Tagar Debat Pilpres 2019 Jadi Trending Topic di Twitter

Liputan6.com, Jakarta – Bersamaan dengan debat kedua capres 2019 yang digelar malam ini di Hotel Sultan, Jakarta, keriuhan juga terjadi di linimasa Twitter.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Minggu (17/2/2019), tagar Debat Pilpres 2019 kini menduduki peringkat pertama Trending Topic di Twitter Indonesia.

Kebanyakan kicauan merupakan dukungan terhadap masing-masing calon presiden yang akan melakukan debat dengan pembahasan seputar infrastruktur, energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Ada pula kicauan berisi harapan dari warganet terhadap Indonesia ke depannya melalui debat ini. Untuk mengetahui lebih lengkap kicauan para warganet, simak beberapa twit yang sudah dihimpun berikut ini.






2 dari 2 halaman

Jelang Debat Capres, Lini Masa Mulai Dibanjiri Dukungan Kedua Kubu

Keriuhan debat kedua capres 2019 yang digelar pada malam ini di Hotel Sultan, Jakarta, sudah mulai terasa.

Berbagai dukungan dari kedua kubu pun sudah mulai meramaikan lini masa media sosial (medsos), terutama Twitter.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com jelang sore ini, tagar yang terkait dengan debat kedua capres, seperti #PrabowoMenangDebat dan #DebatPintarJokowi bertengger di trending topic Twitter Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lengkap kicauan para warganet, simak beberapa twit yang sudah dihimpun Tekno Liputan6.com, berikut ini.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Ma’ruf Amin Terima Dukungan dari Pewaris Kesultanan Banten

Jakarta – Cawapres Ma’ruf Amin menerima dukungan dari Kesultanan Banten di Pilpres 2019. Ma’ruf juga didoakan agar lancar dan selalu diberikan kesehatan dalam mengikuti gelaran pesta demokrasi tersebut.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh Sultan Banten, Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni, saat berkunjung ke rumah Ma’ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019). Sultan Banten dan Ma’ruf Amin menggelar pertemuan pertutup selama kurang lebih satu jam.

“Yang saya hormati KH Ma’ruf Amin. Terimakasih atas penerimaannya kedatangan kami dari Kesultanan Banten. Saya selaku pewaris Kesultanan Banten, Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni. Kedatangan kami ke sini sebetulnya selain bersilaturahmi dengan saudara sendiri. Juga mendoakan niat pak kiai Ma’ruf Amin yang insya Allah ke depan ikut berpartisipasi terhadap kelangsungan Indonesia ini. Semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah,” kata Bagus Hendra usai pertemuan.

Dukungan ini disampaikan sebab menurut Bagus Hendra seorang umara memerlukan pendamping ulama. Sosok Ma’ruf Ami dinilai cocok untuk mengisi peran tersebut.

“Kami dukung dari kesultanan. Karena umarah ini harus ada pendampingnya ulama. Seperti halnya dulu Kesultanan Banten, ada ulama, umaro dan Kesultanan Banten. Nah inilah sosok KMA perlu kita dukung,” ujarnya.

Dia berharap Ma’ruf Amin bisa menjadikan Indonesia semakin maju. Jika Ma’ruf terpilih, dia juga berharap pemerintah bisa mengakui total keberadaan Kesultanan Banten.

“Alhamdulillah beliau ini juga seorang ulama, ketua MUI. Kita tahu kadarnya, beliau tidak mungkin mau artinya disalahgunakan dan sebagianya oleh pihak lain. Beliau punya jati diri saya pahami itu. Oleh karenanya saya dukung dari Kesultanan Banten. Semoga nanti bisa menselaraskan posisinya sebagai wakil presiden bisa membawa bangsa ini tidak terperosok, tetap mengangkat akidah sesuai dengan al-quran dan sunah rasul. Semoga pemerintahan Indonesia ini nanti bisa total mengakui Kesultanan Banten sebagaimana dahulu kalanya,” paparnya.

