingga Andrian harus menghadapi kenyataan bahwa itu semua karena gaya hidup yang tidak benar. Untuk itu, Andrian berencana menurunkan berat badan dengan cara diet.

“Saya mulai melakukan diet dan mengonsumsi suplemen makanan yang lebih banyak dan lebih ampuh, tetapi tidak berpengaruh banyak. Berat badan saya turun beberapa kilogram, tapi saat berhenti mengkonsumsi suplemen, nafsu makan saya bertambah dan berat badan pun kembali. Kesehatan saya semakin memburuk, saya merasa sangat menderita. Rasa lapar karena diet ketat dan nafsu makan yang tidak terkendali membuat berat badan malah bertambah,” katanya.

Dokter pun mengatakan berat badan Andrian dikatakan tidak akan bisa turun 20 hingga 30 kg jika tidak mengubah gaya hidup. Bahkan Andrian mungkin tidak akan hidup hingga usia 40 tahun.

“Saya berumur 34 tahun dan berpikir bahwa kematian itu ada di depan mata saya,” paparnya.

Setelah kembali dari dokter, Andrian pergi ke toko terdekat dan bertemu Asya, teman sekolahnya yang memiliki masalah yang sama seperti Andrian. Asya juga selalu punya masalah dengan kelebihan berat badan. Namun kini Asya berbeda dengan pinggang ramping, pipi tirus, langsing, dan cantik.

“Saat melihatnya, saya tidak bisa percaya bahwa wanita yang berdiri di depan saya adalah orang yang sama yang saya kenal beberapa tahun yang lalu,” ucapnya.

Akhirnya, Andrian memberitahu tentang masalah berat badan yang ia alami. Kemudian Asya memberi tahu metode rahasia yang mengubah hidup Asya dan sekarang juga mengubah hidup Andrian. Metode tersebut 100% efektif tanpa efek yo-yo. Asya memperkenalkan metode yang ditemukan di Amerika Serikat.

Penurun Berat Badan yang Digunakan Orang Eropa Tersedia di Indonesia

“Saya akan memberitahu Anda, itu benar-benar aman untuk kesehatan dan tidak memerlukan olahraga intensif atau diet yang tidak menyenangkan,” ujar Andrian.

Penurun Berat Badan yang Digunakan Orang Eropa Tersedia di Indonesia

Menurut penelitian, metode ini memungkinkan Anda untuk menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam seminggu.

Penurun Berat Badan yang Digunakan Orang Eropa Tersedia di Indonesia

Secara klinis, Anda akan mendapatkan

– Memecah gumpalan lemak tiga kali lebih efektif daripada metode lain

– Menghentikan produksi sel-sel lemak baru

– Mengurangi jumlah air yang terakumulasi di dalam tubuh

– Memperbaiki fungsi usus dan pencernaan, mengurangi sembelit dan kembung

– Mempercepat proses metabolisme tubuh hingga 85%.

Menariknya, metode ini sepenuhnya alami. Namun tidak disarankan bagi seseorang yang memiliki masalah tiroid, diabetes, atau penyakit kardiovaskular.

Terdengar luar biasa bukan? Memang begitulah! Berkat Garcinia Cambogia Forte, berat badan Andrian turun 12 kg dalam sebulan terakhir! Dan ini hanyalah awal dari perjalanan Andrian untuk tampil ideal. Sebab, dengan menurunkan berat badan berarti juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Penurun Berat Badan yang Digunakan Orang Eropa Tersedia di Indonesia

“Ketika saya mulai menggunakan Garcinia Cambogia Forte, saya khawatir hanya akan membuang-buang uang. Namun setelah minggu pertama, berat turun 4 kg lebih,” jelasnya.

Penurun Berat Badan yang Digunakan Orang Eropa Tersedia di Indonesia

Menakjubkan! Andrian sekarang bisa dengan berani mengatakan bahwa Garcinia Cambogia Forte telah mengubah hidupnya dan mengembalikan rasa percaya diri.

“Beberapa hari yang lalu saya bertemu Asya untuk berterima kasih padanya. Untuk infomasi yang ia berikan, ternyata dia sudah tertarik pada saya sejak kami sama-sama masih di bangku sekolah, tetapi sama seperti saya, dia tidak memiliki keberanian untuk mengatakannya. Dalam 2 hari, kami akan pergi untuk kencan pertama dan saya merasa sangat bahagia,” ceritanya.