Menerima dukungan tersebut, Ma’ruf Amin mengaku terkesan. Dia menyebut rombongan dari Kesultanan Banten merupakan kerabat dan keluarganya sendiri.

“Sore ini saya menerima Sultan Banten. Ratu Bagus Bambang Wisanggeni berkunjung ke tempat saya dan semua penggawanya. Setelah saya tadi pagi menghadiri harlah NU di Cipayung ke serang ada Banten bermunajat untuk keselamatan bangsa dan negara. Sore ini saya sudah di rumah, dan Alhamdulillah kemudian silaturahmi dengan Sultan Banten. Ini sebenarnya kita dalam kekerabatan ya, keluarga,” ujar dia.

Selain itu, pertemuan juga membahas terkait pengembangan ekonomi keumatan di bidang bambu. Ide itu disebut Ma’ruf sangat kreatif.

“Oleh karena itu saya sangat terkesan juga adanya ide kretif dari penggawa Banten dalam rangka menggembangkan ekonomi keumatan melalui bambu. Ini bambu, bukan kayu tapi diolah sedemikan rupa. Ini seperti kayu, jadi bambu ini bisa dibuat nanti… Bisa dijelaskan bisa dibuat apa saja, bisa digunakan untuk pembangunan rumah, nanti akan dijelaskan ahlinya,” imbuh dia.

(knv/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pesan Anak Kanker di Padang ke Ibu Ani: Kita Bisa Melewatinya Bersama

Padang – Mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit NUH (National University Hospital) Singapura dengan diagnosa menderita kanker darah (blood cancer). Seorang anak penderita penyakit yang sama di Padang, Sumatera Barat memberikan semangat untuk Ibu Ani.

“Semoga ibu Ani Yuhdoyono bisa tabah, sabar menjalani pengobatan. Saya dan anak-anak penderita kanker darah di sini ikut mendoakan semoga ibu baik-baik saja,” kata anak penderita kanker darah, Abdul HamidA Muhaqqiq kepada detikcom.

Bocah berusia 14 tahun itu merupakan satu dari 51 anak penderita kanker yang berkumpul dalam peringatan Hari Kanker Anak Sedunia, di Rumah Sakit DR Muhammad Djamil Padang, Minggu (17/2/2019).

Bersama orang tua dan keluarga masing-masing, mereka berbagi kisah bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari dalam kondisi mengidap kanker.
“Semoga ibu selalu semangat dan diberikan kesembuhan oleh Allah. Yang semangat bu. Allah akan memberikan kesehatan kepada ibu Ani dan kami semua,” Abdul Hamid melanjutkan.

Abdul Hamid sendiri diketahui menderita kanker darah sejak empat tahun lalu. Ia kini menjalani proses kemoterapi di rumah sakit. Meski sakit, ia tetap menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.

“Kalau sedang pengobatan, biasanya izin libur dulu,” jelas Hamid.

Nurhaida, orang tua Hamid, mengaku sempat shock.

“Hamid dulu menderita hepatitis. Dalam pemeriksaan baru diketahui kalau ia juga (menderita) kanker darah. Tentu saja kami shock. Awalnya saja. Tapi ingat kata Tuhan bahwa itu adalah takdir. Kami akhirnya bisa belajar menerima dan lihat ke orang lain bahwa `justru ada yang lebih parah (kondisinya) dari kami,” kata Nurhaida.

Wanita asal Malalak, Kabupaten Agam itu berharap seluruh ibu yang anaknya menderita kanker tetap optimis.

“Selalu ada jalan untuk sembuh. Kita tak boleh sedih dalam perjuangan untuk meraih kesembuhan. Semua akan ringan dengan dukungan yang kuat dari kita,” katanya.

Kerjasama Dengan Rumah Sakit

Peringatan Hari Kanker Anak se-dunia yang berlangsung di Padang, diwarnai dengan penandatangan kerjasama antara Yayasan Komunitas Cahaya dan Rumah Sakit Dokter Muhammad Djamil Padang.

Yayasan Komunitas Cahaya berkosentrasi untuk membantu para penderita kanker selama proses pengobatan.

“Kita mendukung anak dan orang tuanya. Kenapa orang tua? Kalau untuk anak, urusannya sudah selesai oleh BPJS. Orang tua ini yang membutuhkan biaya sehari-hari selama pengobatan. Pemasukan terhenti saat mengantar anak berobat. Itu yang kita dampingi,” kata Dedi Kurnia Putra, Ketua Yayasan Komunitas Cahaya.

“Yang terbanyak Leukimia atau kanker darah. Ada juga tumor di otak, leher dan tumor hati. Tapi yang terbanyak memang Leukimia,” tambah Dedi.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayiotno berharap dukungan semua pihak untuk memberikan perhatian dan kepedulian kepada anak-anak penderita kanker.

“Bukan hanya dokter, orang tua dan pemerintah, tapi semua pihak. Bentuk prakteknya bisa bermacam-macam cara sesuai kewenangan dan kemampuan. Kita ingatkan bahwa ada kanker yang bisa menimpa anak-anak kita,” kata Irwan.
(asp/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cantiknya Miss International 2017 Kevin Liliana Berhijab

Liputan6.com, Jakarta – Kevin Liliana, Miss International 2017, memperlihatkan penampilannya yang beda. Kali ini, ia mengenakan hijab.

Kevin Liliana berpose dengan berbagai gaya. Bersama keluarga maupun seorang diri. Senyum tipis menghiasi wajahnya dalam balutan hijab coklat.

Foto-foto tersebut diunggah Kevin Liliana, di akun Instagramnya, Jumat (15/2/2019). Tampak Kevin malu-malu.

Sayangnya, tak ada keterangan apapun yang dituliskan Kevin Liliana, untuk penampilan barunya ini.

2 dari 3 halaman

Di Turki

Kevin Liliana mengenakan berhijab, saat ia dan keluarga tengah berlibur ke Topkapi Sarayi, Turki, Istanbul.

Manis, semanis turkish delights,” tulis Kevin sebagai keterangan foto.

3 dari 3 halaman

Istikamah

Penampilan Kevin Liliana ini membuat kolom komentar banjir pujian dan doa. Tak sedikit warganet yang berharap Kevin bisa istikamah berhijab.

Serius queen Kevin berhijab masyaallah cantik semoga itu beneran dan istiqamah,” tulis akun @williegz82.

MasyaAllah cantiknya, udh mantap berhijab kah kak????,” kata akun @prhy65_.

Alhamdulillah si teteh udah pake hijab:),” tulis akun @amaliahindah_21.

Kak kevin cantiknya bertambah deh,” tulis akun @doniahmadr. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

Shahrukh Khan Ungkap Kesedihan atas Bom Bunuh Diri Pulwama

Mumbai – Serangan bom bunuh diri di Pulwama, India, pada Kamis (14/2/2019) lalu, mengundang keprihatinan Shah Rukh Khan. Apalagi peristiwa tersebut menewaskan 44 orang Central Reserve Police Force (CRPF) atau pasukan kepolisian India.

Dilansir dari Hindustan Times, Shah Rukh Khan mengucapkan belasungkawa kepada para korban melalui akun media sosial pribadinya. 

“Turut berbelasungkawa dengan sepenuh hati kepada keluarga pelindung kami yang gagah berani. Semoga jiwa para pelindung negeri ini yang menyerahkan nyawanya bisa beristirahat dalam damai,” tulis aktor Raees ini. 

Tak hanya Shah Rukh Khan, sejumlah artis Bollywood lain juga mengucapkan belasungkawa kepada para korban dan kemarahan atas peristiwa ini. 

 Simak berita menarik lain di JawaPos.com

2 dari 3 halaman

Dukacita

“Belasungkawa yang mendalam untuk keluarga para pemberani kami. Sedih. Marah,” tulis Ranveer Singh.

“Turut berduka mendengar tentang serangan di Pulwama. Saya turut berbelasungkawa kepada keluarda dan mereka yang mati syahid,” tulis Hirthik Roshan.