Dengan sepenuh hati, Andrian merekomendasikan Garcinia Cambogia Forte kepada semua orang yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan. Faktanya, berat badan berlebih merupakan masalah besar karena bisa merusak kesehatan. Untuk itu, semua orang hanya hidup satu kali, jadi tetaplah hidup sehat.

Berikut adalah promosi luar biasa untuk para pembaca. Isi formulir di bawah ini dan Anda dapat menerima Garcinia Cambogia serta ikut dalam program diskon dengan potongan sekitar Rp 490 ribu. Penawaran khusus ini hanya berlaku hari ini, Selasa 22 Januari 2019.

Artikel ini merupakan kiriman dari mitra yang bekerja sama dengan detikcom. Setiap transaksi yang terjadi atas pengiriman barang dan kualitas produk bukan tanggung jawab detikcom.

(adv/adv)

9 Mitos Seputar Berhubungan Seks saat Hamil

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak mitos seks di sekitar kita. Salah satunya tentang berhubungan seks saat hamil.

Walaupun begitu, beberapa penelitian membuktikan bahwa mitos seks tersebut salah. Dikutip dari INSIDER pada Senin (21/1/2019), berikut ini 9 mitos yang salah seputar seks saat hamil beserta penjelasan ilmiahnya.

1. Penetrasi membahayakan janin

Bayi tidak akan terpengaruh oleh penetrasi yang dilakukan penis. Di sebagian besar kasus kehamilan, penis tidak akan menyakiti bayi dan tidak akan berkontak dengannya saat melakukan penetrasi seksual. Menurut yayasan nirlaba ibu dan anak, March of Dimes, bayi dilindungi oleh kantung ketuban dan cairannya, serta dinding rahim.

2. Keinginan seks orang yang hamil menghilang

Kenyataannya, beberapa orang mengalami dorongan seks yang lebih tinggi saat sedang hamil. Profesor kebidanan dan kandungan Lauren Streicher dari Northwestern University mengatakan, banyak wanita yang mengalami lonjakan hormon selama trimester kedua. Ini bisa menyebabkan peningkatan gairan seks.

3. Bercak yang muncul perlu dikhawatirkan

Menurut Healthline, beberapa bercak yang muncl setelah berhubungan seks saat hamil relatif normal karena serviks masih sangat sensitif. Namun, apabila ada pendarahan lebih, ini yang harus dikhawatirkan. Apabila Anda ragu-ragu, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter.

2 dari 4 halaman

Orgasme bikin keguguran?

4. Seks selama kehamilan bisa menyebabkan persalinan

Seks tidak menginduksi persalinan. Hal ini diungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Malaya, Malaysia.

“Kami sedikit kecewa karena tidak menemukan hubungan,” kata profesor kebidanan dan ginekologi Dr. Tan Peng Chiong kepada NBC News.

“Pasti menyenangkan bagi pasangan untnuk memiliki sesuati yang aman, efektif, dan bahkan mungkin menyenangkan bahwa mereka bisa menggunakan diri mereka sendiri untuk membantu persalinan sedikit lebih awal jika mereka menginginkannya,” tambahnya.

5. Kontraksi akibat orgasme bisa sebabkan keguguran

Ada sebaiknya Anda tetap mengkonsultasikan ini kepada dokter. Namun menurut Parents, kontraksi yang dialami selama orgasme dan kontraksi saat melahirkan adalah tipe yang berbeda sama sekali.

Namun, apabila Anda memiliki riwayat keguguran atau kelahiran prematur, serviks Anda tidak melebar, atau mengalami pendarahan hingga keputihan vagina yang tidak diketahui, bicarakan dengan dokter.

6. Orang hamil tidak boleh menggunakan vibrator

Menurut FitPregnancy, mainan seks seperti vibrator aman untuk digunakan selama kehamilan. Selama mereka tetap bersih dan bebas kuman. Ini tentu saja juga berlaku saat seseorang tidak hamil.