“Aku kaget dengan serangan di Pulwama. Benci tidak pernah menjadi jawaban. Semoga keluarga yang terluka dalam serangan itu diberi kekuatan,” tulis Priyanka Chopra.

“Hatiku terluka membaca tentang serangan teroris kepada CRPF Jawans di Pulwama. Sangat tragis. Turut berduka cita kepada keluarga yang menjadi korban,” tulis Aamir Khan.

“Hatiku tertuju kepada orang-orang Jawan di negara kita tercinta dan keluarga dari mereka yang kehilangan nyawa untuk menyelamatkan keluarga kita,” tulis Salman Khan.

3 dari 3 halaman

Bom Bunuh Diri

Diketahui, serangan tersebut diklaim oleh teroris yang disponsori oleh organisasi Pakistan, Jaish-e-Mohammed (JeM). Mereka menyatakan bertanggung jawab atas serangan teror terhadap pasukan keamanan dalam beberapa kali terakhir.

Serangan teror di Pulwama sendiri berupa ledakan bom bunuh diri oleh pelaku bernama Adil Ahmad Dar yang menabrakkan mobil SUV yang berisi 350 kilogram bahan peledak kepada bus yang berisi para petugas kepolisian. Bus tersebut merupakan bagian dari konvoi keamanan dari 78 kendaraan yang masing-masing bus membawa sekitar 40-45 tentara. Akibat kejadian ini, 44 petugas kepolisian tewas dan lainnya luka-luka. (Sumber: JawaPos.com)

Persija: Semoga Kasus Simic Bisa Diselesaikan Secara Kekeluargaan

JakartaMarko Simic tersandung kasus hukum di Australia. Manajamen Persija Jakarta berharap masalah tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Simic masih berada di Australia setelah paspornya ditahan oleh yang berwenang. Dia diduga kasus melakukan pelecehan terhadap wanita di dalam pesawat menuju Sydney, Australia beberapa hari lalu. Simic terancam berada di negeri Kangguru hingga 9 April atau tepatnya setelah sidang digelar.

Tanpa Simic, lini depan Persija akan berlubang cukup besar. Apalagi, Macan Kemayoran ditunggu Piala AFC dan Piala Presiden 2019.


Persija tak tinggal diam. Manajemen telah mengutus Gusti Randa dengan restu PSSI sebagai pengacara yang ditemani oleh kuasa hukum Simic dari Kroasia, Robert Haralovic.

CEO Persija, Ferry Paulus, tengah berupaya menyelesaikan masalah tersebut. Pengacara sedang mencari tahu identitas korban untuk melobi agar kasus tersebut bisa dituntaskan secara baik-baik.

“Komunikasi sesama pengacara lokal (Gusti Randa) dengan yang asing (Robert Haralovic) lumayan kondusif dan sudah ketemu clue-nya memang ada upaya yang harus juga dikomunikasikan ke korban,” ujar Ferry Paulus kepada detikSport di Lapangan Sutasoma, Halim, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

“Komunikasi ke korban menjadi upaya yang paling bagus untuk dapatkan solusi terbaik bagi Persija Jakarta. Ada clue bahwa korban ini adalah warga negara Indonesia tapi punya kerjaan humas di sana. Namun identitas nama pastinya belum ketemu,” kata Ferry.

Saat ini, Persija menunggu perkembangan lebih lanjut kasus itu. Gusti Randa terbang ke Australia pada pekan depan.

“Kebetulan Pak Gusti Randa pernah tinggal lama di sana, jadi rasanya tidak terlalu sulit untuk beradaptasi dan mencari tau korban yang menetap di sana. Inti permasalahannya kan kalau bisa diselesaikan kekeluargaan kenapa harus jadi rese,” kata dia.

Dalam penuturan Simic, Ferry menyebut pemain 31 tahun itu membantah jika telah melakukan pelecehan. Untuk itu, Persija akan berusaha keras agar cepat menyelesaikan masalah itu.

“Detailnya saya tidak tahu. Pokoknya dia merasa dia tidak bersalah. Yang bisa buktikan kan ya pengadilan. Tapi saya tidak mau jauh-jauh sampai arah pengadilan bagaimana caranya kami cari jalan tengah supaya ini selesai,” katanya.

(ads/iah)

Impor Pangan Diprediksi Jadi Debat Panas Jokowi vs Prabowo

Jakarta – Calon pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan mengikuti debat putaran II. Pengamat ekonomi pun menilai permasalahan akan menjadi isu yang besar.

Menurut Direktur Eksekutif Center Of Refrom On Economics (Core), Mohammad Faisal saat ini kondisi pangan di Indonesia masih berkaitan dengan masalah, mulai dari impor hingga distribusi pencadangan pangan.

“Paling besar permasalahan pangan ini sering kali yang mendominasi itu impor. Bukan hanya impor, tapi dari sisi produksi suplai. Nah yang kurang itu sebetulnya menyentuh ke permasalahan yang krusial, yaitu di distribusi pencadangan dan tata kelola cadangan pangan peran Bulog dan sebagainya,” kata dia usai diskusi media di Hong Dong Cafe, Thamrin, Jakarta, Jumat (15/2/2019).


Lebih lanjut, ia mengungkapkan akibat adanya masalah distribusi membuat pemerintah menekan harga di tingkat petani. Padahal, itu tidak menyelesaikan masalah karena yang mesti diperbaiki adalah distribusi.

“Sering kali ketika ingin mendorong harga pangan yang terjangkau yang dilakukan adalah menekan harga ditingkat petani. Ini tidak menyelesaikan permasalahan terjadi di distribusi padahal harga ditingkat petani ditekan,” ungkap dia.

Selain itu, ia juga menyoroti persoalan lain, yaitu terkait data pangan yang tidak konsisten antara lembaga yang satu dengan yang lain. Alhasil, hal itu mempengaruhi kebijakan yang akhirnya diambil tidak tepat, misalnya impor.

“Pada saat bulan ini harus segera impor menjadi telat menjadi permasalahan. Lagi karena kalau dia terlambat mengimpor misalkan cadangan dalam negeri menjadi sangat tipis harga menjadi melambung,” terangnya.

Maka dari itu, ia pun mengingatkan pemerintah agar tidak melakukan impor di waktu yang bersamaan. Hal tersebut dengan melakukan pembenaran data pangan.

“Kesalahan data itu tadi itu bisa menjadi kelebihan over suplai atau kelebihan cadangan di Bulog seperti terjadi sekarang. Bahkan sampai ada isu akan ada ekspor lagi itu karena kesalahan manajemen pangan tata kelolanya,” jelasnya.

“Semoga persoalan-persoalan terkait kebijakan impor tersebut juga mampu dibahas lebih ke how to atau bagaimana mencari cara-cara menyelesaikan tersebut,” tutup dia.

Sebagai informasi, debat Capres dan Cawapres putaran ke-II akan berlangsung pada 17 Februari 2019 mendatang. Dalam debat, tema yang dibahas terkait pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

(eds/eds)

Penjelasan Indopos Soal ‘Ahok Gantikan Ma’ruf?’ yang Disoal TKN

Jakarta – Pemberitaan koran ‘Indopos’ berjudul ‘Ahok Gantikan Ma’ruf Amin?’ dilaporkan ke Dewan Pers oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Pemimpin redaksi (Pemred) Indopos, Juni Armanto, memberikan penjelasan mengenai berita tersebut.

Juni mengatakan bila isu yang diangkat dalam artikel berita judul tersebut berangkat dari isu viral di media sosial (medsos). Upaya konfirmasi pun disebut Juni sudah dilakukan dapur redaksi Indopos pada dua kubu yaitu TKN Jokowi-Ma’ruf dan BPN (Badan Pemenangan Nasional) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Itu kan awalnya infografis itu viral di medsos terus diangkat ke koran dengan konfirmasi ke jubir TKN Pak Ace (Ace Hasan Syadzily) dan PDIP Bu Eva (Eva Kusuma Sundari), ada juga dari Gerindra Habiburokhman, terus angle lainnya pengamat yang mengatakan bahwa infografis itu prematur,” ucap Juni saat dimintai konfirmasi, Jumat (15/2/2019).