3 dari 4 halaman

Bayi tidak akan tahu

7. Seks oral tidak mungkin dilakukan

Bukan berarti seseorang tidak bisa melakukan seks oral saat pasangannya mengalami kehamilan. Bahkan, ini bisa menjadi alternatif yang lebih nyaman daripada penetrasi. Tergantung jangka waktu kehamilan.

Namun, American Pregnancy Association meminta agar pasangan tidak meniupkan udara ke dalam vagina saat oral. Gelembung yang muncul bisa menyebabkan perbedaan tekanan yang bisa menghancurkan pembuluh darah di sekitar permukaan.

8. Bayi bisa tahu

Bayi tidak akan tahu jika Anda berhubungan seks dengan pasangan saat hamil. Ini juga tidak akan membuat buah hati di dalam perut mengalami trauma. Selain itu, dia juga tidak akan mengingatnya.

9. Semua posisi aman dilakukan saat kehamilan

Tidak semua posisi seks aman dilakukan saat hamil. Misalnya misionaris. Posisi semacam ini bukan pilihan terbaik di 20 minggu kehamilan.

Menurut Healthline, ketika seorang wanita hamil berbaring telentang untuk waktu yang lama, berat rahim bisa menekan aliran darah yang diperlukan ke seluruh tubuh dan untuk bayinya.

4 dari 4 halaman

Simak juga video menarik berikut ini:

Top 3 Berita Hari Ini: Setangkai Mawar Merah dan Senyum Istri Ustaz Maulana Sebelum Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 Berita Hari Ini tentang wafatnya istri dai kondang ustaz Maulana, Nuraliyah Ibnu Hajar, di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 20 Januari 2019 sore. Melalui akun Instagram pribadinya, lelaki bernama lengkap Muhammad Nur Maulana itu mengunggah foto bersama istri tercintanya sebelum mengembuskan napas terakhirnya.

Dalam foto yang diunggah dalam akun Instgram pribadi ustaz Maulana, sang istri terlihat tersenyum mengenakan hijab biru. Kedua tangannya terlihat sedang memegang setangkai mawar merah.

Selain berita duka tersebut, zodiak masih menjadi perhatian pembaca. Kali ini zodiak yang ditengarai mempunyai kebiasaan meminjam uang, seperti Aries, Sagitarius, Aquarius, dan Pisces.

Sifat terlalu baik pada orang lain ini juga ada pada diri para Pisces. Mereka bahkan memiliki kebiasaan meminjam uang tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga orang lain yang berhasil merebut simpati zodiak ini.

Selain itu, jajanan pasar khas Betawi juga menarik perhatian pembaca. Jakarta tak hanya kaya dengan lokasi wisata sejarah, tapi juga memiliki banyak jajanan khas yang menarik untuk dicicipi, seperti dongkal.

Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung beras yang dimasukkan ke dalam wadah berbentuk kerucut kemudian dicampur dengan gula aren. Setelah itu, dikukus hingga matang. Kue yang biasa disajikan di atas daun pisang.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Setangkai Mawar Merah dan Senyum Istri Ustaz Maulana Sebelum Meninggal Dunia

Duka sedang menyelimuti ustaz Muhammad Nur Maulana atau ustaz Maulana, istri tercintanya, Nuraliyah Ibnu Hajar, meninggal dunia di RS Bhayangkara, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 20 Januari 2019.

Kabar duka disampaikan ustaz Maulana @m_nur_maulana. Ia juga kemudian mengunggah sebuah foto yang lain saat mengunjungi istrinya yang sedang terbaring sakit.

Selanjutnya…

4 Zodiak yang Kemungkinan Punya Kebiasaan Meminjam Uang

Sementara sebagian orang bisa sangat disiplin mengatur pengeluaran dengan mempertimbangkan nominal yang masuk, sisanya malah memiliki kesulitan mengatur keuangan. Dari sekian banyak faktor, hal ini ternyata bisa dilihat lewat kacamata zodiak.

Berkaca pada kepribadian menurut astrologi, ternyata ada beberapa zodiak yang buruk dalam mengatur uang. Walau demikian, tak semua memiliki kecenderungan meminjam uang pada teman. Dilansir dari fashionjournal.com.au, Sabtu, 19 Januari 2019, hanya zodiak-zodiak inilah yang punya kebiasaan meminjam uang pada orang lain.

Selanjutnya…

6 Jajanan Pasar Khas Betawi yang Menggoyang Lidah

Jakarta tak hanya memiliki lokasi wisata sejarah, tapi juga mempunyai banyak jajanan pasar khas Betawi. Jajanan tersebut dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional di Jakarta.

Ditemani secangkir teh atau kopi hidangan tersebut bisa memberikan pengalaman kuliner berbeda. Seperti dilansir dari buku Kuliner & Spa Jakarta, beberapa di antaranya dongkal, kembang goyang, putu mayang, cente manis, ongol-ongol, hingga dodol Betawi.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Harga HP Lenovo A1000 Terbaru dan Spesifikasinya Andalannya

Liputan6.com, Jakarta Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group merupakan produsen PC terbesar di China. Perusahaan ini didirikan pada 1984 oleh Liu Chuanzi. Perubahan nama menjadi Lenovo terjadi pada 2004 dan di tahun yang sama Lenovo mulai dikenal di mata internasional.

Pada 2004, Lenovo adalah produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Selain menjual PC, Lenovo juga menjual server, komputer genggam, perangkat pencitraan, dan telepon genggam.

Selain hadir dengan produk PC-nya, beberapa waktu belakangan ini Lenovo juga semakin eksis dengan telpon genggamnya. Tidak mau kalah dengan produsen hp terkenal seperti Samsung atau Oppo dan Xiaomi. Lenovo juga kerap mengeluarkan produk hp dan selalu up to date. Bersaing dengan vendor lainnya, Lenovo menggunakan strategi menghadirkan smartphone murah namun dengan spesifikasi yang tangguh.

Hal itu diwujudkan dalam Lenovo A1000. Smartphone ini dirilis pada September 2015 lalu. Dengan harga hp Lenovo A1000 yang cukup terjangkau, spesifikasinya bakal memanjakan penggunanya. Nah, berikut ini Liputan6.com akan mengulas spesifikasi dan harga hp Lenovo A1000 seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/1/2019).

2 dari 5 halaman

Desain dan layar

Lenovo A1000 ini merupakan hp yang dibekali layar 4 inci dengan tingkat densitas piksel sebesar 233ppi dan tampilan resolusi sebesar 480 x 800 pixels. Permukaan layar Lenovo A1000 ini telah mendukung multitouch hingga 5 sensor sentuhan. Meskipun layarnya tidak terlalu besar, namun layar hp Lenovo ini akan memanjakan Anda dengan ketajaman 16 juta warna. Sayangnya, layar tersebut belum dilengkapi dengan anti gores.

Kualitas layarnya memang masih terbilang rendah namun hal ini sesuai dengan harga hp Lenovo A1000 yang cukup murah.

Untuk sektor desain, Lenovo A1000 ini masih menggunakan bahan plastik sebagai body covernya. Dimensi ponsel ini 124.5 x 64 mm dengan ketebalan 10.6 mm dan juga memiliki bobot yang cukup ringan yakni hanya 132 gram saja sehingga nyaman digenggam.

Hp Lenovo A1000 ini memiliki bentuk khusus yang tegas dan melengkung pada bagian pinggirnya.

Konektivitas

Hp Lenovo A1000 kerap menerapkan sistem dual SIM, jadi Anda sudah bisa menggunakan dua kartu SIM sekaligus dalam satu hp dengan jaringan 3G. Meskipun belum didukung dengan konektivitas 4G, namun jaringan 3G HSPA dalam HP Lenovo A1000 ini cukup membuat Anda betah untuk berselancar di dunia maya. Kecepatan untuk mengunduh mencapai 21.1 Mbps dan kecepatan mengunggah mencapai 5.76 Mbps.

Dengan semua kecanggihan di dalamnya, hp Lenovo A1000 disematkan baterai berkapasitas 2000 mAh yang bisa Anda gunakan seharian dalam kondisi 3G. Sedangkan untuk waktu bicara, hp Lenovo A1000 dapat bertahan hingga 16 jam 30 menit.