Juni memperkirakan bila yang dipermasalahkan adalah infografis yang mendampingi artikel berita dengan judul tersebut. “Jadi prediksi kita yang dipermasalahkan di infografis itu diambil dari medsos, kami ingin memaparkan bahwa ini tuh infografis hoax gitu,” imbuh Juni.

Menurut Juni, Ace dan Eva yang saat itu dimintai tanggapan mengenai isu yang beredar di medsos itu sudah membantah. Setelah berita itu muncul pun, Juni mengaku sudah berkomunikasi dengan TKN Jokowi-Ma’ruf.

“Pada dasarnya Indopos membuka pintu selebar-lebarnya kepada TKN untuk klarifikasi. Sebelumnya saya sudah komunikasi baik dengn pihak TKN melalui timnya Pak Erick Thohir, Ibu Ratna,” kata Juni.

Meski demikian kini setelah Indopos dilaporkan ke Dewan Pers maka pihaknya akan menghadapinya. Dia berharap ada solusi terbaik.

“Untuk pelaporan Dewan Pers, kita akan hadapi. Semoga melalui Dewan Pers semuanya bisa berjalan dengan clear dan ada solusi terbaik,” sebut Juni.

Sebelumnya TKN Jokowi-Ma’ruf yang diwakili Direktur Hukum dan Advokasi-nya, Ade Irfan Pulungan, melaporkan Indopos ke Dewan Pers. Ade Irfan menyebut berita yang muncul di Indopos itu merugikan Jokowi-Ma’ruf.

“Berita ini kami anggap sebuah fitnah, fitnah besar kepada paslon kami. Kenapa? Pemilunya saja belum terjadi. Pemilu belum terjadi tapi sudah diberitakan,” kata Ade Irfan.

“Mereka mengangkat ini (berita) dari sebuah rumor di medsos. Dari artinya ada percakapan di medsos, medsos itu kan tingkat kebenarannya masih kita ragukan. Ya ini berita ini dan ilustrasi ini merugikan sangat merugikan pasangan calon nomor 01 karena Indopos menggiring opini pemilih publik untuk percaya tentang hal ini, ini luar biasa fitnahnya, kami datang ke Dewan Pers untuk memproses hal ini,” imbuh Ade Irfan.

(dhn/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Timnas Indonesia U-22 Fokus Adaptasi Cuaca di Kamboja

Jakarta Timnas Indonesia U-22 sudah berangkat ke Kamboja pada Jumat (15/2/2019), untuk berlaga di Piala AFF U-22 2019. Asisten pelatih Timnas U-22, Nova Arianto, mengatakan Tim Garuda Muda sudah siap tempur dan hanya perlu beradaptasi dengan cuaca di Kamboja.

Timnas Indonesia U-22 menggelar latihan terakhir di Jakarta sebelum berangkat ke Kamboja pada Kamis (14/2/2019) sore di Lapangan ABC Senayan. Latihan set-piece menjadi menu terakhir tim asuhan Indra Sjafri itu sebelum bertolak ke Kamboja. 

Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Myanmar pada laga pertama Grup B di Olympic Stadium, Phnom Penh, Senin (18/2/2019)

“Persiapan semua pemain sudah 100 persen. Sekarang yang perlu dilakukan hanya adaptasi dengan cuaca di sana, dan juga dengan kondisi lapangan. Selain itu, semua sudah siap,” ujar Nova Arianto.

Timnas Indonesia U-22 berangkat ke Kamboja dengan bermodal hasil imbang dalam tiga laga uji coba menghadapi klub-klub Liga 1, Bhayangkara FC, Arema FC, dan Madura United. Di setiap laga, Tim Garuda Muda selalu kebobolan. Nova Arianto menegaskan kekurangan tersebut akan diperbaiki.

“Pasti kami mendapatkan evaluasi yang baik dalam tiga laga uji coba itu. Semoga para pemain bisa lebih mengerti dan bisa mengurangi kesalahan serta bisa lebih baik lagi,” lanjut asisten pelatih Timnas Indonesia U-22 itu.