3 dari 5 halaman

Prosesor dan Kamera yang Cukup Istimewa

Dapur pacu

Pada sektor dapur pacu, Lenovo A1000 dibekali chipset Spreadtrum SC7731 yang disandingkan dalam processor Quad-core dalam top speed 1.3 GHz. Performa yang dihasilkan dalam Lenovo A1000 ini lumayan responsif apalagi dikombinasikan dengan RAM 1 GB. Dengan RAM sebesar itu, Anda dapat melakukan beberapa proses dalam satu waktu tanpa mengalami lag atau lemot. Sedangkan pada bagian grafisnya, Lenovo menyempurnakan A1000 dengan GPU berkualitas tinggi. GPU tersebut berjenis Mali-400MP2 yang akan menghasilkan gambar 3D berkualitas. Selain itu, dilengkapi juga dengan sistem operasi Android Lollipop 5.0.

Kamera

Pada bagian belakang Lenovo A1000 tertanam kamera utama 5 MP yang memiliki resolusi 2592 х 1944 pixels. Menariknya kamera utama Lenovo A1000 ini telah ditunjang dengan LED Flash. Sayangnya, sesuai dengan harga hp Lenovo A1000 yang tak menguras kantong kamera pada ponsel ini tak dilengkapi dengan fitur autofocus.

Tentu saja Anda juga dapat merekam video dengan kualitas 720 p dalam kecepatan 30 fps.

Sementara kamera depan yang dimiliki Lenovo A1000 ini hanya mengandalkan sensor kecil 0,3 MP atau VGA, sehingga foto yang dihasilkan

4 dari 5 halaman

Harga hp Lenovo A1000

Setelah membahas spesifikasi hp Lenovo A1000 dan tampilan desainnya, belum lengkap rasanya kalau tidak membahas soal harga hp Lenovo A1000 ini. Harga termurah hp Lenovo A1000 berkisar di angka Rp 500 ribuan di sejumlah e-commerce Indonesia.

Untuk pilihan lainnya, hp Lenovo A1000 juga dijual di Malaysia dengan harga Rp 751.467, di Filipina dengan harga Rp 813.759, Singapura Rp 1.661.213, Thailand dengan harga Rp 558.362, dan di Vietnam dalam dibeli dengan harga Rp 727.117.

Untuk mendapatkan harga hp Lenovo A1000 yang murah ini, Anda dapat membelinya di e-commerce andalan Anda. Detail harga ini telah diperbaharui pada Januari 2019.

5 dari 5 halaman

Review hp Lenovo A1000

Beberapa orang telah menggunakan dan menikmati hp Lenovo A1000 ini. Adapun beberapa review dari para pengguna ini, yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum lanjut untuk membelinya. Berikut ini beberapa Review Hp Lenovo A1000:

1. Hp Murah Namun Canggih

Dengan harga yang murah, Anda sudah dapat menikmati kecanggihan smartphone ini. Walaupun jaringan selulernya masih 3G, tetapi tidak mempengaruhi kecepatan untuk mengakses internet, karena didukung CPU Quad-core Cortex-A7 dan RAM 1GB. Untuk multitasking juga terasa lancar, tanpa hambatan. Hasil jepretan dengan kamera belakang juga cukup baik, dan untuk video call dengan kamera depan cukup jelas.

2. Hp Kecil dengan Kekuatan Besar

Hp Lenovo A1000 ini juga bagus untuk digunakan bermain game, walaupun hanya memiliki jaringan 3G dan layar 4 inci. Namun Anda akan tetap merasa puas karena hp Lenovo A1000 ini dilengkapi dengan prosesor Spreadtrum SC7731Quad-core Cortex-A7 yang memiliki kecepatan 1.3GHZ. Dengan storage 8GB juga cukup untuk digunakan bermain game dan lain-lain.

Memiliki OS Android V5.0 atau Lolipop, hp ini sudah mendukung banyak aplikasi-aplikasi terbaru. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin menginstal aplikasi-aplikasi terbaru. Karena Android Lolipop sudah mendukung hampir semua aplikasi.

Speaker dari hp ini juga lumayan keras dan tidak pecah. Jadi untuk mendengarkan musik, Anda akan nyaman. Karena ukurannya yang kecil, hp Lenovo A1000 ini mudah dibawa kemana-mana dan tidak memakan banyak tempat.


Reporter: Nisa Mutia sari