Setelah menghadapi Myanmar, Timnas Indonesia U-22  akan meladeni Malaysia pada Rabu (20/2/2019) dan berjibaku melawan tuan rumah Kamboja pada Jumat (22/2/2019).

Sumber Bola.com

Viral Video Bocah Yatim Piatu Jualan Cilok Demi Bisa Sekolah, Kisahnya Bikin Haru

Liputan6.com, Jakarta Banyak anak-anak yang berasal dari keluarga mampu yang tercukupi dan terpenuhi setiap kebutuhannya. Mereka bisa bermain, belajar dan melakukan apa saja yang mereka inginkan. Namun sayang, masih ada anak-anak lain di luar sana yang kurang beruntung.

Takdir mendorong mereka untuk bekerja di usia yang masih belia. Kehidupan seperti ini tidak sedikit dialami oleh anak-anak di Indonesia. Seperti yang dialami oleh seorang bocah di Tangerang Selatan bernama Putra.

Cerita Putra berjualan cilok agar tetap bisa sekolah menjadi viral di media sosial baik Instagram ataupun twitter. Putra yang saat ini berusia 12 tahun menjadi viral setelah akun twitter @MSApunya membagikan kisah hidup Putra bersama dua adiknya.

2 dari 4 halaman

Jualan cilok demi membayar uang sekolah

Putra diketahui tengah duduk di bangku Sekolah Dasar Negeri Sarmili ini harus berjualan cilok demi bisa membayar uang sekolah dan juga biaya hidup bersama kedua adiknya.

Dalam unggahan tersebut, akun @MSApunya menuliskan bahwa ia juga menjadi ayah sekaligus ibu untuk adiknya, karena kedua orang tuanya telah meninggal dunia.

Sekarang, Putra sendiri tinggal bersama kakak perempuannya yang selama ini selalu membantu untuk membuat cilok yang hendak dijual dan juga merawat adiknya.

Lokasi jualan Putra setiap hari berada di daerah seputaran jalan Bintaro Pondok Aren. Putra pun biasa menjual dengan sepedanya hingga malam hari.

3 dari 4 halaman

Videonya berjualan cilok viral di twitter

Akun twitter @MSApunya mengunggah video mengharukan ini di laman twitternya pada 12 Februari 2019 lalu.

“Seorang anak (12 thn) di Sarmili Tangsel, berjualan cilok goreng setiap hari agar bisa tetap sekolah. Ia juga menjadi ayah sekaligus ibu untuk adiknya, krn kedua org tuanya telah meninggal dunia” tulis akun tersebut.

Tidak menunggu waktu yang lama, video ini menjadi perbincangan hangat oleh warganet karena membuat haru. Hingga tulisan ini dirilis video tersebut telah mendapat 10 ribu retweet, 5,9 ribuan like.

Berikut videonya yang Liputan6.com lansir dari akun Twitter @MSApunya, Jumat (15/2/2019).

4 dari 4 halaman

Respon netizen

Potret haru ini pun mengundang beragam tanggapan dari netizen. Banyak netizen yang merasa iba dan memuji bocah itu. Tidak sedikit warganet yang merasa iba dan ingin membantu, seperti akun twitter @maspaushitam yang menuliskan

“Wilayah aku, okeh nanti coba hunting cari adeknya….semoga ketemu dan bisa borong makanan si adek”

Ada juga yang mendoakan agar Putra selalu sehat dan memiliki rezeki yang lancar. Seperti akun twitter @logarrixma

“Yaampun tadi pagi ketemu adek ini pas mau brgkt kuliah. dia lagi berhenti di daerah pjmi jualin orang. semoga sehat selalu dan lancar rezekinyaaaaa”

Dari kisah Putra kita bisa belajar supaya ke depannya lebih bersyukur dengan kehidupan yang kita punya. Kita juga bisa mencontoh kerja keras dari Putra agar tidak menyerah untuk menjalani kehidupan meskipun pahit.